Transcript
QmUPJpH0GDE • Cara Belajar 100x Lebih Cepat dari Orang Biasa
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0752_QmUPJpH0GDE.txt
Kind: captions
Language: id
Coba jawab pertanyaan ini dengan jujur.
Kapan sih terakhir kali lu belajar lewat
buku dan menamatkan sebuah buku
tersebut? Bukan cuma lu beli buku, bukan
cuma lu baca beberapa puluh halaman di
buku tersebut, dan bukan cuma Insta
Story doang buku di kafe gitu ya, tapi
benar-benar lu tuntas baca buku dari
awal sampai akhir. Kalau jawabannya
adalah bertahun-tahun lalu dan lu enggak
pernah baca buku lagi sekarang-sekarang,
jangan khawatir karena ini normal.
Karena banyak banget orang di tahun 2025
itu memang udah gak baca buku lagi.
Pertanyaannya adalah kenapa? Apakah
karena kita jadi lebih bodoh sebagai
manusia, attention span kita makin
rendah gara-gara kebanyakan nonton
TikTok, podcast, video YouTube kayak
gini? Atau apakah karena buku tuh jadi
pilihan yang udah enggak praktikal, udah
jadi lebih jelek buat belajar di zaman
sekarang? Apakah sebenarnya ada cara
lain yang lebih efektif dan efisien
selain membaca buku? Di video kali ini
gua bakal ngebedah tentang cara biar
kita bisa belajar 100 kali lipat lebih
cepat lebih baik dari orang biasa dan
bukan lewat buku. Welcome to kelas
kehidupan by 1%. Jangan lupa tonton
video ini sampai habis. Semoga lu bisa
belajar lebih cepat dari orang biasa
setelah nonton video ini.
[Musik]
Coba lihat angka di depan layar ini.
Menurut data terbaru, itu adalah waktu
yang dihabiskan rata-rata oleh orang
Indonesia di depan layar every
day setiap hari. Itu hampir sama dengan
jatah tidur ideal kita. Bahkan kita
mungkin tidur enggak sampai 8 jam ya.
Nah, waktu sebanyak itu kita tukar untuk
apa? untuk nonton platform kayak TikTok,
Reels, Short. Kebanyakan setiap video 15
detik, 1 menit itu kayak permen, kayak
dopamin instan gitu buat otak lo. Itu
tuh lucu, ngagetin, seru, bisa lu share
ke teman-teman lu lagi, lagi, dan lagi.
Sayangnya di zaman sekarang ini bikin
otak kita tuh jadi knowledge junky.
Apapun informasinya ya yang lu scroll,
lu jadi pecandu informasi. Dan
seringkiali informasi ini tuh enggak
kita keep di otak kita. masuk kuping
kiri, keluar kuping kanan. Akibatnya ya
toleransi kita terhadap segala sesuatu
yang butuh proses. Contohnya kayak baca
buku ya itu jadi enggak bisa gitu kita
memproses itu. Kesabaran kita ya anjlok.
Karena baca buku itu beda dengan
scrolling TikTok. Belajar yang benar itu
seringkiali melelahkan. Ya, kayak
makan-makanan sehat lah. Butuh waktu
gitu buat dimasak. Sama kayak nge-gym,
lu perlu otw dulu, lu perlu effort di
setiap gerakannya. Yang seringkiali ini
tuh bikin malas. Dan buat otak kita
semua. sayangnya ya yang udah kecanduan
digital fast food kayak tadi belajar
apalagi baca buku itu rasanya kayak
siksaan kita enggak terbiasa menungguh
kita enggak terbiasa memproses. Tapi gua
bisa bilang ini enggak salah bukan salah
lu kok. Ini memang perkembangan
teknologi. Karena sekarang memang ada
cara lain untuk belajar di era modern
ini yang super duper jauh lebih cepat,
lebih efektif, lebih efisien daripada
scrolling doang atau baca buku doang.
Apa itu? Nah, lanjut ya.
Banyak orang yang ketika belajar itu
jadi pembelajar pasif. Mereka
mengkonsumsi banyak sekali informasi.
Baca buku satu, baca buku dua, nonton
podcast satu, nonton podcast du. Tamat
sih baca bukunya gitu. Masalahnya kok
ada ya orang yang kayak gini yang baca
buku tiap hari, nonton podcast segala
macam tiap hari. Kok udah
berbulan-bulan, udah bertahun-tahun, kok
hidupnya gitu-gitu aja gitu. Kok enggak
ada yang bisa orang ini tuh tunjukin
sebagai hasilnya? Kok enggak berubah
gitu, masih di sana-sana aja. Nah,
jawabannya adalah ini adalah jebakan.
Jebakan belajar pakai cara tradisional,
yaitu hanya dengan menerima informasi
saja. Dengan kata lain, lu jadi
pembelajar pasif. Masalnya adalah gini,
setiap kayak lu baca buku, nonton video
edukasi kayak 1% ini gitu ya, atau
dengerin podcast, otak lu mungkin
ngerasa happy dan dikasih dopamin. Lu
akhirnya jadi merasa produktif. Lu
merasa selangkah lebih maju. Tapi ini
cuma ilusi dan seringkiali ilmunya juga
menguap dengan sangat cepat. Mungkin gak
bakal lu praktekin juga. Bahkan gak
sampai praktik mungkin lu udah lupa apa
yang gua omongin di menit pertama tadi
kan. Iya sih, lu mungkin baca buku 300
halaman, 500 halaman, tapi yakin lu
ingat 500 halamannya tuh isinya apa aja.
Malah mungkin saat lu baca buku di
halaman ke-100 kadang lu lupa kan apa
yang lu baca di halaman 0 sampai 10, 0
sampai 50. Masalah utamanya adalah
kenapa sih? Ya karena lu belajar tanpa
tujuan yang mendalam. Lu belajar mungkin
karena tuntutan sosial doang, karena lu
butuh IPK tinggi, karena biar dapat
kerja, biar kelihatan pintar, biar CV
bagus, dan segala alasan lainnya yang
enggak ada tujuannya gitu. Enggak ada
tujuan yang jelas. Akibatnya belajar itu
ketika lu coba belajar beneran itu
terasa kayak PR yang membosankan banget
gitu. Enggak ada gairahnya, enggak ada
kenikmatannya, progresnya tuh lambat
banget. Akhirnya lu stick tu ya udah
baca buku, bacanya lama gitu kan. nonton
podcast terus besoknya udah lupa lu jadi
kolektor informasi yang enggak pernah
menghasilkan apa-apa. Nah, terus cara
belajar yang efektif tuh gimana? Nah,
ini filosofinya ya.
Filosofi utama nih yang membedakan orang
yang belajarnya ngebut sama yang enggak
belajar itu adalah mereka yang
belajarnya ngebut itu biasanya mereka
punya arah yang jelas. Jadi kalau lu
belajar enggak ada tujuannya lu cuma
lihat FYP di YouTube gitu ya, di YouTube
home susu lihat video 1% nih gitu. Itu
tuh lu mungkin pintar, lu mungkin kayak
merasa belajar tapi belajar tanpa tujuan
itu kayak lu punya mobil Ferrari nih.
Cepat sih, tapi lu enggak tahu mau ke
mana. Iya, mobilnya kencang. Iya, otak
lu pintar. Lu bisa menyerap informasi
dengan cepat, dengan banyak gitu. Tapi
lu cuma muter-muter doang di sekitaran
komplek. Kenapa? Karena lu enggak
beneran berprogres, cuy. Nah, langkah
pertama yang paling fundamental makanya
nih untuk belajar adalah membuat tujuan.
Nah, makanya lu bisa coba jawab
pertanyaan ini. Bisa lu pause, bisa lu
catat sih sebenarnya karena ini kuncinya
ya. Lu pengin jadi orang yang seperti
apa ke depannya? Nah, itu ya itu jawab
dulu. Coba bayangin kehidupan ideal lu
di masa depan itu kayak gimana.
Jawabannya bisa beda-beda. Ada yang
mungkin pengin jadi astronot, ada yang
mungkin pengin ahli bidang psikologi
jadi psikolog gitu ada yang pengin jadi
pebisnis. Nah, tujuan ini tuh penting
karena ini berfungsi sebagai filter.
Karena gini, kita tuh di dunia yang ada
banyak sekali informasi, banyak sekali
tempat kita belajar gitu. Lu buka home
YouTube, ada yang ngajarin soal krypto,
ada yang ngajarin soal AI, ada yang
ngajarin soal psikologi gitu kan. Ada
buku-buku baru, video tutorial,
programming gitu dan lain-lain. Tapi lu
bisa tanya ke diri lu sendiri. Yang lu
konsumsi ini mendekatkan lu ke tujuan lu
atau enggak? Yang lu konsumsi ini
beneran bakal lu praktekin apa enggak?
Kalau jawabannya enggak, mungkin harus
diabaikan aja. Karena langkah pertama
ini penting untuk ngurangin distraksi.
Karena di dunia yang penuh dengan
distraksi, tugas kita adalah memfilter
informasi. Jadi, kita tuh bukan hidup di
zaman dulu ya yang mungkin baca buku tuh
udah oke banget gitu. Sekarang tuh
enggak. Justru nge-filter adalah hal
yang oke. Nah, kalau lu udah punya
tujuan, ini juga yang membedakan orang
yang belajarnya 100x sama yang enggak
belajar ya. Lu ubah tujuan ini jadi
sebuah project. Project itu apa? Project
itu adalah cara memecah tujuan lu. Jadi,
langkah-langkah kecil yang bisa
dikerjakan setiap hari. Nah, di sinilah
kunci belajar 100X ya. Lu fokus sama apa
yang bisa lu lakuin di depan mata lu.
Fokus pada behavior lu yang bisa lu
lakuin hari ini. Nah, secara otomatis
itu bakal bikin lu nyari pengetahuan
yang relevan. Bukan cuma baca-baca buku,
bukan cuma nonton-nonton YouTube, tapi
lebih terarah dan terstruktur. Nah, di
chapter 4 kita bakal bahas cara yang
teknisnya.
Terus teknisnya gimana? Well, di era
modern ini kita udah enggak perlu lagi
baca buku 300 halaman 500 halaman.
Kenapa? Simpel, karena enggak efisien.
Ada cara lebih cerdas, lebih efektif
untuk belajar dan lebih cepat juga.
Bukan berarti baca buku jadi enggak
penting karena baca buku ada di step
ini. Tapi baca buku itu hanya salah satu
cara aja, salah satu teknik aja. Gua
bakal kasih tahu cara gua belajar dengan
lebih cepat. 100X. Dan ini juga yang gua
lihat dilakuin oleh banyak orang lain di
luar sana yang hidupnya juga 100x.
Contoh, anggap lu sudah punya tujuan.
Misalnya tujuannya adalah lu pengen
setahun lagi gitu ya. Misal lu kerja di
bidang AI dengan gaji puluhan juta per
bulan di tahun depan. Apakah solusinya
adalah misal lu baca buku tentang AI kan
enggak ya kan? Enggak cuma baca buku
dong ya kan. kita bisa langsung fokus ke
project, lagi-lagi fokus project, fokus
ke perilaku. Nah, ini dinamakan sebagai
project based learning dan ini jauh
lebih efektif dan efisien daripada lu
cuma jadi pembelajar pasif. Kayak yang
gua bilang di chapter sebelumnya, gimana
sih cara kita untuk fokus project based
learning? Sekarang kita udah punya AI.
Langkah pertama kita bisa tanya AI. Apa
sih project yang bisa kita lakuin hari
ini untuk mencapai tujuan tersebut?
Mungkin gua bisa ngasih promnya ke lu
gitu ya. Nanti mungkin gua bisa ngasih
prom-nya ke lu. Tapi ya sebenarnya lu
bikin prom juga bisa tanya AI. Bikinin
prom dong untuk gua mencapai tujuan gua
belajar 100x dan lain-lain. Itu nanti AI
bakal ngasih tahu caranya. Pertama itu
lu bisa tanya AI apa project yang bisa
lu lakuin hari ini untuk mencapai tujuan
tersebut. Yang kedua, let's say lu udah
dapat project dari AI hari ini untuk
membuat aplikasi AI sederhana di
komputer. Simply karena lu masih
beginner lah. Jadi AI nyuruh lu untuk
bikin aplikasi yang sederhana aja. Nah,
apa yang bisa lu lakuin? Langkah
ketiganya adalah coba langsung bikin.
Jadi di sini kita enggak baca buku kan,
kita enggak nonton YouTube, kita enggak
apa dulu, kita coba langsung bikin. Nah,
kalau misalnya kita bingung apa yang
bisa kita lakuin? Ya, kita bisa cari
inspirasi. Ini langkah keempat, cari
inspirasi. Cari inspirasi dari mana?
Nah, di sinilah sosmate bisa jadi alat
belajar yang berguna. Kan bisa dari
googling, bisa nonton video YouTube,
bisa podcast, TikTok, dan lain-lain. Di
TikTok kan gampang gitu. Lu nyari
project AI sederhana juga udah ada
ratusan kreator yang udah bikin. Itu
bisa jadi alat inspirasi. Tapi ingat
dibatasin 10 sampai 15 menit aja lu buka
sosm. Jadi buka sosmate tuh bukan
scrolling-srolling enggak jelas tapi
untuk cari inspirasi aja. Nomor lima,
setelah dapat inspirasi kita bisa lanjut
apa? Lanjut implementasi. Nah, untuk
fase implementasi kita pakai cara yang
smart ya kan. Oke, kita dapat inspirasi
dari TikTok, tapi kan kita pengin
caranya tuh fundamentalnya bagus. Nah,
di sinilah lu bisa baca buku. Lu udah
tahu project apa yang pasti lu buat, lu
udah dapat inspirasi, lu udah nyoba
juga, tapi lu pengin nyobanya dengan
benar. Nah, di sinilah buku itu penting
ya. Makanya buku-buku itu memang
disaranin adalah untuk mengasah
fundamental sebenarnya untuk cari tahu
buku apa yang oke, apa yang bisa
dilakuin. Ya, lu bisa tanya AI, lu bisa
cari inspirasi lagi di sosm gitu ya.
coba lihat di YouTube gitu, kira-kira
buku apa yang direkomendasikan oleh
expert di project yang lu mau kerjain
supaya lu bisa jadi ekspert dalam waktu
cepat. Nah, anggap luudah dapat bukunya.
Lu kan tinggal beli ya, ada Kindle, ada
juga Library, ada juga SHub dan
lain-lain lah ya, yang mana lu bisa
akses buku ini dari mana aja lah di
zaman sekarang ya kan. Mau legal, mau
ilegal gitu. Yang jelas ketika baca buku
itu ya lu pengen fokus ke fundamentalnya
biar lu ngerjain project itu dengan
benar. Nah, ketika baca buku jangan
dibaca semua. Lu skimming aja apalagi
bukunya nonfiksi jangan dibaca semua.
Ambil prinsip-prinsip yang penting.
Bahkan buku ini bisa lu masukin ke AI lu
summarize. Tapi gua enggak menyarankan
itu. Tetap lu baca. Tapi bacanya
skiming. Jadi lu baca yang
penting-penting sesuai dengan project lu
sekarang. Dan jangan lupa batasin waktu
untuk skimming sekitar 30 menit sampai
dengan 1 jam. Karena di sini kita adalah
project based learning. Kita mau 100X,
kita enggak mau lama gitu. Kalau udah
skiming, langkah ketujuh adalah lu bisa
catat pertanyaan-pertanyaan di kepala lu
terhadap buku tersebut. Catatnya di
mana? Banyak. Ada tools namanya notebook
LM. Itu oke banget menurut gua. Notebook
LM juga bisa lu kasih bukunya ya. Bisa
lu kasih source di dalamnya. Jadi udah
enggak ada alasan sih gitu ya mau nyatat
di mana enggak tahu Bang. Udah ada nih
notebook LM ya. Lu bisa pakai itu. Lu
bisa pakai Notepad biasa, lu bisa pakai
Google Docs, lu bisa pakai Microsoft
Word atau apapun itu ya lu catat
pertanyaan-pertanyaannya. Nah, trik gua
biasanya kalau gua baru baca buku,
apalagi buku nonfiksi itu gua yakin
penulisnya pasti pernah bikin podcast
ya. Apalagi kalau bukunya bagus udah
pasti ada di podcast. Nah, apa yang lu
lakuin untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan itu? Lu nonton
podcastnya. Kenapa? Karena orang lain
mungkin juga dan kemungkinan besar punya
pertanyaan yang sama dengan lu dan
penulisnya biasanya akan ngejawab di
podcast tersebut. Karena kita kan mau
belajar lebih efisien. Ya ngapain baca
bukunya kalau lu bisa dengar langsung
penulisnya? ya kan? Supaya kita bisa
paham garis besar fundamentalnya gitu.
Dan di podcast juga kan enggak jarang
ya, enggak jarang di podcast itu malah
lebih banyak informasinya gitu ya. Gua
sering banget ngelihat kayak misalnya
contohlah buku terbaru Yuval Noa Harari
gitu ya atau yang populer banget Sapiens
gitu atau misalnya siapa Henry
Manampiring ya filosofi teras. Gua yakin
lebih banyak insight yang dia kasih di
podcast dibandingkan di bukunya. Bahkan
kadang ada perkataan-perkataan di
bukunya yang direvisi oleh penulis
tersebut di podcast itu ya. Jadi
misalnya penulisnya di buku bilang apa?
Di podcast dia revisi. Nah, menurut gua
itu gold m-nya itu adalah kayak tambang
emasnya tuh podcast tuh di sana
sebenarnya. Jadi nonton podcast tuh
enggak buang-buang waktu, Guys. Kenapa?
Karena kita udah punya tujuan. Dan
jangan lupa ya pakai batasan waktu untuk
nonton podcastnya. Batasilah jadi 30
menit sampai dengan 1 jam. Dan nonton
podcast di YouTube juga speed-nya bisa
di-upkan, bisa jadi 1 setengah kali atau
dua kali biar lebih efisien. Lu juga
jadi lebih terlatih untuk dengerin ya.
Buat lu yang gak jago bahasa Inggris, lu
bisa lebih ngelatih bahasa Inggris lu
dengan bikin 2x cuy ya. Lebih efisien,
lebih efektif. Ini untuk belajar 100X.
Kalau enggak ada podcastnya gimana, Van?
Ya, lu bisa taruh bukunya ke a tadi
notebook LM, Gemini dan lain-lain. Chat
GPT gitu. Langkah kesembil, setelah lu
paham fundamentalnya, setelah pertanyaan
lu terjawab, lu bisa lanjut lagi ke fase
implementasi project. Jangan lupa untuk
langsung dilakuin karena definisi
project adalah sesuatu yang bisa lu
kerjain hari ini. Kalau mentok gimana?
Ya, lu bisa ulang dari step awal, dari
cara inspirasi sampai ke step. Nah,
kalau cara belajar lo kayak gini,
siklusnya itu jadi jelas, jadi cepat
banget. Lu coba bikin suatu, cara
inspirasi, belajar fundamental, bikin
pertanyaan, cari jawaban, terapin, ulang
lagi dari awal. Ini adalah cara belajar
100 kali lebih cepat. Tapi ada satu lagi
yang belum gua bilang tentang cara
belajar 100 kali lebih cepat dan ini
penting banget di chapter terakhir.
Langkah terakhir ini penting banget
karena supaya ilmu bisa nempel di otak
lu itu bukan dengan hanya project based
learning. Project based learning itu
proven. Tapi ada satu lagi yaitu adalah
dengan ngajarin ilmu lu ke orang lain.
Dan ini terbukti secara saintifik ya.
Ketika lu bisa ngajarin orang tentang
ilmu yang lu kuasai maka itu akan
membantu lu lebih menguasai ilmu
tersebut. Ini kayak quotes dari Richard
Fainman lah. If you cannot explain it to
a sixy old, you don't understand it
yourself. Artinya adalah lu baru
benar-benar ngerti sesuatu kalau lu bisa
ngejelasin ke orang secara sederhana.
Jadi orang ngerti lu jelasin secara
sederhana. Caranya gimana? Ya banyak ya.
Simpel sebenarnya. Pertama join
komunitas terus share yang lu pelajari
di komitas tersebut. Kalau project lu
adalah tentang AI join komunitas AI. Lu
adalah mahasiswa mungkin lu bisa join
komunitas 1% gitu kan yang sama-sama
orangnya pengen self development. Yang
kedua, lu bisa apa? Tulis di medsos.
Sekalian apa? Sekaligan bangun
portofolio, kalian personal branding,
ceritain perjalanan proyek lu. Misal, lu
pengen jadi investor yang oke, investor
saham, lu bisa share ini hari kelima gua
belajar investasi. Akhirnya gua paham
bedanya saham blue chip segala macam. Ya
kan? Lu bisa tulis di media sosial
sekalian bangun portofolio, bisa Linkin,
bisa Instagram, bisa apapun. Yang
ketiga, lu bisa jelasin apa yang lu
pelajari ke teman dekat lu atau ke
mentor. Mentor tuh maksudnya gimana?
Mentor tuh bisa orang random aja, orang
jago, random yang ada di internet. Misal
lu projjectnya tentang AI, lu bisa tanya
ke karyawan open AI gitu ya. Misal atau
karyawan mana pun itu yang juga tentang
AI bisa di Indonesia juga banyak kan.
Ada Indonesia AI, ada The Futurist
Jenzy. Lu bisa tanya gua punya project
ini, gimana feedback lu? Of course
dengan opening yang lebih halus lah,
bukan kayak tadi. Tapi ya lu bisa cari
inspirasi kan, cara networking gimana
gitu dengan cara yang tadi persis, ya
kan? Jadi menariknya juga semakin lu
berbagi informasi yang mana ini
bermanfaat buat orang di sosm semakin lu
dipaksa menyusun ulang informasi di
kepala lu. Jadi informasi di kepala lu
tuh jadi lebih rapi. Nah, di sinilah
proses belajar 100x. Jadi project based
learning lu ngajarin ke orang dan itu lu
lakuin tiap hari. Makanya satu hari satu
konten, satu hari satu project. Itu
menurut gua belajar 100X. Dan itu yang
gua lakuin juga dari gua umur 20-an gitu
ya. Dari bahkan gua umur 17-an gitu ya.
Waktu dulu pas gua pertama kali SBMPTn
atau OTBK, akhirnya gua bisa masuk UI
itu gua belajar tiap hari. Jadi kayak
trajektory karir gua tuh sebenarnya
dibangun ketika gua waktu itu ya pas
belajar UTBK itu akhirnya gua jadi
terlatih belajar tiap hari di UI. Gua
akhirnya 2015 gua enggak pernah ikut
organisasi. Gua jadi ketua angkatan
tahun 2015. 2016 17 18 gua masuk BEM
sampai jadi presiden mahasiswa atau
ketua BEM. 2018 gua langsung bikin 1%.
sempat kerja juga di beberapa Edutch
Company sampai sekarang gua masih sampai
sekarang belajar tiap hari, Guys. Gitu
ya. Sampai gua udah punya sekarang
berapa belas brand gitu ya di beberapa
bidang berbeda gitu misalnya. Tapi
sama-sama di media ya. Misal Evan Travel
Guide gua ada, terus ada juga Psychology
of Finance, ada juga player 2 gitu ya.
salah satu media yang gua ikut serta
juga ngebangunnya dan banyak lagi. Jadi
kalau lu belajar tiap hari kayak gini
terus lu tiap hari benar-benar
mendedikasikan waktu lu, ya jangan heran
kalau lu nanti bisa jadi orang yang 100
kali lebih baik daripada setahun
sebelumnya gitu atau beberapa tahun
sebelumnya gitu. Jadi kalau lu lihat
misalnya Evan 1% gitu ya sebenarnya
enggak juga. Gua ada beberapa project
juga yang sebenarnya rahasianya adalah
dari ini gua belajar 100 kali lebih
cepat mungkin dari orang biasa gitu.
Sampai ketika gua ketemu teman gitu ya,
sampai gua ketika ketemu teman itu gua
ngelihat oh ada juga ya teman-teman gua
yang ternyata stuck. Dan ya of course
kita di sini lu nonton video ini. Of
course kita enggak mau dong jadi orang
yang stuck. Yang stuck itu enggak salah
sebenarnya kan tiap orang punya jalan
hidup beda-beda. Tapi gua yakin lu yang
nonton video ini mungkin lu mau hidup lu
tuh enggak stuck. Oh, lu, mungkin lu
punya ambisi, mungkin lu punya masalah,
mungkin lu punya tujuan yang lu pengin
capai, masalah yang lu pengin selesaiin
gitu kan. Orang yang pengin lu
banggakan, orang tua lu mungkin atau
pasangan lu ya. Semoga video ini bisa
ngebantu. Jadi, kuncinya sebenarnya tadi
dan please start dari satu project kecil
hari ini dan please jadi lebih baik
seenggaknya 1% setiap harinya. Itu
kenapa nama kita 1% ya karena kita
pengin jadi lebih baiklah seenggaknya 1%
setiap harinya. Akhir gua event dari 1%.
Thanks. Semoga video ini bisa ngebantu.
[Musik]