Transcript
S7hzfPmAMug • Apakah Jomblo Selamanya Bisa Bikin Bahagia?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0689_S7hzfPmAMug.txt
Kind: captions
Language: id
ini adalah pertanyaan 1 juta dolar guys
gitu ya Bisa enggak sih kita itu jomblo
sampai tua tapi tetap bahagia meskipun
kita sampai meninggal kita jomblo
Menurut lo gimana gue yakin banyak sih
ya orang-orang di zaman sekarang yang
mulai kepikiran sama hal kayak gini
Kayak apalagi jomblo dari lahir gitu
udah pasti lu mungkin sekarang tuh
overthinking tapi di sini gua pengen
coba ngejawab pertanyaan itu ya Apakah
Jomblo itu bisa bahagia selamanya
Selamat datang di segmen dating series
di mana kita bakal mengupas banyak hal
tentang relationship dari dating
tentunya dengan berbagai macam
perspektif terutama persektif psikologi
stay tune sampai habis biar lu tahu
tentang Jawaban dari pertanyaan 1 juta
dolar
[Musik]
tadi buat lu yang jomblo dari lahir ee
gua enggak bisa bilang bahwa Gua ngerti
100% perasaan lu semua tapi ee dengan
banyaknya teman gua yang jomblo ngenes
gitu ya gua juga bisa dibilang ngerti
sih dengan ee banyak perasaan lu semua
gitu ya yang lu jomblo dari lahir gu
contoh ya teman gua ada namanya si a Dah
nih ya si a ini orangnya tuh introvert
banget dia lebih suka main game nonton
anime ya tipikal wibu-wibu nolab gitu
lah ya ya gitu no offense buat
teman-teman karena gua juga wibu gitu ya
orangnya itu lebih suka diam di kamar
tanpa disadari sekarang dia udah ya
umurnya udah 25 26 27 juga ada bahkan
teman gua ya E dan sampai sekarang dia
masih jomblo belum pernah Pacaran itu
wajar banget ggak sih Ya karena ya lu
bisa dibilang Dam tanda kutip ansos lah
kan dan lama-lama si teman gua ini yang
memang ya kerjaanya main game gitu-gitu
mulai kepikiran Aduh gua apakah gua
bakal jomblo selamanya ya Ada enggak sih
yang mau nikah sama gua dan pokoknya
berbagai pertanyaan-pertanyaan Jomblo
Ngenes Nah gua sendiri jujur ya kalau
dibilang Apakah Lu lebih baik jomblo
atau punya pasangan gue sebagai lulusan
psikologi yang gua mempelajari berbagai
macam teori gitu guys Itu sudah pasti
gua akan mengendorse ya mendingan punya
pasangan cuy gitu Kenapa karena pertama
ada yang namanya psikologi perkembangan
dan ya gen kita belum berubahlah dari
10.000 tahun yang lalu lah dan kita
pasti ngelihat Sor itu Say ya Misalnya
ngelihat cewek atau cowok cakep ya pasti
kita ada hasratlah di dalam diri kita
untuk bereproduksi kan guys gitu ya itu
satu gitu namanya genetik namanya
Psikologi Perkembangan itu belum berubah
sampai sekarang gitu ya dan ternyata
kalau kita lihat dari riset terpanjang
di umat manusia gitu ya tentang
happiness Eh kalau lu sempat lihat tedx
tetx bukan tedx e yang ngomongin orang
tuh yang happy yang kayak gimana itu
penelitinya bilang profesornya bilang
bahwa but over and over over these 75
Years our study has shown that the
people who faired the best were the
people who leaned into relationships
with family with friends with community
tapi in tapi dengan kita bisa ngelihat
ya perkembangan Ai semakin canggih Udah
ada robot seks dan lain sebagainya gitu
ya terus kondisi teman-teman gua juga
yang jomblo dari lahir yang gua lihat
kayak Aduh udah ngbumble udah ke
mana-mana tapi susah gua gua pun
akhirnya mulai berpikiran sebaliknya gua
mulai melihat bahwa ada opsi nih bahwa
orang-orang kayak gini itu ternyata bisa
jomblo dan bahagia jadi gua mulai
ngelihat hidup jomblo ini sebagai salah
satu opsi yang cukup menarik Kita lihat
di part 2
ya e jadi gini kalau misalnya lu lahir
di tanggal lahir yang sama kayak gua
gitu ya di tahun 90-an Lu pasti pernah
dengar jokes kayak gini lah kalau
misalnya E ketemu guru atau dosen yang
galak dan ini sebenarnya jahat banget si
joknya jadi kalau ada dosen atau guru
suka marah-marah pasti sering digosipin
Ah itu mah paling dosennya stres
gara-gara perawan tua atau enggak punya
suami enggak punya anak gitu itu e salah
satu hal yang menurut gua cukup
menyedihkan sih karena kayak gua juga
sampai sekarang kan belum punya anak dan
gua belum nyoba sih untuk punya anak
tapi gua takut Sebenarnya gua takut
bahwa gua ggak bisa untuk punya anak dan
ada benarnya kalau lu enggak bisa punya
anak Sampai usia yang sangat tua atau lu
enggak punya pasangan lu mungkin bakal
atau gua mungkin ya gua sebagai orang
gua mungkin akan jauh lebih grampi gua
belum lihat risetnya tapi ada pol l yang
kita lihat atau stereotype yang
masyarakat bisa lihat dan terjadinya
seperti itu kalau ada riset yang M
buuktikan sebaliknya boleh sih coba
taruh di comment section tapi ternyata
sekarang kita bisa ngelihat ternyata
banyak orang yang tidak seperti itu
enggak punya anak tapi ya udah biasa aja
enggak punya pasangan juga ya udah biasa
aja gitu bahkan ada orang yang suka
gonta ganti pasangan juga ya udah biasa
aja banyak juga yang akhirnya memilih
alternatif lain seperti akhirnya punya
kucing ya punya anjing gitu punya
peliharaan terus biasa aja G tasf juga
yang chat free banget kan gua lihat
happy-happy aja gitu gua engak tahu sih
ya belakangnya kayak gimana dan gua
kayak Kalau orang bisa nyaman-nyaman aja
ya udah gitu kan Ya udah let people live
their Life lah Kita enggak usah banyak
protes gitu kan dan kita juga ngelihat
tren ini di negara-negara maju gitu
Jepang China yang sekarang kesusul sama
India kan sebagai penduduk terbesar di
dunia itu populasinya berkurang guys
karena apa Karena orang lebih milih
kerja gitu dan e jujur gua juga Sekarang
gua udah nikah tapi gua lebih memilih
menikmati pekerjaan Gua lebih memilih
traveling Gua lebih memilih untuk spend
duit di hal-hal yang lain daripada gua
punya anak Padahal kalau dibilang gua
mampu atau enggak punya anak gua masih
belum PD tapi kayaknya sih mampu
dibandingkan banyak orang di Indonesia
ya kalau gua boleh berpendapat Nah jadi
ya kita bisa Lihatlah di berbagai negara
yang maju orang lebih milik kerja karena
dan kualitas hidup juga meningkatkan
gerakan CH free juga makin marak dan
di-endorse oleh banyak influencer dan
sekarang memang banyak sih yang depresi
ya gitu apalagi di China juga ada
istilah kalau lu udah umur 35 berarti
hidup lu udah berakhir karena lu pertama
susah nyari kerja lu susah nyari
pasangan lu enggak punya duit lu up
lu depresi sekali lagi pertanyaannya
adalah Can we be happy Nah gua bakal
bahas di part
3 sebenarnya gini kalau kita lihat hidup
kesepian tuh depresi depresif atau
enggak sih kayak toksic atau enggak sih
hidup sendiri itu bahaya atau enggak sih
gitu Sebetulnya kita bisa ngelihat angka
kesepian dan depresi itu meningkat dan
kita justru ngelihat ini juga di orang
yang berpasangan guys Jadi kesepian tuu
meningkat bukan hanya di orang yang
tidak punya pasangan tapi juga yang
punya pasangan jadi ternyata ini bukan
masalah kuantitas bukan masalah lu punya
pasangan berapa bukan masalah lu punya
pasangan atau tidak tapi justru Ini
masalah kualitas guys Jadi bisa enggak
jomblo tapi tetap bahagia bisa yang
penting lu punya banyak hubungan yang
berkualitas meskipun itu bukan e Romansa
sekarang tuh banyak faktor-faktor lain
yang ternyata berpengaruh pada depresi
dan kesepian gitu ya Ini gua sebutin nih
Kayak misalnya financial stability
pekerjaannya fulfilling atau enggak
punya teman enggak sering nongkrong
enggak punya aktivitas sosial enggak
jadi meskipun single kalau misalnya lu
punya berbagai hal tadi ya lu kayak
Leonardo de caprio deh gitu lu single
tapi kayak lu bisa nge-date sama siapa
aja lu bisa pilih gitu lu bisa
ngapa-ngapain aja gitu Kayaknya
biasa-biasa aja sih gitu resiko depresi
tetap lebih rendah daripada yang e
enggak punya duit enggak punya Wah
enggak punya semua hal yang gua sebutin
tadi Jadi intinya bukan masalah lu punya
pasangan atau enggak tapi justru lebih
ke kualitas hidup lu kedua Apakah memang
benar orang single bisa bahagia well
lagi-lagi jawabannya enggak Hitam Putih
lagi ada banyak orang single di luar
sana yang bisa menikmati kesendirian
Bahkan mereka yang mungkin ternyata
butuh sendiri karena Wow udah lama
banget di Toxic relationship dan lain
sebagainya jadi basically kontekstual
sih ternyata kebagian orang orang itu
ditentukan oleh dua hal dua hal itu apa
pertama adalah penerimaan diri gitu Jadi
lu bisa menerima diri lu sendiri apa
adanya dan juga harga diri alias
selfesem gitu jadi selama lu PD selama
lu bisa menerima diri lu selama lu
enggak galau nih ya bahwa lu jomblo lu
galau itu seharusnya aman lu bisa tetap
happy sih gu kalau lu bisa
mempertahankan kondisi itu sampai lu tua
nanti sampai lu meninggal nanti so
intinya kebahagiaan tuh relatif buat
semua
orang
tapi lagi-lagi gua punya tips sih buat
lu yang memang anggapannya lu adalah
Jomblo Ngenes gitu jomblo yang beneran
jomblo dari lahir beneran yang kayak
ngarep Aduh gua pengen nikah dan lain
sebagainya Nah gua punya tips buat lu
sekarang ya upgrade diri Cuy Gua punya
teman yang jomblo terus itu menurut gua
simpel Alasannya karena dia gak mau dan
malas upgrade diri gitu ke mana-mana
malas terus e disuruh nyoba hal baru ah
engak mau gitu mendingan gua main game
aja ee disuruh nyoba apa susah gitu Ya
mendingan di kamar aja gitu kan Nah itu
menurut gua adalah hal yang menghambat
sih orang-orang untuk ya punya pasangan
gitu gimana mau punya pasangan kalau lu
diajak ngobrol tentang Barbie openheimer
aja lu hahaho gitu kan susah gitu loh
jadi Ya udah fokus aja kembangin diri
hidup tuh ya memang kompetitif sih ya
hidup tuh bisa dibilang kompetisi tapi
di lain sisi juga e sebenarnya ini bukan
kompetisi ini Justru lebih ke Gimana
caranya lu an rasa malas lu bisa melawan
ya diri lu sendiri yang selalu ada di
zona nyaman itu manfaatinlah waktu luang
lu ya traveling lah ke tempat yang lu
pengen kunjungi foto-foto coba ikut
volunteer meskipun lu gak kenal sama
siapapun coba ikut intern di tempat yang
lu gak nyaman coba Wah ambil kelas
online ambil webinar coba ikut coaching
gitu ya itu kayak literally banyak
banget hal yang bisa lu lakuin biar lu
bisa berkembang intinya pakah waktu
luang Lu buat self development jangan
cuma diam di kamar jangan ngobrolin tuh
hal yang orang-orang tuh kagak ngarti
gitu loh tips yang kedua saran gua sih
lu mendingan tetap cari-cari guys tetap
cari-cari pasangan Tapi santai aja
maksudnya gimana Lu kalau enggak punya
tinder lu tetap pakai tinder lu daftar
dan pakai Kenapa karena siapa tahu ada
yang nge-swipe El Coba luangin dah waktu
setengah jam sehari biar lu bisa belajar
gitu kira-kira profile apa yang cocok
kira-kira bio Lu harus di-improve di
mananya nya kira-kira foto lu kayak
gimana sekali-kalah santai-santai aja
kalau ada orang ngjak nge-date gitu ya
misalnya lu pengin nonton lu ajak cewek
atau cowok k gitu ya karena dengan lu
terbiasa nih dengan perempuan dengan
laki-laki e dengan lu terbiasa Ngobrol
lu jadi lebih santui dan dengan Lu lebih
santui lu bakal kelihatan jauh lebih pde
itu bedalah dengan orang yang
dikit-dikit ngarep dikit-dikit kayak
em ngasih segalanya gitu kan dikit-dikit
ngasih hadiah dan lain sebagainya Wah
itu mah terlalu nidi guys Gua tuh
kemarin ngobrol juga sih sama teman gua
gitu ya Ee Kita tuh sempat ngobrolin
saat bikin scrip ini sebenarnya lebih
baik punya pasangan tapi Toxic atau
lebih baik jomblo tapi Happy dan
jawabannya adalah lebih baik jomblo tapi
happy Gitu ya Jadi ya syukuri aja sih
kalau memang lu jomblo terus lu baru
keluar dari Toxic relationship atau lu
kayak Ternyata enggak jadi gitu pacaran
sama orang yang suka selingkuh atau
enggak sopan atau apalah gitu itu
kayaknya patut lu syukuri juga sih
keadaan lu sekarang dan yang terakhir
ini penting banget karena setiap manusia
butuh koneksi Jangan lupa untuk tetap
punya teman Please jangan nolab banget
lah minimal teman online dah gitu Ya
intinya sih menurut gua e penting banget
untuk gabung komunitas di video ini
sponsornya adalah siapa ini ada
komunitas 1% gitu ya Jadi saran gua sih
buat lu yang nolab salah satu cara
paling gampang untuk ya dapetin pacar
dapetin teman dapetin segala hal
termasuk passion sih itu adalah dengan
ikut komunitas
dan Kalau lu suka dengan video-video 1%
saran gua lu ikut komunitas 1% gitu
makanya kayak lu Isi form ini ya yang
ada di link di sini E atau di deskripsi
lu tinggal klik lu langsung join tuh nah
ini kita e Lagi coba ngetes ada enggak
nih yang tertarik untuk join komunitas
1% jawabannya pasti ada sih ya karena
masih jalan sampai sekarang dan kalau bo
jujur komunitas 1% ini selama ini masih
jalan itu enggak delete sama 1% gitu ya
jadi ini adalah pure keinginan dari para
anak-anaknya ya dan Kalau boleh jujur
setelah 3 tahun dari tahun 2020 komentar
1% ini jalan terus Akhirnya gua sempat
mikir Anjir ini udah ribuan followers
udah ratusan member udah berbatch-batch
bahkan sampai batch gua gak tahu tapi
yang jelas e ini udah batch-nya udah
banyak banget Dan akhirnya kita
memutuskan untuk Oke 1% bakal nerusin
komunitas 1% diurus oleh e tim 1% dan
ini sejak e pas gua nge-record video Ini
kita lagi ngurusin pembentukan Yayasan
untuk komunitas 1% jadi buat lu yang
nolab yang jomblo yang ambis yang
apapunlah pokoknya yang ada keinginan
untuk berkarya lebih lanjut silakan ke
komental 1% isi formulirnya sekarang
lewat interaksi sosial kayak gini tu lu
bisa dapat banyak dukungan ya kita juga
sempat nge-post ya tentang hiki komori
Jangan hiki komori coba cari kegiatan
salah satunya adalah dengan ikut
komunitas 1% gratis bahkan kita lagi
nyari-nyari sponsor sekarang itu ee dan
kita juga udah nyiapin budget buat
teman-teman dari komunas 1% udah pasti
lu kalau ke sini lu dapat free products
Semoga kita cepat-cepat dapat sponsor
atau brand yang mau Deal sama kita nih
untuk bikin komuntitas 1% biar
teman-teman nanti siapa tahu kan masuk
dapat produk yang bermanfaat buat kuliah
buat berkarya so gitu ya penjelasan gua
di video ini Ya intinya lu bisa aja
tetap single dan bahagia tapi jangan
nolab bangetlah jadi tetaplah single
tetaplah bahagia kalau misalnya memang
lu e nyaman dengan itu tapi jangan lupa
juga tetap cari-cari Kesempatan Dalam
kesempitan gitu Ya siapa tahu jodoh lu
ternyata ada di depan mata lu tapi
ternyata lu tidak pernah melihat dia
gitu ya John Sena
dong ya Oke ya gua fan 100% well thanks