Transcript
FUxwAzdgtT8 • VIETNAM Ketakutan !! MENTERI AMRAN SIAP MONOPOLI HARGA SAWIT DUNIA ?? #AMA59
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0290_FUxwAzdgtT8.txt
Kind: captions
Language: id
Halo selamat pagi guys kembali lagi ke
serial ask me anything yang ke kita udah
kumpulin nih banyak
pertanyaan-pertanyaan kamu yang ada di
YouTube dan ada di instagram resmi
benix.icial Thank you buat teman-teman
yang udah kasih pertanyaan yang
keren-keren dan bagus-bagus So Langsung
aja kita cek pertanyaan-pertanyaan kamu
yang bagus-bagus itu Let's Check This
Out
[Musik]
pertanyaan pertama dari Jaka witaya 2195
Om Ben mau tanya batuara dan CPO kita
yang punya kenapa Harga ditentukan oleh
negara lain tidak Bisakah kita yang
tentukan tarifnya ibarat harga motor
mobil HP orang luar negeri yang tentukan
harganya Kenapa batuara nikel CPO tidak
bisa kita yang tentukan harganya Makasih
Bang oke pertanyaan kamu bagus tapi ini
bukti bahwa memang masih banyak orang
Indonesia yang kemakan narasi-narasi
yang menyesatkan di luar sana bahwa ya
salah satunya contohnya lu bilang bahwa
harga batu bara Indonesia yang ekspor
kok dunia yang tentukan enggak juga Jadi
buat teman-teman yang belum tahu ya ini
channel investasi ya Jadi kita bahas
berdasarkan data dan fakta yang ada nah
dunia realnya dunia nyatanya di
Indonesia kita punya indeks sendiri yang
namanya index callold price jadi
Indonesia cold price index orang
biasanya suka bilangnya Ich jadi ketika
lu tanda tahan kontrak lu jual batu Bara
ke India lu jual batu bara ke Zimbabwe
lu jual batu bara ke Kazakhstan itu akan
ditanya pakai indeksnya mana memang ada
banyak orang bisa Tentukan harganya
sendiri tetapi di Indonesia yang berlaku
pada umumnya adalah Ich Indonesia call
price index itu fob-nya di Kalimantan
kamu lihat di layar kaca kamu Ich itu
pun harganya variatif tergantung Berapa
banyak Berapa tinggi kandungan kalori
dari batbanya atau orang suka bilang
garnya itu Gar berapa Nah Berdasarkan
data di Hari ini detik ini harga
misalnya kita cek di sini ada I 1
harganya 1217 do per ton i 2
2 per ton Ich 3 72 dan Ich 4 51 karena
garnya 4.200 jadi yang paling mahal Ich
1 tuh Gar 6.500 artinya Apa artinya ya
pertama Indonesia sudah punya indeks
harga batuara sendiri yang kedua
harganya pun variatif tergantung lu
punya batuara kalorinya berapa yang
paling rendah sih ada i5 ya i5 itu
garnya itu sekitar 3.000-an Nah makanya
kalau teman-teman lihat banyak
orang-orang pemain biomassa di Indonesia
itu komplain karena ketika mereka jual
itu ke pabrik semen atau pabrik lokal
biomassa yang mereka proses dengan
sangat susah menjadi pelet hanya
dihargai seharga 40 dolar atau bahkan 30
dolar per tonnya menjadi tidak menarik
karena biomassa dengan kalori rendah
walaupun cuma 3.000 r.000 tapi kan itu
energi hijau bisa diperbarui dengan
menanam pohon lagi Makanya mereka lebih
suka ekspor ke Korea atau ke Jepang Nah
ini mangus ya ide-ide di luar sana yang
menyatakan bahwa Indonesia itu dijajah
Padahal kita yang punya Coal kita yang
punya batuara kalau kita enggak bisa set
up price sendiri enggak faktanya memang
kita punya indeks sendiri Kita bisa set
up harganya sendiri itu fakta enggak
usah dibantah lagi kalau ada yang bilang
sebaliknya itu hox nah ketika lu
bertransaksi dengan negara-negara lain
berhak enggak mereka nawar berhak enggak
Mereka bilang boleh enggak harganya
jangan 3.000 2.900 saja kita pakai
indeks Newcastle lah indeks apalah
segala macam SS aja karena realitanya
ini kan hukum penawaran dan permintaan
ya Kalau seandainya Memang barang kita
di gudang lagi melempah stock pile kita
melimpah kita jual lebih rendah
dibanding harga I boleh atau tidak ya
boleh-boleh aja ssja intinya kan kembali
ke kesepakatan orang yang penting lu
bayar pajaknya ya lu bayar ba ekspornya
dan lain sebagainya Itu aja memang dunia
nyatanya Enggak semua orang pun pakai
harga yang ada di I dunia nyatanya
biasanya orang ya bisa pakai harga di
bawah I atau kalau dia butuh banget
bahkan harganya bisa di atas I gua udah
lihat beberapa kontrak yang ke luar
negeri itu bisa sampai 10% di atas I
kembali lagi tergantung ke kualitas
barang lu Mungkin memang garnya 6.500
harusnya masuk I 1 127 dolar per ton
tapi ternyata kandungan sulfurnya
kandungan s-nya itu jauh lebih kecil
dibanding standar yang ada sehingga dia
bisa minta harga lebih mahal mungkin
enggak ya sangat mungkin jadi kalau
dibilang Indonesia tidak punya indeks
sendiri Coal itu tidak betul nah yang
kedua gua mau bilang gini namanya market
itu ada hukum permintaan ada hukum
supply and demand di sana Jadi enggak
bisa serta-merta juga harga indeks punya
kita orang wajib beli di harga itu
enggak karena ternyata di dunia nyata
Indonesia ini bukan negara satu-satunya
yang mampu mengirimkan batu bara bukan
satu-satunya negara yang mengontrol
batuara faktanya ada negara lain di luar
sana yang juga bisa mengekspor batu bara
bahkan lebih besar dari Indonesia contoh
di layar kaca kamu udah gua kasih lihat
datanya ya Indonesia itu cuman bisa
ekspor setara 34 miliar Dolar Australia
itu hampir dua kalinya kita dia di 64
miliar dolar yang beda tipis sama
Indonesia itu ada Rusia di 30 bilun
dolar Maksudnya apa yang gua mau bilang
kalau Indonesia terlalu belagu pakai
harga sendiri Tentukan sendiri sehingga
kemudian harga kita jauh di harga market
internasional apa yang terjadi ya orang
tinggal switching aja dia pesan batuara
bisa dari Kanada Amerika Mongol
Australia ma ada begitu banyak negara di
dunia ini yang bisa memproduksi batuara
bukan cuman Indonesia jadi Indonesia
tidak punya Hak monopoli untuk
menentukan satu-satunya ekspor di harga
berapa jadi bahkan ketika Ich disusun
pun mereka menentukan harga Ich hari ini
atau besok itu mereka harus
mempertimbangkan dan harus ngelihat
harga di Bursa lain juga harga di market
lain juga kenapa ya karena Indonesia
bukan satu-satunya pemain tunggal di
sana Nah dari angka ini lu bisa lihat ya
ternyata nilai ekspor batu bara
Indonesia cuma 34 miliar dolar ini gua
bilang supaya lu jangan tersesat
narasi-narasi menyesatkan contohnya
Indonesia negara gemaripar R jinawi kita
punya sawit Kita punya batu bara
unlimited kok negara kita miskin banget
lihat tuh kenapa kita enggak bisa kayak
Arab Saudi bisa menggunakan sumber daya
alamnya mensejahterakan rakyetnya beda
guys Lu lihat sendiri batu bara kita itu
harganya sangat murah ya dan proses
menggalinya tidak gampang muda orang
nyedot minyak enggak Wu Bara kita ada
overburdennya ada biaya transportnya dan
lain sebagainya dan nilai valuasinya lu
bayangin 1 ton cuman diharganya berapa
tadi ada yang 100$ dolar ada yang do
sangat-sangat murah nah lu bandingin
dengan Arab Saudi kita cuma bisa nilai
kita cuma bisa ekspor batuara senilai 34
miliar dolar Terus lu bandingin dengan
Arab Saudi yang ekspor minyak mentahnya
aja setara 200 miliar dolar bahkan lebih
artinya dari sini lu udah bisa bilang
bahwa eh ternyata memang Indonesia ini
tidak kaya banget tidak gemari paulor
jinawi enggak batuara kita CPO kita itu
barang
remehteh itu cuma bahan baku Enggak
penting orang pun enggak makan minyak
goreng sawit Kita enggak mati mereka
masih banyak minyak pengganti minyak
sawit di negaranya masing-masing masih
sangat banyak artinya apa kalau dibilang
negara kita gagal mengelola sumber daya
alamnya gagal mensejahterakan enggak
juga kalau lu bandingin sama Saudi
Arabia Arab Saudi itu dapat 200 miliar
dolar setiap tahunnya kita dari batuara
tuh cuma dapat 30 dolar karena barang
kita ya murah Jadi kalau dibilang
Indonesia kaya raya Harusnya bisa
Sejahtera enggak enggak cukup dan rakyat
kita jumlahnya jauh lebih banyak
dibanding rakyatnya Saudi Arabia jadi
enggak bakal sampai kapanp ya kalau kita
luter makan rayuan-rayuan setan itu dari
lu SD SMP dibilang Indonesia ini kaya
raya enggak enggak juga Australia lebih
kaya tuh penghasilan dia dari batubara
hampir dua kali lipat kita jadi banyak
banget Negara yang jauh lebih kaya dari
kita lu jangan terlena lu jangan jadi
manja seolah-olah lu berharap negara ini
bisa mengurus lu kayak Arab Saudi enggak
Arab Saudi duitnya memang banyak 200
billion dolar berkali-kali lipat dari
nilai ekspor batuara kita jauh jadi
jangan Bermimpilah negara ini bisa
mensubsidi gaya hidup lu itu enggak Lu
harus kerja keras Lu harus berjuang Lu
harus berinovasi supaya bisa apa ya
turut bersumbangsi lah kepada kemajuan
negara kita yang terakhir lu Bicara soal
indeks harga formm oil ya atau minyak
sawit ya itu betul Pak pada saat ini
kita memang belum punya indeks kita
sendiri K seperti batu barang yang ada I
tetapi teman-teman sudah lihat ya berita
di Vietnam di Thailand segala macam
semuanya orang pada Geger karena apa
Menteri Pertanian Indonesia sih Amran
itu ternyata udah mulai membuat rencana
di tahun 2025 Indonesia bakal bisa
menentukan harga minyak sawitnya sendiri
dan lihat nih berita yang ada di layar
kaca kamu itu bukan dari Kompas bukan
dari detik tetapi dari koran Vietnam
yang mereka sudah mulai was-mas melihat
kekuatan Indonesia di bidang pertanian
Indonesia akan menjadi negara yang
diperhitungkan nih di bidang pertanian
di tahun 2025 jadi memang untuk CPO
memang Indonesia masih ada PR supaya
kita enggak ngebebek ke Malaysia again
ya eksportir produsen sawit terbesar di
dunia itu ya Indonesia sama Malaysia
jadi Indonesia lagi-lagi bukan pemain
tunggal di tetapi ya kita bisa kok sama
seperti batubara kita bukan pemain
tunggal tapi kita bisa bikin indeks
sendiri Dan harapannya seperti yang kamu
bilang kita sudah bisa miliki itu di
tahun 2025 indeks Sawit Indonesia
sendiri yang udah pasti ketika itu
dibikin disusun ditentukan harganya
tetap tengok kanan kiri Berapa sih harga
sawit di Malaysia Berapa sih harga sawit
di India dan lain sebagainya jadi tetap
kita enggak bisa buta bumi ini datar
saling terkoneksi satu sama yang lain
dan tetap ya Indonesia walaupun kita
memproduksi minyak sawit kayak apa juga
kita enggak bisa menentukan seenak jidat
kita karena biasanya kalau lu pakai
logika yang lebih mungkin menentukan
harga itu pembeli atau
penjual coba lu pikir sendiri tidak
selalu l penjual pemilik barang itu bisa
bebas menentukan harganya apalagi ketika
ada banyak
substitusinya tadi gua bilang batu bara
kita bukan pemain tunggal minyak sawit
Kita bukan pemain tunggal ada banyak
negara lain yang bisa bikin dan
memproduksi barang kualitas rendah sama
seperti kita ituang basicak ada value
editnya jadi semua negaraisa
apa yang kita lakukan so pikir lagi
kalau bilang bahwa Indonesia bisa
menjadi pemain tunggal ngeset hargaenak
jidad enggak kita belum Berada di posisi
yang seperti itu semoga Cukup jelas guys
tapi bukan artinya ya gak ada harapan
tetap masih ada harapan bahwa Indonesia
bisa punya bursa indeks harga cpo-nya
sendiri itu bisa meningkatkan daya tawar
kita walaupun at the end of the day yang
akan menentukan ya negara pembeli kalau
harga kita kemahalan dia tinggal
switching aja ke Malaysia gampang k
harga minyak sawit Indonesia kemahalan
atau ekspor Sawit Indonesia di kerannya
ditutup mereka tinggal switching semudah
itu
kok next Pertanyaan selanjutnya dari
arifzizi 84 28 Bang Ben Umur saya kan 30
tahun punya anak satu masih sekolah TK
tapi saya investasi usaha koskosan punya
tiga tempat ada 30 kamar keannya untuk
anak dan masa tua saya itu Apakah salah
dalam mengambil an tidak jawabannya sama
sekali tidak kalau lu investasi properti
khususnya properti yang produktif
seperti kos-kosan ini jawabannya
investasi lu menurut gua sangat tepat
ingat ya lu investasi dalam bentuk aset
itu ada tiga jenis nih aset yang
produktif aset yang tidak produktif dan
terakhir aset ngarep nah make sure lu
itu investasi di aset yang produktif
contoh lu investasi tanah-tanahnya diam
aja itu namanya asetnya tidak produktif
lu investasi emas Iya nilain naik enggak
tiap tahun Iya tapi produktif enggak
bisa beranak enggak emasnya itu enggak
itu investasi jenis aset yang tidak
produktif Tetapi kalau lu investasi
tanah tanahnya kemudian lu bangun Vila
atau lu bikin perkebunan atau lu sewakan
dia berubah menjadi aset yang produktif
dan investasi yang paling ideal adalah
investasi ke aset yang produktif seperti
kamu kos-kosan dia bisa generate cash
flow bisa menggenerate income pada sa
yang sama nilai propertinya juga akan
makin naik sepanjang tahun jadi lu dapat
capital gain lu juga dapat dividen
ibaratnya dari penghasilan kos-kosan itu
dan untungnya di Indonesia pajak untuk
kos-kosan itu termasuk murah
dibandingkan kalau misalkan lu taruh
deposito bisa sampai 20% tuh pajaknya
jadi menurut gua ini keputusan yang
sangat bijak kalau lu investasi di
bidang kos-kosan bisa buat anak cucu dan
bisa buat dirimu sendiri nanti di hari
tua karena bisa dapat apa capital gain
dari sana sendiri so again congrats buat
teman-teman yang investasi di bidang
properti tapi produktif jangan lu
investasi di properti tidak produktif
seperti apartemen makanya banyak invest
yang beli apartemen boncos dan rugi apa
yang terjadi udah disewainnya sulit over
supply di mana-mana mau capital gain
juga enggak bisa karena harganya
bukannya tambah naik tetapi tambah turun
so buat teman-teman yang berhasil sukses
investasi di properti dan produktif
seperti kos-kosan ini Pak Arif ya
Congrats menurut gua lu membuat
keputusan yang luar biasa hebat keren
next pertanyaan dari Randi Santika Kapan
SSB ada lagi pak Ben pengin ikutan biar
tidak terjerumus genjutsu
Bandar good news guys kalauol sambenix
season 6 kembali lagi untuk pertama
kalinya di tahun 2025 kita akan membuka
sekolah samb benix khusus untuk pemula
guys karena di sini kamu akan belajar
metode untuk menentukan harga S Mahal
atau tidak valuasi yang wajar dan
bagaimana sih cara membaca laporan
keuangan nih khusus buat kamu yang
pemula nah buat teman-teman segera
daftar karena khusus untuk di Season ini
kita akan kupas tuntas tentang momentum
investing di bidang mobil list
kenapa ya karena teman-teman sudah tahu
ya ternyata insentif mobil listrik akan
diperpanjang sampai tahun depan dan
pastinya bakal menguntungkan banyak
perusahaan yang terkait nah buat
teman-teman Yang penasaran dan pengin
belajar Gimana sih caranya investasi
saham khusus pemula yuk segera daftar
sekolah sahamix season 6 di bulan
Februari 2025 itu ada 8 pertemuan total
2 bulan kita akan ketemu seminggu sekali
dan khusus buat teman-teman yang daftar
di bulan ini sampai 30 Desember 2024 ada
promo 30% ya khusus untuk 3 orang
pertama yang mendaftar sampai 30
Desember 2024 akhir bulan ini kamu dapat
diskon ekstra
30%. Pertanyaan selanjutnya dari
ef.dra.305 mau tanya pendapat Om benik
sol Sam adro Dong yang katanya mau Green
energy Iya kalau menurut gua ini udah
pernah gua bahas sih di acara big jadi
benic investor group gathering udah dari
berbulan-bulan lalu gua bilang ini
menurut gua hal yang baik Spin off dari
sebuah perusahaan batu barat terkemuka
di Indonesia menurut gua ini kabar baik
gua again ya gua bukan investor batu
barat tapi gua sangat yakin ya anak
perusahaannya yang baru itu pun
perusahaan yang bagus jadi I think this
is a good news buat teman-teman yang
hobinya investasi di saham batubara
seperti Adaro apalagi ya masa depan
adalah tentang Green semuanya mau go
green even Shell yang jualan minyak yang
jualan pom bensin itu itu juga
cita-citanya go green Makanya kalau lu
isi oli ganti oli sekarang ada produknya
Shell itu yang Zero carbon jadi carbon
neutral product dan lain sebagainya
bahkan maksud gua adalah perusahaan yang
paling kotor perusahaan oil and gas pun
cita-citanya gog Green so gua sangat
bullis dengan perekonomian hijau buat
Adaro energi ya good news lah buat
kalian Akhirnya bisa mengejar
ketertinggalannya dibanding
perusahaan-perusahaan lain yang udah
lebih dulu go green next Pertanyaan
selanjutnya dari nuras Brothers 04 Om
tolong bahas ekonomi Rusia yang rubelnya
jatuh tapi masih kuat ekonominya Oke
jadi banyak negara itu khususnya negara
barat ya bilang rubel bakal hancur Rusia
bakal cololabs segala macam Tapi satu
yang gua mau bilang ketika mereka
mengukur perekonomian Rusia dari
kacamata dolar seolah-olah negara ini
makin lemah makin miskin Iya karena
dihitung pakai standarnya dolar sama
kayak Indonesia dihitungnya pakai
standarnya dolar bakal kelihatan susah
gitu loh Kayaknya enggak berkembang nih
perekonomian kita dan lain sebagainya
Tapi kan satu hal yang nyata kalau kita
ngomongnya pakai rubel orang di Rusia
itu tetap pakai rubel ketika pemerintah
beli senjata di Rusia beli rudal bikin
tank dan segala macam itu pakai mata
uang apa rubel mereka enggak pakai mata
uang Dolar jadi mau dolarnya naik atau
mau dolarnya turun perekonomian mereka
di dalam negeri mereka itu saling
bertransaksi sudah menggunakan rubel
sendiri tetapi ketika diukur pakai
kacamata barat ya seolah-olah negara ini
buruk busuk dan bakal colaps hanya
karena seolah-olah mata uangnya Terus
melemah dibandingkan dolar tetapi mereka
kan enggak belanja gorengan di pinggir
jalan beli roti di pinggir jalan pakai
dolar enggak mereka kan belanja itu ya
pakai rubel dan sepanjang negaranya bisa
Survive tanpa dolar Amerika selama
negaranya juga bisa mandiri enggak
mengandarkan impor dari negara lain
karena mereka harus impor negara lain
pakai mata uang Dolar Amerika Serikat ya
mereka masih akan Survive makanya akan
sangat aneh sekali kalau banyak orang
bule di barat analisis di barat itu
selalu bilang Rusia bakal bangkrut Rusia
bakal bangkrut orang dari Ukraina
Ukraina dapat dolar terus bisa belanja
senjata dan lain sebagainya Rusia bakal
kalah dan bakal cololaps faktanya
menurut gua enggak karena negara Mereka
pun ada enggak ada dolar yang mau enggak
mau mereka tetap Survive menggunakan
mata uang rubelnya sendiri jadi Jangan
berpikir bahwa ekonomi Rusia akan
cololaps menggunakan tolak ukur barat
beda sangat berbeda dengan Indonesia
yang memang hobinya impor pakai dolar
next Pertanyaan selanjutnya dari Rendy
do Apakah window dracing nyata jadi
sekali lagi lagi guys ketika lu
transaksi ketika lu investasi saham
banyak orang loh ini momentumnya inilah
momentumnya in window dressing lah Atau
segala macam dividen e udahlah itu cuman
lucu-lucuan aja itu cuma distraction di
market itu Enggak penting at the end of
the day lu beli sebuah saham itu karena
perusahaannya bagus jadi yang lu lihat
itu adalah Apakah perusahaannya bagus
Apakah dia mempunyai competitive
advantage yang bagus Apakah dia bisa
menaklukkan kompetitornya Apakah dia
bisa efisien Apakah dia bisa mengurangi
biaya-biayanya Apakah GCG
direksi-direksinya ini tidak hobi korup
itu yang lebih penting dibandingkan Oh
ini lagi window dracing Oh ini lagi itu
gak penting menurut gua itu cuma
momentum trickle-tckle itu cuma
distraction gak pentinglah again lu
investasi di sebuah bisnis B every stock
dari company yang lu harus lakukan
adalah Lu harus cek bisnisnya bagus gak
perusahaannya bagus enggak percuma orang
mau ngomong soal window dressing apa
segala macam pabriknya kebakaran engak
ada gunanya fundamentalnya hilangnya
hilang gak ada gak ada gunanya lu
ngomongin soal window Dring atau enggak
jadi itu sampah menurut gua gak itu cuma
penting buat lu tradertrader lah skala
swing trader trader harian ya buat
investor itu Enggak penting next
Pertanyaan selanjutnya dari liswi ND
Winanto Apakah kerusuhan di Georgia dan
Korea Selatan akan mempengaruhi ekonomi
dunia Kalau menurut saya enggak karena
itu cuma akan terjadi dalam waktu yang
sangat singkat enggak akan berlarutlarut
dan yang kedua dampak negara mereka
terhadap perekonomian dunia juga enggak
penting-penting banget karena ya produk
yang mereka hasilkan pun enggak
unik-unik banget misalkan Korea Selatan
Apa sih produk mereka yang paling Lu
kenal maybe elektronic maybe handphone
mungkin laptop atau AC yang ada begitu
banyak substitusi mereknya dari Cina
pabriknya dari Cina di Indonesia pun
bertaburan ya kita enggak akan mati
kalau seandainya Korea Selatan hilang
dari permukaan bumi ini enggak juga
kalau seandainya Georgia pun hilang
enggak ada juga yang buat kita penting
nyawa kita itu ada di Cina that's it
kalau lu main CPO kalau lu main Coal lu
ekspor nyawa lu ada di Cina nyawa lu ada
di India that's it itu yang paling
penting buat kita jadi kalau negara Cina
perekonomiannya turun masalah enggak
masalah buat Indonesia artinya
pabrik-pabrik di Cina banyak yang tutup
kapasitas produksinya berkurang artinya
pembelanjaan batuaranya tidak akan
sebanyak sebelumnya itu jauh lebih
penting tapi kalau Korea cololaps Apa
akibatnya akibatnya lu gak bisa
joget-joget apaaca apaaca ya udah that's
it banyak orang lain yang bisa
joget-joget kayak begitu pamer banyak
jadi enggak penting-penting amat gak ada
masalah buat
yang paling syok mungkin ya kep poppers
k poppers itu mereka harus siap-siap
menjadi Mongolia poppers atau Korut
poppers mereka harus siap-siap menyembar
Jim Pyongyang di Korea Utara gitu
siap-siap aja akan lahir Kim Jong un
poppers kalau seandainya Korea Selatan
hilang dari muka bumi tapi buat
Indonesia secara umum itu enggak ada
masalah It's Not a big deal buat
Indonesia next pertanyaan terakhir dari
Nava Ar 19 izin tanya dong pandangan Om
Ben bagaimana prospek bisnis kopi dan
kakao 30 tahun lagi Oh pertanyaan lu
sangat bagus kalau menurut gua pribadi
orang yang mengkonsumsi kopi itu
terus-menerus jumlahnya makin banyak
karena dia menciptakan adiksi baru ya
orang tidak merokok itu jumlahnya juga
makin banyak jadi ketika orang perlu
untuk apa ya waktu santainya zaman dulu
kan ngerokok tapi sekarang orang sadar
kesehatan dibanding mereka ngerokok
Mereka minum kopi sama-sama bikin
adiktif sama-sama bikin rasa happy
sama-sama mengeluarkan endorfin Tetapi
lebih sehat karena lu enggak menghirup
asap so kalau ditanya prospeknya gimana
Menurut gua kopi dan coklat atau kako
itu akan makin booming teman-teman lihat
sendiri harga kopi 10 tahun lalu sama
detik ini udah naik berkali-kali lipat
apalagi harga coklat naiknya udah ribuan
persen dibandingkan 10 tahun lalu Jadi
kalau ditanya prospeknya gimana Gua
sangat yakin harganya pasti akan terus
naik dalam 30 tahun ke depan apalagi
ingat ada yang namanya global warming
setiap hari ada ribuan hektar lahan
coklat yang terkenal dari Ghana dari eh
Ivory Coast Pantai Gading yang mati
kenapa karena blight karena kepanasan
karena draout itu nyata Jadi mereka mati
kalau kekeringan terlalu parah kemarin
ada Elnino Terus sekarang ada Lanina
yang bakal bikin basa parah itu juga
bakal jamur muncul di mana-mana makanya
bakal makin banyak pohon cokelat yang
mati di negara-negara Afrika akan makin
banyak pohon kopi juga yang mati jadi
kalau ditanya Apakah itu peluang bisnis
yang menguntungkan menurut gua sangat
menguntungkan makanya tahun depan tahun
2025 kita akan buka ya mungkin sekitar
seribuan hektar lah lahan cokelat di
Indonesia yang betul-betul berorientasi
ekspor sustainable dan organik jadi
kualitas bagus kebetulan kita sudah ada
offtakernya dari Jepang So that's a good
news buat teman-teman yang mulai mau
menanam coklat Oh bisa sekali kita mulai
kerja sama dan kamu juga bisa tanam dari
sekarang Gua yakin lu pasti untung lah
hari ini aja Harganya udah Rp130.000 per
kilo kan kalau kita ngomong 10 tahun
lalu bahkan r30.000 juga susah sekarang
ah Rp130.000 So it's a good news lah
buat teman-teman yang punya Kebon coklat
and Kebon Kopi jangan menyerah jangan
mudah tertipu kayak petani karet yang
dari kemarin hobinya nebangin pohon
karet Eh sekarang harganya naik tinggi
kapok deh lu jadi buat teman-teman ya
gua sangat menunggu loh karena Sampai
detik ini belum ada perusahaan di yg
yang qualified yang valid Yang bon Fit
yang terpercaya yang bergerak di bidang
coklat dan kopi sangat disayangkan Ya
but Ya we have a good hope kita punya
harapan karena udah mulai banyak
toko-toko kopi di level retail yang
menurut gua bagus-bagus kayak kopi tuku
rasanya enak banget kopi kenangan ada di
mana-mana ada janji jiwa dan lain
sebagainya dan kita sudah menguasai
hilirnya kita sudah berhasil mengalahkan
Starbucks and kopi-kopi dari negara
barat dengan kopi lokal kita sendiri dan
hulunya Nih kita tinggal tunggu hulunya
Semoga kita bisa jadi raja di dunia ini
di bidang cokelat dan kopi sangat
mungkin karena gagal panen di mana-mana
di Afrika jadi Semangat terus ya buat
petani cokelat Indonesia dan petani kopi
Indonesia You can do it PD aja lagi
tanam aja lagi and By the way thank you
banget buat teman-teman yang sudahudah
ngasih pertanyaan yang keren-keren and
bagus-bagus semoga terjawab ya
pertanyaan kamu and congrats buat
teman-teman yang udah ngambil keputusan
investasi yang tepat buat kalian yang
belum dijawab pertanyaannya Ha jangan
takut jangan khawatir Langsung tulis
saja pertanyaan kamu di kolom komentar
di bawah ini atau bisa ke Instagramnya
benix di
dan tulis pertanyaan kamu di sana semoga
video ini bermanfaat Salam sehat salam
Cuan Bye by
[Musik]