Transcript
Rh3f11YAISU • Jualan Kelas: Kenapa Banyak Orang Indo Mudah Tertipu?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0694_Rh3f11YAISU.txt
Kind: captions
Language: id
Lu pernah ggak sih kepincut ya sama
mentor atau guru atau apaagi sebutnya
expert
atau apapun lah gitu ya terus lu tuh pas
udah ikutin kelas berbayarnya atau
webinar berbayar yang harganya enggak
rp00.000 lah ya mungkin R juta gitu R
juta ternyata ketika lu ikut itu tidak
sesuai dengan ekspektasi yang lu
harapkan ternyata Masalah lu tidak
selesai Justru kontennya malah enggak
masuk akal dan bikin lu mikirlah kok
gini sih gitu Nah kalau Lu pernah
ngerasain hal yang kayak gini berar
Berarti lu bertemu yang namanya fake
good atau mungkin kalau gua sebut
sebagai posster ya mungkin gue juga
posster kali tap tapi setidaknya gue
tidak menjual kelas dengan harga lebih
dari Rp0 juta kali ya mungkin nanti jual
ya cuman Ya intinya ini orang-orang yang
mungkin banyak e berbicara tapi enggak
ada isinya e makanya di video kali ini
di segmen kelas kehidupan gua bakal
ngebahas tentang fek guru dan gimana
seharusnya kita menyikapi fenomena ini
karena e jujur dari dulu banyak tuh
bahkan ada yang udah sampai di penjara
guys guys Selamat datang di segmen kelas
kehidupan di mana kita bakal sharing
ilmu-ilmu kehidupan yang belum Lu
pelajari di sekolah biar hidup lu bisa
jadi lebih baik biar bisa jadi lebih
mantap oke stay tuned
Oke di zaman sekarang sebenarnya banyak
banget ya influencer gitu kan eh
tiktoker dan lain sebagainya
instagrammer podcaster youtuber yang eh
mau mencoba untuk mencari peruntungan
dan ini bisa kita lihat lah ya Dari
sekian banyak edukator-edukator ini
banyak banget sebetulnya yang punya
passion di bidang tertentu dan ngasih
konten-konten yang mungkin daging buat
kita atau kalau menurut kita enggak
daging ya buat orang yang di bawah k l g
kan jauh lebih daging lah gitu Tapi
sayangnya ada juga yang cuma manfaatkan
tren dan cari untung doang di tengah ya
banyaknya konten-konten di dunia gitu
makanya gua jadi ingat sih quot dari
Naval di zaman di mana banyaknya konten
sebetulnya cara kita adalah untuk bukan
untuk mencari konten sekarang tuh tapi
untuk mengkurasi sih mengkurasi
konten-konten yang ada think the human
brain is not AB all the breaking 247
emergencies injected Straight into your
Skull with clickbait Headline News if
you pay attention to that stuff even if
you're well meaning even if you're sound
of mind and body it will eventually
drive you insane this goes back to
clockwork orange Where you know has his
eyes opened up watch but I think now
these aretive right Twitter Facebook
Instagram These Are weonized you social
statisticians and scientists and
researchers and people in lab codes
literally Best minds Of Our Generation
figuring out How to addct you to the
news and if you
forin nah menariknya adalah fake guru
ini biasanya mereka jual sesuatu yang
biasanya sih harganya lebih mahal
daripada rata-rata Kayak misalnya kasus
yang dulu ya itu Doni salmanan Terus apa
sih Indra k itu kan dia jual robot
trading cuy dulu robot trading jual
apaagi jual Wah pokoknya mengafiliasikan
itu dan semakin orang beli dan semakin
orang rugi mereka justru dapat untung
yang banyak dan mereka gimik-gimiknya
mantap banget l ngasih uang ke pengemis
motornya warnanya emas ya kan itu kayak
Yah gitu ya sangat disayangkan gitu ya
kalau misalnya lu jual kelas r.000
r00.000 Sebenarnya
ya udahlah ya gitu r00.000 r200.000 tuh
untuk mengharga
usaha fake guru juga enggak masalah
sihurut gua jadi kalau gua adalah fake
guru nih Menurut kalian ya udahlah gitu
kalau gua jual kelas harganya 1200.000
toh gua juga kan lulusan psikologi
biasanya kan yang ngisi juga kan
psikolog ada gelarnya mpsi atau SPSI
minimal ada sertifikasinya juga gua juga
ada sertifikasi nih guys di belakang
nama gua tuh kan ada chrp
kan Ya gitulah gitu e ya gua gua bahkan
sering banget dibilang gua fake guru
gitu enggak sering sih jarang lah tapi
tapi adalah beberapa orang yang nyebut
gua fake guru dengan gua jualan kelas
ngapain kelas ya udahlah gitu tapi guys
di luar sana banyak guys yang jualan
kelas jutaan rupiah terus scientifically
engak ada hasilnya dan orang-orang masih
mau beli dan itu karena mereka itu
adalah nich content orang-orang fake
guru ini itu akhirnya mereka tetap
langgeng gua minum dulu oke Mungkin gua
haus ngomongin fake guru
oke nah Masalahnya gini kalau lu jualan
kelas ratusan ribu itu masih ma tapi
kalau lu jualan kelas jutaan lu jualan
ilmu apa Anjir lu jualan ilmu hitam atau
gimana gitu ya Dan ini juga terjadi di
industri gua ya gitu Kayak misalnya di
ya industri mental health lah yang udah
mulai gua tinggalkan juga nih di 1%
awalnya kan memang bagus dengan adanya
ya kesadaran tentang mental health itu
tuh banyak yang sadar gitu tentang
kesehatan mental dan mulai self healing
Tapi lama-kelamaan ini jadi komersil
Jadi jualan doang gitu jadi kayak
dikit-dikit W Anda trauma gitu ya
dikit-dikit Anda berarti mengal ami bla
bla bla feel gitu misalnya atau bla bla
bla Disorder gitu yang kayak menurut gua
aduh apa-apa dikit-dikit menurut
psikologi apa-apa dikit-dikit apa gitu
ya dan kontennya pun enggak jenuin gitu
mereka Ya udah recycle-reycle yang udah
ada yang udah ramai gitu gu ada juga
yang malah salah dan malah menyebar
kebencian Ya seperti mas-mas inilah gitu
ya yang menghina viewersnya ya
Sebenarnya kadang-kadang gua juga setuju
ya Eh apa viewers tuh kadang-kadang
layak dihina gitu api komentar-komentar
gitu Tapi kan kalau sampai
ya lu Tiap hari menghina orang Mungkin
ada yang salah gitu dengan diri lu gitu
kan Makanya lu harus hati-hati ya dengan
konten yang beredar apalagi di zaman
informasi lagi-lagi di zaman informasi
sekarang di mana Banyak banget informasi
jangan-jangan yang lu butuhkan bukan
mencari bukan menikmati konten tapi
mengkurasi konten yang lu tonton
ya Nah tips pertama meskipun ini enggak
selalu tapi jangan lupa lihat
kredibilitas mentor guru atau pembicara
tersebut gitu Hal paling gampang adalah
lu tinggal ngelihat aja achievement nya
tuh apa aja dia atau kayak ya sebenarnya
enggak perlu harus orang S2 S3 S1 punya
gelar gitu enggak perlu ya Semua orang
berhak k untuk ngobrol gitu tapi apa sih
bukti kalau dia memang entusias gitu di
bidangnya itu Apa bukti kalau dia memang
ahli Apa bukti kalau memang ya dia tuh
beneran concern gitu sama itu bisa
secara akademis bisa juga secara e
praktis ya jadi ibaratnya gini dan gua
juga mau disclaimer ya lagi-lagi gini
Enggak semua orang bergelar itu pintar
gitu ya jadi E ini cuma salah satu cara
doangak Enggak semua orang bergelar
pintar Enggak semua orang tidak bergelar
itu bodoh ya gua mau disclaimer itu aja
banyak orang yang bergelar tapi salah ya
Jadi lagi-lagi tapi ini adalah cara yang
mudah untuk ngelihat Oh ini orang fake
atau enggak makanya
Em Jadi kalau orang anggap aja e dia
bukan dia enggak punya gelar akademis
tapi jago nih ngajarnya itu enggak
apa-apa Lu percaya gitu karena dia punya
track record kan di sana Nah makanya ini
hal kedua yang harus lu perhatiin juga
bukan hanya gelar bukan hanya
achievement bukan hanya kayak track
record tapi juga vibes-nya gimana nah
cara orang berkomunikasi bisa
menunjukkan pola pikirnya dia Jadi lu
bisa lihat pertama argumennya logis
enggak yang kedua opininya kuat enggak
guu atau diback sama data enggak
kalaupun e apa namanya dia mengatakan
statement kontroversial pakai disclaimer
enggak ya kan kalau misalnya ada data
yang menunjukkan sebaliknya minta maaf
Enggak Atau mau diskusi enggak kayak
misalnya 1% meskipun Gua sering banget
ya orang tuh apalagi di video terakhir
ya apalagi di video-video sebelumnya
gitu Yang Yang rada kontroversial tu
misal kita Pas ngomong soal IQ ya
Meskipun opya gua kontroversial gitu kan
tapi gua nge-back itu dengan data gitu
ya dan ya basically gua juga kan adalah
lulusan psikologi ya dan kayak Ya udah
argumen kita selalu hampir selalu ada
backup datanya kalaupun memang opini ya
Biasanya kita state aja bahwa Ya emang
itu opini gua jadi ya udahlah Kalian
paham Mungkin yang mana yang fake yang
mana yang tidak gitu kan Apalagi kalau
sering nonton video 1% lah Nah tips yang
ketiga lihat juga nih Gimana cara orang
ini menyikapi kritik nah ini penting
banget Salah satu ciri mentor yang baik
adalah dia mau diskusi gitu jadi
Kalaupun dia nolak kritikan itu dia
tetap mau ngejelasin tetap mau diajak
diskusi tetap kayak enggak langsung
nge-cancel gitu dengan kayak Wah lu
Goblok lu opini lu tai dan lain
sebagainya gitu kagak gitu ya tapi kalau
benar ya diperbaiki I diperbaiki dirinya
sendiri gitu tapi kalau misalnya Si
orangnya salah ya jelasin bahwa ya opini
lu tuh salah karena argumennya gini gini
gini gini sering kali ya mentor yang
beneran fake guru itu cenderung Arogan
dan marah-marah kalau misalnya dikritik
jadi ini menurut gua di problem ya
harusnya beda sama orang yang beneran
guru bahkan seringkiali orang yang
beneran expert itu malah kayak
bertingkah seperti gelas Kosong gitu
Mala lebih banyak nanyanya Makanya lebih
banyak terbukalah sama argumen-argumen
baru malah sering bilang enggak tahu Oh
enggak tahu bukan experti saya gituu ya
Nah tips yang keempat lu juga bisa cek
apa yang dia katakan itu sebenarnya
benar atau cuma bacot doang gitu ya
Misalnya ada nih gitu ya orang-orang
yang ngaku Oh pendapatan gua 1 triliun
dan lain sebagainya lu coba lihat aja
gitu kalau dia memang pendapatnya 1
triliun Kenapa dia tidak Ipo misalnya
Kenapa dia tidak ee Ya banyaklah gitu
kayak banyak perusahaan besar yang
pendapatnya belum segitu misalnya gitu
lu bisa cek lah lewat e analogi lewat e
apa cek data di Google Lu tanya chat GPT
Make sense atau enggak gitu kan jangan
sampai lu ternyata ketipu gara-gara
bacotnya yang memang selangit tapi
ternyata Wah bukan segitu ya ya kita
bisa ngelihatlah banyak ya alumni-alumni
forbs 30 under 30 yang ternyata masuk ke
penjara gitu bahkan mayoritasnya masuk
tuh penjara semoga gua kagak sih tips
kelima ya Nah ini jangan lupa nih ya
Menurut gua ini penting banget dan ini
out of the box kayaknya tapi lu coba cek
deh kalau misalnya ada orang gitu ya
terus banyak omong gitu ya Kayak
misalnya gua l gitu E orang-orang kayak
gua gitu ya influencer gitu cek deh
personal relationship dia sama banyak
orang jadi kayak lu coba cek gimana sih
hubungan dia sama e teman-teman
terdekatnya sama mungkin partner-partner
bisnis sama e kliin-kliinnya gitu sering
kali ya Ada sih guru-guru yang sukses
tapi dia menyebalkan gitu buat banyak
orang dan itu it's true bahwa dia
mungkin beneran guru ya bukan ffek guru
gitu nah tapi jangan lupa kadang-kadang
guru-guru kayak gini juga ngasih advice
di bidang yang lain Kayak misalnya nih
ini orang kaya lah gitu jago dalam
keuangan atau ini orang jagolah di
psikologi tiba-tiba ngasih advice buat
keuangan tiba-tiba orang yang keuangan
ngasih advice dalam kehidupan Lu harus
gini gini gini Enggak apa-apa dibenci
dan lain sebagainya apa yang harus lu
lakuin jangan lupa cek background-nya
cek kebenarannya jangan selalu
didengerin karena mungkin dia bukan
expert di bidang itu bahkan expert aja
salah lu nonton openheimer kan gitu
Albert Einstein itu sempat bilang bahwa
enggak mungkin nuklir tuh ada di dunia
karena Lu harus membelah atom tapi
basically yang dilakukan oleh EE ya
scitis nuklir dan Quantum mechanics
kayak openheimer itu dia membelah atom
dan Einstein enggak percaya sama itu
sampai akhirnya Einstein ngelihat
sendiri dan Anjir benar ternyata nah dia
bukan poser dia bukan fake guru makanya
dia langsung merevisi argumennya dan dia
langsung menyurati roselfeld untuk Kayak
udah lu jangan pakai nuklir cuy padahal
waktu itu ternyata NS itu lagi nguasain
nuklir nguasain eh penambangan ya
uranium expert aja bisa Salah Albert
Einstein yang iq-nya kita sudah tahulah
berapa ya 170-an gitu dan kita juga bisa
lihat nih ada presiden dari Michigan
chef Michigan saving bank yang nyaranin
untuk dia orang-orang tuh jangan invest
gitu di mobil nih Ford motor company
padahal Ford sampai sekarang itu jadi
salah satu brand yang paling prominen di
dunia permobilan ya guys meskipun
sekarang sudah disusul oleh Tesla ya ya
tapi lihat tuh prediksi bangkir terhadap
bisnis mobil ternyata salah ya dia
bangkir kan jadi hati-hatilah ketika
ngedengerin e so called expert ini gitu
ya termasuk Mungkin gua juga kali ya
kalau gua tiba-tiba ngomongin fisika
Quantum gitu mungkin Lu harus waspada
gitu kayak bener engak nih Jangan lupa
dicek juga kebenarannya Siapa tahu gua
benar ya
kan J sekarang tuh menariknya guys
banyak ya eh tiktoker influencer yang
muncul E dan tiktoker gitu-gitu tuh
sering banget ya dihina dimaki gitu oleh
para ert dan mereka ini beneran expert
yang menghina itu Tapi ketika Si expert
Ini disuruh ngonten juga mereka enggak
ngonten itu yang sebenarnya sekarang gua
sayangkan Kenapa ert-ekpert ini dia
tidak mau menyebarkan ilmu
pengetahuannya ke orang lain atau
mungkin kenapa sih lu enggak bisa
menyebarkan kalau ya mungkin lu mau tapi
lu ggak bisa gitu Kenapa gitu Padahal lu
kan expert itu sebenarnya yang gua
sayangkan jadi para ekert sekarang tuh
Justru malah e banyakan diam gitu atau
seidealis itu it lah kayak Wah knowledge
tuh harusnya gini gini gini Enggak boleh
disimplifikasi di youtube di tiktok gitu
ya Tapi gimana kalau lu enggak muncul
sebagai expert nih ya kalau lu enggak
muncul nanti orang lain yang muncul J
ini kayak Open her moment gitu ya kalau
lu ggak bikin bom ya mungkin orang lain
nanti bikin bom yang lebih parah agak
filosofis tapi kurang lebih seperti itu
tapi kalau dalam expert di konten sosial
media menurut gua enggak phimer momen
banget sih ya karena konten lu justru
akan berguna nih kalau lu adalah expert
ya atau kalau lu tahu sesuatuah meskipun
sedikit makanya e buat gua sih Gua lebih
menghargai jujurnya daripada orang
expert yang enggak ngomong enggak speak
up Gua lebih menghargai justru mungkin
genzy yang beginner Dia belajar sambil
ya pokoknya learn in public lah ya dia
belajar terus nge-share itu keluar e
terus dia speak up Ya selama enggak
plagiat ya lu kalau misalnya lu dapat
itu dari suatu sumber lu sitasi
sumbernya kalau bisa ngambil dari banyak
sumber Jangan cuma satu doang karena itu
yang membedakan plagiat dan still likeen
artis Ya gitu semua orang ya still lah
tapi ada yang kayak artis ada yang Nora
stilltilnya kan gitu jadi selama lu
enggak Nora sebenarnya menurut gua
fine-fine aja sih gitu ya jadi gua lebih
menghargai justru beginner yang e pakai
sumber-sumber di internet gitu meskipun
salah mungkin ya udah namanya juga usaha
untuk mengedukasi orang kan kita butuh
lebih banyaklah influencer edupreneur di
Indonesia gitu Nah karena sekarang ya
dunia dipenuhi oleh konten-konten yang
mungkin ya bisa kita bilang secara
algoritma oke tapi ternyata jelek tuh
kontennya gitu ya Em ya konten
joget-joget mungkin enggak akan eksis ya
kalau enggak ada demand-nya gitu Gua
juga kadang nonton konten joget-joget
itu ya muncul terus gua tonton gitu kan
tapi ee gua pengen ngomong di konten ini
sebagai pengingat buat para expert dan
para beginner eh Mungkin lu yang sering
nonton 1% Mungkin lu harus pick up gitu
karena Dunia ini penuh dengan
konten-konten yang sampah bisa jadi gitu
Jadi ini pengingatlah buat lu para
expert dan para beginner nah tapi e
kalau lu ngerasa Oh gua belum bisa Bang
personal branding dan lain sebagainya
atau gua takut di-cancel Bang gua takut
dikomenin bla bla bla bla bla bla gitu
nah saran gua memang lu harus belajar ya
jadi E dan kebetulan kita e bekerja sama
dengan sponsor kita ya thank you banget
ini buat Life skills Life skills ID itu
dia udah ngadain webinar Life skills
series dari tahun 2020 Jadi silakan aja
ke e link di deskripsi Ya udah ada tuh
itu colab antara 1% dan Life skills ID
sponsor kita di video kali ini well ya
Sekian dulu dari gua Semoga teman-teman
semua ya lu semua bisa terselamatkan
dari para fake guru engak ngabisin duit
yang banyak kalau misalnya engak berguna
gitu ya dan semoga lu semua bisa ya
belajar ya konten ini dan speak up Oke
kalau memang lu punya speak gitu Sekian
dari gua ya
gua%
thanks