Transcript
1b-YZU3N8D0 • ⛔ FARMERS MUST BE POLITICALLY LITERATE!! Don't let yourself be fooled #AMA53
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0220_1b-YZU3N8D0.txt
Kind: captions Language: id Halo guys Kembali lagi bersama benix di serial ASM anything yang ke-53 so thank you banget nih buat teman-teman udah kasih pertanyaannya ada beberapa yang bagus banget dan spesifik banget tergantung usia kamu ya C kita bakal bahas satu peratu pertanyaan kamu yang keren-keren ini and let's Check This Out pertanyaan pertama dari Muhammad musbikinin Maaf Bang mau nanya bagaimana ya cara perjanjian sama investor pribadi saya kan punya usaha kecil-kecilan dan ada investor yang tertarik dengan usaha saya tapi saya enggak tahu nih cara-caranya mohon dibantu Bang ya oke pertama yang kamu harus bikin itu adalah proyeksi jadi keuntungan mereka akan dapat dari kamu dari mana Apakah kamu akan bagi dividen atau bagi hasil ya Bagi keuntungan kamu setelah tahun ketiga atau tahun kelima itu harus clear dulu di awal kamu akan bagi hasil itu dari omz atau kamu akan bagi keuntungan dari hasil investasinya dia karena banyak hasil investasi itu baru bisa dipanen di tahun kelima atau tahun keenam contohnya gini kita buka usaha yang berhubungan dengan perkebunan Oh kita mau nanam kebun sawit luasnya 200 hektar udah pasti lu enggak bisa panen dong di tahun keempat tahun kelima pun kalaupun lu bisa panen itu enggak bisa langsung bagi untung karena masih harus recovery investment yang lu bikin di tahun pertama sampai tahun keempat buat beli bibit olah tanah persiapan lahan dan segala macam mungkin baru mulai bisa bagi dividen di tahun kees9 atau tahun ke-10 jadi then again itu lu harus diskripsikan dengan jelas di perjanjian Lu dengan investor lu dan satu lagi yang penting apa harus ditulis duitnya akan dipakai buat apa supaya dari awal itu sudah jelas uang itu akan dikasih buat gaji lu berapa buat beli aset perusahaan berapa buat biaya marketing berapa buat bisnisnya itu sendiri berapa jadi dari awal di depan semuanya clear biasanya orang itu berantem kalau perusahaan itu rugi kalau Untung ya everybody Happy yang kedua adalah kalau untung tapi bagi hasilnya enggak sesuai nah gimana sih pembagian hasil yang sesuai kalau gua gampangnya sesuai dengan persentase kepemilikan sahamnya misalkan lu mengevaluasi perusahaan lu senilai 10 miliar nih ada investor yang bawa masuk 2M berarti dia terima 20% dong so kemudian kalau seandain di tahun ke-10 tadi ya perusahaan ini Cuan katakan 100 juta maka orang tersebut berhak untuk terima Rp20 juta soesimpel itu semudah itu yang penting apa Lu harus transparan dan Lu harus menurut gua nih sebagai investor ya gua akan lebih senang di perusahaan yang sering ngasih gua laporan mau laporan jelek mau laporan bagus tapi apa adanya dia kasih dengan jujur itu jauh lebih bagus jadi kuncinya ya Apun perjanjiannya lu tetap harus transparan sama mereka dan punya good fait lah itu good fait itu sangat penting good fait itu lu punya itikat baik karena enggak peduli ya isi kontrak itu seperti apa kalau lu punya itikadnya tidak baik itikad buruk ya enggak ada gunanya hitam di atas putih karena ujung-ujungnya itu usaha tidak akan dijalankan dengan amanah jadi tetap yang paling penting ada good fait-nya di situ termasuk dari sisi investornya juga investor juga harus tahu namanya di investasi di sebuah bisnis ada resisiko dan namanya investasi ini bukan garansi seperti lu beli obligasi atau surat utang negara Lu pasti dapat 7% setiap tahun enggak begitu pasti ada naik pasti ada turun dan dia harus mau tahu dan harus mau ambil resikonya sama-sama dengan lu jadi sekali lagi apa yang penting tadi ya lu di depan harus jadi orang yang transparan transparan dengan keuntungannya transparan dengan kerugiannya bisnis model lu jelas bagi hasilnya seperti apa dan yang ketiga semua pihak di sini harus punya good fait itikat baik dan saran gua ya lu harus biasakan ya memang bikin perjanjian tertulis itu akan melatihi Lu karena ini tidak akan menjadi bisnis lu yang terakhir jadi sedinii Mungkin lu biasakan untuk membuat eh record ya pencatatan terhadap semuanya Pertanyaan selanjutnya dari ardis Tafa safur Kautsar 168 Om Ben saya pengikut baru Om Ben dan masih berusia 18 tahun Saya pernah mendengar saran yang berkebalikan dengan saran yang omben katanya kalau kita masih umur 20-an kita sebaiknya mengambil resiko dari medium sampai sampai hari high risk karena tanggungan kita belum ada jadi kalau rugi pun kita masih bisa bangkit lagi gimana menurut Om Ben ya kalau menurut gua itu betul juga kenapa karena ketika lu masih muda lu masih bisa lebih tahan risiko lah jadi bisa ambil segala sesuatu yang tingkat resikonya lebih tinggi ini berkebalikan dengan orang-orang yang sudah tua ya sudah umur 50-an tahun harus cari kestabilan kan jadi mereka harus ambil portofolio investasi yang risikonya lebih rendah nah keunggulannya apa buat orang yang masih mudah ya kalau kalian aman ambil yang low Ris kalian punya masa waktu yang lebih panjang tuh untuk membangun kekayaan kalian even aset kalian Cuma bisa bertumbuh 20% setiap tahun tapi kalau lu tarik dalam waktu lu 50 tahun aset lu bisa tumbuh beribuan persen lebih banyak dibandingkan yang semestinya yang penting lu konsisten nah kalau teman-teman mau ambil portfolio investasi yang beresiko tinggi bisa enggak ya jauh lebih bisa dan lebih masuk akal kalau usia kalian lebih muda nah menurut gua karena gua orang yang percaya diversifikasi dalam setiap aset yang kita masuki atau saham yang kita masuki itu gua selalu bagi tuh dalam 16 jenis saham ya Dan nanti dibagi lagi dalam kategori mana yang kita bisa taruh dengan risiko rendah tapi potensi cuannya juga rendah mana yang resikonya tinggi tapi potensi cuannya juga tinggi jadi boleh enggak Kalian beli saham atau investasi ke sesuatu yang resikonya tinggi boleh tapi ingat diversifikasi artinya apa Jangan taruh semua duit lu ke dalam dalam satu keranjang jangan pernah lakukan itu kalau lu ada beli di aset yang resikonya tinggi tapi potensi cuannya juga tinggi Lu harus ingat juga untuk diversifikasi ke aset yang resikonya rendah Jangan semuanya lu all out ke yang Rikonya tinggi menurut gua itu tidak bijak tapi kalau usia lu masih 18 tahun ya gua akan bikin portofolio investasi yang mungkin lebih condong ke medium dan high Ris nanti ketika usia lu semakin bertambah lu semakin bijaksana lu akan lebih tahu mana yang sebaiknya lu investasikan mana yang tidak tapi apapun itu mau usia mau 18 tahun atau 80 tahun diversifikasi itu wajib karena itu bisa meminimalisir resiko kamu kita tidak ada yang pernah tahu masa depan akan seperti apa Pertanyaan selanjutnya dari Muhammad Hisyam syafarullah 2659 dalam buku Peter Lin one of Wall Street ada kalimat temukan satu pemenang besar dari 11 pemain semakin tepat pilihannya maka tambah besar perolehannya yang mau kutanyakan ada ah gimana ya caranya kita membandingkan dan mencari 11 pemain itu sehingga kita dapat satu atau dua pemain yang memang paling tepat untuk kita pilih semoga dijawab terima kasih Oke itu bagus sekali pertanyaan Jadi itulah pentingnya lu bisa mendefinisikan saham itu masuk ke dalam kategori apa ada 16 jenis saham di Indonesia ini enggak semuanya layak lu untuk beli ada saat yang tepat untuk beli saham a ada saat yang tepat untuk jual saham B setiap saham ada masanya setiap masa ada sahamnya Jadi kita harus benar-benar bisa tahu dulu nih oh ini tebenarnya masuk ke dalam jenis saham yang apa supaya lu jangan salah kapra lu beli Lionel Messi tapi lu taruh jadi kiper berarti kan udah salah posisi nih bukan Lionel messinya yang bego ya tapi memang posisinya salah gitu loh makanya kita harus tahu dulu Bagaimana kita cara memposisikan saham-saham yang kita beli ke dalam kategori-kategori saham yang memang kita targetkan skenariokan untuk kaseg kita Cuan dalam 1 tahun dalam 3 tahun Dalam 7 tahun dalam 10 tahun dan itulah fungsinya k kita membagi 16 jenis saham itu so sangat tidak bijak misalkan kamu investasi ke jenis saham kapal induk ya tapi kemudian setelah 3 tahun lu jual itu sangat-sangat aneh atau sama juga anehnya dengan orang yang beli saham clical tapi dia Tahan itu sampai 30 tahun 50 tahun padahal saham siklikal itu ada naik turunnya ada siklusnya Sama juga seperti saham yang sifatnya momentum jadi enggak lu pegang seumur hidup contoh kayak orang-orang yang beli bank digital udah lewat itu masanya bank digital lu sekarang baru masuk ya udah keblinger namanya Karena itulah pentingnya buat teman-teman bisa membedakan 16 jenis saham yang ada di Iis G bukan artinya saham yang jelek loh enggak bisa jadi sahamnya memang bagus tapi posisinya salah itulah Ya itulah makanya peterlin juga sangat-sangat eh melakukan diversifikasi secara ekstrem karena dia sangat yakin dia enggak bisa tahu dia 100% benar tidak mungkin menurut dia dia 60% benar aja sudah oke dan sedikit satu tambahan ya Lu harus baca satu halaman di situ tentang bagaimana dia menemukan harta Terpendam dari pembelian people beach bahwa dia beli sebuah lapangan golf ternyata yang dia beli bukan bisnis lapan Golf ternyata di bawah lapangan golf itu ada tang batu namanya batu peoplebel kalau di sini jatuhnya kayak batu split Lah ternyata dia Cuan dari situ lap golfnya sendiri enggak berarti karena udah lama bangkrut but itu kasih ilmu yang berharga juga bahwa ya Ada begitu banyak jenis saham yang ada di iasg kalau lu beli saham jenis harta Terpendam terus harta n udah digali orang lu baru beli ya itu udah salah lu Justru harus beli ketika hartanya belum ada yang menemukan gitu loh Itu loh ilmunya ya bukan Messi yang salah tapi elunya yang salah karena kalau dia jadi kiper elunya yang salah kalau beli harta Terpendam tapi hartanya udah digali orang semoga paham ya maksud gua ya Oke next Pertanyaan selanjutnya dari yurm Om coba riset beberapa bulan ini aramco genjot produksi minyak tapi membatasi ekspornya alias nimbun eh enggak lama setelah itu Israel bentrok sama Palestina terus Bentrok lagi sama Iran jangan-jangan perusahaan minyak yang satu ini punya ordal kalau memang bakal eskalasi tinggi sampai perang di sana Ya pasti kalau udah level negara apalagi sama-sama sekutu ya dia kan best friendendnya Israel tentun Ya dia udah lebih tahulah dibanding kita di sini tentang strategi bisnis selanjutnya Seperti apa memang banyak orang yang bilang ya perang-perang di timur tengah itu settingan aja tergantung Bandar minyak lagi butuh duit atau enggak bisa jadi enggak ya bisa-bisa aja Sasa aja dan itulah fungsinya kita sebagai investor ya untuk tidak makan bulat-bulat tuh tentang aksi-aksi politik di luar sana karena mungkin di belakang layar itu sudah terjadi deal-deal bisnis karena ya suka enggak suka ya itu semua yang menciptakan ya naik turunnya sebuah komoditas dan itu kejadian juga di Indonesia jadi kalau ditanya nya ada kemungkinan enggak itu ada konspirasi mereka bermain mata segala macam ya bisa jadi kenapa enggak Kalau gua jadi negara Arab Saudi gua punya pasukan intelijen yang cukup banyak Gua bisa tahu apa yang terjadi di regional kita gua bisa punya kemampuan untuk memproduksi dan menahan karena gua punya informasi yang orang lain enggak tahu ya gua akan maksimalkan Penggunaan informasi itu jadi menurut gua bisa saja dan sasah aja Malah menurut gua bodoh sekali Arab Saudi kalau dia tidak tahu itu karena raja Jordan aja bisa lebih tahu lebih awal dibanding dia Jadi menurut gua ya semua kejadian apa yang di timur tengah itu sebetulnya sudah bisa kita antisipasiah dari beberapa sebelumnya dan dari tingkah laku para pebisnis ya pengusaha-pengusaha di daerah sana termasuk ya Kenapa lokit Martin dan beberapa produsen senjata dunia juga menggenjot produksi ituau dalam 3 tahun terakhir bahkan sebelum ada perang di Ukraina dan di Palestina Ya kemungkinan mereka sudah memprediksi atau mungkin jangan-jangan bantu manas-masin juga ya supaya Cuan bareng-bareng sahsah aja ya itulah bisnis pertanyaan terakhir dari Dit yah F dari Instagram nih Saya sedih Pak benik dengar berita petani bawang merah turun omsetnya Menurut saya itu akibat dari mahal dan langknya pupuk serta Ditambah lagi dengan terlalu banyaknya calo untuk solusinya menurut Om benix gimana untuk mengatasi hal tersebut Kalau menurut saya solusinya subsidi pupuk itu harus ditambah harus ditambah tiga atau empat kali lipat lah dibanding yang seharusnya tapi ada kabar baik nih buat teman-teman ya subsidi pupuk itu udah ditambah dua kali lipat dibanding 1 tahun yang lalu di tahun 2024 ini jadi apapun itu ya it's a good news terus oke subsidi ditambah Terus apa gunanya selanjutnya yang mesti ditambah itu adalah ketersediaannya jangan pupuk subsidi katanya harganya murah bagus enggak bagus tapi barangnya enggak ada sama aja bohong jadi ya pupuk subsidi itu wajib enggak ya Menurut gua wajib ada yang kedua harus juga tersedia itu hal yang benar-benar harus diperhatikan tuh termasuk tata kelola niaganya dan distribusinya ya Nah kalau ditanya lagi yang lebih penting dibanding itu semua apa menurut gua kepastian harga jauh lebih penting dibanding subsidi pupuk adalah kepastian harga dan negara yang turun untuk beli di harga tertentu dan ini yang bikin sukses Story loh di Vietnam sama di Thailand Kenapa pertaniannya maju banget karena negara itu bukan cuma kasih subsidi pupuk tapi mereka juga menjamin akan membeli setiap hasil pertanian yang diproduksi oleh petani di sana Nah itu di Indonesia belum ada tuh dilakukan menurut gua ya untuk sektor yang berhubungan dengan petani yang berhubungan dengan bawang atau komoditas-komoditas lain Harusnya sih masuk ke sana kalau saat sekarang ini kayaknya bulok itu belinya cuman beras deh Nah mungkin satu lagi ya sedikit tambahan ya Eh biar lu enggak salah ya ini keputusan lu sebagai petani sebagai investor itu 1112 ada berhubunan dengan sektor politik jadi gua bisa kasih tahu Salah satu hal yang agak an gua kemarin habis balik dari provinsi gua tanya sama orangnya Karena Dia profesinya petani juga ngobrol-ngobrol sama mereka gua tanya lu Pemilu nyoblos siapa Oh kalau gua sih nyoblos partai terus gua pikir ini orang kayak bego juga orang kemarin baru ditangkap karena korupsi dia juga yang berkontribusi kalau lu bilang lu tambah miskin ya Salah satunya dia karena duit lu dipakai bukannya buat subsudi pupuk malah buat bikin nyawer biduan buat bikin jalan-jalan senang-senang lunya tambah susah tapi masih aja Lu coblos ya itulah realita aneh yang terjadi di Indonesia gua sih Sedikit tahu ya mungkin buat penyidik tambahan juga lu perlu tes darah karena gua tahu orang itu pakai narkoba jenis kok gua bisa tahu ya tahu aja tes aja kalau enggak percaya ya itu lagi ya makanya teman-teman harus pintar-pintar juga lu milih anggota wakil lu di DPR atau di partai ya bergantung dengan agenda lu juga gitu loh karena pasti kalau misalkan lu seorang pengusaha atau lu seorang petani atau lu seorang pedagang ekspor impor itu sudahud pasti bed lah orientasi politiknya Tapi satu yang pasti suka enggak suka memang ada pengaruhnya ya menteri yang kita pilih itu di sektor yang kita sedang bekerja itu bisa kerja atau enggak karena kalau enggak bisa kerja ya udah siap-siap aja amburadul karena suka enggak suka mereka ada peranan penting di situ contohnya ya kayak gua masih ingat kok masih dekat ya belum ada 5 tahun kemarin ada menteri yang berhubungan dengan kelapa sawit bikin kebijakan karena memang pengin malak akibatnya apa Indonesia ekspor cpo-nya mandek dan sampai sempat dibenci ya sama negara-negara yang importir CPO dari Indonesia karena Indonesia tiba-tiba tidak dianggap sebagai trading partner yang reliable karena bisa-bisanya kok bikin meratorum stop ekspor CPO kan itu konyol gitu kan Tapi itu fakta enggak itu fakta dan itu sangat menghancurkan kredibilitas Indonesia karena apa ya karena kita salah pilih menteri menterinya keblinger gitu loh jadi itu sangat mempengaruhi kehidupan kamu entah kamu sebagai seorang investor di Sam tertentu atau sebagai petani di komoditas tertentu Makanya jangan kayak orang Dar udah jelas-jelas Dia petani ditanya nyblos apa yang penting jawabannya gua joyblos partai ya lucu enggak ya lucu banget sih memang Indonesia ini Kompleks banget ini enggak nyambung banget asli Padahal jelas-jelas kalau gua petani gua akan Pilih partai yang memang udah jelas-jelas Pro kepada petani dan gua udah lihat dengan nyata ya mereka sangat berkontribusiah di wil-wilayah yang mereka menang ya petani-petaninya maju gitu so ya itulah realitasanya di Indonesia oke Guys semoga video ini bermanfaat thank you banget buat teman-teman yang udah ngasih pertanyaan yang keren-keren kalau pertanyaan kamu belum dijawab jangan takut jangan khawatir ya segera tis di kolom komentar di bawah ini karena akan kita jawab di serial Asmi anything yang selanjutnya Oke sampai ketemu lagi Salam sehat salam Cuan bye bye [Musik]