5 Types of People You CANNOT Help!
v33TcvOeY7Q • 2025-10-01
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Guys, dari kemarin kita banyak banget
dapat pesan kiriman teks inbox penuh
intinya tentang orang-orang yang pengin
hidupnya jadi lebih maju lagi, jadi
lebih hebat lagi, jadi lebih keren lagi.
Tetapi banyak mereka itu
hambatan-hambatan di dalam hidupnya itu
terjadi karena lu mengelilingi diri lu
dengan orang-orang yang salah,
orang-orang yang toxic, orang-orang yang
seharusnya lu cut lost dari kehidupan lu
karena mereka ini sampah dalam kehidupan
kalian. Ini adalah lima jenis orang yang
berbahaya dan lu harus segera bisa
identifikasi dan sadar. Karena masih
banyak ya orang-orang yang enggak tahu
bahwa dirinya itu sedang dimanipulasi.
Mereka itu sedang dijebak dengan lima
jenis manusia seperti ini. Yang pertama,
Guys, dan ini paling penting itu si
paling victim. Jadi, orang-orang ini
hobinya apa? Playing victim. Ini adalah
orang-orang yang selalu merasa dirinya
paling menderita, dirinya paling susah.
Lu harus ngeri nih. Ini ini ngeri
banget. Tipe-tipe orang yang begini nih.
Ini dramanya enggak kaleng-kaleng, Guys.
Karena mereka selalu merasa dirinya
adalah yang paling sedih, paling susah,
paling sakit, paling korban si paling
playing victim. Ini contoh orang begini.
Lu suka enggak sih ketemu orang ya? Lu
ketemu, "Aduh, Bro, kaki gua sakit
banget nih. Kemarin gua habis jatuh dari
sepeda. Aduh, rasanya enggak enak
banget." Ah, lu masih mending, Bro,
jatuh dari sepeda. Gua kemarin di Lindes
truk, wah habis. Sakit banget, Guys. Ada
aja nih orang gitu lu. Besok ketemu lagi
ada orang, "Guys, kepala gua kok pening
ya? Apa gua salah makan?" obat ya. Wah,
lu masih mending mending. Kemarin kepala
gua pecah, Guys. Ketimpa bata dari
lantai 9. Ada aja omongannya.
Orang-orang si paling playing victim
ini. Dia enggak rela kalau ada orang
lain lebih menderita dibanding hidupnya.
Jadi, dia ngadu paling susah, ngadu
paling sedih. Termasuk di teman-teman
pengusaha, lu pasti tahulah banyak
pengusaha juga begitu. Aduh, bisnis gua
rugi banget nih. Kemarin gua habis kalah
tender gini-gini. Ah, lu masih mending.
Kemarin pabrik gua ketimpa meteor. Ada
aja ceritanya juga. Jadi selalu ngomong
bisnisnya rugilah, boncoslah, bocanlah.
Aduh ini orang negatif aja terus dalam
hidupnya. Pesimis aja dalam hidupnya.
Nah, ini orang-orang toxic yang lu harus
cut los dari kehidupan lu. Nah,
orang-orang ini kalau curhat kalau
ketemu selalu ngobrol negatif hal-hal
yang pesimis lah ya. Bosnya jahatlah ya
kliennya tukang tipu lah, pacarnya
enggak pedulian lah, ini salah
pemerintah lah, ini salah Donjuan lah,
ini salah Prabowo lah. Pokoknya ada aja
selalu nyala-nyalahin orang karena dia
paling victim. Tapi orang-orang ini
kalau dikasih nasihat selalu ada
jawabannya, Guys. Gua paling apes, gua
paling sial, gua paling rugi, udah nasib
gua. Wah, udah selesailah orang-orang
ini si paling victim ini. Udah lu harus
segera delete dari kehidupan. Lu harus
punya nyali nih. Banyak orang enggak
punya nyali buat delete lingkaran dia
yang toxic itu. Orang jenis pertama ini
harus yang pertama kali lu cut karena
dia paling drama, Guys. Enggak worth it.
Jadi, salah satu ciri-cirinya
orang-orang begini, lu bisa lihat ya
status WA-nya selalu kirim yang
sedih-sedih menitikkan air mata. Bikin
orang kasihan, cari simpati, cari
empati. Ini ciri-ciri orang yang lu
harus segera delete dalam hidup lu.
Seolah-olah apa? Hidupnya paling victim.
Jangan lu dekat-dekat sama orang-orang
aliran begini nih. Jualannya apa? Air
mata banyak. Ini ujung-ujungnya tukang
tipu nih orang model begini. Jangan,
jangan. Udah paling drama, paling nipu
ujung-ujungnya. Tapi selalu jualannya
apa? Victim, korban kesedihan. Ingat,
Guys, ya. Tipe pertama nih, ini bahaya.
Lu harus delete kontak dari kehidupan
lu. Yang kedua, si paling anti nasehat.
Ini orang paling benar lah, sekolong
langit lah. Jadi, selalu ada aja
jawabannya. Kalau mereka ketemu masalah,
cerita sama lu, lu kasih nasehat selalu
bilang, "E, iya sih, tapi kalau gini
gimana?" "Iya sih, tapi kayaknya enggak
begitu deh. Iya sih, tapi kayaknya yang
benar begini deh." Jadi mereka sudah
punya jawaban sendiri. Mereka enggak
butuh sebetulnya panduan dari lu atau
nasihat dari lu. Itu pun begitu lu kasih
saran langsung dibuang ke kotak sampah.
Intinya yang mau mereka lakukan adalah
mereka mau menyatakan bahwa dirinya yang
paling benar dan anti menerima nasihat.
Ujung-ujungnya orang seperti ini juga
anti kritik dan ini berbahaya karena
mereka tidak punya skill untuk
mengkoreksi dirinya sendiri. Akibatnya
dia tidak punya skill untuk menyadari
ketika dirinya berada di jalan yang
salah atau di posisi yang salah.
Ujung-ujungnya manusia tipe ini adalah
manusia yang paling bebal. Dan ini udah
berulang kali sih. Orang-orang juga
banyak yang bilang ya, orang-orang bebal
itu jangan pernah lu kasih nasehat
karena udah pasti mental, udah pasti
dibuang ke tempat sampah, udah pasti
buang-buang energi, waktu dan pikiran
lu. Jadi si paling bebal, si paling anti
nasehat ini enggak worth ada pepatah
bilang, "Ini seperti lu menggarami
laut." Sia-sia ketemu orang bebal ini.
Dia udah merasa paling sakti, paling
hebat di kolong langit. Jadi enggak ada
artinya dan enggak ada gunanya lu
bergaul dengan orang seperti ini. Gua
ada contoh gampang lah. Ini salah satu
rekan kerja lah atau mantan anak buah
gua lah. Kalau bikin kesalahan gua kasih
tahu lu pengin closing, lu pengin dapat
bonus, lu pengin dapat duit lebih, lu
pengin berprestasi, lu lakukan ini, ini,
ini. Simpel. Lakukan ini, lu pasti
lakukan. Tapi apa? Ada aja alasannya. Lu
harusnya meeting jam 11.00, lu ke mana,
Pak? Saya telat, Pak. Saya tadi
kesandung anjing, Pak. Kemarin saya kena
tiup ombak, Pak. Kemarin anginnya
kencang, Pak. Ada aja salah alasannya.
Jadi enggak bakal bisa majuah
orang-orang kayak begini. Dikasih
nasihat apapun enggak bakal jadi.
Ujung-ujungnya apa? Lu buang-buang waktu
lu. Lu jangan lakukan hal yang gua
lakukan. Kesalahan gua. Capek-capek gua
bentuk orang ada ratusan ribuan orang.
Tapi waktu gua terbuang gara-gara harus
ngelayanin si bekicot satu ini
buang-buang waktu gua. Terus saran gua
juga dia tidak lakukan. Ujung-ujungnya
apa? Nyungsep. Ya hari pun enggak jadi
apa-apa karena enggak bisa dibilangin
otaknya terlalu bebal. Dan manusia model
begini, manusia bebal ini lu gak usah
buang-buang waktu buat oh ada harapan
nih karakter development nih. Oh, ada
harapan nih kita kasih dia sekolah baru
nih. Kita kasih kursus lagi, kita kasih
training segala. Enggak enggak enggak
enggak enggak ada gunanya. Manusia bebal
kayak begini harusnya dirubah jadi
pupuk. Masuk ke pabrik digiling. Ada
gunanya kirim ke Papua jadi program food
estate. Dia dalam bentuk pupuk. Ini
manusia bebal begini. Enggak usah lu
temenin. Enggak usah lu mau berkoneksi.
Udah cut los. Kalau lu enggak punya
mesin bikin pupuk, cut los. buang delete
kontak karena ini betul-betul
buang-buang waktu, Guys. Enggak worth
it. Enggak semua orang itu bisa lu
bilang bisa divelop. Enggak. Perjalanan
karir gua ya, gua udah berpuluh-puluh
tahun nih kerja di corporate. Begitu
banyak perusahaan dalam dan luar negeri.
Faktanya memang ada manusia yang bebal.
Sebenarnya bukan manusia, mereka ini
batu, Guys. Bagusnya disemen ke tembok
karena bebal banget. Jangan, jangan
lakukan. Delet kontak wajib. Apalagi ya,
amit-amit ya, lu ketemukan ini dalam
lingkungan keluarga lu, saudara lu. Udah
bilang, "Hei, lu judi online enggak
bakal pernah menang. Pasti yang menang
bandar." Iya, tapi kan kemarin gua habis
menang. Iya, lu menang sekali kalahnya
7.000 kali. Lu enggak ingat kalah 7.000
kali. Namanya juga penjudi bebal. Enggak
bisa dibilangin orang-orang model begini
apa yang lu harus lakukan? Delete kontak
atau suruh dia ikut program food estate
ke Papua? Lebih banyak gunanya bagi
planet bumi ini. Dibandingkan hari ini
dia menghirup oksigen. Enggak ada
gunanya. Mendingan dia pergi ke Papua
ikut program food estate dalam bentuk
pupuk. Kan bagus. Nah, kalau lu enggak
bisa lakukan itu, apa yang lu bisa
lakukan? Yang lu bisa lakukan dalam
hidup lu adalah delete kontak, blokir
dia dari WhatsApp lu, hilangkan dia dari
kehidupan lu. Ingat ya, manusia pala
batu ini bagusnya disemen ke tembok.
Lebih ada gunanya. Jangan taruh dia
dalam kehidupan lu. Yang ketiga, yang
ketiga ini si penyedot energi. Jadi
bawahnya negative vibes. Lu pernah
enggak sih ketemu orang draining banget?
Gua pernah ya ketemu orang. Huh, kalau
ketemu dia langsung bawaannya capek.
Kayaknya energi kita itu terserap semua.
Benar-benar bikin lelah, draining. Pasti
ada lu pernah ketemu jenis manusia yang
draining banget. Ketemu capek langsung
bawannya, aduh capek. Aduh, kayaknya
energi gua kesedot nih. Ini orang-orang
negatif vibes nih. Orang kalau zaman
sekarang bilangnya begitu ya. Orang ini
kalau ketemu ada aja bacotnya, ada aja
ngomongin orang, ada aja suka bikin
konflik, suka bikin gosip, suka bikin
rumor. Pokoknya auranya negatif banget.
Ini kalau di lingkungan kantor yang
kayak begini, lu delete kontak, lu wajib
lakukan. Kenapa? Karena dia nyedot
energi lu dan bikin draining lu. Lu
harusnya bisa lakukan hal lain yang
lebih produktif. Lu bikin apa, bikin
kreasi apa, lakukan hal-hal yang
kreatif. Tapi enggak bisa. Karena si
negative vibe ini hobinya apa? Menyedot
energi lu. Ya, demi keuntungan dia
sendiri. Karena buat dia ngomongin orang
lain, ngegosip itu hal yang bagus.
Energi dia jadi naik. ngomong yang
negatif, sebarin hoaks, sebarin fitnah,
buat dia itu memperkaya energi dia.
Karena sih ya si paling negatif ini
hobinya nyedot energi positif lu. Nah,
lu jangan mau korbankan diri lu terbiasa
dengan itu. Karena ujung-ujungnya apa?
Ingat, lu dibentuk dari orang di
sekeliling lu. Kalau lu bergaul dengan
orang-orang si negatif ini, si penyedot
energi ini, ujung-ujungnya lu jadi
sama-sama toxic. Jangan pernah lu
lakukan itu. Jadi hal yang lu harus
lakukan begitu identifikasi orang di
kantor, di rumah, di pergaulan lu, ini
orang hobinya ngegosip, ini orang
hobinya rumor, ini orangnya fitnah.
Delete kontak, Guys. Delete kontak.
Buang jauh-jauh dari hidup lu. Tinggalin
itu. Jangan pernah. Karena
ujung-ujungnya apa? Lu yang pasti akan
dirugikan. Waktu, tenaga, energi,
pikiran lu habis tersedot sama manusia
model begini nih. Jadi lu pasti pernah
ketemu dah. Apalagi di lingkungan kantor
ya, rekan kerja lu yang hobinya ngajak
ngobrol, ngopi, ngerokok, ceritain hal
masalah-masalah hidup ya. Baru ketemu
pagi-pagi jam 8.00 di kantor curhat apa?
Aduh, tadi gua digebukin sama maling.
Hah? Aduh, tadi gua berantem sama istri
gua. Aduh, kok macet banget, ya? Aduh,
pusing kan? Ada aja cerita negatif dalam
hidupnya. Itu menyedot energi lu. Dan
akibatnya apa? Ujung-ujungnya pekerjaan
lu jadi keteteran. Lu enggak bisa
ngerjain pekerjaan lu yang semestinya
karena lu harus ngeladenin curhat si
bangsat. Satu ini buang-buang waktu lu,
lu pasti pernah ketemu orang model
begini. Ingat, hal pertama yang lu harus
lakukan adalah delete kontak. Toxic
orang ini. Blokir dia kalau perlu. Jadi,
lu enggak usah lagi ladenin, "Bro, lu
mau ngapain, Bro? Ngopi dulu yuk. Sebat
dulu yuk. Dua bat dulu yuk. Tiga bat
dulu yuk. Ngobrolin si anu lah, si Susan
lah, si Marini, si Marisa lah. Enggak
habis-habis aja. Ada aja bahan
obrolannya supaya waktu lu terbuang
sia-sia. Delete kontak manusia tipe ini,
Guys. Berat nih. Ini energi lu pasti
banyak. Lu pasti ketemu lah si penyedot
energi ini. Ini skill-nya jarang-jarang
nih. Tapi kalau ketemu orang begini, lu
harus segera jauhi karena dia akan
menyedot energi positif dari dalam diri
lu. Ini termasuk ya, teman-teman
tongkrongan lu ya yang enggak enak.
Kalau lu nongkrong ya bawaannya negatif
ngomongin orang ngegosip. Ini orang udah
kayak cewek aja gitu. Padahal
teman-teman lingkungannya cowok semua
tapi hobinya ngegosip. Enggak benar.
Delet kontak udah pasti enggak benar
lah. Ujung-ujungnya apa? Ngomongin
orang. Ingat ya, orang yang maju itu
ngomongin ide, ngomongin gagasan.
ngomongin produktivitas, ngomongin
kreasi, hal-hal baru, inovasi baru, tapi
orang-orang negatif berkumpul ngomongin
orang lain. Jadi enggak worth it lu
nanti ketularan jadi seperti itu loh.
Jadi buat teman-teman ya, lu jangan
sekali-sekali mendekatkan diri lu,
bergaul, bahkan kalau lu kepegangan
tangan, lu langsung cuci tangan.
buru-buru nih, ini orang-orang kayak
gini nih bawa sial nih. Ini bawa dampak
negatif dalam hidup lu dan gampang cara
identifikasinya kalau Good news, guys.
Kabar spesial buat kalian karena sekolah
Sambenix season 8 akan segera dibuka dan
temanya luar biasa menarik nih. Khusus
buat teman-teman investor pemula di IASG
yang bingung cara beli saham, investasi
dan bisnis apa yang menarik. Kita akan
membahas tentang mineral berharga dengan
lebih detail lagi. So, buat kamu yang
masih bingung gimana sih cara beli saham
di ASG, gimana sih caranya profit di
ISG, kamu bisa pakai kalkulator
investasi yang ada di www.
skolassahambenix.com. Pakai di situ,
tentukan target investasi kamu dan kamu
bisa lihat bagaimana caranya kamu bisa
mendulang cuan di ISG. So, buat kamu
yang belum bergabung di season
sebelumnya, ini kesempatan langka buat
segala bergabung. Dari yang harganya R
jutaan, sekarang tinggal R9 jutaan saja.
Ingat ya, khusus 25 orang pertama yang
mendaftar. Segera daftarkan dirimu
sekarang juga di
www.sekkolashambenix.com
atau hubungi nomor WhatsApp yang ada di
bawah ini. Dan gampang cara
identifikasinya kalau ngobrol selalu
ngomong hal yang negatif. Enggak hampir
enggak ada ya hal-hal positif keluar
dari mulut dia. Jangan, jangan orang ini
enggak jadi apa-apa. Gua udah pernah
ketemu kok ada mantan karyawan gua dulu
e umurnya mungkin cuma 23 tahun ya.
Selalu draining, selalu negatif, selalu
pesimis. Hari ini umurnya udah 40 tahun
lagi. Lebih tua dari gua. Apa berubah
enggak? Habis kemarin ngutang buat beli
iPhone baru tuh iPhone 17. Enggak punya
duit. Apa yang dia lakukan? Ikut pinjol
si bodoh ini. Padahal handphone-nya juga
masih bagus, tapi si bodoh ini apa? Ikut
pinjol. Terus pinjolnya dia enggak bisa
bayar. Apa yang dia lakukan? Ngutang
sama istrinya. Lu bayangin beli iPhone
yang bayarin istrinya. Enggak ada harga
diri sekali si bangsat yang satu ini.
Memang enggak worth jadi manusia. Ini
salah satu kandidat kuat nih buat
program Food Estate Prabowo juga ya di
Papua. Next yang keempat, Guys. Yang
keempat ini si paling alasan. Si paling
alasan ini paling nyebelin karena dia
enggak pernah mau memulai selalu punya
1000 alasan buat menunda. Contoh, Guys,
gua pengin banget tahun depan kurus ya.
Setelah 2.000 tahun tambah gendut orang
ini. Atau guys tahun ini gua udah
dedikasikan diri gua, gua bakal belajar
kursus Mandarin. Ternyata boro-boro
kursus Mandarin ada aja alasan yang
enggak ada waktu lah, enggak ada
duitlah, enggak tahulah tempatnya di
mana. Jadi punya 1000 alasan kenapa itu
tidak dilakukan. Dia tidak punya satu
alasan yang baik kenapa itu harus
dilakukan.
Jadi ada 1000 alasan buat menolak, 1000
alasan untuk menunda. Tapi dia disuruh
cari satu alasan kenapa itu harus
sekarang? Kenapa lu harus olahraga,
kenapa lu harus berhenti merokok, kenapa
lu harus hidup lebih sehat. Satu alasan
aja coba sebutkan dia enggak bisa cari,
Guys. Tapi kalau alasan buat menunda ada
1000 alasan. Ini lu juga bisa lihat
gampang sih. Orang dikasih kerjaan
dibilang, "Enggak bisa, Pak, karena
laptopnya rusak. Laptopnya udah benar,
nanti dia bilang, chargernya
ketinggalan, enggak ada listriknya.
chargernya udah ketemu, nanti dia bilang
enggak ada sinyal. Sinyalnya udah ada,
nanti dia bilang flash disk-nya hilang.
Jadi pekerjaannya enggak pernah selesai.
Selalu aja ada 1000 alasan. Orang yang
bilang, "Oh, hari ini mau buka usaha
atau minggu depan buka lagi usaha." Ada
lagi alasannya, enggak ada modal, enggak
jadilah ada kesibukan lain. Jadi,
orang-orang yang punya alasan 1000
alasan ini si paling alasan ini, ini
lama-lama bisa jadi tabiat, Guys. Bisa
jadi kebiasaan. Ujung-ujungnya apa? Hobi
menunda-nunda, procrastination. Dia
tidak bisa maju di dalam hidupnya. Dan
ingat, kalau lu pengin hidup lu maju, lu
harus kelilingi diri lu dengan
orang-orang yang punya mindset maju.
Bukan bergerak ke belakang apalagi
mundur. Berat hidup lu. Karena apa? Lu
sudah punya pikiran, oh, gua harus
menguasai tiga bahasa. Oh, gua mau
kuliah di luar negeri. Oh, gua mau dapat
beasiswa LPDP. Oh, berarti gua harus
khusus tuvel. Oh, tuvel gua harus 600 ke
atas. Itu lu harus lakukan di dalam
hidup lu. Tapi bayangkan ketika kemudian
lu yang punya visi- misi itu, lu bergaul
dengan orang yang hobi menunda-nunda.
Udahlah, Bro, ngapain? Mainlah. mabar
duluah. Satu kopi lagiah, satu cangkir
lagilah, satu rokok lagiah. Enggak
jadi-jadi, enggak jalan-jalan karena dia
berusaha menarik lu menjadi sama seperti
dia. Procrastination ini menular.
Makanya lu harus mencegah diri lu
terjerumus dari orang yang hobinya
menunda-nunda.
Jangan lakukan itu. Dan ini makin lama
bisa makin besar, Guys. Mungkin hari ini
dia cuma menunda minum susu. Akibatnya
dia stunting setelah 20 tahun. Tapi dia
nanti punya alasan lagi. Menunda belajar
berenang, menunda belajar bahasa
Inggris, nanti menunda mengerjakan
pekerjaan dia di kuliah PRD apa sekolah.
Hobinya menunda-nunda. Akibatnya apaagi?
Begitu sudah pekerja hobinya telat
menunda tugas dari atasan. Nanti udah
lulus dari dunia kerja, nanti punya
alasan lagi. Menunda, hal yang bisa
ditunda lagi. Nah, yang model-modelan
begini ini lu jangan bergaulah. Karena
ujung-ujungnya orang yang seperti ini
tidak punya tendensi untuk maju. Kalau
lu pengin maju, kelilingilah dengan
orang-orang yang hobinya maju, hobinya
produktif, hobinya lakukan hal yang
positif, katakan hal yang positif, dan
berpikir yang positif. Yang kelima,
Guys, ini si paling manipulatif. Jadi,
julukannya ini adalah sang manipulator,
Guys. Jadi, hobinya paling manipulasi
aja. Orang ini ciri-cirinya apa? Suka
pura-pura baik, suka pura-pura menolong,
suka pura-pura sosial, paling beramal,
paling baik budi. Tapi padahal dia
gunakan itu buat memanipulasi orang
lain. Ujung-ujungnya dia manfaatin orang
lain. Dia pura-pura paling lemah.
Padahal apa? Dia mau makan lu manusia
mau makan manusia. Manusia tipe begini
ini sadis banget, Guys. Ini yang paling
sadis dan paling berbahaya. Kenapa
berbahaya? Karena dia rela melakukan
segala cara buat memanipulasi El. Bahkan
dia rela mengadu domba manusia, mengadu
domba rekan kerjanya. demi kepentingan
pribadi dia. Ini orang paling manipulasi
ini orang yang paling berbahaya nih di
dalam planet bumi ini. Contoh, ada orang
kan pasti dalam hidup lu hobi minjam
uang atau minta uang. Alasannya apa?
Iya, istri gua mau melahirkan. Iya, anak
gua kelind stuck. Iya gua habis patah
tulang encok. Orang tua gua ada
kemalangan. Ada aja alasannya. Tapi
begitu dapat duitnya apa yang dia
lakukan? Dia berjudi, dia foya-foya, dia
beli narko, dia mabok, dia jalan-jalan,
dia have funan. Ada enggak begitu? Ada
orang yang hobinya seperti ini tipe
manipulator, Guys. Jangan lu mau
dekat-dekat. Ingat ya, dia berani
berbohong, dia berani manipulasi demi
kepentingan pribadinya sendiri. Itu
menurut gua sangat berbahaya.
Sangat-sangat berbahaya. Beda sama
Kissinger. Lu tahu Kissinger, ambassador
Amerika Serikat. Hobinya apa? Manipulasi
juga. Hobinya apa? Bohong sana sini.
Tapi demi kepentingan bangsa dan
negaranya. Oh, bagus. Jadi ada
kepentingan yang lebih tinggi yang dia
bela. Tapi aliran manipulator nih di
level yang paling kacrut, paling kecil,
orang-orang yang hobinya tadi tuh minjam
duit bohong sana sini ujung-ujungnya
beli ini tipe begini lu harus delete
kontak, Guys. Ini ini berbahaya banget
bahkan dia bisa bikin sebuah keluarga
itu pecah. Dia bisa bikin sebuah
perusahaan itu bubar. Dia bisa bikin
sebuah hubungan itu jadi acak-acakan.
Ini enggak worthed. Ini harus disegera
dihilangkan dari circle lu. Orang yang
paling manipulatif itu yang paling
berbahaya. Eh, dulu gua punya kenalan
hobinya bikin grup-grup diskusi, hal-hal
yang positif, hal-hal yang membangun
gitu loh. Sampai ada levelnya ada
ketuah, wakil ketua, bendahara lah,
segala macam. Banyaklah lu pasti punya
begitu. Terus ujung-ujungnya gua merasa
ada yang salah nih. Kok ketua kita
selalu bilang ngajarin hidup hemat,
hidup sederhana tapi di belakang layar
gua tahu dia hobi ngutang buat
jalan-jalan ke luar negeri, buat beli
tas. Kok enggak sinkron ya si bangsa
satu ini nih? Perempuan lagi kan. Tapi
setelah gua pikir-pikir, akhirnya gua
baru nge oh yang dia lakukan selama ini
adalah manipulasi. Dan paling ekstrem
lagi dia sampai ngumpulin duit. Lu
bayangin bikin arisan, bikin lembaga
amal, ngajarin anak-anak pinggir jalan.
Tapi ujung-ujungnya gue juga jadi
berpikir, "Kenapa lu bisa gonta-ganti
handphone baru ya, gonta-ganti tas baru
ya, jalan-jalan ke luar negeri terus ya?
yang padahal gaji lu itu enggak
seberapa, enggak enggak ada pun 10 juta.
Tapi lu bisa lakukan itu dan lu orang
yang paling tua dan dituakan di tempat
ini. Tapi sepertinya lu melakukan hal
yang tidak sama dengan yang lu ajarkan.
Ah, ini orang sih paling manipulatif ini
nih. Ini yang lu harus cutlos buang dari
kehidupan lu. Nah, salah satu yang
paling bahaya ya buat teman-teman Genzi
ya ini pacar nih. Karena pacar itu salah
satu hal yang berbahaya karena dia orang
terdekat dalam hidup lu. Kalau dia
manipulatif dia suka bilang gini, "Kalau
lu sayang sama gua, lu beliin ini dong.
Kalau lu sayang sama gua, lu bantuin gua
dong. Katanya lu pacar gua. Wah, itu
udah indikasi nih. Ini orang-orang
aliran manipulatif, Guys. Jangan pernah
lu lakukan itu. Harusnya lu berpikirnya
begini. Lu kan cuman pacar gua. Lu bukan
istri gua. Ngapain lu nyuruh-nyuruh gua
berantem sama nyokap gua? Ngapain lu
nyuruh-nyuruh gua melawan orang tua gua
sendiri demi supaya bisa ngantterin lu
jalan-jalan ke mana? Senangkan hati lu.
Enggak. Enggak worth it. Ini hari-harian
manipulatif ini ujung-ujungnya bakal
hancurin keluarga lu. Jangan lu lakukan.
Apalagi makin bahaya lagi kalau lu marit
sama dia. Lu bayangkan ya manusia yang
paling menderita di dalam hidupnya
ketika lu salah pilih pasangan lu.
Ketika lu ketemu pasangan yang toxic,
yang manipulatif, lu itu hidup dalam
neraka, Guys. Karena pernikahan itu
bukan selama 1 hari 2 hari, Guys. Lu
mungkin menikah selama 10 tahun, 30
tahun. Lu akan hidup sama orang yang
toxic seperti itu. Apa yang terjadi?
Hidup lu seperti neraka dunia. Gua yakin
hidup lu, cita-cita lu bukan jadi dokter
ketika lu menikah dengan orang seperti
itu. Cita-cita lu adalah bunuh diri,
Guys. Bahaya, Guys. Jangan sampai lu
salah. Investasi terbesar dalam
kehidupan seseorang itu bukan beli emas,
beli saham. No. Investasi terbesar dan
yang paling penting itu adalah investasi
di rekan hidup lu. Lu mau menikah dengan
siapa, lu mau tinggal sama siapa, lu mau
cari partner hidup seperti apa, itu
investasi terbesar. Karena lu akan spend
your time, a lot of your time, most of
your life dengan orang itu. Jadi, lu
hati-hati mendekatkan diri lu mau pacar,
pasangan, tunangan dengan orang-orang
yang alirannya manipulatif. Ini juga
banyak terjadi juga sih. Contohnya kalau
dunia kantor ya, orang yang pura-pura
enggak bisa ngerjain inilah, enggak bisa
kerjain itulah, ujung-ujungnya minta
tolong sama orang lain, nyusahin orang
yang padahal sebenarnya enggak
penting-penting banget. Dan itu
sebenarnya kerjaan dia, tapi dia malah
bebanin tuh ke orang lain. Ini tipe-tipe
manipulatif di level kantoran ya. Ini
juga tipe-tipe yang lu harus waspadai
lah. Orang-orang kayak begini gak worth
buang-buang waktu lu nih. Ujung-ujungnya
lu apa? Lu mangkel, marah emosi lu dari
sendiri. Lu harusnya berani bilang sih,
enggak bisa. Ini kan kerjaan lu. Lu
kerjain lah. Beda ceritanya kalau
seandainya lu harus lakukan itu as a
team. Karena ini project team, project
group. Ya, memang harus sama-sama dong
kita kerjain. Tapi kan masing-masing
individual juga punya tugas individual.
ya. Selesaikanlah tugas individual lu.
So, buat teman-teman guys, ingat ya, ini
adalah lima jenis manusia yang lu harus
hati-hati, hindari, bahkan lu delete
kontak dari kehidupan lu. Dan dari lima
jenis manusia ini, sebetulnya intinya
yang gua mau bilang adalah ya bagus sih
lu jadi orang yang baik hati, mulia,
suka membantu, suka beramal, tapi lu
hati-hati juga kalau lu salah sasaran
dengan kebaikan lu. Justru
ujung-ujungnya bisa jadi lu yang
dirugikan. Lu kehabisan duit, lu
kehabisan energi, tenaga, waktu, dan
pikiran buat meladeni manusia-manusia
toksik nih. Ada lima jenis nih manusia
toksik yang seperti ini. Dan ini adalah
hal yang sia-sia, Guys, meladeni
orang-orang ini. Karena sama seperti lu
menuang air ke ember yang bocor.
Ujungnya apa? Tidak akan pernah penuh.
Lu yang capek, lu ngajarin istri lu si
tolol kacurut itu jangan pernah ikut
judi online, jangan pernah ikut pinjam
online. Jangan boros belanja e-commerce.
Tapi enggak bisa istri lu yang kacurut
itu enggak pernah mikir si bodoh ini
hobinya apa? menjerumuskan dirinya
sendiri. Duh, udah delete kontak aja si
gila yang satu ini. Penjudi, boros,
enggak bisa berhemat. Apa gunanya dalam
kehidupan lu? Punya nyali dong. Lu ambil
keputusan dong. Atau teman kerja lu yang
seperti itu atau keluarga lu, teman
dekat lu. Dete kontak, selesai. Blokir
WhatsApp-nya, selesai. Ingat ya, Guys.
Lu jangan capek-capek berusaha
menyelamatkan kalau lu ada ketemu lima
orang punya penyakit ini. Enggak usah lu
buang-buang waktu sok jadi pahwan, mau
selamatin dia. Enggak worth it.
Percayalah, Guys. Lu cuma buang-buang
hati lu, buang-buang waktu lu, jiwa lu,
energi lu. Karena enggak semua orang
pantas buat diselamatkan, Guys. Ingat
kata gua. Kenapa tidak semua orang
pantas buat diselamatkan? Karena tidak
semua orang mau berubah. Tidak semua
orang mau menyelamatkan dirinya sendiri.
Bahkan banyak orang yang hobinya tadi
menjerumuskan dirinya sendiri. Sama
seperti orang-orang yang hobinya judi
online, pakai meracuni dirinya sendiri.
Itu udah hobi dia. Orang-orang begini
udah bebel, enggak ada gunanya lu
buang-buang waktu. Percayalah, enggak
ada gunanya, enggak ada obatnya, Guys.
So, anyway, Guys, dari lima jenis
manusia tadi yang udah gua sebutin,
menurut lu jenis mana yang paling
berbahaya? Jenis mana yang paling sering
lu temui dalam kehidupan lu? dan jenis
mana yang paling wajib segera di-delete
kontak, diblokir nomor WhatsApp-nya. Dan
yang paling penting, Guys, sebetulnya
ada manusia jenis keenam yang paling
berbahaya di antara semua manusia yang
ada di planet ini. Bahkan dibanding lima
yang tadi. Menurut lu apa manusia jenis
keenam apa yang jauh lebih berbahaya?
Segera share dong pendapat kalian di
kolom komentar yang ada di bawah ini dan
share video ini sebanyak-banyaknya ke
teman-teman kalian dan suruh teman-teman
lu segera subscribe channel Benix supaya
enggak ada lagi ya manusia-manusia yang
terjebak dalam relasi, dalam hubungannya
dengan orang lain, teman kerjanya, teman
hidupnya yang toxic seperti modelan
manusia-manusia ini. Oke guys, semoga
video ini bermanfaat. Salam sehat, salam
cuan. Bye bye.
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:07:00 UTC
Categories
Manage