Transcript
s_fvzW1G9D8 • Cara Cepat Belajar Apapun (Tips Belajar Efektif)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0046_s_fvzW1G9D8.txt
Kind: captions Language: id ketika lo pengin mempelajari hal baru Mungkin banyak nih dari lo yang ngerasa Enggak punya waktu atau sibuk Maksudnya tuh kayak waktu luang lo tuh benar-benar dikit banget buat ngelakuin hal-hal di luar yang biasa lo lakuin yang masih sekolah mungkin ya hari-harinya diisi sama sekolah les organisasi Nongkrong dan sebagainya gitu ya yang udah kerja harinya mungkin penuh dengan deadline kerjaan main sama teman dan mungkin nonton film juga di rumah atau Bioskop gitu nah pas lo pengin banget mempelajari suatu hal atau suatu kemampuan baru Enggak jarang lo jadinya skeptis gitu dan enggak yakin sama diri lo sendiri akhirnya pikiran lo adalah Emang sempat ya gua belajar hal ini kayak belajar misalnya ngoding desain dan lain sebagainya lah ya pokoknya yang pengin lo pelajari jadinya lo Ngerasa lo enggak bisa gitu belajar karena enggak sempat Nah lo mikirnya kayak gitu karena meluangkan waktu buat istirahat aja Kok kayaknya rasanya susah banget gitu jadinya seakan-akan enggak mungkin banget nih buat lo untuk mempelajari hal baru apalagi dengan waktu yang sangat singkat nah tapi emang berapa lama sih waktu yang dibutuhin buat kita belajar suatu kemampuan sampai kita bisa lancar dalam ngelakuin itu Nah itulah pertanyaan yang bakal gua jawab di topik kali ini gua bakal ngjelasin Gimana cara belajar sesuatu dengan waktu yang seminimal mungkin dan gimana langkah-langkah buat belajar hal baru sefektif mungkin di waktu yang sangat singkat well pertanyaan pertama adalah berapa Jam sih yang lo perlukan buat jadi jago dalam sesuatu Nah kalau kita melihat ke penelitian profor Erikson dari Florida state University waktu waktu yang dibutuhin seseorang untuk jago banget dalam suatu bidang itu rata-rata 10.000 jam latihan lama banget kan Nah 10.000 jam itu kan rata-ratanya tuh sekarang bayangin aja nih kalau lu punya waktu latihan yang ya gak 10.000 jam banget tapi let's say lo punya 5.000 jam untuk waktu latihan lo dan lo gunakan itu sebaik mungkin pertanyaannya akan jadi sejago apa sih El kalau menurut gua meski engak 10.000 jam nih waktu lo lo bakal tetap jadi jago banget ya kalau dikasih 5.000 jam dan lo latihan gitu ya loemanfaatkan Waktu itu seefektif mungkin gitu apalagi kalau 10.000 jam kan Nah inilah yang ditemukan oleh si Profesor itu 10.000 jam adalah waktu yang dibutuhin kalau lo mau jadi yang terbaik banget di bidangnya gitu best of the best of the best gitu benar-benar kelas dunia l Pokoknya nah permasalahannya ada dua pertama siapa sih yang punya waktu 10.000 jam 10.000 jam itu panjang banget loh dan kurang lebih sama kayak kerja dari jam 09.00 pagi sampai jam 5.00 sore selama 5 tahun berturut-turut kalau realistis lu palingan punya waktu ya untuk belajar hal baru ya paling lu punya waktu 5 jam di week dayss dan Enggak semua orang juga rela menghabiskan waktu 5 jam gitu di tiap harinya atau mungkin menggunakan waktu istirahatnya buat belajar hal-hal baru Nah yang kedua lo mungkin enggak kepikiran untuk jadi yang terbaik di dunia gitu ya ngapain juga mungkin Lo pikir gitu ya let's say contohnya gini lo mau belajar main sepak bola Nah mungkin lo enggak mau gitu jadi jago Ya mungkin lo cuma mau bisa doang enggak butuh jadi jago gitu apalagi jadi pemain profesional Wah udah jauh banget kan gitu lo mungkin cuman pengen ya biar gak dikatain cupu gitu pas main futsal bareng teman-teman ya mungkin itu motivasi salah satu dari lu gitu kan siapa tahu gitu well penelitian ini sebenarnya memicu pertanyaan baru Berapa banyak sih waktu yang dibutuhkan kalau misalnya kita mau mempelajari sesuatu dengan lancar gitu enggak harus jago at least lancar dulu aja nah jos koffman menemukan bahwa waktu yang dibutuhin untuk lo mempelajari sesuatu dari lu gak tahu sampai lu bisa doang nih Itu cuman sekitar 20 jam ya 20 jam itu cuman 1/500 dari apa yang lo butuhin buat jadi orang yang paling hebat di bidang tersebut yang tadi ya 10.000 jam 20 jam itu cuman 1 banding 500-nya nah ternyata agak selama itu kan buat lo bisa jadi ngelakuin sesuatu yang baru gitu at least bisa dulu deh nah contohnya ngapain nih lo bisa ngapain nih lo bisa belajar main gitar Belajar membaca bahasa baru atau bahkan belajar nyetirtir mobil deh kalau lo belum bisa gitu dan cuman butuh waktu berapa Yes 20 jam Nah sekarang coba bayang ini berbagai cara yang bisa lu lakuin untuk mencapai 20 jam tersebut lo bisa ngelakuinnya dalam sebulan bisa dalam seminggu bisa atau bahkan selama 3 hari gitu lu nyisihin waktu misalnya ya 7 jam sehari ini kan kalau 20 jam jauh lebih bisa diatur jauh bisa lo rencanain dibandingkan lo harus ngerencanain 10.000 jam tapi tapi ya bukan berarti Lo bisa asal belajar terus ya udah 20 jam terus jadi bisa gitu ya ya enggak juga gitu tentu 20 jam itu harus lo spend dengan benar supaya pembelajarannya juga efektif buat lo Nah di sini Gua pengin kasih tahu tips buat memaksimalkan si 20 jam itu jadi dalam setiap belajarnya itu ada tips-tips yang harus lo ketahui apa aja tipsnya pertama deconstruct the skill Jadi Lo harusnya bisa ngelihat suatu skill itu dalam pecahan-pecahan dalam pecahan-pecahan subskill gitu ya bukan dalam satu kesatuan besar misal lo mau belajar gitar pecahan-pecahan dari belajar gitar itu adalah fungsi-fungsi yang ada di gitar Kayak misalnya belajar kordnya dulu belaj ar metiknya senarnya gimana gitu terus belajar ngegenjreng kalau lagu apa kayak gimana Lu belajar not baloknya kayak gimana Lu belajar kunci-kuncinya kayak gimana nah nah itu kan banyak tuh skill yang harus dikuasai untuk lu bermain gitar Nah itu harus lo dikonstruksi sampai ke sekecil mungkin nanti ketika lo Udah bisa main gitar lo enggak sadar aja gitu tiba-tiba Udah bisa mainin sebuah lagu lagu itu adalah skill besarnya gitu tapi yang kecil-kecilnya kan tadi baca not kayak gimana ngegenjreng Kayak gimana metik senar kayak gimana Kayak gitu ya Jadi intinya adalah lo coba pecah-pecah skill yang mau lo pelajari jadi bagian-bagian kecil gitu yang kedua keluar dari zona nyaman lo kalau lu udah bisa ngelakuin satu bagian dalam skill itu pastikan juga untuk selalu belajar hal yang lo belum 100% nyaman jadi keluar dari zona nyaman lo gitu karena ini akan membuat lo berkembang dalam artian kemampuan lo akan terus meningkat dan enggak stagnan gitu Jadi kalau misalnya lo udah jago kalau main gitar ya lu udah jago lagu rock Ya lo coba coba gitu lagu klasik misalnya lu coba lagi lagu apa dangdut misalnya lo coba banyaklah pokoknya yang ketiga adalah jangan ditunda-tunda ketika lo mau belajar sesuatu hal yang baru misal nih lo ngebuat target ah gua mau belajar minggu depan gua mau belajar tahun depan gua mau belajar xx YZ bla bla bla Kapan gitu ya Nah jangan kayak gitu karena kemungkinan ya kalau misalnya foreign