Transcript
YkL21bwQyEc • Orang Tanpa Privilege Gak akan Sukses?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0704_YkL21bwQyEc.txt
Kind: captions Language: id kemarin sempat viral salah satu kutipan dari wakil menteri pariwisata ekonomi dan kreatif yang ngomongin soal privilage ya dia bilang bahwa privilege itu tidak menjamin kesuksesan tapi lebih ke membuka kesempatan menariknya adalah ini datang dari orang yang sudah jelas-jelas sangat sudah pasti ya dia punya privilege akhirnya banyak netizen yang protes muncul kalimat kayak ah dia juga sukses karena privilege dan ini sering banget pasti lu dengar kalimatnya Ya ini yang kedua nih yang sering muncul ya kalau orang punya privilege pasti lebih mudah sukses nah nah di video Kali ini Gua mau ngasih salah satu perspektif yang bakal ngebahas tentang privilege dan kesuksesan Apakah betul bahwa privilege itu hanya membuka kesempatan atau justru jadi jaminan besar dalam kesuksesan Apa betul bahwa ada orang yang sukses hanya karena privileg tapi gak perlu kerja keras Apakah bisa kalau lu terlahir miskin terlahir jelek terlahir Wah pokoknya buruk-buruk dah bisa sukses hanya dengan kerja keras tanpa orang dalam tanpa privilege Nah kita bakal bahas itu secara lumayan komprehensif di sini Selamat datang di psychology of Finance ya Di mana gua bakal bahas tentang perilaku finansial yang tentunya nanti akan ada penjelasan secara psikologisnya juga dan gimana caranya biar El semua yang di sini yang tidak punya privilege bisa hidup lebih mantap Welcome to pchy of Finance pertama-tama gua mau cerita sedikit tentang riset yang udah dilakuin oleh 1% sejak tahun 2018 nah ini jadi pas awal-awal gua bikin 1% gua membentuk kurikulum Life skills meskipun dulu gak kayak G ini ya enggak kayak piramida Ini dulu tuh Beda lah Nah dari riset yang udah gua jalanin sejak 2018 gua punya asumsi-asumsi tertentu dulu yang mana Gua pikir dulu tuh kan kita lebih banyak bahas mental health ya dulu tuh gua mikir kayak Oh mental health paling penting dan lain sebagainya lah bla bla bla bla bla bla gitu ternyata Setelah gua riset gua ngobrol sama kayaknya bahkan udah Ribuan Orang deh kita wawancara kualitatif ya Eh terus juga kita ngelakuin tes kuantitatif belum lagi kita juga ambil data e anonyus ya dari konseling dari treatment sama financial planner dan lain sebagainya hasilnya sama ternyata privilege itu udah pasti punya pengaruh besar terhadap kesuksesan seseorang Kenapa gitu karena privilage itu ngasih lu aset dan Aset itu bukan cuma uang sebetulnya tapi juga ada manners ada mindset ada cara lu berpakaian dari kecil ya Ada juga Network lu sekolah di mana Dan lain sebagainya orang yang udah kayak dari lama atau okl itu juga ee lebih banyaklah privilege atau asetnya bahkan mereka enggak perlu lagi tuh beli barang-barang mahal yang mereka perlukan gitu ya biasanya beli barang-barang mahal tuh yang mereka mau Kenapa mereka enggak butuh beli yang mereka perlu karena ya mereka udah punya mobil udah punya rumah ya Jadi udah enggak perlu beli lagi gitu loh enggak perlu beli baju bahkan karena bajunya udah turun tememurun dari dulu tinggali Pakai ulang gitu gu kan enggak perlu beli sofa dan lain sebagainya sementara orang yang enggak punya privilagee perlu beli itu semua akhirnya orang yang enggak punya privilege biaya hidupnya jauh lebih mahal daripada orang yang punya privilege dan ironisnya adalah mayoritas orang Indonesia itu ini kita cek kurikulum Life skills ya yang piramida ini lu lihat level 1 sama level 2 Orang Indonesia itu aset di level 1 dan duanya aja ya itu yang wajib nih ya ini wajib banget nih Kayak dana darurat misal R juta lah minimal gitu itu banyak yang gak punya etis dan manner gitu kan cara e lu berkomunikasi sama orang itu banyak yang gak punya banyak yang gak diajarin dari sekolah maupun di rumah jadi kalau lu mau naik ke level 3 ibaratnya lu punya high income nih gaji double digit lu punya suami atau istri gitu itu tuh susah untuk dapat relationship aman buat nikah buat beli rumah beli mobil susah banget itu gitu ya dan kalaupun ada nih anggap aja ada orang miskin gitu ya tiba-tiba bisa naik ke atas punya uang misalnya miliaran ratusan juta tetap aja ketika Udah nyampai di atas itu bakal lebih susah entah karena gak bisa ngatur duit entah karena kejebak investasi bodong gak ada Network yang oke pas bergaul di kelas atasnya digosipin sama orang-orang sekitar ya kan gak merasa cocok juga atau malah dijekin OKB yang mana OKB juga ada yang Nora ada yang enggak kan gitu karena memang ukb tuh beda ya dari segi berpakaian manners gitu itu tuh enggak masuk aja gitu ke pergaulan kelas atas ibaratnya meski punya duit Makanya ada istilah you can have money but you cannot buy class karena ya perilaku kelas sosial tuh dilatih dari kecil jadi Kesimpulannya adalah kalau lu lahir di keluarga yang mampu otomatis lu punya akses ke pendidikan yang lebih baik fasilitas yang memadai dan banyak hal lainnya yang Bahkan enggak bisa hampir enggak bisa dipelajari Kayak misalnya manners gitu ya cara duduk dan lain sebagainya karena dibiasain dari kecil nah jadi memang mungkin semoga ya kita nanti bisa menjadi OKB gitu OKB yang tidak terkonotasi negatif tentunya Nah jadi kalau memang lu ah punya privilege lu terlahir eh oke gitu ya Lulus level 1 dan 2 sudah bisa dipastikan Jalan lo menuju kesuksesan akan jauh lebih mudah jadi argumen pertama kita sepakati dulu bahwa privilege itu memang bukan hanya membuka jalan tapi juga mempermudah jalan atau bahkan bikin kita enggak perlu kerja keras tapi nah nah ingat privilege tuh banyak ya tadi gua baru ngomong privilege soal aset orang kaya lama versus orang kaya baru belum lagi privilege lain Kayak misalnya genetik gitu ya lu terlahir cakep lu terlahir Sehat terus gitu ya punya energi lebih banyak daripada orang lain itu juga privilege nah tapi meskipun tadi ada banyak e definisi privilege dan lain sebagainya ada juga hal yang privilege tuh enggak cukup sebetulnya ada faktor lain yang juga berperan nah ini yang gua teliti juga ya dari 5 en tahun lalu berarti Apa itu nah lu tonton part 2 ya Nah kalau misalnya Mau ngomongin Kenapa privilege itu sebetulnya enggak cukup kita bisa Lihatlah orang yang punya privilege yang hasilnya beda gitu dari orang yang punya privilage yang lain Jadi s l kayak kurva distribusi normal orang dengan privilage juga ada yang up ada juga yang sukses banget contohnya yang Kemarin kena kasus yang Kemarin kena kasus tuh dari muka orang ini sebenarnya ganteng ya Bahkan gua bisa bilang mirip Zoro di One Piece Live Action gu Ya silakan Anda tidak bisa tidak melihat ini lagi ya di Zoro ini kalau soal duit ini orang udah jelas punya duit banyak mobilnya bagus motornya banyak udah jelas pacar dan teman yang supportif juga ada gitu ya Sampai akhirnya kena kasus ya memang gak bisa maksimalin piramida Life skills sih bahkan hilang semua tuh runtuh semua Life skillsnya hilang semua aset dan privilege yang dipunya tapi kalau kita lihat dari segi prestasi Ah ternyata gak berprestasi banget ya Meskipun enggak kena kasus juga ya duit sih banyak ya ganteng dan lain sebagainya gitu bisa have fun lah dalam hidup tapi kok enggak sukses-sukses banget gitu loh malah sekarang kelihatannya ya malah Jatuh Miskin ya Nah dari sini kita bisa sepakati gitu bahwa yang menentukan Seberapa jauh kita bisa maju ya atau bahkan mundur itu justru adalah usaha determinasi gimana kita berperilaku dan lain sebagainya bukan cuma privilege aja ya jadi gua mau bilang bahwa privileg itu memang penting memang berpengaruh besar tapi bukan satu-satunya faktor tetap lu juga bisa lu bisa memperhatikan hal lain yang bisa dikembangin lu bisa menjaga perilaku lu supaya nanti bisa sukses di sisi lain karena banyak juga orang yang skor privileg-nya rendah nih ya terlahir miskin banget tapi berhasil sukses Kenapa karena mereka punya usaha punya determinasi jaga perilaku jaga mental psikologi ya sekaligus finansial juga mereka enggak cuma ngandelin apa yang mereka punya doang tapi juga berusaha keras buat dapatin itu semua dan ini sangat bisa terjadi ya toh orang kaya juga banyak kok yang selfmade gitu kan Apalagi zaman sekarang kan banyak sekali opportunity nah tapi menariknya adalah gitu ya menariknya adalah gini lu bisa aja naik ke kelas tertentu ini tadi gua udah sempat spoilerin ya di awal lu bisa aja naik ke kelas sosial tertentu tapi ternyata banyak orang yang kalau mereka enggak punya privilege itu ketika nyampai ke atas juga susah banyak tantangannya Gua yakin banyaklah dari lu yang nonton video ini yang dulu tuh merasa miskin atau memang beneran miskin gitu ya tapi sekarang misalnya udah punya gaji 2 digit udah punya mobil bahkan 3 digit misalnya atau udah punya rumah tapi kok ngerasa masih aja kurang atau malah ada yang udah punya duit banyak banget ratusan juta miliaran Eh kok malah turun lagi asetnya malah balik lagi ke nol Kenapa sih ini bisa terjadi nah ini gua mau ngasih tahu nih perangkap buat orang yang biasanya tidak punya privilege biasanya ternyata orang-orang yang tidak punya privilege ketika mereka sukses mereka tuh memang rentan ke bawah lagi dan orang kayak gini tuh banyak pertama orang yang udah sukses tapi ada faktor keluarga ini contoh ya banyak keluarga-keluarga Toxic Pas kita udah sedikit lebih kaya duit dimintain terus sampai akhirnya habis dan sebenarnya minta duit atau minjam duit tuh enggak salah ya gitu kadang-kadang memang ya kasih aja gitu bahkan enggak perlu diminta udah langsung kasih aja tapi masalah keluarga yang nonprivilege itu biasanya mereka punya mental miskin juga gitu Jadi bukan masalah di duitnya Sebenarnya bukan ngasihnya yang salah tapi justru mentalnya udah dikasih duit malah minta dikasih terus jadi ibaratnya Minta ikan terus tanpa bikin pancingan sendiri atau kita udah ngasih nih udah ngasih pancingan ngasih modal bisnis ngasih apa malah dijualin malah nipu ya terus malah tetap manja dan enggak ngapa-ngapain minta terus nanti kalau misalnya enggak dikasih eh malah dibilang kafir Lah malah dibilang durhaka dan lain sebagainya ini adalah jebakan nih faktor keluarga ini biasanya ini terjadi di keluarga yang tidak privileg karena enggak pernah tuh ngerasain Oh punya anak yang punya duit banyak dan lain sebagainya yang kedua nah kedua ini Adah faktor pasangan nah ini Berdasarkan riset ya ketika kita lahir di keluarga kelas sosial tertentu misalnya kelas bawah atau kelas menengah kita harus mengakui gitu bahwa seringki kita misalnya udah Cocok nih sama orang yang kelas atas ibarat itu sering kali kita enggak dianggap setara kalau kita enggak punya il akhirnya kita pun harus settle ya enggak bisa tuh nikah sama orang kelas atas dalam tanah kutip ibaratnya meskipun sekarang sih udah jarang kayak gini tapi banyak yang akhirnya settle down atau salah milih pasangan jadi settle down-nya tuh sama orang yang lebih jauh lebih rendah di bawah kita itu enggak salah tapi kalau misalnya El salah milih pasangan ini jadi dobble nanti masalah keluarganya pertama masalah keluarga yang tadi terus kedua Lu harus nge-solve masalah keluarga dari pasangan lu juga yang mungkin to sama toksicnya atau bahkan lebih toksic belum lagi mengatasi masalah pasangan kalau pasangannya mindsetnya belum Oke boroslah dan lain sebagainya yang ketiga ada faktor spending dan Lifestyle Nah ini baru nih mulai ke psikologi mental diri sendiri kalau ini udah udah pasti sering kita dengar semakin tinggi income lifestyle-nya juga ngikutin bahkan melebihi income-nya nah ini yang salah sebetulnya banyak yang akhirnya malah jadi boros banget ya yang keempat faktor Apa faktor investasi nah ini juga jarang dibilang sama orang biasanya orang yang sudah kerja bertahun-tahun gitu ya puluhan tahun bahkan investasi ke sesuatu terus hilang duitnya sebetulnya enggak ada yang salah ya dengan investasi selama itu resmi diawasi OJK dan lain sebagainya nah jebakan buat orang yang tidak punya privilege bukan hanya enggak teredukasi seringki ketipu sama grup investasi bodong sama influencer atau bahkan sama saudara gitu ya yang biasanya langsung nih ya ini ciri-ciri orang yang nipu nih biasanya mereka langsung nyuruh taruh duit banyak misalnya 90% 100% di satu aset karena bakal naik gitu ciri-cirinya biasa kayak gitu tahunya investasinya entah beresiko tinggiah atau bahkan palsu jadilah kekayaan Kalian nih Yang udah kalian kumpulin bertahun-tahun kerja banting tulang langsung hilang langsung ludes gitu dan ini kasusnya banyak banget bahkan ada yang udah dipenjara kan ayo sini gua kelola duitnya bla bla bla bla bla bla biasanya pasti kayak gitu udah pasti orang yang minta ngelola duitnya terus kayak janjinya tinggi banget gitu itu hati-hati hati itu waspada dengan orang seperti itu gitu justru e kita harus double check triple check ini sekali lagi jangan sampai kekayaan yang udah kita kumpulin banting tulang sampai berantem sama istri sama anak tiba-tiba hilang dalam sehari du hari hanya karena salah investasi Nah kalau misal kita lihat sebetulnya empat jebakan tadi itu gabungan antara dua hal ya pertama adalah masalah psikologi kayak relationship ya cara milh pasangan cara manage keluarga mental health stres dan lain sebagainya yang kedua adalah personal Finance nah kebetulan di segmen kali ini ya inilah Spesialnya cyle Jo Finance ya kita ngegabungin keduanya gitu Nah terus gimana nih cara kita benerin Psikologi dan finansial kita Apakah kita hanya menunggu privilege datang gitu ya atau menunggu hoki Ya tentu enggak ya seperti yang ah gua sampaiin sebelumnya usaha dan determinasi orang itu sangat penting kalau misalnya usaha kita enggak 100% mau ada privilege mau enggak tadi orang privilege saja bisa gagal kan kesuksesan tuh enggak akan datang sendiri tetap Harus diusahain Nah kalau misalnya lu mau belajar soal literasi finansial dibarengin sama psikologi kebetulan ini udah lewat sih ya 1% tuh udah kerja sama sama blue di Blue Academy kita kemarin di tahun 2023 tuh bikin semacam bootcamp gitulah semacam edukasi personal Finance yang ngegabungin keduanya psikologi ada finance-nya juga ada dan ini gratis nah ke depannya kemungkinan bakal ada lagi nih colab dengan blue ya Beberapa company yang e ada di bawah gua juga udah ada bikin colab contohnya Yoga bareng sama the life Society dan nanti bakal banyak lagi sih edukasi personal Finance jadi pantengin terus 1% gitu ya buat lu yang pengin belajar soal personal Finance digabungin sama psikologi nah terus saran gua nih ya ini lu semua yang masih merintis dari jalur non privilege kalau bingung lu taruh duit di mana nabung ke mana Gua saranin taruh duit di Blue aja kenapa pakai blue karena pertama ini praktis anak muda bangetlah Terus lu tuh bisa buka rekening cuma pakai video call doang ya dari aplikasi enggak perlu datang ke cabang itu sangat efisien kedua juga murah rekening blue itu bebas biaya admin bulanan bahkan gua sempat tuh kemarin registrasi blue terus ya udah nol juga Nol aja gitu ya Meskipun Akhirnya gua isi sih itu bebas enggak ada enggak ada paksaan enggak ada saldo mengendap atau apapun bebas juga biaya transfer antar bank top up imoney juga bebas gitu ya gratis yang ketiga adalah banyak diskon jadi kalau misalnya lu buka rekening blue lu bisa dapat cashback dan promo menarik meskipun Gua jarang pakai sih Ya tapi kalau teman-teman gua Gua ngelihat yang jeli itu dalam diskon-diskonan gila mereka bisa nonton bioskop cuma berapa gitu bahkan hampir gratis kayaknya dan sering banget gua dapat notifikasi Aduh ini brand kolaborasi sama blue terus jadi lebih murah e saran gua sih sekarang-sekarang langsung daftar aja karena makin lama kan biasanya diskonnya makin berkurang guys gitu jadi mulai dari sekarang mpung masih early adapter langsung aja daftar blue ya terus keempat Lengkap fiturnya ya kalau di Blue itu jadi di Blue ini lu bisa tenang mau nabung mau budgeting karena ada blue saving ya lu bisa nabung sekalian budgeting ada 20 pos tabungan dalam satu rekening terus ada satu fitur yang menurut gua menarik yaitu adalah lu bisa nabung bareng teman atau bareng pasangan namanya adalah blueegther Jadi lu bisa invite teman-teman lu misalnya lu mau ke mana ke Pangandaran misal liburan ya E Bali mau ke mana gitu itu lu bisa nabung bareng bahkan ke luar negeri ya saran gua nabung di sini aja gitu pakai blueeger bisa maksimal sampai 49 orang yang kelima bisa investasi Nah ya kalau lu mau mulai investasi ada blue deposit sama blue invest jadi ada deposito ada juga investment E dan bahkan ada juga blue insurance ya Jadi ada asuransinya juga jadi ini banyak banget fiturnya dan keenam yang terakhir lagi-lagi tadi ya kalau lu adalah nasabah blu lu bisa ikut blue Academy gratis kalau misalnya bukan nasabah blue bayar ya bayar tapi ini buat lu yang udah jadi nasabah blue atau sobat blue gratis belajar lewat blue Academy dan kemarin kita udah ngadain dan itu seru banget tahun kemarin ya kita udah e ngasih edukasi itu dari financial planner tersertifikasi sekaligus juga dari pihak blunya ngasih tahu termasuk secara psikologinya juga ada gitu ya Dan ini yang bikin kita spesial jadi banyak banget pokoknya ya buat kalian yang sudahah jadi sobat blue E dan kalau memang tertarik buat menikmati fitur ini ya silakan langsung download aja ya di deskripsi linknya udah ada atau langsung download aja ke Play Store sama App Store oke e Sekian dari gua Semoga ini bisa ngebantu sih ya video kali ini E dan gua f% well thanks