Kenali Pikiranmu, Kurangi Overthinking-mu
VqY1fBptc2g • 2021-09-11
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Hai lu tau nggak sih kalau pikiran itu
sebenarnya nggak selalu bisa rasional
apalagi kalau kita lagi ngerasain sebuah
emosi yang kuat dan lagi berlebihan gitu
nah ini sebenarnya nanti bakal ngalahke
kebiasaan negatif thinking kalau
misalnya kita lagi sedih atau cemas Nah
kalau modem lebih banyak sel
penjelasannya lo simak satu video
sebelum tidur ini dari satu persen
biarlah bisa dapat keseluruhan yang saya
ya oke
[Musik]
nah sebelum mulai gue jelasin gua mau
ngasih tahu dulu bahwa Ya sebenernya
bakal ada istilah psikologi yang perlu
ketahui pertama adalah sensasi dan yang
kedua adalah persepsi singkatnya sensasi
itu adalah semua hal yang berasal dari
luar dan ditangkap sama panca indera
kita Oke misalnya udara dingin
kebisingan gitu ya dari situasi yang
ramai gitu sampai ke cahaya matahari
misalnya terus bikin kita silau nah
terus apa yang ditangkap sama panjang
Indra itu sebenarnya bakal dikirim ke
otak dan dikasih makna Nah inilah si
persepsi itu gimana lo ngasih makna
inilah Mbak ngebuat lo ngasih respons
Kayak misalnya ada angin gitu terus
anginnya kenceng dingin nah ini bikin lo
berkomentar gitu Ceko hari ini dingin ya
gitu untuk gua jacket Nares band yang
muncul adalah lo ngerasa puas sama diri
lo udah jacket kita dan itu tadi adalah
contoh simple buat sensasi dan persepsi
cmah dimana kita mempersepsikan sesuatu
ini sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai
macam hal Kayak misalnya eh mindset kita
pikiran di dalam diri kita perasaan kita
sikap kita dan juga bahan sampai ke
kepercayaan kita jadi persepsi itu
dipengaruhi oleh berbagai macam hal dan
sebenarnya kalau kita mengalami perasaan
senang puas atau bahkan sedih itu ada
pengaruh dari hal-hal tadi ditanya sama
aja kayak misalnya kalau misal kita
pikir Ya gimana sih orang kaya banget
yang bisa beli McD kapan aja gitu bisa
beli fast food kapan aja gimana sih
mereka mempersepsikan ke restoran ke McD
Atau KFC ya pasti biasa aja gitu beda
tapi sama orang yang mungkin status
sosial ekonomi rendah yang gak pernah
gitu ke KFC atau mede makan langsung ya
pasti persepsinya bakal berbeda Hai nah
cus kini sebelum kita mengambil
keputusan yang cepat gitu ya gimana
memperhatikan sebuah kejadian ya hal
pertama adalah Ya kita harus kasih
konteks kan kejadian pengalaman hidup
dan konteks itu dipengaruhi oleh
berbagai macam hal nah Biasanya kalau
pikiran kita lagi sinkronis sama realita
kita bisa buat ngasih makna dan konteks
dengan benar dan sehat gitu sih misalnya
lo ngeliat temen lo gitu ya di
supermarket dan mencoba nyaut dia tapi
dia Nggak nengok ya kalau misalnya lagi
aware lagi sinkron gitu ya sama realita
mungkinlah sadar kalau dia mungkin gak
ngedenger login tapi banyak juga kondisi
dimana pikiran itu nggak sinkron sama
realita me ini bikin kita jadi salah
ngasih makna kadang-kadang ya itu kurang
tepat aja akhirnya yang muncul malah
negatif thinking itu kadang-kadang gitu
misalnya lottery aktif ya jauh temen lo
yang jauh banget dan dia Nggak nengok
mungkin kalau punya pengalaman buruk
sama pertemanan Kalau mungkin lo gak
punya banyak temen Kalau mungkin ngerasa
buruk sama diri lo Mungkin lo bakal
Ngerasa lo bakal punya persepsi bahwa
temen lo ini sama lo dan Sebenarnya dia
pura-pura nggak denger aja tapi Sengaja
nggak bales gitu nah ini akhirnya bikin
ngerasa ya buruk soal diri sendiri
jadinya negatif thinking Nah kalau lo
ngerasa kayak gitu ya sebenarnya namanya
manusia yang apa-apa sih sebenarnya
enggak sendirian banyak kayak gitu tapi
kabar baiknya negatif Ning ini
sebenarnya bisa kita kontrol punya pola
dan kali ini gue bakal ngerangkum tiga
pola negatif thinking yang paling umum
ini yang gua dan para mentor 1% temui
selama program konsultasi sih bioskop
nah Biasanya kita juga ngasih penjelasan
ini ke client yang punya masalah yang
serupa lagu Arab Semoga video ini bisa
ngebantu lo sih biar lebih paham lebih
dalam soal negatif thinking dan tau
gimana cara mengelolanya Nah untuk
mindset atau pola pikir lainnya ya lebih
saja cek aja di playlist yang udah gue
cantumin di description boks silahkan
diklik aja nah oke kita mulai jadi apa
aja nih tiga pola negatif thinking yang
paling umum yang pertama adalah pola
serba pukul rata jadi kayak pola ini
muncul setelah ada satu atau rangkaian
kejadian yang ngebuat ukur rata gitu
kalau kejadian itu bakal memengaruhi
seluruh hidup loh jadi kayak meskipun
cuman sedikit tapi lopokau rata aja ke
ini bakal ngaruh ke semua itu meskipun
sebelum kejadian misalnya kata-kata yang
sering muncul adalah selalu atau enggak
pernah gitu misalnya lo pernah salah
gitu ya salah ngomong ketika lo lagi
public speaking itu akhirnya lo ngerasa
kalau gara-gara lo salah ngomong lo
Mikir bahwa gua bakal kayak gitu terus
lo bakal selalu gagal ngasih pidato dan
tonggak akan pernah bisa untuk pidato
gitu nah ini pukul rata sih gitu atau
Kayak misalnya lo pernah nyoba nih buat
bikin bisnis terus gagal GT trus lo
ngerasa kok gue mah enggak pernah bisa
bikin bisnis gitu Gak bakal pernah bisa
gua bakal selalu gagal Nah itu adalah
contoh mindset atau pola pukul rata gitu
sih Nah ini yang bisa bikin negatif
thinking ketika lu nanti menemukan
situasi serupa ya kalau kayak gitu
gimana caranya ya ya tinggal di sadar ya
dan kayak Inget aja bahwa enggak selalu
kok kayak gitu yang kedua langsung
lompat ke kesimpulan Napoli ini biasanya
berasal dari ngebuat asumsi yang nggak
tahu itu tuh bener atau enggak contohnya
asumsi tentang gimana orang lain mikir
Tentang Kita atau asumsi tentang gimana
sesuatu itu pasti bakal terjadi gitu kek
contoh diawal tadi ketika lo nyautin
temen lo di supermarket tidak Tapi dia
nggak denger longsor lompat kesimpulan
kalau Oh kayaknya dia benci sama gue sih
atau dia enggak Mau nyapa gue dan
sebagainya Nah seakan-akan lo bisa baca
pikiran dia Itu seakan-akan dia memang
beneran denger tapi pura-pura aja nggak
denger nah itu sebenarnya adalah ya
langsung kesimpulan Padahal Lo gak tahu
buktinya kan gitu Dan mungkin di
Kejadian itu juga ada faktor-faktor lain
ada hal-hal lain yang sebenarnya terjadi
gitu sih Nah yang terakhir adalah pola
menyalahkan Nasri namanya ini adalah
pola pikir negatif dimana lo menyalahkan
suatu penyajian kesatu pihak aja
misalnya ke diri sendiri atau orang lain
atau ke Ya apapun lah yang disalahin
gitu padahal sebenarnya sebuah kejadian
itu entah itu lomba entah itu mungkin
bencana gitu ya dan lain sebagainya Itu
faktornya banyak banget itu dan
seringkali juga melibatkan hal-hal yang
Kadang gak bisa kita kontrol misalnya
kita dateng ke acara dan mungkin gak ada
orang yang aja kita ngobrol Ini akhirnya
bikin kita ngerasa kecewa dan akhirnya
lain diri sendiri Gua emang orangnya gak
bisa ngobrol nih atau introvert dari
sebagainya gitu dan orang lain juga
kayaknya ngelihat gue nggak Asik nah
sebenernya lu nggak ngobrol Tuh kan
banyak faktornya jadi kayak Insaf
nyalahin diri sendiri atau orang lain
atau nyalahin siapapun ya sadari aja
bahwa mungkinlah Emang ga hoki di sana
Dan mungkin ada salah lo juga tapi ya
nggak bisa nyalahin sepenuhnya diri loh
ada di situasi itu gitu nah terus
pertanyaannya adalah Gimana cara
mengurangi nih kalau mengalami 30
negatif thinking tadi well jawabannya
ada di awal sebenarnya yaitu gimana lo
ngasih konteks kejadian dan gimana lu
mempersepsikan sesuatu pola pikir
negatif ini adalah salah satu cara
pikiran kita buat menyakini sesuatu yang
sebenarnya ya belum terlalu benar begitu
banyak banget hal yang mempengaruhi kita
sampai kita bisa berpikir negatif jadi
ikan ini adalah persepsi lo ya Jadi ya
Lo mesti tahu sih Gimana cara pikiran
persiapkan sesuatu gimana lo Paham cara
berfikir secara menyeluruh gitu nah cara
buat mengatasinya juga macem-macem gitu
ya ngomongin soal overthinking atau
negatif thinking gitu entah itu ditulis
kayak kayak pakai worth it ini nih
thinking jurnal atau pakai worth it
misalnya sokratik thinking Nah kita
banyak tools yang sebenarnya dari satu
persen gitu Dan mungkin banyak dari
length udah mendapatkan manfaatnya dari
nonton video YouTube itu kayaknya 1% dan
akhirnya Ya udah ditolong akhirnya jadi
bisa berpikir lebih sehat gitu ya Bahkan
banyak banget juga testimoni testimoni
yang datang ke personal DM gua yah di
Instagram yang bilang bahwa satu sendok
ngebantu banget itu kan nah tapi kadang
ada juga orang yang kayak susah gitu
untuk tahu alur berpikir dirinya sendiri
secara menyeluruh gitu atau tau gimana
cara teman-teman berpikir dan nya Emang
gua tahu gitu ya Gua tahu lu sendiri
mungkin sadar bahwa di sini gua bakal
bilang ya mungkin lu bro konsultasi gitu
dan gue juga udah sadar kok banyak komen
yang bilang ini iklan konsultasi mulut
tak banyak orang yang mungkin gak kaya
lu itu yang kayak lu mungkin melihat
video terus bisa sembuh tapi kadang ada
banyak orang yang melihat video gak bisa
sembuh itu jadi kayak di sini gua bakal
ngiklan ya purbakala ngiklan jadi buat
temen-temen yang sekiranya temen-temen
kayak belum paham Gimana cara berpikir
menyeluruh Gimana cara untuk ending
negatif thinking Saran gue sih lu ikut
mentoring 1% aja Kenapa karena ini bakal
ngebuat lo lebih sadar sama pikiran lo
dan ya mental-mental ini juga bisa
nemenin lo untuk cerita gitu untuk
mengurangi negatif thinking karena salah
satu solusi yang kita suami juga ndak
cerita ndak harus ke mentor sih tapi
kayaknya kadang kan banyak orang yang
gak punya temen juga kan untuk cerita
atau punya temen tapi kayak malah
ngejudge mahaduna situ kan Jadi silakan
gitu Kalau misalnya lo ngerasa bahwa lu
ada masalah dipersepsi ada Mashabi
negatif thinking Bisa aja lu mentoring
1% gitu dan buat lu semua yang kayak
bilang bahwa Haduh nih lalu persen
ngiklan mulu gitu ya mungkin lu bukan
target marketnya cuy gitu Hai jadi kayak
atau mungkin lo belum Belum terbuka aja
pikirannya untuk konsultasi itu si dan
ada Tokek gitu kayak Semua orang punya
pilihan masing-masing GTA untuk mau
konsultasi atau enggak gitu tapi kayak
gua akhirnya makin banyak melihat
komen-komen kayaknya satu pesan iklan
mulu dan Yes sebagainya paling yaitu aja
sih itu jadi kayak ya buat teman-teman
yang merasa butuh konsultasi silahkan
konsultasi GTA bisa Klik Link
dideskripsi buat teman-teman yang
ngerasa udah ke bantu sama video-video
satu persennya silahkan dipraktekin buat
yang ga ngerasa kebantu yang ngerasa
kaya on jelek nih atau udah ikut
ternyata jelek ya silakan di feedback
gitu kalau misal berkenan ya dan semoga
feedback teman-teman nanti bisa jadi oke
juga sih gitu jadi kayak Yaudah sih
kalau dari gua menghadapi temen-temen
yang selalu bilang 1% iklan mulu Gua
mengatakan dengan tegas di sini gua
bakal nyanyi Clan terus karena gue
merasa ya produk dan jasa 1% tuh
bermanfaat dan akhir kata balik lagi ke
apa meses Dari video ini ya kalau nggak
semua pola pikir negatif yang kirim
sekarang Itu semuanya benar gitu sih
Jadi sekarang teman-teman Coba aja untuk
sedikit Coba ubah persepsi yang
dihasilkan oleh pikiran kita yang
mungkin kita nggak sadar persepsi itu
secara otomatis tiba-tiba ternyata ya
didapatkan oleh pikiran kita gitu ya
Akhir kata mungkin guevenne 1% well says
kalau misalnya lo ngerasa butuh
mentoring Ya silahkan untuk klik link
deskripsi itu ya gue tunggu lo di
Menteng 1% OK thanks
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:57:01 UTC
Categories
Manage