Transcript
XriYd98Qayw • THE ECONOMIC CRISIS IS COMING!! ARE INVESTORS READY? #AMA55
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0269_XriYd98Qayw.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
Halo selamat pagi guys Kembali lagi
bersama benix kita kali ini sudah masuk
di serial asmiiting yang ke-55 so kita
udah kumpulin pertanyaan kamu Yang
bagus-bagus Yang keren-keren yuk Tunggu
apa lagi langsung kita bahas aja
pertanyaan kamu yang bagus-bagus itu di
serial ama yang ke-55 jangan diskip
videonya and let's Check This Out
[Musik]
pertanyaan pertama dari m rahim Om bagi
tips analisa perusahaan tapi terkendala
dana untuk datang ke Lokasinya danakah
ada cara Oh adaitu banyak cara kamu
bisaat kam bisa investigasi di rups-nya
mereka juga kadang-kadang kan bikin
public expos kamu juga bisa lihat secara
online Sekarang semua sudah tersedia
online investigasilah di sana kalau mau
di deeper kalau kamu mau gali lebih
dalam ya kamu bisa lihat juga news-nya
jadi bisa cek baca koran itu adalah
kewajiban untuk lihat update industrinya
sektornya dan perusahaan itu sendiri
enggak semesti serta-merta lu harus
datang ke lokasi itu kalau memang lu
bisa ya lakukan itu sempatkan waktumu
kalau enggak kamu ada begitu banyak cara
kamu bisa investigasi karena Sekarang
semua sudah tersedia di dunia maya so
menurut saya sih investigasi di zaman
sekarang sangat-sangat dipermudah ya
Kita sebagai investor itu Bukan Halangan
lah buat kamu mau investigasi sebuah
perusahaan next Kak cara menentukan take
profit untuk pemula value investing dari
per pbv apa cukup Ini pertanyaan kamu
harus dijawab mungkin sekitar 9 SKS tapi
gua jawab singkat aja di ama ini kalau
kamu aliran value investor udah pasti
kamu membeli sebuah perusahaan yang
ekuitasnya di bawah wajar dan udah pasti
kamu membeli perusahaan dengan per yang
di bawah rata-rata industri so kalau
ditanya ketika kamu mau jual Patokannya
di mana Patokannya di rata-rata industri
contoh yang paling gampang kalau kita
mau bilang per air minum air minum ada
tiga jenis air minum yang PH air minum
yang mineral air minum yang D mineral
kalau kita bicara air minum D mineral
market leader sekarang ada di berapa
perirnya per 35 so kalau ada kamu bicara
tentang investasi di sebuah perusahaan
air minum di mineral dengan per kalau
ditanya tuh terus tiba-tiba udah naik
per40 jual apa enggak Kalau menurut gua
ya lu jual Karena dia udah jauh di atas
standar untuk segmen kategori sebuah
Perusahaan emiten Air Minum dalam
kemasan kategori air d mineral dia udah
achieve itu sesimpel itu aja jadi itu
kalau caradi kalau kamu lihat ada
momentum lain ya Oh ada kemungkinan dia
dibeli sama berksare headway kayak
kemarin kita di Ades bisa enggak lebih
bisa jauh lebih tinggi oh ada
kemungkinan dia dapat new Project Oh ada
kemungkinan dia bisa nambah factory Oh
ada kemungkinan kuota impor dia di
ditambah Oh ada kemungkinan dia bisa
ekspor ke Singapura karena krisis air
dan lain sebagainya Itu sebuah momentum
yang bisa menambah dan meningkatkan ya
harga saham kamu jauh lebih ekstrem lagi
tapi kalau ditanya ya selalu mengacu ke
rata-rata industri itu aja sesimpel itu
dan ini enggak bisa berlaku umum
misalkan kita bilang ee cara
mengevaluasi sebuah perusahaan properti
akan berbeda dengan perbankan akan
berbeda dengan perusahaan batuara akan
berbeda dengan Perusahaan Air Minum akan
berbeda dengan perusahaan mobil Jadi
tergantung sektornya lagi tergantung
industrinya lagi tidak ada satu aturan
baku yang berlaku umum oper 10 pbv 1 No
Itu ada di buku kamu doang tapi di dunia
nyata kan beda-beda but it's a very good
question ya Lu harus betul-betul coba
gali lebih dalam lagi kuasai satu Age
yang lu punya supaya lu bisa dapat ilmu
yang sangat mendalam di Age kamu itu
pasti kamu ngerti apa yang gua bilang
ketika Lu sudah mengevaluasi itu fokus
di satu sektor misalkan perbankan fokus
aja per bankkan semua nanti lu dapat
ilmunya Oh kalau ilmu bank buku 1 begini
oh bank buku 4 begini oh bank digital
begini asal lu fokus itu pasti sudah
tahu jawaban dari pertanyaanmu itu
sendiri Mantap
ya guys ada berita besar nih teman-teman
tahu kan di pridato presiden Prabowo
kemarin itu ada dua agenda besar yang
sedang dibahas yaitu Apa fokus anggaran
negara kita dan fokus perhatian negara
Indonesia dalam 5 tahun ke depan itu
kedua sektor yang berhubungan dengan
ketahanan energi dan ketahanan pangan
ini artinya apa ya artinya presiden
Prabowo sudah melihat ketahanan energi
ada hubungannya apa dengan perang dunia
yang kemungkinan akan segera terjadi di
depan mata ini akan menggoncang ya
Bagaimana posisi Indonesia siap atau
tidak ketika perang terjadi maka akan
terjadi perebutan sumber daya alam akan
terjadi perebutan termasuk di antaranya
minyak bumi dan energi dan bukan cuman
itu beliau juga bilang bahwa kita harus
mulai fokus dan investasi besar-besaran
di bidang yang berhubungan dengan
ketahanan pangan so teman-teman menurut
Kamu kenapa presiden Prabowo tiba-tiba
mendadak ngomong tentang dua hal itu
apakah betul krisis dan perang akan
segera terjadi di depan mata makanya
Indonesia harus segera bersiap dan apa
sih yang akan diuntungkan sektor apa apa
kita bisa ambil peluang Cuan dari situ
tentu saja nah teman-teman sendiri
gimana udah siap belum untuk melewati
badai krisis tersebut peperangan yang
akan tiba di depan mata dan ya Sekali
lagi berhubungan dengan ketahanan pangan
itu bisnis yang luar biasa besar Nah
kalau kamu udah siap bagus tapi kalau
kamu belum siap kamu harus segera join
di benix investor Summit 2024 yang akan
diselenggarakan di Sofitel Bali mulai
dari tanggal 30 November sampai 1
Desember Jadi acaranya 2 hari guys full
day dan jangan khawatir buat teman-teman
kita ada diskon 30% ya buat teman-teman
yang daftar sebelum tanggal 3 November
ini So guys segera daftarkan dirimu
ingat ya karena tempatnya sangat
terbatas so Segera hubungi nomor WA atau
atau telepon di nomor yang ada di bawah
ini so tunggu apa lagi sampai ketemu ya
di Sofitel Bali di akhir bulan November
ini Pertanyaan selanjutnya dari Rizki
Faturahman strategi terbaik menurut Om
dong kalau kita mau berinvestasi saat
terjadinya krisis strategi yang paling
baik itu ya lu hold cash jadi jual semua
asetmu sebelum terjadi krisis tetapi
Nobody in this
Worlds how when it's going to happen
karena enggak ada di sini orang yang
bisa meramal itu sebagai contoh nih
investor legendaris ya salah satu yang
cukup error namanya Michael Berry
Michael Bury itu udah tahu bakal terjadi
Crash yang berhubungan dengan subprime
mortgage karena di sana banyak orang
ngasih kredit rumah begitu gampangnya di
Amerika gaji lu Cuma 7 juta mau kredit
rumah 7 miliar bisa enggak bisa jadi
banyak errornya di Amerika di era itu
dan dia mengkoreksi dan dia
mengevaluasi bahwa akan terjadi Crash
besar-besaran yang berhubungan dengan
kredit rumah di sana yang keos banget
tidak ada assesment yang bagus untuk
kreditor-kreditor orang-orang yang
mengutang itu tidak dievaluasi kredit
ratingnya dengan benar Nah dia bisa
memprediksi itu bakal terjadi Crash
tetapi kapan dia gak tahu tapi dia tahu
itu it's soon going to happen and then
It happens Karena dia udah di sana lebih
dulu dibandingkan kita semua ya dia bisa
dapat can besar di situ Tetapi kalau
exactly like di detik ini di hari ini di
bulan ini di tahun ini Nobody know so
make sure Ya El betul-betul tahu apa
yang lu lakukan kalau lu memutuskan
masuk di sebuah market yang akan Crash
Contohnya kayak gua gua udah yakin akan
terjadi market Crash dalam 4 tahun ke
depan tetapi pada saat yang sama gua
sangat yakin akan terjadi Hype apa all
time high di mana-mana akan terjadi
market itu naik ekstrem udah pastilah
baru kemudian lu bisa bilang itu Crash
kan dan itu yang akan terjadi Nah kalau
ditanya strategi yang paling bagus ya lu
pegang cash kalau lu enggak ngerti apa
yang lu lakukan pegang cash jauh lebih
aman atau kalau lu ngerti lu bisa invest
di yang paling save apa invest di emas
misalkan atau invest di saham-saham yang
akan diuntungkan dengan momentum itu
ketika datang momen di mana Bank
Indonesia tersadar bahwa suku bunga kita
ini ketinggian tiba-tiba dia jadi waras
nurunin suku bunga ya Lu harus siap-siap
aja lihat akan begitu banyak ya
saham-saham yang bergerak naik tinggi Ya
masuklah ke sana sama-sama yang akan
diuntungkan ketika suku bunga itu rendah
coba terus di bawah ini menurut kamu S
apa ya yang bakal naik tinggi kalau
seandainya suku bunga kredit di
Indonesia itu harganya turun Pertanyaan
selanjutnya dari perejo zip izinannya Om
Bagaimana cara menganalisis aseta
berwujud dalam laporan keuangan ini
jawaban kamu sangat sangat sangat sangat
sangat sulit karena setiap perusahaan
itu dialuasi dengan cara yang berbeda
jadi contoh misalkan aset yang tak perlu
wujud kalau kita ngobrol gojek aset tak
perlu wujudnya apa lebih banyak di brand
di user Berapa banyak aktive user yang
di sana tinggal divaluasi aja dari 1
juta orang yang download aplikasi gojek
yang aktif Berapa katakan r500.000 dari
r500.000 transaksinya berapa setiap
bulan oh katakan R juta Oh berarti nilai
transaksinya berapa ya Rp500.000 dikali
sejuta eh r00.000 dikali 1.000 aja r00
juta kalau dikali sejuta berarti 500
miliar Oh berarti mereka bisa
mendapatkan revenue setara 500 miliar
per bulan berarti per tahun berapa 500
miliar di* 12 sekitar 6 triliun dari
triliun berapa net profit margin mereka
lu bisa evaluasi itu untuk bisa tahu Oh
growth mereka dalam 5 10 tahun ke depan
very simple tetapi cara menganalisis
aset tak perwujud ya itu sangat-sangat
unik karena setiap perusahaan hanya bisa
dianalisis sesuai dengan bisnisnya
masing-masing metode kita mengevaluasi
gojek tentu akan berbeda dengan ketika
kita mengevaluasi saham Nvidia akan
berbeda dengan kita mengevaluasi
sahamnya Bumi Serpong Damai atau
sahamnya Bank Mandiri ya mereka semua
punya intangible aset mereka semua punya
aset yang tak berwujud tetapi cara
mengevaluasinya berbeda-beda
satu-satunya cara supaya lu bisa
mengetahui itu dengan lebih spesifik
adalah lu memperdalam Age kamu di sektor
itu karena kalau lu enggak punya Age di
situ lu enggak akan bisa bilang bahwa eh
Apple worthed dihargai sekarang karena
memang brandnya powerful Lu tahu dari
mana brandnya powerful lu pakai Apple
atau enggak belum tentu produknya apa lu
pakai iTunes kah menurut lu Apple store
lebih bagus kah dibanding Android store
Apakah dia meningkatkan productivity dan
lain sebagainya Itu kan yang tahu Hanya
mereka Apakah betul orang pride-nya
bertambah ketika menggunakan produk
Apple Apakah valuasinya jadi bertambah
Apakah gengsinya jadi bertambah dan lain
sebagainya itu enggak akan bisa kita
lakukan kalau kita bukan orang yang di
dalam situ contoh misalkan kemarin kita
lagi mengevaluasi salah satu perusahaan
game terkenal di Eropa intangible
asetnya apa IP dalam bentuk apa karakter
game gimana lu cara
mengevaluasi Donald
Bebek Witch Hunter Gimana cara lu
mengevaluasi mereka enggak bisa tapi
bisa diukur enggak bisa dengan lu
melihat brand value-nya itu sendiri so
kalau ditanya segmennya gimana cara
menganalisisnya ya Tergantung perusahaan
yang kamu valuasi ya jauh paling gampang
Kalau lu bilang perusahaan properti Ya
gampang lah lu lihat tinggal lihat aja
harga jalannya harga tanahnya berapa sih
per meter kaliin aja luas tanah dia kan
simpel tapi kalau lu ngomong yang lain
Har setup berwujudnya ya Hopefully lu
punya the right AG to
pertanyaan kamu Pertanyaan bagus tapi
ini baru bisa dijawab dan kamu pasti
tahu jawabannya Kalau mungkin usia kamu
sudahah 30-an lah 30 35 tahun jadi lu
bisa tahu oh sebuah perusahaan ada
intangible aset dan itu nilainya bisa
berkali-kali lipat contoh paling gampang
Nvidia apa yang dibeli orang dari Nvidia
mereka punya patennya mereka punya
teknologinya Gimana cara mengevaluasi
teknologinya ada caranya enggak ada so
bukan yang artinya itu hal yang enggak
mungkin tetapi make sure lu punya the
right Age to evaluate that jadi pr-nya
nih buat lu Nih kan gua gak tahu lu
punya Age apa ya let's say lu punya Age
di dunia yang gampang fmcg cobalah mulai
mengevaluasi to bleron cat buury Silver
Queen secara intangible aset mana yang
lebih bagus mana yang lu mau hargai
lebih mahal coba belajar di situ dan itu
Translate Enggak Kalau lu Uji ke dunia
nyata lu pergi ke Indomaret mana yang
penjualan yang paling tinggi di situ
sudah teruji nanti kalau lu bilang eh
menurut gua secara brand value intagible
kan gak bisa dilihat dengan mata kepala
ya Menurut gua secara kemasan lebih
bagus katburry menurut gua secara taste
lebih benar catbury jadi secara evaluasi
gua pikirkan semuanya catbury is the
best
intibleet tanya lu tanya pergi ke
Indomaret ternyata yang laku bangbeng
kena berarti analisis lu salah karena lu
enggak ngerti dunia coklat sesimpel itu
so make sure you know what you're doing
make sure Lu kenal diri lu make sure lu
tahu Age lu itu dulu aja kalau ngomongin
intangible aset karena gua mau ngomong
berbusa- apapun tentang Tokopedia atau
travoloka kalau lu enggak punya nilai di
situ lu enggak punya
di situ lu enggak bakal paham lu enggak
akan mengerti kenapa perusahaan ini
ekuitasnya kecil sekali kenapa
perusahaan ini tidak punya tanah dan
bangunan yang besar sekali seperti
Unilever punya pabrik seperti Astra
punya gudang banyak lu enggak akan paham
itu kecuali lu punya agide di bidang itu
simpel
itu Pertanyaan selanjutnya dari the boy
2204 Bang Ben Abang kalau beli saham
patokannya apa aja Bang misalkan Pi roa
atau pbv yang wajib bagus
eh kita aliran making investing ya itu
cuman salah satu dari sekian variabel
yang kita pikirkan ya in fact ya itu
mungkin salah satu yang Enggak penting
juga sebetulnya enggak terlalu penting
namanya kita beli bisnis Ya kita harus
mengevaluasi bisnis yang memang bagus
bisnis yang bagus dibuktikan dari apa
dia mampu membantai kompetitornya dia
bisa Survive melewati segala era segala
zaman segala presiden segala menteri dia
bisa menggenerate profit yang
respectable bukan 1u% 2% 3% enggak
profit yang respectable dan growth ada
growth dia hari ini cuman 20 miliar
tahun depan Cuan 60 miliar tahun depan
can 500 miliar So it's a respectable
company dan gcg-nya bagus kalau lu lihat
dari semua omongan gua itu gua enggak
ada ngomong sama sekali soal pbv per Roi
dan segala macam Enggak penting Kenapa
Enggak penting di D De kalau ada sebuah
perusahaan eh harganya diskon banget
pbb-nya kecil banget pernya kecil banget
tapi perusahaannya perusahaan brengsek
enggak ada gunanya lu ngomongin itu
semua itu
nothing Makanya kalau lu ngomong aliran
maky investing yang namanya kuantitatif
yang lu ngomong ini kan semua hal
berhubungan dengan kuantitatif yang anak
TK juga bisa ngitung itu adanya di
belakang bukan di depan yang di depan
yang penting apa Lu ada momentum lu ada
Age menurut gua tuh jauh lebih penting
baru setelah itu lu bahas kualitatifnya
and then kuantitatifnya Jadi kalau
ditanya ro itu penting enggak itu
berhalal lu itu salah bukan artinya lu
enggak cek itu justru memang lu harus
baca dan cek itu Tapi itu bukan yang
paling penting dan bukan yang terpenting
di kolong langit ini kecuali lu adalah
value investor murni ya tapi
ujung-ujungnya nanti lu kena tipu orang
gampang ditipu orang tinggal dia bikin
aja di laporan keuangannya seolah-olah
dia punya pair kecil PBB kecil semua
tinggal dietting padahal bisnisnya
enggak ada bisnisnya zong lu gak percaya
lu lihat semua saham sekarang yang dia
listing itu pbv-nya di bawah 0,5 sampah
that's it Har 93 perusahaan yang laporan
keuangannya bagus padahal cuma
piutangnya yang terus naik apa layak
dibeli ya thanks bang eh pertanyaan yang
bagus bagus banget ini artinya
perusahaan gagal mengkonversi dia punya
piutang menjadi real cash dan kemudian
gagal mencetak laba dong jadi cuman
labanya laba-laba bong-bongan tipu-tipu
aja Oh gua punya piutang di sini 2
miliar Oh gua punya piutang di sini 10
miliar uung-jung enggak bisa dia tagih
juga toh banyak enggak perusahaan begitu
banyak tujuannya apa ya buat ngadalin lu
buat nipu lu kalau seandain ditanya
maturity date sebuah piutang yang
menurut gua masih masuk akal itu adalah
30 sampai 90 hari jadi kalau seandainya
Lu lihat eh ini ada piutang sampai 2
tahun 3 tahun jangan-jangan main
belakang ini pengusahanya ownernya main
belakang dia punya jual penghasilan dia
jual mesin jual barang atau apapun ke
sebuah perusahaan yang mungkin punya
sepupu dia punya adik dia atau punya dia
sendiri ujung-ujungnya tapi dia enggak
pernah bayar tapi dia sudah dapat untung
di sana n nyambung enggak Loh maksud gua
di sini dicatat sebagai dia punya
piutang tapi piutang yang tidak tertagih
atau tidak akan pernah tertagih banyak
perusahaan yang seperti itu tujuannya
nipu-nipu orang aja banyak bahkan salah
satu perusahaan yang terkenal dengan GCG
terbaik di Indonesia itu piutangnya
Seujung gunung besar banget eh permainan
direkturnya doang karena dia makan dalam
itu strategi biasa strategi standar lah
buat lu apa ya merampok uang perusahaan
lah jadi kalau ditanya ada perusahaan
piutangnya gede banget enggak bisa
ditagi gua sih enggak suka barang yang
kayak begitu realitis saja lah gitu loh
kayak yang kemarin tuh ada perusahaan
restoran punya piutang sampai 600 miliar
ya logika aja lah ada mungkin enggak sih
orang punya makan di restoran bisa
hutang ratusan miliar menurut gua enggak
masuk akal atau Ada orang beli
ee jasa bisnisnya jasa ada dtbk
bisnisnya jasa beli utangnya sampai 2
tahun 3 tahun masuk akal enggak sih
menurut gua enggak enggak masuk akal so
kalau gua akan menjauh dari hal yang
seperti itu menurut gua piutang yang
masih masuk akal sebaik-baiknya
perusahaan ya bisa ditagi dalam waktu 30
hari tapi enggak semua perusahaan pun
sanggup bayar secepat itu oke Pak Jadi
kalau telat berapa ya 30 sampai 90 hari
3 bulan itu masih oke menurut gua tapi
kalau udah lebih dari itu menurut gua
ada permainan tinggal nunggu pemutihan
aja ujung-ujungnya lu yang rugi Dipo shp
Om benix usiaku baru 21 tahun dan ingin
menabung di saham lebih profitable beli
saham secara berkala atau all in
kalau lu tahu apa yang lu lakukan gua
sih tidak mengencourage orang buat all
in ya selalu yang namanya diversifikasi
katakan lu diversifikasi di l perusahaan
ya lu bisa beli itu tapi kalau lu mau
belinya secara berkala berkala Dica
orang bilang craging boleh enggak
bolehboleh aja kalau memang ya lu gak
punya cukup waktu untuk melakukan
analisa dan lu udah tahu ini saham ini
masih rendah lu dic aja terus
perusahannya growing terus apalagi kayak
perusahaan kapal induk ya memang
akanowing terus mau beli sahamnya hari
Senin atau mau hari Kamis atau hari
bulan Januari atau bulan Juli doesn't
matter beli aja terus karena in the long
Run perusahaannya masih ada tidak akan
kabur bawa lari duit lu in the long Run
dia akan growing terus perusahaannya
akan Survive ya so why not Jadi dua
metode ini bagus gua pribadi tidak
melakukan DCA karena kalau gua udah
lihat perusahaannya bagus ya gua akan
masuk di situ Itu aja simpel tapi kalau
gua enggak punya waktu gua adalah
karyawan gua enggak punya waktu ada satu
perusahaan yang Oke gua akan DCA di situ
ya gua B akan lakukan Dica di situ
dollar cost averaging Cicil beli Cicil
beli ada duit terima duit beli ada thrr
dapat beli sama yang sama berulang-ulang
kalau memang samanya bagus kenapa enggak
Tapi kalau lu tahu apa yang lu lakukan
seperti gua tahu apa yang gua lakukan
gua enggak lakukan DCA ada saham yang
bagus gua beli itu aja gua punya budget
20% beli contoh kita sudahudah setup
budget mau belanja bulan ini 10 m Oh ini
saham ini bagus gua diversifikasi bagi 5
misalkan jadi satu saham 2 M taruh
enggak 2 M atau cicin R juta R juta R
juta enggak langsung taruh aja 2 M gitu
loh simpel itu tahun depan ada e bulan
depan ada lagi duit kalau seandainya
sahamnya masih salah harga atau bahkan
turun gua beli lagi gitu gimana kalau
tahun depan atau bulan depan snya naik
naiknya udah di posisi ekstrem ya gua
kalau masih ada peluang untuk tumbuh
lagi enggak apa-apa kita beli kecuali
ada saham lain yang lebih menarik lebih
baik kita taruh ke sana gu sih simpel
aja DCA cocok kalau lu karyawan atau
kalau lu tidak tahu apa yang lu lakukan
itu metode yang paling safe ketika lu
membeli sebuah perusahaan atau sebuah
bisnis nextir dari lopotero mtek Om kok
bisa naik drastis Oh gak tahu gua gua
gak baca soal mtek soal terakhir-terakir
ini fokus kita bukan di media kita lagi
lihat saham lain yang jauh lebih prospek
Baguslah kalau lu beli mtech good news
for you oke guys thank you buat
pertanyaan kalian bagus-bagus menarik
semua kalau teman-teman ada pertanyaan
lain yang belum dijawab dan masih
penasaran untuk dijawab oleh benik di
ser lama selanjutnya Jangan takut jangan
khawatir akan kita bahas di serama yang
selanjutnya kamu cukup Tuliskan
pertanyaan kamu di kolom komentar di
bawah ini ya guys Oke semoga video ini
bermanfaat Sampai ketemu di serial ama
yang selanjutnya Salam sehat salam Cuan
bye bye
[Musik]