Kind: captions Language: id [Musik] Halo selamat pagi guys Kembali lagi bersama benix di serial ask me anything yang ke-57 thank you banget nih buat pertanyaan-pertanyaan kalian yang luar biasa oke banget and keren-keren bahkan pertanyaannya Ya bisa dibilang out of the box so teman-teman thank you buat pertanyaannya sekarang langsung aja tanpa kita tunggu lebih lama lagi jangan diskip videonya Let's Check This Out ke seral lama yang [Musik] ke57 pertanyaan pertama dari Johan Hendrik 3073 Pak ini saya serius bertanya nih saya investasi SDM menyekolahkan anak saya sebesar 50% dari pendapatan saya Bagaimana pendapat Bapak Terima kasih Oke ini pertanyaannya bagus banget Jadi maksudnya Ya pendapatan kamu 50% habis untuk anak kamu ini investasi lahir ke atas kenapa gua bilang ini bagus karena ya gua lihat sendiri banyak di keluarga gua pribadi dan orang-orang yang gua kenal khususnya ya gua lihat kalau terutama ya orang batak ya Orang batak itu senang banget investasi di sekolahnya Bahkan dia akan lakukan segala cara supaya anaknya tambah pintar dapat sekolah yang bagus ya dapat minum susu mereka rela kerja banting tulang mau jadi supir angkot kek atau jualan MLM kek atau jualan batik kek supaya anaknya bisa minum susu bahkan ibunya sendiri rela tidak makan tidak makan siang tidak makan malam demi supaya dia bisa beli susu yang berkualitas tinggi untuk anaknya itu segitunya orang Batak soal pendidikan dan gua setuju enggak dengan itu gua setuju karena gua salah satu contohnya jadi ee gua bukan lahir dari keluarga yang kaya raya konglomerat enggak bahkan bisa dibilang ya Ee awal-awal ketika gua masih SD aja itu cukup struggling Kenapa karena ya penghasilan orang tua gua sendiri itu Enggak seberapa karena sempat dalam beberapa fase dalam hidup kita itu gua itu hidup sebagai vegetarian Gua aja baru tahu belakangan tahunya dari kakak gua Ben dulu itu kita sempat jadi vegetarian tahu pas masih SD atau apa karena duitnya harus disisihkan untuk beli susu dan nyokap gua juga termasuk salah seorang yang enggak makan daging selama berapa tahun karena duitnya dia mau simpan untuk beli susu jadi itu investasi buat dia buat anaknya dia supaya anaknya bisa sekolah di sekolah swasta yang paling bagus yang namanya sekolah swasta kan mahal ya beda sama Sekolah Negeri jadi itu investasi yang dilakukan dan itu gua lihat banyak juga orang lakukan hal yang sama Mereka bertahan hidup supaya ya bisa kasih pendidikan yang berkualitas untuk anaknya Jadi kalau ditanya gua setuju atau enggak menurut gua investasi leher ke atas investasi pendidikan ya ituu hal yang sangat-sangat baik kenapa karena ya dari orang-orang yang gua lihat ya kenalan gua ee Ada yang orang tuanya sedemikian hardcore tambal ban gua masih ingat tambalban anaknya sekarang jadi duta besar di salah satu negara di Eropa dia itu anak tukang tambal ban dan gua kenal fakta ada lagi yang jadi kerja sekarang udah di Kementerian mungkin UD eslon 2 eslon 2 atau eson 1 sama juga karena orang tuanya investasi di pendidikan orang tuanya investasi di leher ke atas nah banyak orang-orang konsumtif ya di Indonesia ini yang penting asal gaya ganti mobil baru handphone baru beli baju baru tiap tahun Enggak orang-orang ini enggak lakukan itu bahkan gua ketika gua SD ya kan sangat hemat ya gua itu pakai baju bekas dari kakak gua terus adik gua nanti pakai baju bekas dari gua begitu seterusnya mulai dari baju celana seragam sekolah topi tas buku makanya gua sebel banget kalau ganti-ganti kurikulum kurikulum 94 kurikulum 96 kurikulum 9 itu artinya Lu harus beli buku baru kita enggak ada duit dulu bro makanya walaupun udah ganti kurikulum buku gua engak pernah ganti kurikulum karena ya susah sulit gitu loh sepatu aja pinjam-pinjaman jadi itu yang kenyataan yang kita lalui Supaya apa ya supaya tetap bisa dapat sekolah yang bagus bisa dapat minum susu yang bagus supaya otaknya berkembang dengan baik gitu loh jadi ya harus berkorban nah Banyak orang enggak lakukan itu karena gua lihat banyak orang yang habisnya duit buat tadi gonta ganti mobil gonta ganti kendaraan bahkan ada seseorang tetangga gua zaman dulu punya mobil sampai enam mulai dari Day hatsuf zaman dulu kan udah hebat dia punya punya dayf punya eh Pajero yang zaman dulu banget terus di era itu orang masih pakai Panter l cruuser juga masih jadul tapi dia ah punya sampai enam mobil gitu loh sekarang apa yang terjadi dengan orang itu dengan anak-anaknya orus ya enggak jadi apa-apa ada yang jadi anaknya dua cewek ya satu kerja di tempat biliar ya satu jadi pelakor gitu loh Itu tangga dan itu true story Jadi kenapa begitu ya karena ya orang tuanya mengajarkan bahwa bahkan mungkin enggak mengajarkan bahwa ya hidup itu bukan seperti apa yang terjadi selama ini dia Mungkin pas masih muda eh sangat cantik Bupati mana pun enggak ada yang enggak tergoda dengan keindahan wajahnya atau tubuhnya dia gampang cari duit dia kasih tu ke anak-anaknya kemudahan itu anak-anaknya jadi manja jadi lembek enggak bisa bikin apa-apa enggak jadi apa-apa tapi beda dengan orang-orang yang gua lihat memang investasi serius ya sama anaknya dia Didik anaknya dia luangkan waktu untuk anaknya dia berusaha kasih yang terbaik buat anaknya dan dia korbankan dirinya sendiri bahkan rela enggak makan gua lihat banyak orang-orang Batak ya yang Walaupun profesinya mungkin Maaf ya kayak tukang gojek tukang tambalban dan la sebagainya tapi mereka berhasil memperbaiki hidupnya di keturunan kedua atau keturunan ketiga karena dia tahu investasi terbaik adalah investasi layar ke atas Makanya jangan kaget di era-era 60-an 70-an banyak guru profesi guru itu adalah orang Batak bak banyak orang Batak jadi kepala sekolah banyak orang Batak bergerak di bidang pendidikan karena ya mereka sadar itu begitu penting termasuk ya nyokap gua rela lakukan apa saja asal anaknya tidak sekolah di negeri Nah kalau lu bilang Lu mau taruh 50% sampai atset lu ke sana Apakah itu yang baik gua bilang itu baik karena investasi otak investasi layar ke atas itu salah satu investasi yang bagus karena kalau lu beli emas emas lu bisa hilang dicuri orang lama-lama juga bisa hangus berkarat lu taruh beli duit taruh di bantal juga bakal hilang lu beli tanah apa jaminannya enggak longsor enggak hilang kena meteor itu semua masih ada posibilitas lah tapi kalau lu investasi layar ke atas siapa yang bisa curi dia akan stay dengan lu dia akan stay dengan anak lu lu investasi lu didik anak lu sebaik mungkin itu akan Stay di sana enggak ada yang bisa copy paste itu enggak ada yang bisa curi dari anak lu investasinya bahkan akan terus bertambah dan bertambah bertambah Seiring berjalannya waktu anak kamu tambah pintar tanah berpengetahuan ya syukur-syukur ya bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau bisa menghasilkan ya karya-karya yang lebih baik jadi itu hal yang sangat baik dan gua sangat dukung nah satu hal yang gua mau sedikit kasih masukan ada beberapa orang yang sampai berlebihan ini gu juga gua kasih contoh di orang Batak yang sedemikian pengin anaknya sukses sampai dia hancur-hancuran ngutang sana sini supaya anaknya bisa sekolah SD di sekolah internasional yang uang sekolahnya R r00 juta setahun menurut gua itu tidak bijak Kenapa gue tanya Karena pas gua dia bilang ya karena gua pengin anak gua dapat dapat Network yang baik koneksi yang baik guru yang baik segala macam Oke tapi apakah r00 juta 300 juta Apakah itu hal yang baik Iya kalau lu punya duit sampai 30 miliar sampai 100 miliar itu nothing tapi kalau di lu mepet lu sampai harus ngutang buat bayar uang sekolah anak lu demi bayar uang sekolah rp00 juta setahun di sekolah internasional itu menurut gua itu enggak bijak Kenapa karena kalau Lu cuma masalah soal cari koneksi atau cari pengetahuan dengan uang sebanyak itu akan jauh lebih bijak dengan uang lu yang terbatas itu Ya udah dia sekolahnya di sekolah yang Okelah yang enggak usah terlalu internasional kelas atas super premium enggak yang biasa-biasa aja L tapi yang penting cukup baik lebih baik nanti investasinya lu taruh ketika dia udah kuliah masukinlah dia s1-nya di luar negeri udah pasti standar internasional bukan lu Iya sekolah internasional tu sekolahnya di mana di Jakarta ya Sama aja ala-ala internasional Maksud lu so kalau uang lu terbatas dan lu mepet enggak bijak juga lu ngutang sama kayak orang itu kenalan gua sampai bayar Rp300 juta r00 juta buat sekolahin anaknya barsi SD tapi kalau lu Punya duitnya ya enggak apa-apa tapi lebih bagus lagi duit r00 juta lu pakai buat sekolahin dia S1 di Amerika S1 di Belanda S1 di Inggris That's Ok atau s2 kenapa Karena di sana dia juga mature ada beberapa orang Lakukan kesalahan ya anaknya masih SMP SMA dikirim keluar negeri jadi gila kena narkoba l salah pergaulan lah karena dia masih syok Mas masih labil masih ABG idealnya umur berapa ya Menurut gua idealnya ya dia ambil S1 paling hebat lagi S2 karena S1 juga masih banyak alay-alai zaman sekarang gen kan tolol-tolol semua alay masuk ke sana S1 di luar gak jadi apa-apa jadi tempe bacem gua lihat semua bego S2 dia udah mature S1 Biarin aja di lokal masukin Universitas lokal yang bagus nanti S2 dia udah mature dia masuk ke sana ke luar negeri ya dia jauh lebih siap dalam bersikap dalam sosialisasi dalam ya berhubunganlah dengan koleganya di sana itu yang gua lihat dan rasakan nah Hopefully itu bisa jadi pelajaran buat lu juga Ketika nanti lu mau investasi ke pendidikan anak lu kenapa menurut gua investasi di SD sampai duit keluar miliaran atau ratusan juta itu sayang karena SD Bro lu mau SD di Liverpool Lu mau sd-nya di Kebon Jeruk namanya SD lu belajar 2 * 2 = 4 SD lu di Afghanistan juga 2 * 2 = 4 enggak 2 * 2 ama 2 ribu kan enggak ilmunya sama apa yang mau dia pelajarin di situ sama rugi loh basically the same Jadi kalau lu bilang ya supaya anak gua tambah pintar gua masukin di SD di internasional harganya r00 juta enggak ada bedanya mau smpnya R miliar jug Enggak ada bedanya tapi kalau lu Bicara soal pendidikan tinggi lu ambil S1 di luar negeri gua setuju S2 di luar negeri gua sangat setuju kenapa ya beda kualitasnya dengan di dalam negeri beda sangat beda beda kualitasnya beda networknya beda opportunity-nya jadi gua sangat-sangat mendukung kalau lu investasi untuk pendidikan tinggi tapi kalau lu investasi biaya tinggi untuk pendidikan SD SMP percuma menurut gua Kenapa karena Sampai detik ini gua udah pernah kerja di begitu banyak perusahaan lokal dan luar negeri enggak ada yang pernah nanya Ben nilai rapot lu pas SD berapa enggak ada bro Ben lu pas SMP ranking berapa Enggak ada enggak penting jadi alangkah tololnya menurut gua apalagi orang yang sampai ngutang buat sekolahinnya di SD internasional ujung-ujungnya internasionalnya di mana di Jakarta internasional di man di band itu bukan internasional BR itu lokal tarikan Kampung namanya itu sekolah lokal karena lu masih di Jakarta ada gunanya enggak ya maybe sat du But that's it sepanjang umur gua hidup gak ada orang peran B lu kelas 3 di mana kelas 4 SD Sekolah di mana nilainya berapa gak penting ya jangan lu terjebak itu semua enggak kalau lu mau bikin the right investment for your Child kalau apalagi kalau dia lu terbatas lakukan itu untuk pendidikan S2 dia tapi kalau lu ada sedikit berkelebihan masukin itu buat s1-nya tapi kalau lebih dari itu menurut gua Oh itu ekpensif lah enggak worth it enggak worth it kecuali memang lu sangat-sangat berkelimpahan ya Enggak apa-apa sasah aja lu mau bayar R miliar uang sekolah kelas 5 SD juga enggak ada masalah tapi B most the people I think they don't have that kind of money So I think jauh lebih bagus lu investasi untuk pendidikan tingginya Terus SD SMP sma-nya Sekolah jelek aja ya enggak tetap sekolah yang proper lah sekolah yang masuk akal juga bukan yang hobinya tawuran sana sini enggak tetap yang proper tapi enggak usah berlebihan sampai uang sekolahnya ratusan juta bahkan miliaran setahun cuma buat sekolah SD SMP SMA enggak enggakak enggak begitu enggak ada ceritanya Belanda jadi lebih kaya daripada Indonesia karena sd-nya bayar 2 miliar enggak ada gua engak pernah lihat sampai detik ini ada orang SD dulu gue lama di Belanda SD enggak ada orang bayar SD sampai 2 miliar ya SD sampai 300 juta setahun enggak ada tapi hasilnya apa orang-orang yang pintar tuh Jadi janganlah lu lakukan hal-hal yang menurut gua berlebihan So that's a very good question Thank you sudah tanya Thank you for asking so buat gua sangat penting buat investasi di bidang pendidikan gua sudah lihat begitu banyak sukses Story dari orang-orang yang investasi di pendidikan anaknya tadi ya ada yang jadi duta besar ada yang sekarang di Kementerian sampai eslon 1 eslon 2 yang sekarang jadi pejabat-pejabat direktur di perusahaan-perusahaan luar negeri dan perusahaan dalam negeri karena apa karena orang tuanya berani berinvestasi untuk masa depan Anaknya ya Hopefully ya di hari tuanya ya mereka digantilah ya diurus oleh orang anaknya sendiri ya Enggak banyak sih Gua rasa sih Enggak semua orang tua juga dan mayoritas orang tu juga enggak berharap Kok kembali tapi dia pasti sudah senang lihat anaknya hidup lebih baik daripada dia jadi it's a very good and Sound investment If you can do it just do it invest In Your child education daripada duitnya beli iPhone mahal-mahal iPhone 16 buat anak lu gak kepakai gak ngerti dia Bocil beliin dia Sony PlayStation 5 si baju baru sepatu baru itu semua sampah nothing enggak berguna kasih dia investasi layir ke atas gua sangat setuju so Pertanyaan bagus tuh keren next Pertanyaan selanjutnya dari yogi Om Ben Bagaimanakah posisi ekonomi Indonesia Apabila dolar benar-benar jatuh nantinya ya kalau nilai dolar itu betul-betul jatuh itu kabar baik buat Indonesia Kenapa pertama Indonesia itu ngutang bayarnya bukan pakai bulu ketek bukan pakai cendol bukan pakai Rupiah Indonesia ngutang ke negara-negara Eropa ke negara-negara barat Ke negara Amerika Serikat Bayarnya pakai dolar Nah kalau sekarang 1lar r.000 tiba-tiba 1 dolar turun jadi 1000 perak Indonesia Happy enggak ya pasti Happy karena dia bayar hutangnya jadi jauh lebih murah Jadi lu bayangin kalau dulu 1 dolar seharga satu bungkus mikwetio tiba-tiba Lu harus bayar hutang lu di mana 1 dolar setara satu permen Kopiko dari Mayora lu Happy Enggak pasti lu sangat happy karena hutang lu jadi jauh lebih offordble bunganya jadi lebih kecil karena bunganya jadi juga dalam dolar Ath so kalau ditanya Apakah dolar melemah itu kabar baik Iya itu kabar baik jelas kita negara yang hobinya ngutang Nah yang kedua Selain hobi ngutang ingat ya negara Indonesia hobi impor kita hobi impor impor mobil impor handphone impor laptop impor baju impor tas jangankan impor laptop makanan aja lu impor tuh tempe tahu daging itu lu semua impor barang ih susu aja kemarin kita bilang hampir 90% susu kita itu impor jadi kita impor pakai apa bayarnya bukan pakai rupe kita bukan pakai rubel bukan pakai Dinar kita impor barang pakai US Dollar sekali lagi gua kasih tahu hal yang sama-sama lu kalau dolar makin murah Artinya kita impor itu makin murah jadi harga barang-barang impor favorit lu daging favorit lu susu favorit lu jadi makin murah logis enggak Lu Happy enggak ya Lu pasti happy dong nah yang paling tragis adalah Indonesia hobi banget impor barang untuk dibakar gila memang gila orang Indonesia ini impor apa impor minyak nilainya ribuan triliun dia bawa dari Timur Tengah sampai Indonesia dibakar kan goblok tapi itu yang terjadi di Indonesia hobinya Apa bakar duit Nah kalau seandainya hobi itu kita lanjutkan sampai 100 tahun ke depan sudahah pastilah negara Indonesia tambah miskin ya tapi kalau nilai dolar makin lama makin melemah ya artinya apa ya kita beli minyak jadi makin murah pertanyaannya Apakah itu ak akan terjadi atau tidak eh will see but all in all Apakah kita diuntungkan kita sangat diuntungkan karena ingat kita negara yang hobinya ngutang ngutangnya pakai dolar dan yang kedua kita hobinya impor impornya juga pakai dolar jadi sangat simpel buat bilang bahwa Indonesia sangat diuntungkan kalau seandainya ya nilai dolar itu terus melemah tapi ada ruginya enggak ada ketika kita ekspor lu jangan lupa ya mata pencaharian rakyat Indonesia secara bangsa penghasilan kita dari mana sih negara ini ya dari pajak lu udah jelas e selain dari dulu bayar pajak dari mana dari ekspor kita punya ekspor loh Ekspor kita paling besar apa bukan handphone bukan sepatu Ekspor kita paling besar adalah minyak sawit dan yang kedua batu bara oke nah ketika lu ekspor minyak sawit dan batu bara penghasilannya dicatat dalam US Dollar juga artinya kalau US Dollar makin sedikit penghasilan negara dari sana Baa hasil ekspor itu itu juga makin berkurang penghasilan pengusaha-pengusaha sawit di Indonesia pengusaha barang tambang mineral di Indonesia juga berkurang jadi selalu ada untung dan ruginya ketika mata uang itu menguat ataupun melemah semoga Cukup jelas next Halo guys benix investor Summit 2024 akan kembali datang nih guys sekarang acaranya diadakan di Bali di Sofitel di tanggal 30 November dan 1 Desember jadi 2 hari berturut-turut hari Sabtu dan Minggu di akhir bulan November nah buat teman-teman segera daftar karena apa kita memberikan diskon 30% sampai dengan 3 November ini jadi buat teman-teman yang daftar sebelum tanggal 3 November kamu bisa dapat diskon 30% ada ekstra disoun l up to 50% untuk member Big dan alumni SSB dan bis sebelumnya so inilah yang akan kita bahas di benix investor Summit 2024 dengan fokus membahas dan mengkaji ya sektor-sektor yang mempotensial dan berhubungan dengan programnya Pak Probowo ada satu lagi bonus berhubungan dengan ekonomi hijau nilainya juga enggak main-main karena Indonesia di belakang layar sudah menerima duit triliunan dari institusi Bank Dunia institusi ASEAN Development Bank dan institusi-institusi financial internasional lainnya dan ini akan membawa ya begitu banyak investmen yang berhubungan dengan energi hijau so buat teman-teman tunggu apa lagi yuk segera daftar di benx investor Summit 2024 Sampai ketemu di sana ingat ya pesertanya dibatasi hanya 50 orang saja dan ini ya testimoni dari peserta bis yang tahuntahun lalu Pak benik ini ada view baru buat saya untuk melihat suatu saham itu seperti apa Nah dari itu saya berminat sekali untuk menjadi real investor yang selama ini kadang-kadang investor kecelakaan you know kan nyangkut saya jadi tahu Kenapa saya harus ngikutin Seminar ini karena kalau dari YouTube eh dia hanya sebenggal-senggal tapi kalau ngikutin ini kita lebih dalam lagi kita ee tahu saham apa yang kita pck eh setelah gue ikut eh benic Summit 2023 gua puas banget apalagi di sesi terakhir itu detail banget penjelasannya dari segi laporan keuangan alasannya momentumnya semua ada clear jadi buat teman-teman yang belum ikut gua sarahin ikut si next time sih karena ini benar-benar membantu banget buat teman-teman multibagger Oke selama di sini mendapatkan banyak pencerahan biasanya saya dimainin sama ya Insyaallah Habis ini saya mainin saham I kan bedanya sama YouTube e di sini kita bisa dengan bebas tanya Pak benik Pak Beni tanpa mungkin ada halangan ada sensor ya jauh lebih enaklah daripada di YouTube kita juga nulis komen belum tentu dibalas iya kan Ya itu untuk perasaan saya sendiri mengikuti e Seminar ini saya sangat puas semoga seminar ini diadakan mungkin setahun empat kali saya juga rela so buruan segera daftarkan dirimu di nomor yang di bawah ini sampai ketemu di Bali Pertanyaan selanjutnya dari Alvian Hida Bang bahas dong seberapa kuat sih Yuan daripada dolar Apakah Yuan akan menjadi the next Global currency Oke pertanyaanmu menarik nih seberapa kuat Yuan dibanding Amerika Serikat kalau dari secara nilai Ya udah pasti lebih kuat US Dollar lah ke mana-mana tapi jangan salah beda beda negara beda strategi beda negara beda cara main Indonesia Senang banget kalau Dolar itu melemah ingat ya Indonesia negara hobi impor hobinya dibodoh-bodohin negara lain Indonesia hobinya ngutangngutangnya pun pakai dolar Cina itu beda dengan Indonesia Cina itu lebih senang dolar itu menguat Ian itu melemah Kenapa karena Cina tidak hobi impor Cina hobinya ekspor Nah kalau sebuah negara punya hobi ekspor dia pasti senang kalau seandainya mata uangnya melemah Kenapa jadi kalau mata uangnya Iwan China itu semakin melemah artinya barang-barang Cina itu semakin murah untuk dibeli oleh rakyat Jerman semakin murah untuk dibeli oleh rakyat di Kanada rakyat di Amerika Serikat makanya Cina itu melakukan segala cara untuk merekayasa mata uangnya supaya terus melemah dan tetap lemah apalagi terhadap US Dollar Makanya teman-teman jangan kaget kalau lu ke Amerika lu pergi ke indomaretnya di Amerika itu ada Costco ada Walmart lu lihat Lur tutup mata ambil barang situ isinya apa barang-barang made in China sebegitunya Cina itu sangat ngeri kalau mata uangnya menguat Jadi kalau ditanya Apakah Cina itu mata uangnya lebih kuat dari Amerika gimana caranya biar dia bisa menang segala macam enggak salah Cina senangnya mata uang dia lemah karena dia senangnya ekspor Indonesia senangnya impor makanya kita dicuci otak sama media bahwa Oh rupiah menguat itu kabar baik Oh rupiah itu menguat kabar baik biar lu tetap jadi budak hobinya beli barang impor bikin seolah-olah itu hal yang baik Kalau rupiah menguat padahal Artinya kita gagal membangun bisnis berorientasi ekspor atau bisnis Manufacturing dan lain sebagainya itu bukti bahwa ya Ya itu salah satu set story lah dari sebuah negara yang namanya Indonesia Nah sekarang gimana strateginya kalau seandainya Yuan pengin menguatkan pengaruhnya ya bukan nilai tukar Iwan itu di dunia ini dia harus mendistribusikan Iwan ke negara-negara lain maka Maksudnya apa Pak jadi gini Amerika Serikat kalau ngasih ngutang ke negara lain kan pakai dolar nah dia berharap ketika dia ngutangin Ukraina misalkan 1u triliun dolar Apa yang dilakukan oleh Ukraina dia bisa beli senjata dia beli banganan dia beli hutang apa yang terjadi dengan Ukraina kemudian ya negaranya makin bagus makin kuat mungkin profitnya tambah tinggi perusahaan-perusahaan di sana mereka jadi kebanjiran US Dollar pertanyaannya terus us dollarnya mau dipakai buat apa apa bisa di US Dollar di ukraine buat beli ketoprak di pinggir J [Tepuk tangan] enggak ada apa bisa lu di Indonesia beli mikwatia bayar uang Dolar enggak mau orang terima lu pergi ke S City bayar pakai dolar orang enggak mau terima so itu pulan yang terjadi di Ukraina di Afrika Selatan di Jerman Terus kalau gitu Buat apa kita terima dolar sebanyak ini Ya udah kita tabung aja tabungnya di mana Di bank Amerika Serikat tabungnya di mana di wall street di perusahaan goldman sex di Mary lynch di GP Morgan akibatnya apa nilai aset di Amerika Serikat terus-menerus naik Bursa efek di Amerika Serikat terusmenerus naik terus apa lagi orang beli apa lagi ke Cina tuh banyak banget tuh terima dolar kan beli apa Duitnya beli properti di Amerika Serikat makanya nilai aset di Amerika Serikat terus menerus naik so itu strategi Amerika Serikat dengan dia mendistribusikan masif dolar ini peredaran jadi banyak k narkoba ya mau enggak mau mereka jadi terus-menerus bergantung kepada dolar Amerika Serik karena Cina kurang 100 dalam melakukan itu seharusnya dia harus push itu lebih banyak lagi nah mereka sudah bikin banyak Project sebenarnya untuk mendistribusikan Yuan ke negara-negara lain caranya apa dia bikin Project obor yang kemarin one belt One Road ya sekarang jadi Apa inisiatif e Beijing lah buat apa mereka membangun Afrika mereka membangun timur tengah mereka ngasih jembatan mereka ngasih airport segala macam Biar apa Biar Yan ngalir ke sana akibatnya apa makin banyak orang yang memakai Yuan Jadi mereka Jadi semakin kuat enggak secara nilai tukar bukan itu gold dia gold dia adalah Market Share Market Share Yuan di pasar global itu makin banyak dengan market share-nya makin luas makin banyak penggunanya maka pengaruh Cina itu makin besar targetnya Apa hegemon jadi pemain besar beda sama perusahaan ya negara itu pemain terbesar lebih besar dari perusahaan harus punya mindset mau menjadi hegemoni caranya gimana menguasai Market Share terbanyak Jadi kalau ditanya eh Cina lebih bagus mata uangnya kecil atau tinggi lebih bagus rendah dan terus melemah yang kedua dia harus bisa distribusikan itu secara masif dengan metode yang scalable Which is ya kamu akan lihat akan makin banyak proek-proek infrastruktur dari Cina untuk Indonesia untuk Vietnam untuk Thailand dan segala macam itu sebagian cara dari dia untuk mendistribusikan Yuan ke negara-negara berkembang untuk melawan hegemoni US Dollar semoga Cukup jelas Oke Guys enggak disangka ya ternyata udah 25 menit nih cuma jawab berapa pertanyaan dua apa tig ya tapi anyway pertanyaan kamu bagus banget and buat teman-teman yang pertanyaan belum dijawab jangan takut jangan khawatir kita akan jawab pertanyaan kamu di sesi ama yang selanjutnya kamu bisa tulis di YouTube ini atau langsung ke Instagram benix ya instagram@benix.official di situ ada kolom untuk ama kamu Langsung posting aja di feed kita tentang pertanyaan sama kamu so tunggu apa lagi guys langsung masukin pertanyaan kamu yang keren-keren itu di YouTube benix dan Instagram benix@benix.official Sampai ketemu ya di serial ama yang selanjutnya semoga video ini bermanfaat Salam sehat salam Juan byee [Musik]