Transcript
3j8SFI1ENxM • Mental Health itu GAK PENTING.
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0661_3j8SFI1ENxM.txt
Kind: captions
Language: id
gua punya satu pertanyaan buat lo
sebenernya kesehatan mental itu penting
gak sih well gue yakin lu pasti pernah
mendengar berbagai macam perdebatan lah
ya tentang kesehatan mental di satu sisi
si paling kesehatan mental si paling
mental heal tuh ngerasa kesehatan mental
itu penting banget ada juga yang ngerasa
bahwa kesehatan mental tuh nggak
penting-pening banget nah sebagai
channel yang sering ngebasi sok-setan
mental fenomena Ini akhirnya bikin gua
berpikir gitu ya Apa iya kita harus
mentingin kesehatan mental atau
sebenarnya kesehatan mental tuh Enggak
penting-pening banget well di video kali
ini gua bakal ngebahas hal yang
kontradiktif gua mau berargumen bahwa
sebenarnya memang kesehatan mental tuh
Enggak penting-pening banget so Selamat
datang di segmen kelas kehidupan di mana
gua bakal sharing tentang ilmu-ilmu
penting yang belum diajarin di sekolah
supaya lo bisa menyelesaikan berbagai
masalah kehidupan dan menjalani hidup
dengan lebih baik stay tune terus sampai
akhir Biar lo bisa dapat keseluruhan
insidenya
[Musik]
di dunia ini tuh kan tadi udah gua
bilang ya ada dua kelompok pertama sih
paling mental health dan yang kedua
adalah si paling anti mental health ya
Jadi pertama kan si paling mental health
mungkin orang-orang kayak gini tuh mikir
bahwa ya stress dikit itu adalah masalah
mental health dan mereka juga bisa jadi
berpikir bahwa kesehatan mental itu
artinya hidup tanpa masalah hidup tanpa
stress kalau ada masalah dikit Aduh gua
enggak kuat nih gitu ya kesehatan mental
gua lagi enggak oke mereka itu cenderung
menghindari masalah dan mengandalkan
healing ya healing dalam tanda kutip
sebagai tameng gitu buat healing self
reward with untuk tidak berusaha lebih
keras itu adalah si paling mental health
si paling anti mental health juga ada
mereka yang kayak mesin enggak pernah
berhenti bekerja dan berusaha keras
menghadapi tekanan menjadi laki-laki
dalam tanda kutip ya sampai dibilang
kalau oleh sjw itu ya Toxic maskulinity
lah orang kayak gini tuh ya akhirnya
memang ya gua ketinggalan ya Burnout
brout juga nah kalau lo termasuk yang
mana kalau disuruh milih salah satu ya
lu bisa komen di komen section biar kita
sharing tapi intinya dua kelompok ini
biner banget sih dan keduanya juga ada
benarnya jadi nggak ada yang bener atau
salah bisa dibilang semuanya ada plus
minus tergantung orangnya Terus di mana
problemnya gitu nah Gua ngelihat ada
banyak nih problemnya
Salah satu cara terbaik buat ningkatin
kualitas hidup sebenarnya adalah dengan
ngebangun World Life Balance yang Oke
dengan cara ya lu nggak hanya fokus ke
kerjaan tapi juga banyak hal lain
pengatur waktu antara kerja istirahat
aktivitas sosial dan lainnya itu bakal
bikin kita lebih oke mental health-nya
Ya intinya kita bakal terhindar lah
mungkin dari burnhead kalau misalnya lu
adalah orang yang jago mengatur waktu
itu adalah orang yang produktif flu
adalah orang yang intelligent sebenarnya
lu nggak perlu terlalu fokus sama mental
Kenapa karena ya hidung lu udah terjaga
loh mungkin udah sering olahraga lu
mungkin udah sering nongkrong belum
mungkin kerjanya juga sesuai passion ya
kesehatan mental lo bakal terjaga dengan
sendirinya tapi jangan lupa nggak
selamanya lu akan bisa produktif Gak
selamanya lo akan hidup tanpa masalah
pasti lu akan menerima banyak rintangan
bahkan
sukses dulu akan dapat banyak haters
juga dan sesuai gua mau lu terapin
mindset dan kurikulum di kelas kehidupan
ini biar lu bisa belajar pertama apa hal
lain yang harus lo pedulikan selain
mentok health sebenarnya kita udah bikin
level-levelnya dan ini adalah level 1
level 1 kita namakan sebagai level
Survival ini level yang menurut gua
wajib kalau orang gak lulus level ini lu
bisa Jadi kemungkinan besar akan lebih
rentan kena mental pertama Finance Lu
harus punya basic cashflow yang oke oh
Finance penting ternyata orang yang gak
sehat mental itu adalah cenderung orang
memang yang tidak punya duit Jadi lu
harus memastikan pemasukan Lu lebih
tinggi daripada pengeluaran lu makanya
kita juga bahas ya kalau jawab Finance
buku juga kan ada yang bilang psikologi
of money yang bagus Kenapa karena
psikologi kesehatan mental dan keuangan
tuh saling berhubungan pertama itu kedua
basic intelligence dan efektif thinking
bayangin kalau lu goblok gitu kalau lu
Tiap hari mengkonsumsi hal-hal yang
enggak bermanfaat lu enggak akan bisa
berpikir efektif lu enggak akan bisa
jadi pintar dan kalau lu enggak pinter
juga ya lu akan susah kerja lu akan
susah dapat duit biar for lu akan lebih
mudah karena mental yang ketiga Lo harus
punya basic infrastruktur makanya kita
selalu bilang preview-nya itu penting
banyak orang yang udah punya basic
infrastruktur yang baik yang akhirnya
bisa kerja dengan baik yang akhirnya
bisa dikerjakan tuh produktif banget
makanya lu harus punya Smartphone laptop
internet yang Oke kenapa harus bagus
karena sekarang lu wajib punya itu kan
buat bisa kerja yang oke yang keempat lu
wajib punya basic relationship lu wajib
punya temen yang tidak Toxic atau etlist
keluarga deh yang bisa lu kalau up
lu bisa balik tuh ke keluarga lu lu bisa
cerita tentang masa lalu minimal itu
kebayang nggak kalau lu nggak punya
temen nggak punya keluarga punya
siapapun gitu ya lu bakal stress juga
kelima Lu harus paham attics manner dan
fashion yang sesuai sama standar Di mana
lo berpijak kalau lu enggak paham etika
kalau enggak paham fashion Ya banyaklah
yang viral karena fashion ya tapi
intinya level 1 survive itu Coba lu
lihat mana mental health-nya yang tadi
ada enggak ada kan Nah ini ada alasan
kenapa kita sebenarnya harusnya Bodo
Amat aja sama mental tapi yang
membangunkan adalah kelima hal tadi yang
ada di aspek servive semuanya
berhubungan sama mentor nah enggak
sekarang maksud gua untuk enggak terlalu
peduli sama mental health jadi aspek
kehidupan tuh penting banget nanti bakal
ngaruh komentar buat orang yang bilang
Bodo Amat aja sama mental ya berarti
mungkin mereka udah jago ngatur hidup
atau yang kedua ya mereka di Nail aja lu
lihat aja biasanya orang yang bilang
enggak usah sama mental health header
mental health mereka oke atau yang kedua
Mereka banyak musuh nggak punya temen
terus kayak Dinaya aja gitu jadi level 1
ini basic banget dan lo harus kuasai ada
juga level 2 level 2 ini adalah
ngomongin soal manajemen resiko yang
pertama Lu harus punya darah darurat
lagi-lagi Finance tapi di sini
ngomongnya soal proteksi ya biar kalau
ada apa-apa lu enggak kena mental yang
kedua punya asuransi atau BPJS supaya
kalau sewaktu-waktu sakit lu enggak
perlu ngeluarin duit gede biar enggak
kena mental juga lu juga bisa lebih
ngerasa Hamen karena kalau enggak
ngerasa aman juga kan cemas kena mental
juga ketiga make sure kesehatan fisik
lohaman Kenapa karena kalau fisik kalau
enggak Haman lu kurang tidur dan lain
sebagainya bakal cenderung kena mental
juga Makanya kalau lu ke psikolog atau
siapa pasti ditanya tidurnya Gimana
makannya gimana bisa satu persen juga
pasti setiap sebelum lo konseling
sebelum lu mentoring pasti kita selalu
ngasih psikotes salah satunya adalah
psikotes tidur juga keempat jaga juga
data-data digital lo jaga juga kelakuan
lo dilihat digital karena itu bisa
menghasilkan resiko digital kalau cancel
juga lu kena mentalnya banyak orang
Indonesia yang sampai level 2 ini itu
belum lulus dua-duanya jadi jangan heran
kalau banyak orang Indonesia yang kena
mental banyak juga yang udah kena mental
di Nail lagi kalau udah level 1 dan 2 lu
bisa naik level 3 lu nanti bisa lihat
sendiri lah di kurikulum satu persen ya
atau nanti bisa ikut webinar life skill
tujuan gua buat ngebangun satu persen
ini sebenarnya simpel semua warga
Indonesia bisa sampai ke level 2 udah
tujuan gua itu aja realistis aja kenapa
Nyampe level 2 karena sebenarnya kalau
udah level tiga lu enggak perlu menuhin
semua aspeknya Lu cukup pilih salah satu
di level 3 juga enggak apa-apa kayak
misalnya meaning for relationship atau
milih karir kan banyak tuh orang yang
kayak gitu yang enggak nikah sampai tua
tapi happy-happy aja ya mungkin salah
satu duanya udah oke terus tinggal dia
milih kalau bisa semuanya Gimana fan-nya
bagus gua bakal nampilin gambarnya atau
list-nya di layar ini silakan lu
refleksikan aspek kehidupan mana Di
level 3 yang benar-benar lu pengin nah
sampai sini ketika gua ngebahas dari
tadi ada mental health Enggak kan
kecuali di level 3 ada tuh comes Selain
itu sebenarnya enggak ada itu yang
ngomongin mental health secara spesifik
Jadi sebenarnya yang bisa kita simpulkan
di sini adalah menjaga mental health itu
sebenarnya adalah menjaga gaya hidup aja
menjaga pola hidup aja itu yang pertama
yang kedua kita bisa lihat juga bahwa
semua aspek kehidupan bisa ngaruh ke
mental health itu sendiri nah yang
problematika adalah ketika orang beneran
hunting sama mental health dan yang
problematik juga adalah ketika orang itu
pedulinya sama mental health aja tapi
enggak peduli sama finansial sama yang
lain enggak realistis gitu jadi hidup
itu bukan berarti lu harus terbebas dari
masalah mental health sepenuhnya atau lo
harus terbebas dari semua masalah enggak
juga hidup tuh pasti ada masalah atau
hidup itu bukan berarti menderita terus
ya enggak perlu mental hatinya juga toh
ada juga kok orang yang punya World
Balance Oke tapi ngerasa nggak bahagia
so mental itu penting atau enggak
penting Enggak penting ya jadi mental
header itu tidak penting guys penting
itu adalah ya lu memenuhi kurikulum ini
level 1 dan 2 minimal
jadi di part sebelumnya kita udah
menyimpulkan bahwa mental health tuh
nggak penting-penting banget tapi gini
ada pengecualian kita jangan sampai jadi
ekstrim juga guys hidup kita juga harus
mentingin mental health sebenarnya
Kenapa karena kalau enggak ketika lu
stress ketika lu depresi Mungkin lu
nggak akan bisa mengidentifikasi itu Iya
memang kalau lu mulai sekarang dari nol
Kalau masih di level 1 masih nyari duit
ya mungkin nggak usah terlalu fokus ke
mental health maksudnya gini kalau lu
cashflow belum positif lu banyak masalah
dalam hidup lu ya Lu Kelarin masalah itu
dulu Ini pertanyaan sering banget nih di
webinar live planning gua ngedenger Bang
gua milih pekerjaan yang fokus ke
passion atau ke duit ya Tergantung
Sebenernya kalau lu masih kayak flow-nya
minus ya lu pilih pekerjaan apapun lah
yang bisa ngeselin duit karena kalau
enggak tidak realistis tapi ada
pengecualian lagi kalau lu udah masuk
level 2 atau 3 lu udah punya darah
darurat lu punya previllage ya lu bisa
milih pekerjaan apa yang lu suka ya
berarti lu jangan diem-diem aja dong
kalau ngerasa kesehatan kalau Keganggu
ya karena lo punya privilege untuk
memperhatikan kesehatan mental dengan
lebih dalam tapi intinya gini banyak
dari lu yang gue Yakin lu udah masuk
level 2 level 3 lu mungkin udah punya
dana darurat asuransi lu udah oke hidup
Ya kalau lu udah oke hidupnya lu juga
nggak rentan dari stress saran gua lu
nggak diam-diam aja ketika ngerasa
kesalahan mental lo ke ganggu buat lo
yang level 1 juga belum lulus sama juga
sebenernya jangan lupa mikirin mental
health karena kalau mental atau keganggu
lu mungkin enggak akan bisa nyari duit
juga kan jadi tips dari gua cara paling
gampang untuk peduli sama mental health
dan peduli sama produktivitas lo adalah
dengan mendengarkan tubuh dan pikiran lo
ketika lo ngerasa capek atau stress
jangan langsung bilang pertama gua nggak
kuat kesehatan mental gua lagi Oke
jangan langsung bilang gitu yang kedua
jangan juga langsung bilang gue bisa gue
bisa itu Toxic positivity cuy jangan
terlalu cepat ngambil kesimpulan coba
buat huware coba buat mengakui dulu
bahwa Oh oke gua punya masalah gua lagi
nggak baik-baik aja apa yang harus gua
lakuin lu bisa coba tuh anali Oh iya gua
harus tidur lebih lama karena gua
begadang mulu Oh iya gua bisa makan
makanan yang bergizi biar otak gue sehat
Oh iya gua bisa ngehindarin teman-teman
Toxic itu sebenarnya sesimpel itu Cuy ya
kalau misalnya dia ngelakuin sesuatu
udah dua minggu nah baru konsultasi ya
batasnya tuh dua minggu kalau menurut
gua Sehatnya tuh kalau 2 minggu lu udah
ada depresi terus ngerasanya ya Jangan
terlalu cepat ngambil kesimpulan Aduh
saya sambil mental harus healing Jangan
gitu dulu ya Evan masih dulu of course
di di beberapa konteks Ya memang Ya
kalau udah kecapean ya harusnya
istirahat sih ya enggak ada salahnya kok
ngambil day of cuti tidur atau mungkin
dengerin musik tapi jangan
berlarut-larut ingat harus ada evaluasi
biar lu enggak terlalu cepat ngambil
kesimpulan yang biner antara anti banget
sama mental health Terus lu gaskeun
terus padahal bentar lagi Burnout atau
lo menyerah dan manja gitu ya jangan
kayak gitu gitu ya Jadi lu harus bisa
evaluasi ya evaluasi gejalanya banyak
gejalanya ya ketika lu udah mulai
keganggu mentalnya susah konsentrasi
gampang marah emosian gak ada semangat
ya jadi jangan lupa evaluasi Jangan
menilai terlalu cepat gitu dan kalaupun
lu menganggap Aduh Kayaknya gua depresi
itu nggak apa-apa sebenernya tapi habis
itu ngapain Habis itu langsung ke
psikolog biar bisa dapet diagnosis yang
tepat biar bisa dapat terapi yang tepat
Siapa tahu lu ternyata butuh cbt atau
bahkan nanti tiba-tiba dirujuk ke
psikiater ternyata butuh obat karena
udah Apa pengaruh sistem saraf dan lain
sebagai itu mungkin banget bahkan untuk
masalah yang sepele yang mungkin
dianggap sepele ya untuk psikolog
kecanduan pornografi
[Musik]
banyak yang merasa seperti itu Dan
mungkin masalahnya supaya nggak gitu ya
sebenarnya Buat beberapa orang cuma
nonton porno doang cuma masturbasi doang
Which is true at some point tapi kalau
misalnya lu keganggu enggak ada salahnya
buat konsultasi gua enggak bilang
masturbasi atau pornografi itu
benar-benar atau salah ya Tergantung
lagi-lagi tergantung lo sendiri Tapi
kalau lu udah ngerasa terganggu itu
berarti tanda bahwa mental health lu
udah mulai kena
Ya intinya kesehatan mental adalah hal
yang sebenarnya nggak perlu Terlalu
diperdebatkan guys nggak perlu
diperdebatkan dalam konteks mentor satu
ada mentor satu tidak ada mental health
adalah hx atau tidak udahlah gak usah
terlalu banyak debat Lu lihat aja pola
hidup lu karena mental heal tuh penting
udah jelas itu tapi ingat yang bikin
mental hal penting bukan mental headnya
itu sendiri tapi adalah pola hidup kita
yang harus kita evaluasi kalau pola
hidup kita udah bener kita masih kena
mental berarti yaitu memang kena mental
Berarti lu perlu konsultasi gitu ya jadi
jangan ragu lah untuk konsultasi ke
profesional kalau misalnya lo bingung
nih gua kasih sourcess-nya lu bisa coba
Konsultasi sama mentor atau psikolog
satu persen yang sudah jelas tentunya
kita bakal jadi pendengar yang baik dan
membantu ngasih rekomendasi solusi kita
kasih worksheet juga kita tes juga lewat
tes psikologi ya lewat accessmen kita
kasih lu personal letter treatment lu
butuhnya apa nih lu bisa lihat di layar
personel treatment-nya worksheet-nya dan
lain sebagai kita juga ngasih worksheet
gratis nih buat lu yang kayak penasaran
works itu isinya apa kita kasih nih
worksheet gratis dan jangan lupa untuk
lihat kurikulum Line skills dari satu
persen ya kalau misalnya lu penasaran
dengan kurikulum lebih lanjut lo juga
bisa ikut webinar live kurikulum kita
ngadain setiap bulan rutin semuanya udah
gua taruh di description box ada juga
berbagai tes online gratis yang bisa lu
manfaatin untuk ngecek kesehatan mental
lo dan soal forno Akhir kata gua Advance
1% well thanks