Orang Tanpa Privilege Gak akan Sukses?
YkL21bwQyEc • 2024-01-09
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
kemarin sempat viral salah satu kutipan
dari wakil menteri pariwisata ekonomi
dan kreatif yang ngomongin soal
privilage ya dia bilang bahwa privilege
itu tidak menjamin kesuksesan tapi lebih
ke membuka
kesempatan menariknya adalah ini datang
dari orang yang sudah jelas-jelas sangat
sudah pasti ya dia punya privilege
akhirnya banyak netizen yang protes
muncul kalimat kayak ah dia juga sukses
karena privilege dan ini sering banget
pasti lu dengar kalimatnya Ya ini yang
kedua nih yang sering muncul ya kalau
orang punya privilege pasti lebih mudah
sukses nah nah di video Kali ini Gua mau
ngasih salah satu perspektif yang bakal
ngebahas tentang privilege dan
kesuksesan Apakah betul bahwa privilege
itu hanya membuka kesempatan atau justru
jadi jaminan besar dalam kesuksesan Apa
betul bahwa ada orang yang sukses hanya
karena privileg tapi gak perlu kerja
keras Apakah bisa kalau lu terlahir
miskin terlahir jelek terlahir Wah
pokoknya buruk-buruk
dah bisa sukses hanya dengan kerja keras
tanpa orang dalam tanpa privilege Nah
kita bakal bahas itu secara lumayan
komprehensif di sini Selamat datang di
psychology of Finance ya Di mana gua
bakal bahas tentang perilaku finansial
yang tentunya nanti akan ada penjelasan
secara psikologisnya juga dan gimana
caranya biar El semua yang di sini yang
tidak punya privilege bisa hidup lebih
mantap
Welcome to pchy of
Finance pertama-tama gua mau cerita
sedikit tentang riset yang udah dilakuin
oleh 1% sejak tahun 2018 nah ini jadi
pas awal-awal gua bikin 1% gua membentuk
kurikulum Life skills meskipun dulu gak
kayak G ini ya enggak kayak piramida Ini
dulu tuh Beda lah Nah dari riset yang
udah gua jalanin sejak 2018 gua punya
asumsi-asumsi tertentu dulu yang mana
Gua pikir dulu tuh kan kita lebih banyak
bahas mental health ya dulu tuh gua
mikir kayak Oh mental health paling
penting dan lain sebagainya lah bla bla
bla bla bla bla gitu ternyata Setelah
gua riset gua ngobrol sama kayaknya
bahkan udah Ribuan Orang deh kita
wawancara kualitatif ya Eh terus juga
kita ngelakuin tes kuantitatif belum
lagi kita juga ambil data e anonyus ya
dari konseling dari treatment sama
financial planner dan lain sebagainya
hasilnya sama ternyata privilege itu
udah pasti punya pengaruh besar terhadap
kesuksesan seseorang Kenapa gitu karena
privilage itu ngasih lu aset dan Aset
itu bukan cuma uang sebetulnya tapi juga
ada manners ada mindset ada cara lu
berpakaian dari kecil ya Ada juga
Network lu sekolah di mana Dan lain
sebagainya orang yang udah kayak dari
lama atau okl itu juga ee lebih
banyaklah privilege atau asetnya bahkan
mereka enggak perlu lagi tuh beli
barang-barang mahal yang mereka perlukan
gitu ya biasanya beli barang-barang
mahal tuh yang mereka mau Kenapa mereka
enggak butuh beli yang mereka perlu
karena ya mereka udah punya mobil udah
punya rumah ya Jadi udah enggak perlu
beli lagi gitu loh enggak perlu beli
baju bahkan karena bajunya udah turun
tememurun dari dulu tinggali Pakai ulang
gitu gu kan enggak perlu beli sofa dan
lain sebagainya sementara orang yang
enggak punya privilagee perlu beli itu
semua akhirnya orang yang enggak punya
privilege biaya hidupnya jauh lebih
mahal daripada orang yang punya
privilege dan ironisnya adalah mayoritas
orang Indonesia itu ini kita cek
kurikulum Life skills ya yang piramida
ini lu lihat level 1 sama level 2 Orang
Indonesia itu aset di level 1 dan duanya
aja ya itu yang wajib nih ya ini wajib
banget nih Kayak dana darurat misal R
juta lah minimal gitu itu banyak yang
gak punya etis dan manner gitu kan cara
e lu berkomunikasi sama orang itu banyak
yang gak punya banyak yang gak diajarin
dari sekolah maupun di rumah jadi kalau
lu mau naik ke level 3 ibaratnya lu
punya high income nih gaji double digit
lu punya suami atau istri gitu itu tuh
susah untuk dapat relationship aman buat
nikah buat beli rumah beli mobil susah
banget itu gitu ya dan kalaupun ada nih
anggap aja ada orang miskin gitu ya
tiba-tiba bisa naik ke atas punya uang
misalnya miliaran ratusan juta tetap aja
ketika Udah nyampai di atas itu bakal
lebih susah entah karena gak bisa ngatur
duit entah karena kejebak investasi
bodong gak ada Network yang oke pas
bergaul di kelas atasnya digosipin sama
orang-orang sekitar ya kan gak merasa
cocok juga atau malah dijekin OKB yang
mana OKB juga ada yang Nora ada yang
enggak kan gitu karena memang ukb tuh
beda ya dari segi berpakaian manners
gitu itu tuh enggak masuk aja gitu ke
pergaulan kelas atas ibaratnya meski
punya duit Makanya ada istilah you can
have money but you cannot buy class
karena ya perilaku kelas sosial tuh
dilatih dari kecil jadi Kesimpulannya
adalah kalau lu lahir di keluarga yang
mampu otomatis lu punya akses ke
pendidikan yang lebih baik fasilitas
yang memadai dan banyak hal lainnya yang
Bahkan enggak bisa hampir enggak bisa
dipelajari Kayak misalnya manners gitu
ya cara duduk dan lain sebagainya karena
dibiasain dari kecil nah jadi memang
mungkin semoga ya kita nanti bisa
menjadi OKB gitu OKB yang tidak
terkonotasi negatif tentunya Nah jadi
kalau memang lu ah punya privilege lu
terlahir eh oke gitu ya Lulus level 1
dan 2 sudah bisa dipastikan Jalan lo
menuju kesuksesan akan jauh lebih mudah
jadi argumen pertama kita sepakati dulu
bahwa privilege itu memang bukan hanya
membuka jalan tapi juga mempermudah
jalan atau bahkan bikin kita enggak
perlu kerja keras tapi nah nah ingat
privilege tuh banyak ya tadi gua baru
ngomong privilege soal aset orang kaya
lama versus orang kaya baru belum lagi
privilege lain Kayak misalnya genetik
gitu ya lu terlahir cakep lu terlahir
Sehat terus gitu ya punya energi lebih
banyak daripada orang lain itu juga
privilege nah tapi meskipun tadi ada
banyak e definisi privilege dan lain
sebagainya ada juga hal yang privilege
tuh enggak cukup sebetulnya ada faktor
lain yang juga berperan nah ini yang gua
teliti juga ya dari 5 en tahun lalu
berarti Apa itu nah lu tonton part 2
ya Nah kalau misalnya Mau ngomongin
Kenapa privilege itu sebetulnya enggak
cukup kita bisa Lihatlah orang yang
punya privilege yang hasilnya beda gitu
dari orang yang punya privilage yang
lain Jadi s l kayak kurva distribusi
normal orang dengan privilage juga ada
yang up ada juga yang sukses banget
contohnya yang Kemarin kena kasus yang
Kemarin kena kasus tuh dari muka orang
ini sebenarnya ganteng ya Bahkan gua
bisa bilang mirip Zoro di One Piece Live
Action gu Ya silakan Anda tidak bisa
tidak melihat ini lagi ya di Zoro ini
kalau soal duit ini orang udah jelas
punya duit banyak mobilnya bagus
motornya banyak udah jelas pacar dan
teman yang supportif juga ada gitu ya
Sampai akhirnya kena kasus ya memang gak
bisa maksimalin piramida Life skills sih
bahkan hilang semua tuh runtuh semua
Life skillsnya hilang semua aset dan
privilege yang dipunya tapi kalau kita
lihat dari segi prestasi Ah ternyata gak
berprestasi banget ya Meskipun enggak
kena kasus juga ya duit sih banyak ya
ganteng dan lain sebagainya gitu bisa
have fun lah dalam hidup tapi kok enggak
sukses-sukses banget gitu loh malah
sekarang kelihatannya ya malah Jatuh
Miskin ya Nah dari sini kita bisa
sepakati gitu bahwa yang menentukan
Seberapa jauh kita bisa maju ya atau
bahkan mundur itu justru adalah usaha
determinasi gimana kita berperilaku dan
lain sebagainya bukan cuma privilege aja
ya jadi gua mau bilang bahwa privileg
itu memang penting memang berpengaruh
besar tapi bukan satu-satunya faktor
tetap lu juga bisa lu bisa memperhatikan
hal lain yang bisa dikembangin lu bisa
menjaga perilaku lu supaya nanti bisa
sukses di sisi lain karena banyak juga
orang yang skor privileg-nya rendah nih
ya terlahir miskin banget tapi berhasil
sukses Kenapa karena mereka punya usaha
punya determinasi jaga perilaku jaga
mental psikologi ya sekaligus finansial
juga mereka enggak cuma ngandelin apa
yang mereka punya doang tapi juga
berusaha keras buat dapatin itu semua
dan ini sangat bisa terjadi ya toh orang
kaya juga banyak kok yang selfmade gitu
kan Apalagi zaman sekarang kan banyak
sekali
opportunity nah tapi menariknya adalah
gitu ya menariknya adalah gini lu bisa
aja naik ke kelas tertentu ini tadi gua
udah sempat spoilerin ya di awal lu bisa
aja naik ke kelas sosial tertentu tapi
ternyata banyak orang yang kalau mereka
enggak punya privilege itu ketika
nyampai ke atas juga susah banyak
tantangannya Gua yakin banyaklah dari lu
yang nonton video ini yang dulu tuh
merasa miskin atau memang beneran miskin
gitu ya tapi sekarang misalnya udah
punya gaji 2 digit udah punya mobil
bahkan 3 digit misalnya atau udah punya
rumah tapi kok ngerasa masih aja kurang
atau malah ada yang udah punya duit
banyak banget ratusan juta miliaran Eh
kok malah turun lagi asetnya malah balik
lagi ke nol Kenapa sih ini bisa terjadi
nah ini gua mau ngasih tahu nih
perangkap buat orang yang biasanya tidak
punya privilege biasanya ternyata
orang-orang yang tidak punya privilege
ketika mereka sukses mereka tuh memang
rentan ke bawah lagi dan orang kayak
gini tuh banyak pertama orang yang udah
sukses tapi ada faktor keluarga ini
contoh ya banyak keluarga-keluarga Toxic
Pas kita udah sedikit lebih kaya duit
dimintain terus sampai akhirnya habis
dan sebenarnya minta duit atau minjam
duit tuh enggak salah ya gitu
kadang-kadang memang ya kasih aja gitu
bahkan enggak perlu diminta udah
langsung kasih aja tapi masalah keluarga
yang nonprivilege itu biasanya mereka
punya mental miskin juga gitu Jadi bukan
masalah di duitnya Sebenarnya bukan
ngasihnya yang salah tapi justru
mentalnya udah dikasih duit malah minta
dikasih terus jadi ibaratnya Minta ikan
terus tanpa bikin pancingan sendiri atau
kita udah ngasih nih udah ngasih
pancingan ngasih modal bisnis ngasih apa
malah dijualin malah nipu ya terus malah
tetap manja dan enggak ngapa-ngapain
minta terus nanti kalau misalnya enggak
dikasih eh malah dibilang kafir Lah
malah dibilang durhaka dan lain
sebagainya ini adalah jebakan nih faktor
keluarga ini biasanya ini terjadi di
keluarga yang tidak privileg karena
enggak pernah tuh ngerasain Oh punya
anak yang punya duit banyak dan lain
sebagainya yang kedua nah kedua ini Adah
faktor pasangan nah ini Berdasarkan
riset ya ketika kita lahir di keluarga
kelas sosial tertentu misalnya kelas
bawah atau kelas menengah kita harus
mengakui gitu bahwa seringki kita
misalnya udah Cocok nih sama orang yang
kelas atas ibarat itu sering kali kita
enggak dianggap setara kalau kita enggak
punya il akhirnya kita pun harus settle
ya enggak bisa tuh nikah sama orang
kelas atas dalam tanah kutip ibaratnya
meskipun sekarang sih udah jarang kayak
gini tapi banyak yang akhirnya settle
down atau salah milih pasangan jadi
settle down-nya tuh sama orang yang
lebih jauh lebih rendah di bawah kita
itu enggak salah tapi kalau misalnya El
salah milih pasangan ini jadi dobble
nanti masalah keluarganya pertama
masalah keluarga yang tadi terus kedua
Lu harus nge-solve masalah keluarga dari
pasangan lu juga yang mungkin to sama
toksicnya atau bahkan lebih toksic belum
lagi mengatasi masalah pasangan kalau
pasangannya mindsetnya belum Oke
boroslah dan lain sebagainya yang ketiga
ada faktor spending dan Lifestyle Nah
ini baru nih mulai ke psikologi mental
diri sendiri kalau ini udah udah pasti
sering kita dengar semakin tinggi income
lifestyle-nya juga ngikutin bahkan
melebihi income-nya nah ini yang salah
sebetulnya banyak yang akhirnya malah
jadi boros banget ya yang keempat faktor
Apa faktor investasi nah ini juga jarang
dibilang sama orang biasanya orang yang
sudah kerja bertahun-tahun gitu ya
puluhan tahun bahkan investasi ke
sesuatu terus hilang duitnya sebetulnya
enggak ada yang salah ya dengan
investasi selama itu resmi diawasi OJK
dan lain sebagainya nah jebakan buat
orang yang tidak punya privilege bukan
hanya enggak teredukasi seringki ketipu
sama grup investasi bodong sama
influencer atau bahkan sama saudara gitu
ya yang biasanya langsung nih ya ini
ciri-ciri orang yang nipu nih biasanya
mereka langsung nyuruh taruh duit banyak
misalnya 90% 100% di satu aset karena
bakal naik gitu ciri-cirinya biasa kayak
gitu tahunya investasinya entah beresiko
tinggiah atau bahkan palsu jadilah
kekayaan Kalian nih Yang udah kalian
kumpulin bertahun-tahun kerja banting
tulang langsung hilang langsung ludes
gitu dan ini kasusnya banyak banget
bahkan ada yang udah dipenjara kan ayo
sini gua kelola duitnya bla bla bla bla
bla bla biasanya pasti kayak gitu udah
pasti orang yang minta ngelola duitnya
terus kayak janjinya tinggi banget gitu
itu hati-hati hati itu waspada dengan
orang seperti itu gitu justru e kita
harus double check triple check ini
sekali lagi jangan sampai kekayaan yang
udah kita kumpulin banting tulang sampai
berantem sama istri sama anak tiba-tiba
hilang dalam sehari du hari hanya karena
salah investasi Nah kalau misal kita
lihat sebetulnya empat jebakan tadi itu
gabungan antara dua hal ya pertama
adalah masalah psikologi kayak
relationship ya cara milh pasangan cara
manage keluarga mental health stres dan
lain sebagainya yang kedua adalah
personal Finance nah kebetulan di segmen
kali ini ya inilah Spesialnya cyle Jo
Finance ya kita ngegabungin keduanya
gitu Nah terus gimana nih cara kita
benerin Psikologi dan finansial kita
Apakah kita hanya menunggu privilege
datang gitu ya atau menunggu hoki Ya
tentu enggak ya seperti yang ah gua
sampaiin sebelumnya usaha dan
determinasi orang itu sangat penting
kalau misalnya usaha kita enggak 100%
mau ada privilege mau enggak tadi orang
privilege saja bisa gagal kan kesuksesan
tuh enggak akan datang sendiri
tetap Harus diusahain Nah kalau misalnya
lu mau belajar soal literasi finansial
dibarengin sama psikologi kebetulan ini
udah lewat sih ya 1% tuh udah kerja sama
sama blue di Blue Academy kita kemarin
di tahun 2023 tuh bikin semacam bootcamp
gitulah semacam edukasi personal Finance
yang ngegabungin keduanya psikologi ada
finance-nya juga ada dan ini gratis nah
ke depannya kemungkinan bakal ada lagi
nih colab dengan blue ya Beberapa
company yang e ada di bawah gua juga
udah ada bikin colab contohnya Yoga
bareng sama the life Society dan nanti
bakal banyak lagi sih edukasi personal
Finance jadi pantengin terus 1% gitu ya
buat lu yang pengin belajar soal
personal Finance digabungin sama
psikologi nah terus saran gua nih ya ini
lu semua yang masih merintis dari jalur
non privilege kalau bingung lu taruh
duit di mana nabung ke mana Gua saranin
taruh duit di Blue aja kenapa pakai blue
karena pertama ini praktis anak muda
bangetlah Terus lu tuh bisa buka
rekening cuma pakai video call doang ya
dari aplikasi enggak perlu datang ke
cabang itu sangat efisien kedua juga
murah rekening blue itu bebas biaya
admin bulanan bahkan gua sempat tuh
kemarin registrasi blue terus ya udah
nol juga Nol aja gitu ya Meskipun
Akhirnya gua isi sih itu bebas enggak
ada enggak ada paksaan enggak ada saldo
mengendap atau apapun bebas juga biaya
transfer antar bank top up imoney juga
bebas gitu ya gratis yang ketiga adalah
banyak diskon jadi kalau misalnya lu
buka rekening blue lu bisa dapat
cashback dan promo menarik meskipun Gua
jarang pakai sih Ya tapi kalau
teman-teman gua Gua ngelihat yang jeli
itu dalam diskon-diskonan gila mereka
bisa nonton bioskop cuma berapa gitu
bahkan hampir gratis kayaknya dan sering
banget gua dapat notifikasi Aduh ini
brand kolaborasi sama blue terus jadi
lebih murah e saran gua sih
sekarang-sekarang langsung daftar aja
karena makin lama kan biasanya diskonnya
makin berkurang guys gitu jadi mulai
dari sekarang mpung masih early adapter
langsung aja daftar blue ya terus
keempat Lengkap fiturnya ya kalau di
Blue itu jadi di Blue ini lu bisa tenang
mau nabung mau budgeting karena ada blue
saving ya lu bisa nabung sekalian
budgeting ada 20 pos tabungan dalam satu
rekening terus ada satu fitur yang
menurut gua menarik yaitu adalah lu bisa
nabung bareng teman atau bareng pasangan
namanya adalah blueegther Jadi lu bisa
invite teman-teman lu misalnya lu mau ke
mana ke Pangandaran misal liburan ya E
Bali mau ke mana gitu itu lu bisa nabung
bareng bahkan ke luar negeri ya saran
gua nabung di sini aja gitu pakai
blueeger bisa maksimal sampai 49 orang
yang kelima bisa investasi Nah ya kalau
lu mau mulai investasi ada blue deposit
sama blue invest jadi ada deposito ada
juga investment E dan bahkan ada juga
blue insurance ya Jadi ada asuransinya
juga jadi ini banyak banget fiturnya dan
keenam yang terakhir lagi-lagi tadi ya
kalau lu adalah nasabah blu lu bisa ikut
blue Academy gratis kalau misalnya bukan
nasabah blue bayar ya bayar tapi ini
buat lu yang udah jadi nasabah blue atau
sobat blue gratis belajar lewat blue
Academy dan kemarin kita udah ngadain
dan itu seru banget tahun kemarin ya
kita udah e ngasih edukasi itu dari
financial planner tersertifikasi
sekaligus juga dari pihak blunya ngasih
tahu termasuk secara psikologinya juga
ada gitu ya Dan ini yang bikin kita
spesial jadi banyak banget pokoknya ya
buat kalian yang sudahah jadi sobat blue
E dan kalau memang tertarik buat
menikmati fitur ini ya silakan langsung
download aja ya di deskripsi linknya
udah ada atau langsung download aja ke
Play Store sama App Store oke e Sekian
dari gua Semoga ini bisa ngebantu sih ya
video kali ini E dan gua f% well
thanks
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:57:03 UTC
Categories
Manage