Transcript
LAsZ-WhwbzQ • Sri Mulyani Criticizes the Indonesian Stock Exchange for its Incompetence! Elementary School Chil...
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0306_LAsZ-WhwbzQ.txt
Kind: captions
Language: id
Halo selamat pagi guys kita hari ini
mendapatkan kiriman video yang bagus
banget dari Menteri kesayangan para
pengusaha di Indonesia yang hobinya
tepat waktu bayar pajak tentu tak lain
dan tak bukan adalah menteri yang paling
cantik di rezimnya Prabowo yaitu Ibu Sri
Mulyani nah ini gua belum lihat videonya
sih tapi teman-teman dari Tim bilang
bahwa 2 hari yang lalu di Bursa Efek
Indonesia itu bikin acara untuk membuka
perdagangan bursa yang pertama kalinya
di hari pertama di tahun 2025 so mereka
invite Menteri Keuangan Republik
Indonesia untuk buka perdagangan bursa
di tahun baru ini Nah gua sih penasaran
juga sih karena beliau memberikan speech
ya speech-nya kayak apa nih So langsung
aja leh kita cek videonya kalau lu
penasaran gimana reaksi dan bagaimana
sih sebetulnya pidato ibu menteri di
Bursa Efek Indonesia So let's Check This
Out guys tahun
2025 kita masih akan dihadapkan
terus-menerus
ketidakpastian geopolitik yang akan
terus terjadi yang berimbas kepada
ekonomi
kita juga sudah melihat banyak negara
terutama bahkan yang disebut G7 G7 itu
adalah negara terkaya yang Open yang
menjadi satu grup powerful hampir semua
G7 sekarang menghadapi situasi politik
dan ekonominya tidak baik jadi ini pas
memberikan imbas kepada seluruh dunia
oke setuju tuh jadi sedikit Komentar aja
soal pidato yang pertama Ya tentang Apa
geopolitik itu bakal sangat-sangat
mempengaruhi tahun 2025 ini sangat betul
sekali guys Kenapa ini ada hubungannya
juga khususnya di Indonesia ya di
Indonesia teman-teman tahu ya kita baru
saja dapat pemimpin baru dan di tahun
baru ini juga kita juga akan mendapatkan
pemimpin dunia yang baru yaitu Donald
Trump di Amerika Serikat yang tentu saja
kebijakannya dia yang sangat anti Cina
dan sangat Pro dengan industri Tanah Air
Amerika pasti mempengaruhi kondisi
bisnis dan perekonomian global dan di
situ ada Indonesia jadi ini gua sangat
setuju dengan komentar ini apalagi kalau
betul-betul terjadi perang dagang yang
baru antara Cina dengan Amerika Serikat
dan teman-teman sudah lihat Salah satu
hasil nyatanya di awal tahun ini
diprediksi perekonomian Cina itu bakal
berkurang yang artinya apa Cina akan
tidak mengimpor lebih banyak lagi
barang-barang kebutuhan produksinya ya
salah satunya dari Indonesia paling
besar adalah batuara dan itu adalah
andalan Indonesia jadi salah satu
penerima negara bukan pajak Indonesia
yang paling tinggi yaitu adalah dari
batuahara so kalau dibilang kita bisa
tutup mata dengan kondisi geopolitik
dunia enggak dan gua sangat setuju
dengan Bu Sri Mulyani ini akan sangat
mempengaruhi kondisi geopolitik yang ada
di dunia terhadap perekonomian Indonesia
apalagi ya nasib investor-investor Bursa
Efek yang ada di Indonesia next kami
terus terbuka untuk ide-ide yang
lain masyarakat tadi disampaikan oleh
Pak Mahendra jumlah yang sudah
berpartisipasi di pasar saham atau Bursa
Efek itu masih relatif kecil
maka
edukasi dan terus literasi terus
ditingkatkan Namun kita mungkin pak
Mahendra saya terus harus
berinovasi mendorong
instrumen-instrumen yang jauh lebih
affordable untuk masyarakat kecil bisa
berpartisipasi kami di S surat berharga
negara sudah membuat pecahan yang sangat
kecil sehingga sekarang di dalam basis
investor SBN itu kita banyak menemukan
pelajar dan mahasiswa sudah memulai Beli
surat berharga negara itu positif untuk
kita
semuanya Oke gua setuju Jadi pertama ini
yang gua mau sikapi pertama itu Bu
Mulyani bilang basis ya Jadi maksudnya
orang-orang yang berinvestasi di bursaf
Indonesia itu masih sangat kecil dan itu
gua sepakat Kenapa karena orang yang
investasi si saham yang jelas-jelas
jelas bentuknya wujudnya ada barangnya
ada perusahaannya ada itu ternyata
jumlahnya masih kalah jauh dibanding
orang Indonesia yang investasi di dunia
yang tidak jelas yang namanya kripto
terkutuk itu kok bisa gitu loh Itu kan
artinya apa orang Indonesia lebih suka
investasi di instrumen yang absurd yang
tidak jelas yang tidak ada
fundamentalnya nah ini merupakan
indikasi buruk sebetulnya ya mungkin Bu
Sri Mulyani mau bilang sama audiens ya
bahwa e kasihan banget deh lu Lu bisa
kalah sama instrumen investasi yang
enggak jelas itu padahal barang lu lebih
jelas barang lu lebih h nyata kenapa
enggak malu lu maksudnya gitu ya gua mau
bilang jadi buat teman-teman yang belum
paham apa maksud gua adalah investor
Indonesia WNI ya yang punya account di
perusahaan-perusahaan sekuritas yang
punya RDN buat investasi saham jual beli
saham kan butuh broker itu jumlahnya
paling sekarang sekitar 14 juta manusia
makhluk hidup di Indonesia yang punya
rekening saham di Indonesia 14 juta
manusia padahal penduduk Indonesia ada
280 juta lu bayangin even 10%-nya aja
enggak ada yang punya rekening saham ini
kan ngeri karena kalau negara-negara
maju yang perekonomiannya maju mereka
lebih melag investasi dan mereka lebih
m-elek tentunya menjadi investor saham
so ini sangat penting buat kita
meningkatkan bersama-sama jumlah orang
yang tertarik untuk menjadi investor
saham di Indonesia nah kenapa gua bilang
konyol karena Bursa Efek kita itu
usianya sudah puluhan tahun guys eh
tiba-tiba Kemarin muncul anak kemarin
sore memperdagangkan aset enggak jelas
ya kayak nft lah crirypto lah dan lain
sebagainya lu tahu jumlah investornya
berapa Udah mungkin per hari ini lebih
dari 30 juta kali artinya apa dua kali
lipat investor saham yang nyata kan ini
hal yang memalukan Kenapa karena cripto
ini usianya baru berapa tahun di
Indonesia mungkin enggak ada 10 atau 15
tahun tapi ternyata bisa jadi lebih
viral dibandingkan bursa effect yang
usianya udah puluhan tahun ya menurut
gua sih ini bukan hal yang positif ini
hal yang sangat-sangat memalukan tapi
itulah kenyataannya di sini gua sih
memberikan solusi gampang kita perlu
kayak Amerika Amerika ada dua bursa
Kenapa soat ada bursa nasdaq ada bursa
nysei yang di New York ya kalau S
berusaha Efek Indonesia kerjanya
gitu-gitu doang bikin aja berusaha yang
baru noh ini Sedikit insirasi nih buat
teman-teman buat pemerintahan yang baru
juga kalau berusaha Efek Indonesia
gitu-gitu doang kerjanya dan enggak
menariklah Bikinlah izin Kasihlah izin
untuk lahir berusa-burusa efek baru dan
ini hal yang normal banyak negara maju
berusah efeknya bukan cuman satu tapi
bisa dua bahkan tiga sekaligus so itu
hal yang menarik karena menciptakan
kompetisi Kenapa karena gua juga butuh
lebih banyak pengelolaan bursa-bursa
yang baru di Indonesia kalau nanti jadi
lahir karena dulu Indonesia juga punya
dua bursa loh ada Bursa Efek yang
disurah aya ada Bursa Efek Jakarta yang
di Jakarta Nah kenapa seandainya kita
enggak punya lagi aja bursa effect di
Medan di Makassar di Bandung So what
Kenapa jadi kita bisa ada kompetitor
kalau seandainya makin banyak
perusahaan-perusahaan tidak jelas yang
listing di Bursa Efek yang ada ada
kompetitor bursa effect baru yang bisa
membawa perusahaan yang lebih sehat
bonavit good governance kan jadi saling
berlomba-lomba mereka melisting
mengipoan perusahaan yang benar
dibanding kalau cuma pemain tunggal lu
udah tahu bagaimana parahnya Pertamina
zaman dulu ketika cuma jadi pemainung
gal servisnya jelek sekarang kemudian
lir ada Shell ada BP lain-lain
sebagainya ya Pertamina sekarang jauh
lebih Mending lah dibandingkan yang
zaman dahulu Jadi itulah gunanya
kompetisi sedikit saran tadi kan Bu Suri
Mulyani bilang saya terbuka dengan saran
itu saran dari gua langsung aja gua
jelas gua bilang kinerja bursag kita nih
menurut gua enggak bagus ciptakan
kompetisi baru Bursa Efek Bursa Efek
baru sehingga makin banyak arus modal
asing dan arus modal lokal investor
lokal yang jadi lebih tertarik
dibandingkan investasi karena jujur aja
nih banyak perusahaan-perusahaan yang di
listik banyak perusahaan-perusahaan yang
gocap e zaman sekarang mungkin sudah
bahkan sampai di bawah gocap dan
perusahaan-perusahaan yang enggak jelas
jujur aja So kenapa enggak bikin
berusaha yang baru yang diisi dengan
orang-orang yang lebih capable gua sih
setuju itu kenapa ada pemanggilin
tunggal kenapa dimonopoli gua enggak
setuju dengan itu kalau kalian gimana lu
setuju enggak sih bursa effectfek cuman
ada satu di Indonesia atau perlu ada
kompetitornya yang bisa mengkurasi yang
bisa mengevaluasi perusahaan-perusahaan
yang bagus-bagus yang keren-keren yang
layak untuk Ipo lu Setuju enggak sih
Kalau ada Bursa Efek tandingan di
Indonesia ini komen ya di bawah Terus
yang kedua beliau bilang metode baru
yang diciptakan dalam penjualan SBN itu
harganya dipecah menjadi lebih murah dan
itu gua setuju ini namanya fractional
share di luar negeri itu lu belanja
saham enggak mesti belanja satu lot yang
isinya 100 lembar saham seperti yang ada
di Indonesia so saran gua nih Kenapa di
Indonesia belanja saham itu enggak bisa
satu lembar aja karena memang kemampuan
teknologi kita belum sampai di sana aja
untuk penghematan biaya arus data kalau
satu saham satu saham satu saham satu
lembar harus ditektok tktok tektok
Berapa biaya datanya bisa dipahami bisa
tapi sekarang kan zaman sudah berevolusi
kalau zaman dulu transaksi satu lembar
saham satu lembar saham masih pakai
telepon masih nge-print dan lain
sebagainya ribet dan biaya tinggi wajar
kalau enggak boleh belanja satu lembar
saham jadi minimal belanja 100 lembar
yang namanya satu lot itu sekarang ya
dulu satu lot itu 500 lembar By the way
Nah sekarang nih zaman udah makin
canggih data udah makin murah bandwid
udah makin terjangkau Kenapa kita enggak
bisa bikin orang enggak perlu belanja
satu lot lagi orang bisa belanja cukup
satu lembar saham yang artinya apa orang
kalau mau belanja saham enggak perlu
Lagi ngumpulin duit duit 100 kali lipat
lebih banyak dibandingkan yang
seharusnya so gua sangat setuju dengan
saran ini bahwa Indonesia memerlukan
Good New guys kalau sambenik season 6
kembali lagi untuk pertama kalinya di
tahun 2025 kita akan membuka sekolah S
benix khusus untuk pemula guys karena di
sini kamu akan belajar metode untuk
menentukan harga S Mahal atau tidak
valuasi yang wajar dan bagaimana sih
cara membaca laporan keuangan nih khusus
buat kamu yang pemula nah buat
teman-teman segera daftar karena khusus
untuk di Season ini kita akan kupas
tuntas tentang momentum investing di
bidang mobil listrik kenapa ya karena
teman-teman sudah tahu ya ternyata
insentif mobil listrik akan diperpanjang
sampai tahun depan dan pastinya bakal
menguntungkan banyak perusahaan yang
terkait nah buat teman-teman Yang
penasaran dan pengin belajar Gimana sih
caranya investasi saham khusus pemula
yuk segera daftar sekolah sahamix season
6 di bulan Februari 2025 itu ada 8
pertemuan total 2 bulan kita akan ketemu
seminggu
sekali fractional share engak perlu lagi
the whole lot cukup beli satu lembar aja
semoga ini didengar Kenapa karena dengan
begini orang makin bisa banyak yang
nabung ya zaman dulu lu ingat ketika
harga Bank BCA itu Rp35.000 Lu harus
belanja satu lot berarti kalau lu mau
jadi investor Bank BCA lu harus keluar
Rp3,5 juta sekali belanja ya kalau
orang-orang penghasilan UMR buruh di AHM
buruh di Yamaha di Karawang waktu itu
UMR mungkin sekitar r jutaan bisa enggak
dia jadi investor saham legendaris Bang
BC ya enggak bisa tapi bayangkan kalau
kalauusannya itu dibikin jadi fractional
share Wah hari ini ada duit r5.000 mau
nabung saham bisa bisa beli sambang BCA
that's it so gua sangat setuju dengan
metode yang dilakukan di SBN kalau
sandainya Bursa Efek bisa lakukan itu
satu lembar saham menurut gua itu akan
menambah jumlah investor yang tertarik
untuk investasi di borssa Efek Indonesia
kenapa ya lihat aja orang-orang yang
investasi di crirypto aja bisa belanja
crypto harga
0,001 Dolar gitu 0,002 dolar yang
absurd-absurd begituah ya bursfic
Indonesia belum punya skill seperti itu
gua enggak tahu juga kenapa mungkin
it-nya agak gesrek tapi Secara teoritis
nih kita ngomong cuma soal paket data ya
Apa susahnya lu bikin satu lembar saham
orang bisa belanja satu lembar saham
menurut gua enggak susah sih ini cuman
soal willingness aja dan ini sekali lagi
saran dari gua masukkan karena Bu Suri
minta masukan ya gua masukin Oke yuk
kita
lanjut saya berharap demikian juga
dengan
saham dulu waktu Saya dan Pak Mahendra
Pak masih remaja kami masih mahasiswa
kita mulai diajari mengenai Bursa Efek
Indonesia paham mengenai jual beli saham
sekarang seharusnya ini sudah mulai
diajarkan bukan di tingkat mahasiswa
lagi tapi bahkan di tingkat Sekolah
Dasar Oh top ini sangat top ini sangat
Top gua sangat setuju Kenapa karena ya
gua dulu lama di Belanda di Belanda itu
bahkan buat edukasi finansial literasi
keuangan ini kita enggak ngomong soal
saham doang Ya itu bahkan di level SD
itu udah diajarin Gimana cara lu
investasi e buat beli surat utang negara
gimana lu investasi buka rekening bank
deposito dan lain sebagainya termasuk lu
beli bursa sama-sama yang ada di Bursa
effect yang ada di Belanda yang lebih
hebatnya lagi ya kalau di Indonesia Gua
suka ngelihat anak SD itu diajak
jalan-jalan ke mall sampai lihat ada
orang touring bawa dua bus bus bawa
anak-anak SD ke mall Lebih sedih lagi
Gua pernah lihat anak SMK dibawa ke mall
diajarin buat apa ya mungkin cara
transaksi pakai curies itu Gim Gimana
caranya gitu ya Atau mungkin buat cara
jadi SPG Gimana caranya absurd lah
maksud gua buat apa gitu loh udah hal
yang menurut gua di luar kepala lah yang
namanya lu anak SD udah tahu harusnya
nilai duit tapi gua lihat nih jujur nih
Kemarin gua melihat ada anak sekolah SMA
ya ini true story di Sekolah terkenal di
Jakarta yang dekat Pondok Indah itu SMA
disuruh mamanya buat belanja ke
Indomaret Rp100.000 beli barang enggak
berani karena belum pernah belanja
ketika belanja barang nilain cuma
sekitar 7.000 es krim gitu disuruh
hitung kembalian enggak bisa Ini Realita
nih ngeri banget makanya gua sekarang
berpikir Oh wajar aja ya anak SMK study
tour pergi ke mall ya mungkin nyan-yan
mereka enggak tahu cara pakai keris atau
ngitung kembalian ya boro-boro sekarang
mau diajarin cara jual beli saham ya
ngeri banget tapi sekali lagi kalau ada
itikad untuk lakukan itu gua sangat
setuju plus apa diajarin Gimana caranya
ngitung pajak Karena itu adalah
kewajiban bagi seluruh umat manusia
untuk bayar pajak di mana pun kamu
berada so salah satu kurikulum yang gua
kaget ketika Gua ngelihat anaknya SD di
Belanda itu mereka sudah diajarin cara
menyusun laporan keuangan bagaimana
mereka cara juga membayar pajak dulu
waktu gua SD Kalau enggak salah kelas 4
atau kelas 5 SD udah diajarin Gimana
cara bikin laporan debit laporan kredit
gua di SD ajarin itu yang belum diajarin
apa Gimana cara bikin laporan pajak
karena laporan pajak sulit gua sekarang
umur gua sudah 30-an tahun gua masih
menemukan bikin laporan pajak itu susah
sampai perlu bayar orang buat bikin
laporan pajak semestinya enggak terjadi
ya tapi gua sangat setuju kalau
seandainya dunia investasi khususnya
investas yang jelas ya bukan investasi
ikan lohan atau investasi keris naga
terbang dan lain sebagainya tapi
investasi saham di Bursa Efek Indonesia
itu harus diajarkan dari sedini mungkin
supaya apa ingat ya manusia itu punya
kecenderungan takut terhadap hal yang
dia tidak pahami akibatnya apa banyak
orang yang kaya raya nih dari Bursa Efek
Indonesia dari Bursa Efek yang ada di
seluruh dunia l tapi akibatnya banyak
orang Indonesia yang gagal Naik kelas
karena begitu diterima duit kredit
konsumtif ganti kulkas baru TV baru
handphone baru istri baru motor baru
mobil baru segala macam konsumtif aja
tapi dia enggak memikirkan investasinya
ingat lu investasi berusaha Efek
Indonesia lu membangun bangsa ini karena
perusahaannya itu berbisnis ada yang
ekspor batuara ke Jepang ada yang ekspor
furniture ke Amerika dan lain sebagainya
so kalau seandainya anak-anak muda di
Indonesia diajari cara berinvestasi
sedini mungkin sehingga mereka melek Oh
kita ini bukan konsumsi konsumsi and
konsumsi aja loh tapi kita juga harus
investasi investasi-inestasi dan waren
buffet sendiri investasi itu udah dari
sejak dia SD so dia jadi orang terkait
Kak di dunia saat ini ya bayangin ya
kalau kita semua dapat kurikulum itu
sejak SD Bagaimana hebatnya rakyat
Indonesia itu nantinya dalam 15 20 tahun
ke depan so gua sangat-sangat setuju
Kalau segera dibikin kurikulum investasi
untuk anak SD Kenapa karena semestinya
anak SD sudahah bisa membuat laporan
sendiri pencatatan laba rugi sendiri
laporan debit kredit sendiri karena itu
semua hal yang wajib dipahami oleh
manusia pada umumnya dan plus apa harus
diajarin gimana cara bikin laporan pajak
itu penting karena pajak membangun
Negeri orang-orang pada bilang w benix
diendorse nih padahal enggak enggak tapi
gua memang setuju dengan itu pajak
membangun Negeri asal jangan dikorup ya
next sehingga mereka menjadi getting
familiar with dengan Bursa Efek Oh iya
betul sama ber dan ini hanya bisa
dilakukan kalau kita juga bersama-sama
nanti masuk ke kurikulum Bagaimana cara
penyampaiannya dan bagaimana mereka
merasa terbiasa dengan
transaksi tentunya kalau masyarakat
sudah mulai
mendiversifikasi tabungan dan
menciptakan
pendalaman kita juga bertanggung jawab
Pak Mahendra untuk agar saham saham yang
dijualbelikan adalah saham-saham yang
sehat yang berasal dari fundamental
perusahaan-perusahaan yang dikelola
dengan tata kelola yang baik sehingga
masyarakat tidak merasa bahwa mereka
membeli sebuah surat berharga yang
ternyata tidak
berharga ini adalah tantangan kita semua
Gua sangat setuju sekali guys ini
betul-betul komentar yang sangat menohok
karena gua Yakin ya Bu Sri Mulyani
ngasih komentar ini enggak serta merta
asal nyablak Gua rasa dia ada data dan
ini adalah kode keras untuk apa buat
pengelolaan Bursa Efek yang ada di
Indonesia lu jangan tolol lu jangan bego
lu jangan kayak drakulangisepin darah
orang dengan apa meloloskan
perusahaan-perusahaan sampah perusahaan
tidak jelas yang ujung-ujungnya jadi
investasi bodong kan aneh orang mau
investasi beli saham pergi ke bursa kan
pengin investasi di perusahaan yang
bagus dan mereka kan ada ada ada trust
yang dia taruh ke pengelola bursa lah
kalau pengelola bursanya cap kaki lima
sementara kita digadang-gadang nabung
Sam Ayo nabung Sam Ayo beli Sam Ayo jadi
investor tetapi perusahaan-perusahaan
yang dimasukin perusahaan-perusahaan
sampah jatuh nya mah bukan investasi
jatuhnya jadi investasi bodong guys
jujur-jujuran aja dan ini yang dibilang
Bu Sri Mulia nih Berarti dia mengakui
berarti kementerian keuangan itu
mengakui bahwa Bursa Efek Indonesia itu
harus melakukan ya penyortiran yang
lebih baik masukin perusahaan yang bagus
artinya Apa artinya menurut Kementerian
ada track record bursa effectfek
memasukkan perusahaan capkadut sehingga
jelas dan ini menurut gua yang
menghancurkan ya jujur nih menghancurkan
ya kepercayaan kita sebagai investor gua
baru berulang kali sakit hati lu sudah
tahulah sampahan kuning gua suka
ngajarin ini sampah sih gocap ni sampah
sih nyungsep ni sampah sih menghilang
dari kolong langit ini dan terbukti yang
anehnya tiap tahun Gua bisa bikin itu
terus perusahaan ini menyungsep
perusahaan ini anehnya gua bisa tahu
perusahaan ini perusahaan capcai
perusahaan ini cap kaki lima gua bisa
yang Anehnya kok pengelola enggak bisa
berarti kan ada yang salah nih enggak
sehat jatuhnya nih So gua sangat setuju
dengan pernyataan Bu Sri Mulyani ini hal
yang harus dibenerin ya permainannya
Seperti apa nih Jangan lama-lama orang
sakit hati nih dengan Bursa Efek yang
ada di Indonesia sehingga kemudian dia
kapok pindah ke cripto investasi yang
lebih bodong lagi atau dia pindah jadi
investor di luar negeri dan jangan
sampai channel ini besok-besok bukan
lagi ngajarin orang buat investasi di
Bursa Efek Indonesia tapi investasi di
Bursa eek Vietnam atau New York atau
Amsterdam So what ya kalau mereka lebih
bagus pengelolaannya good governance
lebih accuntable lebih transparan kenapa
enggak karena lama-lama ya gua jujur aja
makin banyak lihat hal-hal yang membuat
gua miris dan lebih cenderung sakit hati
sih Karena perusahaan yang sudahah
jelas-jelas sampah kok bisa-bisanya
listing enggak percaya lihat di kolom
komentar di bawah ini Coba teman-teman
sebutkan perusahaan yang kamu udah tahu
dan secara persis ada perusahaan sampah
perusahaan bodong tapi dikasih listing
di Bursa effectfek yang ada di Indonesia
tulis di kolom komentar di bawah ini
kamu sudah pernah terjebak di perusahaan
mana tulis di sini Kenapa biar dilihat
nih sama Ibu Sri Mulyani biar dilihat
bahwa apa
ya realitanya memang menyedihkan di
bursf kita Makanya kalau seandainya ini
enggak segera diperbaiki jangan kaget
kalau seandainya makin lama makin
ditinggalkan bursa kita jangan kaget
ingat l namanya investasi itu Lu butuh
trust kalau trust yang kita kasih nih
kepada pengelola ini enggak dikelola
dengan baik kita pasti akan cari
instrumen lain yang lebih sehat yang
lebih masuk akal dan lebih waras dan
Enggak ngerjain kita itu hal yang
realistis aja permintaan kita enggak
ribet-ribet enggak aneh-aneh kita enggak
suruh Bursa Efek Indonesia telepon Elon
Mas listing dong Tesla di Indonesia kita
enggak nyuruh itu bro kita enggak minta
mereka juga cari perusahaan paling the
next Big Thing yang bakal bikin roket ke
planet Mars atau perusahaan yang bakal
bikin satelit atau bakal ngebor batu
bara dengan biaya efisien super hemat
atau bahkan bisa bikin Ai atau robot
yang bisa bantuin kamu enggak kita
enggak minta mereka cari perusahaan yang
hebat-hebat itu enggak kita cuma minta
mereka betul-betul dievaluasi perusahaan
yang masuk ini bukan perusahaan bodong
gitu doang sangat simpel yang memang dia
masuk ke Bursa effect untuk ngembangin
usahanya memang usahanya dijalankan
dengan benar Butuh tambahan modal Mau
ekspansi bisnis dulu cuman punya 10
cabang sekarang pengin 100 cabang dulu
cuma bisa ekspor ke Jepang sekarang
dengan ada modal bisa beli mesin baru
bisa ekspor ke Korea bisa ekspor ke
Kanada Wor it tapi jangan sampai
perusahaan-perusahannya masuk cuman mau
dapat duit kita terus kabur dia ke
Malaysia atau kabur dia ke Cina dan lain
sebagainya jangan yang begitu so buat
teman-teman gua sangat-sangat suka
dengan pidato srilyani di tahun 2025 ini
yang memberikan kritikan keras Nih gua
yakin ini bentuknya kritikan keras tapi
orang audiensnya malah cengar-cengir
cengar-cengir aja enggak ngerti dia ini
sebuah kode bahwa apa ya bursa effectfek
lu usernya membernya kalah jauh nih sama
crirypto nih enggak menarik nih barang
lu kenapa bisa begitu ya yang kedua Oh
ternyata lu Sering lolosin barang-barang
enggak jelas as simple as that so ini
sebuah kritikan yang menurut gua harus
dianggap sebagai hal yang membangun
supaya makin banyak investor dalam
negeri dan investor luar negeri yang
percaya dan mau menaruh modal mereka ke
Bursa Efek kita ingat ya salah satu
ciri-ciri negara maju itu bisa dilihat
dari seberapa besar market cap
perusahaan yang ada di Bursa Efek yang
mereka punya ya kalau kita lihat ya
burusa kita gini-gini doang enggak
menarik sejujurnya kalau lu bandingin
dengan yang hebat makanya B jangan
bandingin sama ABS Afghanistan ya enggak
ada juga jangan lu bandingin dengan
bursa effectfect Thailand atau Singapura
enggak menarik tapi bandingin dengan
bursa effectf yang ada di Frankfurt di
Jerman Bursa Efek ada yang di London
burs effectek yang ada di negara-negara
maju bukan Kazakhstan dan lain
sebagainya So guys itulah komentar gua
terkait videonya busri Mulyani du hari
yang lalu di pembukaan bursa effectf
2025 ini ya itu masukan dari gua dan
sedikit komentar juga dari gua nah buat
teman-teman gimana kamu ada komentar apa
atau ada masukan apa nih buat
pengelolaan bursa effectfek Indonesia
2025 agar bisa lebih baik lagi
dibandingkan yang sebelumnya ingat ya
kita semua kasih kritik bagus membangun
dan tapi tujuannya bukan buat
menghancurkan bursa effect Indonesia no
tapi sama-sama buat bangun Bursa Efek
kita menjadi lebih sehat lagi dan lebih
bagus lagi Segera tulis masukan kamu di
kolom komentar yang ada di bawah ini Oke
Guys semoga video ini bermanfaat Salam
sehat salam Cuan semoga Jaya terus bursa
saham yang ada di Indonesia bye bye