Kind: captions Language: id Halo selamat pagi guys Kembali lagi bersama benix di serial Asmi anything yang ke-48 nah ini kabar baik nih Kenapa karena pertanyaannya agak beda nih ini ada hubungan juga dengan ppress dan menurut gua banyak pertanyaan yang fresh from the oven terkait dengan regulasi yang terkait dengan kelistrikan di Indonesia dan masih banyak lagi pertanyaan yang menarik so buat teman-teman Yang penasaran yuk langsung kita bahas aja pertanyaan kalian yang bagus-bagus and keren-kereni So let's cek di [Tepuk tangan] pertanyaan pertama dari Ryan herz sinuraya 6031 kalau pasang solar panel katanya harus izin PLN ya Om benar enggak sih Oke pertanyaan kamu jawabannya jawabannya I dan tidak Oh kok bisa ya Jadi gini kalau lu pasang pembangkit listrik raga surya di Indonesia itu ada dua sistem ond sama offgrid on Grid itu apa on Grid Itu yang lu pasang panel surya buat nyerap siang-siang hari nanti lu pakai listriknya siang-siang tapi kalau udah malam kan enggak ada listrik enggak ada lagi dong sinar matahari lu ganti pakai listrik dari PLN jadi kayak Hybrid nih Nah ini biasanya yang namanya on system Jadi lu masih on Grid lu masih nempel ke jaringan listrik PLN lu enggak 100% tenaga surya di sini kalau lu masih on Grid lu itu harus izin dari PLN nah ini udah diatur sendiri sih di permen ya jadi peraturan setingkat Tri yang dibikin oleh Kementerian SDM tahun 2021 tentang pembangkit listrik tenaga surya ya atau yang dipasang di atap rumah itu nah di situ sudah bisa lihat bahwa memang ada aturan mainnya sendiri kalau teman-teman itu mau masang pembangkit listrik tenaga surya yang nempel dengan jaringan pelen alas on Grid tapi kalau kamu bikinnya offgrid jadi kamu bikin panel surya pembangkit listrik tenaga matahari yang enggak terhubung dengan jaringan PLN Which is offgrid artinya Ya kemungkinan besar lu udah punya baterai cadangan sendiri di rumah so siang-siang lu pakai listriknya pakai dari matahari kalau ada lebih lu simpan di baterai nanti kalau hari sudah berganti jadi malam listriknya tetap hidup ambil dari baterai itu namanya Lu offgrid karena lu enggak nempel dengan jaliran PLN ini lu tidak perlu izin dari PLN so kalau ditanya perlu izin dari PLN atau enggak ya Tergantung Lu on Grid nempel atau enggak atau offgrid Totally independent dari PLN Nah ada juga kabar baru nih terkait kalau zaman dulu masih bisa ya kalau lu onrid lu ada access produce Jadi lu bisa produksi listrik lebih banyak dari yang lu pakai kalau siang hari keuntungan ongrid itu apa lu bisa jual nih ke PLN listriknya kalau Lu makai cuman 2000 Wat hour ternyata tiba-tiba produksi lu 5000 watt hour ada acces 3.000 lu bisa jual tuh ke PLN karena lu kan nempel on Grid Nah itu makanya lu perlu izin zaman itu ya karena lu mau jual balik ke PLN tapi ternyata udah keluar peraturan baru nih dari Pak Jokowi bahwa apa Udah lagi enggak bisa lu jual listrik ke negara Jadi udah enggak ada lagi make sense-nya buat kita buat nempel ke jaringan listrik PLN yang on grrid menurut gua kecuali memang lu ggak sanggup beli baterai yang mahal itu ya jadi Bikinlah ongriade tapi idealnya bikin aja langsung offgriade gakudah gak usah nyangkut lagi ke PLN lu produksi sendiri G gak perlu pakai izin so semoga jelas next Pertanyaan selanjutnya dari faisal Ansori Om benix kelapa sawit itu kan tanaman yang menyerap karbon dioksida seharusnya hal ini bisa mengoffset emisi karbon yang dihasilkan oleh industri lain di Indonesia tapi mengapa ya pemerintah tuh terkesan mengkampanyekan ini cemiu Oke I ya pertanyaannya bagus gitu jadi kan bisa dikuantifisir Ya berapa banyak sih sebetulnya karbon yang diserap oleh tanaman kelapa sawit versus kalau seandainya dulu itu hutan Ya kemungkinan besar sih tetap lebih banyak kalau itu kawasannya hutan Nah kenapa enggak bisa lu jual karbon pertama terkait dengan kampanye negatif Barat cek video kita tentang udr tuh tentang serangan Jerman terhadap Industri Karet Indonesia semoga membantu pemahaman dulu tentang industri sawit juga karena masih berhubungan tapi jawaban singkatnya gini rata-rata kebun sawit di Indonesia ini sejarahnya itu cuman ada tiga Yang pertama apa dulu bekas babat hutan jadi aslinya hutan ditebang buka Kebon sawit itu udah jelas lu ggak bisa jual karbon Kenapa karena yang ada karbonnya itu minus guys lu dulu bisa nyerap begitu banyak karbon lu bikin kelapa sawit gak peduli seberapa banyak karbon yang lu serap tapi lu udah merusak hutan yang bisa menyerap jauh lebih banyak karbon jelas dan lebih divers kalau kelapa sawit itu monoculture cuman satu jenis tanaman jadi enggak bagus buat lingkungan Nah yang kedua sejarahnya kelapa sawit di Indonesia itu Kalau enggak bekas hutan yang kedua itu lahan gambut nah ini juga sama beratnya Kenapa karena lahan gambut itu adalah cararbon sink terbesar di dunia maksudnya gini gambut itu banyak ada di Irlandia ya Di indonesia juga ada salah satunya di Sumatra dan Kalimantan gambut itu tebal banget bisa sampai 5 m 10 m atau lebih itu apa itu adalah karbon yang sudah terdekomposisi jadi sudah membusuk mereka biasanya basah Jadi beberapa orang bilangnya pitland atau wetland mereka basah nah orang kalau buka lahan kelapa sawit di lahan gambut apa yang mereka lakukan mereka keringin ini lahan gambut ketika gambut itu kering apa yang terjadi mudah terbakar akibatnya banyak banget tuh lahan itu yang kebakaran lah kalau di Kalimantan itu udah hal yang normal zaman dulu ya Nah ketika dikeringkan gambut-gambut itu yang sudah terdekomposisi itu apa yang terjadi mereka bisa bereaksi dengan udara sehingga melepaskan karbon dioksida yang lebih baik banyak artinya apa ketika orang membuka lahan kelapa sawit di lahan gambut mereka merusak lingkungan mereka melakukan polusi udara Kenapa karena CO2 yang dirilis oleh lahan gambut yang terbakar itu atau lahan gambut yang mengering itu itu jauh lebih banyak dibandingkan karbon dioksida yang bisa diserap oleh tanaman ganbut Jadi kalau ditanya Apakah kelapa sawit itu karbon neutral jawabannya tidak Apakah dia karbon positif Apalagi itu tu eitherer bekas lahan gambut atau bekas lahan hutan nah ini dua-duanya enggak Baguslah kalau sandainya dirubah jadi lahan sawit satu-satunya lahan sawit yang oke apa ya lahan sawit yang betul-betul ditanam di lahan yang sesuai dengan peruntukannya ya di lahan mineral lahan berpasir atau lebih bagus lagi on degraded land itu seperti yang kita lakukan di Kalimantan jadi bercocok tanam di lahan yang degradit degradit itu apa ya bekas tambang reklamasi karena lahannya udah rusak total kita rubah jadi lahan yang produktif itu jauh lebih bagus ya semoga jelas ya jawabannya next Pertanyaan selanjutnya dari @koceng 28 Om Ben tolong dibahas dong dampak perusahaan properti di Cina yang katanya bangrut itu apa berdampak ke properti Indonesia terima kasih Oke ini pertanyaannya bagus ya Jadi udah banyak perusahaan yang bangkrut di Cina salah satu yang paling gede itu evergre ke depannya bakal masih banyak lagi tuh perusahaan dari Cina yang bakal nyusul Oke ini udah pasti dan ini kabar buruk buat bisnis di Cina ekonomi di Cina karena salah satu sumber penghasilan utama pemerintah Cina itu apa dari bisnis properti dari jualan hak pakai tanah di Cina itu sendiri nah kalau makin banyak yang cololaps ah jelas ya apa yang terjadi perekonomian Cina itu tidak akan bertumbuh secepat sebelumnya artinya apa akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi di Cina itu sendiri dan teman-teman sudah tahu sendiri gua sudahudah berulang kali bilang di sini Mitra dagang terbesar Indonesia itu bukan Timur Leste Mitra dagang terbesar Indonesia itu adalah Cina Jadi kalau ek ekonomi Cina melambat apa yang terjadi kegiatan perdagangan Indonesia ekspor impor Indonesia kemungkinan besar akan ikut melambat Enggak ada alasan dari Cina untuk impor bahan baku lebih banyak dari Indonesia kalau pabrik-pabrik di Cina banyak yang tutup kalau perusahaan-perusahaan di Cina banyak yang bangkrut Kenapa karena duitnya banyak yang nyangkut yang hilang di sana Jadi kalau ditanya Apakah itu tidak berdampak ke Indonesia menurut saya tidak menurut saya itu sangat-sangat berdampak ke Indonesia jadi teman-teman bisa lihat kalau pertumbuhan ekonomi itu Cina itu berkurang Indonesia juga akan ikut berkurang walaupun sangat tipis ya mungkin di bawah 0,5%. jadi ini gambaran buat teman-teman yang investasi di bisnis yang tujuan marketnya customernya mayoritas adalah orang-orang di Cina tuh Jadi lu harus hati-hati Kenapa kemungkinan besar lu akan nyangkut ya mungkin harus Istirahatlah 2 atau 3 tahun ke depan ya Kenapa karena ekonomi di Cina itu lagi slowing down populasinya juga menua jadi teman-teman yang investasi di perusahaan-perusahaan yang mayoritas penghasilannya dari melakukan kegiatan perdagangan ke Cina harus siap-siap ikut melambat semoga masuk akal next pertanyaan terakhir dari rezael trico om Ben bahas mengenai Pangan dong Om Kebetulan saya bekerja di perusahaan distributor pupuk subsidi non subsidi dan bahan kimia seperti amonia asam sulfat dan lain-lain penjualan tahun selama 2023 begitu lesu dan di awal 2024 ini terutama untuk non subsidi dan untuk subsidi di wilayah tertentu aja yang penjualannya tinggi untuk bahan kimia juga lesu seperti untuk pabrik MSG karena isunya ada barang dari Cina yang lebih murah Mohon informasi dan penjelasannya Om benix mengenai masa depan pangan dan utamanya untuk masa depan industri pupuk dan produk turunannya Terima kasih Om Ben Oke pertanyaan kamu bagus banget dan jawabannya sangat menyedihkan ya guys dan ini udah kita bilang berulang kali di luar sana bahwa apa ya makin banyak Indonesia itu impor bahan-bahan pangan di Indonesia ke Indonesia ini ya sudah pasti produsen lokal pebisnis lokal yang berkait dengan pangan itu ya makin kesulitan jadi ini udah fakta lah ini udah dari dulu gua bahas bahkan termasuk ketika kemudian kita bikin video tentang eh India stop ekspor beras loh siap-siap ya Indonesia harga beras bakal naik orang enggak percaya tapi faktanya apa naikan ya atau yang lebih parah lagi itu 2 tahun lalu gua bilang video gua tentang El Nino ya jadi dari 2 tahun lalu gua bilang hari ini Harga beras bakal parah hancur karena elino bakal masuk di 2023 gagal panet 2024 harga naik jadi kenyataan juga gitu Jadi kita kita diserang elino terus diserang juga dengan ekspor beras dari India yang ditutup dan tahun 2024 ini gua pengen bikin video khususnya ya cuma masih belum punya waktu nih buat bikin inp video yang lebih detail tentang pangan Hopefully kita bisa bikin 2 minggu lagi yang pada intinya apa Cina juga Mulai banyak gagal panen kemarin udah gua bilang ya banjir badang di mana-mana di produsen-produsen pangan terbesar di Cina di lahan-lahan yang memproduksi gandum dan beras dan kacang kedelai di Cina banyak yang banjir khususnya yang berdekatan dengan Mongolia Jadi ya teman-teman harus siap-siap bahwa bakal akan naik terus harga pangan di Indonesia nah Satu Yang penting harus kita Garis bawahi adalah kegiatan Bansos atau BLT atau bantuan Anti Anti inflasi orang bilang bantuan anti Elnino dan lain sebagainya lu kalau pikir-pikir lebih pikir lebih dalam lagi ya Gua suka ngajarin lu Apa sih penyebab inflasi biasanya ya bisa jadi karena peredaran uang terlalu banyak yang mengejar produksi barang yang segitu-segitu aja bisa juga juga karena ya nilai uang lu melemah dan bisa juga karena ada masalah di proses produksi jadi cost pus inflation harga barang jadi naik karena biaya produksinya makin naik atau tidak efisien sekarang pertanyaannya gini kalau makin banyak duit berada di masyarakat karena dikasih BLT menurut lu BLT atau Bansos hampir 500 triliun atau setengah kuadriliun menurut lu itu menyelesaikan masalah buat orang-orang yang enggak mampu beli bahan pangan itu mungkin enggak iya mungkin tapi kalau lu pikir lebih panjang Justru itu bisa menyebabkan inflasi atau tidak ya Coba lu jawab sendiri di bawah ini atau itu cuma akan menimbulkan efek berantai dari namanya chainflation kasih BLT kasih bans SOS rebutan banyak duit rebutan bahan pangan yang semakin terbatas akibatnya apa bahan pangan yang semakin terbatas ini semakin mahal kasih BLT lagi semakin mahal lagi kasih BLT lagi semakin mah mahal lagi menurut lu masuk akal menurut lu Bansos itu justru akan membuat inflasi naik atau justru akan membuat inflasi menurun karena katanya gunanya Bansos Itu buat apa melindungi rakyat dari inflasi Coba gua pengin tahu sendiri gua tanya balik nih menurut lu Bansos itu akan menyebabkan inflasi atau tidak Coba jawab dengan kritis menurut lu Seperti apa Nah sedikit tambahan ya terkait dengan industri pangan di tanah air itu banyak yang bilang masalah ee dari semua calon presiden menurut gua tidak ada yang menyentuh masalah intinya karena menurut gua mereka tidak tinggal dengan petani dan mereka tidak tahu bahwa faktanya di lapangan pupuk subsidi itu tidak ada itu fakta di lapangan pupuk subsidi itu cuman jadi bahan makelar lu beli pupuk gampang gini aja deh sekarang lu beli pupuk R1 juta satu karung Oke Datang pupuk subsidi harga Rp200.000 satu karung kalau lu jadi petani nih lu beli harga Rp200.000 lu tanam di sawah belum tentu nanti lu panen bisa dapat R1 juta Iya enggak bisa rusak dimakan hama bisa rusak kena El Nino kering banjir dan lain sebagainya atau Lu lebih Pikir gini Oke gua dapat pupuk harga Rp200.000 Gua jual aja deh dengan harga R juta udah Cuan lima kali lipat loh iya Enggak sih enggak pakai-pakai nanam Ripit amat Lu nyangkul-nyangkul sakit pinggang logikanya ini justru melatih timbulnya mafia-mafia pupuk di Indonesia yang tadinya nah profesinya petani sekarang jadi mafia pupuk gitu Jadi menurut gua subsidi pupuk itu bukan merupakan solusi yang utama akibatnya apa Pupuk jadi langka kalau semua akhirnya dimainin sama mafia-mafia pupuk ini kan e dan ini ngajarin orang punya mental yang tidak baik karena gua tahu banyak ya Beberapa kepala desa di Kazakhstan ya berali profesi tadinya jadi koordinator petani atau poktan atau gapoktan suunguhnya jadi koordinator pupuk subsidi yang sebetulnya dia bukan petani dan seharusnya dia tidak berhak untuk menerima pupuk tapi dia daftarin itu ktp-ktp dia kumpulin supaya bisa dapat pupuk subsidi atau bikin poktan gakapktan palsu supaya bisa dapat pupuk subsidi tapi untungnya cuma berlaku di negara Kazakhstan jadi enggak ada mafia-mafia pupuk itu kalau di Indonesia Nah yang kedua Apa masalahnya itu adalah ketersediaan ini jujur ya pupuk-pupuk pupuk majemuk pupuk tunggal NPK dan lain sebagainya yang non subsidi itu sebetulnya juga merupakan barang langkah menurut gua pribadi di daerah lebih terkait sebetulnya dengan bahan baku pupuk itu sendiri yang kita masih impor ya dari Rusia jadi teman-teman jangan kaget kalau gua pergi ke Sulawesi gua pergi ke Kalimantan pupuknya made in apa made in Rusia gitu loh jadi menurut gua ini faktor yang penting ya bahwa ketersediaan pupuk dibanding pupuk murah ya ketersediaan pupuk itu sangat penting tapi pupuk itu sebuah barang langka sih di Indonesia menurut gua mafianya udah terlalu berakar solusi yang paling gampang apa bikin insentif bukan dari sisi input tapi bikin insentif dari sisi output jadi harga Gai petani dari sisi output-nya supaya petani belajar untuk memproduksi lebih efisien sediakanlah sistem pembeli output dengan harga yang stabil dan jaminan pembelian dan ini yang dilakukan oleh Thailand makanya di sana petani sukses dan berhasil kenapa ya karena digaransi kalau lu nanem harga gabah lu sudahah dijamin oleh negara Oke lu nanam Berapa modal lu 4.500 Oke gua beli ya harga gabah lu gkp ya gabah kering lu harganya di 6.000an deh kalau gitu di gabahnya gua beli di harga 6.000 lu untung 1500 Oke enggak ya udah oke gua masih bisa Cuan sekitar 20% lah masih oke lah Dan dari situ Lu bisa tahu ada kenyamanan dari sisi petani karena ada jaminan pembelian produk itu dari negaranya mereka dan dibelinya di harga tinggi enggak usah lu repot-repot sediain subsidi ketika petani sudah tahu ada garansi bahwa produknya akan dibeli oleh negara di harga tinggi mereka akan berinovasi dengan sendirinya Gimana cara menanam lebih efisien gitu loh itu yang penting sih tapi ya lagi-lagi ya itu semua enggak ada gunanya kalau masih banyak mafia pupuk yang menghalangi dari ketersediaan pupuk itu sendiri dan gua udah lihat begitu banyak petani yang sakit hati sih karena ya mereka capek-capek kerja cuma buat beli pupuk gitu loh ujung-ujungnya harga panennya jatuh ya mungkin beberapa wilayah di Indonesia menikmati ya ketika harga beras ini naik dan menurut gua akan makin naik lagi karena apa ada satu hal dan ini fresh BR the oven belum ada yang bahas Kenapa harga beras kok enggak turun-turun padahal ah diimpor dari luar negeri tapi kok enggak turun-turun gua tahu persis kenapa enggak turun-turun Kalau lu penasaran dan kalau lu setuju dan pengin dibikin videonya komen aja di bawah oke pertanyaan yang bagus semoga menjawab Ya bahwa eh masalah pupuk di Indonesia itu bukan cuma soal pupuk subsidi masalahnya adalah makin banyak petani yang berinovasi menjadi pedagang bukan lagi bertani fokusnya karena diajarin oleh negara untuk mempunyai apa yang namanya moral Hazard lu Langsung Cuan 500% modal r200.000 langsung jual R1 juta ngapain lu capek-capai nyangkul Oke Guys pertanyaan kamu ke keren-keren bagus-bagus jadi itu ada beberapa yang mungkin kita bisa bikin jadi video yang lebih detail lebih panjang teman-teman boleh komen di bawah ini menurut kalian dari pertanyaan itu mana sih yang lebih seru dan lebih cocok buat kita bikin video yang lebih detail dan lebih panjang lagi yang Semoga bisa membantu pola pikir kamu dalam perjalanan investasi kamu atau bisnis kamu langsung Segera ya komen di bawah ini buat teman-teman yang belum dijawab nih pertanyaannya jangan takut jangan khawatir akan kita bahas di serial ask me anything selanjutnya Langsung tulis aja apa sih pertanyaan kamu buat kita jawab di serial sama yang selanjutnya Thank you ya guys buat kamu-kamu yang udah nanya pertanyaan kamu keren-keren banget semoga membantu dan semoga bermanfaat Salam sehat salam Cuan bye [Musik] [Tepuk tangan] bye