Transcript
GX9_maVj5k4 • Kenapa PNS dan Pejabat Sipil Memang Seharusnya Tidak Boleh Kaya!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0658_GX9_maVj5k4.txt
Kind: captions
Language: id
belakangan ini di sosmed rame banget ya
berita-berita tentang pejabat atau PNS
yang ngelakuin hal-hal yang
kontroversial mulai dari keluarga yang
flexing merekanya sendiri yang flexing
atau anaknya yang flexing tapi ya gue
yakin banyak juga sih ya yang memang
sombong dan jumawa gitu dari PNS dan
juga bukan hanya itu tapi juga jahat cuy
bahkan gue sempet lihat ya salah satu
postingan Yang intinya bilang kalau ada
ya salah satu instansi pemerintahan yang
pegawainya tuh saking nakalnya sampai
bikin negara itu rugi sekitar miliaran
intinya sekarang tuh kayak Oh banyak
banget ya PNS yang perilakunya tuh viral
dan cenderung ngasih impresi negatif ke
publik fenomena ini layarnya bagian gua
bertanya-tanya apakah pertama PNS tuh
bisa kayak itu yang kedua Apakah PNS
memang perilakunya seperti ini emang
enggak sopan Emang yang ketiga Apakah
PNS seharusnya enggak boleh kayak enggak
boleh Flag sih well gua bakal jawab
dengan tegas ya yang terakhir Iya sih
menurut gua pnsu sebenarnya nggak usah
lah jadi kaya gitu oke selamat datang ya
di segmen curhat santuy kali ini ya gua
bakal speak up sedikit tentang alasan
kenapa PNS sebaiknya gak usahlah jadi
kaya gitu atau nggak usah terlihat kaya
gitu minimal dan di segmen kali ini ya
gua bakal sharing topik tentunya yang
jadi keresahan gue pribadi dengan santai
ya Yang bisa lo dengerin sambil rebahan
sambil tiduran sambil istirahat sambil
makan atau sambil aktivitas hantu
lainnya Oke tonton video ini sampai
habis kita bakal bahas soal PNS
[Musik]
Kenapa sih publik tuh sekarang susah
banget percaya sama PNS meskipun gak
semuanya seperti alasan yang pertama
sebenarnya jelas rahasia umum lah yang
pertama ini adalah korupsi Gua pernah
baca Ya ada data yang bilang kalau
Indonesia itu masuk ke dalam daftar
negara dengan tingkat korupsi yang cukup
tinggi meskipun ya bisa jadi yang
korupsi itu nggak semua PNS tapi
pengalaman buruk ini akhirnya
menciptakan stereo tap bahwa PNS itu
tukang korupsi bahkan gua juga ya adalah
temen kerabat yang PNS juga dan sempat
cerita bahwa mereka ditawarin korupsi
syukur-syukurnya enggak sih tapi ya Dari
semua cerita dari semua berita ya
akhirnya gua menyimpulkan bahwa ya ini
adalah stereotipe yang sudah kental di
masyarakat yang kedua masalah
inefisiensi Gua ngelihat bukan cuma ada
kesan bahwa PNS itu kerjanya lambat dan
enggak efisien tapi juga realitanya
banyak juga yang seperti itu ya Yang
kerjanya Tuh lambat tidak efisien yang
akhirnya bikin banyak orang males
berurusan sama pendek bahkan in efisien
ini malesnya ini ini penyebab munculnya
ternyata PNS yang kerjanya nggak bener
semua
jadi ini goblok sekali
elektronik sistem elektronik seperti ini
Oke yang ketiga sebenarnya kalau
misalnya inefisien itu gua juga kemarin
ada pengalaman gitu ya di rumah sakit
gue tahu kalau misalnya pakai BPJS tuh
ngurusin salah satu keluarga gua lah ya
gua tahu bahwa di rumah sakit kalau
pakai BPJS memang harus ngantri dan
jujur ketika di rumah sakit untungnya
meskipun yang efisien ada beberapa
pegawai yang ramah Tapi jujur banyak
banget pegawai yang enggak ramah juga
enggak cuma di rumah sakit ya lu unit
lah entah itu misalnya kemarin Bea Cukai
ya terus juga biar jangan pajak itu
bukan cuma masalah inefisiensi karena
kalau inefisiensi terus misalnya
pegawainya bilang iya maaf ya Mohon maaf
sekali lagi dan lain sebagainya pokoknya
ala-ala CS yang ramah lah ya itu mungkin
bakal kita maafin enggak sih maksudnya
bakal kita lebih cepat untuk move on
tapi ini udah males udah ini efisien
enggak ramah lagi enggak sopan lagi gitu
ya padahal PNS ini kan dibayar oleh
siapa sih oleh kita semua kan oleh biaya
pajak gitu Eh jadi itu adalah hal ketiga
yang bikin PNS tuh nggak dipercaya sama
publik Btw kalau lu ada fakta yang
berbeda lo boleh share ya atau kalau ada
fakta yang sama lo boleh share tapi ini
adalah masalah yang biasanya kita semua
lewati dan jujur akhirnya gue bertanya
apakah PNS itu nggak boleh kaya ya
lagi-lagi ini jawaban kedua ya gua
bilang iya gua bakal bahas di section
selanjutnya
Oke sekali lagi gua simple gua bakal
bilang ya PNS harusnya nggak boleh kayak
kalaupun si PNS ini tiba-tiba ya karena
cara yang legal cara yang halal itu dia
bisa jadi kaya kalau bisa jangan
kelihatan kaya coy apalagi dengan
kondisi Indonesia seperti ini kenapa
menurut gua PNS itu nggak boleh jadi
kayak gitu pertama ada konsep yang
namanya kesenjangan sosial jadi gini
kalau di luar negeri itu sebaliknya guys
dibandingkan dengan kita di
negara-negara yang sudah maju PNS itu
dianggap sebagai pekerjaan yang mulia
sama lah kayak kita ngelihat guru
honorer meskipun ya di sana enggak
miskin-miskin banget sih kalau di luar
negeri tapi PNS itu biasanya jauh lebih
miskin daripada orang-orang yang kerja
di swasta dan sebenarnya bisa juga sih
di Indonesia dibilang seperti itu karena
realitanya memang banyak yang gaji dan
tunjangannya itu masih di bawah 2 digit
walaupun udah kerja bertahun-tahun ada
tuh termasuk orang tua gua gua state bus
belakang nih banyak yang seperti itu
udah kerja 20 tahun kerjanya masih
dibawah dua digit gajinya Ya nah tapi
ingat ada konsep yang namanya
kesenjangan sosial beberapa departemen
beberapa bidang beberapa Kementerian di
PNS di daerah-daerah tertentu itu banyak
yang tunjangannya tuh jauh lebih gede
gaji fresh gradenya daripada gaji gua
gitu ya yang ada di swasta daripada gaji
kita-kita yang mungkin sudah oke juga di
swasta misal 20-30 juta lah gua bisa
anggap oke ya kalau di bawah umur 30 ya
gue bisa anggap oke lah ada yang gajinya
seperti itu sama tunjangan sama bonus
dan lain sebagainya belum lagi ada gaji
ke-13 gaji ke-14 kan kadang-kadang ada
seperti PNS juga bagian dari masyarakat
yang bisa jadi terkena kesenjangan
sosial guru honorer tapi bagian kirinya
ada nih PNS yang sudah Gajinya besar
banyak ngeluh lagi ya gua lihat di
Twitter terus sempet ada yang ngeluh
bahkan dari Departemen tertentu dari
bidang tertentu gitu Padahal gajinya gua
tahu itu tinggi dan banyak juga yang
akhirnya ngeluh sih enggak tapi hidupnya
mewah banget flaxing kesana kemari Oh
kayak enggak make sense gajinya sebesar
itu nah ini menjadi salah satu alasan
menurut gua kenapa seorang PNS sebaiknya
gitu udahlah lu enggak usah kelihatan
kayak cuy dan PNS juga kan punya kode
etik ya PNS tuh bekerja dengan
integritas dengan profesionalitas
seorang PNS harusnya tidak memperoleh
keuntungan pribadi itu dari berbagai
pekerjaan yang bukan haknya ya kan
kekayaan yang tidak wajar itu ibaratnya
gini deh lu mau kayak lu dari warisan lu
mau kayak lu dari bisnis orang tuh nggak
akan peduli cuy yang orang pedulikan
adalah di Indonesia ada yang namanya
kesenjangan sosial Kalau gaji gua 2 juta
gaji lu 20 juta sebagai PNS adil enggak
apalagi kalau ternyata kualitas yang
kita rasakan tidak se oke itu ya enggak
Adil dong Iya kan Makanya kalau misalnya
lu adalah PNS yang sudah kaya Please
jangan kelihatan kaya kenapa Karena lu
bisa menciptakan Citra negatif dan
ngerusak lembaga lu meskipun lu enggak
niat seperti itu jadi Ya wajarlah kalau
masyarakat kesel gitu ya sama PNS yang
belaga songong Ya gimana orang Enggak
males bayar pajak gua tadi bilang juga
kan teman-teman gua banyak yang jadi
enggak termotivasi dan beneran cuy
banyak juga yang tidak jadi lapor SPT
gua kenal tuh teman dari teman gua ada
tidak jadi laporan SPT karena kasus ruby
konten kamu so ya itulah argumen gue ya
untuk kebaikan diri lu sendiri dan
kebaikan rakyat seorang PNS sebaiknya
tidak kelihatan kaya Untuk apa untuk
bisa mempertahankan integritasnya
profesionalitasnya dan memang itu
harusnya dijadikan kode etik makanya
menurut gua nggak salah sih kalau ada
BUMN gitu ya atau Ada Kementerian gitu
ya suatu instansi yang memang melarang
anak buahnya fleksing gak salah sih
bagus menurut gua dan Gua yakin ketika
memang sudah enggak ada yang proxing
udah enggak ada yang enggak wajar nih
gaya hidupnya gue Yakin nih teman-teman
pengen les lain yang bersih nih yang
bersih yang enggak makan duit Ya itu
seharusnya enggak bakal Kepaksa lagi
buat ngikutin gaya hidup teman-temannya
Iya kan yang namanya budaya gitu ya ada
yang namanya conformitas kan kalau dalam
psikologi dan Gua yakin conformitas ini
akan terjadi ketika memang budayanya
sudah berubah dan sekarang kebetulan
sepertinya akan berubah nih jadi
teman-teman penis yang bersih harusnya
udah enggak ngikut-ngikut lagi sama PNS
yang kotor misalnya gara-gara ngelihat
Aduh kok banyak ya teman-teman gua yang
hidupnya kayak-kayak gitu ah gua maling
Nah kalau dalam konteks ini harusnya
berhenti karena Oh kok teman-teman gua
hidupnya sederhana Ya udah gua hidup
sederhana juga deh Jadi kan kalau kayak
gini ini bakal ngebuat orang-orang dalam
pemerintahan lebih humble udah lah
jangan coba guru Jangan cuma dosen atau
PNS yang berpenghasilan rendah yang
harusnya humble yang harusnya hidup
sederhana penginnya yang sudah
jabatannya tinggi dan tunjangan tinggi
juga harus sambel Jangan banyak bacot
Jangan sombong gitu ya termasuk keluarga
dan kerabatnya juga
pertanyaannya sekarang Terus harus
gimana ini dengan kasus yang ada
sekarang Oke kalau lo nanya ke gua dan
satu persen dibilang ini salah PNS yang
kerjanya nggak bener bisa jadi dan Kalau
dibilang publik yang ekspektasinya
ketinggian ya sebenarnya bisa jadi nggak
sih karena ya harus fair dong kalau kita
bayar pakai pajak ya lu juga bayar pakai
service yang Oke ini nggak sih kita juga
bayar pajak nggak bisa dibilang sedikit
ya kita bayar pajak ya sekarang sih yang
salah ya PNS yang bikin secara terburuk
di masyarakat yang memang melanggar
hukum yang memang kerjanya nggak bener
yang memang males-malasan dan korupsi
tapi ya udah ya daripada kita harus
salah-salah sekarang mah kita perjelas
Peran kita masing-masing aja pertama
kalau lo adalah publik kalau lo adalah
warga sipil setiap ada hal yang kurang
Oke atau lo lihat enggak adil nih Lu
harus feedback dan laporin Ke instansi
yang bersangkutan Oh ya mau viralin juga
ya terserah lu sih karena itu adalah hak
lo sebagai pembayar pajak dan juga
sebagai dengan banyaknya kasus Sekarang
jujur gua sih seneng ya adanya kontrol
sosial itu bisa mengurangi perilaku yang
buruk meskipun gua juga udah pernah
bilang cancel culture itu bisa jadi ya
buruk juga ya tapi dalam kasus ini Entah
kenapa kayak Kok bisa di justifikasi
gitu ya entah kenapa di otak gua kayak
gitu nah sekarang peran utamanya menurut
gua adalah di PNS itu sendiri kira-kira
bisa ngapain nih dengan adanya kasus
seperti ini nah menurut gua sebagai PNS
juga harus War gitu ya sama yang namanya
Life skills alias skill-skill yang
penting buat kehidupan nah kebetulan gua
udah buat nih kurikulumnya ya kalau lu
Sering nonton lu kasih udah tahu si
segitiga ini ya si kurikulum Life skills
ini PNS harus belajar dua hal menurut
gua dalam kasus ini level 1 ini level 1
beneran nih ada di level 1 ya level
paling bawah pelajari etik dan Man buat
lu semua entah lu pengennya ataupun non
PNS yang punya duit terus lu sekarang
fleksing inget ini punya duit bukan
berarti lu bisa beli kelas bukan berarti
lu bisa beli selera bukan berarti lu
bisa beli manner so pelajarilah yang
namanya attics dan Man Biar apa Biar
enggak kelihatan norak sama biar bisa
lebih sopan biar bisa tahu tempat biar
bisa lebih rame biar bisa memberikan
pelayanan yang terbaik dan tentunya
Jangan melanggar hukum dong itu kan
hettics dan miner yang ditetapkan
benar-benar ya ditulis gitu Itu namanya
hukum jadi attics dan manner yang tidak
tertulis harus dipahami ya etik dan
manner yang tertulis Apalagi itu level 1
simpel Ya gimana caranya untuk ngelatih
atrick dan manner yang kedua perhatikan
resiko digit buat orang yang selalu
dapat sorotan publik dan itu terjadi
semua orang sekarang penting banget
untuk mikir apa yang bakal lu posting
apa yang enggak bahkan belakangan ini
gua juga ngelihat ada PNS yang bilang
rakyat itu adalah babu Wah itu menurut
gua fatap sih jangan sampai lu seperti
itu lu nggak ngapa-ngapain aja bisa aja
di foto sama netizen apalagi lu
ngapa-ngapain lu nggak mikirin resikonya
jadi kita harus lebih hati-hati tapi
hati-hati di sini bukan berarti karena
lu korupsi terus sembunyiin Bukan gitu
ya bukan lu sembunyi-sembunyi karena
sudah melakukan hal jahat ingat Attack
dan benar tadi yang kedua sekarang yang
berperilakulah dengan baik jaga sikap
lah di sosial media ya gitu ya hati-hati
di sini Sebenarnya sama kayak banyak
ajaran agama lah kalau ngapa-ngapain ya
sewajarnya aja berpakaian ya sederhana
aja tapi yang proper dari omongan
sederhana aja tapi yang berkelas dari
tingkah laku juga sama sederhana aja
bisa sewajarnya aja tapi tetap humble
tetap kerja keras publik nggak bisa
disalahkan sekali lagi ya untuk punya
ekspektasi tinggi terhadap kinerja PNS
dan mengubah secara Republik juga enggak
bisa dikeluhkan dong oleh PNS itu
sendiri enggak bisa lah karena steroid
HP itu tercipta juga karena performa
dong ya kan toh kalau pns-nya banyak
yang berubah gue yakin publik juga bakal
maafin kok gue yakin ya kalau gua
kembali lagi nih ke kantor yang sama
misalnya ngurus berkas yang sama dan
kalau gua dipermudah gua bakal kasih
bintang 5 dan bahkan gua juga udah
ngasih beberapa Ya kantor pajak di
Bandung yang menurut gua helpful banget
gua kasih bintang 5 di Google Maps ya
Gua yakin pabrik bakal maafin bahkan
sampai bertes temoda baik bahkan membela
nah ini juga pesan terakhir buat publik
kita kan sekarang lagi masa perubahannya
dan kita tahu lah kultur di pemerintah
enggak bisa berubah
demikian rupa cepatnya gak gampang juga
nih buat publik untuk percaya lagi
terlebih dengan banyaknya kasus yang
selalu ada tiap hari ya Bea Cukai lagi
pajak lagi Bea Cukai lagi pajak lagi
terus ada Kementerian mana lagi ya kan
Apalagi kalau kalian first hand
ngerasain langsung pengalaman buruk itu
tapi Ya udah yuk sebagai publik kita
coba deh sesekali ya yang mungkin
sebulan dari sekarang deh kalau lu nggak
mau sekarang ya dengan baiknya kasus
sebulan dari sekarang lu coba deh
sesekali ngasih kesempatan lagi ke PNS
Kementerian ini juga gua ngomong buat
diri gue sendiri sih karena
jangan-jangan yang bikin mereka jelek
ada stigma dari kita juga kan jadi kita
kurangi stigma-nya kita kasih Second
Chance di luar sana banyak kok Gua yakin
PNS yang kerjanya benar dan penuh dari
kasih bahkan sampai sakit-sakitan juga
mungkin untuk kerja gua juga tahu lah
Kenal beberapa teman beberapa kenalan
yang mereka kerjanya di PNS bukan
malas-malesan kok malah lembur malah
pergi ke sana kemari Iya memang misalnya
ada have fun-nya ada healing-hillingnya
ada tapi gua juga kenal Oh banyak PNS
yang kerja keras banyak PNS yang sampai
lembur banyak PNS yang Wah benar-benar
berimpag langsung eh masyarakat gua
kenal orang yang seperti itu makanya gua
juga kayak mau ngomong di sini memang
dari tadi gua terlalu sering tapi kayak
enggak semua penginnya seperti itu dan
kita juga harus ngasih kesempatan
kalaupun ada orang yang seperti itu kita
kasih kesempatan kedua apalagi buat PNS
yang lu tahu lah gajinya berapa yang
tukinnya enggak sebesar itu gitu
well ngomongin soal etika soal resiko
digital dan soal sopan santun sebenarnya
adalah masalah semua orang ya bukan cuma
PNS di dunia ini juga ada banyak orang
yang nyebelin orang yang sombong orang
norak Orang sok kaya selain PNS tentunya
menyebalkan Tapi lagi-lagi terakhir gue
cuma mau ngasih tahu karena di sini
Kebanyakan orang yang nonton adalah umur
18-30 kalau misalnya lu ngerasa nih di
umur
18-20-an gitu atau bahkan 30-an kalau lu
ngerasa masih ada masalah dalam matic
dan manner ya saran gua lu belajar dari
sekarang di satu persen ada webinarnya
gitu ya Ada beberapa topik yang
berkaitan dengan hal yang tadi kayak
misalnya webinar etik dan banner dari
live skill ID dan satu persen sesuai
dengan Kurikulum kita ya lu bisa lihat
kurikulumnya ini webinar yang paling
laku di korporat sebenarnya biasanya eee
kalau kita promoin paling banyak dibeli
yang ini kalau di korporasi kalau
dibitubi Tapi lu juga bisa akses selalu
individu ya lu bisa akses di satu
persen.net kalau lu mau ikut dan yang
kedua lu juga bisa daftarin organisasi
atau perusahaan lu di program in house
training-nya dan satu persen live skill
ID itu apa sih Bang Id adalah sister
company 1% yang mana memang kita
nyediain training kita nyediain webinar
organization development psikotes dan
lain sebagainya Jadi kalau misalnya lo
ngerasa aduh anak buah gua kaga sopan
dan lain sebagainya Silahkan daftar aja
ya kalau lu tertarik nanti lu dan tim lo
bakal belajar Gimana caranya ningkatin
produktivitas dan juga ya ningkatin
hattacks dan banner dan ada berbagai
tema lainnya juga terakhir kalau
misalnya lu ngerasa ya bahwa masa lalu
yang seperti ini yang flexing dan lain
sebagainya ternyata ngasih dampak buruk
sendiri maupun orang lain misalnya orang
nganggap Nora gitu ya orang nganggap lo
pamer orang yang gak perlu nyebelin lu
nggak punya temen selain ikut webinar
gua saranin lu untuk jangan lupa
konsultasi ke psikolog dan juga
mentornya satu persen lo bisa cerita tuh
ya tentang masa lalu gue juga sempat
beberapa kali dapat lain apa yang
seperti ini juga yang akhirnya belajar
jadi lebih baik gitu ya nanti Masa Lalu
bakal digali sampai lebih dalam dan
tentunya bakal dapat solusi yang oke
juga tambah lagi dengan analisis kita
tes biar nanti lu tahu akar Masa lalu
itu apa ya jadi jangan ragu untuk
konsultasi lah Siapa tahu memang lu
butuh Oke sebagai ucapan terima kasih
karena lo udah nonton video kali ini
sampai habis Gua mau ngasih lu worksheet
gratis yang bisa ngebantu lo buat
improve ya keseharian lu linknya udah
gua taro di description box di sana juga
ada link rekomendasi kertas online
gratis yang bisa banget lu manfaatin
jangan lupa dicek as all Akhir kata ya
terakhir gua mau minta maaf ya kalau
misalnya ada salah-salah kata dan please
kalau misalnya lu ada tanggapan apapun
taruh di komen section aja gua Evan di
satu persen well text