Orang Kaya Membuat Uang Bekerja Untuk Mereka, Punya Passive Income 700 Juta+ Perbulan
UWwtXYCwku4 • 2024-12-28
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
[Musik]
makanya saya pernah l ditelepon sama Kak
Pak Selamat ya jadi prioritas uh saya
pikir dari bank mana ini prioritas dari
bank mana saya tanya oh ini dari kantor
pajak Pak Waduh ternyata saya sudah
masuk WP prioritas aset ya puluhan
miliar lah sudah okelah tapi sebenarnya
kalau saya selalu ngomong yang paling
penting bagi saya bukan aset yang paling
penting saya adalah passif income berapa
passif income yang sudah saya hasilkan k
Karena tujuan utama saya tuh dari awal
passive income miniarket hitung kasar
aja setelah bayar listrik bayar karyawan
bayar royalty barang rusak barang hilang
pajak ya kira-kira per toko Rp25 juta
per toko ya toko saya ada 29 tentu toko
saya ada yang rugi ada itu kan saya
cuman ngomong rata-rata tapi ada juga
toko yang di atas rata-rata cost ada
tiga tapi senangnya nyebutnya bukan cost
Hotel Ultra budget ya terus ada wartek
ya wartek Okelah paling 5 7 juta lah
satu wartek sudah lebih dari cukup
Lah pastikan bisnisnya kalau prinsip
saya 5A satu bisnisnya harus autopilot
kalau enggak autopilot kita akan kekunci
di situ selamanya repot itu kedua
bisnisnya harus Aman jangan sampai
dikejar-kejar pihak berwajib hanya
gara-gara bisnis itu Cari bisnis yang
aman nah yang ketiga yang awet banyak
orang kan Wah lagi ngetren nih lagi
ngetren yang saya saya cari bukan trend
yang saya cari itu yang long term
Makanya kalau dilihat kan bisnis saya
kelihatannya membosankan sekali sih Pak
mini market toko ban motor wartek Aduh
kos membosankan Pak ya kalau buat saya
membosankan enggak apa-apa tapi yang
penting kan income-nya awet jadi
autopilot aman awet berikutnya
income-nya teratur dan satu lagi di atas
bunga bank 5A ketika ini terpenuhi
teman-teman ketemu bisnis itu langkah
berikutnya teman-teman cari kriteria
properti yang cocok untuk bisnis ini apa
Nah baru cari jangan belum apa-apa Udah
mau nyari properti nyari properti itu
nanti cari bisnisnya dulu baru cari
[Musik]
properti Nama saya Pipo usia kebetulan
baru berapa hari yang lalu saya ulang
tahun ke-50 wah ini sudah setengah abad
rasanya tua banget ya nah saya tinggal
di Jakarta kalau ditanya bisnis saya
saya kadang-kadang juga bingung tanya
bisnis Sebenarnya saya bukan bisnis tapi
saya punya banyak properti Nah
propertinya itu daripada saya sewain ke
orang saya biasa lebih senang joinan
misalnya ada minimarket saya ada dipakai
franchise kemudian cost cost juga saya
pakai operator bukan saya yang kelola
sendiri wartek Saya juga ada bagi hasil
y-f toko ban motor juga ada pakai
franchise satu lagi sekarang yang lagi
lagi saya mau buat toko roti juga saya
kerja sama dengan orang lain orang lain
yang bisnis di atas properti saya Jadi
sebenarnya yang saya lakukan adalah saya
kolaborasi saya selalu ngomong Saya ini
bukan pebisnis saya ini investor
properti cuman daripada propertinya
nganggur saya itu kan butuh uang untuk
bayar angsuran nah saya biasa senang ada
bisnis di atasnya istilah saya sekarang
zamannya bukan kompetisi lagi tapi
kolaborasi ya
lumayanlah ada 52 properti saya
nyebutnya ini passive income kalau orang
lain kan kerja untuk uang kalau saya
senang membuat uang bekerja untuk saya
jadi caranya gimana saya enggak repot
tapi bisa
menghasilkan saya waktu lulus kuliah
saya ngomong sama orang tua saya saya
enggak mau lanjutin Saya pengin usaha
sendiri di Jakarta Saya pengin belajar
orang tua saya bilang kamu kalau mau
jadi karyawan 3 tahun aja setelah itu
balik ke Jogja nerusin usaha apaapa saya
bilang iya iya aja ya ternyata saya gak
pernah mau ngelanjutin bahkan banyak
orang ngomong ke saya kamu tuh gila ya
orang tua sudah berkecukupan gitu kenapa
enggak kamu Terusin kan enak malah kamu
jadi gembel gitu di Jakarta wah dulu kan
saya pernah itu ngerasain uang tinggal
Rp1.000 di kantong mau beli nasi goreng
r.500 saja enggak punya uang Saya sudah
mau nyerah balik Jogja tapi enggak
Pokoknya terus bertahan prinsip saya
Saya dari dulu kan kesuksesan besar itu
datang ketika kita tidak sanggup lagi
kita merasa tidak sanggup lagi tapi kita
jalan terus enggak bisa lari jalan
enggak bisa jalan merangkak enggak bisa
merangkak guling di tanah pokoknya maju
terus istilahnya kan kalau kita lewat di
neraka jangan berhenti jalan terus
karena berhenti di neraka ya berhenti di
neraka beneran selamanya di situ jalan
terus pokoknya jalan terus enggak Enak
enggak Enak sakit sakit enggak bisa
tidur Ya sudah pokoknya jalan terus
selama enggak mati ya pasti nanti tambah
kuatlah tenang aja udah jalan aja terus
itu proses belajar Makanya kalau hari
ini sering pada ngomong Pipo Enggak
stres ya Eh jangan kamu pikir saya
enggak stres ya saya ketawa-ketawa ini
juga Saya stres loh cuman lama lama kan
Ah biasa udah Tahulah ini nanti masalah
pasti akan berlalu kita berusaha yang
terbaik nanti pasti kebuka
Jalan caranya gini jadi 97 saya lulus
kuliah nah Indonesia krismon tuh waktu
itu Indonesia krismon sehingga saya gak
bisa bekerja di bidang yang saya lulus
saya itu kan lulusnya teknik sipil dan
psikologi gak bisa Teknik Sipil lagi
ancur-hancuran jadi terpaksa saya masuk
ke perusahaan kredit nah di perusahaan
kredit saya malah belajar banyak yang
saya lakukan sekarang itu hasil dari 97
Saya kerja di perusahan kredit makanya
saya kalau ngomong ke anak-anak jangan
mikir duit kerja itu kerja aja belajar
anak muda jangan mikir duit kalau mikir
duit kamu mah enggak belajar repot
belajar duit nomor dua duit itu nanti
akan datang waktu kamu ilmunya bisa kamu
terapin ya singkat cerita uh saya sudah
enak tuh tahun 2001 itu saya pindah ke
perusahaan Amerika gaji saya 11 kali UMR
anak umur 27 tahun Saya sudah bisa 11
kali UMR Wah enak banget makan itu kalau
enggak makan restoran enggak mau nah
saya saya mulai masalah 2001 2001 saya
baca buku Rich dead purdad Oh waktu baca
buku Rich Dead purdad Saya mikir saya
harus kaya nah Waktu itu saya mikir
kalau mau kaya enggak bisa jadi karyawan
dulu harus buka toko dulu kalau sekarang
saya ngomong woh belum tentu karyawan
yang lebih kaya dari pengusaha itu
banyak pengusaha yang kalah sama
karyawan itu banyak jadi menurut saya
yang menentukan orang kaya itu bukan
karyawan atau pengusaha Kalau hari ini
ya yang menentukan adalah kemampuan
mengelola uang nah saya mulai 2003 16
Januari 2003 Saya masih ingat mulai
bisnis sendiri bisnis sendiri saya
pertama itu pengering padi alat
pertanian itu enggak jadi alatnya terus
bikin pengering baju Jadi tapi enggak
laku enggak ada orang yang mau beli
terus bikin pengering popok bayi itu
Jadi yang beli cuman kakak saya mungkin
Kakak saya ngelihat Stres ini orang
stres terus mulai saya jualan Kak
kar-aran tuh jualan piring melamin Saya
pernah jualan sikat gigi elektrik pernah
jualan baterai pernah kipas angin jadi
makelar triplek pernah jualan popok bayi
juga pernah peralatan-peralatan bayi itu
juga saya pernah pokoknya alat-alat
promosi juga pernah outsource juga
pernah Pokoknya palugada sampai 2008
saya Dibohongin orang bangkrut saya
omset r0 juta sebulan dibohongin 200 3
bulan omset kapok saya Makanya hati-hati
untuk teman-teman yang bisnis ini kan
channel-nya naik kelas saya lihat banyak
orang yang bisnis hati-hati kalau ngasih
tempo ke klien ke customer ke toko
apapun istilahnya itu hati-hati jualan
pakai tempo itu gampang yang susah Apa
nagihnya itu loh Kalau jualan pakai
tempo mah orang dikasih barang cepat
tapi kamu bisa nagih atau enggak itu
masalah itu pelajaran mahal sekali
makanya saya kan selalu ngomong saya ini
sudah ngambil kuliah collection
penagihan ilmu penagihan R juta itu uang
sekolah saya itu 200 makanya saya sangat
berhati-hati ketika sekarang memberikan
kredit ke klien gitu loh saya
pilih-pilih karena kalau enggak habis
sekali dilebas bisa 3 bulan kapok kan
ini perusahaan besar Pak itu yang
nyaplok saya juga perusahaan besar lagi
bukan perusahaan ecek-ecek Sama aja
tetap harus kita manajemen keuangan itu
penting nah 2008 bangkrut tapi justru
2008 itu justru saya ketemu ilmunya nah
gimana caranya beli properti wah kan
bangkrut enggak punya duit gini belinya
pakai seperti yang tadi saya ngong pakai
uang orang lain pakai modal kredit
Kebetulan saya kan pernah kerja di
perusahaan kredit saya nguasain
sedikit-sedikit saya nguasain lah ilmu
itu nah saya pakai beli properti pakai
KPR bayar angsurannya pakai income dari
properti itu kan enak banget kalau orang
lain kan beli properti nyicil saya
enggak propertinya yang nyicil sendiri
sampai lunas lunasnya Kapan pak Terserah
5 tahun 10 tahun 20 tahun no problem
saya Tahu dirilah namanya orang gak
kerja enggak modal itu ya tugasnya cuman
nunggu Udah sambil nunggu cari properti
yang lain sambil nunggu cari properti
yang lain terus seperti itu ggak terasa
sekarang sudah 52 properti gak
terasa sebenarnya yang saya lakukan kan
simpel sekali sangat simpel ya sangat
simpel Saya pengin beli properti tapi
saya enggak punya duit ya sudah pakai
KPR aja Ngapain susah-susah pakai kredit
Tapi kalau pakai kredit pertanyaan
berikutnya kan dp-nya Gimana pak ya kita
nego sama yang punya supaya dp-nya bisa
nol lah terus angsurannya gimana ya kita
bikin properti itu menghasilkan income
lebih besar dari angsuran kalau dia bisa
nyicil sendiri Terserah mau nyicil 5
tahun 10 tahun 100 tahun juga enggak
apa-apa Yang penting dia nyicil sendiri
sampai lunas Ya sudah ketika lunas
propertinya jadi milik saya ketika lunas
propertinya sudah mahal ketika lunas
juga pasif income-nya gak perlu bayar
lagi ke angsuran ke bank uangnya tetap
mengalir ke saya sebenarnya kan prinsip
yang saya lakukan simpel seperti itu
makanya kalau ada orang ngomong invest
properti enggak punya duit sama saya
juga gak punya duit Kamu pikir saya
invest properti pakai duit Enggak pakai
modal orang lain Saya juga tidak membuat
uang saya bekerja untuk Saya bukan saya
membuat u orang lain bekerja untuk saya
caranya gimana orang lain naruh uang di
bank bank pinjamin saya Saya beliin
properti propertinya nyicil sendiri
sampai lunas Ya sudah ketika lunas kan
jadi milik sebenarnya sesimpel itu
konsep yang saya lakukan caranya gini
yang properti yang pertama saya beli itu
satu properti r00 juta Nah saya hitung
waktu itu kalau r00 juta 3 rugo 3 lantai
ini kalau disewain itu cuman laku R juta
setahun alias 4 juta sebulan bayar uran
enggak cukup nah terus Caranya gimana
biar bisa bayar angsuran sendiri nah
muter-muter daerah situ eh ternyata
daerah situ banyak pabrik-pabrik ya Oh
kalau dibikin cos bagus ini cek daerah
situ kos-kosan bagus bisa dibikin kos 28
kamar r700.000an berarti Bisa income-nya
bisa naik jadi 18 juta nih bukan R juta
tapi 18 Wah ini bisa ini bayar angsuran
nah saya ajuin ke bank majuin ke bank
langsung nbang pertama ditolak semua
ternyata ternyata ngajuin kredit juga
enggak gampang itu perlu ilmu tersendiri
terus dimarahin sama penjual gimana sih
Pak Pipo katanya sebulan beres nih Sudah
sebulan lebih enggak beres-beres ya
sudah minta waktu lagi sebulan lagi maju
14 bank dari 14 bank ada tiga Yang Oke
salah satu bank itu mau memberikan
kredit 1,2 Miliar untuk properti itu nah
dapat kredit 900 bayarin ke penjual
sertifikatnya kasih ke bank buat jaminan
sisa 300 250 buat dibikin cost
disekat-sekat jadi kost R juta buat
awal-awal transaksi angsuran awal-awal
lah udah dp-nya nol angsurannya 15
income-nya 18 dia nyicil sendiri tuh
propertinya udah saya modalnya apa DP
enggak wong beli 900 kreditnya 1,2 kok
angsuran enggak juga angsuran 15
income-nya 18 bisa kok jadi properti itu
asiknya gitu bisa modalnya
[Musik]
nol tentu ada faktor resiko saya enggak
ngomong tanpa resiko tetap ada faktor
resiko dan saya selalu ngomong ya saya
waktu itu memang nekat dan berhasil
tidak nol resikonya Tapi menurut saya
waktu itu saya yakin kan saya sudah
survei daerah situ kos-kosan 700.000an
penuh jadi kalau saya buka ah mereka
pasti Pindah wongong kos lebih baru
orang lebih senang tapi itu juga tidak
menyelesaikan masalah ternyata punya kos
itu ribet ada yang susah bayarnya harus
dikejar-kejar ada yang pakai ngasih
bukti transfer palsu ada yang enggak mau
bayar diusir malah mau bakar kosnya Wah
kapok Saya punya kos itu belum lagi
anaknya yang berantem ada yang bawa
ormas lawan ormas Wah motornya hilang
Waduh Nah terus saya enggak mau nambah
cost 2000 9 saya coba cara lain pakai
miniarket eh ternyata gampang mini
market lebih gampang lebih bagus
hasilnya ah udah saya sejak 2009
miniarket terus 2009 beli miniarket 1
2010 beli du dua minimarket terus pakai
cara seperti itu muter terus 2010 2011
beli 5 2012 beli 5 uh ternyata gampang
ya cara seperti ini terus gulung terus
2013 Saya mikir kok gampang banget ya
jangan-jangan salah jalan ya sudah
miliaran gini kalau salah Jalan Repot
juga ngerem saya 2013 cuman satu 2014
satu lagi 2 tahun Enggak ada masalah
apa-apa lancar semua geber lagi sampai
hari ini terus saya itu baru nambah cost
lagi itu 2017 waktu sudah ketemu
operator kost ih ternyata kost ada
operatornya ya Ah suruh operator yang
kelola dah saya sadar saya itu enggak
kuat di bisnis serahin orang lain enggak
perlu kompetisi kolaborasi
kalau yang saya pelajarin ya terutama di
investasi yang saya lakukan di properti
satu pisahkan uang pribadi dengan uang
bisnis ya itu sering saya lihat banyak
teman-teman pebisnis yang Miss di situ
gagal di situ uang pribadi sama uang
kantor dicampur Wah itu masalah itu
kesannya Wah uangnya banyak Eh itu uang
kantor lagi bukan uang kita loh kan
kantor punya kita jangan-jangan itu uang
untuk beli barang entar lama-lama enggak
punya duit buat beli barang lagi
jangan-jangan itu uang untuk ngasih
tempo ke toko-toko jangan-jangan itu
uang utang jangan dipakai Kalau saya kan
saya pisah uang saya empat uang pribadi
saya sendiri hasil dari bisnis saya
sekarang punya bisnis kecil-kecilan gini
kan setiap bulan Pokoknya saya dapat
gaji Rp15 juta ya sudah uang pribadi
saya terserah mau saya buang ke laut
juga terserah ini sudah uang pribadi ya
masing-masing toko walaupun miniarket
profitnya R2 juta tapi cuman
masing-masing minimarket saya target
cuman kasih saya
Rp500.000 per toko per bulan sudah cukup
uang saya ya uang saya uang toko uang
toko jadi saya seolah-olah dapat gaji
jadi uang saya uang pribadi uang
investasi saya minimarket properti
wartek Hotel Ultra budget toko ban itu
satu uangnya sendiri sama satu lagi saya
ngajar nah ini uang saya sendiri ini pun
tidak saya nikmatin uang ngajar ini saya
enggak pernah nikmatin tapi saya
investasikan lagi ke investasi yang lain
Jadi ini berputar tiga ini yang saya
nikmatin cuman uang pribadi nah saya
belajar dari situ harus dipisah kalau
tidak dipisah apalagi kalau teman-teman
model bisnisnya uang di depan dari
customer nah kesannya kan woh udah
terima uang banyak itu buat beli barang
itu bukan dinikmatin nah saya lihat
banyak orang yang terutama teman-teman
yang masih muda ya itu uang mesti
dipisah manajemen keuangan itu sangat
penting paling gampang manajemen
keuangan gimana uangnya sendiri-sendiri
dipisah-pisah kedua dicatat jadi
lama-lama tahu ini loh masalahnya di
sini masalahnya di sini kita bisa
[Musik]
menganalisa yang paling penting ya Bagi
saya pencapaiannya SPT saya kolom aset
lampiran lumayanlah sampai bisa
dipanggil sebagai wajib pajak prioritas
ya itu menurut saya eh pencapaian Ya
senang enggak Senang ya tapi ada
kepuasan tersendiri karena Dulu saya
merasa Wih kayaknya jauh banget dia
punya properti eh ternyata setelah punya
satu properti bisa ya ternyata ya Terus
ngihat lagi orang lain wah punya dia
punya 20 properti saya juga pengin ke
seper dia kayaknya jauh banget tapi
ketika kita jalanin eh sampai juga
akhirnya bahkan bisa melewati jadi
pencapaian itu ya jalan aja tapi saya
dulu ingat tuh 2008 waktu saya bangkrut
saya Tempel tuh di dinding kamar saya
saya 2011 pengin punya properti 8 kalau
berhasil Saya mau beli mobil baru saya
pengin punya perusahaan omsetnya segini
kalau berhasil Saya mau jalan-jalan ke
luar negeri saya tulis tuh di tempel dan
ya Luar biasa tercapai Jadi kalau
teman-teman pengin punya sesuatu Tulis
Jangan cuman impian impian mikir gitu
tulis terus kasih hukumannya apa kalau
gagal kalau berhasil hadiahnya apa Waktu
itu saya bikin seperti itu saya tulis
selama belum tercapai saya punya delapan
properti Saya tidak akan makan enak Saya
akan selalu makan nasi sayurn Nasi sayur
terus setiap hari eh 3 tahun Butuh Waktu
3 tahun bisa tercapai jadi ya itu paling
membanggakan bagi saya prestasi itu yang
ada kepuasan tersendiri ketika dari nol
bangkrut sampai akhirnya bisa punya Del
properti walaupun propertinya hutang
tapi yang utangnya tapi kan propertinya
bisa menyicil sendiri udah tinggal
nunggu aja entar lunas sendiri satu
bikin target dua kasih hukuman tiga
kasih hadiah keempat jalanin ah itu
pasti tercapai
itu kalau teman-teman pengin seperti
saya kan bisnis properti banyak ya
mungkin ada yang jadi developer Mungkin
ada yang jadi agen properti Kalau kayak
saya ini kan nyebutnya investor properti
seperti saya investor properti passive
income kalau teman-teman pengin seperti
saya jangan mikir modal modal itu nomor
sekian punya modal bagus lebih mudah
tapi bukan berarti yang tidak punya
modal tidak bisa toh saya bisa kok saya
pakai modal orang lain bisa bisa jalan
nah kalau mau jalan caranya gimana
seperti yang tadi saya Sebutkan kuncinya
tiga bisnis properti uang ada bisnis di
atas properti belinya properti Pakai
uangnya orang lain Nah dari tiga ini
pertama teman-teman tentukan dulu
bisnisnya apa udah teman-teman
searching-searching aja kalau bisa cari
bisnis yang menurut saya 5A autopilot
jangan ribet awet income teratur di atas
bunga bank Tentukan ya contohnya punya
saya aja deh kalau teman-teman bingung
woh itu terlalu teori Pak Ya udah itu
contoh aja saya miniarket Hotel Ultra
budget wartek toko ban motor sama
properti yang disewakan ya tapi jangan
langsung invest loh ya pelajarin
benar-benar dulu loh ya Saya
kadang-kadang khawatir saya
kadang-kadang kalau sharing gini terus
pada langsung invest sabar pelajarin
tanya ke orang yang berhasil tanya ke
orang yang gagal ya nah balik lagi ke
materi tadi Cari bisnis yang seperti ini
kemudian teman-teman cari properti yang
cocok untuk bisnis ini sampai ketemu
income lebih besar dari yang suran udah
teman-teman cari bank loh kalau dapat
properti tapi nanti kreditnya enggak ada
gimana dah jadi maklar aja dulu tawarin
ke teman-temannya yang punya duit eh mau
enggak nih ada properti bagus nih
income-nya lebih besar dari yang suran
tapi saya enggak bisa beli karena
kreditnya belum bisa tawarin ke orang
dapat komisi R juta R juta masuk kantong
selesai tapi kan ilmunya nancep
selamanya tinggal berikutnya belajar
pembiayaan
selesai tapi ya setelah sering ngobrol
sama orang saya juga berpendapat
kadang-kadang autopilot tidak harus loh
kadang ada yang ngomong Pak saya sudah
punya laundry nih pak ada delan jangan
cari bisnis lain kalau pendapat saya
sudah kamu bisnis laundry sudah benar
jangan ikut-ikutan belajar mini market
kayak saya itu nanti ada uang sekolah
lagi itu di situ kembangin aja yang
sudah dipunya dimiliki ini kan
teman-teman naik kelas ini kan udah
banyak yang punya bisnis bagus kembangin
aja propertinya Masih nyewa enggak Kalau
nyewa dihitung Apakah kalau kita beli
income dari bisnisnya bisa lebih besar
dari angsuran enggak Kalau bisa
pertimbangkan untuk beli kemudian nyicil
properti lebih enak nyicil properti jadi
milik karena dengan berjalannya waktu
propertinya harganya naik daripada sewa
kalau sewa yang naik bukan harga
propertinya sewanya yang naik tambah
lama tamb manam tambah lama jadi kita
bisnis tambah lama dikejar harga
properti terus tapi kalau kita punya
properti yang naik kan itu milik kita
nanti ketika lunas kan jadi aset yang
luar biasa istilahnya selain nabung duit
Kita juga bisa nabung properti nanti
ketika sudah selesai pensiun bisa jadi
milik
semuanya pengusaha properti investor
seperti saya ini kan prinsipnya kita
menganggap properti itu seperti angsa
bertelur emas jangan dipotong angsa
hanya jangan dijual angsanya udah
dinikmatin aja telurnya syukur-syukur
telurnya lagi ditetesin keluar lagi
angsa bertelur emas baru cucu telurnya
yang kita nikmatin jadi ini bisa
berkembang terus gitu loh jadi yang saya
kejar justru passif income Nah untuk
teman-teman yang belum tahu passif
income passif income adalah income yang
kita dapat tanpa bekerja loh Mana ada
orang enggak kerja kok dapat income Pak
bisa contohnya itu loh kamu sewain
properti itu loh kamu nyewain properti
kan enggak kerja tidur di rum mah yang
sewa bayar ya kan bukannya Terus yang
nyewa terus ngomong loh Bapak kan tidur
ya saya enggak bayar sewanya enggak bisa
mau saya tidur mau saya jalan-jalan mau
saya apapun kamu tetap harus bayar ke
saya nah itu namanya pasif income itu
yang saya cari Kenapa semua orang pasti
pensiun enggak ada orang yang pensiun
masa kita mau kerja seumur hidup Ya tapi
saya mau kerja keras ya bagus tapi pasti
kita sampai satu titik pengin kan punya
waktu dengan orang-orang yang kita
cintai melakukan hal-hal yang kita
cita-citakan dari kecil visi kita Nah
itu baru bisa kita lakukan kalau kita
punya passive income Kalau enggak punya
passive income tiap hari kerja kerja
kerja keras ya bagus sih bagus kerja
bagus tapi lebih bagus lagi kalau kita
selain kerja juga punya waktu dengan
orang-orang yang kita cintai kerja ya
buat aktualisasi diri aja enggak kerja
pun oh pasif income masih cukup Wah itu
enak kalau buat generasi mudah kalau mau
bisnis bagus tapi untuk yang teman-teman
yang tidak mau bisnis pun Jangan
berkecil hati kita semua kan tujuannya
pengin dapat mata pencaharian pengin
dapat uang pengin kaya kuncinya adalah
tiga hal Kalau menurut saya satu bisa
cari duit cari duit itu terserah ya bisa
jadi karyawan bisa jadi pebisnis mungkin
teman-teman juga jadi profesional
ada yang jadi atlet gak apa-apa ya jadi
harus bisa menghasilkan uang yang
penting yang kedua bisa mengelola uang
uangnya banyak kalau enggak bisa ngelola
Amas itu pasti Wah petinju wah sekali
tanding miliaran ratusan miliar gu
sekarang tuanya habis kan karena enggak
bisa ngelola duit Nah kalau sudah bisa
menghasilkan uang mengelola uang satu
lagi harus bisa mengembangkan uang
karena kalau enggak bisa mengembangkan
uang ya uangnya enggak berkembang
segitu-segitu Terus kalah cepat sama
inflasi Kalau saran saya untuk
teman-teman se yang masih muda itu
seperti itu teman-teman sukanya apa
konsekuen suka bisnis konsekuen suka
jadi karyawan konsekuen suka jadi
profesional konsekuen dan kunci sukses
itu biasanya fokus jangan sebentar mau
ini sebentar mau ini sebentar mau ini
udah fokus fokus jadi yang terbaik di
Indonesia itu pasti income-nya gede
Kalau sudah berikut berikutnya nanti
mulai ngembangin aset asetnya gede
menghasilkan passif income nah
teman-teman punya pilihan mau tetap
kerja atau mau melakukan hal-hal yang
disukai Tapi kan enggak ngerepotin orang
karena sudah punya passive income yang
besar jadi kerja ya nanti kan bisa
ngomong saya ini kerja hanya untuk ngisi
waktu bayar syukur enggak dibayar ya
engak apa-apa itu kan enak kalau kayak
sudah seperti itu untuk teman-teman yang
pengin belajar ketemu saya ng Ngobrol
saya juga ada seminar teman-teman juga
silakan daftar ke seminar nanti kita
bisa diskusi lebih panjang ngobrol lebih
panjang sharing lebih panjang lagi
karena ini kan waktunya terbatas nah
teman-teman silakan hubungi nomor di
sini gratis untuk teman-teman
teman-teman terima kasih ya saya sudah
kesempatan sharing mudah-mudahan
teman-teman dapat banyak manfaat dari
sharing saya untuk teman-teman yang
sekarang lagi berjuang terus berjuang
Hidup ini memang penuh perjuangan tapi
saya percaya setiap juangan pasti ada
hasilnya semoga sukses selalu ini naik
kelas versi saya temukan naik kelas
versi teman-teman
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-13 13:26:46 UTC
Categories
Manage