Jualan Kelas: Kenapa Banyak Orang Indo Mudah Tertipu?
Rh3f11YAISU • 2023-10-16
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Lu pernah ggak sih kepincut ya sama mentor atau guru atau apaagi sebutnya expert atau apapun lah gitu ya terus lu tuh pas udah ikutin kelas berbayarnya atau webinar berbayar yang harganya enggak rp00.000 lah ya mungkin R juta gitu R juta ternyata ketika lu ikut itu tidak sesuai dengan ekspektasi yang lu harapkan ternyata Masalah lu tidak selesai Justru kontennya malah enggak masuk akal dan bikin lu mikirlah kok gini sih gitu Nah kalau Lu pernah ngerasain hal yang kayak gini berar Berarti lu bertemu yang namanya fake good atau mungkin kalau gua sebut sebagai posster ya mungkin gue juga posster kali tap tapi setidaknya gue tidak menjual kelas dengan harga lebih dari Rp0 juta kali ya mungkin nanti jual ya cuman Ya intinya ini orang-orang yang mungkin banyak e berbicara tapi enggak ada isinya e makanya di video kali ini di segmen kelas kehidupan gua bakal ngebahas tentang fek guru dan gimana seharusnya kita menyikapi fenomena ini karena e jujur dari dulu banyak tuh bahkan ada yang udah sampai di penjara guys guys Selamat datang di segmen kelas kehidupan di mana kita bakal sharing ilmu-ilmu kehidupan yang belum Lu pelajari di sekolah biar hidup lu bisa jadi lebih baik biar bisa jadi lebih mantap oke stay tuned Oke di zaman sekarang sebenarnya banyak banget ya influencer gitu kan eh tiktoker dan lain sebagainya instagrammer podcaster youtuber yang eh mau mencoba untuk mencari peruntungan dan ini bisa kita lihat lah ya Dari sekian banyak edukator-edukator ini banyak banget sebetulnya yang punya passion di bidang tertentu dan ngasih konten-konten yang mungkin daging buat kita atau kalau menurut kita enggak daging ya buat orang yang di bawah k l g kan jauh lebih daging lah gitu Tapi sayangnya ada juga yang cuma manfaatkan tren dan cari untung doang di tengah ya banyaknya konten-konten di dunia gitu makanya gua jadi ingat sih quot dari Naval di zaman di mana banyaknya konten sebetulnya cara kita adalah untuk bukan untuk mencari konten sekarang tuh tapi untuk mengkurasi sih mengkurasi konten-konten yang ada think the human brain is not AB all the breaking 247 emergencies injected Straight into your Skull with clickbait Headline News if you pay attention to that stuff even if you're well meaning even if you're sound of mind and body it will eventually drive you insane this goes back to clockwork orange Where you know has his eyes opened up watch but I think now these aretive right Twitter Facebook Instagram These Are weonized you social statisticians and scientists and researchers and people in lab codes literally Best minds Of Our Generation figuring out How to addct you to the news and if you forin nah menariknya adalah fake guru ini biasanya mereka jual sesuatu yang biasanya sih harganya lebih mahal daripada rata-rata Kayak misalnya kasus yang dulu ya itu Doni salmanan Terus apa sih Indra k itu kan dia jual robot trading cuy dulu robot trading jual apaagi jual Wah pokoknya mengafiliasikan itu dan semakin orang beli dan semakin orang rugi mereka justru dapat untung yang banyak dan mereka gimik-gimiknya mantap banget l ngasih uang ke pengemis motornya warnanya emas ya kan itu kayak Yah gitu ya sangat disayangkan gitu ya kalau misalnya lu jual kelas r.000 r00.000 Sebenarnya ya udahlah ya gitu r00.000 r200.000 tuh untuk mengharga usaha fake guru juga enggak masalah sihurut gua jadi kalau gua adalah fake guru nih Menurut kalian ya udahlah gitu kalau gua jual kelas harganya 1200.000 toh gua juga kan lulusan psikologi biasanya kan yang ngisi juga kan psikolog ada gelarnya mpsi atau SPSI minimal ada sertifikasinya juga gua juga ada sertifikasi nih guys di belakang nama gua tuh kan ada chrp kan Ya gitulah gitu e ya gua gua bahkan sering banget dibilang gua fake guru gitu enggak sering sih jarang lah tapi tapi adalah beberapa orang yang nyebut gua fake guru dengan gua jualan kelas ngapain kelas ya udahlah gitu tapi guys di luar sana banyak guys yang jualan kelas jutaan rupiah terus scientifically engak ada hasilnya dan orang-orang masih mau beli dan itu karena mereka itu adalah nich content orang-orang fake guru ini itu akhirnya mereka tetap langgeng gua minum dulu oke Mungkin gua haus ngomongin fake guru oke nah Masalahnya gini kalau lu jualan kelas ratusan ribu itu masih ma tapi kalau lu jualan kelas jutaan lu jualan ilmu apa Anjir lu jualan ilmu hitam atau gimana gitu ya Dan ini juga terjadi di industri gua ya gitu Kayak misalnya di ya industri mental health lah yang udah mulai gua tinggalkan juga nih di 1% awalnya kan memang bagus dengan adanya ya kesadaran tentang mental health itu tuh banyak yang sadar gitu tentang kesehatan mental dan mulai self healing Tapi lama-kelamaan ini jadi komersil Jadi jualan doang gitu jadi kayak dikit-dikit W Anda trauma gitu ya dikit-dikit Anda berarti mengal ami bla bla bla feel gitu misalnya atau bla bla bla Disorder gitu yang kayak menurut gua aduh apa-apa dikit-dikit menurut psikologi apa-apa dikit-dikit apa gitu ya dan kontennya pun enggak jenuin gitu mereka Ya udah recycle-reycle yang udah ada yang udah ramai gitu gu ada juga yang malah salah dan malah menyebar kebencian Ya seperti mas-mas inilah gitu ya yang menghina viewersnya ya Sebenarnya kadang-kadang gua juga setuju ya Eh apa viewers tuh kadang-kadang layak dihina gitu api komentar-komentar gitu Tapi kan kalau sampai ya lu Tiap hari menghina orang Mungkin ada yang salah gitu dengan diri lu gitu kan Makanya lu harus hati-hati ya dengan konten yang beredar apalagi di zaman informasi lagi-lagi di zaman informasi sekarang di mana Banyak banget informasi jangan-jangan yang lu butuhkan bukan mencari bukan menikmati konten tapi mengkurasi konten yang lu tonton ya Nah tips pertama meskipun ini enggak selalu tapi jangan lupa lihat kredibilitas mentor guru atau pembicara tersebut gitu Hal paling gampang adalah lu tinggal ngelihat aja achievement nya tuh apa aja dia atau kayak ya sebenarnya enggak perlu harus orang S2 S3 S1 punya gelar gitu enggak perlu ya Semua orang berhak k untuk ngobrol gitu tapi apa sih bukti kalau dia memang entusias gitu di bidangnya itu Apa bukti kalau dia memang ahli Apa bukti kalau memang ya dia tuh beneran concern gitu sama itu bisa secara akademis bisa juga secara e praktis ya jadi ibaratnya gini dan gua juga mau disclaimer ya lagi-lagi gini Enggak semua orang bergelar itu pintar gitu ya jadi E ini cuma salah satu cara doangak Enggak semua orang bergelar pintar Enggak semua orang tidak bergelar itu bodoh ya gua mau disclaimer itu aja banyak orang yang bergelar tapi salah ya Jadi lagi-lagi tapi ini adalah cara yang mudah untuk ngelihat Oh ini orang fake atau enggak makanya Em Jadi kalau orang anggap aja e dia bukan dia enggak punya gelar akademis tapi jago nih ngajarnya itu enggak apa-apa Lu percaya gitu karena dia punya track record kan di sana Nah makanya ini hal kedua yang harus lu perhatiin juga bukan hanya gelar bukan hanya achievement bukan hanya kayak track record tapi juga vibes-nya gimana nah cara orang berkomunikasi bisa menunjukkan pola pikirnya dia Jadi lu bisa lihat pertama argumennya logis enggak yang kedua opininya kuat enggak guu atau diback sama data enggak kalaupun e apa namanya dia mengatakan statement kontroversial pakai disclaimer enggak ya kan kalau misalnya ada data yang menunjukkan sebaliknya minta maaf Enggak Atau mau diskusi enggak kayak misalnya 1% meskipun Gua sering banget ya orang tuh apalagi di video terakhir ya apalagi di video-video sebelumnya gitu Yang Yang rada kontroversial tu misal kita Pas ngomong soal IQ ya Meskipun opya gua kontroversial gitu kan tapi gua nge-back itu dengan data gitu ya dan ya basically gua juga kan adalah lulusan psikologi ya dan kayak Ya udah argumen kita selalu hampir selalu ada backup datanya kalaupun memang opini ya Biasanya kita state aja bahwa Ya emang itu opini gua jadi ya udahlah Kalian paham Mungkin yang mana yang fake yang mana yang tidak gitu kan Apalagi kalau sering nonton video 1% lah Nah tips yang ketiga lihat juga nih Gimana cara orang ini menyikapi kritik nah ini penting banget Salah satu ciri mentor yang baik adalah dia mau diskusi gitu jadi Kalaupun dia nolak kritikan itu dia tetap mau ngejelasin tetap mau diajak diskusi tetap kayak enggak langsung nge-cancel gitu dengan kayak Wah lu Goblok lu opini lu tai dan lain sebagainya gitu kagak gitu ya tapi kalau benar ya diperbaiki I diperbaiki dirinya sendiri gitu tapi kalau misalnya Si orangnya salah ya jelasin bahwa ya opini lu tuh salah karena argumennya gini gini gini gini sering kali ya mentor yang beneran fake guru itu cenderung Arogan dan marah-marah kalau misalnya dikritik jadi ini menurut gua di problem ya harusnya beda sama orang yang beneran guru bahkan seringkiali orang yang beneran expert itu malah kayak bertingkah seperti gelas Kosong gitu Mala lebih banyak nanyanya Makanya lebih banyak terbukalah sama argumen-argumen baru malah sering bilang enggak tahu Oh enggak tahu bukan experti saya gituu ya Nah tips yang keempat lu juga bisa cek apa yang dia katakan itu sebenarnya benar atau cuma bacot doang gitu ya Misalnya ada nih gitu ya orang-orang yang ngaku Oh pendapatan gua 1 triliun dan lain sebagainya lu coba lihat aja gitu kalau dia memang pendapatnya 1 triliun Kenapa dia tidak Ipo misalnya Kenapa dia tidak ee Ya banyaklah gitu kayak banyak perusahaan besar yang pendapatnya belum segitu misalnya gitu lu bisa cek lah lewat e analogi lewat e apa cek data di Google Lu tanya chat GPT Make sense atau enggak gitu kan jangan sampai lu ternyata ketipu gara-gara bacotnya yang memang selangit tapi ternyata Wah bukan segitu ya ya kita bisa ngelihatlah banyak ya alumni-alumni forbs 30 under 30 yang ternyata masuk ke penjara gitu bahkan mayoritasnya masuk tuh penjara semoga gua kagak sih tips kelima ya Nah ini jangan lupa nih ya Menurut gua ini penting banget dan ini out of the box kayaknya tapi lu coba cek deh kalau misalnya ada orang gitu ya terus banyak omong gitu ya Kayak misalnya gua l gitu E orang-orang kayak gua gitu ya influencer gitu cek deh personal relationship dia sama banyak orang jadi kayak lu coba cek gimana sih hubungan dia sama e teman-teman terdekatnya sama mungkin partner-partner bisnis sama e kliin-kliinnya gitu sering kali ya Ada sih guru-guru yang sukses tapi dia menyebalkan gitu buat banyak orang dan itu it's true bahwa dia mungkin beneran guru ya bukan ffek guru gitu nah tapi jangan lupa kadang-kadang guru-guru kayak gini juga ngasih advice di bidang yang lain Kayak misalnya nih ini orang kaya lah gitu jago dalam keuangan atau ini orang jagolah di psikologi tiba-tiba ngasih advice buat keuangan tiba-tiba orang yang keuangan ngasih advice dalam kehidupan Lu harus gini gini gini Enggak apa-apa dibenci dan lain sebagainya apa yang harus lu lakuin jangan lupa cek background-nya cek kebenarannya jangan selalu didengerin karena mungkin dia bukan expert di bidang itu bahkan expert aja salah lu nonton openheimer kan gitu Albert Einstein itu sempat bilang bahwa enggak mungkin nuklir tuh ada di dunia karena Lu harus membelah atom tapi basically yang dilakukan oleh EE ya scitis nuklir dan Quantum mechanics kayak openheimer itu dia membelah atom dan Einstein enggak percaya sama itu sampai akhirnya Einstein ngelihat sendiri dan Anjir benar ternyata nah dia bukan poser dia bukan fake guru makanya dia langsung merevisi argumennya dan dia langsung menyurati roselfeld untuk Kayak udah lu jangan pakai nuklir cuy padahal waktu itu ternyata NS itu lagi nguasain nuklir nguasain eh penambangan ya uranium expert aja bisa Salah Albert Einstein yang iq-nya kita sudah tahulah berapa ya 170-an gitu dan kita juga bisa lihat nih ada presiden dari Michigan chef Michigan saving bank yang nyaranin untuk dia orang-orang tuh jangan invest gitu di mobil nih Ford motor company padahal Ford sampai sekarang itu jadi salah satu brand yang paling prominen di dunia permobilan ya guys meskipun sekarang sudah disusul oleh Tesla ya ya tapi lihat tuh prediksi bangkir terhadap bisnis mobil ternyata salah ya dia bangkir kan jadi hati-hatilah ketika ngedengerin e so called expert ini gitu ya termasuk Mungkin gua juga kali ya kalau gua tiba-tiba ngomongin fisika Quantum gitu mungkin Lu harus waspada gitu kayak bener engak nih Jangan lupa dicek juga kebenarannya Siapa tahu gua benar ya kan J sekarang tuh menariknya guys banyak ya eh tiktoker influencer yang muncul E dan tiktoker gitu-gitu tuh sering banget ya dihina dimaki gitu oleh para ert dan mereka ini beneran expert yang menghina itu Tapi ketika Si expert Ini disuruh ngonten juga mereka enggak ngonten itu yang sebenarnya sekarang gua sayangkan Kenapa ert-ekpert ini dia tidak mau menyebarkan ilmu pengetahuannya ke orang lain atau mungkin kenapa sih lu enggak bisa menyebarkan kalau ya mungkin lu mau tapi lu ggak bisa gitu Kenapa gitu Padahal lu kan expert itu sebenarnya yang gua sayangkan jadi para ekert sekarang tuh Justru malah e banyakan diam gitu atau seidealis itu it lah kayak Wah knowledge tuh harusnya gini gini gini Enggak boleh disimplifikasi di youtube di tiktok gitu ya Tapi gimana kalau lu enggak muncul sebagai expert nih ya kalau lu enggak muncul nanti orang lain yang muncul J ini kayak Open her moment gitu ya kalau lu ggak bikin bom ya mungkin orang lain nanti bikin bom yang lebih parah agak filosofis tapi kurang lebih seperti itu tapi kalau dalam expert di konten sosial media menurut gua enggak phimer momen banget sih ya karena konten lu justru akan berguna nih kalau lu adalah expert ya atau kalau lu tahu sesuatuah meskipun sedikit makanya e buat gua sih Gua lebih menghargai jujurnya daripada orang expert yang enggak ngomong enggak speak up Gua lebih menghargai justru mungkin genzy yang beginner Dia belajar sambil ya pokoknya learn in public lah ya dia belajar terus nge-share itu keluar e terus dia speak up Ya selama enggak plagiat ya lu kalau misalnya lu dapat itu dari suatu sumber lu sitasi sumbernya kalau bisa ngambil dari banyak sumber Jangan cuma satu doang karena itu yang membedakan plagiat dan still likeen artis Ya gitu semua orang ya still lah tapi ada yang kayak artis ada yang Nora stilltilnya kan gitu jadi selama lu enggak Nora sebenarnya menurut gua fine-fine aja sih gitu ya jadi gua lebih menghargai justru beginner yang e pakai sumber-sumber di internet gitu meskipun salah mungkin ya udah namanya juga usaha untuk mengedukasi orang kan kita butuh lebih banyaklah influencer edupreneur di Indonesia gitu Nah karena sekarang ya dunia dipenuhi oleh konten-konten yang mungkin ya bisa kita bilang secara algoritma oke tapi ternyata jelek tuh kontennya gitu ya Em ya konten joget-joget mungkin enggak akan eksis ya kalau enggak ada demand-nya gitu Gua juga kadang nonton konten joget-joget itu ya muncul terus gua tonton gitu kan tapi ee gua pengen ngomong di konten ini sebagai pengingat buat para expert dan para beginner eh Mungkin lu yang sering nonton 1% Mungkin lu harus pick up gitu karena Dunia ini penuh dengan konten-konten yang sampah bisa jadi gitu Jadi ini pengingatlah buat lu para expert dan para beginner nah tapi e kalau lu ngerasa Oh gua belum bisa Bang personal branding dan lain sebagainya atau gua takut di-cancel Bang gua takut dikomenin bla bla bla bla bla bla gitu nah saran gua memang lu harus belajar ya jadi E dan kebetulan kita e bekerja sama dengan sponsor kita ya thank you banget ini buat Life skills Life skills ID itu dia udah ngadain webinar Life skills series dari tahun 2020 Jadi silakan aja ke e link di deskripsi Ya udah ada tuh itu colab antara 1% dan Life skills ID sponsor kita di video kali ini well ya Sekian dulu dari gua Semoga teman-teman semua ya lu semua bisa terselamatkan dari para fake guru engak ngabisin duit yang banyak kalau misalnya engak berguna gitu ya dan semoga lu semua bisa ya belajar ya konten ini dan speak up Oke kalau memang lu punya speak gitu Sekian dari gua ya gua% thanks
Resume
Categories