Transcript
pRdIp1VjA4U • Rahasia Mengontrol Diri Sendiri ala Filsafat Stoic
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0447_pRdIp1VjA4U.txt
Kind: captions Language: id Hai Pernah gak sih lo ngerasa kok gini-gini aja ya lo ngerasa diri lo ga ajak aja gitu dari dulu sampai sekarang merasa enggak berkembang bingung juga gitu mulai dari mana dan kek atau ditanya ke depannya mau ngapain bingung juga gitu Nah kalau lo ngerasain hal-hal tadi gua mau bilang bahwa lo sekarang ada di video yang tepat Kenapa karena kali ini gue bakal ngebahas Gimana caranya supaya lu bisa lancar mengembangkan diri dan kali ini gue bakal ngebahas dari prinsip stoicism so stay tune dan tonton video ini sampai habis Oke Sebenarnya ada banyak banget pendekatan yang bisa diterapin ngebuat pengembangan diri dan pendekatannya pun seringkali cocok-cocokan dalam arti bisa aja Misalnya ini cocok buat lu tapi enggak cocok buat yang lain nah salah satu pendekatan yang bisa terapin adalah dengan aliran filsafat ente bilang dan pendekatan kalian adalah sistem ya Nah distorsi sendiri ada suatu konsep yang namanya adalah dikotomi kontrol yaitu pemahaman soal Ayo kita tuh sebenarnya harus bisa ngebedain mana hal yang bisa kita kontrol dan mana yang enggak dan ketika kita mencoba untuk mengendalikan hal yang diluar kendali kita yang gak bisa kita kontrol biasanya hasilnya enggak begitu worth it Kenapa karena ini rentan bikin kita kecewa dan ya kita juga enggak berinvestasi langsung kita mungkin lupa ngalamin langsung ya mau keluar main sama temen Tapi tiba-tiba hujan gitu itu kan gak bisa kontrol ya dan Lu harus lebih gitu atau pas lagi jalan ke kantor atau ke sekolah motor atau mobil mogok atau kayak ketika lu ngerasa penghasil rokok kecil gitu Ya mungkinlah sempet denger ada duit 800 ribu sama 80010007 dan Kayak lu menyalahkan woah itu kan lu menyalahkanmu ini ada yang salah nih dengan dunia ini dan sebagainya Fit ini memang bisa Bikin frustasi dan biasa bikin kita kesel sendiri kenapa karena ya kita mencoba mengendalikan hal yang enggak bisa kita kontrol itu enggak bisa ketawa sepenuhnya lah at least ya kita memang bisa mengusahakan tapi nggak bisa ngontrol sepenuhnya dan akhirnya kita jadi kesel gitu kenapa ya gue gak berangkat dari tadi hai kenapa ya gue ngecek mobil kenapa ya gua gak lahir di keluarga kaya gitu Tapi pada akhirnya kita sebenarnya mampukan buat ngendaliin hal-hal kita di itu kita dilahirin siapa gitu ya menjalin Cuaca dan lain sebagainya gitu ada berbagai macam faktor yang bisa bikin kita ada di kondisi kayak gini dan itu biasanya di luar kontrol kita dan stoicism disini segera hadir buat meminta kita buat belajar memisahkan hal yang bisa kita kontrol dan tidak bisa kita kontrol gitu sebenarnya cuma dua doang sih ya dan Gimana caranya supaya kita bisa menyikapinya dengan tepat yang gak bisa dikenalkan Ya udah diterima aja dengan satu ikhlasin aja ibaratnya tawakal high-class gede tapi lu tetep usaha ikhtiar juga fokus dan rasain apa yang ada di dalam kendali loh balik ke contoh tadi kalo kejebak Hujan lu mau main sama temen Teteh daripada lu mengutuk pada hujan ya lu lakuin hal yang bisa mengenali in misalnya dengan lo kasih tahu temenmu kalo lo bakal telat atau dengan lu beli payung pakai ojek online gitu ya atau Ya udah nunggu aja sampai reda jadi kayak sebenarnya fokusnya saling bisa kontrol Nah terus kenapa lu ngalor-ngidul fun bukannya kita bisa ngebahas tentang pengembangan diri well bener ini kalau dikaitkan salon pengembangan diri gak jarang orang itu seringnya jadi salah mengurusi gitu mengurusi sesuatu salah jadi orang tuh mungkin jadi kebanyakan fokus kadang-kadang ada beberapa yang lebih fokus sama hal yang diluar kendalinya kayak keadaan bawaan lahir loh keadaan lingkungan no saat ini sistem pemerintahan dan lain sebagainya gitu masa lalu Loka dan orang lain itu kan sebenarnya bisa kontrol itu kan ndak bisa kontrol sepenuhnya la etis yang akhirnya malah bikin stres kecewa gitu ya malah bikin negatif dan lu jadi merasa rendah diri gitulah ngerasa nggak bisa berkembang yang seharusnya Diro bisa dikembangkan kita malah gak diurus karena kita kebanyakan ngurus hal yang bisa kita kontrol Nah kalau kita balik ke stoicism hal yang bisa kita lakuin adalah ya udah terima aja kalau misalnya lu ngerasa lu kurang kalau ngerasa lu negatif dari sebagainya santai aja terima aja dan Santo ini bisa lo terjemahan dari beberapa hal tapi emang dari teori psikologi Emang Pro penerimaan sih Gitu ya Kalau bahasa agamanya ikhlaslah bahwa lu nggak bisa mengubah sepenuhnya hal yang nggak bisa lo kembaliin misalnya entah itu lingkungan loh sistem ekonomi dan lain sebagainya gitu atau masa lalu dimana Mungkin lu jadi korban bully Gitu dulu itu enggak bisa kontrol kan sekarang gitu untuk mengubahnya dan untuk sampai ke accept ton segitu ya nggak semudah itu memang enggak semudah ya Oke gue ikhlas gitu enggak Enggak juga mungkin bisa jadi sebuah perjalanan yang panjang tapi enggak apa-apa di sini ya gue dan satu pesan ke bantuin loh gitu Jadi saran gua lu coba usah aja sih buat medali in hal yang memang lu bisa kenalin entah itu usaha buat ngembangin iri entah itu untuk lo memilih apa yang mau lu risaukan GTA dan juga mengembangkan kemampuan yang memiliki itu adalah hal yang bisa lo kendali sesimpel apa sih simpel karena semua hal itu berada dibawah kontrol ibaratnya lu mau berdiri yang berdiri itu kan ibaratnya lo mau milih membaca atau mau milih untuk ada dalam diri lu gitu kan belum mau baca buku atau mau tidur yaitu Pilihan lu gitu kan jadi kayak Ya baik lebih fokus ke hal yang bisa mengkontrol mungkin lo gak bisa ngenalin lingkungan lu gitu tapi lo punya pilihan buat nyari oekanbaru atau lo pelan-pelan nyatain hewan sendiri yang mungkin melihat kesehatan mental misalnya gitu ya itu contoh aja ya nah terus sekarang dari konsep tadi gimana cara menerapkannya well ada berapa langkah-langkah pertama coba tentuin tujuan lo Hal apa yang mau kembangin gampanglah tinggal satu tajah langkah kedua ukur modal Loh apa yang udah lo punya gitu Kayak misalnya ogah punya uang Ho gue punya HP ini buat nonton YouTube Oh gue punya laptop gue punya Oh banyak itu adalah modal terus lo kenali dulu diri lu dan keadaan lo Biar lo tahu tujuan utama di dan modal lo gitu ya Jadi lu harus tahu juga tentang dulu kayak gimana selanjutnya loh coba pakai konsep dikotomi kontrol mulai pelan-pelan bedain halamannya yang lo kendalikan yang bisa mengendalikan sepenuhnya dari mana yang nggak bisa mengendalikan menit kalau udah bisa ngebedain Yaudah energinya habisin ke hal yang bisa kembaliin intinya ngembangin diri itu simpel yaitu lu pertama paham terima diri lu lu tau tujuan lu lu fokus ke hal yang memang lu bisa kontrol sesimpel itu kok meskipun ya yang simpel bukan berarti mudah ya dan yang kompleks Sukawati susah juga nah kalau misalnya lu masih ngerasa susah buat memahami dan menerima diri atau mungkin masih gatau apa model yang memiliki seberang wajar GTA karena ya pas sekolah mungkin kita jarang atau enggak pernah diajarin tank ini dan saya itu juga alasan kenapa selesai naga itu buat ngajarin loh bareng-bareng juga belajar tentang hal yang belum kita dapetin di sekolah terutama hal yang penting dalam kehidupan dakwah kita memanggil diri kita lifeschool gitu kan so kalau misalnya Ngerasa lo ada masalah langsung aja bro bisa konsultasi komentarnya 1% Buatlah overthinking buat yang ngerasa susah buat nelen pilihan Buatlah ngerasa susah mengembangkan diri langsung aja Kalau saran gua lu Konsultasi sama mentor gitu bisa sih konsultasinya nanti kebetulan gue sebagai mentor juga gue udah nerima banyak banget klien siang memang punya masalah yang serupa kayak gini nanti di sesi konsultasinya lu bisa curhat sepuasnya 70 menit saya enggak sepuasnya banget enggak sampai tiga jam empat jam tapi tujuh menit dan lu bisa curhat tuh di sana panjang banget waktunya klo ga bakal digit sama mentornya dan lu juga bakal dibantu buat nemuin solusi dari masalah Allah dan bukan cuma itu tapi juga ada psychotest dan juga worksheet jadi nanti lu bakal dapet tes kepribadian tes tingkat result seberapa tes minat bakat lu gitu ya nanti lu bakal tahu jadinya kedepannya ngomong gimana cocok atau enggak sih bidang ini itu buat lo itu ya udah pulang ribu orang yang ngebantu sama M 1% jadi kayak lu bisa lihat aja profile mentornya ya kedepannya dan silakan aja kalau misalnya tertarik lo bisa Klik link di description boks dan lu juga bisa dapetin promo khusus di pembayaran nanti jadi jangan lupa pakai kode promo ya biar dapet diskon kalau nggak mau juga nggak apa-apa itu Tapi Saran gue pakai kode Promonya biar lu bisa dapat diskon gitu mungkin segitu aja ya satu video sebelum tidur kali ini intinya gua mau bilang bahwa untuk jadi pribadi yang berkembang kita harus mulai dengan menerima apa yang ada dalam diri kita menerima apa yang terjadi di tengah dan fokus pada hal yang bisa kita kontrol Oke akhirnya #fanda 1% well sebagai mentor subs en gue tunggu lo di layanan mentor 1% OK thanks [Musik]