Transcript
A16ZezoJpE0 • CAN GOTO STOCK STILL RISE? Let's LEARN TOGETHER!! #AMA43
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0165_A16ZezoJpE0.txt
Kind: captions
Language: id
Halo selamat pagi guys kita kembali ke
serial ask me anything yang
ke-43 pertanyaannya keren banget dan
beberapa ada yang sedikit misteri nih
nyenggol-nyenggol tapi ya okah kita
bahas aja satu-satu kalau lu penasaran
langsung tonton video ini jangan diskip
ya So let's Check
this
pertanyaan pertama dari Mulyani
d2602 Om Ben Saya mau tanya dong kalau
perusahaan mempunyai peningkatan laba
dua kali lipat secara year on year dia
tidak membagikan dividen labanya itu
dipakai buat modal ekspansi tapi sebagai
pengganti dividen dia membagikan saham
bonus yang setara 77% laba yang tadi
Apakah ini bagus atau jelek Om soalnya
seperti perkataan Om bahwa perusahaan
yang enggak bagi dividen dan fokus pada
pengembangan perusahaan itu bagus tapi
di cases ini dia malah menambah saham
yang beredar Makasih Om Oke
pertanyaannya bagus nih ya jujur gua gak
tahu namanyaemannya apa ya Jadi buat
teman-teman yang sudah lama Follow benix
ya pasti sudah tahu ya gua bukan aliran
investor yang sangat mencintai yang
namanya dividen karena buat gua deviden
itu tidak menarik Why pajak deviden itu
gede banget guys sementara kalau lu
dapat Cuan dari capital gain pajak yang
lu bayar ditotal sama biaya komisi buat
Bandar ya cuma 1 2% so gua akan lebih
prefer orang punya dana duit duit cash
ya dia Tahan daripada dibagi-bagikan
kenapa kalau dia Tahan logikanya berarti
aset perusahaan bertambah dong duitnya
dia Tahan cash-nya nambah terus nambah
terus nambah terus aset dalam bentuk
duit cash kabar baik atau kabar buruk ya
Kabar baik terus duit cash-nya dipakai
buat apa beli tanah Oh itu aset nilainya
bisa bertumbuh duit cash-nya dipakai apa
beli mesin bangun pabrik ekspansi buka
cabang good news good news so buat gua
itu sangat baik Nah ada beberapa
investor memang ang yang prioritasnya
buat apa buat bagi dividen ya itu Sasa
aja memang strategi investasi bisa
beda-beda dan memang Cuan dari investasi
itu ada dua lu bisa dapat capital gain
atau dapat dividen dah that's it
sesuaikan dengan strategi investasi kamu
aja kamu mau yang mana ya tapi gua
pribadi lebih senang mengincar Capital
gen ya salah satunya alasan karena
pajaknya lebih kecil now kalau
seandainya ada perusahaan tidak bagi
deviden dalam bentuk duit rupiah tapi
bagi deviden dalam bentuk saham itu juga
sah-sah aja dengan catatan memang yang
paling penting ya yang paling yang
penting keuntungannya itu dipakai untuk
ekspansi dan ekspansinya berjalan dengan
baik itu yang lebih penting bisnisnya
sukses menurut gua itu dulu kedua soal
dia bagi dividennya dalam bentuk uang
atau dalam bentuk saham sendiri itu
belakangan lah kita harus lihat orangnya
dan bisnisnya jalan apa enggak Nah kalau
seandanya bisnisnya enggak jalan ya
siap-siap aja walaupun lu dapat saham
segambreng lu dapat deviden dalam bentuk
saham sampai 7 juta lembar 10 juta
lembar Tapi perusahannya boncos sama aja
bohong jadi enggak penting saham lu itu
cuma jadi bungkus kacang goreng
dibanding Lu tahan lama lama-lama
mending lu jual ke tukang loak dapat
Rp1.000 per kilo so bukan itu yang
penting menurut gua yang harus dilihat
adalah bisnisnya itu sendiri baru
kemudian kita cek bisnisnya berjalan
atau tidak direksinya amanah atau tidak
GCG atau tidak ya Kalau seandainya
prospek sektornya juga bagus Why not
tapi kalau enggak ya mau dia bagi
dividen maupun tidak bagi dividen sama
aja bohong kalau dia punya duit ternyata
dipakai buat nambah istri guys bukan
nambah Cuan Ya sama aja bohong gitu l
walaupun dia enggak bagi dividen Jadi
bukan artinya perusahaan yang bagi
dividen itu bagus dan bukan artinya
perusahaan yang tidak bagi dividen itu
juga bagus enggak enggak ada hubungannya
Lu harus lihat bisnisnya itu sendiri
dijalanin kayak apa dengan benar atau
tidak ya semoga Cukup jelas ya mungkin
sikit tambahan nih mungkin ada di sini
beberapa investor pemula ya yang bingung
tentang peredaran saham yang beredar di
masyarakat Ya itu ada banyak car lah
salah satunya dengan right isue ya salah
satunya tadi bagi deviden saham kalau
buat gua yang paling gua prefer sih
let's say memang yang lu inginkan
ternyata sahamnya ya Lu lebih propus ke
sana punya saham lembaran lebih banyak
Gua akan lebih prefer perusahaan yang
melakukan stock split sih dibanding
melakukan hal-hal lain ya buat menambah
saham beredar di masyarakat semoga Cukup
jelas ya guys Oke next Pertanyaan
selanjutnya dari
remustian pertanyaan untuk ama
berikutnya nih Om baru-baru ini asosiasi
perusahaan tekstil bilang kalau mereka
hampir bangkrut gara-gara predatory
pricing Apakah benar toko-toko baju
Tanah Abang misalnya dan beberapa
retailer lain itu ambil bahan kain atau
garmennya dari pabrik-pabrik lokal juga
Bukannya mereka kebanyakan ngambil dari
China ya Terima kasih insight-nya Om
Bagus nih ini kayaknya yang ngomong
orang dunia tekstil nih jadi memang
banyak pabrik baju ya kita ngomong
garmen ya kita ngomong fashion ya
sekarang kalau lu telusuri ujungnya
semua baju itu pasti dalam bentuk benang
ya Jujur aja banyak benang kita itu
impor jadi ya hubungannya masih ada
ketergantungan enggak dengan barang
impor ya masih ada kenapa Karena di
Indonesia pabrik yang bisa merubah
minyak bumi menjadi benang jumlahnya
bisa dihitung dengan jari itu butuh
investasi petrochemical yang jumlahnya
sangat-sangat mahal Makanya banyak orang
rebutan benang di Indonesia ini
teman-teman kalau pengusaha tekstil yang
merubah benang menjadi kain Gua yakin
kalian pasti tahu terutama teman-teman
di Jawa Barat sama tengah ya kalian
pasti tahu bahwa ya realitanya di market
orang itu rebutan buat bisa beli benang
dan gua tahu banyak pabrik yang bahkan
sampai nyogok nyogok gimana dia datang
ke pabrik benang udahlah kalau lu punya
barang gua kasih ke gua aja deh nih gua
sogok nih gua kasih lu duit bayangin ini
orang mau beli barang sampai nyogok loh
sampai segitunya loh jadi sales-ses
benang itu duitnya banyak banget guys
karena apa ya Banyak orang yang mau
nyodok antrian Ke sana oke pilihan lain
apa mereka bisa langsung impor sih dari
Cina atau dari India dari negara apapun
cuma biayanya juga Mahal biaya
transportnya mahal belum pajaknya juga
mahal memang paling benar ya mereka beli
dari pabrik-pabrikan lokal tapi karena
pabrikan lokal juga enggak banyak yang
bisa memenuhi ya ujung-ujungnya ya apa
mayoritas juga mereka belinya impor now
pabrik benang lokal pun bahannya itu
dari minyak bumi Petrokimia bannya dari
mana petrokimianya ya mayoritas juga
masih impor Jadi benar pertanyaan kamu
industri tekstil Indonesia ya suka tidak
suka masih bergantung dengan bahan
bakunya ya utamanya dari luar negeri now
sekarang teman-teman ngomong predatory
pricing itu apa ya produk yang dijual
begitu murahnya bisa karena duming bisa
karena subsidi negara atau yang lainnya
gua mau bahas gini predatory pricing Itu
dari sisi kebijakan regulasi Kenapa
karena kalau dari sisi lain sudah banyak
yang bahas menurut gua predatory pricing
dalam jangka pendek menguntungkan
consonsumen jadi user-user bisa belanja
produk dengan lebih murah tapi dalam
jangka panjang predatory pricing bisa
menghancurkan industri karena persaingan
jadi tidak sehat itu juga Betul tapi
satu hal yang penting buat kita pahami
Kok bisa produk luar dijual dengan harga
yang sangat-sangat murah kok bisa itu
dulu deh bukannya mereka rugi dong
hasilnya artinya gini ya artinya ketika
barangnya keluar dari negara asal itu
mereka dapat subsidi artinya apa Nah ini
banyak teman yang enggak bahas ini
ketika produsen-produsen dari negara
Cina atau India itu melakukan ekspor ke
Indonesia mereka dikasih insentif sama
negara so mereka boleh jualnya murah
atau bahkan jual rugi tapi mereka dapat
insentif dari negara sehingga apa negara
mau mengencourage negara mau merangsang
supaya pabrikan-pabrikan di negara
mereka itu punya orientasi Global
menguasai pasar internasional nah ini
berbeda dengan negara Kazakhstan Kenapa
di negara kazakstan mau ekspor sulit
aneh jadi ini sebenarnya pelajaran bahwa
kita itu harus mendukung negara itu
harus mendukung industri-industrinya
supaya ekspansi ke luar negeri ambil
Sisi positifnya lah jadi apa Pak banyak
lah contohnya Gua yakin teman-teman di
industri juga Kemarin banyak yang
komplain ada ekspor komoditas dapat ba
ekspor lah dapat uang Barus bayar uang
inilah izin inilah segala macam itu
realitanya di negara Kazakhstan nah
untungnya Indonesia Enggak seperti itu
ya guys tapi cuma kazakstan yang seperti
itu Nah di Cina Cina itu kebalikannya
kalau ada pabrik di Cina lu produksi apa
bro e gua bikin cangkir nih pak si
jinging berapa nih modalnya nih cangkir
3.000 Pak lu mau jual berapa 3.300 Pak
Oh berarti lu Untung 10% ya Iya By the
way lu mau ekspor enggak Waduh jangan
Pak Kalau ekspor udah kena biaya
transport aja bayar kontainer kapal aja
udah mahal pak kalahlah saya enggak
bakal bersaing Ya udah kita subsidiah
kalau lu Ekspor logistiknya kita yang
bayarin dan kalau lu bisa ekspor di atas
10 kontainer gua kasih bonus lagiah
10.000 per kontainer setelah
dihitung-hitung Oke kita ekspor harganya
r.500 rugi enggak rugi karena harga
modalnya 3.000 tapi kemudian bisa dapat
cashback dari negara bisa dapat subsidi
dari negara ujung-ujungnya gue bisa Cuan
Rp400 kalau jual di market lokal cuannya
cuma Rp300 lu jadi semangat enggak buat
ekspor semangat dong Nah kenapa enggak
semangat itu yang kita copy paste di
Indonesia jadi instead kita berpikir
kecil berpikir anti asing bukannya gua
selalu Pro asing enggak tapi gimana kita
bikin mindset bahwa regulator itu
harusnya bertindak bikin aturan yang
mendukung UMKM bukan cuma soal
proteksi-proteksi tapi melatih UMKM kita
supaya punya mindset Global mindset
internasional dulu gua waktu jadi
pengusaha mindset gua adalah Oh gua
pengin menguasai parket di Jerman
makanya ketika gua bisnis pikir gua
bisnis berkaitan dengan tekstil ya
orientasi gua apa gua maunya ekspor Gua
maunya punya penghasilan dalam bentuk US
Dollar dan itu jadi kenyataan jadi
mindset kita langsung dilatih jadi
perusahaan global ketika gua kuliah di
Belanda teman di sebelah gua ada orang
dari Belgia ada orang dari Belanda ada
orang dari Spanyol gua tanya lu lu mau
bisnis apa Oh ya gua mau menjadi
eksportir alpocad terbesar di dunia Wih
Wah gua mau masuk ke bisnis besi gua mau
buka cabang di Vietnam lu mau apa Oh gua
mau bisnis berhubungan dengan solar
panel band gua udah bikin pabrik di
Thailand jadi orang-orang ini mindsetnya
apa Global bukan jadi mindset pemain
lokal tapi menjadi pemain Global band
gua pengin bangun pabrik di Vietnam
karena kalau bangun pabrik di Vietnam
dapat insentif pajak kalau gua ekspor
gua dapat lagi bonus dari pemerintah
jadi si orang Belanda ini cita-citanya
setelah lulus apa buka pabrik di Vietnam
mindsetnya langsung mendunia guys nah
ini yang kurang di negara Indonesia
menurut gua ya bahwa sangat sedikit
sekali orang-orang yang punya mindset
Global makanya gua sangat respect sama
Salim Group Kenapa lu pergi ke Afrika
produknya ada si Salim Group ini punya
pabrik bakmi di mana-mana gitu
mindsetnya apa bukan jadi penguasa
sepurworejo enggak ada cita-citanya jadi
penguasa Purworejo C ceritanya apa kita
bisa ekspansi menguasai market dunia itu
yang harus ditularkan sayangnya Enggak
banyak perusahaan yang punya mindset
cita-cita seperti ini gitu loh dan ini
harus kita tularkan teman-teman gua yang
dari Korea sama mindsetnya apa Oh kita
harus menguasai market share ke
Indonesia kita harus buka pabrik di
timur les kita harus buka pabrik di
Malaysia mindset orang Korea negaranya
cuman sumprit nah Indonesia terlalu
nyaman bahwa market kita gede banget
kita jualan di Indonesia aja udah Cuan
ngapain ekspor kemarin sempat ngobrol
tentang industri mobil di Indonesia
Kenapa sih kita ekspornya kecil banget
Lu tahu gak sih ekspor mobil kita itu
gak masuk top 10 dunia l Padahal kita
dengan penduduk terbesar di Asia
Tenggara ekspor mobil kita masih kalah
dari Thailand masih kalah dari Vietnam
kan gak masuk akal Ya mau apagi
mentalitas kita bukan mentalitas menjadi
pemain Global pemain kelas Kabupaten Bro
jadi sedih makanya gua respectek sama
pengusaha-pengusaha kita yang mau go
internasional ya Kak broron tuh sampai
Belajar bikin asal ke
Jepang dia betul-betul literally belajar
di sana dan dia bawa teknologinya
pengetahuannya ke Indonesia gua tahu
banget ada teman gua yang ngerjain
projek-projek konstruksi di timur tengah
itu pengusaha Indonesia di Vietnam di
Kamboja dia Yang bangun hotelnya jalan
tolnya orang Indonesia lu enggak pernah
kenal tapi dia aja bisa karena
mindsetnya apa menjadi pemain
internasional Jadi kalau seandainya
orang-orang ini bisa Kenapa Enggak sih
kita tiu yang sama dan kenapa enggak
pemerintah bikin regulasi yang
menyenangkan yang merangsang kita untuk
menjadi ekspor please lah jangan cengeng
dikit-dikit Oh ini karena si ini karena
si itu karena produk impor karena kurs
karena ini karena ini itu semua bisa
ditangguhangi kok Ya elah Thailand
negara sekecil itu aja bisa jadi
eksportir mobil terbesar di Asia
Tenggara kok kita enggak bisa gitu ya
pertanyaan terakhir dari the babay yeg
5796 Om Ben Saya lagi fokus banget nih
mantauin goto sampai banding-bandingin
sama Amazon dan lain-lain buat nyari
tahu kapan goto enggak merugi lagi
kira-kira apa ya kriteria pertama buat
meyakinkan kita untuk masuk walaupun
goto masih merugi Saya yakin suatu saat
nanti goto akan memonopoli banyak sektor
di Indonesia dan saat itu terjadi
sahamnya udah bukan lagi ke bulan Om
tapi ke
[Tertawa]
plutoen ini bagus bangeth ini
perumpamaannya sangat bagus ya kalau
bulan kan terlalu dekat ya guys ya
makanya punya mimpi punya cita-cita
harus jauhlah sampai ke
Pluto
banyak orang bilang cita-citalah
bangunlah cita-citamu setinggi langit
Carilah ilmu sampai ke negeri Cina
bangunlah perusahaanmu sampai planet
Mars nah ini sampai ke pluto planet
paling ujung tuh katanya Nah bagus
enggak I bagus bisa enggak bisa menurut
gua sangat bisa cuma Goh sekali lagi ini
bukan storyya bukan jangka pendek Karena
ini saham teknologi growth kompetisinya
juga banyak jadi syaratnya apa Kalau dia
mau menang ya dia harus punya
diversifikasi produk contoh tol tadi kan
kamu bilang sudahudah analisa kamu
Amazon tahu enggak Amazon cuannya dari
mana Apakah dari amazon.com jualan
e-commerce-nya ya tapi enggak banyak
tapi mayoritas dari mana dari jasa
teknologi dia dia punya Amazon Cloud dia
punya perusahaan Advertising dia punya
produk sendiri What label teman-teman
tahu enggak sih By the way saking
hebatnya data yang dikuasai oleh Amazon
lu kalau beli baterai sekarang ada
baterai merek Amazon lu beli sepeda ada
sepeda merek Amazon lu beli senter
senter aja ada merek Amazon bahkan lu
beli di tablet mereknya Amazon jadi
sahsah aja enggak sahsah aja Menurut gua
kalau lu punya platform Terus lu bikin
merek lu sendiri nanti kita bahas Lebih
Detail nih karena kemarin Banyak yang
komplain tiktok bikin pabrik sendiri
boleh enggak jawabannya tidak simpel dan
tidak sesederhana itu guys nanti kita
akan bahas nah kembali ke Topet kembali
ke gojek seharusnya mereka punya data
dong sofa warna apa yang paling laku ya
seharusnya mereka punya data dong garam
merek apa yang paling laku bisa enggak
mereka bikin merek sendiri boleh enggak
menurut gua harusnya boleh-boleh aja dan
saha-saha aja dan Betul kata kamu kalau
mereka sudah ngerti Bagaimana cara
memanfaatkan data big data yang mereka
punya mereka bisa jadi perusahaan mobil
terbesar di Indonesia mereka bisa jadi
perusahaan motor terbesar di Indonesia
bahkan mereka bisa jadi perusahaan
leasing kendaraan bermotor terbesar di
Indonesia karena mereka punya datanya
kalau di kota
Wonosobo merek motor apa yang paling
laku gampang aja lihat aja drivernya
motornya merek apa kalau mereka di Medan
mereka seharusnya punya data juga
mayoritas Mobil apa yang digunakan Tahun
berapa yang paling banyak beredar di
jalan mereka yang punya datanya
ujungjungnya apa mereka bisa jualan ban
bisa jualan oli dan lain sebagainya Eh
jangan salah Amazon punya merek oli
[Musik]
sendiri enggak banyak yang tahu Jadi
begitu banyak potensi dari Goo yang
sebetulnya bisa di expplore dalam jangka
panjang dan kalau seandainya teman-teman
masuk ke goto harus ingat mindsetnya
bukan jadi trader tapi literally memang
buat jangka panjang kalau lihat storyya
Amazon dia tiarap lama guys lebih dari
10 tahun baru kemudian naik tinggi Cuan
ribuan persen kalau lu pegangnya
berhasil pegang itu untuk jangka panjang
nah ini yang menjadi resiko buat
investor risiko apa Siapa yang tahu
nasib goto 10 tahun lagi seperti apa
mungkin saat ini mereka happy and bagus
karena didukung oleh regulator apakah
masa depan masih seperti itu itu yang
kita harus lakukan sebagai seorang
investor
harus cek perjalanannya Seperti apa
sejauh ini menurut saya sih ya finefine
aja oke-oke aja nah dalam 10 tahun ke
depan kita harus konsisten mengecek itu
tapi ini bukan rekomendasi atau pom-pom
saham tertentu Enggak ini adalah bukti
bahwa yang namanya investasi saham itu
hubungannya cukup dekat dengan dunia
politik so memang buat teman-teman
penting banget buat tahu 16 jenis saham
jangan lihat dan Jangan perlakukan semua
saham itu sama seolah-olah saham kapal
induk sama dengan saham politik
seolah-olah saham politik sama dengan
saham Patriot soalal saham Patriot sama
dengan saham siklikal enggak
treatmentnya beda-beda jadi kita harus
pintar-pintar buat tahu jenis saham apa
yang kita beli ini supaya enggak gampang
panik panik beli panik jual dan juga
ggak tahu time frame-nya Seperti apa
semoga Cukup jelas ya teman-teman buat
lu yang masih bingung cek video kita
yang zaman dulu yang 2 tahun lalu yang
durasinya 2 jam 3 jam itu harus cek l
nonton berulang-ulang biar lu paham apa
yang kita omongin di sini oke Guys
Terima kasih ya buat pertanyaannya ini
bagus-bagus loh Semoga nanti kita bisa
bahas lagi pertanyaan yang lebih bagus
lagi Lebih detail lagi dan buat
teman-teman yang belum dijawab jangan
menyerah tulis pertanyaan kamu di kolom
di bawah ini kita akan jawab di sesi ask
me anything yang selanjutnya By the way
jangan lupa ya cek video kita tentang
tiktok shop dan hubungannya dengan
perang dagang di dunia seru oke Guys
semoga video ini bisa membantu
perjalanan investasi kamu salam sehat
salam Cuan bye
bye Li upaya
gatosatos
[Musik]
tel