STOP FLEXING! Purbaya Yudhi Sadewa Ingatkan GEN Z Bahaya Pay Later!
G2pXizKOzsQ • 2025-09-17
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Guys, bagus banget nih, Guys. Kita baru aja dapat kiriman video dari follower kita dan dia kirim video tentang Menteri Keuangan yang baru, ya, Purbaya Yudi Sadewa yang isinya berhubungan sama pinjol sama by now pay later dan itu udah sering banget dibahas di channel Benix. Nah, ini gua mau ngulangin lagi videonya karena apa? Karena setelah gua lihat videonya, wah ini kayaknya menarik nih kalau kita share karena ini bisa jadi bermanfaat buat teman-teman Genzy. So, kalau lu merasa bahwa lu itu termasuk Gen terus sudah Genzi miskin lagi dan lu masih merasa pinjol tuh juru selamat lu, lu jangan skip video ini. Let's check this out. Kalau enggak punya duit, enggak usah belanja. Peter boleh untuk keadaan yang mendesak saja, tapi kalau untuk flexing-flexing enggak usahlah tahan dikit. Boleh, mungkin sedikit-sedikit tapi dikendaliin. Jangan sampai dia terlibat utang yang berlebihan. Iya, mungkin pertama pada waktu Anda pinjam di seperti itu enggak kerasa. Tapi kalau sudah semua satu saat kan enggak bayar. Kalau sudah ramai-ramai enggak bayar gimana? Sistem finansialnya akan goncang. Jadi ee teman-teman generasi muda mesti ngerti juga bahwa payat bagus dalam keadaan tertentu kalau kepepet. Iya. Tapi kalau enggak perlu banget enggak usah flexing-flexing, enggak usah karena Anda seperti ngutang sebetulnya. Sama aja itu ngutang. Jadi Anda dipaksa ngutang dan terlena. Oke, Guys. Jadi, menurut gua ini yang di-sharing bagus banget dan itu udah sering gua share di sini. Akhirnya ada juga ya menteri kita yang mau ngomong pakai bahasa manusia, bukan pakai bahasa dewa ke rakyat publik khususnya anak-anak muda kita yang makin ke sini makin sering terjebak judi online lah, pinjaman online lah, termasuk by now pay later. Intinya apa yang mau dibilang? Lu kalau ada duit silakan lu kalau mau beli. Tapi lu kalau enggak ada duit ya enggak usah beli. Enggak usah maksa diri lu nyicil, ngutang, minjam. Enggak usah. Kenapa? Karena ujung-ujungnya lu cuma bakal merepotkan diri lu sendiri sih kalau lu enggak bisa bayar itu. Apalagi untuk beli hal-hal yang sebetulnya enggak lu butuhkan. Lu hanya membeli hal-hal yang lu inginkan, nafsu lu yang lu pengin puaskan. Dan ini udah berulang kali gua bilang bahwa orang-orang yang sukses ya itu yang bisa menahan dirinya dan bisa menunda self gratification. Maksudnya apa self gratification? Dikit-dikit sukses dikit dapat duit sedikit langsung pengin ganti motor baru, beli mobil baru, beli handphone baru, memuaskan dirinya, membanjakan dirinya. Jangan begitu. Kenapa? Karena kalau lu ada duit, lebih baik lu tabung hari esok. Enggak ada yang pernah tahu apakah akan menjadi lebih baik dari hari ini atau akan menjadi lebih berat dibandingkan hari ini. So, ketika lu punya duit jauh lebih baik kalau lu pakai itu buat investasi masa depan lu. Lu tabung kek atau lu beli saham kek. Ada begitu banyak hal yang lu bisa lakukan dibandingkan lu lakukan itu untuk tindakan konsumtif membeli barang-barang yang enggak diperlukan. Nah, kembali ke konteks yang diceritakan sama Purbaya di sini ya, bahwa apa ya? Dia lagi ngomongin by now pay later. By now, payer itu kalau anak Genj sekarang ada pilihan selain kartu kredit. kredit itu kan sama juga sih lu gesek transaksi bayarannya akhir bulan. Nah, kalau buy later itu sama juga lu cuman pakai software lah, pakai fintech, lu beli sekarang bayarnya kemudian hari. Nah, kalau menurut Purbaya, Purbaya menteri keuangan kita ini udah sangat baik loh dia ngajarin bahwa sebaiknya lu hanya menggunakan Binopoliter itu di situasi-situasi tertentu. Kalau lu lagi kepepet misalkan, eh 3 hari lagi ini harus bayar uang kos-kosan tapi belum ditransfer sama emak bapak lu gitu loh. Ya, lu ambil dari buyop letter bisa enggak? Bisa lu transaksi itu atau lu ada kebutuhan harus beli penggaris baru. Karena lu jurusan arsitektur lu ada penggaris tertentu yang lu harus pakai terbuat dari emas panjangnya 17 cent buat bikin rumah. ya, besok udah hari ujian, lu perlu itu, lu pakai itu. Tapi nanti setelahnya lu dapat kiriman duit lagi atau lu dapat duit lagi, langsung lu lunasin lah itu. Tapi jangan pakai itu buat beli hal-hal yang sebenarnya lu enggak perlu. Tapi yang gua paling setuju adalah memang betul-betul ini harus dalam kondisi yang penting-penting doang ya pakai bayopolet. Karena pada intinya adalah kalau lu enggak punya duit mendingan enggak usah belanja. Nah, gua kaget karena yang ngomong ini waktu itu dia posisinya LPS ya. Dia ketuanya LPS yang intinya bisnisnya adalah bisnis perbankan, simpan pinjam. Dia harusnya senang tuh kalau makin banyak orang yang minjam ke perbankan. Dan perbankan kan bayar duit juga miliaran ke LPS, bayar abomen kayak Netflix, subscription fee ada namanya. Nah, tapi dia menganjurkan kita malah kalau lu enggak punya duit ya mendingan enggak usah belanja. Which is menurut gua bagus karena di Indonesia terlalu parah orang berutang dan semudah itu orang ngutang dari pinjol kek, kartu kredit kek, ke rentenir atau sampai byin operator. Jadi bino P later itu teman-teman jangan suka kejebak. Pada intinya at the end of the day itu adalah ngutang juga. Satu lagi nih teman-teman, dalam kondisi apaagi sih peter itu bisa dipakai? Ya, ya gua tahu ya, anak Genji ini kan senang banget belanja-belanja pakai Go Food lah atau pakai Grab Food lah atau belanja di Tokopedia, Shopee. Kadang-kadang mereka tuh suka kasih promo juga. Kalau lu belanja hari ini pakai Paylat GoPay atau Go Food atau Grab Food, lu bisa dapat certain disun maybe bisa sampai 50% 70%. Boleh gak itu dipakai? Kalau seandainya lu memang mau pakai itu dalam konteks lu memang udah punya duitnya sebenarnya buat bayar, tapi sekarang kalau pakai Peter lu bisa dapat diskon, ya silakan aja lu pakai. Tapi begitu lu transaksi toh lu memang ada duitnya, ya langsung lunasin. Jadi lu bisa pakai buyater supaya lu dapat harga lebih murah itu boleh. Tapi dengan catatan lu memang sudah ada duitnya. Begitu lu buyat misalkan harga barang Rp500.000 pakai buyer jadi Rp300.000 lumayan loh diskon Rp200.000. Cuman setelah itu ya lu langsung lunasin utang lu yang Rp300.000 itu jadi lu benar-benar enggak kena bunga lah atau biaya abodemen di akhir bulan nanti. Nah, itu konteks yang menurut gua orang pakai buopilator yang gua perbolehkan. Tapi pada intinya sama, kalau lu enggak punya duit ya jangan beli, jangan transaksi. Kalau lu punya duit silakan transaksi biar lu nikmatin diskonnya. Simpel kan? By the way, buat teman-teman merasa santai bahwa seolah-olah BNPL ini enggak ada depoltor, itu salah, Bro. Yang namanya BNPL itu sama aja kayak lu ngutang juga. Kemarin juga ada cerita ya, orang-orang yang kena pinjol bahkan sampai bunuh diri bunuh anak istrinya masih bayi aja dibunuh karena dia ketakutan, malu, enggak bisa bayar bunga utang, terlilit pinjol kanan kiri tutup lubang. Itu juga bisa kejadian di by now p later. Banyak orang merasa bisa menghabiskan duit yang sebenarnya dia tidak miliki di hari ini. Itu kemudian di belakang hari dia merasa menyesal karena ditagih sana sini. Dan ujung-ujungnya nanti itu bisa juga merusak credit scoring lu dan bisa merusak masa depan lu. Kenapa bisa merusak masa depan lu? Karena sekarang udah banyak loh perusahaan-perusahaan yang melakukan background checking. Background checking-nya bukan cuma di CV lu, tapi juga sampai ke perbankan. Lu di blacklist enggak sama Bank Indonesia karena suka ngutang di mana-mana tapi enggak bayar. Hati-hati kalau terbukti lu sering ngutang buy no payer atau kartu kredit atau pinjol dan lu udah di blacklist, hati-hati, Guys. Lu bisa makin susah cari kerja. Makanya, Teman-teman, jangan main-main, ya. Lu merasa seolah-olah gampang aja tuh transaksi R.000, Rp00.000, Rp00.000 lama-lama menjadi bukit tuh. Jangan sampai kemudian lu terlilit pusing mau bayar bunga berbunga, ujung-ujungnya berdiri atau nipu sana sini buat bayar hutang lu itu hati-hati. Dan satu yang paling penting dan kita harus pelajari dari Sadewa. Sadewo ini ITB, anak teknik. Nah, teknik itu ada teknik fisika, Guys. Ini penting buat lu ilhami ya, bahwa yang namanya teknik fisika itu ada rumus. Sama kayak jurusannya si Purbaya nih. Hukum fisika berlaku juga di teori by now pay ini, Guys. Kenapa banyak orang belanja-belanja itu? Karena kebanyakan gaya, ujung-ujungnya mati, pusing ditagih sama dep collektor. Padahal kalau lu ngerti yang namanya kebanyakan gaya itu enggak bijak. Sebagai mahasiswa jurusan teknik di ITB ini, dia pasti tahu hukum fisika bahwa apa? Gaya berbanding lurus dengan tekanan. Semakin tinggi gaya lu, semakin tinggi juga tekanan hidup lu, Guys. Jadi hati-hati jangan sampai hidup lu kemakan gaya. Menteri keuangan kita Purbaya ini aja walaupun sudah menteri ya, sebenarnya orangnya sederhana kok. Makanya lu ngapain pakai banyak gaya? Harus makan yang burger harganya Rp700.000 kalau enggak enggak kenyang. Kalau minum kopi, kopi harus harganya Rp300.000 kalau enggak enggak keren. Enggak begitu. Purba ini lu bayangin nih dia ini setingkat menteri aja. Good news guys. Kabar spesial buat kalian karena sekolah Sambenix season 8 akan segera dibuka dan temanya luar biasa menarik nih. Khusus buat teman-teman investor pemula di IASG yang bingung cara beli saham, investasi dan bisnis apa yang menarik. Kita akan membahas tentang mineral berharga dengan lebih detail lagi. So, buat kamu yang masih bingung gimana sih cara beli saham di ASG, gimana sih caranya profit di ISG, kamu bisa pakai kalkulator investasi yang ada di www.skolasahambenix.com. Pakai di situ, tentukan target investasi kamu dan kamu bisa lihat bagaimana caranya kamu bisa mendulang cuan di ISG. So, buat kamu yang belum bergabung di season sebelumnya, ini kesempatan langka buat segala bergabung. Dari yang harganya R jutaan, sekarang tinggal R9 jutaan saja. Ingat ya, khusus 25 orang pertama yang mendaftar. Segera daftarkan dirimu sekarang juga di www. atau hubungi nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Purba ini lu bayangin nih dia ini setingkat menteri aja makannya aja di pinggir jalan makan bubur ayam. So, buat apa lu masih kebanyakan gaya ujung-ujungnya kena pinjol, kena buyopilator, kena kartu kredit. So, udahlah guys, lu Gen sebaiknya jauh lebih bijaksana. Karena sekarang kita sudah punya menteri kayak yang satu ini nih yang rela turun gunung ngasih pengetahuan yang menurut gua sangat mendasar tapi bermanfaat loh buat generasi muda kita yang merasa segala sesuatu harus serba instan. Lu pengin hari ini handphone baru enggak ada duit bisa enggak? Bisa pakai pinjol? Bisa pakai kartu kredit. Udah lu hindari mentalitas itu. Belajar bertahan, belajar resilience, belajar grinding. Lu kalau mauat sesuatu lu tabung dulu. Lu fight for it. Jangan merasa semua itu serba gampang, gampang, gampang. Enggak, enggak, enggak. Lu harus fight for it. Kalau enggak punya cukup duit, tabung, tabung, tabung, tabung. As simple as that. Jangan menyusahkan hidup lu. Apalagi kalau ujung-ujungnya sampai nyusahin orang tua lu sendiri. Buat teman-teman di sini, ada enggak yang pernah jadi korban by latter? Tolong dong segera tulis pengalaman lu di kolom yang di bawah ini. Untung atau rugi sih by now P Later di dalam kehidupan kalian? segera sharing ya supaya jadi pelajaran buat penonton-penonton Benix yang lain. Nah, buat teman-teman di sini juga segera share video Benix ini ke keluarga kamu, ke rekan-rekan kamu, ke teman-teman kamu biar makin banyak orang yang teredukasi secara finansial. Bagaimana sih cara menggunakan keuangan yang bijak? Ini ilmu yang sangat baik nih dari Menteri Keuangan kita Purbaya Sadewa. Oke, guys. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat, salam cuan. Bye bye. [Musik]
Resume
Categories