ESCAPE THE G7 TRAP!! Prabowo Prefers PUTIN Amidst Iran Nuclear Issues?
RkzYMsj6pdk • 2025-06-27
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo, Guys. Ini ada berita baik ya. Kita dapat kiriman video tentang kunjungannya Presiden Prabowo di Rusia. Nah, di video ini gua baru dapat kabar juga karena ternyata ada sedikit prahara nih di sana. Karena Prabowo dengar-dengar dia meninggalkan meeting G7 atau bahkan enggak menghadiri ya meeting G7 demi menghadiri pertemuan tingkat tinggi yang ada di Rusia yang namanya St. Petersburg International Economic Forum. Gimana sih videonya? Gimana sih pidatonya yang katanya bikin orang heboh? Lu kalau penasaran jangan diskip video ini. Let's check this out. [Musik] In the last 30 years, we see the dominance of the neoliberal capitalist classical free market philosophy which basically tends to be less. And the Indonesian elite followed this philosophy and there for in my opinion we have not managed to create a level playing field for all our people there is vast growth we have grown 5% continuously especially the last seven years. Yes, 35% in seven years that we have not managed to have this so-called trickle down effect. The wealth remains at the top less than 1%. And this is not a formula for success in my opinion. Oke, jadi di sini Prabowo bilang ya, dia ngomong pakai bahasa Inggris bahwa Indonesia menurut beliau belum berhasil membuat rakyatnya hidup dalam keadaan yang setara dan adil, sejahtera. Karena masih banyak perbedaan yang besar loh antara orang kaya yang ada di atas dan miskin. Bahkan antara masyarakat yang hidup di perkotaan maupun pedesaan. Jadi dia bilang ya meskipun Indonesia itu bisa grow ekonominya tumbuh 5% secara terus-menerus selama 7 tahun terakhir, tapi ya ekonomi Indonesia tetap tidak bisa menimbulkan atau menciptakan trickle down effect. Buat teman-teman yang belum tahu ya, Trickle down effect itu adalah salah satu teori ekonomi yang berharap bahwa oke kita perkaya segelintir caibol, kita perkaya segelintir oligark, pengusaha. Bikin aja mereka kaya raya. Harapannya apa? Kalau seandainya mereka kaya raya, minimal ketika baskomnya udah penuh, nanti ada yang menetes ke bawah, masuk ke rakyat kelas menengah, masuk ke rakyat kelas bawah. Tapi ternyata itu tidak terjadi. Karena orang yang sudah dikasih kemudahan bisnis, dikasih monopoli buat tepung terigu, dikasih monopoli buat rokok, dikasih monopoli untuk cengkeh, ternyata mereka tambah kaya raya di sana. yang di bawah tidak dapat tetesan air yang diharapkan itu. Akibatnya gap jarak antara yang kelas bawah sama kelas atas itu semakin melebar. Jadi teori ekonomi yang menyatakan bahwa kebijakan yang menguntungkan orang-orang kaya atau perusahaan besar pada akhirnya bisa jadi atau akan menguntungkan seluruh lapisan masyarakat ternyata enggak terjadi. Karena pada akhirnya kekayaan dan pertumbuhan ekonomi ternyata tidak menetes ke bawah. Ini sedih banget ya. Menurut gua ini tragis. Ini salah satu penipuan terbesar loh di abad 20 yaitu apa? trickle down effect theory ini yang memang sengaja diciptakan untuk memperkaya oligarki itu. Jadi banyak presiden-presiden yang bodoh di masanya percaya dengan ini. Jadi mereka tidak menerapkan sosialisme tapi mereka terapkan kapitalisme yang terbatas dan enggak ada equality bagi semua orang. Enggak level playing field karena cuman beberapa pihak yang diperkaya by regulasi, by kekuatan, by power ya atau by settingan. Jadi itulah yang terjadi faktanya apakah itu menjadikan hal yang baik? Ternyata tidak sedih ya. Okelah Prabowo. Oke bagus nih. Next. Therefore, my position is this that we must each country must follow its own economic philosophy. The economic philosophy that is in tune and that is can be accepted by each country's culture and each country's background. Therefore, I have chosen the path of compromise. The past the path of the best of socialism and the best of capitalism. Oke. Menurut Prabowo, jadi intinya ya setiap negara ini artinya Indonesia juga harus bikin harus mengadopsi filosofi ekonomi yang paling cocok buat negara kita sendiri. Karena jujur aja memang enggak cocok kita terapkan filosofi yang ada di Rusia, yang ada di UK Kingdom, yang ada di Amerika Serikat. Belum tentu cocok dengan yang ada di Indonesia. Dan menurut gua pun kita enggak enggak bisa loh happy dengan economic growth 5% 5%. Kelihatannya hebat karena lu bandingkan negara maju yang cuman tumbuh 1% 2%. Enggak. Kita bisa begitu karena kita startnya small, startnya itu miskin. Jadi pertumbuhan ekonomi sekecil apapun itu terlihat dramatis. Contoh, gua kasih contoh gini. Kenapa lu gak boleh happy dengan pidato 5% 35% tuh jangan bodoh lah lu bayangin ya negara yang startnya dari nilai 1 terus tahun depan ekonominya tumbuh ke nilai du itu tumbuh 100% apakah hebat enggak sedih? Tetap miskin dia dua. Tapi bayangkan negara Jerman yang ekonominya nilai 9 terus naik ke nilai ekonomi 10 berarti dia cuman growing berapa persen? Enggak nyampai 10%. Tapi lu bayangkan ya, negara Jerman yang ekonominya sudah 9 nilainya eh tahun depan naik ke 10. Oh, berarti naiknya ya cuman satu poin ya, cuman sekitar 10 sekian persen-an. Berarti negara Jerman bodoh, sedih enggak? Dia nilainya 10, Bro. Indonesia dari satu ke dua naik 100% miskin. Enggak ada artinya. Artinya salah. Kita enggak bisa happy dengan economic growth 5%. Ada yang salah dengan filosofi ekonomi kita. Kalau kita happy dengan itu, kita harus masuk ke double digit. Cina sudah pernah masuk ke era itu dan mungkin Vietnam pun kalau enggak ada perang dagang atau perang dunia 3, dia pun bisa masuk ke zona double digit. Negara seperti Indonesia logikanya harusnya tumbuhnya double digit, bukan single digit. Single digit itu cuma buat negara maju karena udah mentok dari 8 ke 9, dari 9 ke 10 udah mentok growth-nya. Enggak bisa ke mana-mana. Tapi kita kan masih di bawah 60% miskin kata Bang Dunia. Dan kita memang gua setuju ya, kita harus rubah filosofi ekonomi kita ya. Menurut gua yang paling ideal memang kita copy, ambil jalan terbaik dari sosialism, ambil jalan terbaik dari kapitalism. Contohnya apa? Ya inilah yang dilakukan Cina. Cina ke mana-mana gembor-gembor, negara komunis semua sama rata-ama rasa, sosialis. Tapi enggak. Dia bikin juga zona-zona ekonomi khusus sehingga lu bisa lihat inovasi teknologi luar biasa di Sencen. Lahirlah perusahaan Tensen, lahirlah banyak perusahaan teknologi canggih. Kenapa? karena dibikin setup zona ekonomi khusus dan mereka bikin itu banyak ada di Guangzo dan kalau lu masukin juga peta-peta khusus kayak Mau khusus perjudian mereka ada Hongkong dan bentar lagi mungkin mereka ada Taiwan. Jadi kita bisa lihat even Cina aja melihat peluang itu sehingga mereka mengkombinasikan kapitalisme yang baik dari kapitalisme dia terapkan di negara dia yang komunis, negara dia yang sosialis. So, kita enggak bisa anti dengan itu. Ambillah the best of both worlds. Kita terapin di sini. Oh, ini gua sangat setuju kalau mereka bilang seperti ini dan kalau bisa diterapkan di Indonesia seperti ini ya sangat luar biasa. Tapi juga harus konsisten. Cina berhasil mengawinkan kapitalisme, komunisme, sosialisme. Iya. Pakai darah. Koruptor dihukum mati. Apakah di negara kita berani lakukan yang sama? Koruptor dihukum mati. Sampai detik ini gua tidak pernah lihat ada koruptor dihukum mati. Aneh. Padahal Indonesia ini negara sejuta koruptor, tapi enggak pernah lu lihat yang namanya koruptor dihukum mati malah dirawat dan dipelihara. Sedih. Next. Pure socialism we have seen does not work. It's utopia. Pure socialism. We see many chances and many cases people do not want to work. Pure capitalism results in inequality result in only a small percentage enjoying the fruits of the wealth. But our path is the path of the middle way. We want to use the creativity of capitalism, innovation, initiative. Yes, we need that. We need government intervention to overcome poverty, overcome hunger, to intervene and to protect the weak because there is a danger in developing countries like Indonesia of what we consider the danger of state capture, the collusion between big capital business and government officials and political In the end theion groups does not result in the alleviation of poverty and the widening of the middle class. Therefore, we have chosen the philosophy which in essence and in simplicity can be reduced to two to one sentence. The greatest good for the greatest many. That is our philosophy. Our government must work to bring the greatest good to the greatest many and in this case we have to have a clean government free of corruption and this I think is the key of rapid development. Oke. Dia bagus. Dia membersihkan korupsi karena clean government itu kunci dari kemajuan sebuah negara. Nah, kalau kita lihat di awal ya Prabowo masih ngomong sesuatu yang filosofis. Dia bilang kapitalisme yang murni sistem ekonomi tanpa campur tangan pemerintah sama sekali itu cuman berpengaruh untuk Guys. Guys, tunggu dulu nih guys, tunggu dulu guys. Ada berita yang sangat-sangat gawat. Lu tahu dunia sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari perang di Yemen, di Selat Hormus, Kalbaria mau ditutup. Iran lagi perang dengan Israel dan masih belum kelar loh perang yang antara Rusia dengan Ukraina. Wah, dunia tambah kacau nih. Dan bukan cuma itu doang loh, negara-negara juga sekarang berada dalam krisis. Inflasi tinggi di mana-mana. Kebijakan fiskal di Amerika Serikat makin enggak jelas. Negara Indonesia utangnya makin banyak, bukan makin berkurang. Dan harga minyak, bakal makin tinggi lagi, Guys. Ini bisa melemahkan posisi rupiah. Jadi, begitu banyak potensi krisis nih di dunia kita. Nah, sebagai investor yang cerdas, Guys, lu harus mengambil keputusan investasi yang tepat. Dan kalau lu bingung dengan apa yang terjadi di dunia ini, gak usah khawatir. Karena kita ada komunitas khusus buat investor saham yang namanya Benix Investor Group. Karena di tengah perkara yang terjadi, kita bukannya tambah rugi tapi malah cuan besar, Guys. Lu tahu kemarin kita baru bikin video komunitas sama Benix pergi ke perusahaan sawit yang ada di Belitung. Hari ini sahamnya udah naik 140%. Di awal tahun ini komunitas saham Benix, Benix Investor Group udah datang lagi ke pelabuhan. Di sana kita ketemu perusahaan emiten parkiran berhubungan dengan mobil listrik. Hari ini mungkin sahamnya udah di atas 50% dan kita juga melihat ada begitu banyak loh perusahaan di Indonesia yang bisa kasih kita cuan lebih tinggi lagi. So, teman-teman tunggu apaagi nih? Di tengah era yang penuh ketidakpastian dibanding duit lu habis kena inflasi, lebih baik lu jadi investor saham. Dan kalau lu bingung dengan dunia saham, jangan ke mana-mana, langsung aja daftar di komunitas saham Benix Investor Group. Karena kalau lu punya komunitas saham, lu punya teman diskusi. Kita di sini banyak sharing tentang perusahaan-perusahaan yang bagus, pilihan investasi yang ada di Indonesia. Apalagi teman-teman di sini juga bisa dapat fasilitas loh akses ke direktur-direktur perusahaan emiten yang ada di IASG. Kita juga datang loh ke lokasinya. Jadi teman-teman enggak beli kucing dalam karung karena teman-teman bisa datang site visit langsung lihat lokasi usahanya. So, tunggu apaagi, Guys? Segera daftarkan dirimu sekarang juga di Benix Investor Group di www.benix.id ID atau di nomor WhatsApp yang ada di bawah ini. Dan lu harus segera daftar karena di tanggal 30 Juni ini harga naik dari juta ke juta per tahun. So, tunggu apaagi, Guys? Sampai ketemu di komunitas saham Benix tanpa campur tangan pemerintah sama sekali itu cuman berpengaruh untuk sebagian orang saja. Nah, ini benar. Ini gua setuju. Karena kalau kita mengacu ke kapitalisme murni seperti Amerika, ujung-ujungnya apa? Yang kaya adalah oligarki itu. Yang kara adalah corporate besar, enterprise besar. yang ujung-ujungnya enterprise besar itu justru memperbudak rakyatnya sendiri. Karena dia memiliki duit, mereka memiliki akses kekuasaan, mereka juga bisa menentukan arah pemilu. Ingat, pemilu di negara demokrasi murni itu mahal. Sehingga mereka harus kawin, bersekongkol dengan sponsornya, dapat duit dari pemodal, dia menang pemilu dan dia kemudian membuat kebijakan yang yang memperkaya sponsornya, enterprise itu, big corporate itu. Makanya berbahaya kapitalisme murni. Akibatnya Indonesia akan berakhir kalau menganut aliran itu. Seperti Amerika Serikat, negara berada di bawah kekuasaan konglomerat. Itu realitanya. Jadi mereka berhak mengontrol arah negara. Orang dia sponsornya. Tapi kalau kita murni sosialism, murni komunism seperti negara-negara Amerika Latin apa? Miskin, melarat, ya orang malas di sana banyak. So, apa yang dilakukan? Solusi jalan tengah yang diambil ya gaya Cina berjalan lancar ya dengan segala praharanya tetap menjadikan negaranya jauh lebih baik dibandingkan 102 tahun lalu. Indonesia jalan di tempat Cina udah siap kirim roket ke planet Mars. Kita boro-boro. Dan ini satu hal yang menarik menurut gua ketika Amerika dikontrol oleh big corporate di China apakah bisa begitu? Ternyata enggak. Mereka masih ada roh sosialismenya. Ketika kemudian Jackma berlagau menjadi penguasa disikat Alibaba sama pemerintahan si Jimping. Lu mau mencuat sedikit lu disikat. Enggak bisa. Harus negara. Negara yang menentukan arah mau ke mana. Lu jangan bertindak tanduk seolah-olah lu lebih hebat daripada negara. Karena negara, pemerintah adalah representasi rakyat. Akibatnya apa? pengusaha-pengusaha kaya di Cina sadar diri, "Heh, gua di sini bisa jadi kaya raya karena diizinkan oleh negara." Jadi, negara yang ambil alih, negara yang take control. Dan gua setuju negara Indonesia enggak boleh terlalu dibiarkan konglomerat, oligarki itu ambil kontrol terhadap semua aspek kehidupan bernegara kita. Karena ujung-ujungnya kepala daerah yang menang gua tahu di beberapa provinsi, di beberapa kabupaten ya sponsornya ya dari konglomerat-konglomerat itu untuk mensukseskan agenda bisnis mereka. Terus kapan rakyat bisa punya agendanya dibela? Enggak bakal ada rakyat yang dibela. Orang mereka dapat serangan fajar, dapat amplop setiap pemilu. Jadi kapan bisa dibela? Makanya perlu politik jalan tengah filosofi supaya apa? tetap ada kontrol negara terhadap big enterprise ini, big corporate ini. Kalau enggak negara kita bisa habis-habisan disikat, disedot habis sama kapitalis murni itu. Ya, gua setuju di sini sama Prabowo, tapi dia bisa enggak lakukan itu? Ya, dan dia sudah mention gini, pemerintah tidak dapat mengatasi kemiskinan, kelaparan, dan melindungi yang lemah kalau Indonesia masih membiarkan nih kolusi antara pengusaha, kolusi antara pemerintah dan elit politik. Karena ini justru bisa menyebabkan Indonesia semakin miskin dan memperluas jurang ya buat kelas menengah. Jadi gua setuju dan salah satu jalan terbaik buat kita maju ke sana ternyata dimension juga di belakangan ini ya Indonesia harus bersih dan bebas dari korupsi. Gua setuju. Tapi kita lihatlah praktiknya benar enggak sampai hari ini gua tidak melihat ada koruptor yang dihukum mati. Gua sih mendukung loh Pak Prabowo buat ada presiden kita ya bisa jadi the next jimping. Gua yakin mayoritas rakyat Indonesia setuju dan membela itu. Kita memang butuh diktator yang berani berhadapan dengan pengusaha-pengusaha kaya raya, konglomerat, oligark. Itu perlu. Tapi pada saat yang sama kita juga perlu bukti sebelum memberikan mandat seorang diktator. Bukti bahwa memang negara ini akan dikelola dengan adil, bijaksana. Kasih kita bukti. kasih satu koruptor dihukum mati. Pak Prabowo tolong dong. Next slide story. Not part of my speech but I was asked eh why I did not attend G7 but I attended the St. Petersburg forum D5 and it's not because I did not respect the G7. is because I gave my commitment to attend this forum before they invited me. So that's the only reason. So please don't read too much into the event. Sometimes political observers they want to read is this a political statement right no Indonesia by tradition always nonaligned we respect all countries foreign policy is very simple one phrase 1000 friends too few one enemy too many. We want to be friends with everybody. Oke, bagus nih. Ini bagus banget nih. 1000 teman terlalu sedikit dia bilang. Jadi 1000 friends is to few but one enemy satu musuh itu terlalu banyak. Ya, ini bagus. Dia mention soal itu di forum internasional. Tapi satu yang pasti yang menarik ya, dia bilang alasan dia tidak bisa hadir di forum meeting-nya G7 ini negara-negara super power yang punya nuklir rata-rata seperti ada Jerman, ada Amerika Serikat, ada Inggris. Jadi ini negara-negara kaya raya di dunia lah. Ada Itali, Prancis juga di situ. Dia enggak datang loh meeting G7 ini negara yang sangat penting loh G7. Tapi alasan dia karena dia udah duluan bilang yes. Dia komitmen untuk hadir di Stan Petersburg Forum, bukan G7 forum. Tapi ini justru salah satu anugerah. Kenapa? Karena menurut gua ini taktikal, ini sangat smart. Karena G7 di hari yang sama itu baru saja memberikan komentar juga bahwa negara anggota G7 mendukung Israel. Jadi jujur menurut gua ini tindakan yang smart nih dari Presiden Prabowo karena kalau dia malah attend G7 itu bukti bahwa Indonesia mendukung penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina. Tapi karena dia tidak menghadiri itu, kita bisa bilang bahwa eh kita enggak sepakat loh. Karena di meeting itu G7 bikin pernyataan bersama bahwa G7 mendukung Israel. Artinya di sini kita bisa lihat Prabowo lolos dari jebakan Batman. This is very good. This is very smart. Gua acungkan jempol. Dan kembali lagi nih ke konteks ini, St. Petersburg forum kita tunggu Pak Prabowo betul-betul bisa jalankan janjinya karena kita butuh negara Indonesia bisa jalanin politik jalan tengah untuk filosofi ekonomi kita sendiri. Di mana jangan sampai boleh orang jadi kaya, boleh bisnis, boleh, tapi jangan sampai para pengusaha kaya raya, oligarki, enterprise, konglomerat itu mengangkangi negara. Jangan. Yang ada apa? Ya, kita nanti ujung-ujungnya semua rakyat Indonesia cuma jadi budak big corporate itu jauh lebih bagus modelnya. Menurut gua pribadi kita meniru konsepnya si Jingping. Konsep yang sudah dibikin oleh para pendiri di negara Cina. Kapitalisme memang buruk, tapi ada nilai baiknya. Ambil baiknya. Sosialisme memang buruk, tapi ada juga nilai baiknya. Kita ambil nilai baiknya. E dan gua menurut gua itu salah satu hal yang sangat penting dari pernyataan-pernyataan ini. Gua setuju dari situ. Tapi kembali ke faktanya, Indonesia butuh pemimpin yang kuat, yang tegas, dan berani. Ya, khususnya melawan korupsi. Semoga Prabowo bisa jalankan janji itu dan bisa mengeksekusi ini dengan bijak. Kita butuh presiden yang berani, termasuk yang sudah bikin pernyataan politik di depan negara-negara ini yang ada di Stan Petersburg. Gua sangat appreciate apalagi sangat tactical. Smart nih tidak mengunjungi jebakan Batman G7 yang ujung-ujungnya bikin pernyataan bersama bahwa G7 mendukung Israel dalam perang melawan Iran. Smart. Oke, Guys. Menurut lu gimana? Lu setuju enggak dengan pidatonya Pak Prabowo bahwa Indonesia butuh filosofi ekonomi yang baru yang tidak pro kapitalis, tidak pro sosialis, tetapi ambil jalan tengah yang cocok dengan Indonesia sendiri. Lu setuju enggak dengan itu? Atau justru lu lebih pengin Indonesia murni aja kapitalis murni seperti Amerika Serikat. Menurut lu itu yang lebih baik? Atau murni sosialis kayak Venezuela, Kuba. Menurut lu gimana, Guys? Ditunggu ya pandangan kalian. Sistem ekonomi mana yang paling ideal buat negara Indonesia ini? Oke, guys. Semoga video ini bermanfaat. Ditunggu, ya, komen kamu. Jangan lupa like and share video ini ke teman-teman dan saudara kamu. Semoga video ini bermanfaat. Salam sehat. Salam cuan. Bye bye. [Musik]
Resume
Categories