Jangan Investasi Sebelum Lo Tonton Video Ini!
QCKv4Mv3JrM • 2023-06-16
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id dari dulu sampai sekarang gua menemukan banyak banget orang yang mikir kayak itu cuman masalah lu punya uang banyak atau nggak lu punya mobil lu punya rumah dan lain sebagainya pokoknya kalau lu punya yang mewah lo punya duit banyak artinya lu kaya nah tapi gue cuman mau ngingetin aja uang banyak aja tuh nggak cukup untuk lo jadi kaya lu butuh yang namanya mindset Lu bisa kayak ya Yang penting apa betul genset lagi-lagi Apa betul mindset Lu butuh yang namanya mindset cuy dan di video kali ini gua bakal ngebahas tentang mindset sesat terkait dengan investasi yang bakal bikin lu rugi dan Gimana cara supaya lo bisa menghindarinya jadi gini bayangin lu punya duit 200 juta dengan duit sebesar itu banyak opsi spending yang bisa lu pilih misalnya beli barang mewah beli mobil investasi yang kita bisa lihat lah beberapa tahun lalu ya kalau petani itu ban yang tanahnya dibeli oleh Kalau nggak salah Pertamina beberapa tahun lalu ketika dapet rejeki nomplok mereka memilih untuk beli apa beli mobil beli rumah ya renov dan lain sebagainya nah masalahnya adalah ternyata dengan mindset seperti itu lu punya duit miliaran salah juga ya kan kita bisa lihat sekarang-sekarang banyak yang akhirnya menyesal jadi nggak punya apa-apa dan kalau kita lihat kasus lain banyak juga atlet-atlet yang bangkrut karena salah ngebeliin duit untuk sesuatu yang ternyata konsumtif ternyata tidak produktif tidak berguna dari sini kita bisa tahu memutuskan untuk memilih investasi ketika lo punya duit banyak itu adalah salah satu pilihan terbaik saya titip pesan aja ini bonus ini dimanfaatkan sebaik-baiknya utamanya untuk investasi jangka panjang jangan diberikan barang-barang mewah nah tapi ternyata memilih investasi aja nggak cukup punya duit aja nggak cukup karena kalau investasinya salah ya lupa Cup juga lo mungkin sempat denger lah ya drama orang ini yang sampai viral dimana-mana nih combo banget sih ya pertama pihak cowoknya harus ngutang 150 juta buat beli mobil yang notabene konsumtif dan kedua gosipnya ini tuh terjadi karena si perempuan menghabiskan 200 juta untuk dalam tanda kutip main saham dan rugi ya Dia mungkin beli saham gua Ucapakan lah ibaratnya lalu akhirnya emaknya si lakinya ini ngomen di postingan IG makanya gua sampai tahu nih ya Nah fenomena Ini akhirnya bikin gua penasaran kalau ya memang mindset itu penting banget Terus mindset yang kayak gimana sih yang penting gitu karena uang kan Enggak penting ya lu bisa lihat lah banyak orang yang dapat lotre tapi ternyata jelek gitu kan dan kalau memang Investasi adalah pilihan terbaik Kenapa justru ada banyak orang yang rugi nah ini Jadi bikin gua bertanya-tanya ya seperti Teguh investor gitu ya kan Apakah investa saham itu bukan untuk semua orang dan apakah saham itu adalah investasi untuk orang bodoh jawabannya enggak sih tapi ya kita bahas itu sekarang ya so Selamat datang di segmen cycloge Finance kita bakal ngebahas ya mindset yang mana yang benar karena tadi kita udah ngebahas yang salah supaya lu punya mindset yang tepat lu punya Decision Making yang tepat lu punya problem solving yang tepat untuk mengambil keputusan finansial jangan sampai lu seperti kebanyakan petani Tuban atau orang kaya yang salah nepatin aset investasi ada beberapa penyebab yang menurut riset yang gua temukan ya bikin orang gagal dan rugi ketika invest pertama orangnya terlalu Naif banyak orang mikir kalau investasi itu pasti bakal Cuan kagak cuy resiko tuh selalu ada yang namanya investasi lowrise sampai hairis pasti ada resiko yang namanya investasi nggak ada investasi yang zeroris Terutama ketika lo investi instrumen yang hairst jangan sampai lunak apalagi hiris high return-nya itu adalah dijanjikan return 1000% Wah ini mah ponzi robot trading dan lain sebagainya ketika ego ini justru terlalu di depan Bukannya rasionalitas dalam berinvestasi biasanya ada tiga hal utama yang saya lihat dari kondisi Klien saya pertama mereka biasanya terlalu over confidence Kebanyakan orang-orang yang egonya di depan itu mereka over confidence karena sebetulnya dan Sebenarnya dia tidak memahami apa yang produk yang dia beli yang kedua dia cenderung impulsif dalam mengambil keputusan dia sering melakukan aksi jual beli dalam berinvestasinya dalam setiap harinya Padahal kalau kita melihat dari satu atau dua tahun terakhir produk investasinya itu secara portfolio tidak bertumbuh yang ketiga biasanya orang-orang yang mengedepankan egonya mereka tidak melakukan investasi sebetulnya tapi mereka justru melakukan spekulasi atau Mereka cenderung seperti berjudi dalam berinvestasi ketika kita melakukan spekulasi dalam berinvestasi Biasanya kita akan mengalami kerugian yang besar bahkan kehilangan seluruh modal investasi yang kita miliki nah di sisi lain jangan terlalu Naif bahwa investasi bakal untung lu juga jangan terlalu Naif bahwa investasi itu enggak bakal untung jangan juga mikir kayak gitu Ya banyak kalau orang yang sangat konservatif terlalu konservatif takut mengambil resiko enggak mau beli aset saham enggak mau beli apa Padahal duit mah ada Masih muda juga gitu ya kalau misalnya rugi juga enggak apa-apa sebenarnya uang dingin ada tapi investasinya ya di yang lowrise banget gitu ya kalah sama inflasi gitu gua enggak menyalahkan orang yang memang profile resikonya rendah karena memang beda-beda buat Tiap orang tapi sayang aja enggak sih kalau lu masih muda umur 20-an 30-an terus inve di instrumen lawry semua gue sempet bahas lah di beberapa video sebelumnya juga ada dua tipe orang kan gitu pertama yang naif pengen untung cepet instan ada juga yang terlalu konservatif itu mikirnya investasi kalau hairis ya bakal rugi nah orang di kedua ekstrim ini biasanya ya takut takut untuk menghadapi perubahan takut beli aset baru atau terlalu fomo ibaratnya Ya Dengar saham dianggap judi crypto dianggap enggak jelas padahal ngambil resiko juga perlu ya apalagi kalau lu udah punya tesis yang kuat ada dua hal utama pertama mungkin kita akan mengalami kerugian yang Justru lebih besar Karena kita harus mempertahankan aset investasi yang sudah merugi tapi teman-teman harus pahami Kenapa kamu merugi ya karena bisa jadi sebuah produk investasi itu hanya fluktuk fluktuatif saja dan ini mungkin hanya kondisi sesaat bukan kondisi yang memang secara keseluruhan jadi ini bukan kondisi yang memang akhir gitu Ya mungkin kayak kita ngobrolin mengenai produk investasi saham misalnya adanya fluktuasi itu harus dikonfirmasi dengan laporan ruangan Apakah memang dari sisi perusahaannya yang merugi atau ini hanyalah efek sentimen-sentimen dalam negeri ataupun Global yang mungkin berdampak saja Nah itu kamu harus pahami kalau memang ternyata memang ini sudah merugi kamu pahami bahwasanya ini adalah kesalahan analisa investasi kamu dan kamu tidak mau lepas justru sebenarnya kerugian ini akan lebih besar yang kedua kamu justru kehilangan peluang investasi yang lebih baik karena teman dari investasi adalah waktu kalau misalnya waktu ini terus berjalan aset investasi kamu tidak berkembang sebenarnya kita sudah kehilangan peluang di sini terakhir nih ya tipe orang yang berpotensi bakal rugi waktu Investasi adalah orang yang tidak bisa mengendalikan emosinya emosi apapun yang kuat seringkali membuat kita lupa sama prinsip atau nilai rasional akhirnya kita ngambil keputusan yang merugikan diri sendiri gitu sebenarnya Ini nyambung nih ketiga ini terlalu Naif mikir kasih Cuan banget terlalu Naif mikir investasi itu semuanya jelek bahkan dibilang judi mungkin padahal bukan ya saham bukan judi guys terus yang ketiga mikir tapi tidak pakai otak gitu Pakai emosi terlalu terbawa emosi fomo dan lain sebagainya tidak rasional jadi tidak bisa mengendalikan diri nah ketiga itu kalau udah tiga-tiganya lu mengalami combo itu dapat duit tahun 2 tahun abis makanya kita jarang melihat mungkin tidak pernah melihat orang yang kaya dari undian dari lotre itu jarang kita melihat seperti itu ya Nah terus gimana nih cara untuk investasi yang smart ada beberapa tips yang mungkin teman-teman harus terapkan yang pertama adalah teman-teman harus menentukan dulu tujuan investasinya karena dari tujuan investasi yang benar teman-teman baru bisa memilih sebenarnya produk investasi yang kalian bisa beli itu seperti apa jadi resikonya itu terukur dari jangka waktu yang mau kita capai Nah jadi pertama Tentukan tujuan investasinya kedua pastikan jangka waktunya sudah benar hitung-hitungan yang benar baru produk investasinya ketika kita mau memilih produk investasi pun nanti akan kalian harus melakukan perencanaan diversifikasi produk investasi sendiri jadi resiko itu tidak terlalu besar terutama untuk teman-teman yang masih pemula nah bagaimana produk investasi ini resikonya semakin kecil ketika kita sudah tahu oke produknya ABC gitu ya Sekarang saya mau lebih kecil lagi resikonya kan sudah di diversifikasi nah jawabannya adalah di pendidikan dan pengetahuan kamu terhadap produk investasi tersebut tersebut karena banyak orang cuman pingin tahu apa yang harusnya mereka beli tapi kebanyakan orang itu tidak mau mengetahui produk apa yang mereka sudah miliki Jadi kalau teman-teman tidak mau mendapatkan kerugian yang signifikan cobalah pahami produk yang kamu beli Jika ada masalah ada kebingungan Silahkan konsultasikan dengan Orang yang ahli dalam bidangnya jangan sampai kamu salah untuk berdiskusi yang justru membuat kamu lebih hancur secara portfolio investasinya well kalau based on kurikulum Life skills sebelum investasi lo tuh harus make sure dulu lo aman di level 1 dan 2 simpelnya gini level 1 tuh cash flow Ya cashflow sudah sehat pengeluaran lu tidak lebih dari pemasukan saving rasio lu saving rate lo tinggi banget Terus utang lu juga pastiin enggak sebanyak itu ya karena kalau hutang Lo kebanyakan lu susah lah mau investasi gimana bayar hutang aja nggak bisa ya kan Apalagi investasi maka yang ngutang Wah boleh sih ya asal rasio utangnya wajar Nah itu level 1 level 2 make sure lu udah punya dana darurat juga ya untuk proteksi yang lain ya mungkin BPJS lah minimal ya kalau punya asuransi dan lain sebagainya lebih bagus gitu jadi ibaratnya level 1 level 2 ini masih kan bahwa investasi lo tuh uang dingin lu investasi dengan kondisi lo punya dana darurat dengan kondisi kalau misalnya uangnya tiba-tiba hilang ya lu aman gitu lu kagak sampai stress Jadi jangan sampai tuh investasi kagak punya dana darurat kagak bisa buat kebutuhan sehari-hari beresiko banget tiba-tiba lu sakit mau diambil Wah udah Carlos tuh ya kan males banget kalau kayak gitu tapi gue saat itu memang percaya kalau misalnya gua punya uang sedikit Kayaknya gua harus bisa nih invest supaya duitnya itu berlipat ganda tapi problemnya sebenarnya saat itu adalah gue tuh belum tahu ya Soal apa sih yang memang harus dipertimbangkan sebelum memulai investasi bahkan sebenarnya tuh gue belum mengerti itu soal pentingnya dana darurat apa sih dampak yang gue rasakan gitu ketika gue invest tanpa dana darurat ya panik gitu karena yang harusnya uang tersebut memang ada di tabungan gua untuk dana darurat malah ada di stock market malah ada di instrumen saham tersebut saat uang yang ada di sahamnya itu lagi jelek gitu ibaratnya lagi rugi Ya kasarnya ya gua panik dong gue nggak ada darurat dan gue nggak bisa tarik serta merta uang gue yang ada di portofolio tersebut dan kebetulan saat itu uangnya juga lumayan banyak menurut gua setelah level 1 dan 2 aman gas aja buat investasi jangan takut buat ngambil resiko apalagi masih muda apalagi tidak ada tanggungan kenapa gua selalu bilang kalau masih muda lu ambil resiko karena kalau lu masih muda lu punya human capital Yang kuat bro Simon Capital yang kuat artinya kalau uangnya hilang lu tetap bisa kerja beda dengan orang yang udah tua orang udah tua mungkin yah investasinya Mungkin nanti ketika pensiun Ya udahlah mungkin yang lowry saja gitu ya biar duitnya kagak hilang sebenarnya biar Duitnya bisa dinikmati sampai lu mungkin meninggal ya jadi it's oke malah untuk ya all in gitu misalnya di suatu aset yang lu punya tesis yang kuat it's oke gitu ya selama lu punya dana darurat dan juga kayak selalu aman dan ketika lo ngerasa udah siap buangin jangan lupa juga make sure lu kagak salah milih tempat investasi ya kita udah denger lah ya beberapa berita di luar tentang silakan value Bang ada juga sebelumnya tentang ftx ftx ya Yang sebelumnya itu lumayan red Flag bisa dibilang tapi orang pada invest di sana Wah akhirnya duitnya kagak bisa diambil resikonya ternyata tinggi juga ya Ketika kita memilih investasi yang tempatnya tidak tepat so make sure buat pilih tempat investasi yang aman Nah untuk ngelihat aman lu bisa ngelihat ada lisensinya enggak ada sertifikatnya enggak dan lain sebagainya misalnya kayak nanoface Nano face sudah dapat lisensi dari bab 5 sudah dapat sertifikasi iso dan khn dan juga udah ada perlindungan asuransi resiko cyber Crime dari Sinarmas ketika Lu ngelihat yang kayak gini Kayak misalnya dijamin dan lain sebagainya lu mungkin bisa lebih percaya dengan platform investasi yang sudah tersertifikasi dan Enggak cuma aman kalau menurut gua nanovation ini cocok banget juga buat lu yang pengen strategi investasi dengan diversifikasi juga gitu jadi diversifikasi tuh banyak orang Mikir Ya diversifikasi itu oh ada yang lowries medium risk bener gitu ya tapi selain itu juga lu mesti menyebar aset lu juga bukan hanya di negara Indonesia juga jadi nanoface ini cocok banget karena ini memungkinkan lo buat invest saham di us steking crypto juga gitu nah ini cocok banget sebenarnya begitu Jadi memungkinkan Lu buat diversifikasi ya diversifikasi bukan hanya tipe asset di negara yang sama di negara yang beda juga bisa dan crypto juga ya yang notabene memang resikonya ya memang lebih tinggi dibandingkan investasi lain tapi lagi-lagi kalau lu bisa menahan volatilitas lu tesisnya kuat gas aja menurut gua sih setiap apalagi lu udah punya darah adalah aset aja saham us tuh bahkan bisa dibilang tuh bisa mempersiapkan kita untuk menghadapi ya berbagai macam krisis lah yang terjadi gitu ya karena sampai sekarang ya Dollar US adalah salah satu mata uang terkuat tes di dunia dan bursa sahamnya juga punya potensi rebound yang Oke gitu Jadi bisa dibilang ini pasar saham yang sudah cukup matang bahkan dibandingkan fase saham Indonesia cuma dengan satu aplikasi aja lu bisa sukses di company gede gitu kayak Google netflix spotify Microsoft Nvidia yang kemarin baru aja satu triliun guys dan berbagai macam company lainnya bahkan kalau nanti Open Ai Ipo yang mungkin enggak ya gua bakalan face Open Ai di Nano face itu karena sekarang kan lagi masanya Ai ya kejayaannya ya ini mungkin nanti kedepannya biasanya Waptrick ya kalau misalnya lu Bingung mau beli aset apa tenang aja nanoface juga punya fitur weekly Inside yang ngasih berita dan analisis Jadi lu bisa lebih punya banyak referensi dan lebih gokilnya lagi modal lu Cuma goceng doang ya Jadi buat yang belum punya uang dingin penasaran gua memang ya jangan banyak-banyak mungkin ya Belajar aja dulu gitu ya Ya mungkin kalau gua sih ya satu sampai lima jutaan oke lah ya Meskipun ini relatif sih buat gua sih segitu lah dana buat belajar ya pokoknya di bawah dana darurat udah buat lo yang mau nyoba kecil-kecilan bisa well Lo mesti aware Ya sebenernya sama hambatan-hambatan psikologis itu dan juga mindset lu yang mungkin kayak punya duit lo beli mobil gitu Padahal Wah beli mobil tuh sekali lu beli ruginya kan langsung 20% ketika lo beli 10-20%. Jadi lu beli motor tuh langsung rugi cuy enggak naik gitu kan kecuali motor atau mobil tertentu lah jadi please mindset mindset seperti itu bahwa kayak itu punya mobil punya rumah punya barang mewah itu sekarang sudah tidak zaman sebenarnya itu dulu Lihat Mark Zuckerberg Lu lihat ilon Mask dan lain sebagainya tidak ada tuh yang pakai misalnya baju gitu ya Ada brand-nya gede gitu jarang lah sekarang tuh trennya adalah quiet Rich yang kebanyakan orang kayak yang gua kenal juga seringkali Low Profile sih ya hindari lah ya memberi barang konsumtif of course kalau lu mau beli enggak masalah gitu ya selama lu mampu selama itu tidak mengganggu keuangan lu selama level 1 dan level 2 lu aman ingat livekurikulum ya dan ya Sikat aja sih semoga lu bisa nanti mendapat ya Tujuan finansial lu ke depannya Semoga dengan aware sama mindset mindset kayak ini gitu ya Yang bisa merugikan gue harap kita semua bisa jadi lebih bijak dan jangan lupa ya Meskipun gua tadi bilang ya mindset itu penting tapi ingat juga punya duit juga penting cuy gitu yang kemampuan teknis penting financial literasi juga penting jadi bukan cuma mindset ya mindset itu mungkin awalnya lah atau ya pelengkap lah gitu ya tapi sisanya juga penting Jadi silakan coba belajar buat yang tertarik buat belajar investasi terutama lu pengen diversifikasi nih lu pengen saham us crypto lu download aplikasi nanoface di Google Play atau Appstore dan ada kode referal cuy ini buat lo yang nonton sampai habis buat dapetin bonus 40.000 gratis oke Akhir kata gua Advance 1% well thanks [Musik]
Resume
Categories