Kenapa PNS dan Pejabat Sipil Memang Seharusnya Tidak Boleh Kaya!
GX9_maVj5k4 • 2023-04-19
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id belakangan ini di sosmed rame banget ya berita-berita tentang pejabat atau PNS yang ngelakuin hal-hal yang kontroversial mulai dari keluarga yang flexing merekanya sendiri yang flexing atau anaknya yang flexing tapi ya gue yakin banyak juga sih ya yang memang sombong dan jumawa gitu dari PNS dan juga bukan hanya itu tapi juga jahat cuy bahkan gue sempet lihat ya salah satu postingan Yang intinya bilang kalau ada ya salah satu instansi pemerintahan yang pegawainya tuh saking nakalnya sampai bikin negara itu rugi sekitar miliaran intinya sekarang tuh kayak Oh banyak banget ya PNS yang perilakunya tuh viral dan cenderung ngasih impresi negatif ke publik fenomena ini layarnya bagian gua bertanya-tanya apakah pertama PNS tuh bisa kayak itu yang kedua Apakah PNS memang perilakunya seperti ini emang enggak sopan Emang yang ketiga Apakah PNS seharusnya enggak boleh kayak enggak boleh Flag sih well gua bakal jawab dengan tegas ya yang terakhir Iya sih menurut gua pnsu sebenarnya nggak usah lah jadi kaya gitu oke selamat datang ya di segmen curhat santuy kali ini ya gua bakal speak up sedikit tentang alasan kenapa PNS sebaiknya gak usahlah jadi kaya gitu atau nggak usah terlihat kaya gitu minimal dan di segmen kali ini ya gua bakal sharing topik tentunya yang jadi keresahan gue pribadi dengan santai ya Yang bisa lo dengerin sambil rebahan sambil tiduran sambil istirahat sambil makan atau sambil aktivitas hantu lainnya Oke tonton video ini sampai habis kita bakal bahas soal PNS [Musik] Kenapa sih publik tuh sekarang susah banget percaya sama PNS meskipun gak semuanya seperti alasan yang pertama sebenarnya jelas rahasia umum lah yang pertama ini adalah korupsi Gua pernah baca Ya ada data yang bilang kalau Indonesia itu masuk ke dalam daftar negara dengan tingkat korupsi yang cukup tinggi meskipun ya bisa jadi yang korupsi itu nggak semua PNS tapi pengalaman buruk ini akhirnya menciptakan stereo tap bahwa PNS itu tukang korupsi bahkan gua juga ya adalah temen kerabat yang PNS juga dan sempat cerita bahwa mereka ditawarin korupsi syukur-syukurnya enggak sih tapi ya Dari semua cerita dari semua berita ya akhirnya gua menyimpulkan bahwa ya ini adalah stereotipe yang sudah kental di masyarakat yang kedua masalah inefisiensi Gua ngelihat bukan cuma ada kesan bahwa PNS itu kerjanya lambat dan enggak efisien tapi juga realitanya banyak juga yang seperti itu ya Yang kerjanya Tuh lambat tidak efisien yang akhirnya bikin banyak orang males berurusan sama pendek bahkan in efisien ini malesnya ini ini penyebab munculnya ternyata PNS yang kerjanya nggak bener semua jadi ini goblok sekali elektronik sistem elektronik seperti ini Oke yang ketiga sebenarnya kalau misalnya inefisien itu gua juga kemarin ada pengalaman gitu ya di rumah sakit gue tahu kalau misalnya pakai BPJS tuh ngurusin salah satu keluarga gua lah ya gua tahu bahwa di rumah sakit kalau pakai BPJS memang harus ngantri dan jujur ketika di rumah sakit untungnya meskipun yang efisien ada beberapa pegawai yang ramah Tapi jujur banyak banget pegawai yang enggak ramah juga enggak cuma di rumah sakit ya lu unit lah entah itu misalnya kemarin Bea Cukai ya terus juga biar jangan pajak itu bukan cuma masalah inefisiensi karena kalau inefisiensi terus misalnya pegawainya bilang iya maaf ya Mohon maaf sekali lagi dan lain sebagainya pokoknya ala-ala CS yang ramah lah ya itu mungkin bakal kita maafin enggak sih maksudnya bakal kita lebih cepat untuk move on tapi ini udah males udah ini efisien enggak ramah lagi enggak sopan lagi gitu ya padahal PNS ini kan dibayar oleh siapa sih oleh kita semua kan oleh biaya pajak gitu Eh jadi itu adalah hal ketiga yang bikin PNS tuh nggak dipercaya sama publik Btw kalau lu ada fakta yang berbeda lo boleh share ya atau kalau ada fakta yang sama lo boleh share tapi ini adalah masalah yang biasanya kita semua lewati dan jujur akhirnya gue bertanya apakah PNS itu nggak boleh kaya ya lagi-lagi ini jawaban kedua ya gua bilang iya gua bakal bahas di section selanjutnya Oke sekali lagi gua simple gua bakal bilang ya PNS harusnya nggak boleh kayak kalaupun si PNS ini tiba-tiba ya karena cara yang legal cara yang halal itu dia bisa jadi kaya kalau bisa jangan kelihatan kaya coy apalagi dengan kondisi Indonesia seperti ini kenapa menurut gua PNS itu nggak boleh jadi kayak gitu pertama ada konsep yang namanya kesenjangan sosial jadi gini kalau di luar negeri itu sebaliknya guys dibandingkan dengan kita di negara-negara yang sudah maju PNS itu dianggap sebagai pekerjaan yang mulia sama lah kayak kita ngelihat guru honorer meskipun ya di sana enggak miskin-miskin banget sih kalau di luar negeri tapi PNS itu biasanya jauh lebih miskin daripada orang-orang yang kerja di swasta dan sebenarnya bisa juga sih di Indonesia dibilang seperti itu karena realitanya memang banyak yang gaji dan tunjangannya itu masih di bawah 2 digit walaupun udah kerja bertahun-tahun ada tuh termasuk orang tua gua gua state bus belakang nih banyak yang seperti itu udah kerja 20 tahun kerjanya masih dibawah dua digit gajinya Ya nah tapi ingat ada konsep yang namanya kesenjangan sosial beberapa departemen beberapa bidang beberapa Kementerian di PNS di daerah-daerah tertentu itu banyak yang tunjangannya tuh jauh lebih gede gaji fresh gradenya daripada gaji gua gitu ya yang ada di swasta daripada gaji kita-kita yang mungkin sudah oke juga di swasta misal 20-30 juta lah gua bisa anggap oke ya kalau di bawah umur 30 ya gue bisa anggap oke lah ada yang gajinya seperti itu sama tunjangan sama bonus dan lain sebagainya belum lagi ada gaji ke-13 gaji ke-14 kan kadang-kadang ada seperti PNS juga bagian dari masyarakat yang bisa jadi terkena kesenjangan sosial guru honorer tapi bagian kirinya ada nih PNS yang sudah Gajinya besar banyak ngeluh lagi ya gua lihat di Twitter terus sempet ada yang ngeluh bahkan dari Departemen tertentu dari bidang tertentu gitu Padahal gajinya gua tahu itu tinggi dan banyak juga yang akhirnya ngeluh sih enggak tapi hidupnya mewah banget flaxing kesana kemari Oh kayak enggak make sense gajinya sebesar itu nah ini menjadi salah satu alasan menurut gua kenapa seorang PNS sebaiknya gitu udahlah lu enggak usah kelihatan kayak cuy dan PNS juga kan punya kode etik ya PNS tuh bekerja dengan integritas dengan profesionalitas seorang PNS harusnya tidak memperoleh keuntungan pribadi itu dari berbagai pekerjaan yang bukan haknya ya kan kekayaan yang tidak wajar itu ibaratnya gini deh lu mau kayak lu dari warisan lu mau kayak lu dari bisnis orang tuh nggak akan peduli cuy yang orang pedulikan adalah di Indonesia ada yang namanya kesenjangan sosial Kalau gaji gua 2 juta gaji lu 20 juta sebagai PNS adil enggak apalagi kalau ternyata kualitas yang kita rasakan tidak se oke itu ya enggak Adil dong Iya kan Makanya kalau misalnya lu adalah PNS yang sudah kaya Please jangan kelihatan kaya kenapa Karena lu bisa menciptakan Citra negatif dan ngerusak lembaga lu meskipun lu enggak niat seperti itu jadi Ya wajarlah kalau masyarakat kesel gitu ya sama PNS yang belaga songong Ya gimana orang Enggak males bayar pajak gua tadi bilang juga kan teman-teman gua banyak yang jadi enggak termotivasi dan beneran cuy banyak juga yang tidak jadi lapor SPT gua kenal tuh teman dari teman gua ada tidak jadi laporan SPT karena kasus ruby konten kamu so ya itulah argumen gue ya untuk kebaikan diri lu sendiri dan kebaikan rakyat seorang PNS sebaiknya tidak kelihatan kaya Untuk apa untuk bisa mempertahankan integritasnya profesionalitasnya dan memang itu harusnya dijadikan kode etik makanya menurut gua nggak salah sih kalau ada BUMN gitu ya atau Ada Kementerian gitu ya suatu instansi yang memang melarang anak buahnya fleksing gak salah sih bagus menurut gua dan Gua yakin ketika memang sudah enggak ada yang proxing udah enggak ada yang enggak wajar nih gaya hidupnya gue Yakin nih teman-teman pengen les lain yang bersih nih yang bersih yang enggak makan duit Ya itu seharusnya enggak bakal Kepaksa lagi buat ngikutin gaya hidup teman-temannya Iya kan yang namanya budaya gitu ya ada yang namanya conformitas kan kalau dalam psikologi dan Gua yakin conformitas ini akan terjadi ketika memang budayanya sudah berubah dan sekarang kebetulan sepertinya akan berubah nih jadi teman-teman penis yang bersih harusnya udah enggak ngikut-ngikut lagi sama PNS yang kotor misalnya gara-gara ngelihat Aduh kok banyak ya teman-teman gua yang hidupnya kayak-kayak gitu ah gua maling Nah kalau dalam konteks ini harusnya berhenti karena Oh kok teman-teman gua hidupnya sederhana Ya udah gua hidup sederhana juga deh Jadi kan kalau kayak gini ini bakal ngebuat orang-orang dalam pemerintahan lebih humble udah lah jangan coba guru Jangan cuma dosen atau PNS yang berpenghasilan rendah yang harusnya humble yang harusnya hidup sederhana penginnya yang sudah jabatannya tinggi dan tunjangan tinggi juga harus sambel Jangan banyak bacot Jangan sombong gitu ya termasuk keluarga dan kerabatnya juga pertanyaannya sekarang Terus harus gimana ini dengan kasus yang ada sekarang Oke kalau lo nanya ke gua dan satu persen dibilang ini salah PNS yang kerjanya nggak bener bisa jadi dan Kalau dibilang publik yang ekspektasinya ketinggian ya sebenarnya bisa jadi nggak sih karena ya harus fair dong kalau kita bayar pakai pajak ya lu juga bayar pakai service yang Oke ini nggak sih kita juga bayar pajak nggak bisa dibilang sedikit ya kita bayar pajak ya sekarang sih yang salah ya PNS yang bikin secara terburuk di masyarakat yang memang melanggar hukum yang memang kerjanya nggak bener yang memang males-malasan dan korupsi tapi ya udah ya daripada kita harus salah-salah sekarang mah kita perjelas Peran kita masing-masing aja pertama kalau lo adalah publik kalau lo adalah warga sipil setiap ada hal yang kurang Oke atau lo lihat enggak adil nih Lu harus feedback dan laporin Ke instansi yang bersangkutan Oh ya mau viralin juga ya terserah lu sih karena itu adalah hak lo sebagai pembayar pajak dan juga sebagai dengan banyaknya kasus Sekarang jujur gua sih seneng ya adanya kontrol sosial itu bisa mengurangi perilaku yang buruk meskipun gua juga udah pernah bilang cancel culture itu bisa jadi ya buruk juga ya tapi dalam kasus ini Entah kenapa kayak Kok bisa di justifikasi gitu ya entah kenapa di otak gua kayak gitu nah sekarang peran utamanya menurut gua adalah di PNS itu sendiri kira-kira bisa ngapain nih dengan adanya kasus seperti ini nah menurut gua sebagai PNS juga harus War gitu ya sama yang namanya Life skills alias skill-skill yang penting buat kehidupan nah kebetulan gua udah buat nih kurikulumnya ya kalau lu Sering nonton lu kasih udah tahu si segitiga ini ya si kurikulum Life skills ini PNS harus belajar dua hal menurut gua dalam kasus ini level 1 ini level 1 beneran nih ada di level 1 ya level paling bawah pelajari etik dan Man buat lu semua entah lu pengennya ataupun non PNS yang punya duit terus lu sekarang fleksing inget ini punya duit bukan berarti lu bisa beli kelas bukan berarti lu bisa beli selera bukan berarti lu bisa beli manner so pelajarilah yang namanya attics dan Man Biar apa Biar enggak kelihatan norak sama biar bisa lebih sopan biar bisa tahu tempat biar bisa lebih rame biar bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan tentunya Jangan melanggar hukum dong itu kan hettics dan miner yang ditetapkan benar-benar ya ditulis gitu Itu namanya hukum jadi attics dan manner yang tidak tertulis harus dipahami ya etik dan manner yang tertulis Apalagi itu level 1 simpel Ya gimana caranya untuk ngelatih atrick dan manner yang kedua perhatikan resiko digit buat orang yang selalu dapat sorotan publik dan itu terjadi semua orang sekarang penting banget untuk mikir apa yang bakal lu posting apa yang enggak bahkan belakangan ini gua juga ngelihat ada PNS yang bilang rakyat itu adalah babu Wah itu menurut gua fatap sih jangan sampai lu seperti itu lu nggak ngapa-ngapain aja bisa aja di foto sama netizen apalagi lu ngapa-ngapain lu nggak mikirin resikonya jadi kita harus lebih hati-hati tapi hati-hati di sini bukan berarti karena lu korupsi terus sembunyiin Bukan gitu ya bukan lu sembunyi-sembunyi karena sudah melakukan hal jahat ingat Attack dan benar tadi yang kedua sekarang yang berperilakulah dengan baik jaga sikap lah di sosial media ya gitu ya hati-hati di sini Sebenarnya sama kayak banyak ajaran agama lah kalau ngapa-ngapain ya sewajarnya aja berpakaian ya sederhana aja tapi yang proper dari omongan sederhana aja tapi yang berkelas dari tingkah laku juga sama sederhana aja bisa sewajarnya aja tapi tetap humble tetap kerja keras publik nggak bisa disalahkan sekali lagi ya untuk punya ekspektasi tinggi terhadap kinerja PNS dan mengubah secara Republik juga enggak bisa dikeluhkan dong oleh PNS itu sendiri enggak bisa lah karena steroid HP itu tercipta juga karena performa dong ya kan toh kalau pns-nya banyak yang berubah gue yakin publik juga bakal maafin kok gue yakin ya kalau gua kembali lagi nih ke kantor yang sama misalnya ngurus berkas yang sama dan kalau gua dipermudah gua bakal kasih bintang 5 dan bahkan gua juga udah ngasih beberapa Ya kantor pajak di Bandung yang menurut gua helpful banget gua kasih bintang 5 di Google Maps ya Gua yakin pabrik bakal maafin bahkan sampai bertes temoda baik bahkan membela nah ini juga pesan terakhir buat publik kita kan sekarang lagi masa perubahannya dan kita tahu lah kultur di pemerintah enggak bisa berubah demikian rupa cepatnya gak gampang juga nih buat publik untuk percaya lagi terlebih dengan banyaknya kasus yang selalu ada tiap hari ya Bea Cukai lagi pajak lagi Bea Cukai lagi pajak lagi terus ada Kementerian mana lagi ya kan Apalagi kalau kalian first hand ngerasain langsung pengalaman buruk itu tapi Ya udah yuk sebagai publik kita coba deh sesekali ya yang mungkin sebulan dari sekarang deh kalau lu nggak mau sekarang ya dengan baiknya kasus sebulan dari sekarang lu coba deh sesekali ngasih kesempatan lagi ke PNS Kementerian ini juga gua ngomong buat diri gue sendiri sih karena jangan-jangan yang bikin mereka jelek ada stigma dari kita juga kan jadi kita kurangi stigma-nya kita kasih Second Chance di luar sana banyak kok Gua yakin PNS yang kerjanya benar dan penuh dari kasih bahkan sampai sakit-sakitan juga mungkin untuk kerja gua juga tahu lah Kenal beberapa teman beberapa kenalan yang mereka kerjanya di PNS bukan malas-malesan kok malah lembur malah pergi ke sana kemari Iya memang misalnya ada have fun-nya ada healing-hillingnya ada tapi gua juga kenal Oh banyak PNS yang kerja keras banyak PNS yang sampai lembur banyak PNS yang Wah benar-benar berimpag langsung eh masyarakat gua kenal orang yang seperti itu makanya gua juga kayak mau ngomong di sini memang dari tadi gua terlalu sering tapi kayak enggak semua penginnya seperti itu dan kita juga harus ngasih kesempatan kalaupun ada orang yang seperti itu kita kasih kesempatan kedua apalagi buat PNS yang lu tahu lah gajinya berapa yang tukinnya enggak sebesar itu gitu well ngomongin soal etika soal resiko digital dan soal sopan santun sebenarnya adalah masalah semua orang ya bukan cuma PNS di dunia ini juga ada banyak orang yang nyebelin orang yang sombong orang norak Orang sok kaya selain PNS tentunya menyebalkan Tapi lagi-lagi terakhir gue cuma mau ngasih tahu karena di sini Kebanyakan orang yang nonton adalah umur 18-30 kalau misalnya lu ngerasa nih di umur 18-20-an gitu atau bahkan 30-an kalau lu ngerasa masih ada masalah dalam matic dan manner ya saran gua lu belajar dari sekarang di satu persen ada webinarnya gitu ya Ada beberapa topik yang berkaitan dengan hal yang tadi kayak misalnya webinar etik dan banner dari live skill ID dan satu persen sesuai dengan Kurikulum kita ya lu bisa lihat kurikulumnya ini webinar yang paling laku di korporat sebenarnya biasanya eee kalau kita promoin paling banyak dibeli yang ini kalau di korporasi kalau dibitubi Tapi lu juga bisa akses selalu individu ya lu bisa akses di satu persen.net kalau lu mau ikut dan yang kedua lu juga bisa daftarin organisasi atau perusahaan lu di program in house training-nya dan satu persen live skill ID itu apa sih Bang Id adalah sister company 1% yang mana memang kita nyediain training kita nyediain webinar organization development psikotes dan lain sebagainya Jadi kalau misalnya lo ngerasa aduh anak buah gua kaga sopan dan lain sebagainya Silahkan daftar aja ya kalau lu tertarik nanti lu dan tim lo bakal belajar Gimana caranya ningkatin produktivitas dan juga ya ningkatin hattacks dan banner dan ada berbagai tema lainnya juga terakhir kalau misalnya lu ngerasa ya bahwa masa lalu yang seperti ini yang flexing dan lain sebagainya ternyata ngasih dampak buruk sendiri maupun orang lain misalnya orang nganggap Nora gitu ya orang nganggap lo pamer orang yang gak perlu nyebelin lu nggak punya temen selain ikut webinar gua saranin lu untuk jangan lupa konsultasi ke psikolog dan juga mentornya satu persen lo bisa cerita tuh ya tentang masa lalu gue juga sempat beberapa kali dapat lain apa yang seperti ini juga yang akhirnya belajar jadi lebih baik gitu ya nanti Masa Lalu bakal digali sampai lebih dalam dan tentunya bakal dapat solusi yang oke juga tambah lagi dengan analisis kita tes biar nanti lu tahu akar Masa lalu itu apa ya jadi jangan ragu untuk konsultasi lah Siapa tahu memang lu butuh Oke sebagai ucapan terima kasih karena lo udah nonton video kali ini sampai habis Gua mau ngasih lu worksheet gratis yang bisa ngebantu lo buat improve ya keseharian lu linknya udah gua taro di description box di sana juga ada link rekomendasi kertas online gratis yang bisa banget lu manfaatin jangan lupa dicek as all Akhir kata ya terakhir gua mau minta maaf ya kalau misalnya ada salah-salah kata dan please kalau misalnya lu ada tanggapan apapun taruh di komen section aja gua Evan di satu persen well text
Resume
Categories