File TXT tidak ditemukan.
PRABOWO MENANGIS !! | Indonesia Darurat PINJOL Guru Jadi Korbannya !!!
QSxVGCfiiuk • 2024-12-26
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
mengabi kita di sini puluhan tahun gak
pernah seperti ini 10 kepala sekolah
diadapi di sini saya
mengbih Alkisah di sebuah negara yang
dikenal sebagai negara yang kaya raya
rakyatnya ramah sejahtera dan begitu
kayanya gemari Palo jinawi ternyata
memberikan Kisah miris tentang
nasib-nasib pahlawan tanpa tanda jasa
yang mati terkapar untuk memberi makan
anak mereka sendiri inilah sebuah kisah
yang hanya terjadi di negara ant
Berantah yang katanya luar biasa tetapi
eh sangat menyiksa bagi
[Musik]
pahlawan-pahlawannya Halo selamat pagi
guys Kembali lagi bersama benix kita
kali ini akan membahas tentang Salah
satu peristiwa yang sangat tragis dan
sangat naas di Indonesia yaitu pertama
yaitu program cuci otak ya t dulu
namanya pinjol sekarang jadi pindar gua
sih enggak tahu kepanjangannya apa tapi
kayaknya kalau pinjol itu pinjaman
online pindar itu pinjaman daring kali
intinya mau dibikin diperhalus lah
bahasa ini Enggak tahu idenya Brilian
Siapa orang mah capek-capek mikir gitu
ya buat membangun negara ini buat kasih
makan tingkatkan produksi pangan dan
lain sebagainya ini ternyata banyak juga
menteri-menteri yang sibuk berpikir
merubah pinjol jadi pindar gitu enggak
tahu urgeninya apa tetapi ya mungkin ini
salah satu bagian dari program cuci otak
gaya pejabat pejabat di Indonesia anyway
yang gua mau bahas dan sangat penting
adalah yaitu Apa pinjol itu ternyata
Makin ke sini Makin menyengsarakan 25%
lu bayangin seperempat orang yang ikut
pinjol itu ternyata gagal bayar dan
mayoritas orang yang gagal bayar ini
usianya di bawah 35 tahun bahkan ada
yang usianya di bawah 19 tahun so
teman-teman Yang penasaran gimana sih
nasib anak saudara kamu yang terlilit
pinjol itu saudara Adik teman tetangga
yang mungkin udah kamu musuhin dan kamu
delete kontaknya Di WhatsApp kira-kira
ada harapan gak ya mereka itu bisa
kembali menjadi manusia bumi atau hanya
sibuk lubang tutup lubang penasaran
dengan misteri nasib korban pinjol ini
akan jadi seperti apa di tahun 2025
jangankip video
ini
el jadi teman-teman dari 97 perusahaan
pinjol yang ada di Indonesia yang legal
tentunya ternyata cukup banyak loh yang
memiliki kredit bermasalah yang sangat
mengkhawatirkan yaitu 22 perusahaan jadi
22 dari 97 perusahaan itu statusnya
sekarang di atas 5% kreditur mereka itu
gagal bayar artinya apa orang yang
minjam di mereka itu macet kreditnya dan
ini berbahaya enggak sih bagi industri
kita dan kalau teman-teman lihat ya
teman-teman di sekitaran kalian saudara
kamu tetangga kamu makin banyak atau
makin sedikit yang terjebak oleh pinjol
karena faktanya ternyata khususnya untuk
kalangan muda mereka yang paling gampang
dijebak dan tergoda dengan pinjol
mungkin karena banyaknya iklan pinjol di
media massa dan bahkan di media-media
sosial salah satu contohnya yaitu iklan
pinjol yang seperti ini lu udah berapa
lama pakai norap lu sekitar 2 tahunan
kayaknya deh kenapa coba sini
coba
ini gua dapat l r juta Nah lu lihat
iklan yang tadi Semoga harapan gua lu
enggak klik semoga lu enggak pakai
produknya semoga lu tidak download
produknya Kenapa karena ternyata pinjol
pinjal yang lu pakai itu menggunakan
sistem bunga yang sangat mencekik dan
bunganya bunga yang berbunga ya Sekarang
kita hitung-hitungan di kartu kredit aja
kartu kredit itu bunganya sekitar 20
sampai 23%. itu artinya sekali lu beli
saham
udah pasti nih dalam 1 tahun duit lu
bukannya nambah tapi minus minus 23%
Tetapi kalau pinjol itu bunganya
ternyata lebih tragis lagi karena lu
dicas per hari itu bisa sampai
0,3%. yang artinya kalau lu kumulasikan
dalam 1 tahun Bunganya udah jauh lebih
ganas dibandingkan bunga kartu kredit lu
so artinya di sini teman-teman apa
tolong lu ajarin anak-anak kamu ajarin
tetangga kamu ajarin ponakan kamu karena
mayoritas sekarang yang diincar oleh
pemain-pemain pinjol ini adalah
orang-orang yang masih muda yang enggak
ngerti gimana cara mengelola keuangan
mereka nah salah satu hal yang menarik
di sini para teman-teman pelaku industri
fintech peer to peeer landing ya itu
Mereka ternyata tambah optimis dengan
prospek bisnis pinjaman online ini
karena apa karena ternyata orang
Indonesia makin ke sini bukannya makin
takut minjam online tetapi makin
semangat minjam online bahkan satu orang
aja bisa punyaoun sampai 3 4 5 biji
account pinjam online ini karena satu
aja cukup enggak cukup guys kalau bisa
ngutang banyak kenapa ngutang dikit
mungkin itu adalah mindset bagi
orang-orang yang terjebak pinjol ini
berdasarkan data hingga Juli 2024
pengguna pinjol di Indonesia yang
menunggak yang gagal bayar terbanyak
ternyata berasal dari kelompok usia 19
sampai 34 tahun total kredit macet
pinjol terbanyak di 2024 di usia 19
tahun sampai 34 tahun ya itu total ada
hampir 300.000
rekening artinya 300.000 manusia itu
kreditnya macet total utang yang macet
itu mencapai
miliar nah secara total per September
2024 ini utang pinjol masyarakat
Republik Indonesia itu sudah tembus 74
triliun Wow R4 triliun guys jadi bisnis
pinjol ini bukan bisnis yang kecil bukan
bisnis receh ini Bisnis triliunan
makanya lu jangan heran ada makin banyak
investor asing khususnya dari negara
Cina Kamboja dan Vietnam dan sekitar
yang berlomba-lomba masuk ke Indonesia
untuk buka usaha pinjol karena apa
kuenya gede ingat cita-cita orang
Indonesia apa ngutang akhirnya apa
pinjol ini bukannya tambah musnah tambah
sedikit tetapi tambah banyak jumlahnya
jangan sampai itu kejadian ya di
keluarga kamu Makanya Lu harus kasih
mereka edukasi finansial Jangan pernah
terjebak yang namanya pinjol sekalipun
Jangan karena itu racunnya seperti
narkoba bahkan lebih bahaya dibanding
narkoba Kenapa gua bisa bilang begitu
Woi benix data lu mana data membuktikan
teman-teman tahu orang-orang yang
kreditnya macet di pinjol itu kenapa
kenapa mereka sampai kredit macet Kenapa
mereka sampai pinjol Kenapa mereka
ngutang online Apa karena mereka mau
bikin usaha baru mau buka bengkel baru
mau buka restoran atau buat biaya
operasi anaknya atau buat biaya kawin
lagi enggak ini fakta yang membuktikan
bahwa pinjol lebih berbahaya dibanding
narkoba itu adalah data yang kita miliki
data membuktikan penyebab masyarakat
terjerat pinjaman online menurut dat box
itu karena untuk gali lubang tutup
lubang alias untuk membayar utang lain
jadi di sini teman-teman bisa lihat
orang masuk pinjol itu kenapa bisa
berulang-ulang itu ternyata bukan untuk
hal yang produktif Ternyata bukan buat
ternak lele Bro bukan juga buat bayar
biaya sekolah ada enggak ada tetapi itu
enggak signifikan ternyata mayoritas
gunakan itu untuk bayar utangannya nya
di tempat lain mungkin di warung yang
mod dari terus bayar di warte sana terus
bayar pinjol yang lain ujung-ujungnya
apa mereka terjebak di dalam pusaran
utang seperti black hole never ending
dan lu gak bisa kabur dari sana gali
lubang tutup lubang gali
[Musik]
lubang bunganya Tadi gua bilang bahkan
bisa hampir 1% per hari kan ngeri ini
konyol banget orang yang main pinjol
jadi di sini data membuktikan bahwa
orang terjebak pinjol karena apa dia
ambil pinjol itu untuk menutup hutangnya
di tempat lain menutup hutangnya di
pinjol-pinjol lain Sampai kapan pun
orang ini tidak akan pernah lolos dan
tidak akan pernah merdeka dan dia akan
menjadi budak pinjol itu sampai
selama-lamanya ini fakta dan ini artinya
apa ternyata pinjol lebih berbahaya
dibandingkan narkoba narkoba lu masih
bisa berobat rehabilitasi tobat atau lu
berobat gagal mati selesai nah pinjol lu
begitu masuk pinjol yang terjadi apa lu
bakal masuk pinjol lain lagi bro udah
kena pinjol yang lain lagi masuk lagi
pinjol yang lain lagi gitu aja
lingkarannya seperti lingkaran setan
jadi jangan pernah Ya lu jangan pernah
coba-coba kayak narkoba sama seperti
pinjol lu jangan pernah coba-coba ikut
pinjol apalagi bunga-bunganya tragis
untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif
kalaupun lu terpaksa harus hutang
gunakanlah itu untuk hal yang produktif
jadi gak apa-apa banyak pengusaha di
Indonesia pun ngutang tapi untuk hal
yang produktif Tetapi kalau lu pakai
hutang buat hal konsum itu udah kiamat
lah yang paling parah lagi apa ngutang
buat tutup hutang yang lain itu sedih
banget sampai sama-lamanya dia tidak
pernah lolos dari utang itu Nah di sini
gua mau bahas tentang dari sisi
perusahaan ya mungkin dari
kemarin-kemarin gua udah bahas dari sisi
user-nya pinjol tapi sekarang guau bahas
dari sisi perusahaan Kenapa sih banyak
perusahaan fintech karena banyak
teman-teman dari fintech juga yang nanya
sama gua Konsultasi sama gua Kenapa sih
perusahaan mereka itu sangat dalam
kondisi yang berbahaya apalagi banyak
dari mereka sudah dapat surat cinta dari
OJK karena apa karena twp 90 mereka itu
di atas 5% artinya apa kredit yang
dianggap macet itu enggak tertagih ya
itu jumlahnya sudah sampai di atas 5%
nah mereka dapat surat cinta dari OJK so
Kenapa banyak
penyelenggara-penyelenggara fintech ini
yang terjebak kredit macet nah ini ada
tiga alasan penting nih guys dan ini
harus dilakukan Ya apalagi kalau
penonton gua banyakan pengusaha juga dan
banyak orang startup juga yang paling
penting di Indonesia kalau mau
pinjualnya bisa jadi sehat itu
sebetulnya sistem crredit scoringnya
harus dibenerin tetapi sayangnya
mekanisme yang di Indonesia itu tidak
memungkinkan untuk lakukan itu berbeda
dengan di Amerika lu dari lahir pun
sudah ada credit scoring di sana artinya
kemampuan Lu buat ngutang itu sudah
terukur ngutangnya berapa bakal lunas
dalam berapa lama dan itu sudah terjadi
di sana tapi kalau di Indonesia enggak
kenapa Ya gampang aja L orang yang punya
NPWP aja belum semua makhluk hidup di
Indonesia punya NPWP Jadi dari situ aja
udah enggak bisa teridentifikasi terus
yang kedua sho ekonomi di Indonesia itu
banyak banget orang-orang yang melakukan
kegiatan ekonomi duitnya pun bisa jadi
banyak tapi mereka enggak bayar pajak
tapi mereka tidak terdeteksi kemampuan
crredit scoring-nya Seperti apa jadi
credit scoring ini adalah kemampuan
sistem untuk melakukan analisis seberapa
dalam seorang manusia memiliki kemampuan
bayar atau kemampuan berhutang itulah
credit scoring dan ini hanya bisa
terjadi kalau orang ini sudah
terintegrasi dengan sistem keuangan
contohnya dia sudah punya rekening bank
dia punya udah punya NPWP dan lain
sebagainya tapi di Indonesia banyak
bahkan orang yang belum punya NPWP
bahkan yang enggak punya KTP pun byak
byak di Indonesia Contohnya apa ya Gua
pernah kasih contoh tukang somai ada
tukang somai omznya bisa sampai 600 juta
sebulan bayar pajak kagak bahasa
Indonesia aja enggak bisa gimana Dia mau
bisa bayar pajak tapi 600 juta sebulan
setahun bisa tiga kali umrah tukang
somai di Tanjung Barat ini Nah dari sini
teman-teman bisa lihat eh Berarti kita
gak bisa lihat ngukur credit scoringnya
Kenapa karena tukang somai itu kalau
pergi ke bank mau ngutang udah pasti
enggak dikasih dianggap dia tidak layak
penampilannya lusuh jelek bisnisnya juga
cuma pinggir jalan punya tetapi ternyata
omsennya ratusan juta enggak terukur
sama bank akibatnya bank bisa tidak
mendapat kesempatan untuk berbisnis
dengan tukang Soma yang sebetulnya
bisnisnya bagus begitu pun sebaliknya
orang-orang yang gak punya credit
scoring ini mereka juga bisa
mengeksploitasi sistem Oh gua gak
kedetect nih Gua sebenarnya utang gua
udah banyak ada di mana-mana Dia
kemudian Apa utang di tempat a di tempat
B di tempat C di tempat D karena engak
ada integrasinya ini nah ini berbahaya
jadi buat teman-teman pelaku pinjol atau
pusaha pinjol atau Pegadaian dan lain
sebagainya Itu betul-betul udah harus
melakukan Partnership atau membeli
sistem credit scoring yang jelas makin
sekarang udah makin banyak nih
orang-orang yang bikin metode credit
scoring sendiri jadi ketika lu mau
ngutang itu langsung sudah diukur lu
baiknya bisa ngutang atau enggak karena
apa beberapa sistem itu bahkan udah bisa
ambil data dari duk capapil bahkan bisa
ambil data dari perbankan dan itu sudah
bisa terintegrasi nah nah masalahnya
masih banyak pinjol-pinjol di Indonesia
yang enggak mau keluar duit modal buat
belanja credit scoring ini padahal
menurut gua itu sangat layak Kenapa
karena masih banyak orang di Indonesia
sebetulnya yang masih layak untuk
dapatin kredit dibandingkan
scammer-scammer itu yang hobinya ngibul
atau hobinya enggak bayar pinjol ingat
ya gua enggak membela pinjol tapi gua
enggak setuju dengan orang yang ngutang
tapi enggak bayar dan berkali-kali di
tempat lain itu Ma namanya Bandit itu
enggak benar ya tapi Pak dia ngasih
bunganya gede 1% sehari bunganya bisa
berbunga tapi kan lu salah lu lu ngutang
di situ lu udah tahu terus lu sengaja
bikin lu jadi alasan lu buat Enggak
bayar ya Salahlah dengan lu pakai
software-ya dengan lu download
aplikasinya itu menandakan lu udah
setuju dengan arthuran itu kalau
kemudian hari lu bilang lu enggak mau
bayar karena menurut lu bungannya
mencekik yang salah siapa lu apa
pinjolnya Coba pikir yang kedua itu
sangat sedikit yang menggunakan asuransi
kredit kenapa kalau seandainya gagal
bayar ada asuransi si yang tutup makanya
gua sangat senang karena waktu itu
sempat ada salah satu pinjol peer to
peer landing mau Ipu gua senang Kenapa
karena mereka kerja sama dengan
perusahaan asuransi kalau ada kreditur
Dia kemudian bermasalah sehingga enggak
bisa bayar utangnya dicover sama
asuransi bukan pinjolnya yang
menggap-megap kalau seandainya utangnya
enggak dibayar Karena ada kreditnya
diasuransikan Jadi kalau ada gagal bayar
asuransi yang nombokin menurut gua itu
sangat fair dan udah jangan banyak juga
Tapi sayangnya sekali lagi di Indonesia
banyak pinjol ni banget nih enggak mau
keluar modal Padahal dia tinggal tanda
tangan bayar premi sama perusahaan
asuransi terus dicover menurut gua OJK
itu harusnya mewajibkan itu contoh gini
kalau lu beli mobil mayoritas orang
Indonesia beli mobil atau kendaraan
bermotor itu pakai KKB kredit kendaraan
bermotor ketika lu belanja itu kendaraan
lu pakai leasing perusahaan financing
fintech ya kayak pinjol fintech ketika
lu kredit pasti lu dapat asuransi Siapa
tahu nih kreditnya belum lunas motornya
diambil alien ke planet Mars Iya kan
minimal ada asuransi yang nutupin
kerugian itu atau motornya dimaling atau
motornya rusak masuk jurang dan lain
sebagainya lah Nah kenapa enggak hal
yang sama kita berlakukan di dunia
pinjol jadi ketika ada orang yang gagal
bayar ada asuransi yang siap untuk masuk
dan cover itu harusnya diwajibkan Dan
ini juga bisa mengakibatkan ya terjadi
merge nih sistem antara sistem asuransi
dengan sistem pinjol sistem perbankan
yang sampai sekarang masih belum terjadi
apa nih penggabungan antara data-data
itu semua masih main sendiri-sendiri
akibatnya datanya sangat fragmented Jadi
orang kalau ada nipu di asuransi A besok
nipu di asuransi B besok nipu di
asuransi C enggak kedetect karena
semuanya sok beragu nih Nah menurut gua
sekarang ya OJK harusnya bisalah aomin
itu semua jadi satu payung supaya
datanya saling kebuka satu sama lain
Jadi orang kalau mau frou pun jadi
ketahuan jadi perusahaan asuransi pun PD
untuk kasih kredit gagal bayar di pinjol
yang menurut gua sangat signifikan
karena ingat ya industri ini ternyata
bukannya tambah menyusut at tapi tambah
berkembang dan itu adalah realita
Artinya kita harus beradaptasi dengan
itu dan asuransi kredit ini ya buat yang
gagal bayar ini bisa juga dipakai sama
pinjolnya platform pinjolnya atau
bowernya sendiri jadi orang yang mau
kredit itu juga bisa diwajibin Eh lu
punya asuransi gagal bayar enggak jadi
ini berlaku dua arah nih buat yang
ngutang sama buat yang ngasih utang
sama-sama terlindungi dan ini akan
memaksa ya industri untuk saling
berkolaborasi terh teradap data yang
mereka miliki nah yang ketiga Kenapa
banyak terjadi gagal bayar menurut gua
juga salah satunya karena belum adanya
eh pendatabase-an ya terkait sektor yang
layak untuk didapatkan kredit dari
pinjol ingat ya kredit pinjol itu cuman
dua nih mayoritas kredit konsumtif sama
kredit produktif produktif ini apa
biasanya untuk invoicing atau buat
ternak lele buat usaha dan lain
sebagainya l lalu yang konsumtif
konsumtif ini buat gaya hidup beli
iPhone baru beli laptop baru atau dan
lain sebagainya nah di Indonesia itu
masih mayoritas pinjol-pinjol ini
nafsunya itu masuk ke sektor konsumtif
dan kemudian akibatnya apa ya orang
gontaganti iPhone setiap bulan Ya tentu
saja pasti ada kegangguan di bagian
otaknya yang berhubungan dengan
manajemen keuangan dia enggak masuk akal
di situ teman-teman harusnya ya
teman-teman di dunia pinjol ini juga
udah mulai mengantisipasi ketika
kemudian ada orang yang sama mengajukan
kredit konsumtif dipinj yang
berbeda-beda harusnya itu mentrigger
alarm nih Eh kenapa ada orang yang a mis
a tiba-tiba melakukan proposal kredit
pinjol buat beli HP di pinjol a pinjol b
juga sama pinjol C juga sama pinjol D
buat sama ini bukan hal yang bagus
sebetulnya dan ini harusnya mentrigger
ya buat perusahaan-perusahaan pinjol
untuk melakukan database terhadap
perilaku ya jadi behavior borrowernya
orang yang ngutang itu Seperti apa Nah
behavior analytic itu di Indonesia masih
kurang Kenapa karena ya jurusan
psikologis di Indonesia juga sangat
sedikit yang mengkoneksikan antara
kebutuhan bisnis industri dengan ya
realitanya Fakultas Psikologi ngomongin
apa mereka harusnya mereka sudah mulai
berbicara soal pinjol ini untuk
mengidentifikasi mana perilaku-perilaku
yang layak untuk di-funding oleh pinjol
mana perilaku-perilaku yang tidak layak
untuk difanding dengan pinjol itu semua
analitik yang bisa dipakai untuk
mengembangkan bisnis pinjol ini supaya
jadi lebih sehat Kenapa karena kalau
seandainya semuanya pada cololaps
bangkrut ingat ya ini nilai bisnisnya
nih bentar lagi mencapai 100 triliun ya
itu akan banyak ekonomi yang terganggu
sih Dan guajjur makin ke sini ya
walaupun kenyataannya pinjal makin lama
makin gede tapi sayangnya ternyata OJK
sendiri itu sangat mendorong supaya
pembiayaan UMKM itu dilakukan dengan
pinjol menurut gua ini sangat
disayangkan ini beritanya ada lu lihat
sendiri di layar kacamu OJK mendorong
pembiayaan UMKM yang seh dan produktif
lewat pinjol ya kalau menurut gua
faktanya Justru pinjol itu bunganya
terlalu tinggi Kenapa kemudian OJK
institusi negara itu merekomendasikan
pakai pinjol apalagi masih banyak pinjol
itu yang ilegal kenapa enggak OJK nih
sebagai regulator justru memudahkan UMKM
untuk pinjam kredit di bank yang
bunganya 12% setahun ada yang 8% setahun
kok enggak masuk akal malah disuruh
kepinjol kan aneh ini mah menggiring
domba untuk disate rame-rame kan
aneh good news guys kalauol sambenix
season 6 kembali lagi untuk pertama
kalinya di tahun 2025 kita akan membuka
sekolah sambix khusus untuk pemula guys
karena di sini kamu akan belajar metode
untuk menentukan harga S Mahal atau
tidak valuasi yang wajar dan bagaimana
sih cara membaca laporan keuangan nih
khusus buat kamu yang pemula nah buat
teman-teman segera daftar karena khusus
untuk di Season ini kita akan kupas
tuntas tentang momentum investing di
bidang mobil listrik
kenapa ya karena teman-teman sudah tahu
ya ternyata insentif mobil listrik akan
diperpanjang sampai tahun depan dan
pastinya bakal menguntungkan banyak
perusahaan yang terkait nah buat
teman-teman Yang penasaran dan pengin
belajar Gimana sih caranya investasi
saham khusus pemula yuk segera daftar
sekolah sahampix season 6 di bulan
Februari 2025 itu ada 8 pertemuan total
2 bulan kita akan ketemu seminggu sekali
dan khusus buat teman-teman yang daftar
di bulan ini sampai 30 Desember 2024 ada
promo 30% ya khusus untuk 30 orang
pertama yang mendaftar sampai 30
Desember 2024 akhir bulan ini kamu dapat
diskon ekstra
30% dan akibatnya apa ya
perilaku-perilaku yang aneh seperti ini
itu akhirnya jadi kebaabasan dan
mengakibatkan di Indonesia fenomena
pinjol itu sangat unik profesi alias
pekerjaan orang-orang di Indonesia yang
paling banyak menjadi korban pinjol
ternyata peringkat S 42% korban pinjol
itu adalah guru
lu bayangin guru kan harusnya
rasionalnya lebih Jalan otaknya lebih
ada tetapi ternyata mereka paling banyak
menjadi korban pinjol 42% korban pinjol
adalah guru diikuti yang kedua apa
korban PHK 21% logis menurut gua korban
PHK masih masuk akalah tapi kan guru
punya pekerjaan bisa sampai kena pjal
juga Berarti ada yang salah nih Yang
ketiga kalangan ibu rumah tangga 17% di
bawahnya ada karyawan
9% pedagang 4% sisanya pelajar lalu
sisanya ada tukang pangkas rambut ojek
online masing-masing itu sekitar 2 dan
1% di sini dikatakan faktor utamanya
mereka menjadi korban pinjol karena
rendahnya literasi keuangan demi
memenuhi kebutuhan gaya hidup karena
pinjol memberikan kemudahan pinjol itu
cepat cairnya sehingga tidak diteliti
lagi profil resikonya si peminjam ini
tapi ya sudahlah kita berada pada
situasi di sekarang ini yang sangat
mendesak kenapa karena tulang punggung
pendidikan otak intelektual rakyat
Indonesia kan ada di guru ya mayoritas
itu kan mengandalkan guru untuk mendidik
anak-anaknya mereka dan ternyata ya
mayoritas guru di Indonesia itu ternyata
menjadi korban pinjol Apa karena duitnya
enggak cukup atau karena mereka tidak
punya kecerdasan keuangan yang tidak
diajarkan ya memang sih gua sangat
jarang ketemu guru yang bisa mengerti
pemberbedaan antara liabilitas dan
ekuitas engak banyak dan enggak ada
bahkan Sampai detik ini pun gua masih
ketemu orang yang menganggap kalau
mereka beli mobil mereka anggap itu aset
tidak itu liability masih banyak orang
yang enggak bisa membedakan itu semua
kalau lu beli tanah lu beli emas
nilainya akan terus terus menerus naik
itu aset itu investasi yang benar tapi
ternyata ya masih banyak kalangan guru
khususnya yang Bahkan enggak tahu apa
yang dia beli itu adalah barang
konsumtif bukan investasi Lu kira beli
iPhone Pro Max 16 itu investasi enggak
kenapa enggak kenapa enggak tahu tapi
itu realitanya akibatnya apa akibatnya
presiden Indonesia menangis jadi berita
mencatat fakta mencatat sejarah mencatat
Prabowo menangis dan tangisannya ini
pecah saat dia mengumumkan kenaikan gaji
guru
belum yang saudara-saudara
perlukan tapi ini adalah
[Tepuk tangan]
ini
adalah upaya
kami dan ini akan kami upayakan
Terus kenapa harus naik mungkin buat
bayar
pinjol jadi sedih lagi nih Duit negara
Kan duit rakyat ya pajak duit lu dan gua
nih bayar pajak buat gaji guru gaji guru
dinaikin untuk memperkaya perusahaan
pinjol nah menurut teman-teman gimana
jadinya gua ada pertanyaan simpel aja
cuman dua pertama lu Setuju enggak
dengan pernyataan OJK Apakah betul
pinjol dapat menjadi solusi untuk
perkembangan UMKM dalam negeri Indonesia
lu setuju enggak dengan argumentasi itu
yang menurut gua Pro banget dengan
industri pinjol mungkin ada benarnya
atau tidak menurut kamu gimana Setuju
enggak kalian dengan pandangan OJK
supaya teman-teman UMKM pengusaha ini
digiring kalau maeminjam kredit kepinjol
aja lu Setuju enggak dengan itu atau
berbahaya sekali pernyataan itu yang
kedua dengan banyaknya data yang
mengatakan bahwa masyarakat kita banyak
yang terjerat pinjol Apa betul Di Antara
teman-teman Kalian atau keluarga kalian
banyak yang terjerat pinjol ini kalau
banyak apa sih ya alasan mereka bisa
terjerat pinjol Ini berikan jawabanmu di
kolom komentar di bawah ini berdasarkan
realitanya di lapangan kenalan kalian
yang jadi korban pinjol itu kok bisa
mereka jadi korban pinjol apakah karena
korban gaya hidup atau memang karena
memang betul-betul perlu sih mereka
sehingga mereka pergi pinjol mungkin
karena memang udah 3 hari enggak makan
terus ikut pinjol itu kan memang
kebutuhan hidup untuk hidup mereka
pinjol itu tapi beda kalau seandainya
mereka ikut pinjol karena pengin ganti
helm baru atau pengin ganti sepatu baru
itu udah hal yang beda tuh Coba kasih
pandangan kalian di bawah ini dari
kenyataan yang kalian diangan mayoritas
orang yang terjerat pinjol itu karena
apa sih Apa karena Buat nyumbang asuhan
ya yuk ditunggu ya pandangan kalian
semoga video ini bermanfaat Salam sehat
salaman by
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:06:55 UTC
Categories
Manage