⛔ LOANS TO PAY FOR COLLEGE AT ITB?? GITA WIRJAWAN'S NAME IS ALSO IN THERE? Huh!!! How is that pos...
sKpPah1WSvQ • 2024-02-01
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
guys guys ngeri banget nih guys kemarin
ada berita heboh itu banyak mahasiswa ya
itu yang kaget khususnya di salah satu
Universitas Negeri paling canggih di
Bandung ternyata sekarang sudahudah
melakukan program pinjol buat bayar
Ruang kuliah mahasiswa menolak kebijakan
ITB yang mengharuskan mahasiswa tak
mampu untuk membayar uang kuliah Tunggal
menggunakan pinjaman online Tolong
jangan asingkan kami di rumah kami
sendiri Bu makanya caranya harus sopan
kami mengundang Anda perwakilan lima
orang tidak untuk ramai-ramai di sini
Kenapa ini bahaya Gua pernah bilang tuh
sebelumnya di video kita tentang
e-learning tentang berhentinya Ya salah
satu startup edukasi online yang namanya
Zenius dan gua juga bilang di India ada
kasus gede tentang salah satu perusahaan
baiju edukasi online juga yang berbahaya
Kenapa karena ujung-ujungnya ya orang
kan ikut platform belajar atau kuliah
itu pengin tambah pintar eh Eh sekarang
bukannya tambah pintar tambah hutang nah
sekarang heboh nih tentang adanya pinjol
di salah satu universitas bergengsi di
Indonesia yang namanya Institut
Teknologi Bandung Kok bisa ya daftar
kuliah eh jadi kejebak pinjol kalau lu
penasaran jangan skip video ini So let's
Check This
Out
[Musik]
guys kamu tahu enggak baru beberapa
bulan lalu ya kominfo itu baru aja bikin
pengumuman ya atau lebih tepatnya
peringatan isinya tentang bahwa kerugian
pinjol itu sudahah sampai
138 triliun di masyarakat Indonesia jadi
Kementerian itu sudah mulai was-was nih
karena mulai banyak orang-orang yang
terjebak pinjol ya apalagi banyak juga
yang ilegal dan masyarakat akibatnya
jadi dirugikan kenapa karena udah
bisnisnya ilegal enggak ada izin
penagihannya juga cenderung kasar dan
yang lebih ngeri bunganya sadis
akibatnya apa ya rakyat rugi ratusan
triliun rakyat Indonesia so kemudian
menkomino bikin warning tuh guys menurut
informasi terakhir dari Kementerian
komunikasi dan Informatika ya dengan
menterinya Pak Budi Ari Setiadi itu
beliau mengingatkan bahwa pentingnya
kolaborasi antar Kementerian atau
lembaga terkait untuk meningkatkan
literasi digital kepada masyarakat
Kenapa ini penting gunanya mencegah
masyarakat menjadi korban kemajuan
teknologi digital mulai dari perjudian
online pinjaman online ilegal hingga
penipuan berbasis digital lainnya dan
ini betul-betul bahaya karena menjerat
leher Masyarakat khususnya masyarakat
kecil yang tidak tahu menahu dan tidak
tahu edukasi atau literasi secara
digital Nah dari sini teman-teman sudah
lihat ya ternyata ada tiga hal penting
nih yang betul-betul harus kita ajarin
nih sama masyarakat di Indonesia karena
apa Indonesia Katanya sudah berhasil
memberantas buta huruf nah yang belum
diberantas adalah buta finansial
Maksudnya apa di Indonesia itu masih
banyak orang yang percaya bahwa cara
cepat menjadi kaya adalah dengan ikut
judi online ikut trading online ikut
program MLM enggak jelas gitu
ujung-ujungnya Apa cuma lu jadi korban
penipuan lah udah banyak yang seperti
itu Nah akibatnya apa perlu adanya
edukasi nih buat teman-teman untuk tidak
gampang terjebak yang namanya tadi
pertama perjudian online karena udah
pasti guys udah pasti ya Yang ada lu
bukannya tambah kaya tapi tambah miskin
sekarang lebih bagus lagi karena kemarin
baru dapat kabar Ada kenalan kita
ditangkap sama polisi Kenapa dia main
judi online jadi ditangkap di rumahnya
sendiri di Kelapa Gading di gererebek
Padahal dia bukan Bandar ya dia juga
bukan penipu atau apa Enggak dia pemain
jadi ternyata by regulasi para pemain
judi online jangan lu santai-santai aja
di rumah lu bisa ditangkap l karena lu
melakukan tindakan ilegal yaitu ber judi
di Indonesia itu ilegal Nah yang kedua
apa yang kedua adalah pinjol guys
khususnya pinjol-pinjol ilegal itu juga
bahaya perlu diedukasi banyak orang
terjebak Banyak orang enggak sengaja nih
minta KTP ngasih fotokopi KTP ngasih SIM
eh ujung-ujung apa difoto terus
didaftarin ke pinjol ada yang ilegal ada
yang legal keluar duitnya lu enggak
terima duitnya yang terima dia tapi lu
didatangin dep collector jadi
teman-teman harus hati-hati tuh tentang
kewaspadaan terhadap data-data digital
kamu terhadap Oh lu punya rekening bank
lu punya ATM lu punya kartu kredit lu
punya pasport lu punya KTP enggak usah
difoto-foto disebarlaskan ke orang-orang
yang enggak jelas jangan mau jangan
pernah lu mau kalau mereka minta Jangan
pernah kasih Kenapa karena di luar sana
itu ada bisnis jual beli data KTP kamu
jual beli data paspor kamu Kartu kredit
kamu nomor handphone kamu ingat ya di
Indonesia ini enggak ada yang namanya
kerahasiaan terhadap data privasi kamu
enggak ada guys enggak ada serius
Beneran enggak ada itu ada di dunia
mimpi tapi kalau di Indonesia ini ya
tahu sama tahul lah so teman-teman harus
lebih hati-hati dan bijaksana apalagi
apa zaman sekarang makin banyak
scam-scam penipuan online pinjol-pinjol
aplikasi-aplikasi yang aneh-aneh tuh dan
lu enggak menikmati sebetulnya hasilnya
karena lu juga enggak pernah daftar
tahu-tahu ada yang nagih aja rata-rata
yang jadi korban ni orang-orang yang
usianya tua ya so teman-teman dari
sekarang juga udah bisa mulai edukasi ke
orang tuanya buat Jangan sembarangan tuh
ngasih nomor handphone nomor kartu
kredit alamat rumah lah foto KTP lah
jangan mau jangan mau nah itu guys
itulah sedikit banyak pengantar Kenapa
di zaman digital ini kita betul-betul
harus me-elag m-elag teknologi I bagus
m-elag finansial lebih bagus lagi jadi
teman-teman enggak mudah nih kejebak Nah
kita mau bahas Salah satu hal yang
paling penting yang krusial banget dan
gua udah wany Wanti lu dari kemarin dari
tahun lalu tentang bangkrutnya
perusahaan startup digital di India yang
namanya baiju ini perusahaan nilainya
triliunan guys dan mereka bangkrut dan
ternyata juga banyak yang komplain
kenapa karena ketika mereka colab banyak
orang ketika bayar uang kursus atau uang
kuliah itu langsung bayar 1 tahun ya t
tengah jalan bangkrut nih software-nya
perusahaannya akibatnya apa orang bukan
dapat ilmu malah boncos rugi yang kedua
udah bayar uang kuliahnya atau uang
kursusnya pakai uang pinjol pinjolnya
Tetap jalan terus bayar bunga lu Tetap
jalan terus tapi perusahaannya udah
bangkrut kan lu jadi rugi dua kali so Lu
benar-benar harus hati-hati Nah gua mau
bahas soal di Indonesia kemarin lagi
heboh Ternyata apa apa yang gua R kan
menjadi kenyataan apa yang terjadi di
Universitas paling terkenal di Indonesia
namanya Institut Teknologi Bandung ITB
ternyata kemarin baru viral karena ada
kolom lu bayar Ang kuliah itu pakai
pinjol Nah jadi di sini ini sebuah hal
yang sangat inovatif nih menurut gua
kenapa inovatif jadi ini membuktikan
memang ITB itu terdepanlah di dalam
bidang Inovasi dan teknologi ya tapi
dari sini kita bisa lihat salah satu
contohnya teknologi pinjol so ini sangat
sangat canggih ya orang lulus juga belum
dapat kerja dapat gaji juga belum
sudahah bayar bunga Brilian gitu loh ini
ide yang sangat revolusioner nih menurut
gua nah ada banyak orang yang setuju ada
juga yang enggak setuju Kalau yang
setuju bilang ya P namanya uang kuliah
makin lama makin mahal Enggak semua
orang bisa bayar jadi bisa membantu dong
kalau sand yang pakai pinjol begini ya
bisa jadi lu bisa jadi benar dengan
catatan ya dengan catatan memang ya
kuliahnya benar sesuai yang lu harapkan
Terus yang kedua kalau lu dapat kuliah
itu lu memang betul bisa melaksanakan
kewajiban untuk membayar hutang Kenapa
yang terakhir itu bahaya apalagi soal
bunga ya karena menurut gua begini bunga
itu enggak main-main yang namanya Bunga
itu terus bergulung apalagi dunia pinjol
itu sadis bunganya bisa berbunga Lu
harus cek bunga yang lu ambil untuk
kuliah itu bunga yang tetap atau
bunganya progresif sekali lu telat bayar
ngegulung terus itu bunga seperti Bola
Salju nah satu yang kita ah tes Nih di
salah satu aplikasi pinjol yang ada di
ITB itu kita tes Lu lihat di layar kaca
kita coba minjam R juta Nah lalu Masa
bayarnya 24 bulan ternyata R juta itu
berubah jadi R5 juta so artinya apa
bunganya 50% lebih guys dalam 24 bulan l
lu bayangin minjam R juta lu suruh bayar
R1 juta bunga 50% menurut lu itu gede
atau kecil Kalau menurut gua gede jujur
aja menurut gua itu gede ya lu bunga KPR
juga enggak nyampai juga lu bayar 50%
dalam 24 bulan enggak ada ternyata lebih
murah beli rumah dibanding kuliah di ITB
bunga beli rumah enggak sampai % Nah
sekarang kita coba nih gimana kalau
minjamnya R juta buat bayar orang kuliah
kamu bayarnya 12 bulan ternyata Bunganya
berapa bunganya
24%. so lu masukin R juta nanti lu harus
bayar R juta plus r2.400.000 jadi ini
fakta ya berdasarkan data R Jadi lu bisa
lihat apa Oh bunganya 24% per tahun Nah
coba lu pikir sendiri deh itu menurut lu
rindah atau tinggi kalau menurut gua ya
mendingan lu kredit rumah dah udah jelas
dapat rumah gitu kan dan bunganya engak
segede gitu bunganya paling hebat 11%
12% itu udah ketinggian gitu loh jadi
menurut gua ini Ngeri sih e mungkin
lebih tepatnya ini Brilian sih
sebetulnya profesor-profesor ni nomor
wahid nih mereka enggak ngerti bikin
cara roket keburan tapi ngerti gimana
cara ambil duit kamu luar biasa ya Nah
kalau ditanya lagi ini sebetulnya ilegal
enggak ngasih bunga 24% atau 50% dari
profesor- Brilian ini kalau menurut OJK
sih ini legal-legal aja dan sah-sah aja
ya gua sepakat sepanjang dia melakukan
kegiatan bisnis sesuai dengan peraturan
yang berlaku ya why not so kalau
teman-teman ngomong by legalitas yang
menurut gua m melakukan hal yang legal
tapi kalau ditanya kalau gua pribadi mau
ikut ambilin atau enggak menurut gua
gini guys kalau ada perkuliahan yang
menurut lu lu enggak Sanggup buat bayar
ya lu Carilah tempat lain yang lu bisa
bayar lu punya kemampuan untuk bayar
atau lu Daftarlah bayar siswa atau juga
kalau lu gak bisa buat beasiswa kerja
dulu kumpulin duit habis itu kuliah
menurut gua itu jauh lebih oke dibanding
lu kejebak pinjol suruh bayar 50%
bunganya enggak masuk akal 24% setahun
Aduh ketinggian lah lulus juga belum
kejebak pinjoli ya bayar bunga tinggiya
Nah orang-orang di sini yang pada
mendukung nih gua mau bilang ya
rata-rata pada bilang begini tapi Pak
Ben Kita harusnya mendukung loh biar
makin banyak orang yang bisa sekolah
kuliah karena ini kan toh sama dengan di
Amerika Serikat di Amerika Serikat ada
yang namanya student loan so banyak
rakyat Amerika Serikat itu mau kuliah
itu enggak punya duit mereka ikut pinjol
minjamlah mereka ngutang ujung-ujungnya
kejebak guys Kena apa bunganya tinggi
banget itu pertama yang kedua itu masa
berlakunya itu bisa sampai 50 tahun jadi
lu punya anak anak lu punya anak lagi
baru lunas itu lu punya hutang sama
kampus menurut gua Indonesia enggak
perlu jadi seperti itu kenapa karena
banyak contoh negara-negara maju lain ya
Selain Amerika Serikat yang bisa punya
mahasiswa terdidik punya siswa yang
pintar-pintar tanpa harus kejebak pinjol
Contohnya apa di Jerman lu kuliah gratis
lu masih banyak negara-negara maju
menurut gue yang masih punya akal sehat
lu enggak usah lu bayar hutang sampai
turuntemurun seperti yang terjadi di
Amerika ujung-ujungnya apa ya mereka
semua sakit hati mereka Nyesel kenapa
mereka perlu bayar hutang bunga sebanyak
itu padahal duitnya lebih berguna
Mungkin lu pakai buat buka bisnis buka
usaha lebih R so banyak orang kemudian
yang sedih Nah yang kedua gini kalau lu
pakai logika itu lu harus gua kasih tahu
ya bedanya pinjol kuliah di Indonesia
sama di luar negeri yang pertama dari
segi bunga bunga di luar negeri itu
sangat rendah enggak nyampai dari enggak
nyampai dibawah 5% lah buat lu student
loan itu di Indonesia bunganya Tadi gua
udah bilang setahun bisa 24% 2 tahun
bisa 50% wah ini enak banget nih ini
dukun yang menggandakan duit aja kalah
guys cangginnya guys Gua belum pernah
lihat ada dukun duit 1 miliar bisa jadi
1,5 m dalam waktu 2 bulan duit 10 m bisa
jadi 15 m ini canggi guys ini dukun
dukun sakti kayaknya bisa pada belajar
nih dari pinjol-pinjol ini cara
melipatkan uang secara legal ya yang
kedua yang membedakan adalah jangka
waktu untuk membayar cicilannya Kalau di
luar negeri orang tahu ini kan orang
belum kerja jadi mereka bikin panjang
itu masa berlaku pinjamannya jadi
periode cicilnya itu panjang banget
kalau di Indonesia periodenya singkat
menurut gua nyekek akibatnya apa sudah
periodenya singkat bunganya jadi tinggi
kalau seandainya periodenya bisa ditarik
lebih panjang dan bunganya lebih rendah
kan jadi enggak mencekek Yang ketiga dan
ini menurut gua yang ngeri di Indonesia
bunganya itu berjalan dari detik pertama
lu daftar di luar negeri kamu baru bayar
bunga tuh pinjaman kamu itu itu setelah
kamu lulus kuliah dan mulai bekerja
menurut gue itu masuk akal Iya dong Dia
kan ambil hutang buat bayar uang kuliah
harapannya setelah lulus kuliah dapat
kerja dari kerja itu bisa bayar
hutangnya masuk akal Ya di Indonesia lah
mahasiswanya lulus juga belum Kok sudah
harus bayar bunga dari awal bunga yang
gede itu menurut gua ini enggak Engak
enggak pas lah so kalau ditanya gua Pro
atau anti dengan yang namanya pinjam
online jujur aja gua mendukung asal tadi
dengan ada syarat tadi ya bunganya
rendah jangka waktunya panjang dan yang
paling penting apa dia bayar cicilannya
Tunggu dia selesai kuliah lah minimal
enggak usah sampai dia dapat kerja tapi
tunggu dia selesai kuliah lah jadi dia
bisa bayar itu secara mandiri kalau
begini kan ujung-ujungnya Ya mencekek
orang tuanya sendiri dong dengan ambil
pinjal yang ya menurut gua tinggi banget
gua sih sangat tidak setuju nah satu
yang perlu kita cermati ya dan gua syok
ketika melihat eh pinjol yang bergerak
bersama itib ini itu ternyata namanya
dana cita nih khusus yang di ittib ini
ternyata itu digawangi salah satu tim
penasihatnya adalah mantan menteri di
Indonesia namanya Gita Wiryawan nah gua
jadi bertanya-tanya nih kok sosok Pak
Gita wirywan yang sangat dikagumi oleh
banyak masyarakat di Indonesia kok bisa
ikut terlibat nih dengan kegiatan pinjam
online sejenis ini ya apa beliau mend
dukung kalau gua pribadi gua tidak
setuju tadi ada tiga alasan itu yang gua
sangat-sangat tidak setuju bunganya
sangat tinggi jangka waktunya cuman 2
tahun anaknya ini belum tentu Lulus bisa
Drop Out di tengah jalan dan yang ketiga
ya Kok penagihannya dari detik itu juga
menurut gua ya yang masuk akal Ya
ditagih lah Setelah dia lulus kuliah
lebih bagus lagi ya Setelah dia mulai
bekerja juga jadi bisa mulai membayar so
teman-teman ya Semoga kita bisa belajar
dari kasus baiju sekali lagi gua bukan
orang yang anti inovasi ya buat
profesor-profesor di luaran sana yang
gak bisa ketemu gimana caranya bikin
roket ke bulan tapi sebagai gantinya
mereka bikin pinjol yang bunganya tinggi
gua bukan anti dengan itu sama sekali
enggak memang orang punya kelebihan dan
kekurangan masing-masing gitu kan ada
yang ya ada yang gak bisa bikin roket
tapi bisa bikin bisnis tengkulak kan ya
inovasilah tapi yang disayangkan apa ya
kita enggak mau ya bangsa Indonesia ini
belum lahir sudahah punya hutang Iya
dong atau mahasiswa kita belum lulus
sudah berutang ya Apa jadinya nanti
kalau seandainya ini menjadi hal yang di
biasakan sama seperti di Amerika satu
orang bisa punya kartu kredit 5 7 10
hutang bergulung-gulung dari negara
kakek moyang sampai anak cucu semua
lahir ah langsung berhutang menurut gua
eh Indonesia kayaknya enggak perlu deh
sampai ke arah sejauh itu jauh lebih
bagus ambil hutang itu buat hal yang
produktif ya Kuliah itu investasi
pendidikan itu investasi tapi
berutang apalagi kalau bungai tinggi
banget menurut gua itu bukan Jalan
satu-satunya lah masih banyak jalan lain
yang lu bisa lakukan di Indonesia ini
dan buat pemerintah ya Tolonglah kita
belajar jangan dari Amerika lah jangan
semua yang mereka bikin tuh kita copy
paste belum tentu juga benar dan bagus
contohnya tadi gua ah lihat kasih tahu
lu ya kayak di Jerman aja orang bisa
kasih kuliah biaya murah di Belanda
orang kuliah biaya murah berkualitas
tinggi ya mereka aja bisa tanpa pakai
ikut student la studen laan enggak jelas
Oke Guys semoga jelas ya Kalau kamu
sendiri gimana kamu setuju enggak
kampus-kampus di Indonesia atau ITB dan
kampus yang lain ini ya itu membuat
program pinjol bayar uang kuliah pakai
pinjaman pinjamannya bunganya 50% per 2
tahun bunganya 50% per2 tahun lu Setuju
enggak atau lebih baik Pakai yang
bunganya 24% per 1 tahun Oke Guys jangan
lupa ya kasih komentar pandangan kamu
gimana Apakah kamu mendukung bisnis
pinjol masuk kampus atau menurut kamu
sebaiknya enggak usah deh dan cek juga
di situ Bagaimana jutaan rakyat India
terjebak hutang Dep klektor demi
mengikuti edukasi online yang ada di
India ujung-ujungnya colaps juga belajar
guys dari kesalahan di negeri seberang
Oke semoga video ini bermanfaat sehat
salam Cuan bye
bye
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 02:06:36 UTC
Categories
Manage