Transcript
_jr-QFXdHBM • Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan dari Game (Menjadi lifelong Learner)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0303__jr-QFXdHBM.txt
Kind: captions Language: id Hai mungkin kalau Lu pernah ikut webinar 1% atau benar siapapun deh yang noisy Lu pasti tahu bahwa gue adalah orang yang berpandangan bahwa Apapun masalahnya kemungkinan besar selalu ada cara buat memecahkannya dan santai cara nih buat menemukan cara tersebut ya dengan cara belajar hidup banyak masalah ya belajar Gimana caranya buat masalah percintaan Okra tandas Ia belajar Gimana caranya biar enggak Kandas hidup lo gitu-gitu aja dia belajar Gimana caranya biar lu bisa hidup seutuhnya dan kalau gue ngomong kayak gitu ya biasanya ada satu pertanyaan yang selalu muncul Kak cara biar bisa belajar tuh gimana ya dan awalnya gue bingung kalau ditanya pertanyaan itu karena buat gue belajar tuh ya belajar aja masalahnya dimana nah tapi setelah gua ngobrol dengan beberapa diantara mereka Ternyata bukan itu Masalahnya masalahnya bukanlah Gimana caranya belajar dan bukan juga mereka tuh gak tahu apa pentingnya belajar orang-orang ini biasanya adalah orang-orang yang merasa ketinggalan sama temen-temennya Hai dan mereka juga sadar bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tidak tertinggal adalah dengan cara belajar nah tapi disinilah justru mereka ketemu sebuah kesulitan Setiap kali mau belajar merasa enggak ada tenaga Senin sampai Jumat kerja habis itu capek males semua belajarnya hilang sampai akhirnya udah maunya aja deh karena bisa belajar jadi ya makin ketinggalan aja gitu nah buat lo yang udah masuk dunia kerja Mungkin beberapa Diantara Kalian juga merasa mengalami ini selama sekolah atau kuliah mungkin sebagian besar dari kita belajar buat dapetin yang bagus atau buat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau lulus kita kalau tanya gue gimana cara melakukan ini soal yang lalu gue enggak punya jawaban bagus kira-kira buat gue belajar ya belajar aja untungya Timur writers 1% yang super kece berhasil merangkumkan materi penting ini buat kalian dan gue juga sulit belajar banyak hal ini gimana caranya supaya bisa belajar meskipun capek lu stres dan merasa Tertinggal jawabannya adalah dengan menerapkan apa yang biasa disebut sebagai level learning nah Makan sama apa itu level learning dan Gimana cara menerapkannya tonton video ini sampai selesai ya Gue jamin setelah nonton video ini cara lu menang proses belajar itu bakal beda Oke pertama gue jelasin dulu apa itulah learning level learning adalah mindset gimana lu mengejar ilmu belajar mengembangkan diri karena lu mau dan hal itu berasal dari diri lo sendiri dan lo senang melakukannya Oke tenang kalau masih bingung gapapa gue jelasin ya Jadi gini kan Biasanya nih kalau kita belajar selama disekolah mungkin kita ada masa dimana kita nggak suka pelajarannya jadinya suka belajar mungkin karena terlalu susah atau karena males atau para guru juga asik gitu Nah karena kita udah ngerasa itu susah dan males menghalangi kita buat suka dengan proses belajar itu nah sementara kalau si level learning ini Intinya kita tuh belajar entah mengembangkan diri kita sendiri atau baja suatu hal yang baru sesimple karena kita suka aja gitu biar dapat kepuasan pribadi contohnya gini Hai seorang temen gue yang sebetulnya udah lulus kuliah tapi dia sama temen-temennya itu melakukan penelitian mengenai kenapa orang suka meninggalkan komentar-komentar negatif di media sosial dia udah lulus kuliah dia juga lagi ngambil Master gitu tapi ngapain gitu dibikin pengen kayak gitu tapi gua tanya Fauzan dia adalah ya karena dia suka aja gitu melakukan penelitian lagipula di juga penasaran dan Kepengen tahu hasil penelitian itu gimana ya diskusi sama orang baca jurnal baru coba-coba survei Sepertinya anda melakukan sederet alis buat mendapatkan jawabannya atau ada kasus kedua ini juga temen gue dia seorang koki yang kerja di sebuah restoran dan dia tuh punya mimpi buat dia bisa buka restoran sendiri nah jadi selain belajar masak dari seniornya di atas semangat banget buat belajar hal-hal terkait manajemen restoran mulai dengan belajar Gimana caranya komplain dari pelanggan itung-itungan cash sampai Gimana caranya mengelola software restoran dan yang paling penting buat dia adalah gue seneng banget belajar masak dia gak ada dengan Selandia dan yang bikin gue seneng adalah gue sering banget dapat hasil percobaannya dan enak-enak hehe Thanks di kedai ini dua-duanya itu lagi mengamalkan level learning kenapa kalau dia tadi mereka tuh melakukan sesuatu karena ingin melakukannya dan itu secara sengaja satu Karena penasaran satu karena punya mimpi kondisi belajar mereka pun juga Ya enggak ada tuntutan apa-apa gitu tapi karena sengaja enggak ada yang sampai kabut belajar kok ya seneng aja gitu sebenernya sih temen gue yang udah lulus ini bisa ajakan untuk tidak melakukan penelitian karena dia akan dapat nilai atau apapun gitu sih oke juga bisa aja semir fokus aja Masa di restorannya gak usah belajar masakan lain enggak usah belajar manajemen restoran gitu enggak ada marah juga enggak ada Umar ini juga gitu mereka punya oxibird tidak melakukannya tapi mereka memilih buat melakukan Nah makanya kita sampai di poin mereka berikutnya tahu enggak sih lo Sebenernya gue yakin udah punya loh Seed Minecraft level learning ini mungkinlah sadar tapi udah ada nah jadi ini sebagai manusia kita tuh secara naluriah penasaran dan secara alamiah juga mampu buat belajar kita bahkan mampu buat bertumbuh dan berkembang ya gara-gara itu enggak usah jauh-jauh kedua kasus tadi lu saat ini bisa jalan karena waktu lu bayi lu Belajar buat jalan yang sebelumnya bisa terangkat Intinya kita tuh secara alami punya kemampuan buat berkembang tinggal Gimana caranya kita memaksimalkannya dengan menerapkan sih level learning dalam kehidupan sehari-hari dan yang tadi gua bilang nih tanpa sadar sebetulnya sebagian besar dari kalian itu sudah menerapkannya dan percaya Nah jadi gini Salah satu cara gimana caranya memaksimalkan potensi buat berkembang dan menerapkan level learning yang gue bakal bahas adalah dengan mengingat pengalaman kalian saat main game saat main game Loh kenapa Main game Oke buat video ini gua asumsikan kalian semua tahu apa itu Mario Bros game jaman dulu itu tukang pipa dari tali yang pakai topi merah kerja loncat-loncat nah tahu kan buat kalian yang pernah main atau buat kalian kayaknya bisa ngebayangin yang lainnya seperti apa deh kebayang gak gimana rasanya main Mario gitu lompat-lompat Petrus jatuh ke jurang nah ketika jatuh ke jurang memikir gini nggak ah gue gagal ya terus ya gitu lu matiin Gamenya itu kalau main lagi Selamanya enggak kan kemungkinan besar lu bakal mikir Oh ada jurang di situ Oke gua pelatih Ati atau wah gue perlu mencek kontrolnya lebih dalam lagi nih kalau di situ biar loncat Gua lebih jauh terus Ya udah lu mati lu hidup lagi tersenyum lagi dari awal gitu pertanyaannya adalah Kenapa sih bisa melakukan itu kenapa ketika lu jatuh didalam game lu bukan marah tapi lu mikirnya udah mulai lagi dari awal Nah ada beberapa hal pertama adalah kartu jalur jelas lu tuh main Boy lama tensi Princess Nah kalau misalkan mau jatuh ke jurang atau pun atau rematik musuhnya gitu lu simple jadi Belajar buat lebih hati-hati Konsep ini dinamakan sebagai Super Mario efek ini dipelopori serta diceritakan oleh seorang pembicara tap out namanya Mak Robert dia salah satu youtuber favorit gue dan dia juga seorang mantan Enginer dari Nasa Warto bercerita kalau selama main game kita akan berfokus sama si Princess sama tujuan kita gitu bukan pada jurang yang bakal atau jatuh dan hal ini itu justru membuat kita akhirnya belajar banyak hal baru Super Mario Efek itu ngasih tahu ke kita kalau ketika kita fokus pada Golden proses itu akan mempermudah kita buat belajar alih-alih kita mikirin aduh kalau gue jatuh ke lubang dekat lift ntar gimana ya kalau kita main game biasanya bakal otomatis mikirnya Oh kayaknya lubang disitu Ya udah gue ajak kalau jatuh perlahan gimana ya coba lagi sampai lu bisa sampai berhasil menangin levelnya minimal ya karena itu gitu Dan itu adalah tujuan awal buat main Mario Bros kegigihan lo untuk bisa menangin sebuah level atau bahkan menyelamatkan si Princess walaupun beberapa kali jatuh atau bahkan game over itu lebih besar daripada sekedar kata-kata motivasi ke gua enggak boleh nyerah atau yuk bisa yuk kalau kamu folder alasan lu bisa segi gitu walaupun udah berkali-kali jatuh adalah karena lu punya goal yang jelas dan lu mau melakukannya inget gue jelas dan lu mau jadi keras normal aja gitu kalau misalkan mati coba nyanyi lagi cobain aja lagi walaupun Y2 beberapa kali gagal ketika lu tahu apa yang lu mau lu mau melakukannya Yaudah berikut hingga ngapain Tinggal nikmatin aja prosesnya ketika lumayan Mario Bros apa yang terjadi kalau jatuh kalau Bangsal berkali-kali nyerah ya Enggak kan gua kan penasaran lu main lagi lu cobain terus sampai lu bisa lewatin Jurang itu ketika temanmu cerita nih dia main game yang sama Dani udah tamat lu mikir apa Wah gua ketinggalan nih dia udah tamat gua belum gua berguna ya Enggak kan kenapa karena enggak ngaruh tapi kalau main game Itu adalah perjalanan personal lo lo yang memilih buat mulai gamenya lu yang milih buat terus mencoba bukan orang lain Kenapa karena ketika lumayan Mario lu nggak fokus ke apa yang terjadi satu jatuh ke jurang lu nggak fokus ke temen lo yang udah tamat atau belum Lu fokus cuman kedua hal lu mau main dan wewenang dan it ended Al dan gue mau ngasih tahu sesuatu yang sangat penting suka nggak suka hidup itu kayak game tapi nggak semua orang mau main bikin hidupnya sendiri Lu pernah main game game multiplayer online gitu mungkin Dota mungkin mobile Legends mungkin pak atau apalah Lu pernah lihat gak ada orang yang di tengah-tengah game tahu-tahunya disconnect apa yang terjadi Ya udah dia diam aja terus diserang sama pemain lain terus diamati mungkin itemnya dicuri dan banyak hal lainnya yang dilakukan pada seseorang yang nggak mainin karakternya disuguhake dan itu ada apa yang terjadi ketika lo memutuskan buat nggak main di game hidup lo sendiri yang terjadi apa yang nentuin nasib loh ya orang lain mau nggak kayak gitu Ya nggak dong Nah kalau enggak mau ya Berhentilah menolak bermain game sendiri mulailah menerima bahwa controller atas karakter lo di game kehidupan loh itu ada di tangan lo dan yang perlu lakukan Ya sama aja kayak gimana cara main game lu mulai lu enjoy dan bergeraklah menuju kemenangan nggak peduli berapa kali perlu jatoh nya peduli Apakah temen Udah menang duluan hidup lo adalah game lo bukan game orang lain sekarang gue minta logo sebentar videonya terus pikir sebentar deh siap galau untuk mulai main game sendiri kalau lu siap habis punya tips Gimana caranya bisa main game sendiri dengan benar Oke mari kita mulai mikir bentar Gimana sih caranya main game yang benar apa coba Hal pertama yang perlu ada dalam sebuah game nah yang harus ada pertama kayak tadi tuh harus ada sebuah tujuan yang jelas kebaya enggak Lu main Tetris takluk nggak tahu nih bahwa tujuan gamenya adalah bikin satu garis penutup banyak mungkin bisa-bisa lucu masalah tumpuk aja terus democrazy kita begitu juga di hidup harus ada golnya apa sih Lo pengen hidup ini apa yang lebih ngembangin apa helping pelajari sebagaimana udah di singgung di video 1% ini goreng jelas akan membantu lo memahami apa yang harus kulakukan untuk mencapainya Nah dari satu persen sendiri menyediakan sebuah worksheet yang pas buat bantu lo menyusun gol dengan Smart gold Worship ini akan meminta lo untuk mengelaborasi tujuan dan goyang ilmu capai dengan pemaparan yang lebih jelas biar lu punya gambaran yang lebih jelas worth it ini bisa mendapatkan dengan ikut layanan konsultasi bersama mentor Jadi kalau tertarik lu bisa buka di satu sendok netpluz daftar atau klik link dideskripsi box ya Nah lanjut dulu hal kedua setelah tujuan yang juga bikin sebuah video game menarik adalah game itu bikin lu bisa fokus pada proses pembelajaran dan perkembangan lock wisata di lumayan Mario waktu fokus buat mengikuti dan mengarahkan Mario buat melewati rintangan-rintangan nya daripada mikir Gimana kalau jodoh lubang-lubang akan melihatnya sebagai sebuah proses yaitu pelubang yang mungkin nama bikin sebel gitu tapi lu bakal coba Terus dan Coba deh apa yang terjadi di keluarganya berhasil melewati lubang yang sudah jatuh berkali-kali lu bakal merasa puas banget karena tahu bahwa ludah berkembang udah lebih jago dan manusia Seneng banget tahu perasaan itu sama jengkel banyak hal baru kalau melakukan kesalahan dalam pembelajaran loh ya pandanglah itu sebagai suatu hal yang bisa mempelajari terus bekerja tuh momen Dimana lu expert nanti bisa melakukan hal yang tadinya nggak bisa lakukan asli buat gue itu adalah perasaan paling menyeramkan yang ada di dunia enggak ada yang lain sih serius tapi ketika lu jatuh di sebuah jurang di barrio pasti lewat lagi lu coba caranya sama nggak yang nggak kan Nah itu namanya belajar jadi hidup juga harus gitu kalau gagal Jangan coba caranya sama gitu udah gagal yang dicoba lagi lah coba cara lain terakhir yang paling penting jangan lupa buat have fun and enjoy Gue pernah denger kok yang bilang gini ketika lo mendaki gunung fokuslah buat Sampai Ke puncaknya tapi jangan lupa buat enjoy pandangannya nah levelering banget kan akhir kata semoga video ini bermanfaat bagi lo gue Rizky 1% bye