Transcript
ouAT6C07_sI • Ketika Budaya Kerja Keras jadi Tidak Sehat (Toxic Productivity dan Cara Menghindarinya)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0253_ouAT6C07_sI.txt
Kind: captions
Language: id
hai ketika mulai masa-masa lock daun
akibat coffee 19 gue tuh rasain banget
gimana tiba-tiba kayaknya hidup gue tuh
rasanya kerja ya terus Harian dari
bangun pagi sampai tidur lagi ada aja
orang yang ngajakin gua Zoom meeting
minta kerjaan ini nanya itu ia tentu
saja lama-kelamaan gue bisa sih adaptasi
dan mulai lagi membatasi gimana waktu
gua kerja mana waktu gua melakukan hal
lain hidup gue tapi gue lihat itu ada
sih orang justru makin lama no kayak
makin semangat aja gitu bekerja makin on
terus dari pagi sampe malem kerja terus
kesalnya tuh kayak ada kontes berhadiah
puluhan juta Rupiah buat siapa orang
paling produktif selama masa pandemi
malahan nggak ada kita ada orang yang
percaya bahwa kerja keras Tanpa Batas
adalah prasyarat untuk kesuksesan
sampai-sampai ketika beristirahat yang
dipikiran puntet pekerjaan pasalnya
buang-buang waktu aja gitu kalau
menghabiskan waktu luang untuk hal-hal
yang tidak berhubungan sama pekerjaan
Sampai suatu ketika
Ah ya mereka jatuh kelelahan Apakah lu
salah satu dari pelaku owel gua bahkan
enggak tahu gua harus menyebut
orang-orang kaya ini tuh Apakah mereka
pelaku atau korban tapi intinya Apakah
kamu salah satu dari mereka well kalau
emang lagi ngerasa kayak gini berarti lu
butuh tahu tentang topik productivity
divideo ini gue bakal jelasin soal
konsep ini mulai dari artinya
penyebabnya dan yang paling penting
adalah Kenapa hal ini buruk dan untuk
kebaikan dan kesuksesan tersendiri
menurut gue lupa dan harus berhenti sih
untuk terus melakukan ini tonton terus
sampai saya biar ngetik konsepnya secara
menyeluruh Oke kita mulai ya Apa sih
yang dimaksud dengan tokek productivity
Kalau ngomongin tentang budaya kerja
keras enggak bisa dipungkiri bahwa
banyak banget orang yang
mengagung-agungkan aja gitu soal
produktivitas Dimana mereka
berlomba-lomba jadi orang yang paling
sibuk paling banyak kerjaan Ko
punya project sampingan selalu punya hal
lain perlakukan apalagi di tengah-tengah
keadaan sosial di sensing Tam How Bude
ini jadi kerasa banget nget nget sih
kalian kayak diawal-awal sosial
dispensing Tuh semua orang tuh posting
soal kesibukan mereka ke Instagram
posting lagi Zumi Ting Ting lagi apa
gitu dan jadi kayak trend aja gitu
budaya bahwa kerja setiap saat kerja
kerasmu orang kerja keras Keder lomba
joget produktivitas mungkin iya ini baru
kelihatan tren baru berasa banget di
masa-masa pandemi tapi sebenarnya
fenomena ini sudah terjadi sejak lama ke
baru Expose aja gitu gara-gara pandemi
dan semua orang explore gak bisa posting
liburan mereka atau makanan mereka jadi
postingnya kerjaan mereka tapi yes dari
Lu sudah ada orang-orang yang bekerja
terlalu keras tanpa ujung-ujungnya malah
sakit atau ya hubungannya dengan
keluarga atau lingkungan sosial malah
jadi rusak ini sih sebetulnya biasa
disebut dengan touchscreen teknologi ada
juga menyebutnya sebagai
culture atau workaholism ya loe mungkin
pandangan Islam workaholik yang artinya
adalah Obsesi yang ekstrim dan kayak
gada abisnya gitu untuk jadi produktif
gimana ya orang nganggep piring atau
berharga ketika mereka produktif Oke
Mungkin lu merasa bisa rap sedikit
banyak sama cerita gue dari tadi tapi
gua kejelasan detail dan lu bisa coba
mencari tahu sendiri apa kalau sudah
masuk ke dalam kategori ini atau enggak
yah ada beberapa ciri dari Toxic produk
i3 Tower awsome misalnya yang pertama lu
terus-terusan kerja tanpa ketik gimana
Lu sakit dan hubungan sosial memburuk lu
jadi mengabaikan hal-hal kecil yang
sebenarnya penting buat hidup sebagai
seorang manusia misalnya apa misalnya
makan tepat waktu tidur olahraga ngobrol
santai sama temen sampai akhirnya ya
hal-hal kecil yg numpuk aja gitu jadi
masalah besar karena luka juga kesehatan
lho ya sampai sakit terlalu enggak
menjaga hubungan sosial uyat sampeyan
Oh Iyan gitu kedua lu punya ekspektasi
yang nggak realistis terhadap diri
sendiri bisa jadi lu menempatkan
pekerjaan dan kesibukan kesibukan
sebagai prioritas utama sedangkan
hal-hal lain yang kita disebutin
kekiatan lo temen lu ketenangan jiwa lo
hobi lu keluar galo itu lengkap Nomor 2
atau bahkan kadang-kadang ada
orang-orang yang anggap itu distraksi
tinggal membuat ekspektasi ekspektasi
yang gak peduliin hal ini misalnya ya
udah gua mau kerja super banyak hari ini
dari pagi sampe pagi lagi tapi setiap
hari itu kan bukan sebuah expectation
normal gitu untuk mampuan batas diri lo
dan ini menyebabkan hal ketiga yaitu
rumah susah untuk istirahat tapi kalau
mau coba buat break itu atau ngelakuin
my time deh lu merasa bersalah aja gitu
kayak lo ngerasa harusnya masih ada bisa
mengerjakan Terus lu merasa diri letuk
orang produktif pokoknya kalau enggak
lagi sibuk rasanya tu kayak sepi hampa
hati
kerja lagi pingin kerja lagi ya
orang-orang disekitarnya juga biasanya
Sadarkan hal ini mungkin mereka kadang
protes bahwa lu kayak nggak pernah ada
secara emosional gitu buat PK Aku lagi
ngobrol sama orang tapi kalau ngomongin
kerjaan lu mungkin sudah punya keluarga
kemudian di rumah yang ada malah lu
malah mikirin pekerjaan ya besok tadi
karena merasa ketika lu menghabiskan
waktu tanpa menghasilkan apapun reset
nggak guna aja gitu Jadi lu mandang
waktu-waktu lo bersama teman-teman lo
bersama keluarga loh bertemu hobiro
itulah guna Kenapa karena itu bukan
pekerjaan karena itu tidak produktif nah
kalau lo sampai yang tiga poin Barusan
gue ceritain lu masih merasa bisa rileks
Ada kemungkinan bahwa Lu sudah
terjangkit ke dalam culture yang sehat
ini dan buat lo yang mengalami ini demi
diri lu sendiri gue Rizky dari satu
persen mau mengajakku untuk berhenti
menjalani hidup dengan cara kayak gini
hai kenapa ada beberapa alasan pertama
dengan cara hidup kayak gini lu tuh
bakal channel produktif cuma dalam
jangka waktu pendek kalau udah mungkin
bisa berapa bulan Hidup kayak gini
mungkin sudah berumur mungkin itu
kayaknya cuman 1-2 bulan mungkin cuma
minggu tapi nggak bisa kayak gini
selamanya dan tanpa lusader ya 79 studi
awal sampai tengah lah pasti bisa
produktif masih bisa puas sama kinerja
lo tapi begitu udah lewat efektif Malam
makin buruk lu bakal bernov kecapean lu
bakal dimotivasi lu nggak lagi Bruce
Ajib produktif sehingga malah jadi pasif
dan gak melakukan atau masukkan apapun
yang yang berkualitas gitu nah pakai
karena capai aja dan ini bisa berujung
komunikasi sama alasan kedua yaitu lu
bisa jadi terlalu keras sama diri
sendiri kata this gue sempet jelasin
Biasanya kalau lu punya gaya hidup yang
toksik productivity lu menghargai Dirut
cuman Kalau merasa berhasil menjadi
produktif atau berarti
kemungkinan besar lu bakal masakan diri
biar terus-terusan produktif mengabaikan
emosi merasakan dan jadinya kritis ke
diri sendiri dan efek dari hal ini
Tentunya lebih negatif dibandingkan
positif kalau menurut penelitian lu
bakal jadi lebih mudah buat menganggap
dirimu nggak berguna dan bisa jadi
ujungnya Kiting diri sendiri nah tapi
ngetop ng basti poin pertama ketika
menjalani hidup ini etsa baru bakal boat
lu bakal menyetop dan disaat itu enggak
bisa menghasilkan banyak hal dan bisa
atau itu terjadi ketika lulus juga sudah
bersikap keras sama diri sendiri ketika
enggak produktif lo ambil sih dari Ustad
Ya gimana gitu lu mau kerja nggak bisa
karena kecapaian dan lu benci disuruh
ketika nggak kerja ambil sih ketiga lu
bisa gampang stres kalau ada orang yang
merasa lebih produktif Daripada Lo
biasanya orang yang punya gaya hidup
pakai productivity itu suka ngebanding
bandingin kesibukannya dengan
orang-orang yang ada disekitar mereka
ingat yang dibandingin adalah
kesibukannya dan ketika ada
orang yang mereka rasa lebih produktif
bisa jadi karena terhadap banyak kerja
atau lebih bagus aja kita hasilnya
mereka tuh bakal jerit secure Nggak pede
acre Stres kenapa ini bisa terjadi ya
Karena Mereka cenderung memandang
orang-orang tuh cuma dari aspek
psikologi today aspek produktivitas Jadi
kalau mereka udah merasa kalah dalam hal
produktivitas mereka bisa jadi dengan
banget terakhir yang kayak tadi gue
sempet bahas lu bisa jadi mengabaikan
hal-hal yang sebenarnya penting dan
terobsesi sama jadi produktif jadi lebih
hemat sakit dan hubungan lu sama orang
lain juga jadi lebih gampang buat
Lenggang jadi Tokyo productivity itu
benaran Toxic Enggak cuman karena hal
ini bikin lupa sama hal penting lain
selain kerjaan tapi juga karena secara
jangka panjang hal ini bisa bikin cepat
stres daun kerasa mandi sendiri dan
ujung-ujungnya malah kebalikan khodari
dari produktivitas Lex Oke channel
pingin Oke tenang aja Ini semua tidak
harus begini selamanya masih ada
cara-cara yang bisa Le pergunakan untuk
tetap produktif tanpa terjebak
dalam pakai productivity Oke dan gue
jelasin ya beberapa hal yang bisa
digunakan pertama lo harus sadar akan
emosi yang ngerasain orang-orang yang
hidup dalam tafsir dan V pada umumnya
menolak dan memendam emosi mereka rasain
karena buat mereka emosi itu distractive
jadi ya mereka jadi kerasa gitu sama
diri sendiri lagi sedikit tahan lagi
seneng ditahan lagi marah ditahan
padahal ya atau proses sendiri udah
bilang tadi berapa puluh video ya
memendam emosi itu cuman gua mesen
meledak Nah maka itu Coba deh lu hindari
kerja dan hidup dengan mode autopilot
atau pilot gimana ya gitu kek lu bangun
pagi langsung kerja-kerja ini Berikutnya
ini Berikutnya ini berikutnya sampai
tidur bangun lagi kerja lagi kerja lagi
kerja lagi gue mengajakku untuk berhenti
hidup seperti itu Jadi gue pingin ketika
lu melakukan pekerjaan-pekerjaan dan
menjalani hidup lo coba lebih matiin
Coba lu rasain Ni kalo ngerjain sesuatu
Hai coba berlalu lo science Apakah itu
lu suka melakukannya atau lebih benci
melakukannya Apakah itu penting buat
lakukan atau sehingga penting gitu
Apakah itu sebetulnya ada sesuatu yang
sebetulnya udahlah tidak menyenangkan
nggak penting pula gitu kan jadi
sebenernya bisa aja lu tolak enggak usah
lu kerjain kalau lu udah tahu apa yang
benar-benar penting buat lo bakal akan
sadar bahwa sebenarnya kalau ngomongin
produktivitas penting untuk fokus sama
kualitas dari hal-hal yang lakuin bukan
sekedar banyak tapi kualitasnya hasil
kerja autopilot aja gitu kan Yang
penting kerja yang kerja nah sehubungan
dengan ini coba juga untuk merefleksikan
Apa tujuan jangka panjang lo biar sadar
kesibukan mana sih yang beneran bakal
bahwa lu ke tujuan jangka panjang loh
jadul bisa lebih enjoy kalau bisa lebih
rasain karena ya lu manusia benzaro
Batman manusia itu punya emosi dan dan
itu enggak bisa dinaiki itu Itulah bukan
robot ya kedua cari tahu cara jadi
produktif yang kayak gimana cocok sama
diri lo ya ya
chord emang butuh lumayan banyak
refleksi diri ketika klub ingin jadi
produktif tanpa Toxic setiap orang punya
caranya beda-beda biar rasa produktif
ada yang kerjanya lebih enak sendiri ada
lebih suka Timur adanya komunitas King
ada lebih nyaman fokus 11 ada suka
pararel show dengan lu tahu tipe yang
mana lu bakal bisa menerapkan cara-cara
yang sesuai dengan kekuatan diri loh
tapi inget kata kuncinya adalah tahu
dulu apa aja kekuatan diri lo apa aja
sebenarnya bisa memotivasi lo Ya intinya
lu paham dulu mengenai diri lu sendiri
kalau saat ini merasa lu sendiri belum
paham mengenai diri lo It's okay
pengenalan diri adalah proses
berkelanjutan yang gak ada habisnya dan
kalau lo bahkan belum mulai melakukan
itu Ya wajarlah Mungkin ambyar gitu kan
lu bisa melakukannya sendiri Tapi kalau
lu mungkin roda ambisius nih atau udah
capek hidup dengan cara kayak sekarang
kita bisa banget ngebantu lo untuk
mengenal diri lu lebih cepat melalui
online mentor 1% dengan diskusi bersama
mentor terlatih dan tes tes psikologi
yang bahan dikasih klo lu bakal bisa
memulai
empat proses pengenalan diri sehingga lu
bisa mulai merencanakan juga apa yang
bisa lo lakuin untuk jadi lebih
produktif tapi dengan sehat lebih dapat
pandang objektif dari mental-mental
berpengalaman 1% dan dapetin set Insight
dari hasil tes psikologi udah lo kerjain
dan menariknya mentor itu enggak segitu
aja lu bakal dapat Worship aksesnya udah
selesai biar tetap bisa mengembangkan
diri lu secara konsisten dan jadi
kedepannya bisa terus jadi orang yang
produktif tapi ngetoxic lalu berminat
atau pengen tau info terkait mentoring
lutek link ada di description boks ya
ketiga Buatlah gold dan reflecta
sexpectation realistis boleh aja kok lu
punya target tentang apa aja yang harus
melakukan dan lesaikan tapi lebih baik
Kalau luarnya sweater nyataan yang ada
maksudnya gini Lu sadar bahwa saya ada
pekerjaan ada juga hal-hal lain yang
perlu perhatiin dan ujung-ujungnya juga
akan berpengaruh ke performa lo misalnya
menjaga keperluan untuk menjaga pola
makan berwarna gaotie time sama orang
lain serta Oke hobi
apapun yang bisa Richard Sergio nah
berhubungan dengan ini lu juga bisa
mengatur ulang pandangan lo tentang
Brewok atau istirahat daripada
menganggap istirahat sebagai sesuatu hal
yang mengganggu sebagai sebuah distraksi
coba lebih gede deh istirahat adalah
cara efektif buat mencapai goal yang
udah buat Kenapa karena tanpa istirahat
pengolahan kualitas lu bakal turun dan
at some point lu bakalan biar jadinya ia
malah lebih lama buat mencapai target
jangka panjang loh lu bisa jadwalin di
jam berapa aja lo mau break biar enggak
kebablasan dan gak lupa juga penelitian
udah-udah buktikan bahwa kadang lucu
justru baru bisa dapat ide-ide kreatif
dan inovasi ketika lu stop sejenak dari
pekerjaan loh karena pas begini What aku
lagi nyatuin apa yang barusan lu kerjain
ini bisa muncul tuh ide-ide baru yang
mungkin ya kepikiran kalo lo pekerja
jadi robot tanpa break toh cara pikir
bahwa Lu harus selalu bekerja keras dan
produktif itu enggak terlalu baik ya
Nggak apa-apa kok untuk kerja keras tapi
tahu diri enggak papa
the tiriskan pikiran refleksi diri
justru sebetulnya ya emang biru butuh
hal kayak gini kalau lu suka sama video
ini dan pengen nonton video-video yang
bahas tentang hal kayak gini lagi jangan
lupa untuk like share dan subscribe
channel 1% ya Akhir kata gue berharap
semoga video ini berguna untuk membantu
lo berkembang menuju hidup seutuhnya
hidup seutuhnya hanya bisa dinikmati
kalau lu punya waktu kalau lu pergi
terus sibuk terus ya buat apa gitu kan
gue sekitar satu persen bye