Transcript
2Y6KHnZOzm4 • Mengatasi Rasa Malu dengan Latihan Percaya Diri
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0262_2Y6KHnZOzm4.txt
Kind: captions Language: id the video yang nonton ini dipersembahkan oleh satu persen sekolah kehidupan terbesar di Indonesia satu persen memiliki berbagai layanan yang sudah membantu Ribuan Orang mencapai hidup seutuhnya buat informasi lebih lanjut lo bisa cek link yang tercantum pada description boks Akhir kata selamat menonton Hai kalau elu memutuskan untuk nonton video ini besar kemungkinan lo ngerasa diri lo adalah orang yang pemalu atau lo punya teman kenalan atau keluarga yang pemalu jadinya lo kepo gitu sebenernya malu gue itu atau malu temen gue ini wajar atau enggak sih Nah bagi elu yang pemalu mungkin sifat ini beberapa kali ngebuat lo frustrasi Karena rasa malu ini jadinya ngebuat lo jadi kelewatan gitu berbagai hal yang harusnya bisa ngebawa dampak positif buat loh lama-lama lo ngerasa nggak nyaman kalau terus-menerus membuat rasa malu lo ini menang terus tapi kadang ya kita bingung Gimana sih cara mengatasinya nah atau mungkin roh khawatir kalau apa yang alami Ini jangan-jangan udah sampai tahap gangguan klinis alias lo harus ke psikologi Too Well di video ini gue bakalan ngejawab pertanyaan loh tentang rasa malu yang lo alami ini tapi sebelumnya Jangan lupa untuk subscribe channel ini untuk konten-konten lainnya oke oke Hai pertama-tama lo perlu tahu dulu sebenarnya apa sih rasa malu itu malu adalah kecenderungan orang untuk merasa canggung khawatir atau tegang saat berada di situasi sosial terutama ini terjadi ya dengan orang-orang yang enggak familiar jadi Biasanya kita tuh malu kalau kita ada di situasi dimana kita nggak kenal sama banyak orang di sana gitu ketika merasa malu kita bakal munculin ciri-ciri tertentu biasanya kita akan merasa sakit perut mual keringetan Muka Merah deg-degan dan banyak gejala fisik lainnya kita juga biasanya jadi berpikir negatif tentang diri sendiri dan takut sama apa yang orang lain pikirkan tentang kita misalnya hmm kayaknya orang-orang ini pasti ngeliatin gue karena gue aneh gitu atau lo juga bisa jadi mikir kayaknya ga akan ada orang yang nganggap gue seru untuk diajak ngomong dan terakhir kita juga biasanya akan menunjukkan perilaku yang khas gitu yaitu Diam nunduk itu menghindari kontak mata dan lain sebagainya intinya Ya gimana aja orang makhluk ditekan nah orang-orang pemalu itu sebenarnya punya ciri khas biasanya orang pemalu ini butuh waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri di situasi sosial Kayak misalnya situasi sosial yang besar fs-ta ada gathering pertemuan-pertemuan pertama adaptasi di kantor baru adaptasi di kuliah dan lain sebagainya oleh munculnya rasa malu ini sebenarnya dipengaruhi juga dengan situasi dan konteks kalau malu pas lo mau ngobrol sama gebetan atau pas ngelakuin kesalahan di depan umum ini namanya lo merasakan malu tapi belum tentu lo adalah orang yang pemalu jadi rasa malu dan pemalu itu itu beda juga gitu terus pertanyaannya adalah Kenapa sih seseorang bisa punya sifat pemalu nah faktor pertama berhubungan dengan masa kecil biasanya sifat pemalu udah mulai terlihat sejak anak-anak gitu sebagian kecil pengaruh dari rasa malu itu dari genetik dan sebagian besarnya memang dari lingkungan anak yang ngerasa nggak dihargai di keluarga pernah ditolak sama temen-temennya Hai atau mengalami bullying itu kemungkinan besar bakal punya sifat yang pemalu gitu sampai dia dewasa faktor lain yang berhubungan dengan sifat pemalu adalah kepercayaan diri beberapa penelitian udah menemukan bahwa sifat pemalu dan kepercayaan diri yang rendah itu berhubungan satu sama lain Jadi berkorelasi itu kalau dia malu ya dia berarti kurang percaya diri juga kalau dia orangnya pede ya bisa jadi orang itu nggak malu gitu tapi adanya hubungan korelasional itu enggak sama dengan sebab-akibat jadi pede yang kurang itu bukan berarti karena pemalu Begitupun sebaliknya Speed yang tinggi bukan berarti karena logo apa makhluk cuman itu berhubungan aja bukan berarti yang satu menyebabkan yang lain Nah kenapa sih rasa malu dan kepercayaan diri ini berhubungan ya karena orangnya nggak pede dan orang yang pemalu itu punya ciri-ciri yang mirip mereka biasanya sering menilai diri mereka rendah merasa inferior gitu kan merasa lemah gitu dan merasa terancam sama situasi-situasi sosial jadi inget ya pemalu itu adalah sifat bukan gangguan kesehatan mental tentu gangguan tapi tetep Inget aja ya bahwa semua yang berlebihan itu pasti cenderung buruk itu sifat pemalu ya kalau berlebihan bisa jadi berbahaya dan memang bisa jadi juga gangguan gitu misal gangguan kecemasan sosial atau social anxiety Disorder itu kayak mau ekstrim gitu Nah kalau menurut American psychiatric Association rasa malu Yang parah atau social anxiety Disorder yang udah gangguan ini adalah gangguan klinis yang udah punya ciri-ciri banyak gitu ya Ada kecemasan ketakutan yang ekstrim terhadap situasi-situasi sosial yang kemudian bikin orang itu jadi stress berkepanjangan dan mencegah orang-orang itu yang punya gangguan ini berpartisipasi di kegiatan sosial nah Biasanya kalau udah parah kalau udah Ed social anxiety Disorder orang-orang itu takut banget diliatin sama orang banyak karena mereka merasa diejek dan merasa bakal dipermalukan juga akhirnya mereka jadi ngerasa nggak nyaman bahkan stres kalau misalnya berada ditengah orang-orang nggak jarang mereka juga sampai enggak mau kerja nggak mau pergi sekolah gak yang ke kantin ketemu temen-temen dan lain sebagainya intinya mereka punya ciri-ciri yang kurang lebih mirip gitu ya sama pemalu tapi kalau yang gangguan itu jauh lebih ekstrim kalau pemalu itu ngerasa canggung dan khawatir tapi kalau orang dengan social anxiety Disorder itu mereka takut dan stress banget gitu bahkan bisa jadi ada juga gejala Panic attack nya kalau orang pemalu biasanya malu di situasi asing kalau sidco social anxiety Disorder itu bisa takut di situasi yang familiar Kayak misalnya ketemu teman-teman biasa yang udah kenal lama itu bisa jadi stres dan takut juga pernah karena social anxiety ini termasuk Disorder maka lo enggak boleh stenosis kalau lo bukan psikologi atau sekitar harus ada diagnosa harus ada diagnosis ya dari profesional kalau belum didiagnosis ya nggak bisa lo bilang bahwa diri lo itu punya social anxiety gitu ya Jadi kalau perlu diagnosa Rudian OSIS setelah didiagnosis itu juga pasti butuh perawatan serta terapi dari tenaga profesional nah biasanya memang ya orang banyak yang sangat diagnosis web gangguan nih dan lain sebagainya tapi kalau belum Please jangan mikir bahwa lo punya itu dulu kalau mau lo bisa untuk ya psikolog dulu atuh kalau nggak mau ke psikologi mentoring dulu aja gitu untuk melihat sebenarnya seberapa parah sih si gangguan lo ini itu ya Pertanyaan selanjutnya adalah Gimana sih cara supaya lo bisa mengatasi rasa malu lo supaya enggak berlebihan pertama lo bisa lakukan goal-setting seringkali kita merasa malu itu karena overthinking misalnya kalau lagi ngomong depan banyak orang terjadi kepikiran sama semua hal posisi gue nggak ya kaki dan tangan gue ini kalau gerak gimana ya Apakah Gue bakal dimarahin habis ini dan lain sebagainya intinya overthinking lah nah Biar lo bisa fokus sama apa yang penting baiknya memang loh coba buat gold gitu loh coba catat tujuan-tujuan yang kecil dan persiapkan dirimu sebaik mungkin biaro bisa mencapainya misalnya gua kasih contoh Ya lo bisa buat gol satu tujuan untuk ngomong lancar misalnya dan enggak ngeblank itu kan tu kecil ya Bukan kayak lo besok harus jadi pede atau gimana Tapi at least lo enggak ngeblank gitu Nah kalo udah buat tujuan itu pas lagi tampil bisa jadi fokus untuk ngomong lancar dan enggak overthinking sama yang lain Nah lo bisa coba terapin ini di situasi sosial yang sering ngebuat lo ngerasa makhluk itu jadwal tulis aja tuh masalah lo apa dan tujuan lo mau kayak gimana dengan Allah nulis ini dan ngelakuin ini secara pelan-pelan tapi konsisten pikiran lo akan Terlatih Untuk melihat bahwa situasi sosial itu ternyata nggak seram yang lo pikirin lu juga akan merasa ke reward ketika lo berhasil mencapai tujuan-tujuan kecil dan perasaan dari reot ini ini bisa ngebuat lo termotivasi itu yang pertama jadi tulis aja tujuan kecil Kayak misalnya hari ini gue harus ngobrol sama dua orang gitu lu coba ngobrol sama dua orang ya coba aja nggak perlu berhasil gitu kan tapi at least two punya tujuan kecil-kecil yang bisa lo lakuin setiap hari ya itulah Kenapa nama kita satu persen karena kita percaya bahwa untuk membuat perubahan ya nggak perlu besar-besar gitu etnis setiap harinya lo hai satu persen saja dari hari kemarin itu juga udah cukup oke yang kedua sadari bahwa perbedaan kita dengan orang lain bukanlah sesuatu yang bisa menghambat kita berinteraksi sosial kadang ada anggapan dari orang pemalu bahwa perbedaan yang ada dalam diri kita sama orang lain itu menghalangi kita untuk berinteraksi sama orang gitu entah perbedaannya dengan hal status dalam hal fisik ekonomi usia dan sebagainya jadinya orang yang pemalu ini ngerasa asing merasa tegang dan kadang juga jadi nggak pede atau rendah diri itu Nah untuk mengatasi rasa asing ini rasa teralienasi ini Coba deh lo pahami bahwa perbedaan bukanlah sesuatu yang ia bukanlah sesuatu yang harus dihindari bukanlah sesuatu yang kayak big deal gitulah karena apa terlepas dari perbedaan-perbedaan itu kita pada dasarnya sama-sama manusia kan gitu kita sama-sama suka ngomong tentang diri sendiri sama-sama suka diperlakukan baik sama-sama suka ditanyain sama orang dan lain sebagainya makanya ini tips buat lo juga untuk berempati itu gimana maksudnya kalau enggak ada di situasi sosial coba lakuin hal yang kira-kira Lo pengen orang lain lakuin kalau juga ketika lo memilih fokus ke diri sendiri perasaan ga nyaman itu bisa perlahan-lahan hilang dan lo juga bisa menerapkan itu ke orang lain Jadi kayak orang lain Nyaman juga itu dengan Allah kenapa karena ya Bahkan orang sepeda apapun bisa jadi pemalu juga gitu dalam beberapa konteks sosial gitu Oke jadi please pahami bahwa perbedaan itu bukanlah sesuatu yang harus dihindari dan klo bisa coba berempati Terus menerapkan yang lo mau yang Lo pengen orang itu lakuin kalo gue coba Aku ini tuh orang lain juga gitu ya Nah itu tips yang ke dua yang terakhir semua ini bisa lo lakuin dengan pelan-pelan memupuk rasa percaya diri didalam diri lo peyang tadi gua singgung orang pemalu itu biasanya punya rasa percaya diri yang rendah Jadi Ia memang Lo harus perlahan-lahan meningkatkan rasa percaya diri loh karena ketika lo ngerasa pede percaya diri ya Lo pasti bisa menghadapi segala hal bahkan rasa malu meskipun gitu nah kabar baiknya adalah kalau butuh bimbingan Gimana caranya untuk meningkatkan rasa percaya diri meskipun kayak lo Ngerasa teralienasi lo ngerasa bahwa lu lemah lo ngerasa bahwa berbeda kau bisa ikut webinar 1% dengan judul berani percaya diri beda dengan yang lain gak masalah nah ini bakal biasanya kapan ini bakal dilaksanakan tanggal 15 Agustus akan gw isinya Siapa ada fiqih owner dari satu persen dan ada Princess megonondo dia adalah Miss Indonesia tahun 2019 yang bakal ngisi webinar ini bareng sama Fiki di Winner lo bukan cuman Bakal dapet materi yang jauh lebih keren dan komprehensif daripada video-video kita di YouTube lo juga bisa diskusi langsung dengan pembicara mengenai cara untuk meningkatkan percaya diri lo juga bakalan tahu gimana mengatasi insecurity gimana mengatasi rasa malu secara praktis dengan tatacara yang spesifik dari perspektif Miss Indonesia dan juga dari fiqih selaku owner 1% diawal saya sih lo bakalan dapet psychotest tentang kepercayaan diri kilo bakal Repot interpretasinya nih supaya lebih tahu kondisi diri lo lebih dalam kayak gimana gitu dan diakhir sesi itu enggak langsung selesai begitu aja tapi lo bakalan dapet tugas berupa worksheet untuk ngebantu lo supaya lo bisa punya tata cara untuk menyelesaikan masalah lo secara praktis lo juga bakalan dimasukin ke grup diskusi bersama peserta lain kepala bisa diskusi dan juga dengan mentor 1% untuk bertanya lebih lanjut tentang masalah kepercayaan diri nah Menarik kan jadi jangan lupa untuk ikutan lo bisa daftar dengan harga special pendaftaran early Bird gitu ya Nah buat ikut yang ini lho bisa akses informasi lebih lanjutnya di description boks atau di comment section yang udah gue pengen buat lo yang udah nonton ini di atas tanggal 15 Agustus pas waktu webinar udah lewat well jangan khawatir karena lo bisa juga ikut lain mentoring untuk konsultasi online dengan mentor 1% udah banyak banget orang yang konsultasi dan orang yang membuktikan bahwa oke habis konsultasi mereka bisa berubah menjadi lebih baik gitu dan lo juga bisa mengetahui salah lo dan meningkatkan rasa percaya diri lo dengan bimbingan dari mentor ya nanti bakal dapat worth it dan lain sebagainya juga sih gitu ya Akhir kata gue harap semoga video ini bisa ngebuat lo menjadi lebih baik sehingga hanya satu persen setiap harinya Supaya apa ya supaya lo bisa mencapai hidup seutuhnya Oke gua Evan dari satu persen sampai jumpa di webinar 1% thanks to