Transcript
MFySWxh0djs • Cara Supaya Konsisten Dalam Apapun (Trik Jitu Agar Konsisten)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0087_MFySWxh0djs.txt
Kind: captions
Language: id
Udah bulan Desember nih. Gimana kabar resolusi tahunan lo?
Kalo lo ternyata belum memenuhi resolusi 2019
lo jangan sedih.
88% orang yg punya resolusi tahunan juga, kok.
88% loh, ini banyak banget!
Kenapa yang gagal bisa sebanyak ini,
dan mungkin termasuk lo?
Mungkin kita semua bisa sepakat bahwa salah satu penyebabnya adalah
lo ga konsisten.
Awalnya mungkin lo ngerasa termotivasi parah,
mungkin abis nonton video Kaizen nya 1%, video motivasi dichannel lain,
atau masih ada semangat tahun baru nih di Januari kemaren.
Tapi gatau kenapa
beberapa jam kemudian akhirnya lo malah kembali jadi kaum rebahan.
Dari sini kita tau
bahwa menjaga konsistensi itu ga gampang.
Padahal banyak banget hal yang kita lakuin itu baru keliatan hasilnya
ketika kita konsisten.
Contoh nih, Kita berhasil nurunin berat badan nih misalnya,
kalo bisa konsisten makan secukupnya dan konsisten olahraga.
Nilai di sekolah atau kuliah juga akan jadi lebih baik kalo misalnya lo konsisten belajar.
Dan masih banyak lagi nih hal yg memang perlu konsistensi.
Oleh karena itu di video kali ini lo akan tau rahasia gimana sih caranya
biar lo bisa tetap konsisten mengikuti rencana yang udah lo tetepin.
Tonton aja sampe abis, akan bermanfaat banget
buat lo yang pengen konsisten ngembangin diri.
Jgn lupa subscribe kalo lo misalnya lo ngerasa terbantu.
Nah oke, terus gimana caranya?
Well, sebenarnya caranya beragam sih.
Tapi gue akan mulai dengan menyadarkan lo semua kalau ..
1. Bergantung pada motivasi dan keinginan itu salah.
Nih, hal yang lo harus bener-bener amin-in,
konsistensi itu permainan jangka panjang.
Keinginan atau yang akan kita sebut Will power
atau motivasi yang datang dari lo
menginginkan sesuatu itu…
masalahnya ada batasnya. Dan dia bisa abis.
That's the issue
Kalo lo hanya berpegangan pada Will power doang,
"no wonder you fail." :(
Will power dan konsistensi itu ngga jodoh cuy. Karena konsistensi itu,
berarti melakukan sesuatu secara teratur
dan terus menerus ga peduli lo suka, mau, dan termotivasi atau ngga.
Akan ada masanya lo ga termotivasi.
Akan ada masanya lo bosen dan ga mau
ngelakuin hal yang seharusnya lo lakuin.
orang konsisten akan tetep ngelakuin
apa yang harusnya dia lakuin.
Oke, Trus Pik, kalo misalnya gitu, gue harus bergantung sama apa dong supaya konsisten?
Kebiasaan.
Kalo lo mau konsisten, lo jadiin hal tersebut kebiasaan.
Ngelakuin kebiasaan itu ngga memakai willpower,
yang berarti lo ga harus bergantung sama itu.
Bahkan 40% hal yang lo lakuin di keseharian lo
itu dateng dari kebiasaan cuy, dan lo bisa
ngelakuin itu tiap hari
tanpa mikir, tanpa tergantung sama motivasi,
tanpa peduli lo suka atau ngga.
Coba aja comment di bawah, kebiasaan apa sih yg lo punya?
Dan pertanyaannya adalah…. gimana caranya membangun kebiasaan?
nah ini adalah yang nomer 2
Bikin dan tuliskan rencana perang lo.
Kenapa harus ditulis?
Berfantasi doang soal pencapaian dan konsistensi
itu gaakan ngebantu lo jadi konsisten.
Bahkan berfantasi itu sebenernya ngabisin energi
yang lo butuhin buat mencapai tujuan lo.
Tapi nulis tujuan atau kebiasaan yang lo mau bentuk
justru naikin kemungkinan lo
akan ngelakuinnya.
Jadi, pertanyaannya, apa nih skrg tujuan lo?
dan apa kebiasaan yang akan mendekatkan lo ke tujuan itu?
Nih, lets say, kalo lo mau nurunin berat badan 10 kg, itu tujuan lo
kebiasaan yang lo butuh bentuk salah
satunya adalah olahraga misalnya
Spesifiknya lagi,
Lari 5 kilometer tiap minggu, misalnya.
Nah itu, lo tulis aja di kertas trus tempel deh di kamar lo.
Dan yang ga kalah penting juga
(bahkan lebih penting lagi dari nulis tujuan lo doang),
bikin rencana gimana lo mau mencapai konsistensi yang lo inginkan.
Jadi gini, lo akan lebih gampang untuk konsisten
kalo emang lo tau tetek bengeknya hal
yang lo mau lakuin:
Kapan gue ngelakuin itu,?
di mana, jadwalnya kayak gimana,
seperti apa kegiatannya.?
akan jauh lebih gampang kalo lo tau detail-detail itu
Buat yang masih bingung, gue kasih panduan singkat deh:
Yang lo mau tau pertama adalah sampe kapan lo butuh melakukan ini secara konsisten?
Seberapa lama sampe lo bisa ngebentuk kebiasaan baru?
Yang biasanya gue saranin kalo misalnya pertanyaan ini adalah,
minimal, 66 hari. Thats the magic number.
(yah sebenernya ada yg bilang 20 hari,
90 hari, tapi yaudah)
supaya lo ga banyak mikir, ayo kita coba 66 hari
Jadi, kalo lo mau membiasakan olahraga tiap hari misalnya,
lo butuh untuk memaksa diri lo
untuk olahraga tiap hari selama 66 hari.
Udah nya, hal ini bahkan bisa lo lakuin tanpa mikir.
Malah lo bisa jadi ngerasa “aneh” kalo ngga olahraga.
Pertanyaan selanjutnya,
apakah lo mau ngelakuinnya tiap hari? atau misalnya cuman selasa-kamis?
atau senin, rabu, jumat? itu juga harus dipikirin
setelahnya di mana lo akan lakuin
apakah di lapangan? di komplek? atau misalnya lo mau daftar gym nih
misalnya dan jam berapa?
atau lo lebih nyaman buat lari pagi jam 7 pagi misalnya
atau sore atau malem
dan hal apa aja yg lo butuhin
lo butuh nyiapin sepatu lari kah misalnya
lo butuh nyiapin kaos yg gapapa kalo misalnya kotor besoknya
itu juga harus dipikirin.
nah, oke sekarang lo udah punya plan nya nih dan plan nya udah cukup kuat buat ngebangun kebiasaan
Tapi tunggu dulu! Jangan langsung mau ambisius di awal,
misalnya langsung mau lari tiap hari, masing-masing 1 hari itu 5 kilometer
Hal ini akan terlalu ribet
dan bikin otak lo, badan lo dan lo secara keseluruhan itu shock.
Jadi yang lo harus pikirin selanjutnya adalah
Mulai dengan yang simpel.
Percaya aja deh, lo gak akan pernah bisa merubah diri lu
secara besar-besaran dalam rentang waktu yang singkat.
apalagi ngerubah kebiasaan. It's hard!
Ketika lo berniat untuk konsisten.
Cobalah mulai dari hal minimal yang lo bisa lakuin.
Pake contoh yg sebelumnya deh: lo mau rutin olahraga.
Ya mungkin ga lari, tapi olahraga ajalah sekarang
Coba dengan olahraga yang ringan ringan dulu,
misalnya dengan push-up dan sit-up 10 aja masing-masing di hari pertama.
Contoh yg jelek itu adalah ketika lo di hari pertama lo langsung ambis
. Misalnya lo langsung nge gym 2 jam.
Ketika Lo ngelakuin hal yang terlalu besar di awal-awal
buat lo jadi lelah, capek, kapok
dan ujung-ujungnya apa? lo jadi males lagi
Lain halnya kalo misalnya lo ngelakuin dengan pelan pelan gitu
sedikit sedikit demi sedikit.
Nah, sedikit demi sedikit lo tambahin intensitasnya sampe seterusnya nanti
Misalnya nih di minggu pertama mungkin lo mau lakuin dikit aja,
yaudahlah 10 sit up , 10 push up, cukup.
tapi pas minggu kedua; Ketika lo udah ngerasa agak comfortable gitu ya
atau lo mungkin ngerasa bego karena push up 10 itu ga berasa apa apa buat lo.
lo bisa mulai Ramp up the frequency atau durasi nya lo naikin.
Jadi ntar masing-masing ga 10 lagi, push up nya 15 misalnya, sit up nya 15
Minggu depannya lagi tambahain lagi jadi 20 masing-masing. Oke? Okay.
Tapi lo tau ga hal yang paling penting dari membangun kebiasaan?
dan Itu adalah hal yang nomor 4, apa itu?
Sadari bahwa lo akan gagal.
Ya, we all been there. Lo ngerasa udah pede dengan konsistensi yang lo punya,
udah 5 hari nih misalnya lo olahraga berturut turut. Wuih lo seneng nih misalnya.
Tiba-tiba besoknya lo sibuk banget, ga sempet olahraga
dan lo kecewa banget sama diri lo.
Nah ini sering jadi masalah nih. Lo gagal sekali, dan fokus lo buyar
Lo kesel, jadinya lo berhenti total. Bener-bener berhenti ngebangun kebiasaan.
Padahal, let’s say YOU SCREW UP -- kelewat satu hari nih.
Perjalanan lo itu belum selesai padahal.
Iya, itu sebuah kemunduran, tapi apakah lo gagal karna 1 hari kelewat?.
engga kan
Bahkan di studinya Richard Wiseman
tentang orang-orang yang berhasil mencapai tujuan jangka panjang,
mereka punya satu kesamaan:
mereka tau kalo misalnya mereka akan sering gagal,
tapi mereka ngeliat kegagalan cuma sebagai kemunduran sementara.
bukan sebagai kegagalan mutlak
kalo misalnya lo kelewat olahraga sehari, yaudah
lo bisa olahraga lagi kok besoknya
kalo misalnya lo kelewat nulis 1 hari,
ya lo bisa lanjut nulis kok besoknya. It's okay.
Semua orang pasti pernah ngaco kok. Jangan ngedown.
Mau gimanapun keadaannya pasti ada jalan keluarnya.
Karena, kalo kita ngomongin konsistensi dan membangun kebiasaan,
lo gagal HANYA ketika lo berhenti mencoba.
jadi coba tanyalah ke diri sendiri
ketika lo ngerasa gagal, lo tuh emang BENER-BENER GAGAL atau lo justru MENGGAGALKAN DIRI?
Oke mungkin itu aja si yang bisa gue bagiin.
Kalo misalnya lo sendiri punya tips yang bisa lo bagi ngga buat bisa tetep konsisten
dengan kebiasaan-kebiasaan lo
Supaya orang-orang siapa tau nih bisa terinspirasi sama cara lo.
Nah Satu Persen juga lagi konsisten nih bikin acara offline !
Tanggal 3 dan 10 Desember jam 7-9 malem
kita ada kelas offline di RuangRaqyat,
di daerah deket-deket Fatmawati, Jakarta Selatan.
Topiknya berturut-turut soal gimana caranya menunjukkan kepedulian kita ke orang lain itu yg tgl 3
dan yang tgl 10 adalah
Nah Tanggal 14 nya, jam 9-12 siang
kita juga ada kerjasama dengan temen temen MulaiDuluAja Project
ngadain kelas soal penanggulangan stress di FISIP UI.
Gue akan taro perihal kelas-kelas ini di comment dan description box.
kalian bisa baca info selengkapnya disitu
bisa daftar juga lewat situ
Semua acara ini gratis untuk semua kalangan.
Kita juga nerima donasi sebenernya di beberapa acara.
Tapi, kalo buat gue sih gue lebih mentingin kita bareng2 aja di satu acara
dan diskusi soal topiknya. Donasi itu masalah nanti
Yaudah gitu aja dari gue, semoga video ini ngebantu lo yang mau konsisten.
Inget bahwa lo selalu berdaya.
Jgn lupa subscribe kalo lo misalnya suka dengan konten ini,
dan share ke orang2 yg lo rasa butuh.
Gue Vicky, sampai jumpa di video dan kelas selanjutnya.