Transcript
1sldcQn_NRU • FOOD CRISIS! 9 MILLION HUMAN LIVES ARE AT RI'S RISING! Is Indonesia fortunate to have AMRAN? ARE ...
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0464_1sldcQn_NRU.txt
Kind: captions Language: id Guys, ngeri banget nih, Guys. Dunia terancam krisis pangan, bahkan ya kelaparan di mana-mana itu sudah diprediksi oleh lembaga pangan dunia yang namanya Fao. Teman-teman tahu enggak sih? Gara-gara perubahan iklim, perang, kekacauan di mana-mana itu udah makin banyak loh negara-negara yang krisis pangan. Bahkan negara Syria ya yang penduduknya itu 25 juta lebih loh manusia di sana. Mereka diprediksi cadangan pangan mereka itu hanya cukup untuk memberi makan 16 juta manusia saja. yang artinya 9 juta orang di Syria terancam mati kelaparan, Guys. Itu di tahun 2025 aja loh. Kenapa bisa begitu? Karena cadangan pangan mereka, mereka makannya gandum ya, by the way, bukan beras kayak kita. Cadangan gandum mereka itu produksinya udah terus-menerus berkurang dan berkurang bahkan cuman bisa diprediksi tahun ini produksi mereka cuman 2,7 juta ton gandum. Artinya itu cuman cukup untuk memberi makan 16 juta penduduk Syria. Padahal penduduk mereka ada 25 juta lebih, Guys. Artinya 9 juta orang alias lebih dari 30% manusia di Syria diprediksi bisa mati kelaparan dalam 1 tahun ke depan. Ngeri ya. Udah hancur karena perang. Eh, datang lagi global warming alias krisis iklim yang bakal merusak bumi ini loh. Jadi gara-gara global warming ya, perubahan iklim, perubahan cuaca di dunia ini makin lama makin ekstrem. Yang panas panas banget, yang biasanya enggak salju jadi terik. yang biasanya panas malah jadi dingin banget. Ya, salah satu contohnya ya, Indonesia sempat menderita tuh Eln Nino kekeringan parah beberapa tahun lalu. Sekitar 2 sampai 3 tahun lalu lah. Ekstrem sekali sehingga banyak gagal panen di mana-mana. Dan ini bakal makin berbahaya, Guys. Karena negara dengan penduduk terbanyak di dunia, lu udah tahu loh, penduduknya lebih dari 1 miliar manusia seperti China dan India juga bakal makin krisis pangan, Guys. So, kalau lu penasaran gimana sih nasib Indonesia ke depannya bakal makin kacau atau bakal makin baik atau jangan-jangan lu lagi menderita tapi lu enggak sadar aja karena lu enggak pernah nyangkul ke sawah. Ya, makanya lu jangan skip video ini. Ini penting banget nih krisis pangan. Ini masalah anak-anak lu, cucu lu masih bisa hidup enggak sih di bumi ini. Lu jangan skip videonya. Let's check this out. Jadi buat teman-teman ya, ini penting buat lu ketahui karena ya Indonesia penduduknya ratusan juta manusia ya hampir 300 juta orang itu ngasih makan orang sebanyak itu enggak gampang loh. Dan makanya enggak heran ya kalau Indonesia itu Presiden Prabowo berkali-kali bilang kita itu harus bisa sas sembada pangan. Makanya dia punya program cetak sawah 2 juta hektar. Banyak orang yang ketawa tapi dia enggak paham kenapa itu penting buat kita lakukan. harus bisa dijalankan, harus bisa dieksekusi dengan baik. Karena lu ketika lu lagi duduk nonton video ini sambil tidur-tiduran, sambil ngopi, sambil nyebat, lu enggak tahu ya di belahan dunia lain itu sedang terjadi krisis. China penduduknya sekitar 1,5 miliar manusia. Lu tahu mereka habis hilang sawah di sana, kebon, ladang, gandum di sana, itu hilang 500.000 hektar di tahun 2025 ini. Tahun 2025 ini mereka gagal panen di mana-mana. Lu bisa hitung enggak? 500.000 R000 hektar lahan habis dimakan banjir, Guys. Ngeri, Guys. Ini jiwa-jiwa yang terdampak dari kasus ini aja kebanjiran di bagian utara China itu bisa menghancurkan kehidupan 38 juta orang, Guys. 500.000 hektar areas 1/4at loh, 25% dari 2 juta hektar target cetak sawahnya Prabowo. Ngeri enggak? 1/4empat hilang, Guys. Dimakan banjir. Inilah global warming dan nilai kerugiannya 500.000 hektar lahan yang rusak sumber pangan mereka itu kerugiannya setara 500 triliun. Jadi, lu jangan anggap remeh ya. Negara terbesar di dunia aja dengan ekonomi terkaya nomor dua di dunia, mereka aja pontang panting loh gara-gara global warming. Pontang panting kasih makan rakyatnya. Ya, lu bisa bayangin kalau seandainya 30 juta orang kelaparan di Cina atau di Indonesia, wah siapapun presidennya jatuh, Guys. Pasti, Guys. Ini ngeri loh. Dan negara pasti jadi tidak stabil seperti negara-negara yang ada di Timur Tengah seperti Surya yang tadi. Ben berkali-kali ganti rezim, gonta, ganti rezim, tembak sana, tembak sini, kerusuhan di mana-mana. Ngeri ini. Dan ini bukan cuma China, Guys. Negara Nigeria, negara dengan penduduk mirip-mirip Indonesia. Negara Nigeria, salah satu negara besar di Afrika itu juga mengalami krisis pangan, Teman-teman. Tahu enggak menurut Badan Pangan Dunia Wf, diperkirakan 31 juta orang di Nigeria bakal mengalami krisis pangan. Ini benar-benar bahaya karena di sana air makin lama makin langka. Ingat ya, ada negara yang kering kerontang, ada negara yang banjir badang seperti Cina, ada negara yang air aja susah kayak Nigeria ini. Padahal dia punya penduduk 237 juta orang dan diperkirakan 31 juta orang alias 13%-nya atau satu dari setiap 8 orang di Nigeria bakal mati, Guys. Bakal mengalami krisis pangan di tahun 2025 ini. Dan bukan cuman itu, lu tahu negara Sudan ini bahkan sampai masuk di Wall Street Journal, kelaparan di Sudan itu sudah parah dan sudah betul-betul sampai ke titik yang berbahaya. Bakal orang saling di jalan-jalan untuk merampok truk-truk pangan, truk-truk petani di ladangnya sendiri. Karena orang rebutan pangan di Sudan. Lu tahu enggak begitu parahnya ya kelaparan di Sudan ya? Tadi orang saling diperkirakan tahun ini aja 637.000 Rib manusia udah bakal mati kelaparan loh. Gila loh ini ngeri banget sih. Lu mungkin sekarang anak-anak aja di Indonesia. Bumi kita yang subur indah pertiwi ini. Lu nonton nikmatin AC adem enggak macul-macul. Lu tiap hari bisa pergi ke wartek atau makan di warung favorit lu, restoran favorit lu, tanpa lu pernah tahu di belahan bumi lain lagi kacau di mana-mana, Guys. Ngeri loh. Tapi inilah realita bumi ini. Sorry, gua harus membangkitkan lu dari mimpi indah lu. Karena memang faktanya dunia makin lama makin kacau, makin tidak pasti. Kenapa juga harga pangan juga makin naik dan makin sedikit negara yang bisa memproduksi pangannya? Ya, pertama karena faktor krisis perang. Sekarang Ukraina, Rusia perang tuh di Eropa. Padahal Rusia adalah salah satu eksportir gas terbesar di dunia. Dan lu tahu kenapa gas itu penting? Karena gas adalah bahan baku kalau bikin pupuk. Jadi, enggak heran kalau Rusia juga salah satu eksportir pupuk terbesar di dunia. Sekarang negaranya dalam keadaan perang. Makin susah lu dapat gas dan pupuk dari Rusia. Bahkan Indonesia juga impor loh pupuk dari Rusia. Dan bukan cuman itu, Timur Tengah selalu konsisten saling nih orang-orang di Arab sana nih. Bahkan Israel sama Palestina juga salah satu contoh di Timur Tengah yang masih berkonflik sampai saat ini juga. Dan bukan cuma perang fisik, perang perang senjata, bahkan sampai ke perang geopolitik, perang dagang juga terjadi. Sekarang Trump sama China itu udah lagi perang tarif nilainya sampai ratusan persen, Guys. Ini dunia ini makin tidak pasti loh. Jadi lu jangan heran kalau memang ya realitanya ya dunia makin banyak yang krisis pangan. PBB aja udah bikin laporan loh bahwa konflik dan perubahan iklim itu bakal menyebabkan kelaparan global mencapai rekor tertinggi tuh di 2024. Ternyata bakal dibalap nih di 2025. Nanti gua yakin pun akan dibal lagi di 2026. Karena memang faktanya perubahan iklim itu makin nyata. Kris iklim bisa menurunkan produksi pertanian sehingga mengancam ketahanan pangan apapun negaranya. Dan bukan cuman itu loh, krisis iklim bisa bikin krisis pangan itu bukan cuman di beras lu, tapi bisa sampai ke sayur lu, kopi lu, cokelat lu. Dan ini memicu berbagai lonjakan harga komoditas yang berhubungan dengan pertanian di seluruh dunia. So, gimana dengan Indonesia ya? Apakah kita bakal hancur ya? Seperti negara-negara Arab, negara-negara Afrika, negara-negara Timur Tengah, bahkan China aja terancam krisis pangan. Loh, Indonesia gimana? Kita siap atau enggak nih buat menyambut dunia yang makin parah? Kemarin ada El Nino, sekarang ada Lanina. Besok ada apa lagi kita enggak tahu. Tapi faktanya lu udah bisa lihat ya dari 2023 itu Indonesia itu siaga satu krisis beras. Harga sudah naik gila-gilaan. Bahkan gua berkali-kali kesusahan tuh nyari beras tuh. Bahkan harian seperti CNBC, tempe bacem pun sampai biglang Indonesia diambang krisis beras. Musiknya diperkirakan makin hancur, makin nyungsep. Eh, negara-negara yang biasanya kita bisa harapkan untuk impor malah mengurangi, membatasi. Contohnya New Delhi nih, India. Dia itu pengekspor terbesar di dunia nih beras nih. Dia bahkan sampai melarang ya sebagian pengiriman berasnya karena dia memprioritaskan untuk kasih makan rakyatnya sendiri. Ya wajar aja penduduknya India itu hampir 1,5 miliar orang loh. Gila enggak lu ngasih makan 1,5 miliar dan waktu itu ya menjelang pembelian umum negara kan semakin tidak stabil. Di mana pun tuh di Indonesia, di India pun juga begitu. Begitu pemilah ini umum orang kan berlomba-lomba nyogok rakyat ya. Borong beras buat dibagi-bagi, bansos apa segala macam. Itu pun terjadi di India. Jadi krisis itu makin parah. Udah ada Elnino kekeringan di mana-mana, krisis iklim, perang. Eh, ada pemilu juga di India. Kacau. Akibatnya solusi dari negara apa? Lu enggak boleh lagi ekspor beras keluar dari India? Realitanya adalah ketika dunia dalam krisis, negara-negara bakal makin proteksionis. Dia tidak akan mau berpikir gimana caranya kasih makan orang di Pulau Jawa. Enggak. Dia akan lebih berpikir menyelamatkan orang-orang di negaranya sendiri. Makanya lu jangan berharap dunia itu bakal datang bantuin Indonesia. Enggak. Kita itu harus resilience, Guys. Kita itu harus bisa suasembada pangan. Terus gimana sih nasib kita nih? Lu tahu ggak sih Indonesia itu benar-benar berada di dalam titik terparah loh sebetulnya ya. Kenapa? Karena lu tahu enggak dari tahun 2023 ya, 7 bulan pertama tahun 2023 ini Elino ganas-ganasan nih. Produksi beras kita itu 21 juta ton. Itu aja sudah turun dibandingkan tahun sebelumnya. dan 2024 diprediksi sama Badan Pangan Dunia sama PBB, produksi beras kita bakal turun tuh dari 21 juta ton ke 18 juta ton di 7 bulan pertama 2023 dan 2024. Dan ini jadi realita. Lu bisa lihat di layar kaca 7 bulan pertama 2024 itu beras itu minus minus minus minus produksi kita minus minus minus minus kecuali bulan April dan Mei. Tetapi selain itu kita turun produktivitasnya. Jadi dari situ lu bisa tahu ya, Indonesia itu terancam bubar di 2024. Kenapa? Karena ternyata kita gagal panen di mana-mana dan di situ ada pemilu juga tahun 2024. Kalau negara enggak siap colabs kita lu mungkin enggak sadar bahwa lu tuh sebenarnya sedang terancam kelaparan loh di 2024. Hai, gua Benix, the CEO of Benix Investor Group. Dengan lu bergabung bersama Benix Investor Group, lu bakal dapat ilmu investasi saham selama 1 tahun penuh. Dan bukan cuman itu, lu bakalan dapat strategi rahasia cuannya Benix ratusan bahkan ribuan persen cuma dari saham. Di Benix Investor Group, lu bakal dapat begitu banyak pelajaran investasi selama 1 tahun ke depan, Guys. Mulai dari sharing saham yang bagus bareng BENX setiap bulannya. Kita juga bakal update portofolio Benix dan kita juga akan membedah laporan keuangan setiap bulannya. Yang paling seru kita juga bakal mengunjungi nih emiten-emiten yang ada di ISG supaya lu bisa ngecek langsung ini saham perusahaan bagus, perusahaan bodong atau perusahaan sampah. Kalau gua sih jelas gua enggak mau beli saham-saham perusahaan sampah. Nah, kalau lu gimana lu udah yakin portofolio Sam lu udah bersih dari saham-saham perusahaan sampah ini? Kalau belum, mendingan lu segera sapu bersih deh kayak siem ini. Tahun lalu gua dan teman-teman di komunitas Sambenix saja udah cuan ratusan pers nih, Guys. Ini dari saham ANJT. Bisnisnya simpel banget, cuma jualan minyak goreng kelapa sawit. Lu juga pakai di rumah lu, ya? Enggak, N? Iya, Pak. Ini juga pakai. Eh, stop, stop, stop, stop. Ini mah saham gorengan bahaya, Guys. Kolesterolnya tinggi. Lu masih suka buang-buang duit, beli saham gorengan? Hasil rekomendasi grup sambodong di sebelah yang hobinya jualan candlestick. Goblok, berhenti, Bro. Itu sih bukan investasi, itu juri. Dan kalau lu masih belum join sekarang juga, Guys, lu itu udah rugi banget. Soalnya tahun ini aja kita udah cuan 50% lebih loh dari saham parkiran mobil yang namanya IPCC. Jadi buat apagi L ragu bergabung di komunitas saham Benix Investor Group. Soalnya guys, tahun ini aja kita udah punya list saham-saham yang berpotensi memperkaya kita semua. So, tunggu apaagi guys? Kalau lu mau cuan, segera daftarkan dirimu di komunitas saham Benix Investor Group sekarang juga. [Musik] Lu mungkin enggak sadar bahwa lu itu sebenarnya sedang terancam kelaparan loh di 2024. Udah, jangankan lu seluruh dunia. Tapi memang ada salah satu hal yang menarik di sini. Kenapa ini penting dan kita harus bahas? ya. Karena kalau penurunan produksi beras kita di 2024 itu diprediksi kita itu turun 2,1 juta ton ya. 2,1 juta ton loh beras hilang loh. Produksi kita hanjlok parah. Elnino nih 2,1 juta ton ya. Kalau konsumsi beras kita 90 kg per kapita itu seharusnya cukup kasih makan 23 juta orang. Jadi bisa jadi 23 juta orang itu mati guys. Enggak ada berasnya nih. Ini ngeri sih. Cuman ya untung banget sih. Ini salah satu hal yang harus kita apresiasi lah dari Jokowi ya. Apa yang dia lakukan? 2024 Indonesia sudah pasti hancur lebur, Guys. Ada pemilu, terus krisis pangan, gagal panen di mana-mana. Apa yang dia lakukan? Ternyata di akhir tahun 2023, Presiden Jokowi itu mengambil keputusan yang sangat strategik dengan mengangkat menteri pertanian yang baru namanya Amran Sulaiman. Ya, Menteri Pertanian Amran ini diangkat menggantikan Menteri Pertanian sebelumnya yang ternyata ya mungkin bukan memikirkan gimana nasib kita krisis pangan, tapi ternyata dia terjerat kasus korupsi. Ya gila sih, sayang banget negara kita ini kacau banget. Dan kalau kita lihat ya video pelantikannya si Amran ini ketika dia naik itu lu lihat ya di layar kaca mukanya itu stres berat guys karena dia tahu ketika dia naik Indonesia bukan dalam keadaan yang baik-baik saja tapi Indonesia berada dalam posisi yang terjepit dia dilantik tuh kalau enggak salah bulan Oktober 2023 nyawanya itu tinggal sedikit loh 2024 mau pemilu dan udah pasti gagal panen di mana-mana in situasi darurat bisa kerusuhan lu di mana-mana tuh pasti tuh tapi bersyukurlah Indonesia lah kenapa karena ini hal yang sangat strategik ya yang dilakukan Presiden Jokowi karena dia ngangkat menteri dari Amran Sulaiman ini karena lu tahu dia ini satu-satunya loh menteri di republik ini yang punya paten. Lu bayangin ini menteri beneran nih, menteri pertanian yang beneran satu-satunya sepanjang sejarah Republik Indonesia yang punya ilmu S3 doktor di bidang ilmu pertanian, S2 master dia ilmu pertanian juga S1 dia juga ilmu pertanian. Jadi ini real nih dia jadi dosen, jadi peneliti di Fakultas Pertanian di Indonesia. Dan hebatnya lagi dia punya lima paten di bidang pertanian. Dia menciptakan obat-obat pengendalian hama pertanian, pestisida. Ada namanya alpostran, ada namanya tiran yang dia sudah kembangkan sejak tahun '90-an. Dan dari hasil inovasinya itu ya dia berhasil membangun bisnis di bidang itu. Jadi ini real nih. Ini real. Petani iya. Pengusaha iya inovator iya. Ilmuwan iya dosen iya. Semuanya dari semuanya di bidang pertanian dia tahu dari hulu sampai hilirnya guys. Ini gila banget. Sepanjang sejarah republik ini belum pernah ada kita punya menteri yang sangat ahli dibilangnya bahkan sampai punya paten, Guys. Dan dia jadi orang kaya dari paten itu. Dia triliuner by the way. Makanya gua enggak heran ketika dia dilantik itu, lu lihat lagi mukanya, mukanya itu stres, Guys. Gua yakin dia udah lihat gawat negara ini enggak benar nih, enggak benar. Waktunya sedikit dia harus perbaikin itu. Makanya gua enggak heran ya, kalau orang seapable Amran ini berulang kali dapat penghargaan. Bahkan tahun 2007 dia sempat dapat penghargaan tuh Satya Lencana Pembangunan dari Presiden SBY loh. Karena dia memberikan kontribusi yang luar biasa di sektor pertanian. Gila sih ini strategik banget ini. Keputusan yang sangat brilian karena apa? Begitu dia naik nih jadi menteri si Amran bukannya haha hihi partti-party kawin lagi kayak menteri-menteri yang lain. Apa yang dia lakukan ketika dia naik jadi menteri? Wis dia langsung efisiensi anggaran. Budget-budget enggak penting di Kementerian Pertanian. Dia cut cut cut cut cut difokuskan untuk menghadapi Elnino. Ini perang nih. Perang melawan kekeringan, perang melawan perubahan iklim. Dia bangun tuh saluran-saluran yang menghubungkan bendungan-bendungan. Dia membangun saluran irigasi. Dia bikin gerakan pompanisasi. Karena kering, Guys. Gua kan nanam juga. Jadi, gua tahu ya situasi 2023 2024 itu kering banget. Tapi gua beruntung karena gua udah bangun saluran irigasi sendiri, kita ngebor sendiri. Setiap berapa hektar kita bangun embung-embung buat nampung air, kita bangun pompa. Jadi, gua enggak bergantung pada air hujan, tapi kan faktanya banyak petani di Indonesia masih mengandalkan alam. Nah, kebijakan yang paling real dari si Amran nih gua suka banget nih. Lu udah tahulah dari dulu gua bilang salah satu menteri kesayangan Benix itu ya Amran karena kerja beneran nih orang nih. Apa yang dia lakukan? Dia gerakan pompa dinas. Jadi seharusnya petani-petani itu cuma bisa panen satu kali dalam 1 tahun. Sekarang petani-petani di Indonesia itu bisa panen dua kali bahkan tiga kali loh dalam setahun. Kenapa? Karena sekarang udah diperbaikin. Gua yakin banyak petani merasakan lah pompanisasi ini penting banget loh. Karena enggak mungkin lu bercocok tanam bertani tanpa air. Gua mengalami kok eranya di mana dapat air tuh di Indonesia susah bahkan harus bayar lagi. Kan ngeri loh. Ih sekarang udah ada pompa-pompa ini. Jadi lu dibangun nih sadetan saluran-saluran irigasi terus pindahin airnya gimana? Dari sungai dari sodetan irigasi itu ke sawah ya perlu pompa. Inilah dilakukan. Jadi gua yakin banget loh ketika gua lihat, oh gila si Amran naik jadi Menteri Pertanian nih. Sepertinya ada harapan Indonesia tidak bubar nih. Dan bersyukur fakta membuktikan sasada pangan ada di depan mata. Gua bisa lihat pemerintah semakin sering cetak sawah dan kebetulan menteri kita sangat bagus dan sangat ahli di bidangnya. Jarang Indonesia punya menteri yang kayak begini nih. Ya, Indonesia sekarang bisa stop impor beras. Dan ini pertanda baik bahwa Indonesia akhirnya merdeka, berdaulat. Aneh banget kalau anak-anak kita dikasih makan beras Vietnam, beras Thailand kok konyol banget. Kayak tolol banget kita enggak bisa macul-macul tanah, keluar beras gitu aja enggak bisa karena enggak benar manajemennya. Tata kelolanya enggak betul dari hulu sampai hilir. Ya fakta lah cari pupuk susah, subsidi dirampok, air susah, wah ribet bangetlah. Tapi ya sekarang kita berterima kasihlah dan ini terbukti dari cadangan beras kita, Guys. Jadi lu tahu ya per Juni 2025 itu mencapai titik tertinggi sepanjang sejarah 4,2 juta ton, Guys. Gua ulangin 4,2 juta ton. Enggak ada tuh sepanjang sejarah republik ini dari zaman Soeharto ya, lu belum lahir mungkin bokap, lu juga belum lahir. Enggak ada dalam sepanjang sejarah dari sejak tahun 1960-an eranya Soeharto sampai eranya sekarang 2025 enggak pernah sepanjang sejarah produksi beras Indonesia di atas 3,5 juta ton, Guys. Enggak pernah eh bulan Juni kita 4,2 berlipat-lipat loh per bulan Oktober hari ini 3,8 juta ton. Jadi masih aman. Padahal seharusnya Indonesia itu sudah diramalkan oleh PBB bubar, Guys. Gara-gara produksi kita minus terus minus minus minus gagal panen terus di mana-mana karena enggak diurus petani kita. Ya bersyukurlah enggak seperti itu kan hari ini tetap bisa makan beras. Tapi jadi pertanyaan juga ya kok mahal? Tapi itu nanti kita bahas di akhir video. Makanya lu jangan skip video ini karena hari ini kita mau bahas data yang menarik. Kenapa? Lu bisa lihat di layar kaca ya. Tahun 2025 diprediksi produksi beras kita dari bulan Januari sampai November itu di Rp33 juta memang. Dan lu kalau lihat produksi kita dari sejak Januari November sejak 6 tahun yang lalu angkanya cuman R30 juta, R3 juta, R3 juta, R juta. Datang El Nino 2023-224 produksi beras kita turun di bawah R9 juta. Benix kan lu sudah tahu ya, jago meramal saham perekonomian dunia dan geopolitik Indonesia. Dan gua mau meramal nih produksi beras Indonesia. R-nya gua yakin bukan R3 juta ton. Gua yakin di bulan Desember 2025 produksi beras Indonesia itu lebih dari 34,2 juta ton. Yakin gua? Kita taruan kita lihat. Dan kenapa ini menurut gua sangat relevan dan teman-teman harus tahu karena konsumsi beras Indonesia setiap tahun itu 31 juta ton yang artinya ketika kita mencapai titik nanti 34,2 juta ton sesuai ramalan BXI artinya kita suruh plus 3 juta ton. Artinya apa? Kita sua sembadah pangan. Beneran menjadi kenyataan. Zaman dulu ini enggak kelihatan. Bertahun-tahun, berpuluh-puluh tahun bahkan Indonesia itu menantikan momen-momen kita bisa ekspor beras. Aneh. Padahal kita punya empat musim dalam 1 tahun. Tapi kok kita malah impor beras. Akhirnya beruntung sekali ya Indonesia ya. Kita punya dewa pangan Indonesia namanya Amran Sulaiman ya. Kita tabiskan aja sebagai dewa pangan Indonesia. Indonesia akhirnya berhasil surpulus beras guys. Ini luar biasa sih. Memang prestasi yang luar biasa. Bahkan Amerika Serikat itu sampai membuat prediksi produksinya itu di atas prediksi BENXIX. Menurut Amerika Serikat produksi Indonesia diperkirakan 34,6 juta ton. Selain Amerika Serikat ini juga ada versi FAO. Diprediksi oleh FAO produksi beras kita itu 35,6 juta ton, Guys. Nah, dari data ini lu bisa lihat ya memang benar karena gua bukan pakai data BPS, gua bukan pakai data mentan, gua udah pakai sampai level FAO dan Amerika Serikat sendiri. Memang kita di atas 34 juta ton dan itu fakta. Nah, sebelum kita bahas tentang harga beras yang kok malah naik, gua mau kasih tahu info yang signifikan. Teman-teman lihat di layar kaca, Cina itu mengkonsumsi lebih dari 140 juta ton, India 140 juta ton. Wajar cara penduduknya berapa? 1,5 miliar manusia. Sekarang gua mau kasih bayangan ya. Kalau tiba-tiba mereka gagal panen serentak nih 50% hilang, 70 juta ton hilang tuh. Mereka cari ke mana? Coba lu bayangin. Mungkin mereka belanja ke Vietnam, Myanmar, Thailand, 70 juta ton. Mereka pun enggak bisa kasih makan Vietnam. Produksinya enggak cukup. Ngeri enggak? Ud pasti akan berlomba-lomba dengan Indonesia. Kalau Indonesia masih jadi negara importir. Kita mau impor ke Vietnam, eh Cina mau sedot 70 juta ton. Ngeri enggak? Atau Thailand? Mau impor dari Thailand? Kita please dong ngemis-ngemis dong kita ke Thailand minta berasnya. Eh Cina mau beli R juta ton. Padahal produksi Thailand aja cuman 20 juta ton, Guys. Enggak cukup. Begitu Cina krisis pangan, India krisis pangan, dunia ini enggak bakal cukup buat kasih makan itu barang. Total penduduknya 3 miliar manusia. Ngeri enggak? Memang penting buat Indonesia itu resilien, tahan, mampu memproduksi pangan yang cukup buat bangsanya sendiri. Makanya gua sangat apresiasi. Tadi gua jujur gua skeptis apa betul kita ini sas pangan orang harganya mahal di mana-mana ya. Tapi setelah gua lihat datanya, lihat data di lapangan, lihat data versi dunia juga memang benar, Guys. Makanya lu jangan heran ya, begitu Presiden Jokowi mengambil kebijakan yang sangat strategik dengan melantik Amran di tahun 2023, di tahun Elninu, apa yang terjadi? Hanya dalam 1 tahun tuh Jokowi dapat penghargaan dari lembaga pangan PBB, FHO. Lu bayangin ini penghargaan yang sangat prestisius yang namanya Agricola Medal, medali Agricola. Lu lihat ya, Agricola ini adalah penghargaan tertinggi di dunia. Lu yang ngasih bukan BPS, bukan. Yang ngasih bukan lembaga-lembaga abal-abal. No. Yang ngasih langsung food and agriculture organization, FAO, lembaga resmi PBB. Ini benar-benar penghargaan yang luar biasa kredibel, bahkan sangat presisius, penghargaan tertinggi di dunia pangan. Karena penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap tokoh atau pemimpin negara-negara, kepala negara yang menunjukkan komitmen, kontribusinya dalam meningkatkan ketahanan pangan manusia di planet bumi ini, Guys. Ini penting banget nih. Agrikol medal sangat presisius. Lu bayangin ya ini ya udah lebih dari 50 tahun lah berdiri si PBB ini. Penghargaan ini cuman pernah diberikan kepada 8 negara. Gila, ini helid banget nih penghargaannya luar biasa. Dan Indonesia Joko Widodo, presiden kita itu sempat dapat penghargaan ini tentunya ya. Bukan Joko Widodo yang macul-macul ya. Udah tahulah lu yang kerja kan tentu menterinya ya. Karena Menteri Pertanian Amran naik tuh di tahun 2023. Itu pun waktu kerjanya cuma 2 bulan guys. Karena dia dilantik seingat gua Oktober ya Oktober lah Oktober November lah. Jadi luar biasa sih. Indonesia sebenarnya udah pernah dapat word ini waktu kita dibawa Presiden Soeharto tahun 1984. Tapi sejak saat itu sampai detik ini ya kita enggak pernah dapat lagi penghargaan. Memang betul memang Soeharto Sua sembada pangan. Betul. realita. Tapi sejak saat itu ya kita enggak pernah lagi dapat penghargaan tertinggi di dunia ini. Selain Indonesia, negara yang pernah dapat itu tahun 1977 tuh ada Bumi Bol Adoladech dari Thailand dia dapat. Sempat juga ke Tiongkok, Wenjebau. Sempat juga pergi ke Irlandia sama Ethiopia. Tapi sejak saat itu ya Indonesia sudah bertahun-tahun, berpuluh-puluh tahun enggak pernah dapat penghargaan dari PBB sampai Menteri Pertanian Amran ini naik nih. Mereformasi dunia pertanian Indonesia. Gila ya. Dunia mengakui loh Indonesia berhasil swasmada pangan. Gila sih ngeri banget ini. Tapi satu hal yang jadi pertanyaan guys, dari tadi kita lihat hebat banget ya Indonesia memang faktanya dan dibuktikan dan berdasarkan data Indonesia, data FAO, PBB dan data Amerika Serikat seluruh dunia memang mengaku Indonesia betul-betul hebat berhasil swasembada pangan meningkatkan ketahanan panganannya. Tapi pertanyaannya kenapa kok beras di Indonesia tambah mahal? Harusnya kan ketika suplly ningkat harga beras turun tapi kok beras makin mahal. Hm, ini ada pertanyaan. Tadinya gua juga sebel banget nih sama si Amran. Apa artinya sasum pangan? Apakah hoaks ini? Ternyata setelah gua gali lagi memang itu bukan tugasnya Amran. Karena Menteri Pertanian kerjanya apa? Ngurusin hulu. Gimana pertanian kita tumbuh, irigasi, pupuk, produksi itu hulu. Kalau masalah harga beras itu sebenarnya masalah di hilir, Guys. Masalah distribusi, masalah logistik, masalah retail, masalah pergudangan, masalah bisnis, masalah Kementerian Perdagangan. Iya dong, di situ gua baru ng Oh, iya juga sih. Itu bukan urusannya Menteri Pertanian dia harusnya kerjain hulu. Tapi kayaknya dia juga harus terlibat sih. Karena ujung-ujungnya kalau makin parah, makin mahal, makin susah dapat berat, pasti orang malah nyalahin juga presiden kita, menteri pertanian kita. Apa gunanya suasama depangan? Dari sini lu udah bisa lihat ya, berarti ada masalah nih di bidang distribusi, di bidang logistik, dan yang paling penting jangan-jangan ada mafianya. Karena kemarin gua habis pergi dari toko-toko cari beras mahal. Begitu gua beli beras premium isinya oplosan, campuran, ada yang warna kuning, ada yang warna putih. Sebel banget gua. Lu pernah enggak ketemu? Gua yakin loh dalam 1 bulan ke belakang pasti lu menemui situasi yang sama dengan yang gua temui. Di situ gua udah bisa lihat, ah ini ada mafia beras, guys. Mafia beras bermain. Dan ini duitnya bukan duit 100 miliar, 200 miliar. Enggak. Ini bisnisnya triliunan, Guys. Triliunan. Ya, lu bayangin aja ya. Kalau yang dioplos itu R1 juta ton itu kan R1 juta kg. Kalau dia mainkan itu dapat untung Rp2.000 aja per kg, berarti dia dapat duit 2 triliun, Guys. Ngeri enggak? Dari 1 juta ton beras itu baru 1 juta ton. Kalau yang dia mainkan 10 juta ton, lu bisa lihat pergerakan duitnya seberapa banyak. Karena selisih beras yang kualitas rendah dengan beras yang kualitas premium yang dia jual, gua beli mahal banget, Rp100.000 lebih. sekitar Rp130.000 loh untuk beras 5 kilo. Begitu dibuka isinya mah cuma beras seharga Rp70.000. Berarti dia markap itu 100% guys. Ini ngeri. Ngeri banget sih. Makanya gua setuju banget ya perlu direformasi yang namanya BUL yang namanya Badan Pangan Nasional dan segala macam. Memang ini bukan urusan Kementerian Pertanian tapi ujung-ujungnya ya dia harus turun. Makanya gua setuju tuh kalau dia dilantik jadi bapas ya ketua apa kepalanya BAP panas gitu. Gua setuju memang mau enggak mau harus turunlah. Kalau enggak ya orang bakal nyalahin ya. Seolah-olah soal sembada pangan ini palsu. Padahal enggak. Memang betul kita suas-san pangan. Cuman masalahnya sih lu tahu sendiri masalah hilir itu banyak. Ada Kementerian Perdagangan, ada aparat penegak hukum yang seharusnya turun di situ bertarung sama mafia-mafia beras itu. Karena kalau enggak ya kita terus-terus dilecehkan nih sama importir-importir beras. Mereka kehilangan kue. Kalau Amran makin sukses produksi pangan, produksi beras, importir itu kehilangan komisi. Importir itu kehilangan cuan. Makanya dia berusaha dengan segala cara untuk menghancurkan bisnis beras di Indonesia. Ini ngeri sih permainan mafia beras ini karena ya nilainya triliunan, Guys. Tapi lu setuju enggak kalau kita bahas lebih detail lagi nih prahara mafia beras di Indonesia dan cara permainannya gimana? Karena yang dizalimin rakyat Indonesia loh. Kita harusnya berhak loh dapat beras yang berkualitas. Petani kita udah berhasil sukses nih menteri amaran nih. NTP petani itu naik loh. Petani sendiri happy. Di sini lu komen dong petani dari seluruh Indonesia banyak yang follow Benix. Komen di bawah ini. Lu merasa lebih nikmat enggak? Lebih senang enggak, lebih cuan enggak? Lebih sejahtera enggak hidup lu di era Menteri Pertanian Amran? Jujur dia jawab, "Gua yakin mayoritas dari kalian akan bilang iya." Alasannya kenapa tulis dong ya karena NTP nilai tukar petani itu tertinggi. Bahkan nilai NTP kita, nilai tukar petani kita itu tingkat kesejahteraan petani itu sempat di atas 123 alias perbaikan lebih dari 0,7% lah dibandingkan yang sebelum-sebelumnya. Jadi ini betul-betul luar biasa sih. Gua yakin sekali ya. Iniah saat-saat yang menyenangkan nih kalau jadi petani padi di Indonesia. Ini momen yang menyenangkan. Tapi itu kan di hulu hilirnya ya kalau bisa konsumen, ibu rumah tangga, emak-emak berhak juga dong dapat beras yang berkualitas. Please dong teman-teman setuju enggak kalau Menteri Amran itu turun gunung bukan ngurusin hulunya tapi hilirnya juga. Tapi itu kan sebenarnya urusan Kementerian Perdagangan sama Bulok. Beda nih. Tapi ya udahlah please lah. Setuju enggak, Guys? Kalau memang benar nih kita harus sikat semua nih mafia-mafia ini di hulu kita udah beresin nih hilirnya. Setuju enggak? Dan pertanyaan yang paling penting adalah lu udah tahu dong kalau makin disikat ini mafia makin melawan, makin hancur mereka, makin beringas mereka. Jangan-jangan mafia-mafia itu sama loh dengan mafia subsidi BBM. Kita diperbudak Singapura harus beli bensin dari Singapura. Lu tahu enggak sebetulnya penguasa beras di Indonesia, mafia-mafia itu sebetulnya dari Singapura juga. Penasaran enggak lu kalau kita bongkar semuanya? Setuju enggak? Kalau lu setuju, yuk kita bongkar. Sebetulnya siapa sih mafia beras itu yang pengin banget Indonesia itu gagal panen? Pengin banget Indonesia itu harga beras naik. Pengin banget Indonesia itu pecah, bergejolak, bahkan sampai membiayai demonstrasi Indonesia gelap. Lu udah tahu pasti siapa oligarkinya. Tapi lu setuju enggak sih kalau kita bahas tuntas nih mafia-mafia beras yang betul-betul bikin kesal sih. Udah sering gua bahas video-video ini. Tapi satu hal yang paling mengejutkan adalah ternyata bukan cuma BBM kita diperbudak Singapura. Ternyata beras lu juga dikuasai. Singapura. Penasaran enggak, guys? Kalau lu penasaran, segera like video ini. Begitu mencapai 24.000 likes. Dalam 24 jam gua bakal bikin video spesial membahas siapa mafia beras Indonesia dan kita harus bongkar habis, Guys. Oke, segera like video ini, segera subscribe channel Benix. Luar biasa Menteri Pertanian Amran, good job. Setuju enggak kalian kalau Menteri Amran kita kasih word nih sebagai menteri terbaik di 1 tahun kabinet Presiden Prabowo lu atau lu ada kandidat lain? Sekarang Bendik mau kasih award nih buat menteri-menteri yang menurut gua layak buat dapat award sebagai menteri terbaik. Tadinya sih gua pengin ngasih Purbaya sih, cuma kan dia baru sebulan, Guys. Aneh banget. Segera tuliskan ya nama menterinya siapa dan alasannya kenapa menurut lu menang. Ya jangan-jangan lu tulis si Bahliil ya, karena dia berhasil soal sembada energi Indonesia gitu kan. Oke, segera like video ini. 24.000 likes. Dalam 24 jam kita rilis speciial edition benix tentang mafia brush Indonesia. Good job menteri amran. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat. Salam Juan. Bye bye. [Musik]