Transcript
QCKv4Mv3JrM • Jangan Investasi Sebelum Lo Tonton Video Ini!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0669_QCKv4Mv3JrM.txt
Kind: captions
Language: id
dari dulu sampai sekarang gua menemukan
banyak banget orang yang mikir kayak itu
cuman masalah lu punya uang banyak atau
nggak lu punya mobil lu punya rumah dan
lain sebagainya pokoknya kalau lu punya
yang mewah lo punya duit banyak artinya
lu kaya nah tapi gue cuman mau ngingetin
aja uang banyak aja tuh nggak cukup
untuk lo jadi kaya lu butuh yang namanya
mindset Lu bisa kayak ya Yang penting
apa betul genset
lagi-lagi Apa betul mindset Lu butuh
yang namanya mindset cuy dan di video
kali ini gua bakal ngebahas tentang
mindset sesat terkait dengan investasi
yang bakal bikin lu rugi dan Gimana cara
supaya lo bisa menghindarinya
jadi gini bayangin lu punya duit 200
juta dengan duit sebesar itu banyak opsi
spending yang bisa lu pilih misalnya
beli barang mewah beli mobil investasi
yang kita bisa lihat lah beberapa tahun
lalu ya kalau petani itu ban yang
tanahnya dibeli oleh Kalau nggak salah
Pertamina beberapa tahun lalu ketika
dapet rejeki nomplok mereka memilih
untuk beli apa beli mobil beli rumah ya
renov dan lain sebagainya nah masalahnya
adalah ternyata dengan mindset seperti
itu lu punya duit miliaran salah juga ya
kan kita bisa lihat sekarang-sekarang
banyak yang akhirnya menyesal jadi nggak
punya apa-apa dan kalau kita lihat kasus
lain banyak juga atlet-atlet yang
bangkrut karena salah ngebeliin duit
untuk sesuatu yang ternyata konsumtif
ternyata tidak produktif tidak berguna
dari sini kita bisa tahu memutuskan
untuk memilih investasi ketika lo punya
duit banyak itu adalah salah satu
pilihan terbaik saya titip pesan aja ini
bonus ini dimanfaatkan
sebaik-baiknya utamanya untuk investasi
jangka panjang
jangan diberikan barang-barang mewah nah
tapi ternyata memilih investasi aja
nggak cukup punya duit aja nggak cukup
karena kalau investasinya salah ya lupa
Cup juga lo mungkin sempat denger lah ya
drama orang ini yang sampai viral
dimana-mana nih combo banget sih ya
pertama pihak cowoknya harus ngutang 150
juta buat beli mobil yang notabene
konsumtif dan kedua gosipnya ini tuh
terjadi karena si perempuan menghabiskan
200 juta untuk dalam tanda kutip main
saham dan rugi ya Dia mungkin beli saham
gua Ucapakan lah ibaratnya lalu akhirnya
emaknya si lakinya ini ngomen di
postingan IG makanya gua sampai tahu nih
ya Nah fenomena Ini akhirnya bikin gua
penasaran kalau ya memang mindset itu
penting banget Terus mindset yang kayak
gimana sih yang penting gitu karena uang
kan Enggak penting ya lu bisa lihat lah
banyak orang yang dapat lotre tapi
ternyata jelek gitu kan dan kalau memang
Investasi adalah pilihan terbaik Kenapa
justru ada banyak orang yang rugi nah
ini Jadi bikin gua bertanya-tanya ya
seperti Teguh investor gitu ya kan
Apakah investa saham itu bukan untuk
semua orang dan apakah saham itu adalah
investasi untuk orang bodoh
jawabannya enggak sih tapi ya kita bahas
itu sekarang ya so Selamat datang di
segmen cycloge Finance kita bakal
ngebahas ya mindset yang mana yang benar
karena tadi kita udah ngebahas yang
salah supaya lu punya mindset yang tepat
lu punya Decision Making yang tepat lu
punya problem solving yang tepat untuk
mengambil keputusan finansial jangan
sampai lu seperti kebanyakan petani
Tuban atau orang kaya yang salah nepatin
aset investasi
ada beberapa penyebab yang menurut riset
yang gua temukan ya bikin orang gagal
dan rugi ketika invest pertama orangnya
terlalu Naif banyak orang mikir kalau
investasi itu pasti bakal Cuan kagak cuy
resiko tuh selalu ada yang namanya
investasi lowrise sampai hairis pasti
ada resiko yang namanya investasi nggak
ada investasi yang zeroris Terutama
ketika lo investi instrumen yang hairst
jangan sampai lunak apalagi hiris high
return-nya itu adalah dijanjikan return
1000% Wah ini mah ponzi robot trading
dan lain sebagainya ketika ego ini
justru terlalu di depan Bukannya
rasionalitas dalam berinvestasi biasanya
ada tiga hal utama yang saya lihat dari
kondisi Klien saya pertama mereka
biasanya terlalu over confidence
Kebanyakan orang-orang yang egonya di
depan itu mereka over confidence karena
sebetulnya dan Sebenarnya dia tidak
memahami apa yang produk yang dia beli
yang kedua dia cenderung impulsif dalam
mengambil keputusan dia sering melakukan
aksi jual beli dalam berinvestasinya
dalam setiap harinya Padahal kalau kita
melihat dari
satu atau dua tahun terakhir produk
investasinya itu secara portfolio tidak
bertumbuh yang ketiga biasanya
orang-orang yang mengedepankan egonya
mereka tidak melakukan investasi
sebetulnya tapi mereka justru melakukan
spekulasi atau Mereka cenderung seperti
berjudi dalam berinvestasi ketika kita
melakukan spekulasi dalam berinvestasi
Biasanya kita akan mengalami kerugian
yang besar bahkan kehilangan seluruh
modal investasi yang kita miliki nah di
sisi lain jangan terlalu Naif bahwa
investasi bakal untung lu juga jangan
terlalu Naif bahwa investasi itu enggak
bakal untung jangan juga mikir kayak
gitu Ya banyak kalau orang yang sangat
konservatif terlalu konservatif takut
mengambil resiko enggak mau beli aset
saham enggak mau beli apa Padahal duit
mah ada Masih muda juga gitu ya kalau
misalnya rugi juga enggak apa-apa
sebenarnya uang dingin ada tapi
investasinya ya di yang lowrise banget
gitu ya kalah sama inflasi gitu gua
enggak menyalahkan orang yang memang
profile resikonya rendah karena memang
beda-beda buat Tiap orang tapi sayang
aja enggak sih kalau lu masih muda umur
20-an 30-an terus inve di instrumen
lawry semua gue sempet bahas lah di
beberapa video sebelumnya juga ada dua
tipe orang kan gitu pertama yang naif
pengen untung cepet instan ada juga yang
terlalu konservatif itu mikirnya
investasi kalau hairis ya bakal rugi nah
orang di kedua ekstrim ini biasanya ya
takut takut untuk menghadapi perubahan
takut beli aset baru atau terlalu fomo
ibaratnya Ya Dengar saham dianggap judi
crypto dianggap enggak jelas padahal
ngambil resiko juga perlu ya apalagi
kalau lu udah punya tesis yang kuat ada
dua hal utama pertama mungkin kita akan
mengalami kerugian yang Justru lebih
besar Karena kita harus mempertahankan
aset investasi yang sudah merugi tapi
teman-teman harus pahami Kenapa kamu
merugi ya karena bisa jadi sebuah produk
investasi itu hanya fluktuk fluktuatif
saja dan ini mungkin hanya kondisi
sesaat bukan kondisi yang memang secara
keseluruhan jadi ini bukan kondisi yang
memang akhir gitu Ya mungkin kayak kita
ngobrolin mengenai produk investasi
saham misalnya
adanya fluktuasi itu harus dikonfirmasi
dengan laporan ruangan Apakah memang
dari sisi perusahaannya yang merugi atau
ini hanyalah efek sentimen-sentimen
dalam negeri ataupun Global yang mungkin
berdampak saja Nah itu kamu harus pahami
kalau memang ternyata memang ini sudah
merugi kamu pahami bahwasanya ini adalah
kesalahan analisa investasi kamu dan
kamu tidak mau lepas justru sebenarnya
kerugian ini akan lebih besar yang kedua
kamu justru kehilangan peluang investasi
yang lebih baik karena teman dari
investasi adalah waktu kalau misalnya
waktu ini terus berjalan aset investasi
kamu tidak berkembang sebenarnya kita
sudah kehilangan peluang di sini
terakhir nih ya tipe orang yang
berpotensi bakal rugi waktu Investasi
adalah orang yang tidak bisa
mengendalikan emosinya emosi apapun yang
kuat seringkali membuat kita lupa sama
prinsip atau nilai rasional akhirnya
kita ngambil keputusan yang merugikan
diri sendiri gitu sebenarnya Ini
nyambung nih ketiga ini terlalu Naif
mikir kasih Cuan banget terlalu Naif
mikir investasi itu semuanya jelek
bahkan dibilang judi mungkin
padahal bukan ya saham bukan judi guys
terus yang ketiga mikir tapi tidak pakai
otak gitu Pakai emosi terlalu terbawa
emosi fomo dan lain sebagainya tidak
rasional jadi tidak bisa mengendalikan
diri nah ketiga itu kalau udah
tiga-tiganya lu mengalami combo itu
dapat duit tahun 2 tahun abis makanya
kita jarang melihat mungkin tidak pernah
melihat orang yang kaya dari undian dari
lotre itu jarang kita melihat seperti
itu ya
Nah terus gimana nih cara untuk
investasi yang smart ada beberapa tips
yang mungkin teman-teman harus terapkan
yang pertama adalah teman-teman harus
menentukan dulu tujuan investasinya
karena dari tujuan investasi yang benar
teman-teman baru bisa memilih sebenarnya
produk investasi yang kalian bisa beli
itu seperti apa jadi resikonya itu
terukur dari jangka waktu yang mau kita
capai Nah jadi pertama Tentukan tujuan
investasinya kedua pastikan jangka
waktunya sudah benar hitung-hitungan
yang benar baru produk investasinya
ketika kita mau memilih produk investasi
pun nanti akan kalian harus melakukan
perencanaan diversifikasi produk
investasi sendiri jadi resiko itu tidak
terlalu besar terutama untuk teman-teman
yang masih pemula nah bagaimana produk
investasi ini resikonya semakin kecil
ketika kita sudah tahu oke produknya ABC
gitu ya Sekarang saya mau lebih kecil
lagi resikonya kan sudah di
diversifikasi nah jawabannya adalah di
pendidikan dan pengetahuan kamu terhadap
produk investasi tersebut tersebut
karena banyak orang cuman pingin tahu
apa yang harusnya mereka beli tapi
kebanyakan orang itu tidak mau
mengetahui produk apa yang mereka sudah
miliki Jadi kalau teman-teman tidak mau
mendapatkan kerugian yang signifikan
cobalah pahami produk yang kamu beli
Jika ada masalah ada kebingungan
Silahkan konsultasikan dengan Orang yang
ahli dalam bidangnya jangan sampai kamu
salah untuk berdiskusi yang justru
membuat kamu lebih hancur secara
portfolio investasinya well kalau based
on kurikulum Life skills sebelum
investasi lo tuh harus make sure dulu lo
aman di level 1 dan 2 simpelnya gini
level 1 tuh cash flow Ya cashflow sudah
sehat pengeluaran lu tidak lebih dari
pemasukan saving rasio lu saving rate lo
tinggi banget Terus utang lu juga
pastiin enggak sebanyak itu ya karena
kalau hutang Lo kebanyakan lu susah lah
mau investasi gimana bayar hutang aja
nggak bisa ya kan Apalagi investasi maka
yang ngutang Wah boleh sih ya asal rasio
utangnya wajar Nah itu level 1 level 2
make sure lu udah punya dana darurat
juga ya untuk proteksi yang lain ya
mungkin BPJS lah minimal ya kalau punya
asuransi dan lain sebagainya lebih bagus
gitu jadi ibaratnya level 1 level 2 ini
masih kan bahwa investasi lo tuh uang
dingin lu investasi dengan kondisi lo
punya dana darurat dengan kondisi kalau
misalnya uangnya tiba-tiba hilang ya lu
aman gitu lu kagak sampai stress Jadi
jangan sampai tuh investasi kagak punya
dana darurat kagak bisa buat kebutuhan
sehari-hari beresiko banget tiba-tiba lu
sakit mau diambil Wah udah Carlos tuh ya
kan males banget kalau kayak gitu tapi
gue saat itu memang percaya kalau
misalnya gua punya uang sedikit Kayaknya
gua harus bisa nih invest supaya duitnya
itu berlipat ganda tapi problemnya
sebenarnya saat itu adalah gue tuh belum
tahu ya Soal apa sih yang memang harus
dipertimbangkan sebelum memulai
investasi bahkan sebenarnya tuh gue
belum mengerti itu soal pentingnya dana
darurat apa sih dampak yang gue rasakan
gitu ketika gue invest tanpa dana
darurat ya panik gitu karena yang
harusnya uang tersebut memang ada di
tabungan gua untuk dana darurat malah
ada di stock market malah ada di
instrumen saham tersebut saat uang yang
ada di sahamnya itu lagi jelek gitu
ibaratnya lagi rugi Ya kasarnya ya gua
panik dong gue nggak ada darurat dan gue
nggak bisa tarik serta merta uang gue
yang ada di portofolio tersebut dan
kebetulan saat itu uangnya juga lumayan
banyak menurut gua setelah level 1 dan 2
aman gas aja buat investasi jangan takut
buat ngambil resiko apalagi masih muda
apalagi tidak ada tanggungan kenapa gua
selalu bilang kalau masih muda lu ambil
resiko karena kalau lu masih muda lu
punya human capital Yang kuat bro Simon
Capital yang kuat artinya kalau uangnya
hilang lu tetap bisa kerja beda dengan
orang yang udah tua orang udah tua
mungkin yah investasinya Mungkin nanti
ketika pensiun Ya udahlah mungkin yang
lowry saja gitu ya biar duitnya kagak
hilang sebenarnya biar Duitnya bisa
dinikmati sampai lu mungkin meninggal ya
jadi it's oke malah untuk ya all in gitu
misalnya di suatu aset yang lu punya
tesis yang kuat it's oke gitu ya selama
lu punya dana darurat dan juga kayak
selalu aman dan ketika lo ngerasa udah
siap buangin jangan lupa juga make sure
lu kagak salah milih tempat investasi ya
kita udah denger lah ya beberapa berita
di luar tentang silakan value Bang ada
juga sebelumnya tentang ftx ftx ya Yang
sebelumnya itu lumayan red Flag bisa
dibilang tapi orang pada invest di sana
Wah akhirnya duitnya kagak bisa diambil
resikonya ternyata tinggi juga ya Ketika
kita memilih investasi yang tempatnya
tidak tepat so make sure buat pilih
tempat investasi yang aman Nah untuk
ngelihat aman lu bisa ngelihat ada
lisensinya enggak ada sertifikatnya
enggak dan lain sebagainya misalnya
kayak nanoface Nano face sudah dapat
lisensi dari bab 5 sudah dapat
sertifikasi iso dan khn dan juga udah
ada perlindungan asuransi resiko cyber
Crime dari Sinarmas ketika Lu ngelihat
yang kayak gini Kayak misalnya dijamin
dan lain sebagainya lu mungkin bisa
lebih percaya dengan platform investasi
yang sudah tersertifikasi dan Enggak
cuma aman kalau menurut gua nanovation
ini cocok banget juga buat lu yang
pengen strategi investasi dengan
diversifikasi juga gitu jadi
diversifikasi tuh banyak orang Mikir Ya
diversifikasi itu oh ada yang lowries
medium risk bener gitu ya tapi selain
itu juga lu mesti menyebar aset lu juga
bukan hanya di negara Indonesia juga
jadi nanoface ini cocok banget karena
ini memungkinkan lo buat invest saham di
us steking crypto juga gitu nah ini
cocok banget sebenarnya begitu Jadi
memungkinkan Lu buat diversifikasi ya
diversifikasi bukan hanya tipe asset di
negara yang sama di negara yang beda
juga bisa dan crypto juga ya yang
notabene memang resikonya ya memang
lebih tinggi dibandingkan investasi lain
tapi lagi-lagi kalau lu bisa menahan
volatilitas lu tesisnya kuat gas aja
menurut gua sih setiap apalagi lu udah
punya darah adalah aset aja saham us tuh
bahkan bisa dibilang tuh bisa
mempersiapkan kita untuk menghadapi ya
berbagai macam krisis lah yang terjadi
gitu ya karena sampai sekarang ya Dollar
US adalah salah satu mata uang terkuat
tes di dunia dan bursa sahamnya juga
punya potensi rebound yang Oke gitu Jadi
bisa dibilang ini pasar saham yang sudah
cukup matang bahkan dibandingkan fase
saham Indonesia cuma dengan satu
aplikasi aja lu bisa sukses di company
gede gitu kayak Google netflix spotify
Microsoft Nvidia yang kemarin baru aja
satu triliun guys dan berbagai macam
company lainnya bahkan kalau nanti Open
Ai Ipo yang mungkin enggak ya gua
bakalan face Open Ai di Nano face itu
karena sekarang kan lagi masanya Ai ya
kejayaannya ya ini mungkin nanti
kedepannya biasanya Waptrick ya kalau
misalnya lu Bingung mau beli aset apa
tenang aja nanoface juga punya fitur
weekly Inside yang ngasih berita dan
analisis Jadi lu bisa lebih punya banyak
referensi dan lebih gokilnya lagi modal
lu Cuma goceng doang ya Jadi buat yang
belum punya uang dingin penasaran gua
memang ya jangan banyak-banyak mungkin
ya Belajar aja dulu gitu ya Ya mungkin
kalau gua sih ya satu sampai lima jutaan
oke lah ya Meskipun ini relatif sih buat
gua sih segitu lah dana buat belajar ya
pokoknya di bawah dana darurat udah buat
lo yang mau nyoba kecil-kecilan bisa
well Lo mesti aware Ya sebenernya sama
hambatan-hambatan psikologis itu dan
juga mindset lu yang mungkin kayak punya
duit lo beli mobil gitu Padahal Wah beli
mobil tuh sekali lu beli ruginya kan
langsung 20% ketika lo beli 10-20%. Jadi
lu beli motor tuh langsung rugi cuy
enggak naik gitu kan kecuali motor atau
mobil tertentu lah jadi please mindset
mindset seperti itu bahwa kayak itu
punya mobil punya rumah punya barang
mewah itu sekarang sudah tidak zaman
sebenarnya itu dulu Lihat Mark
Zuckerberg Lu lihat ilon Mask dan lain
sebagainya tidak ada tuh yang pakai
misalnya baju gitu ya Ada brand-nya gede
gitu jarang lah sekarang tuh trennya
adalah quiet Rich yang kebanyakan orang
kayak yang gua kenal juga seringkali Low
Profile sih ya hindari lah ya memberi
barang konsumtif of course kalau lu mau
beli enggak masalah gitu ya selama lu
mampu selama itu tidak mengganggu
keuangan lu selama level 1 dan level 2
lu aman ingat livekurikulum ya dan ya
Sikat aja sih semoga lu bisa nanti
mendapat ya Tujuan finansial lu ke
depannya Semoga dengan aware sama
mindset mindset kayak ini gitu ya Yang
bisa merugikan gue harap kita semua bisa
jadi lebih bijak dan jangan lupa ya
Meskipun gua tadi bilang ya mindset itu
penting tapi ingat juga punya duit juga
penting cuy gitu yang kemampuan teknis
penting financial literasi juga penting
jadi bukan cuma mindset ya mindset itu
mungkin awalnya lah atau ya pelengkap
lah gitu ya tapi sisanya juga penting
Jadi silakan coba belajar buat yang
tertarik buat belajar investasi terutama
lu pengen diversifikasi nih lu pengen
saham us crypto lu download aplikasi
nanoface di Google Play atau Appstore
dan ada kode referal cuy ini buat lo
yang nonton sampai habis buat dapetin
bonus 40.000 gratis oke Akhir kata gua
Advance 1% well thanks
[Musik]