⛔ NGERI !!! PETANI Makin Sulit !! ANCAMAN SERIUS Pangan INDONESIA ! HATI HATI !! AMA #48
3WIXOTk-eRI • 2024-02-16
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Halo selamat pagi guys Kembali lagi
bersama benix di serial Asmi anything
yang
ke-48 nah ini kabar baik nih Kenapa
karena pertanyaannya agak beda nih ini
ada hubungan juga dengan ppress dan
menurut gua banyak pertanyaan yang fresh
from the oven terkait dengan regulasi
yang terkait dengan kelistrikan di
Indonesia dan masih banyak lagi
pertanyaan yang menarik so buat
teman-teman Yang penasaran yuk langsung
kita bahas aja pertanyaan kalian yang
bagus-bagus and keren-kereni So let's
cek
di
[Tepuk tangan]
pertanyaan pertama dari Ryan herz
sinuraya 6031 kalau pasang solar panel
katanya harus izin PLN ya Om benar
enggak sih Oke pertanyaan kamu
jawabannya jawabannya I dan tidak Oh kok
bisa ya Jadi gini kalau lu pasang
pembangkit listrik raga surya di
Indonesia itu ada dua sistem ond sama
offgrid on Grid itu apa on Grid Itu yang
lu pasang panel surya buat nyerap
siang-siang hari nanti lu pakai
listriknya siang-siang tapi kalau udah
malam kan enggak ada listrik enggak ada
lagi dong sinar matahari lu ganti pakai
listrik dari PLN jadi kayak Hybrid nih
Nah ini biasanya yang namanya on system
Jadi lu masih on Grid lu masih nempel ke
jaringan listrik PLN lu enggak 100%
tenaga surya di sini kalau lu masih on
Grid lu itu harus izin dari PLN nah ini
udah diatur sendiri sih di permen ya
jadi peraturan setingkat Tri yang
dibikin oleh Kementerian SDM tahun 2021
tentang pembangkit listrik tenaga surya
ya atau yang dipasang di atap rumah itu
nah di situ sudah bisa lihat bahwa
memang ada aturan mainnya sendiri kalau
teman-teman itu mau masang pembangkit
listrik tenaga surya yang nempel dengan
jaringan pelen alas on Grid tapi kalau
kamu bikinnya offgrid jadi kamu bikin
panel surya pembangkit listrik tenaga
matahari yang enggak terhubung dengan
jaringan PLN Which is offgrid artinya Ya
kemungkinan besar lu udah punya baterai
cadangan sendiri di rumah so siang-siang
lu pakai listriknya pakai dari matahari
kalau ada lebih lu simpan di baterai
nanti kalau hari sudah berganti jadi
malam listriknya tetap hidup ambil dari
baterai itu namanya Lu offgrid karena lu
enggak nempel dengan jaliran PLN ini lu
tidak perlu izin dari PLN so kalau
ditanya perlu izin dari PLN atau enggak
ya Tergantung Lu on Grid nempel atau
enggak atau offgrid Totally independent
dari PLN Nah ada juga kabar baru nih
terkait kalau zaman dulu masih bisa ya
kalau lu onrid lu ada access produce
Jadi lu bisa produksi listrik lebih
banyak dari yang lu pakai kalau siang
hari keuntungan ongrid itu apa lu bisa
jual nih ke PLN listriknya kalau Lu
makai cuman 2000 Wat hour ternyata
tiba-tiba produksi lu 5000 watt hour ada
acces 3.000 lu bisa jual tuh ke PLN
karena lu kan nempel on Grid Nah itu
makanya lu perlu izin zaman itu ya
karena lu mau jual balik ke PLN tapi
ternyata udah keluar peraturan baru nih
dari Pak Jokowi bahwa apa Udah lagi
enggak bisa lu jual listrik ke negara
Jadi udah enggak ada lagi make sense-nya
buat kita buat nempel ke jaringan
listrik PLN yang on grrid menurut gua
kecuali memang lu ggak sanggup beli
baterai yang mahal itu ya jadi Bikinlah
ongriade tapi idealnya bikin aja
langsung offgriade gakudah gak usah
nyangkut lagi ke PLN lu produksi sendiri
G gak perlu pakai izin so semoga jelas
next Pertanyaan selanjutnya dari faisal
Ansori Om benix kelapa sawit itu kan
tanaman yang menyerap karbon dioksida
seharusnya hal ini bisa mengoffset emisi
karbon yang dihasilkan oleh industri
lain di Indonesia tapi mengapa ya
pemerintah tuh terkesan
mengkampanyekan ini cemiu
Oke I ya pertanyaannya bagus gitu jadi
kan bisa dikuantifisir Ya berapa banyak
sih sebetulnya karbon yang diserap oleh
tanaman kelapa sawit versus kalau
seandainya dulu itu hutan Ya kemungkinan
besar sih tetap lebih banyak kalau itu
kawasannya hutan Nah kenapa enggak bisa
lu jual karbon pertama terkait dengan
kampanye negatif Barat cek video kita
tentang udr tuh tentang serangan Jerman
terhadap Industri Karet Indonesia semoga
membantu pemahaman dulu tentang industri
sawit juga karena masih berhubungan tapi
jawaban singkatnya gini rata-rata kebun
sawit di Indonesia ini sejarahnya itu
cuman ada tiga Yang pertama apa dulu
bekas babat hutan jadi aslinya hutan
ditebang buka Kebon sawit itu udah jelas
lu ggak bisa jual karbon Kenapa karena
yang ada karbonnya itu minus guys lu
dulu bisa nyerap begitu banyak karbon lu
bikin kelapa sawit gak peduli seberapa
banyak karbon yang lu serap tapi lu udah
merusak hutan yang bisa menyerap jauh
lebih banyak karbon jelas dan lebih
divers kalau kelapa sawit itu
monoculture cuman satu jenis tanaman
jadi enggak bagus buat lingkungan Nah
yang kedua sejarahnya kelapa sawit di
Indonesia itu Kalau enggak bekas hutan
yang kedua itu lahan gambut nah ini juga
sama beratnya Kenapa karena lahan gambut
itu adalah cararbon sink terbesar di
dunia maksudnya gini gambut itu banyak
ada di Irlandia ya Di indonesia juga ada
salah satunya di Sumatra dan Kalimantan
gambut itu tebal banget bisa sampai 5 m
10 m atau lebih itu apa itu adalah
karbon yang sudah terdekomposisi jadi
sudah membusuk mereka biasanya basah
Jadi beberapa orang bilangnya pitland
atau wetland mereka basah nah orang
kalau buka lahan kelapa sawit di lahan
gambut apa yang mereka lakukan mereka
keringin ini lahan gambut ketika gambut
itu kering apa yang terjadi mudah
terbakar akibatnya banyak banget tuh
lahan itu yang kebakaran lah kalau di
Kalimantan itu udah hal yang normal
zaman dulu ya Nah ketika dikeringkan
gambut-gambut itu yang sudah
terdekomposisi itu apa yang terjadi
mereka bisa bereaksi dengan udara
sehingga melepaskan karbon dioksida yang
lebih baik banyak artinya apa ketika
orang membuka lahan kelapa sawit di
lahan gambut mereka merusak lingkungan
mereka melakukan polusi udara Kenapa
karena CO2 yang dirilis oleh lahan
gambut yang terbakar itu atau lahan
gambut yang mengering itu itu jauh lebih
banyak dibandingkan karbon dioksida yang
bisa diserap oleh tanaman ganbut Jadi
kalau ditanya Apakah kelapa sawit itu
karbon neutral jawabannya tidak Apakah
dia karbon positif Apalagi itu tu
eitherer bekas lahan gambut atau bekas
lahan hutan nah ini dua-duanya enggak
Baguslah kalau sandainya dirubah jadi
lahan sawit satu-satunya lahan sawit
yang oke apa ya lahan sawit yang
betul-betul ditanam di lahan yang sesuai
dengan peruntukannya ya di lahan mineral
lahan berpasir atau lebih bagus lagi on
degraded land itu seperti yang kita
lakukan di Kalimantan jadi bercocok
tanam di lahan yang degradit degradit
itu apa ya bekas tambang reklamasi
karena lahannya udah rusak total kita
rubah jadi lahan yang produktif itu jauh
lebih bagus ya semoga jelas ya
jawabannya next Pertanyaan selanjutnya
dari @koceng 28 Om Ben tolong dibahas
dong dampak perusahaan properti di Cina
yang katanya bangrut itu apa berdampak
ke properti Indonesia terima kasih Oke
ini pertanyaannya bagus ya Jadi udah
banyak perusahaan yang bangkrut di Cina
salah satu yang paling gede itu evergre
ke depannya bakal masih banyak lagi tuh
perusahaan dari Cina yang bakal nyusul
Oke ini udah pasti dan ini kabar buruk
buat bisnis di Cina ekonomi di Cina
karena salah satu sumber penghasilan
utama pemerintah Cina itu apa dari
bisnis properti dari jualan hak pakai
tanah di Cina itu sendiri nah kalau
makin banyak yang cololaps ah jelas ya
apa yang terjadi perekonomian Cina itu
tidak akan bertumbuh secepat sebelumnya
artinya apa akan terjadi perlambatan
pertumbuhan ekonomi di Cina itu sendiri
dan teman-teman sudah tahu sendiri gua
sudahudah berulang kali bilang di sini
Mitra dagang terbesar Indonesia itu
bukan Timur Leste Mitra dagang terbesar
Indonesia itu adalah Cina Jadi kalau ek
ekonomi Cina melambat apa yang terjadi
kegiatan perdagangan Indonesia ekspor
impor Indonesia kemungkinan besar akan
ikut melambat Enggak ada alasan dari
Cina untuk impor bahan baku lebih banyak
dari Indonesia kalau pabrik-pabrik di
Cina banyak yang tutup kalau
perusahaan-perusahaan di Cina banyak
yang bangkrut Kenapa karena duitnya
banyak yang nyangkut yang hilang di sana
Jadi kalau ditanya Apakah itu tidak
berdampak ke Indonesia menurut saya
tidak menurut saya itu sangat-sangat
berdampak ke Indonesia jadi teman-teman
bisa lihat kalau pertumbuhan ekonomi itu
Cina itu berkurang Indonesia juga akan
ikut berkurang walaupun sangat tipis ya
mungkin di bawah 0,5%. jadi ini gambaran
buat teman-teman yang investasi di
bisnis yang tujuan marketnya customernya
mayoritas adalah orang-orang di Cina tuh
Jadi lu harus hati-hati Kenapa
kemungkinan besar lu akan nyangkut ya
mungkin harus Istirahatlah 2 atau 3
tahun ke depan ya Kenapa karena ekonomi
di Cina itu lagi slowing down
populasinya juga menua jadi teman-teman
yang investasi di perusahaan-perusahaan
yang mayoritas penghasilannya dari
melakukan kegiatan perdagangan ke Cina
harus siap-siap ikut melambat semoga
masuk akal next pertanyaan terakhir dari
rezael trico om Ben bahas mengenai
Pangan dong Om Kebetulan saya bekerja di
perusahaan distributor pupuk subsidi non
subsidi dan bahan kimia seperti amonia
asam sulfat dan lain-lain penjualan
tahun selama 2023 begitu lesu dan di
awal 2024 ini terutama untuk non subsidi
dan untuk subsidi di wilayah tertentu
aja yang penjualannya tinggi untuk bahan
kimia juga lesu seperti untuk pabrik MSG
karena isunya ada barang dari Cina yang
lebih murah Mohon informasi dan
penjelasannya Om benix mengenai masa
depan pangan dan utamanya untuk masa
depan industri pupuk dan produk
turunannya Terima kasih Om Ben Oke
pertanyaan kamu bagus banget dan
jawabannya sangat menyedihkan ya guys
dan ini udah kita bilang berulang kali
di luar sana bahwa apa ya makin banyak
Indonesia itu impor bahan-bahan pangan
di Indonesia ke Indonesia ini ya sudah
pasti produsen lokal pebisnis lokal yang
berkait dengan pangan itu ya makin
kesulitan jadi ini udah fakta lah ini
udah dari dulu gua bahas bahkan termasuk
ketika kemudian kita bikin video tentang
eh India stop ekspor beras loh siap-siap
ya Indonesia harga beras bakal naik
orang enggak percaya tapi faktanya apa
naikan ya atau yang lebih parah lagi itu
2 tahun lalu gua bilang video gua
tentang El Nino ya jadi dari 2 tahun
lalu gua bilang hari ini Harga beras
bakal parah hancur karena elino bakal
masuk di 2023 gagal panet 2024 harga
naik jadi kenyataan juga gitu Jadi kita
kita diserang elino terus diserang juga
dengan ekspor beras dari India yang
ditutup dan tahun 2024 ini gua pengen
bikin video khususnya ya cuma masih
belum punya waktu nih buat bikin inp
video yang lebih detail tentang pangan
Hopefully kita bisa bikin 2 minggu lagi
yang pada intinya apa Cina juga Mulai
banyak gagal panen kemarin udah gua
bilang ya banjir badang di mana-mana di
produsen-produsen pangan terbesar di
Cina di lahan-lahan yang memproduksi
gandum dan beras dan kacang kedelai di
Cina banyak yang banjir khususnya yang
berdekatan dengan Mongolia Jadi ya
teman-teman harus siap-siap bahwa bakal
akan naik terus harga pangan di
Indonesia nah Satu Yang penting harus
kita Garis bawahi adalah kegiatan Bansos
atau BLT atau bantuan Anti Anti inflasi
orang bilang bantuan anti Elnino dan
lain sebagainya lu kalau pikir-pikir
lebih pikir lebih dalam lagi ya Gua suka
ngajarin lu Apa sih penyebab inflasi
biasanya ya bisa jadi karena peredaran
uang terlalu banyak yang mengejar
produksi barang yang segitu-segitu aja
bisa juga juga karena ya nilai uang lu
melemah dan bisa juga karena ada masalah
di proses produksi jadi cost pus
inflation harga barang jadi naik karena
biaya produksinya makin naik atau tidak
efisien sekarang pertanyaannya gini
kalau makin banyak duit berada di
masyarakat karena dikasih BLT menurut lu
BLT atau Bansos hampir 500 triliun atau
setengah
kuadriliun menurut lu itu menyelesaikan
masalah buat orang-orang yang enggak
mampu beli bahan pangan itu mungkin
enggak iya mungkin tapi kalau lu pikir
lebih panjang Justru itu bisa
menyebabkan inflasi atau tidak ya Coba
lu jawab sendiri di bawah ini atau itu
cuma akan menimbulkan efek berantai dari
namanya chainflation kasih BLT kasih
bans SOS rebutan banyak duit rebutan
bahan pangan yang semakin terbatas
akibatnya apa bahan pangan yang semakin
terbatas ini semakin mahal kasih BLT
lagi semakin mahal lagi kasih BLT lagi
semakin mah mahal lagi menurut lu masuk
akal menurut lu Bansos itu justru akan
membuat inflasi naik atau justru akan
membuat inflasi menurun karena katanya
gunanya Bansos Itu buat apa melindungi
rakyat dari inflasi Coba gua pengin tahu
sendiri gua tanya balik nih menurut lu
Bansos itu akan menyebabkan inflasi atau
tidak Coba jawab dengan kritis menurut
lu Seperti apa Nah sedikit tambahan ya
terkait dengan industri pangan di tanah
air itu banyak yang bilang masalah ee
dari semua calon presiden menurut gua
tidak ada yang menyentuh masalah intinya
karena menurut gua mereka tidak tinggal
dengan petani dan mereka tidak tahu
bahwa faktanya di lapangan pupuk subsidi
itu tidak ada itu fakta di lapangan
pupuk subsidi itu cuman jadi bahan
makelar lu beli pupuk gampang gini aja
deh sekarang lu beli pupuk R1 juta satu
karung Oke Datang pupuk subsidi harga
Rp200.000 satu karung kalau lu jadi
petani nih lu beli harga Rp200.000 lu
tanam di sawah belum tentu nanti lu
panen bisa dapat R1 juta Iya enggak bisa
rusak dimakan hama bisa rusak kena El
Nino kering banjir dan lain sebagainya
atau Lu lebih Pikir gini Oke gua dapat
pupuk harga
Rp200.000 Gua jual aja deh dengan harga
R juta udah Cuan lima kali lipat loh iya
Enggak sih enggak pakai-pakai nanam
Ripit amat Lu nyangkul-nyangkul sakit
pinggang logikanya ini justru melatih
timbulnya mafia-mafia pupuk di Indonesia
yang tadinya nah profesinya petani
sekarang jadi mafia pupuk gitu Jadi
menurut gua subsidi pupuk itu bukan
merupakan solusi yang utama akibatnya
apa Pupuk jadi langka kalau semua
akhirnya dimainin sama mafia-mafia pupuk
ini kan e dan ini ngajarin orang punya
mental yang tidak baik karena gua tahu
banyak ya Beberapa kepala desa di
Kazakhstan ya berali profesi tadinya
jadi koordinator petani atau poktan atau
gapoktan suunguhnya jadi koordinator
pupuk subsidi yang sebetulnya dia bukan
petani dan seharusnya dia tidak berhak
untuk menerima pupuk tapi dia daftarin
itu ktp-ktp dia kumpulin supaya bisa
dapat pupuk subsidi atau bikin poktan
gakapktan palsu supaya bisa dapat pupuk
subsidi tapi untungnya cuma berlaku di
negara Kazakhstan jadi enggak ada
mafia-mafia pupuk itu kalau di Indonesia
Nah yang kedua Apa masalahnya itu adalah
ketersediaan ini jujur ya pupuk-pupuk
pupuk majemuk pupuk tunggal NPK dan lain
sebagainya yang non subsidi itu
sebetulnya juga merupakan barang langkah
menurut gua pribadi di daerah lebih
terkait sebetulnya dengan bahan baku
pupuk itu sendiri yang kita masih impor
ya dari Rusia jadi teman-teman jangan
kaget kalau gua pergi ke Sulawesi gua
pergi ke Kalimantan pupuknya made in apa
made in Rusia gitu loh jadi menurut gua
ini faktor yang penting ya bahwa
ketersediaan pupuk dibanding pupuk murah
ya ketersediaan pupuk itu sangat penting
tapi pupuk itu sebuah barang langka sih
di Indonesia menurut gua mafianya udah
terlalu berakar solusi yang paling
gampang apa bikin insentif bukan dari
sisi input tapi bikin insentif dari sisi
output jadi harga Gai petani dari sisi
output-nya supaya petani belajar untuk
memproduksi lebih efisien sediakanlah
sistem pembeli output dengan harga yang
stabil dan jaminan pembelian dan ini
yang dilakukan oleh Thailand makanya di
sana petani sukses dan berhasil kenapa
ya karena digaransi kalau lu nanem harga
gabah lu sudahah dijamin oleh negara Oke
lu nanam Berapa modal lu 4.500 Oke gua
beli ya harga gabah lu gkp ya gabah
kering lu harganya di 6.000an deh kalau
gitu di gabahnya gua beli di harga 6.000
lu untung 1500 Oke enggak ya udah oke
gua masih bisa Cuan sekitar 20% lah
masih oke lah Dan dari situ Lu bisa tahu
ada kenyamanan dari sisi petani karena
ada jaminan pembelian produk itu dari
negaranya mereka dan dibelinya di harga
tinggi enggak usah lu repot-repot
sediain subsidi ketika petani sudah tahu
ada garansi bahwa produknya akan dibeli
oleh negara di harga tinggi mereka akan
berinovasi dengan sendirinya Gimana cara
menanam lebih efisien gitu loh itu yang
penting sih tapi ya lagi-lagi ya itu
semua enggak ada gunanya kalau masih
banyak mafia pupuk yang menghalangi dari
ketersediaan pupuk itu sendiri dan gua
udah lihat begitu banyak petani yang
sakit hati sih karena ya mereka
capek-capek kerja cuma buat beli pupuk
gitu loh ujung-ujungnya harga panennya
jatuh ya mungkin beberapa wilayah di
Indonesia menikmati ya ketika harga
beras ini naik dan menurut gua akan
makin naik lagi karena apa ada satu hal
dan ini fresh BR the oven belum ada yang
bahas Kenapa harga beras kok enggak
turun-turun padahal ah diimpor dari luar
negeri tapi kok enggak turun-turun gua
tahu persis kenapa enggak turun-turun
Kalau lu penasaran dan kalau lu setuju
dan pengin dibikin videonya komen aja di
bawah oke pertanyaan yang bagus semoga
menjawab Ya bahwa eh masalah pupuk di
Indonesia itu bukan cuma soal pupuk
subsidi masalahnya adalah makin banyak
petani yang berinovasi menjadi pedagang
bukan lagi bertani fokusnya karena
diajarin oleh negara untuk mempunyai apa
yang namanya moral Hazard lu Langsung
Cuan 500% modal r200.000 langsung jual
R1 juta ngapain lu capek-capai nyangkul
Oke Guys pertanyaan kamu ke keren-keren
bagus-bagus jadi itu ada beberapa yang
mungkin kita bisa bikin jadi video yang
lebih detail lebih panjang teman-teman
boleh komen di bawah ini menurut kalian
dari pertanyaan itu mana sih yang lebih
seru dan lebih cocok buat kita bikin
video yang lebih detail dan lebih
panjang lagi yang Semoga bisa membantu
pola pikir kamu dalam perjalanan
investasi kamu atau bisnis kamu langsung
Segera ya komen di bawah ini buat
teman-teman yang belum dijawab nih
pertanyaannya jangan takut jangan
khawatir akan kita bahas di serial ask
me anything selanjutnya Langsung tulis
aja apa sih pertanyaan kamu buat kita
jawab di serial sama yang selanjutnya
Thank you ya guys buat kamu-kamu yang
udah nanya pertanyaan kamu keren-keren
banget semoga membantu dan semoga
bermanfaat Salam sehat salam Cuan bye
[Musik]
[Tepuk tangan]
bye
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:06:40 UTC
Categories
Manage