Transcript
Xn4mqtzRwnk • AMA#27 Perang Baterai NIKEL VS LFP di tahun 2024 Bagaimana Investor Mobil Listrik
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/Bennix/.shards/text-0001.zst#text/0104_Xn4mqtzRwnk.txt
Kind: captions
Language: id
Halo selamat pagi kembali lagi bersama
benix kita kali ini sudah masuk ke Sesi
Asmi anything yang ke-27 so thank you
banget buat teman-teman yang udah
masukin pertanyaannya yang keren-keren
bagus-bagus dan gua bisa bilang sih ini
beberapa punya masukkan yang sangat
menarik yang bisa kita jadi pembahasan
untuk sesi video yang lebih panjang so
langsung kita bahas yuk pertanyaan hari
ini tentang 27 Let's
[Musik]
Tolong bacain pertanyaan Anda dong
semoga Om sehat dan lancar gue mau tanya
saham dkft bidang nikel prospek ke depan
gimana ya bagus untuk disimpan untuk
jangka panjang nggak Oke jadi ini
perusahaan yang berhubungan dengan
bisnis nikel dkft atau orang suka bilang
Central Omega resource nah perusahaan
ini berafiliasi dengan banyak perusahaan
yang ada di China sebetulnya nah buat
kamu yang suka bisnis dengan melihat
masa depan kamu udah pilih salah satu
sektor yang bakal booming adalah mobil
listrik dan mobil listrik itu akan
membutuhkan yang namanya nikel untuk
tenaga baterainya jadi ini salah satu
hal yang menurut saya menarik dan
prospek tetapi tergantung juga kepada
jenis emitennya Kenapa contoh di
pertanyaan kamu yang namanya dkft satu
hal yang menurut saya kurang menarik
adalah kalau kita lihat mereka
bertahun-tahun merugi terus baru kemarin
aja mereka bisa cuman sampai mungkin ada
di atas 50 miliar ya dan yang membikin
Berat adalah ternyata net profit
marginnya itu sangat-sangat kecil sekali
lalu yang kedua kalau dibandingkan
dengan sektor yang sejenis yang
berhubungan dengan nikel itu rata-rata
ya mereka bisa bikin profit 2 tahun lalu
profit tahun lalu profit toner Ini
kemungkinan profit jadi menjadi
pertanyaan ketika kemudian Kenapa di KFC
rugi itu Jadi pertanyaan lalu yang
selanjutnya berhubungan dengan prospek
masa depan betul baterai mobil listrik
bakal booming di Indonesia penggunaan
baterai akan semakin diperlukan kalau
baterai makin banyak populasinya nikel
makin dibutuhkan Nah ada satu yang jadi
perbandingan tergantung dengan jenis
merk mobilnya Maksudnya apa gini baterai
mobil rata-rata yang mobil-mobil mahal
itu menggunakan lithium nikel jadi
baterainya mengandung litium dan nikel
itu rata-rata mobil yang butuh jarak
panjang dan rata-rata harganya mahal so
kalau kemudian kamu berharap untuk beli
yang sama yang namanya dkft kamu harus
berharap mobil lebih mahal yang berbasis
nikel itu bakal naik daun sayangnya dari
yang saya lihat penjualan mobil dalam
satu tahun terakhir itu bukan didominasi
dengan mobil yang menggunakan nikel apa
ternyata mobil paling laris dalam satu
tahun kebelakang adalah merek wuling
mereka baru bikin mobil harga 200 sampai
300 jutaan bahan dasarnya apa
menggunakan litium ferophosphart atau
orang juga bilang baterai lft Nah kalau
kamu pikir lagi kalau seandainya ke
depan mobil-mobil yang laku menurut saya
di Indonesia itu harganya ya di bawah
300 juta dibawah 350 juta Nah segmen
yang dimasuki wuling ini betul-betul
sangat bagus karena cocok dengan mobil
yang laku di Indonesia kalau kamu lihat
mobil yang laku di Indonesia itu bukan
mobil model-model kayak kamu bisa bilang
Toyota Fortuner tapi yang laku adalah
Toyota Avanza Toyota Agya itu jauh lebih
besar populasinya Kenapa karena mereka
masuk ke segmen yang betul-betul Kuenya
sangat besar yaitu segmen di bawah 300
jutaan Oke jadi ketika kamu kemudian
beli yang namanya d FT kamu harus sudah
punya keyakinan dan harapan bahwa mobil
yang menggunakan nikel Which is harga
baterainya lebih mahal dan rata-rata di
atas 500 juta ya mereka akan dapat
subsidi bakal turun ke bawah atau Yang
Kedua mereka mau nurunin harga mobilnya
karena selama itu tidak dilakukan ya
pemakaian nikel yang ada di Indonesia
menurut saya tidak akan sekuat tadi yang
kita bilang lithium verofosfat jadi LSP
itu jauh lebih murah cuman Daya tahannya
juga jauh lebih buruk so ini dua sisi
mata uang yang seharusnya jadi
perbandingan kita kalau seandainya kita
mau masuk ke sektor yang berhubungan
dengan nikel ya kamu harus pastikan
bahwa memang penggunaannya akan banyak
satu-satunya menurut saya yang agak
berat buat saya untuk masuk ke dkft
adalah penjualan mobil Hyundai Saya kira
dalam satu tahun ke depan mungkin masih
akan dibawa penjualan mobil wuling kita
ngomong bicara mobil listrik kalau itu
terjadi ya orang makin banyak populasi
menggunakan baterai LSP bukan baterai
berbasis nikel lalu yang terakhir ini
berhubungan dengan manajemen perusahaan
dkft
lagi Ya saya suka sektornya saya suka
mobil listrik Saya suka bisnis baterai
Saya suka bisnis tambang nikel Menurut
saya itu kita berbicara tentang masa
depan bukan batubara yang masa lalu saya
suka dan ini faktor pemberat yaitu
manajemen gua gak bilang manajemen jelek
atau enggak Tapi kita harus bicara
berdasarkan data dan fakta bahwa
pemegang saham yang ada di KFC sudah
bertahun-tahun lamanya dari kemarin yang
mereka lakukan apa mereka jual terus
sahamnya mereka pemegang saham terbesar
so mungkin mereka melihat apa yang kita
lihat itu satu atau ya mungkin mereka
sedang berusaha melakukan spekulasi
bisnis di tempat lain mau menemukan
peluang investasi yang lebih bagus di
tempat lain tetapi ini menjadi tidak
sinkron dengan adanya yang tadi kita
ngomong krisis baterai kan bagus mobil
listrik kan bagus belum Nanti Mungkin di
subsidi tapi kenapa memegang saham kabur
terus itu bikin orang jadi
bertanya-tanya ya pemegang saham
terbesar dkft Itu jualan terus sahamnya
dari semua data-data dari semua fakta
yang kita sudah mengatakan kalau saya
pribadi masih ada perusahaan yang
berhubungan dengan nikel yang bisa kamu
beli Jadi saya nggak bilang nih Kak RT
jelek saya bilang prospeknya ada Tetapi
beberapa hal yang harus kamu pantau
kalau ada yang lain yang lebih bagus Why
not apalagi yang bisa mencetak margin di
atas 10 atau bahkan 20% di sektor
sejenis saya jauh lebih senang yang
seperti itu next
Gimana cara cari emiten yang bagus
sementara saya lagi di luar negeri jadi
nggak bisa melihat lapangan langsung dan
apakah direksi-direksi yang memiliki
saham di perusahaannya itu layak untuk
jangka panjang Terima kasih Om Ben Oke
ini pertanyaan kamu nggak bisa dijawab
dalam hitungan menit ya
tapi yang bisa kita bilang adalah faktor
direksi itu sangat-sangat dan sangat
penting Kenapa contoh misalkan ada
direktur hobinya sarapan bubur apa yang
terjadi ya emitennya jatuh turun ke
gocap jadi sampah saham sampah karena
direksinya hobi makan sarapan bubur
Walaupun dia pegang emiten itu bukan
berarti perusahaan itu layak untuk
diinvestasikan jadi nggak serta-merta
itu adalah hal yang bagus tetapi secara
umum kalau ada direksi berani pegang
perusahaannya sendiri biasanya itu kabar
baik biasanya tapi kita nggak bisa pukul
rata kita harus lihat juga perilakunya
seperti apa yang kedua Saya suka beli
saham yang harganya diskon murah
fundamentalnya bagus jadi dalam aliran
ilmu making investing buat yang belum
tahu saya investasi berdasarkan itu jadi
bukan berdasarkan laporan keuangan bukan
berdasarkan kata si Bandar kata si anu
enggak berdasarkan metode yang sudah
saya buktikan Shahih sah terbukti
memberikan saya Cuan ribuan persen
pertama apa Nike ada momentumnya yang
kedua apa Edge saya kuasai yang ketiga
secara kualitatif dan secara kuantitatif
memang dia bagus lalu yang terakhir
semua informasi yang ketiga yang di atas
itu kita investigasi di lapangan
terbukti sah jadi itu bukan gosip itu
adalah fakta karena kamu udah
investigasi Nah itu semua akan membuat
saya percaya diri untuk beli suatu saham
itu bagus oke kalau seandainya kamu
nggak punya waktu karena kamu tinggal di
luar negeri misalkan ya kamu bisa
lakukan keempat itu secara online kamu
bisa cek medianya kamu bisa bayar orang
untuk lakukan investigasi untuk atas
nama kamu gua pernah mau cerita jadi
salah satu gua waktu itu menginvestasi
di sebuah perusahaan properti dari
daerah bandung namanya dari kolot dia
jual perumahannya dia punya Perumahan
udah mau kolaps gua mau beli
perumahannya tapi gue juga nggak mau
keluar biaya juga buat ke sana ngecek
jauh-jauh buat apa so yang gua lakukan
apa yang gua lakukan sangat-sangat
simple gua pesan go food suruh kirim ke
alamat yang ada di perumahan itu
ternyata Kemudian datang gua bilang Pak
kalau udah nyampe Tolong foto-foto dong
perumahannya gue pengen lihat ternyata
kata Kenapa saya susah banget mau
anterin makanannya Jalannya macet banget
Terus kenapa Macet banget di Dayeuhkolot
yang kedua banjir ternyata daerah itu
banjir jadi gue dapet dua informasi yang
bagus lalu yang ketiga perumahannya
tidak terurus dan tidak terawat so
Akhirnya gua ambil kesimpulan sebaiknya
gue tidak investasi di perusahaan
properti itu selang satu setengah tahun
ternyata ada kabar perusahaan ini
bermasalah karena penjualan susah orang
enggak mau beli di daerah yang banjir
perusahaan itu bangkrut jadi gua selamat
modal Gua cuma berapa enggak sampai
Rp15.000 untuk melakukan investigasi
semudah itu jadi itu fakta dan kalian
nggak bisa lagi bisa punya alasan ada
begitu banyak jalan menuju Roma lu nggak
bisa lagi bilang Oh gua nggak kenal sih
ini Oh gua nggak tahu ini gua nggak tahu
itu nggak zaman sekarang mah semua
gampang Lalu ada juga emiten yang
berhubungan dengan perhotelan namanya
homo Hotel Mandarin Regency adanya di
Batam mungkin sekarang namanya udah
suspendid itu juga pakai gofood waktu
itu Waktu itu sama juga gua bilang gua
nginep di lantai 4 tolong kirim makanan
gua pesen makanan khas Batam kepiting
yang enak yang kecil-kecil gue suruh
anterin begitu diantar Ternyata Pak di
mana ya Saya di lantai 4 loh dia bilang
Pak Hotel aja tutup mana mungkin Bapak
ngerjain saya kan beneran coba Coba
difotoin dong ternyata benar guys
hotelnya hantu bro Jadi orang-orang pada
beli sahamnya waktu itu lagi booming
karena ada bos bencok di situ mereka
nggak tahu barangnya itu enggak ada so
Ya itu salah satu metode investigasi
dalam make investing yang sebetulnya
Nggak semuanya harus kamu bikin sulit
kamu bisa mempermudah gitu loh kalau
saya aja bisa kamu juga bisa saya punya
Handphone kalau punya handphone tinggal
install aplikasi go-jek gratis nggak
pakai bayar so enggak ribet investasi
itu lalu soal harga ya harga itu ada
banyak orang bisa perhitungan cuman
menurut
Kenapa karena harga bisa murah atau
mahal itu karena biasanya orang lihat
laporan keuangan yang namanya laporan
keuangan ya temen-temen saya kasih tahu
seumur hidup saya di Bursa Efek tidak
ada orang yang jujur bikin laporan
keuangan tidak ada satupun perusahaan
yang jujur semua karena ada agenda semua
karena ada kepentingan mau menyelamatkan
muka direksi mau menyelamatkan posisinya
kreditur mau jebak investor saham retail
dan lain sebagainya so Menurut saya itu
adalah salah satu hal yang paling konyol
kalau orang investasi serta-merta karena
laporan keuangannya bagus apa itu bukan
investasi itu aneh itu nggak ada jauh
bedanya sama orang-orang yang hobinya
percaya-percaya tahayul karena apa ya
faktanya begitu faktanya memang yang ada
di laporan keuangan isinya adalah agenda
isinya adalah kepentingan tetapi bukan
artinya itu bukan sesuatu yang bisa kita
buang ke tempat sampah nggak kamu bisa
sortir kamu bisa lihat mana yang fakta
mana yang palsu Nah itu fungsi kamu
sebagai investor jadi ya investasi
menurut saya sangat-sangat sangat sangat
sangat sangat sangat sangat mudah yang
susah itu trading Bro susah banget gue
cari orang yang Cuan dari trading susah
kalau investor ya oke ya karena dalam
jangka panjang kita kemungkinan
menangnya sangat tinggi Oke semoga Cukup
jelas next Pertanyaan selanjutnya dari
Christian Atmaja omben aku mau tanya
strategi rca atau DCA atau rupiah cost
averaging menurut pendapat Om Ben nih
gimana terima kasih Oke metode rca ya
rupiah jadi kita enggak peduli misalkan
kamu udah siapin budget 1 juta setiap
bulan beli sahamnya Bank BCA bulan depan
kamu beli lagi 1 juta bulan depan beli
lagi 1 juta jadi on everage nggak peduli
situasi ekonomi dunia seperti apa dia
mau naik mau turun mau naik motor kamu
tetap beli satu juta secara umum dalam
jangka panjang Iya kamu pasti profit
dengan syarat perusahaan yang kamu beli
layak untuk kamu lakukan ruqyah atau
dollar closerging itu bagus sepanjang
perusahaannya bagus Nah metode ini
menurut saya sangat layak kalau
perusahaannya perusahaan jenis kapal
induk yang minimal bisa naik 20-25%
setiap tahun so itu make sense untuk
melakukan yang namanya DCA nah DCA atau
rca itu sangat tidak cocok kalau kamu
lakukan di saham aliran momentum
teman-teman pasti sudah tahu yang
namanya benix itu punya Edge di bidang
finansial punya bidang perbankan buat
cuman berkali-kali disitu karena gua
kuasai bidang itu ketika gua masuk ke
sebuah saham misalkan ke BCA hari ini
satu persen gue jual itu konyol dia
menang dalam jangka panjang tapi kalau
kamu masuk ke saham misalkan babp
misalkan btg kalau beli sahamnya Terus
kamu pegang 5 tahun 7 tahun 10 tahun itu
salah besar itu konyol kamu tidak
mengerti investasi sebenarnya metode
kita itu bukan metode yang dipakai oleh
orang kebanyakan gitu nggak kita making
investing ingat
apa M momentum ketika ada emiten yang
memang secara bagus secara kualitatif
secara kuantitatif tetapi momentumnya
tidak ada atau jelek ya berarti kamu
bisa berharap sama itu pasti akan naik
tidak dalam jangka waktu 3 tahun apa 4
tahun tetapi sama momentum adalah saham
yang kamu beli ketika semua orang tidak
suka walaupun secara kualitatif bagus
secara kualitatif bagus tapi orang tidak
sadar bahwa itu barang bagus kalau mau
beli dan kamu jual ketika momentumnya
sudah mau habis jadi bukan tipe saham
yang kamu bisa pegang seumur hidup tidak
tidak segala sesuatu itu ada momentumnya
kemarin momentumnya buat Messi juara
dunia juara World Cup momentumnya 4
tahun lagi apa bisa mengisi juara dunia
Saya rasa nggak jadi segala sesuatu itu
ada momentum ya itulah yang kita
terapkan dalam metode investasi making
investing rca bagus atau tidak menurut
saya bagus dengan catatan Kamu beli di
perusahaan sejenis kapal induk dan sudah
terbukti selama bertahun-tahun dia bisa
naik minimal 20% per tahun itu cocok
Selain itu kamu mau pakai DC menurut
saya berbahaya Kenapa karena yang ini
Indonesia Bung ini hutan rimba
hari ini perusahaannya bagus besok
perusahaannya jatuh ke tangan kanannya
atau ke anaknya yang gak pakai otak duit
perusahaan dipakai buat hal-hal yang
tidak jelas menurut saya jadi berbahaya
tapi saya bukan aliran yang seperti itu
saya bukan lu keong butuh pegang sama 15
tahun tidak saya tidak cukup yakin saya
masih hidup 20 tahun lagi atau 30 tahun
lagi sombong kembangkan metode investasi
menggunakan aliran make investing supaya
kita bisa generate profit walaupun tidak
besar mungkin cuman 300% mungkin cuman
500% tapi kita bisa chip itu dalam waktu
2 tahun 3 tahun tuh Why not Terima kasih
banyak Om Ben omben ada beberapa alasan
saya menanyakan hal ini kira-kira jika
menjadi trader metode seperti apa yang
akan online gunakan Kalau saya tidak
salah sebelumnya Om band adalah trader
sekali lagi terima kasih Om Ben Oke jadi
metode yang paling bagus buat trading
menurut gua ya Dan ini berdasarkan
pengalaman ya gue lebih tepatnya bisa
dibilang scalper sih Jauh sebelum
orang-orang ngomong scalper zaman
sekarang anak-anak lucu-lucu baru lahir
kan kita scalping bukan trading Ya bisa
dibilang trading dalam hitungan detik
menit Jadi bukan beli sekarang jualan
anti sore nggak atau beli sekarang jual
Besok enggak begitu enggak scalping nah
menurut gua tidak ada metode yang bagus
dalam metode trading menurut gua tuh
metode paling idiot dan paling sampah
karena event pun gua ke orang mantan
scalper gua adalah scorver yang
menggunakan Winda mental Jadi
kemungkinan menang kita itu sangat besar
gua bisa dapat Cuan satu persen sehari
itu hal yang biasa dan mudah sebagai
seorang scalper Kenapa karena kita beli
memang sangat bagus sampai kemudian gua
berpikir begini gua udah tahu ini saham
bagus gitu ya hari ini gua beli di 300
ternyata setelah 1 menit Misalkan gua
untung 10% dari 300 naik ke 330 lalu Gua
pikir begini gua kan udah reset
perusahaan dan udah bagus ya kenapa baru
naik 10 Gua jual apa nggak konyol banget
Kenapa karena dia udah dia bisa naikin
100% Terus kapan gue bisa cuman 100%
kalau baru cowokan satu persen gua udah
jual baru Cuan 10% gua udah jual Kapan
gue bisa jual gitu kan so akhirnya gue
pikir capek-capek gua riset capek-capek
gua analisa hanya Demian satu dua tiga
persen buat apa gitu loh dan menurut gua
itu sangat-sangat tidak tidak benar gitu
apalagi ketika kemudian gua menjadi
scalper ketemu temen-temen yang hobinya
trading pakai candlestick lilin mology
itu ilmu
gua itupun baru Setelah gua nonton
videonya juga Warren cafe jadi gua baca
bukunya Dia juga mantan trader Dia
bilang gini dia udah mempelajari sekitar
17 buku yang mengajarkan candlestick dia
pelajari dia praktekkan ke dunia nyata
ketika dia praktekkan ke dunia nyata itu
candlestick mau dibolak-balik bentuknya
begini kalau dia balik begini hasilnya
tetap apa tetap bagus mirroring
hasilnya tetap sama tetap bagus
ujung-ujungnya apa ini perusahaan nggak
bagus ini nggak bisa dipakai untuk
memprediksi masa depan Bagaimana mungkin
lu beli misalkan perusahaan nikel ya
atau perusahaan yang berhubungan dengan
bank digital Padahal semua orang udah
tahu tahun depan udah selesai momen
tahun ini tapi karena candlestick
katanya menunjukkan Bang digital itu
bagus lu beli itu nggak main sense atau
lu beli perusahaan yang berhubungan
dengan batubara candlestick bilang ini
bagus tapi faktanya di dunia nyata harga
batubara jatuh terus itu sangat tidak
logis Jadi lu beli saham ini karena
candlestick bilang bagus merupakan
faktanya batubara merakit ke bawah itu
kan nggak logis Jadi kalau ditanya
metode trading yang bagus atau enggak
menurut gua nggak ada itu sampah
semuanya sampah semuanya itu sama cuma
buat bikin lu bertransaksi cuma buat
bikin lo trending supaya lu tambah
miskin menurut gua nggak begitu menurut
gue investasi itu sangat mudah jangan
personik diri kamu sendiri nah buat
teman-teman metode trading yang paling
bagus sekali lagi gua bilang tidak ada
metode trading yang paling bagus adalah
berhenti trading dan mulai investing
yang benar bertobatlah Berhentilah
memperkaya mafia mafia di HSG stop
please stop nggak ada namanya metode
semua itu palsu bandarmologi lilin
mology candlemologi astrologi palsu
tukang tipu itu udah terbukti kalau lu
nggak percaya lo harus baca tulisannya
dia udah jauh lebih lama di Bursa Efek
dan dia sama cuma orang dia lebih keras
lebih kasar dari gua cuma anjing buduk
yang mau trader selesai Kenapa karena
itu tidak ada logikanya tidak ada akal
Sehatnya tidak masuk akal oke
teman-teman
By the way itu yang nanya Siapa sih ini
buang-buang waktu aja nih asli karena
apa Karena kita bukan trader gitu lu
udah salah salah kaprah ini buang waktu
kita nih cuman ya itu aja mau sharing
aja Jadi nggak ada metode yang paling
benar jadi trader yang paling benar
adalah lu jadi investor selesai Selesai
masalah hidup lu Oke Guys Terima kasih
buat yang udah kasih
pertanyaan-pertanyaan bagus-bagus
keren-keren tadi ada yang nanya soal BB
nantikan video kita tentang BBB di sesi
video kita yang full video di episode
yang selanjutnya buat kamu yang
pertanyaan yang belum dijawab jangan
takut jangan khawatir kita akan bahas di
sesi ama selanjutnya Thank you guys
Salam sehat salam Jon bye bye
[Musik]
[Tepuk tangan]
[Musik]
[Tepuk tangan]
[Musik]
[Tepuk tangan]