Cara Hasilkan Ratusan Juta Perbulan dari Nol - Kuy Studio
okdUP5RwDlo • 2025-08-09
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Ya, awal-awal tuh cuma R juta 1 bulan.
Saya tarik year on year itu growth-nya
itu dari R juta itu bisa langsung jadi
R00 juta. Terus habis dari R00 juta jadi
R00 juta. Dari R00 juta itu itu bisa
sampai R700 juta. Dan ya itulah ya
itulah itu saya juga wow gitu ya.
Ternyata setelah punya uang itu rasanya
beberapa masalah itu sudah terpecahkan
lah. Jadi harus kaya kalau menurut saya
yang saya lihat itu di anak muda
sekarang ketika ingin memulai berbisnis
itu mulutnya dulu yang yang mulai itu
mulutnya. tangannya itu enggak pernah
mulai. Jadi, ya mulailah pakai tangan
kakimu, jangan mulutmu tok, kecuali
bisnismu personal branding. Ya, ya, lain
cerita ya.
[Musik]
Perkenalkan saya Braham Billy. Saya
sekarang berusia 25 tahun. Bisnis saya
itu ada dua, ada servisin KI yang
pertama sama yang kedua adalah KI
Studio. Dan sekarang saya domisili di
Jawa Timur di tepatnya di Kota Malang.
Sebenarnya background awal itu kan saya
dulu di kuliah itu saya ikut jalur bidik
misi karena waktu itu enggak ada uang
untuk kuliah. Nah, jadi saat saya di
bidikmisi itu kan dapat uang tuh masih
sekitaran Rp600.000 sebulan jadi 2,4
juta semester. Nah, dari situ uangnya
itu saya pikir waduh dibuat apa ya?
Booming-booming ada ojek online.
Akhirnya saya ambil uangnya untuk saya
cicil motor. Nah, dari saya cicil motor
itu saya mulailah daftar Gojek, daftar
Grab. Jadi, saya dulu jalan dua
aplikasi. Sambil jalan dua aplikasi itu
saya itu juga nge-yervis HP karena jadi
kalau orang-orang Gojek dulu tahulah
orang-orang Gojek itu kan HP-nya ditaruh
di dashboard-nya motor itu. Nah, itu tuh
kadang itu suka jatuh, kadang itu kalau
kena panas itu baterainya ada yang agak
ngebuka gini. Nah, saya pikir ini HP
saya ini baru beli enggak lama-lama
banget dipakai tapi itu bisa cepat
rusak. Nah, akhirnya saya bawalah ke
tukang servis. Lah, kok dilalahnya di
situ mahal banget. Zaman itu tuh servis
HP masih mahal. Akhirnya saya putar otak
lah. Enggak ada uang untuk benerin HP
saya. Ya, saya lihatlah di YouTube, oh
ini tutorial cara membetulkan HP A, B C
dan lain sebagainya. Nah, saya beli
spare part-nya di Tokopedia zaman itu
murah banget. Kayak kalau misalnya
orang-orang itu narik di R00.000, spare
part-nya itu ternyata cuma Rp100.000.
Nah, dari situlah saya beli gambling ST
saya betulin tambah rusak ternyata
karena ya namanya sulit loh ternyata
nyervis HP itu saya kira gampang lihat
di YouTube. Wah, ternyata cuma dibuka
obengnya bla bla bla dikasih tiner dan
lain sebagainya. Eh, ternyata sulit.
Nah, tapi dari situ saya enggak patah
semangat. Saya beli lagi tuh spare
part-nya. Untungnya si HP-nya enggak
rusak mesinnya atau enggak rusak apanya
ya. Saya beli lagi sparep-nya. Saya ben
eh ternyata bisa. Nah, dari situ saya
tuh main Instagram zaman-zaman awal-awal
ya 2017 tuh Instagram ngetren lah di
kalangan anak muda. Saya story tuh HP
saya sparep HP yang rusak tadi itu s di
story. Nah, kebetulan saya tuh cukup
punya banyak teman di perkuliahan. Dari
situlah akhirnya teman nanya, "Mas
Billy, benerin ini berapa? Benerin ini
berapa?" Nah, awalnya saya tuh enggak
pernah pegang-pegang HP yang aneh-aneh.
Dulu HP saya itu Xiaomi-mirate yang
pertama banget. Itu murah itu waktu itu.
Tapi setiap teman saya itu kan ya
namanya anak Brawijaya itu kan kaya-kaya
ya. Apalagi jurusan saya di manajemen
itu HP-nya yang iPhone lah inilah. Saya
sebenarnya enggak pernah pegang tapi
saya iyain dulu. Bisa enggak benerin
ini? Bisa. Bisa enggak benerin ini?
Bisa. Yang penting ngomong bisa dulu
nanti saya cek di online gimana cara
benerinnya. Yang penting PD. Jadi kurang
lebih background awalnya bisnisnya
servis HP sambil ngegojek online juga.
servis HP-nya lebih tepatnya servis HP
keliling karena belum ada tempat store
offline store waktu itu. Akhirnya
singkat cerita saya bikin offline store
pertama saya di garasi rumah saya. Jadi
kayak ada satu satu tempat saya renov
dikit-dikit kecil-kecilan. Dari situlah
mulai jadi store pertamanya servisin
kui. Nah, singkat cerita udah bisa ya
ini agak-agak fast forward ya karena kan
saya kuliah 4 tahun. Nah, 4 tahun itu
saya sampai sempat punya itu lima
cabang. Lima cabang servis HP. Karena
namanya anak muda agak fomo-fomoan gitu
kan. Saya waktu itu ada sempat liburan
ya, liburan di Brawijaya itu kan 3 bulan
ya. Saya bingung, waduh ngapain ya? Saya
akhirnya saya sempat nge-cos di
Surabaya. Saya coba buka servis keliling
dulu di Surabaya. Nah, ternyata demand
ini ada. Saya bukalah cabang di sana.
Nah, lucunya tapi saya buka cabang bukan
di Surabaya. Saya kan tadi ngekosnya di
Surabaya. Tapi karena saya enggak tahu
Medan, saya itu buka cabangnya itu di
daerah Waru kalau perbatasan, Mas. Dan
di Warunya itu bukan di Prime Location,
di sampean tahu Pasar Waru tuh. Nah, di
Pasar Waru depannya itu ada orang jualan
ayam, ada orang jualan ini. Saya buka
servis iPhone di situ, Mas. Jadi,
gencor-gencoran di marketing terus di
awal-awal kayak itu bertahan akhirnya
hanya sekitaran setahun. Setahun
bertahan ya just for BP aja lah. Tapi
dapat-dapat uang kecil-kecilan lah dari
situ. Nah, singkat cerita setelah buka
di situ saya enggak enggak enggak
berhenti di situ. Saya buka lagi di
Kediri, saya buka lagi di Malang. Saya
buka lagi di Malang tuh sempat ada tiga
cabang ya kecil-kecil tapi ya
cabang-cabang cabang lucu-lucuan lah
kayak sewa tempat yang enggak seberapa
ini ya. profit yo enggak yang penting
buka cabang kelihatannya kan keren
sampai punya lima cabang akhirnya tutup
empat Mas jadi lulus kuliah itu saya
tutup empat cuma tersisa satu aja cabang
saya servisin kui di oro-orodowo di Kota
Malang nah kenapa masih ada karena
memang masih profitable cuma itu tuh
cukup sulit bukannya enggak bisa, cukup
sulit untuk diale up ya karena kan kalau
misalnya kita bayangin kita buka satu
bisnis dan kuncinya ada di orang gimana
cara saya bisa mengontrol orang di mana
contoh nyervis 1 HP aja itu tuh ada part
IC power IC CPU ada LCDA, LCD B, ada
obengnya. Gimana? Menstandarkan itu tuh
sulit sekali. Jadi saya pikir untuk buka
cabang di mana, di mana, di mana, di
mana, akhirnya tutup ya. Karena itu
sulit sekali menstandarkan satu bisnis
yang itu titik beratnya di
profesionalitasnya satu karyawan. Nah,
akhirnya saya pikir waduh ya wislah ini
yang bisa saya pegang aja yaitu di
Malang. Akhirnya enggak tutup tapi saya
tambah lagi. Akhirnya akhirnya sekarang
tuh ada dua cabang. Nah, jadi si
bisnisnya itu kan servis HP memang
sangat enggak ada korelasinya dengan
bahkan bisnis development apalagi sama
Self Studio. Tapi yang meratar belakang
kenapa kok saya lompat-lompat gitu ya
saya tuh oportunis orangnya. Intinya di
mana ada cuan di situ saya masuk. Bahkan
kalau saya boleh cerita di saat saya
kuliah itu saya sempat jadi tukang
fotokopi juga sebenarnya. Jadi waktu itu
kan kalau di kampus itu kan ada buku
paket besar-besar ya Mas ya. Nah itu kan
mahal-mahal. Nah ada market-market
anak-anak itu yang dikasih uang sama
orang tuanya tapi dia itu mau ngirit.
Ya, saya ambil marketnya di situ. Oke,
kamu enggak usah beli buku paket. Kamu
fotokopi di saya. Saya koordinasiah itu
satu kelas dan itulah kenapa saya jadi
seluruh ketua kelas di semua mata
pelajaran. Ya, orang cuan lah pokoknya.
Tapi itu enggak boleh. Ternyata itu saya
baru baru tahu kalau itu ternyata
ilegal. Itu enggak boleh. Jadi, jadi itu
jangan ditirulah. Jangan ditirulah.
[Musik]
Awal mula saya buka servicin kui itu
karena jasa itu tuh enggak ada modalnya.
Karena saya dulu asalnya enggak punya
modal dan servis HP. Modalnya
mentok-mentok obeng, obeng sama kuota
YouTube ya. Intinya bisa ngelihat
YouTube ya udah saya servis. Jadi kenapa
jasa? Karena menurut saya jasa itu net
profit marginnya itu bisa tinggi dan
resikonya lebih kecil kalau pas
nembaknya. Nah, kenapa kok akhirnya
switching ke Self Studio? Karena waktu
itu saya lihat Self Studio ini apa ya
HPP-nya ya? Saya kira-kira ya ada modal
tapi HPP-nya enggak ada. Contoh kayak
saya jualan satu sesi foto, orang itu
foto-foto sendiri, udah ya wis kamera
jepret selesai gitu loh. Keren banget
ini. Saya cobalah akhirnya saya beli
beberapa kamera. Saya pikir wah ini
ketika ini nanti omsetnya katakanlah
Rp100 juta ini tuh mungkin HPP-nya hanya
10%, hanya 20% untuk ya HPP yang sama
maksud tadi OPEX ya. Jadi OPEX-nya
mungkin hanya listrik, biaya karyawan
enggak ada lain gitu loh. Saya coba wah
benar ternyata. Tapi tapi enggak enggak
langsung mulus gitu ya. Awal-awal saya
kira langsung ramai ternyata enggak. 2
minggu itu kosong songsong enggak ada
orang. Bayangin saya, saya udah pakai
seluruh tabungan saya dari situ dan saya
udah kosong-kosongan habis waktu itu. 2
minggu enggak ada customer. Nangis saya,
Pak. Waduh, namanya walaupun kita masih
muda ya, tapi namanya anak laki kalau
misalnya kayak gitu kelihatan enggak
sukses. Teman-teman saya itu waktu itu
udah kerja di sin lah. Waktu zaman itu
ada yang kerja di PWC, ada di Deloit.
Wah, keren-keren lah. Lah, saya ini jaga
studio foto enggak ada orangnya. Kalau
bahasa orang Jawa tuh ngap ya. ngapload
enggak ada duit. Aduh nangis saya waktu
itu. Nah, nah di situlah saya mulai ee
dengan saya sendiri jadi operator, jadi
CS, jadi fotografernya sekalian saya di
lantai 3 turun ke lantai 1, lantai 3,
lantai 1, lantai 3. Jadi back for kayak
gitu karena di lantai 1 masih belum ada
CS. Waktu itu hanya teman-teman
staf-staf saya yang saya suruh nyervis,
tapi dia kan enggak bisa ngeCSin ini ya.
Self studio kan karena kan beda
role-nya. Jadi waktu itu stafnya hanya
saya sendiri. Terus saya hiring, ada
satu orang membantu maksudnya bisa
ngebantuin saya untuk nge-set up kamera,
operator dan lain sebagainya. Nah,
singkat cerita dari situ kok yang
dilalah waktu itu ternyata ada satu
influencer kayak kol kecil-kecilan gitu.
Saya undang-undangin lah. Ternyata
meledak banget di TikTok. Mungkin bisa
dicek nanti di @quis studio di TikTok.
Zaman itu meledak sekali. Ramai,
akhirnya sret ramai. Nah, dari situlah
titik awal berdirinya Queis Studio yang
profitable kayak gitu dan juga HPP-nya
ternyata sedikit sekali dan saya baru
ngerasain loh uangnya gede banget. Nah,
udah balik duit saya. Oh, saya langsung
buka lagi cabang cabang kedua. Cabang
kedua sret ramai lagi. Tapi di week
pertama, week kedua, week ketiga itu
langsung didatangin polisi. Karena waktu
itu cabang kedua itu saya ambil di kayak
dimasuk dalam satu perumahan dan di
perumahan itu ternyata orang-orang dosen
kampus gitu loh ramai banget motor tuh
sampai parkir di depan rumah orang ya
wacar aja didatangin polisi. Jadi cabang
keduanya Kui Studio itu akhirnya mau
enggak mau harus pindah. Mau pindah
akhirnya ke Soekarno Hatta. Soekarno
Hatta itu ee lebih proper lah, jauh
lebih proper di prime areanya di Kota
Malang. Ternyata kok yang dilalah total
dari perpindahan itu tadi 3 bulan
uangnya balik lagi ya. Saya buka lagi
cabang lagi di Surabaya. Nah, ini empat
lantai kalau di Surabaya ya. Sekarang
itu masih kepakai tiga sih karena lantai
keempat ini kayak gudang itu. Cuma
intinya yang tadinya cuma saya pakai dua
lantai, sekarang saya bisa ekspansi ke
tiga lantai, terus sekarang ke lantai
yang lebih tinggi lagi dengan modal yang
lebih gede lagi waktu itu. Karena kan
cabangnya lebih besar, renovasinya lebih
banyak. Nah, habis itu uangnya balik
lagi. Nah, BP lagi kurang lebih dalam
agak lama sekitaran 5 bulan karena di
situ tuh penetrasi marketnya beda
ternyata sama yang di Kota Malang.
Karena kan di Kota Malang bisa yang
pertama meledak, yang kedua ikut meledak
karena yang pertama sudah meledak
duluan. Nah, itu saya coba replikasi ke
kota Surabaya ternyata enggak secepat
itu. Nah, BP-nya sekitar 56 bulanan lah.
56 bulanan. Baru setelah itu saya
beranikan diri untuk saya pikir gimana
cara grow tapi enggak pakai capital kita
punya sendiri. Karena di saat itu saya
sudah harus mulai invest ke team
holding. Saya harus bentuk kayak saya
harus hiring operation lead-nya siapa,
marketing lead-nya siapa. Karena waktu
itu saya semua yang pikirin saya udah
cukup pusing ng-emanes tiga cabang
karena saya harus invest ke team
holding. Dan ternyata tim holding itu
mahal juga, orang-orang yang
keren-keren. Saya pikir gimana cara saya
bisa opening cabang terus? Saya bukalah
konsep kemitraan ya. Jadi kemitraan saya
itu cabang keempat saya itu kemitraan.
Ada ada panter saya Mbak Riska dan Mas
Evan nanti kalau kalau nonton. Nah, itu
adalah orang pertama yang percaya sama
modal bisnis saya dan akhirnya buka dan
ternyata kurang dari setahun 11 bulan
udah BEP lagi dia tuh akhirnya buka lagi
cabang sekarang. Tapi singkat cerita
dari kemitraan tuh deal deal deal deal
sampai sekarang itu punya se cabang dan
ongoing saya buka cabang ke-10 di salah
satu kota di Jawa Tengah. Nah, itu
cabang saya sendiri. E sekarang majority
adalah cabang saya sendiri non mitra
sebetulnya. Karena saya masih percaya
kalau saya sendiri believe sama bisnis
saya. Kenapa saya enggak berani invest
lagi? Ya, jadi ada ada rasio di mana
saya waktu itu invest ke holding. Nah,
tapi kan masih ada ternyata growing
lagi, nambah lagi revenue-nya, saya bisa
buka cabang lagi, buka cabang lagi
sambil saya juga ngehidupin holding saya
sendiri. Ya, skema kemitraannya itu
kurang lebih autopilot ya. Karena saya
masih believe tim holding saya yang akan
paling care dengan bisnis ini sendiri
dan paling tahu dengan bisnis ini
sendiri. Dir saya bikin investor tuh
jadi pasif aja. Jadi, kamu setor dana
atau kamu setor tempat bisa
dinegosiasikan. Dalam arti kayak gini,
ada satu mitra saya itu yang beneran
kasih uang aja. Saya yang cari rukonya,
saya yang cari semuanya. Tapi ada juga
orang yang sudah sedia ruko karena
mereka sudah punya bisnis di lantai
satu. Nah, saya masuk di lantai duanya.
Nah, akhirnya saya min,
tanpa kayak gitu-gitulah. Jadi, masih
ada karena itu propertinya dia sendiri
dan lantai satu di bisnisnya mereka
sendiri otomatis bisa cross selling
trafficnya itu kan ikut. Nah, itu jadi
konsepnya adalah kemitraan autopilot di
mana saya masih believe yang harus
nge-handle kuis studio adalah tim kita
sendiri supaya quality-nya tetap terjaga
dan enggak ada komplain-komplain
dikarenakan mis guidance ya dari tim
holding. Jadi, saya masih percaya harus
autopilot dan harus saya sendiri yang
ng-manage itu semua cabang. Kenapa bisa
cepat? Itu satu saya itu percaya sekali
sama lak. Lak berkat dari Tuhan ya, doa
dari orang tua itu besar sekali. Tapi
kalau kita enggak mau ngomongin ini
semua, kita ngomongin secara objektif
ya. Kenapa kok bisnis kuis studio ini
bisa seeksponensial itu? Karena satu,
awalnya itu sudah dapat top of mind-nya
dulu di Kota Malang. Jadi top of M di
Kota Malang karena saya waktu itu masuk
dan saya tusuk tepat di jantungnya
mahasiswa-mahasiswa di Kota Malang,
akhirnya punya kapital. Dari punya
kapital bisa diputar lagi dengan
strategi yang sama. Nah, pertanyaannya
ketika orang dengan strategi yang sama
masuk sekarang, apakah bisa? Jawabannya
enggak bisa. Nah, zaman saya dulu
seperti itu, saya bisa mulai. Tapi kalau
zaman sekarang kamu mau start bisnis
yang sama persis dengan saya tanpa modal
ya enggak bisa. Ya namanya peluang itu
kan namanya alfa itu kan ketika semua
orang sudah tahu alfa kan gak jadi alfa
itu kan dibuktikan dengan teman-teman
bisa cek ajaalah sell photo itu sebanyak
apa karena to entry-nya itu kecil sekali
gampang sekali orang bikin studio tapi
pertanyaannya yang ramai yang mana nah
karena kita di awalnya udah ramai itulah
yang jadi tipping point sebetulnya jadi
saya sudah punya katakanlah omset Rp100
juta ya itu tuh HPP-nya itu kan cuma 20%
ya mungkin ya ya Opex dan lain
sebagainya intinya modalnya hanya 20%
jadi netnya itu bisa sampai Rp80 juta
80% lah itu angka kasaran aja ya Jadi
Rp0 juta ini kan bisa diputar lagi,
diputar lagi, diputar lagi. Nah, tiping
point-nya itu sebenarnya saya bisa
menemukan sebuah bisnis yang net profit
marginnya itu tinggi sekali dan di sini
saya bisa opening cabang terus. That's
why kalau misalnya orang bilang, "Oh,
kamu punya uang dari jualan kemitraan
lah. Cabang saya loh mayoritas loh punya
saya sendiri." Nah, dari mana uangnya?
Dari uang yang diputar kemarin itu. Tapi
apakah hanya bisa menggunakan cara
seperti ini tok? Ya gak bisa. Jadi saya
harus coba apa ya ini apalagi ya?
Apalagi ya? Makanya saya invest di team
holding itu tadi. Nah, that's why kalau
misalnya ada orang mau buka SH Studio
ini dari pikiran pikiran saya ya. Orang
bikin SHF Studio itu kamu nudahah cari
tim holding itu enggak murah juga loh.
Nah, that's why saya pikir gimana
caranya yang lebih efisien. Makanya saya
bikin tim holding yang tim holding ini
menganmanage banyak cabang. Jadi kan
bisa nemukan titik efisiensi ya di situ
ya, scale of economy lah. Nah, di
situlah saya bisa pikir rasanya tipping
pointnya adalah pas dan momentum dan
juga waktunya tepak gitu bahasa jawanya
gitu.
Jadi background keluarga saya itu single
parent. Jadi saya cuma dibesarkan sama
mama saya. Mama saya itu selalu
ngedukung saya all the way apapun
pilihan saya. Karena mungkin kalau
dengar dari cerita teman-teman saya,
orang tuanya tuh selalu involve kayak
kamu itu janganlah ginilah kamu daftar
ini aja lah. Kalau mama saya tuh wis
pokoknya kamu apa tak support, kamu apa
tak support. Nah, itulah yang bahkan
saya jadi ojek pun mama saya itu enggak
enggak yang gimana-gimana bangga mama
saya itu bahkan ya mama banggalah sama
kamu, Leitulah.
Wah, jadi ini saya jadi melu saya ya.
Itulah kayak satu peneguhan yang oke
saya akan lakukan apapun yang saya mau
selama itu takarannya masih tertakar.
Wong saya waktu itu punya uang anak muda
punya uang R00 juta. Minimal kalau
misalnya saya amit-amit jeblos uang saya
jadi nol lagi, saya masih bisa pulang ke
rumah mama minta makan ya entah itu
tahu, tempe, nasi sama Mama kayak gitu.
Jadi enggak enggak yang gimana-gimana.
Tapi profil resiko saya memang waktu itu
saya pikirnya cacing-cacing naga-naga
sekalian lah. Makanya kalau dulu zaman
saya kuliah itu, Teman-teman, saya kasih
julukan saya itu kayak sarjana YouTube.
Karena saya itu tiap hari ngelihatin
YouTube, tiap hari ngelihatin belajar
ini, belajar itu ya. Selain belajar HP,
saya juga belajar hal yang lain kayak ya
belajar tipis-tipis lah, bisnis-bisnis.
Zaman itu tuh saya belajar dari
tokoh-tokoh kayak Andika Sutoroputra,
Bong Candra. Zaman-zaman itu kan bikin
Trinity L dan lain sebag. Wih, keren
banget ya. ini orang bisa muda, kaya
raya. Itu sih itu sih yang yang jadi
guidance saya. Saya tuh jujur aja enggak
se kaya itu. Mama saya itu ngidupin tiga
tiga orang anak dan itu single parent.
Saya bisa kaya dari mana gitu loh. Ya ya
ya piye lah. Saya anak bindik misi saya
harus cari uang juga ngebiayain mama
saya. Ya gimana ya mau orang bilang apa
ya terserahlah. Dua, saya itu juga orang
yang enggak punya keluarga yang
berprivilh juga. Maksudnya kayak mungkin
kalau misalnya saya ada keluarga yang
pebisnis saya bisa diajarin itu. Saya
juga enggak. Terus saya juga ya apa apa
yang saya punya ya yang saya punya
adalah saya mampu ngelihat peluang yang
ada di depan mata dan saya berani nekad
orangnya. Nah menurut saya ya bisnis ya
itulah bisnis sebetulnya bukan yang
siapa yang paling pintar, bukan siapa
yang paling kaya, bukan siapa yang
paling berprif, tapi siapa yang paling
jago yang ngelihat peluang. Karena orang
pintar belum tentu jago ngelihat
peluang. Kalau menurut saya belum tentu
berani juga. Orang itu harus berani.
Kalau orang enggak berani itu ya gimana
peluang itu bisa diambil. Contoh ya,
pada waktu itu ada satu seminar waktu
itu, waktu saya kuliah. Saya itu
orangnya aktif, sukaok banget nanya.
Kenapa? Karena biasanya ada hadiahnya.
Saya pernah di satu seminar, saya itu
nanya kedua, tapi penanya pertama itu
dikasih hadiah sekian ratus ribu. Oh,
ternyata kesempatan seperti ini ya.
Akhirnya di next itu saya nanya terus,
nanya terus. Nah, jadi kesempatan itu
ibarat kata seperti itu. Di depan mata
kamu seminar aja kamu nanyanya enggak
usah ngomongin pertanyaan, kamu duduk di
belakang aja dibanding duduk di depan.
Orang pertama yang akan lebih cepat
dapat peluang adalah orang yang di
depan. Jadi ketika peluang datang, kamu
bisa langsung nangkap. Nah, di sisi lain
kita juga harus latihan juga ya. Dulu
saya ngelihat, oh ini ada problem di
kelas saya adalah orang-orang cari buku
paket yang harga murah. Nah, saya
ambillah peluang. Oh, caranya adalah
fotokopi. Terus oh ini ada self studio.
Self studionya masih tergolong mahal
sedangkan marketnya mahasiswa. Saya
bikinlah yang murah. Nah, sebenarnya
saya bilang itu cukup simpel mikirnya.
Cuma kalau kita enggak mau mikir
sesimpel itu aja, gimana cara kita bisa
mau ambil peluang gitu loh. Simpel kan
sebenarnya pikirannya. Tapi kan orang
banyak tapi wong, tapi wong tapi wong.
Eh, ya itulah ya. Ituah kebanyakan tapi
jadinya enggak enggak jadi-jadi. Kalau
menurut saya, kalau kita sendiri enggak
percaya sama diri kita sendiri, siapa
yang mau percaya? Ya pebisnis itu memang
menurut saya ya sendiri orang kira orang
bakal support loh. Belum tentu loh orang
dalam satu komunitas saja. Jangankan
satu komunitas ya, satu perusahaan aja
bisa jadi wah ini bosnya ini kalau
bahasa jawanya enggak teli ini. Saya
enggak suka ini. Orang itu jangan dikira
ngelihat kita sukses itu senang. Enggak
enggak tentu loh. Apalagi orang yang
berasal dari lingkungan yang sama.
Bahkan saudara aja itu bisa jadi enggak
senang loh. Ya gitu. Kita enggak bisa
mengharapkan support tuh dari orang lain
ya. Jadi kita harus percaya diri sama
diri kita sendiri dan kita harus
benar-benar teguh ya, tat ya. Kalau
orang bilang kalau kita mengharapkan,
"Oh, aku gini harus diapresiasi orang.
Oh, aku gini harus ada orang yang ini.
Hah, kapan jadinya? Kadang kala orang
yang mengapresiasi di luar itu malah ada
udang di balik batu loh. Saya mengalami
beberapa kali kayak gitu. Harus sangat
berhati-hatilah kalau kita mau menitik
beratkan motivasi ke orang lain, no.
Jadi menurut saya ya, resiliensi,
persistensi itu harus dari kita sendiri
ya. Harus alone ya. Gimana? Waktu itu
saya masih sendirian, tapi saya ada
mentor waktu itu. Mentor saya namanya
Mas Moga. Nah, Mas Moga ini sebenarnya
bisnisnya laundry. Dia tuh keren lah
londnya itu ratusan cabang. Wis top lah
pokoknya dia orang. Dia itu awalnya jadi
mentor saya. Nah, saya ajak tuh jadi
partner di Kuis Studio setelah sudah
kelihatan. Nah, kayak gitu. Nah, ini loh
ini yang saya ingin bicarakan juga.
Namanya founders itu kalau misalnya kita
belum jadi apa-apa, orang itu loh
ngapain juga mau bantuin kita, ya
enggak? Jadi, kalau misalnya kita belum
apa-apa udah minta dibantu orang, ya,
the question is why orang mau bantu
kita? Ya, contoh kayak dalam konteks
panter saya. Kenapa panter saya juga
akhirnya mentor saya tadi itu mau
ngamentorin saya? Karena mungkin dia
lihat ada satu bibit-bibit api lah di di
dalam hati saya. Jadi dia masih mau
ngebantuin. Tapi kalau orang yang bahkan
banyak tapinya tadi orang mau jangan
mentorin ketemu aja malas gitu loh. Ya
enggak ya realistis aja. Jadi menurut
saya kita kalau misalnya mau berpanas
sama orang kita harus ada something
dulu. At least enggak harus ada hasilnya
enggak. Tapi kemauan kita, komitmen
kita, omongan kita ini bisa dipegang apa
enggak.
Pencapaian yang paling utama adalah saya
sekarang punya 10 cabang di KI Studio.
Terus saya masih duduk punya dua cabang
servisin itu ada 12 cabang. Bukan
quantity-nya tapi berapa orang yang bisa
saya hidupin di situ. Menurut saya ada
kesenangan di hati itu. Wow ternyata ini
ya ini tuh ini kayak lebih senang gitu
loh. Contoh kayak juga saya akhirnya
sekarang pencapaian bisa ajak mama ke
luar negeri. Karena poin saya adalah
pencapaian yang paling tinggi adalah
kita bisa menangin waktu. Ada beberapa
orang yang udah sukses sekali, udah
ratusan miliar, ratusan triliun, tapi
waktu gak bisa dikembalikan. Mungkin
orang tuanya sudah let's say udah di
mana, udah enggak ada, udah eh amit-amit
kata, mohon maaf meninggal kayak gitu.
Nah, itu kan sebanyak apapun uangmu itu
enggak bisa dibalikin loh. Jadi sekarang
yang saya masih prioritaskan adalah
gimana cara saya bisa senangin mama
saya, saya bisa punya waktu untuk
keluarga saya, saya bisa senengin
kakak-kakak saya, saya bisa ajak mama
saya ke Jepang, ke Hongkong, ke Eropa.
Intinya kapanpun saya mau saya
berangkat, saya bisa. Itulah pencapaian
tertinggi saya ya. Ya, terlepas dari
sekarang ada pencapaian kayak beli jam
tangan, beli rumah, beli ya itu ada itu
bisa. Saya kayak sekarang itu kalau mau
ngomongin kayak sedikit flexing-flexing
ya saya ya nasabah BCA prioritas ya.
Saya nasabah OCBC Premier ya. Saya punya
rumah sekian miliar, saya punya mobil.
Tapi apakah itu sebenarnya pencapaian
terpes? Ini menurut saya loh ya bukan
itu ya. Tapi untuk saat ini yang menurut
saya paling keren adalah saya bisa
senengin mama saya, saya bisa punya
waktu untuk keluarga saya, saya bisa
senengin kakak-kakak saya. Nah, kalau
untuk saat ini saya alokasikan uang,
saya alokasikan waktu saya itu ke
hal-hal yang seperti itu. Jadi lebih apa
ya di hati itu, "Oh, Mama kepengin ke
sini nak. Oyo ayo. Oh, mama kepengin
besok ke Jepang, Nak. Ohoho, ayo." Itu
sih itu sih menurut saya pencapaiannya.
Oke. Untuk karyawan di Koi Grup sekarang
kan KI Grup itu ada dua di service KI
sama K Studio kalau digabung itu
sekitaran 80 sampai 100. Karena habis
ini kan kita ada buka beberapa cabang
jadi hampir 100 lah bisa dibilang. Tapi
itu di outlet ya. Jadi outlet sama di
holding itu saya gabung semua. Oke, di
Malang tuh ada dua. Ada servisin KI dua,
ada KI Studio juga dua. Jadi, terus ada
di Surabaya, di Jakarta Selatan, di
Bali, Yogyakarta, Kediri, Pandaan. Ini
kita mau buka ini di Semarang terus ada
di sampai lupa ya pokok itulah pokoknya.
Kalau dari sisi omsetnya dari KI Group
itu sendiri kan kita ada L bisnis yang
tadi cenderung stable dan ada yang
eksponensial tuh. Nah, dari situ tuh
mulai mungkin ya awal-awal tuh cuma
kayak R juta dari ku Studio ya R juta 1
bulan saya tarik year on year itu
growth-nya itu bisa kemarin saya hitung
tuh ya 1440%
jadi bisa dari R juta itu bisa langsung
jadi kayak R00 juta terus habis dari R00
juta jadi R00 juta dari R00 juta itu
ketambahan kita buka kemitraan itu kan
masuk omset lagi ya itu bisa sampai R700
juta dan ya itulah ya itulah itu saya
juga apa ya dulu awalnya pegang duit
segitu sekarang pegang duit segini itu
wow gitu ya ternyata setelah punya uang
itu rasanya nya kayak dulu dulu itu saya
liburan ke Bali aja eh kita ke hotel
yang kayak gini ya kita naik base ya
kita naik kapal ya sekarang saya
berangkatin ke Hongkong sekeluarga naik
bisnis kelas ayo kayak gitu ya itulah
itulah kayak ada rasa kagetnya cuma
dinikmati kayak gitu segitulah mungkin
100-an lah tapi enggak semua cabang ya
enggak semua cabang Rp100 juta ya ada
kalau bahasa jawanya itu gendong ind ada
yang ada yang besar ada yang kecil
karena ada kota-kota seperti Jogja woh
itu besar sekali ada kota-kota seperti
Surabaya Tapi ada kota-kota yang seperti
Kediri. Jadi kalau misalnya Kediri ya
enggak enggak bisa R00 juta juga karena
itu kan market size-nya aja mungkin
enggak enggak sebesar itu gitu. Menurut
saya kunci sukses itu jujur ngomong
enggak ada. Karena kunci sukses untuk
saya diterapkan sama emas, diterapkan
sama orang lain lagi itu mungkin bisa
jadi enggak works. Dan teman-teman tuh
harus cari kuncinya itu sendiri-sendiri.
Karena kunci setiap kesuksesan itu
menurut saya kayak ada lubang kunci ini
kan beda. Kuncinya juga beda. Ini ada
kunci ini beda. Karena kesuksesanmu itu
belum tentu kesuksesanku. Kesuksesanku
belum tentu kesuksesanmu, gitu kan. Yang
bisa saya pahami adalah patternnya,
bukan kuncinya. Ya, contoh kayak
sekarang ya. Saya menurut saya yang
bikin saya sukses itu tetap ada satu
namanya keberuntungan. Nah,
keberuntungan ini dari mana? Dari berkat
Tuhan. Berkat Tuhan ini turun dari mana?
Ketika saya berbakti sama orang tua lah.
Itu kan yang bisa kita baca lah di di
kitab suci mana pun ya. Kamu harus
berbakti sama orang tua. Tapi ya orang
berbakti, orang diberkati Tuhan, orang
cinta Tuhan itu apakah menjamin 100%
sukses? Lah enggak juga loh. Kita jujur
ngomong aja enggak enggak semua orang
jadi kaya loh. Kalau misalnya tolak
ukurnya adalah kesuksesannya adalah
uang. Tapi kalau kesuksesannya adalah
kedamaian, ya itu lain cerita. Jadi
teman-teman harus cari definisikan
sukses itu apa dulu. Apakah dengan punya
uang banyak itu menurut Teman-teman
sukses? Kalau menurut saya sih minimal
dengan punya uang itu beberapa masalah
itu sudah terpecahkan lah. Jadi harus
kaya kalau menurut saya. Nah, ini juga
kaya itu juga ada orang yang nganggap
kaya itu R juta kaya, R miliar kaya ya
menurut teman-teman ajaalah. Nah, itu
tadi kuncinya tuh beda-beda, loknya ini
juga beda-beda. Jadi menurut saya itulah
kunci suksesnya.
[Musik]
Tips singkat ya dari saya, disclaimer
on. Saya belum sekaya itu. Uang saya
masih di bawah 10 miliar. masih
mendekati-mendekati lah. Jadi untuk
sampai ke situ biasanya itu kalau saya
lihat tuh FOMO itu loh. Jadi anak-anak
muda ini kan ngelihat waduh bisa beli
McLaren, waduh bisa beli Rolex. Itu kan
kayak kepengin gitu toh. Nah tapi
setelah saya analisa kembali
depresiasinya seperti apa. Nah ini kalau
misalnya saya beli ini fungsinya seperti
apa? R to reward-nya kalau kalau biasa
orang ngomong itu mudor sama kebaikannya
ini baik mana? Kalau modoratnya lebih
banyak ya saya enggak ambil itu walaupun
rasanya fomo bahkan ya namanya anak
muda. Tapi ngicip-ngicip enggak apa-ap
lah kayak ya sewa-sewa enggak apa-apalah
menurut saya kayak gitu. Untuk anak muda
yang mau memulai berusaha menurut saya
stepnya adalah mulai.
Kamu jangan waduh pengin berbisnis sibuk
dulu kayak something big is coming.
Ternyata enggak mulai-mulai. Ya, ngapain
kamu kayak hot-hot gitu kelihat di Insta
Story keren, kumpul-kumpul pengusaha
ini, pengusaha itu. Tapi kamu sendiri
bisnisnya enggak mulai-mulai. Menurut
saya daripada kamu join-join
komunitas-komunitas, berelasi orang itu
loh kalau misalnya kamu sudah punya
something akan mau kok berelasi sama
kamu. Kamu tuh enggak usah effort
seffort itu. Ini menurut pengalaman saya
pribadi. Jadi yang saya lihat banyak itu
di anak muda sekarang ketika ingin
memulai berbisnis itu mulutnya dulu.
Yang yang mulai itu mulutnya, tangannya
itu enggak pernah mulai. Jadi ya
mulailah pakai tangan kakimu, jangan
mulutmu tok kecuali bisnismu personal
branding. Ya, ya lain cerita ya. Saya
Brambili, saya dari Koi Studio.
Perjalanan saya sebelum menjadi pisnis
adalah menjadi seorang ojek online dan
tukang servis HP keliling. Hingga saat
ini memiliki 12 cabang, up to 13 cabang
di berbagai kota di Indonesia,
Teman-teman. Pasti banyak sekali yang
akan ngomong, "Wah, dia mungkin anaknya
orang kaya ini berprivileg bla bla bla."
Tapi pertanyaannya gitu loh,
Teman-teman. Sampai kapan Teman-teman
ingin membandingkan orang terus-menerus?
Jadi ketika ngelihat orang yang
cenderung lebih sukses, coba tanyakan,
"Wah, gimana ya caranya bisa sukses
seperti orang tersebut? Wah, gimana ya
caranya bisa menempuh jalan seperti
orang itu?" Jadi, bandingkanlah diri
teman-teman dengan orang yang sudah
sukses dalam artian positif. Jangan juga
membandingkan sampai teman-teman sakit
hati, teman-teman sampai enggak mau
ngapa-ngapain. Nah, itu juga kurang
tepat juga. Jadi menurut saya gimana
caranya kita bisa naik kelas ke kelas
selanjutnya adalah dengan memulai ini
naik kelas versi saya. Temukan naik
kelas versi kamu.
Resume
Read
file updated 2026-02-13 13:26:26 UTC
Categories
Manage