Kind: captions Language: id hai hai yo yo geng tekan tombol subscribe jangan Hejo What the welcome to kamar Jerry [Musik] jengkelnya akhirnya geng berita yang sempat menghebohkan Indonesia ini terbongkar ya kan berita ini yang sempat kita pertanyakan yang sempat gua pertanyakan juga ke kalian di konten gua sebelumnya yang ini konten gue yang ini Nah kan gue sebenarnya ke kalian apakah Menurut kalian ini beneran ataukah hoax gitu tapi banyak dari komentar para teman-teman itu bilang kalau ini tuh beneran gitu ini benar-benar terjadi gitu bahkan warga Manado sekalipun komentarnya itu mengakui kalau ia Bang terjadi di kota saya gitu Nah mungkin ya dari komentar teman-teman itu mungkin mereka membenarkan kalau Kejadian itu benar terjadi di Manado tapi berita tentang Benarkah si bapak ini meninggal karena Soviet atau mungkin dia hanya membenarkan bahwasanya kejadian itu terjadi di Manado bukan soal nyaran bahwasanya Bapak ini meninggal copied atau meninggal karena penyakit lainnya gitu nah aku kaget banget dengan sumpah ini aku kaget banget aku nerima satu cat dari akan Instagram tapi aku akan merahasiakan nama beliau karena aku menghormati setiap orang yang memberikan informasi kepada aku event pun dia marah-marah ngasih informasinya itu Oke nggak papa deh namanya manusia ya punya emosi ya kadang nggak terkontrol karena belum kenal mungkin tak kenal maka tak sayang hanya menilai dari look dari cara berbicara Mungkin nah sampai akhirnya aku coba berbicara sama dia baik-baik dan dia mengerti bahwasanya apa yang aku reaction apa yang aku content in itu hanya sebuah reaksi aku atau cara aku berekspresi ketika aku mendapatkan sebuah berita itu karena di contempo itu tidak ada kata mengajak untuk percaya bahwasanya hal itu adalah real atau benar beritanya Oke daripada panjang lebarnya aku ngomong duluan mending kita cek dulu ya ini ya isi chattingannya nih akan aku aku baca ini settingannya nah awalnya Mbak ini tuh ngechat aku tuh gini halo selamat sore Kak enggak pakai Halo selamat sore doa-doa sore Kak maaf sebelumnya cuma mau ngasih tahu soal reaction yang kakak buat di YouTube soal mayat yang dibayar dari pihak rumah sakit itu enggak benar dalam kurung hoax kata dia oke cukup bisa diterima karena menurut gue ya beritahu maksimal siur karena akan bisana gue tidak pernah mengajak orang untuk percaya tapi mengajak orang untuk menyebarkan berita itu berita itu disebarkan bukan berarti orang harus percaya juga dengan berita itu dia akan berita disebar untuk mengimpor atau untuk memberikan sebuah informasi kepada masyarakat karena gak semua masyarakat melek akan berita-berita yang ada di media sosial setidak salah dong kita mengajak orang-orang untuk menambah wawasan menulis nama berita Ya kan Tidak ada salahnya supaya kegunaannya apa supaya Nanti kalau ada yang ingin bertindak dengan hal yang sama itu bikin mikir dulu gitu loh udah pernah terjadi di mana dulu lu jangan sebarin itu dan percaya itu sembarangan itu kan bisa jadi Oke kita pakai sama lagi saya mencoba mengomentari Sundari YouTube menjelaskan bahwa itu semua tidaklah benar dan saya harap jangan mempress ah masyarakat dengan cara mengajak mampir akan pihak RS karena yang kalian lihat hanya video dari pihak keluarga masutani keluarga yang dinyatakan bahwa itu hanya dibuat rekayasa karena dari keluarga sendiri sudah membuat kalifikasi bahwa penyembahan itu tidaklah benar sore Kaligua tekan Ken gua mengajak memviralkan memang benar Tapi Oke kalau memang memviralkan itu menurut salah gua kancut bagian mampir akan di video gue tersebut enggak papa gue mengalah tapi harus ingat mengajak mampir akan bukan berarti mengajak untuk percaya menyebarkan berita artinya menyebarkan informasi jadi untuk percaya atau nggak gue disitu bertanya kepada penonton gua subscriber gua viewers gue Apakah kalian percaya ataukah tidak jadi itu pertanyaan bukan pernyataan so lu juga enggak bisa ngejudge gua Kalau gua mengajak untuk percaya ya kan guenya mengajak mampir akan bukan berarti mengajak oke nah terus disini juga dia anget capture video gua Oke captures Oke enggak papa nah terus dia chat lagi dari bagian video reaction yang tak edisi tukak mengajak buat memviralkan pihak RS dan ternyata pihak keluarga memberikan kesaksian palsu bahwa adanya penyogokan dari pihak RS dan sekarang sudah Klaten dan chromedp buat para kontak langsung dengan jenazah oke oke Nice information buat buat kita semua ya Dari Mbak ini cuman yang gue bingung kenapa sih mengajak memviralkan itu kan gue tekanan lagi itu bukan sesekali mengajak untuk percaya intinya gitu Oke untuk apa ya Nih kan dia bilang nih dan ternyata pihak keluarga memberikan kesaksian palsu ya Otomatis yang harus disalahkan adalah sekeluarga itu bukannya orang-orang yang memposting berita ini jangan posting berita ini banyak banget loh sempat ada akun Instagram semuanya menyebarkan otomatis kalau misalkan lu mau Nyalahin semua orang yang ngeposting berarti Berapa banyak yang harus dipersalahkan ya berarti ini adalah tugas pihak yang berwajib untuk mengusut Siapa yang membuat ini kalau memang dari kata-katanya kesaksian dari keluarga mereka itu bersaksi bahwasanya ini adalah hoax dari mereka sendiri gitu berarti ya mereka yang salah bukan orang-orang yang menyebarkan itu gitu ya dan dibuat di sini sekarang sudah kapak later DP buat para kontak langsung dengan jenazah syukur alhamdulillah kalau begitu berarti kan penindakan dokter dan tim medis itu sangat cepatnya kita bersyukur deh kan Terus ini ada ada postingan nih dia kecil postingan Facebook itu ada plus terbaru gara-gara ngerampas mayat yang belum tahu hasilnya positif covert apa enggak Kalau sudah keluar ternyata positif covert yang meninggal itu nah yang merampas mayat gimana rasanya Bang the next mayat loh kalau nggak selama korona ternyata mampu membersihkan beberapa orang bodoh ya mantap oke sekali gua Tekan kan justru yang melanggar itu adalah orang yang ini kenapa gue bilang seperti itu lo tidak bisa ngejudge masyarakat dengan kata-kata bodoh karena kenapa itu sudah pelanggaran uu ite menurut gue ya dong eh karena bro nggak bisa kita ngejudge orang itu lo bodoh cuman gara-gara dia bertindak karena panik gitu orang panik belum tentu bodoh orang pintar juga kenapa nih juga gitu nah ini lebih yang ini dia begini kalau misalkan masyarakat yang disitu tersinggung dituntut sahaja dong nah kucing lagi mantap tadi mau nunggu berita orang-orang bodoh lainnya melakukan hal yang sama terutama yang nge-share kalau karena ini hoax mata sampai pernah komen klik kalau karena itu Yo wes kalau hoax bantulah itu para perawat rumah sakit yang nanganin korona digaji deh kalau enggak salah nah pas Bantu enggak usah pakai APD bos Kalau merasa hoax ya Monggo dicoba dulu oke gua enggak tahu yang dimaksud siapa tapi kalo gue pribadi di video gue bilang gue Percaya adanya korona tapi gue tidak begitu percaya seheboh ini yaitu kan opini masing-masing orang kita hidup di negara demokrasi ya kita punya opini masing-masing dan kita punya cara masing-masing untuk menanggapi untuk bersikap terhadap sebuah bencana pandemi sebuah momen rekan semua orang punya hak masing-masing kan gua bilang gua menerapkan kepada keluarga gua untuk tidak panik untuk tidak menanggapi ini secara besar-besaran dan untuk saat ini tidak usah ke rumah sakit dulu kalau cuman pusing batuk-batuk Biasa Kenapa alasannya pertama Ya mending gak usah tahu kalau memang kita lagi Corona karena kenapa ya Menurut gua ya biar orang tua gua panik aja gitu emang itu tidak meledak memutuskan rantai penyebaran gue sadar akan hal itu tapi untuk sekarang kan orang diterapkan untuk psbb work from home itu yang diterapkan oleh orang tua gua orang tua tidak berkontak langsung dengan masyarakat seorang tua gua Kalaupun dia sakit ya udah di dalam rumah dan virus ini bisa sembuh dalam pada saat itu virus itu akan sembuh sendiri nyatoh di dalam tubuh manusia so Apa yang dilakukan orangtua dan saran yang gue berikan ke orang tua gua Insya Allah adalah sebuah jalan yang benar hedong tidak perlu keluar rumah kalo Sakit biasa ya minum obat yang ada di rumah aja Taubat baru It's okay itu juga memutuskan rantai penyebaran menurut saya Karena gue yakin orang2 fisik yang kuat untuk menghadapi ini Insyaallah akan key next terus dia ngechat lagi nih saya harapkan tidak memperluas masalah ini karena pihak RS akan mengusut kasus ini ya alhamdulillah Kalau diusut bersyukur dong berarti kita tahu Siapa penyebar hoax nya sekarang kayak gini main kalau elu menekankan ini kan dia komennya tuh apa ngechat itu pakai huruf huruf kapital seolah ini adalah bernada emosi gitu ya tapi gua nggak bisa ngajak juga ya gua husnudzon aja mungkin sengaja dia kayak gini supaya gua jelas membacanya eh kan gini kalau ini diusut ternyata gua ikut kena imbas karena gua memposting video tersebut ya bro Kau adalah korban hero yang nge-share ini awal kan gue caranya mengambil mencomot dari yang ada di media sosial gitu terus kan dia sempat bilang juga tak hanya mendengarkan sebelah pihak oke sekarang ide pertanyaan gua mana pihak keduanya Eh kamu bisaan itu yang tersebar hanya satu berita tersebut Oke gua ambil berita itu nah sekarang ada pihak kedua yaitu dia oke sekarang pihak kedua juga gua angkat dan di sini gua bersikap Netral Oke jadi ketika di media sosial hanya ada pihak kesatu yang menyebarkan yang berita itu yang ternyata hoax ya gua ambil itu dulu nah ternyata ada pihak kedua yang menyebarkannya gua ambil Juga sebagai apa gue sebagai konten kreator game itu apa yang gue posting disini ya gue berusaha bersikap Netral sih gitu ya Oke mohon dengan sangat apabila tidak tahu hadir hanya sekedar reaction hanya dengan melihat video yang berasal dari sebelah pihak nah ini yang dia bahas Ya saya berharap bersikap adil dalam berkomentar karena dengan cara Kakak berbicara di YouTube minta Kakak men-share memviralkan pihak rumah sakit itu salah buat tidak minta membedakan rumah sakit gua minta viralkan kasus ini kenapa gua harus meminta membedakan rumah sakit itu cuma promo Rumah Sakit tersebut Gem kan disitu gua viralkan berita ini gerakan video ini karena gue bilang di TV tidak akan ada ternyata sih udah ngecek di MetroTV ada yang tersedia dengan beritanya kan berarti di TV aja menyebar in gitu Adong Terus kalau misalkan lu bilang tadi sebelah pihak yaitu tadi Seperti yang gue bilang pihak keduanya mana Gua kan tidak menemukan pihak kedua Nah sekarang pihak keduanya ada yaitu elu sebagai yang memberikan informasi Yaudah gue sebarin juga gitu tersebut mencoba bersikap Netral gitu ya Nah terus dia bilang lagi nih oke yang tadi dia bilang gua salah mengajak mampir Alkan Oke enggak papa gua hapus bagian mengajak memviralkan tapi di sana jelas-jelas banget gue tidak mengajak orang untuk membedakan si rumah sakitnya yang gua ajak itu adalah membela akan berita tersebut Oke untuk informasi gitu ya terus subscriber Kakak banyak yang sudah menshare video tersebut kata dia apabila tidak tersebut masih berlanjut Kami juga akan menshare video hoax tersebut karena kakak membuat kegaduhan dan dapat merugikan pihak RS f*** Bro lu juga bisa gue tuntut Ini kalau misalkan pun tidak terima karena disini kan dianut bilang kakak membuat kegaduhan kate dan merugikan pihak RS harusnya menyebar pertama itulah yang membuat kegaduhan gue ini siapa gue masyarakat dan kebetulan aja gua seorang content Creator gitu sekarang Apa bedanya ketika gua berbicara di YouTube dan ini cara gua berbisa berkomunikasi dengan subscriber gua terus ada bapak-bapak yang dari informasi ini ngobrol sama temennya di warung kopi berarti dia penyebar kegaduhan juga tidak yang menyebarkan kegaduhan adalah orang pertama yang pertama kali menyebarkan isu ini atau orang yang membuat isu ini gitu tidak bisa ngelihat kayak gitu aja ya gua Iya gue maafin lah Ya mungkinlah emosi itu ya nggak papa gue tidak akan ada tuntut menuntut ngapain sih ribet gitu kita hidup-hidup ini udah ribut Jangan dibikin ribet jadi lebih santai aja ya kan Oke Nah ini dia ngasih gue berita dari Tribun Manado satu jenazah PDP yang meninggal di RS PK positif covert nineteen gugus tugas sasar kontak Raya itu mah setia itu yang orang yang ngangkat itu yang dobrak pintu yang angkat mayatnya gede itu disasar sama gugus tugas oke terus Nia dia ngecek ini lagi caranya Salah satu dalam pengawasan dan chromedp asam ada yang meninggal pada satu Juni kemarin Rumah Sakit pancaran kasih Manado ternyata positif kopi nine ten oke Hari ini diungkapkan juru bicara tim gugus tugas Provinsi Sulut dari xdoktor Steven dandel saat dihubungi Tribun Manado Oke ini ada beritanya gaya ia mengatakan PDP meninggal pada setuju nih lalu merupakan kasus konfirmasi nomor 469 yang diketahui berjenis kelamin laki-laki usia 52 tahun asal Manado karena adanya penyakit penyerta Iya dong berarti dia ada penyakit lain karena ada koffienity makin diperkuat dan itu juga yang gue bilang di konten gua kepada orang tua gua gitu Jadi lu tidak bisa nge-chat sembarangan ya udah terbukti ini dokternya aja ngomong sendiri Silahkan baca dan dicerna siap Terus dia menyebar in ke gua ini data orang-orang yang menjadi PDP ketika melakukan kontak langsung bersama Seo jenazah yang meninggal karena kopina intim nah ini ya gue tampilin ya mau tampilin ke ini dada beritanya nih tuh nih terlalu tampil internet dandel mengatakan saat ini tim khusus tugas Provinsi Sulut bersama tugas Kota Manado akan segera melakukan tracking dengan seluruh orang yang pernah terkontak dengan jenazah diketahui sebelumnya pada Sabtu Juni kemarin jenazah yang bersangkutan sempat diambil paksa Oke ini berarti cerita yang di video itu ya terus Ini lagi nih diecer lagi Oke data-data orangnya oke terus dia pake tanda seru gitu ngomongnya gua sudah dilihatkan ada begitu banyak cluster yang kontak erat dengan jenazah Nah dari cara dia ngomong ya Nah Desi marah cuman Ya udahlah banget nanggepinnya baik aja gitu ya Nah terus gue jawab nih ke dia hai halo oh begitu Wah terimakasih informasinya Mau nggak aku ajak ngobrol di konten ku untuk menjelaskan ini gue bilang gitu ya supaya bisa jadi informasi buat subscriber ku ditekan kamu kan minta aku jangan menerima info dari sebelah pihak edong dia bilang gitu kan Nah kebetulan kamu punya infonya alangkah baiknya info ini kita sebar artinya gua mengajak dia untuk menjadi pihak kedua Yadong dia berani marah-marah ama gua artinya dia harus berani juga transparan kepada masyarakat gitu kan untuk menyebarkan info ini kalau memang niatnya baik Kalau memang niat itu bukan cuma nyerah gitu ya karena menurut aku walaupun konten ku dihapus malah tidak memperbaiki hoax yang tersebar bener dong secara logika konten Kemarin gua delet sementara informasinya sudah tersebar kepada subscriber gua dan subscribe gua rata-rata gua baca di situ percaya kalau itu bukan hoax dia memperbaiki apa-apa jadi lebih baik itu Deep disitu terus kita bikin klarifikasinya klarifikasinya dengan kejelasan dari data yang dia kasih ke gue ver by terus dibilang cukup di tekdon karena kasus masih diusut lebih lanjut kenapa begitu kalau kasusnya masih diusut lebih lanjut Apakah ini masih ngambang apakah yang dia bilang ini belum fakta maksud yang diusut tapi faktanya itu tidak perlu diusut lagi karena itu sudah real gitu Jadi apa salahnya kita sebarkan eh kan terus gua bilang gini hmm sepertinya tidak sih maksud gua nggak antek Don saya bikin verifikasi aja dengan bahan dari pesan Mbak ini bilang gitu terima kasih untuk informasinya Google terus dia bilang iya mungkin dengan seperti itu bisa merendahkan hati masyarakat dan mungkin ada yang bisa lebih mengerti bahwa jenazah memang dalam pemantauan waktu itu Oke berarti Mba faham dengan saya apa yang saya sebarkan ini dia baik mbak bangga berkenan kalau ngomong langsung ya gua tanya lagi dia mau nggak gua video call ama lu Lu jelasin langsung biar lebih jelas gitu kan Terus dia bilang terima kasih sebelumnya belum bisa karena kasus ini masih dalam pengusutan kata dia belum bisa ditampilkan dalam bentuk video atau rekaman baru dikeluarkan dalam media cetak Tribunnews Manado Kalau sudah ada di media cetak itu artinya sudah dipublish Apa bedanya dipublish secara media cetak atau tulisan dengan lisan seperti ini visual sama aja dong sama-sama memberi informasi edong oke terus ok Google nengok gitu oke baik jadi aku bahas saja isi percakapan kita sebelumnya aku terima kasih banget sama mbak ya Bu Terima kasih atas informasinya Jadi pertanyaan gua Apakah Mbak ini berbicara sesuai dengan apa yang dia lihat ataukah ya dia udah baru nerima berita itu terus langsung marah-marah ke gua kalau misalkan dia melakukan hal yang kedua terus sampai marah sama gue berarti kan dia melakukan hal yang sama cuman baca dari media terus disebarkan ke gua Yadong tekan apa bedanya kita tetapi di sini gua coba memperbaiki apa yang sudah ada di media itu ke wow buat Mbak Terima kasih banget infonya dan buat teman-teman yang lain mungkin gue Sempet juga baca beberapa Comment di sana ada yang marah-marah juga gitu mengakunya tim medis Katanya sakit hati dengan apa yang kita buat ya esok enggak papa namanya manusia pernah berbuat salah dan namanya manusia juga punya hak untuk memberikan pendapat walaupun pendapat itu adalah pendapat marah-marah terhadap saya is oke gak masalah yang penting disini sudah clear ternyata itu adalah hoax dan yang meninggal darah pasien PDB dan sudah ada kekasih katanya dari keluarganya cuman gue nggak akan tampilin video kualifikasinya kalian bisa cari sendiri karena gue takut ntar gue tampilin lagi malah tadi bilang menyebarkan lagi so gua cuman menyebarkan apa yang ada di DM stagram gue kita Jaya Gang Oke buat kalian Terima kasih banget udah nonton kamar di episode kali ini jangan lupa terus kebal kebaikan dan jaga kesehatan kalian Oke Gang follow Instagram aku subscribe channel ini dan tinggalkan komentar kalian di bawah sebanyak-banyaknya dan sebarkan share video ini viralkan video ini bukan beritanya Hai kau bertemu kau masih berteriak di dalam Ken skill lari begitu cepat hingga terakhir hidupnya penuh warna bagi tekstil selama bangunkan pagimu dengan fragmen buah karena mamamu baru arah tidurmu pun kalau sudah terjual sedekah liur berisi andai-andai dalam mimpi banyak yang tangan kau bansae dongeng yang