Berbicara Soal Apa Itu "Cancel Culture" dan Hukum: Apakah Efektif?
-3QJLGI7wtI • 2023-04-16
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Sebelum kita mulai gua ada satu
pertanyaan apa yang lo pikirin ketika
mendengar kata hukuman Mungkin beberapa
diantara lo mikir kalau hukuman itu
adalah denda penjara perampasan aset
hukuman mati cancel culture dijauhin
sama semua orang nggak boleh sekolah
nggak boleh kerja lagi dan lain
sebagainya Intinya kita semua pasti
punya standar yang berbeda tentang
hukuman yang pantas didapatkan seseorang
contohnya di kasus yang sekarang lagi
viral kasus yang melibatkan inisial Age
dan MD fast furise keluar dan viral di
mana-mana banyak banget pro dan kontra
yang muncul ada yang oke udah puas lah
gitu Ya emang udah pas gitu Ada yang
pengen hukumannya lebih berat bahkan ada
juga sebagian orang yang malah
sebenarnya mungkin nggak peduli kayaknya
ya sama hukumannya tapi lebih peduli
sama Kenapa ini anak 15 tahun udah
melakukan hubungan seks berkali-kali
dengan gua nggak tahu satu atau lebih
orang kali ya Dan ini pun akhirnya bikin
gua mengernyit gua gitu ya kayak Anjir
bisa juga kayak gini ya kehidupan di
Indonesia gitu dan itu pertama dan yang
kedua gua akhirnya mikir gitu dan ini
sebenarnya Emang pikiran gua dari dulu
gua merasa bahwa sistem hukum yang
sekarang ada itu gak efektif menurut gua
sistem hukum yang sekarang tuh nggak
ideal so Selamat datang di segmen
terbaru kita yaitu jurnal investigasi
dimana gua bakal menginvestigasi kasus
yang lagi viral di media sosial secara
mendalam supaya lo bisa mendapatkan
pelajaran penting dari fenomena tersebut
tentunya dengan menggunakan perspektif
Life skills kurikulum dari satu persen
dan juga menggunakan opini gue pribadi
dan juga dari data hari ini kita bakal
bahas tentang Gimana cara terbaik
menghukum orang jahat dan Toxic simak
sampai habis Biar lo bisa dapat
keseluruhan Inside
[Musik]
pertama Kenapa sih manusia itu harus
dihukum ya kita tahu lah gitu ya melukai
orang lain itu adalah hal yang salah
melawan hukum adalah hal yang salah tapi
kenapa orang harus dihukum dan hukuman
yang sekarang terjadi adalah yang
seringkali yang mengambil sesuatu lagi
dari orang itu kayak kalau orang melukai
kita atau melukai anak kita misalnya
kita penjarakan akhirnya kita mengambil
kebebasan mereka kalau kita misalnya
dirasa dirampas sesuatunya oleh orang ya
kita ngasih denda lah ke mereka atau
kita misalnya menghukum secara perdata
gitu kita minta mereka untuk balikin
duit dengan jumlah lebih banyak kenapa
sih hukuman itu jadi dibenarkan well
menurut gua ada 3 perspektif dalam poin
Kenapa hukuman itu harus dijalankan ya
dan gua setuju memang hukuman tuh harus
dijalankan tapi ada tiga perspektif
berbeda dalam menghukum orang pertama
adalah perspektif Retribution
Retribution adalah hukuman yang
diberikan sebagai pembalasan atas
kesalahan yang telah lakukan Kayak
misalnya gini kalau lo ngegebuk gua gitu
kalau lu mukul gua atau kalau merugikan
gua Iya gua harus merugikan lo juga
dengan ya nilai yang setara contohnya
ada istilah and high for and high jadi
kayak kalau misalnya lu ngambil mata gua
ya gua ambil mata lu menurut teori
retribusi hukuman kayak gini diperlukan
untuk menjaga keseimbangan moral dalam
masyarakat jadi ketika seseorang
ngelakuin kesalahan ya mereka harus
bayar dong gitu ya Dosa mereka supaya
masyarakat itu tetap Balance enggak ada
yang di atas banget habis dipenjara nih
koruptor tapi masih tetap kaya gitu itu
enggak ada gitu ya dan tentu retribusi
ini juga sangat kental dengan ya
ngomongin soal balas dendam pasti
ngomongin soal emosi ngomongin soal
kepuasan diri ya puas banget lah si
Maksudnya enggak ada yang bisa
memungkiri bahwa ya kalau kita ngelihat
orang yang menyakiti kita menderita kita
bakal puas entah lu yang menyakitin dia
balik atau orang lain yang kedua adalah
eee deterrence atau pencegahan nah ini
adalah hukuman yang bertujuan untuk
mencegah kejahatan lebih lanjut baik
oleh pelaku maupun orang lain yang
mungkin terinspirasi dari tindakan
mereka atau ada orang yang memang
psikopat gitu ya suka mukulin orang
tanpa merasa bersalah dipenjara biar
bisa mencegah bahwa kejadian itu akan
ditiru oleh teman-temannya gitu kayak
kliping misalnya di penjara gitu Kalau
bisa kenapa karena itu udah jadi culture
gitu kan di Jogja guys Nah itu adalah
untuk mencegah gitu ya ditrance siapapun
yang berani ngelakuin itu nah yang
ketiga itu adalah rehabilitasi hukuman
yang membantu pelaku kejahatan
memperbaiki diri dan kembali ke
masyarakat sebagai individu yang lebih
baik dan menurut gua rehabilitasi itu
bukan hanya untuk pelaku kejahatan tapi
juga untuk korban kejahatan dan sesuai
gua tuh sangat Pro dengan rehabilitasi
ini at least sampai sekarang ya kecuali
kalau ada argumen lain ya jadi hukuman
tuh Enggak cuma tentang membayar dosa
tapi juga tentang memberikan kesempatan
bagi pelaku maupun korban untuk belajar
yang menjadi pertanyaan Indonesia tuh
nerapin perspektif hukuman yang mana Dan
apakah itu efektif dan masyarakat tuh
percayanya yang mana ya kalau masyarakat
itu ada jelas lah
masyarakat biasanya lebih percaya yang
Retribution sama diterens udah udah
clear lah maksudnya banyak orang-orang
bacot gitu koruptor dihukum mati aja di
penjara aja Jangan asetnya jangan dingin
ya rata-rata ngomongin soal ditrance dan
Retribution kita bakal bahas itu
kita Berhentilah ya ngomongin soal kasus
AG dulu gitu Gua mau nanya sama lo
tentang kasus yang lain kalau misalnya
ada orang yang korupsi ngerugiin
masyarakat milyaran triliunan Mbak
kira-kira apa sih hukuman yang tepat
buat orang itu kalau ngomongin
masyarakat Ya pastilah ya hukuman mati
penjara seumur hidup potong kelamin
maksudnya Biar apa Biar si pelaku kapok
dan enggak ngelakuin kejahatan yang sama
Which ini masuk ke Retribution dan
ditrance gitu tapi apakah pendekatan
hukuman yang kayak gitu bakal worth
jawabannya ternyata menurut gua dan
menurut reset ternyata enggak bahkan
memenjarakan atau menghukum mati pelaku
sebenarnya enggak ngasih manfaat apa-apa
buat korban buat Society dan bisa jadi
Profesor hukum di University of Chicago
yang ngejelasin kalau Retribution itu
sebenarnya ide yang user Kenapa karena
itu enggak bisa mengubah masa lalu atau
membantu masa depan kayak jalur
Retribution tuh cuma untuk memuaskan
emosi aja yang sebenarnya kalau
dipertanyakan lagi apakah emosi
untuk dipuaskan sebenarnya emosi kan
jangka pendek guys ya yang namanya emosi
dan mood jangka pendek of course trauma
jangka panjang ya mungkin buat lo yang
gamers banyak dari lu yang kayak main
The Last of Us Part 2 lu sebagai Ellie
yang sebagai pemeran utamanya kan itu lu
udah usaha berbulan-bulan untuk
ngedapetin pembunuh si Joel orang yang
dianggap Ayah lah sama si Elly dia udah
berusaha kemana-mana sampai perutnya
sakit sampai dan lain sebagainya tapi
ketika ketemu apa yang dilakuin sama
Elly dilepasin cuy dan jujur banyak pro
kontra soal ini kok lu bisa ngelepasin
orang yang udah ngebunuh orang yang udah
jadi seperti bapak buat loh well
jawabannya adalah karena ya pada
akhirnya si Eli sadar gitu bahwa dendam
atau retribusi ini enggak akan ngebawa
dia ke mana dan gua jujur suka banget
sama endingnya last office part 2 ya
terlepas dari segala kontroversi
game-nya gitu Jadi tiap pada akhirnya
balas dendam tuh memang sering banget ya
di frame sama sebuah film atau game atau
apapun itu sebagai sesuatu yang buruk ya
tuh event Sasuke gitu pada kita juga
menyadari bahwa Ya udahlah gua udah
berantem sama Naruto sampai segininya
gitu kan Ya udah dan gue juga sadar
bahwa yang dibutuhin sama Sasuke sama
Elly sama orang yang terjebak dendam di
luar sana Sebenarnya bukan retribusi
ketika elu udah ketemu nih sama si Ebi
yang udah ngebunuh Joel udah sebenernya
cuma butuh Ngelihat dia lagi menderita
gue cuma butuh mukul di gua enggak perlu
ngebunuh dia Gua enggak perlu jadi lebih
buruk daripada orangnya udah ngebunuh
gua Jadi intinya adalah killing doesn
bring back Justru malah bisa jadi ada
dampak-dampak lain dan ini enggak akan
bikin si korban tiba-tiba jadi sehat
Justru malah ngebentuk rantai kebencian
dan balas dendam dan sebenarnya cerita
the last office tuh gitu ya Satu
ngebunuh siapa dan yang anaknya ngebunuh
si orang gitu lagi terus anaknya lagi
pengin ngebunuh orang gitu dan menurut
banyak orang termasuk salah satu yang
mau gua kutip Magandi ini tuh berbahaya
Kenapa karena sebaiknya manusia harus
belajar buat menuntut keadilan tanpa ada
keinginan untuk balas dendam apalagi di
dunia modern kalau semisal dendam itu
dibayarin terus kita jadi menaruh fokus
ke hal yang salah idealnya hukum itu
dibikin untuk membuat dunia jadi lebih
baik untuk membuat diri lu sendiri jadi
lebih baik bukan pelampiasan yang marah
atau dendam yang notabene lumayan
hopeles hukuman itu harus dilandasi sama
semangat harapan cinta kemanusiaan dan
tekad buat ngebangun masa depan yang
lebih baik gua tahu ini kayak bullshit
gitu ya tapi gua merasa di beberapa
kontak justru jalur damai jalur perdata
itu bisa jadi opsi terbaik Kenapa karena
ini bisa ngasih win-win solution buat
semua pihak meskipun pidana juga tetap
diperluin gua nanti bakal ngasih tahu ee
perspektif gue tapi of course prostitute
gua ini bukan berarti yang paling benar
ya dan gua juga bukan ahli hukum gua
memandang ini dari pandangan gua sendiri
dan riset yang of course gua dan tim
kumpul kita di sini ibaratnya udah
ngelihat banyak hukuman banyak kasus
Yaudah kita diskusi yuk gitu biar kita
bisa ngasih ide nih biar kita bisa bikin
eh berbagai macam kasus yang ada
sekarang jadi semacam pemicu lah untuk
membuat hukum di Indonesia jadi lebih
baik jadi jangan pikir kayak Oke dengan
gua bikin video kali ini gua banyak
kebencian atau gimana Enggak cuy dan gua
juga akan ya mengubah opini gue sih
kalau misalnya itu memang fakap
Indonesia itu sebenarnya faktanya ya
susah percaya sama jalur damai ya ini
jalur yang tadi gua lumayan Pro yang
cukup gua percaya Indonesia tuh bahkan
bisa dibilang belum siap buat nerapin
sepenuhnya konsep rehabilitasi kayak di
ya negara-negara
skandinavianordik dan lain sebagainya
gitu ya yang basically kejahatannya juga
rendah Kenapa rehabilitasi bakal susah
dilakuin di Indonesia dan mungkin sudah
susah gitu ya mungkin enggak bakal works
pertama rehabilitasi itu Indonesia itu
masuk ke peringkat 4 negara dengan
jumlah napi terbanyak di Asia yaitu
sekitar 270.000-an Coba kalau biaya buat
Rehab satu orang itu 10 juta kali
270.000 itu aja udah habis 2,7 triliun
buat rehabilitasi yang sangat minor 10
juta Gitu bahkan bisa jadi angkanya
lebih tinggi daripada itu dan memang lu
rela sebagai rakyat kurang segede itu
dipakai buat Rehab lain lu ngerehat
orang tolol guys yang bawahnya ngerehat
orang goblok gitu oke Make sense Ya udah
gitu enggak apa-apa kalau memang itu
opinion gua juga mungkin akan propinsi
yang sama kayak tetap jahatin dan gue
juga pernah beropini yang sama kayak
Anjir ini mah orang gak akan berubah
gitu kan Oke firepoint gitu ya yang
kedua kualitas penjara yang juga
sebenarnya nggak sebaik itu dengan
jumlah napi sekitar 270.000 kalau dari
data kemenkeu penjara Indonesia tuh cuma
bisa nampung
135.6p doang artinya ini udah over
kapasitif dari segi kuantitas aja udah
kurang dari segi kualitas penjara di
Indo itu nggak proper dan kadang malah
terlalu menyiksa si napinya gitu malah
bahkan ada berita-berita kayak lu kalau
di apa ya kalau dipenjara lu bakal
disodomi gua enggak tahu itu benar atau
enggak Tapi itu kayak Anjir paka banget
ya kan kayak bayangin dulu misalnya
nggak tahu di penjara karena dijahatin
orang dijebak lah sama orang gitu terus
lu masuk penjara lu disodomi
Astagfirullah Ya intinya penjara di
Indonesia bisa dibilang belum proper
beda banget sama sistem penjara di
Norway misalnya penjaranya mungkin lebih
bagus daripada kosan lu dan ini jujur
lebih bagus daripada kosan gua kuliah
dulu ya itu pas gua masih miskin jadi
secara fasilitas dan harus ditektur di
penjara-penjara dinorway itu bikin
nyaman banget buat rehabilitasi dan
memang fokusnya di sana itu lebih ke
rehabilitasi that's why kejahatan juga
kecil dan negara itu sangat memproteksi
ya kebutuhan masyarakat sampai-sampai ya
orang kalau mau jahat ngapain Tapi
Indonesia ya Enggak bisa lah gitu belum
bisa gue bilangnya untuk kayak gitu Dan
mungkin bukan cara yang paling tepat
juga kalau kita bandingin Apple to Apple
sama sekali Navya ya terus yang ketiga
sentimen negatif dari pelaku di negara
Indonesia juga sebenarnya cukup tinggi
meskipun netizen Indonesia tuh bisa
dibilang cepat jadi pemarah Tapi cepat
lupa juga dua hari Enggak ada kasusnya
enggak ada kabar ya udah sebenernya udah
enggak diomongin lagi kalau pelakunya
enggak aneh-aneh enggak klarifikasi
enggak jelas gitu ya Misalnya deh ya
udah bakal dilupain aja gitu nah tapi ya
kita enggak bisa pungkiri bahwa ya
sentimen negatif cukup tinggi gitu dan
ada juga bukan cuma sentimen masyarakat
kapal aku tapi juga ke penegak hukum
Makanya kalau ada Hakim yang bilang ini
tuh buat restoratif Justice dan lain
sebagainya ia kagak bakal percaya orang
Indonesia karena ya lu mungkin korup Iya
nggak sih gitu ya gue juga mungkin sudah
atau akan mengeluarkan video tentang
Kenapa PNS itu dianggap korup ya di
Indonesia itu nanti lu tunggu aja kalau
belum keluar tapi intinya kepercayaan
masyarakat Indonesia ke penegak hukum
itu cuma 50% dan ini lumayan kecil ini
nunjukin kalau Sebagian besar masyarakat
Indo itu udah enggak percaya sama para
penegak hukum ya Enggak bisa dipungkiri
lah enggak bisa nyalain masyarakat juga
sih so udah kita ragu sama pelaku ragu
juga sama pihak buruan terus gimana
rumusnya kalau menurut lu fun memang
untuk ngasih hukuman yang adil ke orang
yang Toxic dan ke orang yang jahat nah
gua bakal ngasih tahu rumus hukuman yang
terbaik kalau Menurut gua kalau lo nanya
gua nanya satu persen gitu ya Apa
hukuman paling efektif paling win-win
solution buat semua orang jawabannya
adalah gabungan dari ketiga hal tadi
gabungan dari retribusi lalu pencegahan
lalu rehabilitasi atau kalau bahasa
manusianya ya bahasa manusia awamnya
adalah gabungan antara pertama penjara
kedua denda dan ketiga rehabilitasi kita
contoh ambil kasus korupsi ya Menurut
gua kasus korupsi Itu harus dikasih
tiga-tiganya retribusi alias penjara
denda nah ini juga yang lagi
diperjuangin sama beberapa orang ya
tentang undang-undang perampasan aset
yang lagi rame meskipun gua nggak bakal
komen jauh ke sana karena gua belum baca
juga By the way gitu ya sama
rehabilitasi nah Gua ngelihat kalau
misalnya koruptor baiknya gimanain Ya
penjarain dong penjara ini berapa lama
Fan kalau menurut gua penjara ini pelaku
apalagi misalnya anak kecil Teteh
misalnya Age gitu Itu sebenarnya kalau
penjaranya udah Sesuai dengan standar
kita maksudnya kayak ya oke penjara tuh
nyaman tapi dipenjara lu nggak bisa
ngapa-ngapain lu nggak bisa seenaknya
dan ibaratnya kayak di penjara tuh lu
setahun nih 6 bulan atau sampai setahun
atau dua tahun gitu lu cuma bisa
merenung doang meratapi kejadian gitu ya
sama ya meratapi tentang kebebasan yang
hilang sebenarnya segitu aja cukup
Maksudnya mau lu rugiin satu triliun
atau berapa penjara 1-2 tahun untuk
orang dewasa Menurut gua kalau ya
mungkin 3-9 bulan 3 sampai 12 bulan
untuk anak-anak cukup cukup karena
pertama kalau buat anak-anak ya lu
kehilangan sekolah gitu ya selama
setahun itu aja udah [ __ ] up buat orang
biasa putus sekolah setahun sebenarnya
udah bisa dibilang kakap sih satu
setengah tahun gitu kalau si Age aja kan
sekarang 3 tahun 6 bulan ya vonisnya
Meskipun bisa keluar lebih cepat bisa
jadi ini udah proporsional mengingat
masih muda meskipun kayak tentu bukan
gua ya Yang bisa menghardik atau
menjudge gitu seberapa proporsional tapi
dari opini Gua udah cukup proporsional
Gitu ya Jadi menurut gua 6 bulan sampai
2 tahun cukup untuk kasus korupsi atau
kasus apapun tapi catatan hukuman
penjara ini harus transparan jangan
sampai ada ketololan gitu misalnya
dipenjara tapi ada TV ada PS ada AC lu
bisa keluar kapan aja gitu ya kayak
mungkin dugaan di kasus setnov
sebelumnya yang sempat digeruduk sama
Mata Najwa gitu ya gitu kayak [ __ ] up
sih kalau misalnya kayak gitu ya kalau
gitu mah penjara 15 tahun 20 tahun juga
nggak ngaruh sih itu yang pertama
penjara 6 bulan sampai 3 tahun gitu
nggak usah lama-lama gak usah lama-lama
kalau misalnya nggak ada urgensi lah
gitu kecuali kalau memang orangnya ya
psikopat atau apa yang jadi pencegahan
ya okelah gitu ya yang kedua dipenjara
aja nggak cukup bukan hanya retribusi
tapi juga lu juga harus dapat investasi
coy sebagai korban harta orang yang
korupsi harta orang yang ngejahatin kita
harus dirampas dong harus dimiskinkan
harus dibebankan banyak utang oke nggak
apa-apa penjara 2 tahun tapi hutangnya 2
triliun lu kebayang nggak kalau misalnya
kayak gitu misalnya ada orang korupsi
dua triliun dimiskin kan hartanya
dikasih lagi ke negara atau kekorban
pencuriannya terus habis itu dia harus
bayar dua kali lipat 3 kali lipat enggak
boleh kerja lagi di bidangnya sampai
hutang-hutangnya itu lunas dan kalau
misalnya lu dijahatin sama orang gitu ya
dan lu demen duit ini tuh sering banget
kalau di Indonesia tuh dianggap buruk
itu padahal sebenarnya kemarin dulu gua
sempet denger ada kasus kekerasan
seksual ada Yayasan gitu kayak lembaga
bantuan hukum atau apa gitu gua lupa itu
sempat ngebantu nuntut orang yang
melakukan kering seksual dan jalan yang
diambil adalah damai nah dan gua Seneng
banget dong kayak Wah Anjir keren juga
ya Damai Tapi ditagih tuh dua M apa 1m
gitu tapi yang bikin gue Bete adalah si
netizen malah ngerujak pihak korban dan
menurut yayasan yang ngebantunya ini
dengan narasi Allah Yayasan Pengen duit
doang Halah ini mah korban sok-sokan
dilecehkan Alah ini mah korban diperkosa
Mau enaknya aja gitu misalnya karena
nuntut duit ya cuy Anjir itu tuh
rehabilitasi itu rehabilitasi itu tuh
kayak ya Selain pencegahan juga
rehabilitasi pertama karena ya lu habis
diperkosa misalnya nih ya Lo harus saya
ambil tasi dong Iya kan lu Butuh duit
untuk rehabilitasi konselingnya jadi
satu persen itu satu kali sesi
200.300.000 kalau orang kena kekerasan
seksual bayangin harus berapa sesi nggak
tahu tergantung kasusnya Ya dong bisa
jadi cuma 10 kali misalnya bisa jadi
cuma sekali bisa jadi harus 10 kali bisa
juga harus ratusan kali bertahun-tahun
makanya make sense menurut gua gitu
Kalau misalnya Jalan Damai itu dilakuin
ya Meskipun tentu lagi-lagi Jalan Damai
ini bisa jadi nggak work juga ya karena
nanti orang kaya seenaknya dan lain
sebagainya Iya oke gua terima argumen
itu tapi dalam konteks ini anggap aja
pelaku itu dimiskinkan pertama bakal di
miskin kan sepenuhnya terus berapa puluh
persen hartanya dipakai buat
rehabilitasi pelaku sama korban itu
bakal keren banget sih Menurut gua kalau
bisa kayak gitu dan korban perasaan
seksual bukan cuma butuh konseling doang
kan dia butuh biaya makan bayangin kalau
lo nggak perlu konseling lu nggak perlu
ngabisin waktu sejam 2 jam dong untuk
transportasi ke tempat psikolognya atau
nyiapin dulu lu mau cerita apa ya kan
itu kan kerugian waktu Kalau gaji lu 10
juta rugi waktu sejam sampai 3 jam itu
bisa ratusan ribu cuy ya kan kalau lu
punya bisnis lo ada wiraswasta terus
diperkosa bisnis lu mungkin enggak bisa
jalan se oke itu setelah diperkosa ya
kan that's why menurut gua me-miskinkan
orang dalam konteks pencegahan agar dia
enggak seenaknya kalau dia adalah orang
kaya atau orang miskin biar Ya udah
biarin kelilit hutang aja gitu sama
negara maupun sama korban yang menurut
gua itu adalah hal yang Oke sih daripada
kita memenjarakan orang tersebut sampai
100 tahun kagak ada untungnya buat kita
malah rugiin duit pajak yang enggak sih
buat ngasih makan mereka di penjara atau
bahkan bisa kabur seenaknya kesana
kemari karena suap sana sini gitu ya
jadi yang kedua harus ada faktor
rehabilitasi gitu buat pelaku dan juga
buat korban pelaku nanti duitnya
dikelola lah sama swasta atau sama siapa
gitu ya ya buat rehabilitasinya dia jadi
psikolog datang tuh tiap hari gitu ya
Misalnya gitu ya kayak melakukan
psikological check up dan lain
sebagainya biar dia nggak goblok lagi
gitu ya kan Make sense sih oke itu yang
kedua yang ketiga nah jangan lupa harus
ada faktor pencegahan gitu ya jadi
jangan sampai ngelakuin kejahatan yang
sama jadi penjara jangan lupa setelah
dipenjara juga diawasin lagi tentunya
sama ya pemerintah dan kalau memang
orang itu enggak bisa nih dipenjara form
reasons gitu ya entah itu yang kotaknya
enggak beres lah gitu ya kalau psikopat
kan misal enggak bisa merasakan rasa
bersalah gitu itu harus ada faktor
pencegahannya hal yang jadi pertanyaan
sekarang kan gua percaya nih ya rumus
ini tuh bisa menjamin win-win solution
buat semua orang ya Meskipun belum tentu
juga Tergantung situasi dan kondisi ya
Kalau mungkin gua nyampai nih Ide ini di
Norway bisa jadi oke tapi kalau di
Indonesia ya susah itu apalagi sekarang
makin rame yang namanya cancel culture
gue bakal bahas ini di part terakhir gua
bakal bahas tentang problematika dan
juga benefit dari cancel culture
cancel culture itu apa sih cancel
culture itu adalah kondisi ketika publik
ngerujak orang sih gitu yang ngerujak
orang rame-rame di internet atas
perilaku problematik yang dilakukan oleh
orang tersebut dan Kenapa namanya cancel
gitu karena orang yang dibacotin ini
bakal di cancel dari semua hal yang dia
awalnya kerjain ibaratnya gini lu adalah
brand Ambassador sebuah brand terus lo
ngelakuin keburukan ya lu jangan lu
cancel lah kerjaan gitu jadi justru
enggak boleh kerja di sana lagi di
cancel dan cancel culture ini sebenarnya
bukan fenomena baru gitu ya ya ratusan
tahun yang lalu ribuan tahun yang lalu
juga ada kalau dulu mungkin kalau lu
lihat Game of Thrones di season 7 atau
season 6 gua lupa si share si lenister
juga kan dia disuruh keliling gitu oke
keliling kampung gitu kan di arah ketika
dia sudah melakukan kejahatan itu zaman
dulu tapi bagusnya adalah kalau zaman
dulu habis di arah kelar sekarang
fenomena cancel cutter kagak kelar-kelar
bahkan udah bertahun-tahun lalu bisa aja
Muncul lagi pasti netizen bakal
habis-habisan saja kasus dan pelaku
saking bahayanya menurut gua jejak di
istana ini gua taruh di kurikulum Life
skills yang level 2 saking gue mikir
bahwa ini sebaya itu jejak digital itu
bisa ngancurin hidup orang di sisi lain
cancel culture juga bisa jadi tools yang
Oke buat mengejar keadilan gitu ya
apalagi buat orang yang tidak bisa
diadili gitu tanpa di cancel gue sepakat
tapi ya pada akhirnya yang jadi
problematika adalah cancel kacer ini
sangat berpotensi dieksploitasi bahkan
oleh orang yang punya kuasa itu sendiri
bayangin ada bazar buzzer lah Ada apalah
menyebarkan ketakutan dan lain
sebagainya bahkan sampai ngancem
followers gua bakal nyerang loh kalau lu
kayak gini gua viralin loh itu ya orang
jadi ragu berekspresi orang jadi ragu
member resiko orang jadi takut ngelakuin
ini itu karena takut di cancel padahal
bukannya harusnya negara ini melindungi
first speech dan melawan HD speech Ya
tentu ada undang-undangnya sih ya tapi
sampai detik ini yang jelas kita belum
punya teknologi yang bisa ngebedain head
speech dan free speech gitu kan jadi ya
Gua biasanya sih gua nge-reat
kasus-kasus kontroversial atau gue speak
up di YouTube gitu ya gue harus PHP di
YouTube aja gitu jarang gue spek up di
IG atau di Twitter di mana Di 2 platform
itu biasanya kan nggak dikurasi lebih
dalam ya kalau gua di YouTube ya etlist
Sebelum gua ngeluarin video gua akan
mengkorasi bersama tim benar atau enggak
ada nih sebagainya jarang gitu gua bahas
kasus yang kayak gini tuh di IG atau di
Twitter yang pribadi gitu karena
takutnya memang ketika gua bahas itu
cuma faktor emosi gua doang dan takutnya
jadi nyebar ke mana-mana gitu ya gua
sebagai mungkin salah satu dalam tanda
kutip influencer walaupun gua enggak
pernah mikir gua influencer gitu susah
gitu untuk memilih dan memilah Siapa
Yang Pantas Di viralin siapa yang tidak
pantas apakah boleh atau enggak boleh
nge-cancel dan siapa yang sudah tentu
bersalah udah jelas buktinya dan belum
tentu bersalah karena dulu aja
kesempatan yang ke prank ya pas kasusnya
ini justice for Audrey ingat enggak
beberapa tahun lalu ya jadi itu adalah
problematika dari cancel culture
terakhir of the day perjalanan buat
menemukan sistem hukuman yang ideal
memang banyak tantangan dan Gua yakin
dalam waktu dekat kita bakal dibantuin
sama Ai Kalau Yai udah bisa punya banyak
data tentang diri kita maupun kejahatan
maupun kamera CCTV yang ada di mana Tapi
itu juga menurut gua bakal mengerikan
karena masa depan mungkin nanti bakal
dipenuhi sama kamera surveilans di satu
sisi kayak menyeramkan karena bakal
mengurangi free speech demokrasi di sisi
lain kita juga butuh pengawasan yang
ketat juga sih ya butuh video di
mana-mana biar nanti orang enggak
seenaknya balik lagi ke hukum ya
lagi-lagi marah-marah ke pelaku Jangan
sampailah nanti lu misalnya jadi korban
Terus lu marah-marah ke pelaku atau
misalnya lu melakukan cancel cutter atau
apapun lah ya apapun yang lo lakuin
kalau bisa ya jangan ngerugiin diri
sendiri gitu Enggak salah kok untuk
orang mau memidanakan orang enggak salah
orang mau rehabilitasi enggak salah
untuk orang mau punya keinginan untuk
menghukum orang Sesuka apapun tapi kalau
dari perspektif gua jangan lupa sama 3
konsep tadi pencegahan pidana of course
penjara dan juga rehabilitasi dan ganti
rugi tentunya gitu
juga berharap semoga kedepannya Justice
System Sistem Hukum bisa lebih adil lagi
Indonesia bisa lebih baik lagi mungkin
bukan sekarang tapi gua berdoa buat itu
dan gua juga ingin menyampaikan simpati
kepada orang-orang yang sekarang ini
lagi dijahatin orang lagi kena kasus
terkhusus buat David dan juga ya
temen-temen yang lain dan juga kemarin
juga banyak kasusnya ya dari salah satu
pihak ke pihak lain Semoga itu bisa
dapat hukuman yang setimpal dan yang
adil dan yang win-win solution buat
semua orang oke buat lo yang termasuk
orang yang butuh rehabilitasi gue juga
mau ngabarin bahwa satu persen
menyediakan konseling dan mentoring itu
kita juga udah pernah ngebantu beberapa
korban pelecehan seksual yang tentunya
kita nggak bakal sebut namanya baik itu
yang terkenal maupun yang tidak gitu ya
Kita pernah kasih beberapa konsep secara
gratis dan buat lo yang ngerasa lu dapat
kejahatan jangan lupa juga buat diri lu
sendiri untuk rehabilitasi kalau lu
pelaku jangan lupa juga untuk
rehabilitasi gitu ya Salah satu caranya
adalah dengan konseling atau mentoring
di satu persen
thank you banget dan nonton video ini
Akhir kata gua evangelistu persen well
thanks
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:18 UTC
Categories
Manage