Transcript
-3QJLGI7wtI • Berbicara Soal Apa Itu "Cancel Culture" dan Hukum: Apakah Efektif?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0657_-3QJLGI7wtI.txt
Kind: captions Language: id Sebelum kita mulai gua ada satu pertanyaan apa yang lo pikirin ketika mendengar kata hukuman Mungkin beberapa diantara lo mikir kalau hukuman itu adalah denda penjara perampasan aset hukuman mati cancel culture dijauhin sama semua orang nggak boleh sekolah nggak boleh kerja lagi dan lain sebagainya Intinya kita semua pasti punya standar yang berbeda tentang hukuman yang pantas didapatkan seseorang contohnya di kasus yang sekarang lagi viral kasus yang melibatkan inisial Age dan MD fast furise keluar dan viral di mana-mana banyak banget pro dan kontra yang muncul ada yang oke udah puas lah gitu Ya emang udah pas gitu Ada yang pengen hukumannya lebih berat bahkan ada juga sebagian orang yang malah sebenarnya mungkin nggak peduli kayaknya ya sama hukumannya tapi lebih peduli sama Kenapa ini anak 15 tahun udah melakukan hubungan seks berkali-kali dengan gua nggak tahu satu atau lebih orang kali ya Dan ini pun akhirnya bikin gua mengernyit gua gitu ya kayak Anjir bisa juga kayak gini ya kehidupan di Indonesia gitu dan itu pertama dan yang kedua gua akhirnya mikir gitu dan ini sebenarnya Emang pikiran gua dari dulu gua merasa bahwa sistem hukum yang sekarang ada itu gak efektif menurut gua sistem hukum yang sekarang tuh nggak ideal so Selamat datang di segmen terbaru kita yaitu jurnal investigasi dimana gua bakal menginvestigasi kasus yang lagi viral di media sosial secara mendalam supaya lo bisa mendapatkan pelajaran penting dari fenomena tersebut tentunya dengan menggunakan perspektif Life skills kurikulum dari satu persen dan juga menggunakan opini gue pribadi dan juga dari data hari ini kita bakal bahas tentang Gimana cara terbaik menghukum orang jahat dan Toxic simak sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan Inside [Musik] pertama Kenapa sih manusia itu harus dihukum ya kita tahu lah gitu ya melukai orang lain itu adalah hal yang salah melawan hukum adalah hal yang salah tapi kenapa orang harus dihukum dan hukuman yang sekarang terjadi adalah yang seringkali yang mengambil sesuatu lagi dari orang itu kayak kalau orang melukai kita atau melukai anak kita misalnya kita penjarakan akhirnya kita mengambil kebebasan mereka kalau kita misalnya dirasa dirampas sesuatunya oleh orang ya kita ngasih denda lah ke mereka atau kita misalnya menghukum secara perdata gitu kita minta mereka untuk balikin duit dengan jumlah lebih banyak kenapa sih hukuman itu jadi dibenarkan well menurut gua ada 3 perspektif dalam poin Kenapa hukuman itu harus dijalankan ya dan gua setuju memang hukuman tuh harus dijalankan tapi ada tiga perspektif berbeda dalam menghukum orang pertama adalah perspektif Retribution Retribution adalah hukuman yang diberikan sebagai pembalasan atas kesalahan yang telah lakukan Kayak misalnya gini kalau lo ngegebuk gua gitu kalau lu mukul gua atau kalau merugikan gua Iya gua harus merugikan lo juga dengan ya nilai yang setara contohnya ada istilah and high for and high jadi kayak kalau misalnya lu ngambil mata gua ya gua ambil mata lu menurut teori retribusi hukuman kayak gini diperlukan untuk menjaga keseimbangan moral dalam masyarakat jadi ketika seseorang ngelakuin kesalahan ya mereka harus bayar dong gitu ya Dosa mereka supaya masyarakat itu tetap Balance enggak ada yang di atas banget habis dipenjara nih koruptor tapi masih tetap kaya gitu itu enggak ada gitu ya dan tentu retribusi ini juga sangat kental dengan ya ngomongin soal balas dendam pasti ngomongin soal emosi ngomongin soal kepuasan diri ya puas banget lah si Maksudnya enggak ada yang bisa memungkiri bahwa ya kalau kita ngelihat orang yang menyakiti kita menderita kita bakal puas entah lu yang menyakitin dia balik atau orang lain yang kedua adalah eee deterrence atau pencegahan nah ini adalah hukuman yang bertujuan untuk mencegah kejahatan lebih lanjut baik oleh pelaku maupun orang lain yang mungkin terinspirasi dari tindakan mereka atau ada orang yang memang psikopat gitu ya suka mukulin orang tanpa merasa bersalah dipenjara biar bisa mencegah bahwa kejadian itu akan ditiru oleh teman-temannya gitu kayak kliping misalnya di penjara gitu Kalau bisa kenapa karena itu udah jadi culture gitu kan di Jogja guys Nah itu adalah untuk mencegah gitu ya ditrance siapapun yang berani ngelakuin itu nah yang ketiga itu adalah rehabilitasi hukuman yang membantu pelaku kejahatan memperbaiki diri dan kembali ke masyarakat sebagai individu yang lebih baik dan menurut gua rehabilitasi itu bukan hanya untuk pelaku kejahatan tapi juga untuk korban kejahatan dan sesuai gua tuh sangat Pro dengan rehabilitasi ini at least sampai sekarang ya kecuali kalau ada argumen lain ya jadi hukuman tuh Enggak cuma tentang membayar dosa tapi juga tentang memberikan kesempatan bagi pelaku maupun korban untuk belajar yang menjadi pertanyaan Indonesia tuh nerapin perspektif hukuman yang mana Dan apakah itu efektif dan masyarakat tuh percayanya yang mana ya kalau masyarakat itu ada jelas lah masyarakat biasanya lebih percaya yang Retribution sama diterens udah udah clear lah maksudnya banyak orang-orang bacot gitu koruptor dihukum mati aja di penjara aja Jangan asetnya jangan dingin ya rata-rata ngomongin soal ditrance dan Retribution kita bakal bahas itu kita Berhentilah ya ngomongin soal kasus AG dulu gitu Gua mau nanya sama lo tentang kasus yang lain kalau misalnya ada orang yang korupsi ngerugiin masyarakat milyaran triliunan Mbak kira-kira apa sih hukuman yang tepat buat orang itu kalau ngomongin masyarakat Ya pastilah ya hukuman mati penjara seumur hidup potong kelamin maksudnya Biar apa Biar si pelaku kapok dan enggak ngelakuin kejahatan yang sama Which ini masuk ke Retribution dan ditrance gitu tapi apakah pendekatan hukuman yang kayak gitu bakal worth jawabannya ternyata menurut gua dan menurut reset ternyata enggak bahkan memenjarakan atau menghukum mati pelaku sebenarnya enggak ngasih manfaat apa-apa buat korban buat Society dan bisa jadi Profesor hukum di University of Chicago yang ngejelasin kalau Retribution itu sebenarnya ide yang user Kenapa karena itu enggak bisa mengubah masa lalu atau membantu masa depan kayak jalur Retribution tuh cuma untuk memuaskan emosi aja yang sebenarnya kalau dipertanyakan lagi apakah emosi untuk dipuaskan sebenarnya emosi kan jangka pendek guys ya yang namanya emosi dan mood jangka pendek of course trauma jangka panjang ya mungkin buat lo yang gamers banyak dari lu yang kayak main The Last of Us Part 2 lu sebagai Ellie yang sebagai pemeran utamanya kan itu lu udah usaha berbulan-bulan untuk ngedapetin pembunuh si Joel orang yang dianggap Ayah lah sama si Elly dia udah berusaha kemana-mana sampai perutnya sakit sampai dan lain sebagainya tapi ketika ketemu apa yang dilakuin sama Elly dilepasin cuy dan jujur banyak pro kontra soal ini kok lu bisa ngelepasin orang yang udah ngebunuh orang yang udah jadi seperti bapak buat loh well jawabannya adalah karena ya pada akhirnya si Eli sadar gitu bahwa dendam atau retribusi ini enggak akan ngebawa dia ke mana dan gua jujur suka banget sama endingnya last office part 2 ya terlepas dari segala kontroversi game-nya gitu Jadi tiap pada akhirnya balas dendam tuh memang sering banget ya di frame sama sebuah film atau game atau apapun itu sebagai sesuatu yang buruk ya tuh event Sasuke gitu pada kita juga menyadari bahwa Ya udahlah gua udah berantem sama Naruto sampai segininya gitu kan Ya udah dan gue juga sadar bahwa yang dibutuhin sama Sasuke sama Elly sama orang yang terjebak dendam di luar sana Sebenarnya bukan retribusi ketika elu udah ketemu nih sama si Ebi yang udah ngebunuh Joel udah sebenernya cuma butuh Ngelihat dia lagi menderita gue cuma butuh mukul di gua enggak perlu ngebunuh dia Gua enggak perlu jadi lebih buruk daripada orangnya udah ngebunuh gua Jadi intinya adalah killing doesn bring back Justru malah bisa jadi ada dampak-dampak lain dan ini enggak akan bikin si korban tiba-tiba jadi sehat Justru malah ngebentuk rantai kebencian dan balas dendam dan sebenarnya cerita the last office tuh gitu ya Satu ngebunuh siapa dan yang anaknya ngebunuh si orang gitu lagi terus anaknya lagi pengin ngebunuh orang gitu dan menurut banyak orang termasuk salah satu yang mau gua kutip Magandi ini tuh berbahaya Kenapa karena sebaiknya manusia harus belajar buat menuntut keadilan tanpa ada keinginan untuk balas dendam apalagi di dunia modern kalau semisal dendam itu dibayarin terus kita jadi menaruh fokus ke hal yang salah idealnya hukum itu dibikin untuk membuat dunia jadi lebih baik untuk membuat diri lu sendiri jadi lebih baik bukan pelampiasan yang marah atau dendam yang notabene lumayan hopeles hukuman itu harus dilandasi sama semangat harapan cinta kemanusiaan dan tekad buat ngebangun masa depan yang lebih baik gua tahu ini kayak bullshit gitu ya tapi gua merasa di beberapa kontak justru jalur damai jalur perdata itu bisa jadi opsi terbaik Kenapa karena ini bisa ngasih win-win solution buat semua pihak meskipun pidana juga tetap diperluin gua nanti bakal ngasih tahu ee perspektif gue tapi of course prostitute gua ini bukan berarti yang paling benar ya dan gua juga bukan ahli hukum gua memandang ini dari pandangan gua sendiri dan riset yang of course gua dan tim kumpul kita di sini ibaratnya udah ngelihat banyak hukuman banyak kasus Yaudah kita diskusi yuk gitu biar kita bisa ngasih ide nih biar kita bisa bikin eh berbagai macam kasus yang ada sekarang jadi semacam pemicu lah untuk membuat hukum di Indonesia jadi lebih baik jadi jangan pikir kayak Oke dengan gua bikin video kali ini gua banyak kebencian atau gimana Enggak cuy dan gua juga akan ya mengubah opini gue sih kalau misalnya itu memang fakap Indonesia itu sebenarnya faktanya ya susah percaya sama jalur damai ya ini jalur yang tadi gua lumayan Pro yang cukup gua percaya Indonesia tuh bahkan bisa dibilang belum siap buat nerapin sepenuhnya konsep rehabilitasi kayak di ya negara-negara skandinavianordik dan lain sebagainya gitu ya yang basically kejahatannya juga rendah Kenapa rehabilitasi bakal susah dilakuin di Indonesia dan mungkin sudah susah gitu ya mungkin enggak bakal works pertama rehabilitasi itu Indonesia itu masuk ke peringkat 4 negara dengan jumlah napi terbanyak di Asia yaitu sekitar 270.000-an Coba kalau biaya buat Rehab satu orang itu 10 juta kali 270.000 itu aja udah habis 2,7 triliun buat rehabilitasi yang sangat minor 10 juta Gitu bahkan bisa jadi angkanya lebih tinggi daripada itu dan memang lu rela sebagai rakyat kurang segede itu dipakai buat Rehab lain lu ngerehat orang tolol guys yang bawahnya ngerehat orang goblok gitu oke Make sense Ya udah gitu enggak apa-apa kalau memang itu opinion gua juga mungkin akan propinsi yang sama kayak tetap jahatin dan gue juga pernah beropini yang sama kayak Anjir ini mah orang gak akan berubah gitu kan Oke firepoint gitu ya yang kedua kualitas penjara yang juga sebenarnya nggak sebaik itu dengan jumlah napi sekitar 270.000 kalau dari data kemenkeu penjara Indonesia tuh cuma bisa nampung 135.6p doang artinya ini udah over kapasitif dari segi kuantitas aja udah kurang dari segi kualitas penjara di Indo itu nggak proper dan kadang malah terlalu menyiksa si napinya gitu malah bahkan ada berita-berita kayak lu kalau di apa ya kalau dipenjara lu bakal disodomi gua enggak tahu itu benar atau enggak Tapi itu kayak Anjir paka banget ya kan kayak bayangin dulu misalnya nggak tahu di penjara karena dijahatin orang dijebak lah sama orang gitu terus lu masuk penjara lu disodomi Astagfirullah Ya intinya penjara di Indonesia bisa dibilang belum proper beda banget sama sistem penjara di Norway misalnya penjaranya mungkin lebih bagus daripada kosan lu dan ini jujur lebih bagus daripada kosan gua kuliah dulu ya itu pas gua masih miskin jadi secara fasilitas dan harus ditektur di penjara-penjara dinorway itu bikin nyaman banget buat rehabilitasi dan memang fokusnya di sana itu lebih ke rehabilitasi that's why kejahatan juga kecil dan negara itu sangat memproteksi ya kebutuhan masyarakat sampai-sampai ya orang kalau mau jahat ngapain Tapi Indonesia ya Enggak bisa lah gitu belum bisa gue bilangnya untuk kayak gitu Dan mungkin bukan cara yang paling tepat juga kalau kita bandingin Apple to Apple sama sekali Navya ya terus yang ketiga sentimen negatif dari pelaku di negara Indonesia juga sebenarnya cukup tinggi meskipun netizen Indonesia tuh bisa dibilang cepat jadi pemarah Tapi cepat lupa juga dua hari Enggak ada kasusnya enggak ada kabar ya udah sebenernya udah enggak diomongin lagi kalau pelakunya enggak aneh-aneh enggak klarifikasi enggak jelas gitu ya Misalnya deh ya udah bakal dilupain aja gitu nah tapi ya kita enggak bisa pungkiri bahwa ya sentimen negatif cukup tinggi gitu dan ada juga bukan cuma sentimen masyarakat kapal aku tapi juga ke penegak hukum Makanya kalau ada Hakim yang bilang ini tuh buat restoratif Justice dan lain sebagainya ia kagak bakal percaya orang Indonesia karena ya lu mungkin korup Iya nggak sih gitu ya gue juga mungkin sudah atau akan mengeluarkan video tentang Kenapa PNS itu dianggap korup ya di Indonesia itu nanti lu tunggu aja kalau belum keluar tapi intinya kepercayaan masyarakat Indonesia ke penegak hukum itu cuma 50% dan ini lumayan kecil ini nunjukin kalau Sebagian besar masyarakat Indo itu udah enggak percaya sama para penegak hukum ya Enggak bisa dipungkiri lah enggak bisa nyalain masyarakat juga sih so udah kita ragu sama pelaku ragu juga sama pihak buruan terus gimana rumusnya kalau menurut lu fun memang untuk ngasih hukuman yang adil ke orang yang Toxic dan ke orang yang jahat nah gua bakal ngasih tahu rumus hukuman yang terbaik kalau Menurut gua kalau lo nanya gua nanya satu persen gitu ya Apa hukuman paling efektif paling win-win solution buat semua orang jawabannya adalah gabungan dari ketiga hal tadi gabungan dari retribusi lalu pencegahan lalu rehabilitasi atau kalau bahasa manusianya ya bahasa manusia awamnya adalah gabungan antara pertama penjara kedua denda dan ketiga rehabilitasi kita contoh ambil kasus korupsi ya Menurut gua kasus korupsi Itu harus dikasih tiga-tiganya retribusi alias penjara denda nah ini juga yang lagi diperjuangin sama beberapa orang ya tentang undang-undang perampasan aset yang lagi rame meskipun gua nggak bakal komen jauh ke sana karena gua belum baca juga By the way gitu ya sama rehabilitasi nah Gua ngelihat kalau misalnya koruptor baiknya gimanain Ya penjarain dong penjara ini berapa lama Fan kalau menurut gua penjara ini pelaku apalagi misalnya anak kecil Teteh misalnya Age gitu Itu sebenarnya kalau penjaranya udah Sesuai dengan standar kita maksudnya kayak ya oke penjara tuh nyaman tapi dipenjara lu nggak bisa ngapa-ngapain lu nggak bisa seenaknya dan ibaratnya kayak di penjara tuh lu setahun nih 6 bulan atau sampai setahun atau dua tahun gitu lu cuma bisa merenung doang meratapi kejadian gitu ya sama ya meratapi tentang kebebasan yang hilang sebenarnya segitu aja cukup Maksudnya mau lu rugiin satu triliun atau berapa penjara 1-2 tahun untuk orang dewasa Menurut gua kalau ya mungkin 3-9 bulan 3 sampai 12 bulan untuk anak-anak cukup cukup karena pertama kalau buat anak-anak ya lu kehilangan sekolah gitu ya selama setahun itu aja udah [ __ ] up buat orang biasa putus sekolah setahun sebenarnya udah bisa dibilang kakap sih satu setengah tahun gitu kalau si Age aja kan sekarang 3 tahun 6 bulan ya vonisnya Meskipun bisa keluar lebih cepat bisa jadi ini udah proporsional mengingat masih muda meskipun kayak tentu bukan gua ya Yang bisa menghardik atau menjudge gitu seberapa proporsional tapi dari opini Gua udah cukup proporsional Gitu ya Jadi menurut gua 6 bulan sampai 2 tahun cukup untuk kasus korupsi atau kasus apapun tapi catatan hukuman penjara ini harus transparan jangan sampai ada ketololan gitu misalnya dipenjara tapi ada TV ada PS ada AC lu bisa keluar kapan aja gitu ya kayak mungkin dugaan di kasus setnov sebelumnya yang sempat digeruduk sama Mata Najwa gitu ya gitu kayak [ __ ] up sih kalau misalnya kayak gitu ya kalau gitu mah penjara 15 tahun 20 tahun juga nggak ngaruh sih itu yang pertama penjara 6 bulan sampai 3 tahun gitu nggak usah lama-lama gak usah lama-lama kalau misalnya nggak ada urgensi lah gitu kecuali kalau memang orangnya ya psikopat atau apa yang jadi pencegahan ya okelah gitu ya yang kedua dipenjara aja nggak cukup bukan hanya retribusi tapi juga lu juga harus dapat investasi coy sebagai korban harta orang yang korupsi harta orang yang ngejahatin kita harus dirampas dong harus dimiskinkan harus dibebankan banyak utang oke nggak apa-apa penjara 2 tahun tapi hutangnya 2 triliun lu kebayang nggak kalau misalnya kayak gitu misalnya ada orang korupsi dua triliun dimiskin kan hartanya dikasih lagi ke negara atau kekorban pencuriannya terus habis itu dia harus bayar dua kali lipat 3 kali lipat enggak boleh kerja lagi di bidangnya sampai hutang-hutangnya itu lunas dan kalau misalnya lu dijahatin sama orang gitu ya dan lu demen duit ini tuh sering banget kalau di Indonesia tuh dianggap buruk itu padahal sebenarnya kemarin dulu gua sempet denger ada kasus kekerasan seksual ada Yayasan gitu kayak lembaga bantuan hukum atau apa gitu gua lupa itu sempat ngebantu nuntut orang yang melakukan kering seksual dan jalan yang diambil adalah damai nah dan gua Seneng banget dong kayak Wah Anjir keren juga ya Damai Tapi ditagih tuh dua M apa 1m gitu tapi yang bikin gue Bete adalah si netizen malah ngerujak pihak korban dan menurut yayasan yang ngebantunya ini dengan narasi Allah Yayasan Pengen duit doang Halah ini mah korban sok-sokan dilecehkan Alah ini mah korban diperkosa Mau enaknya aja gitu misalnya karena nuntut duit ya cuy Anjir itu tuh rehabilitasi itu rehabilitasi itu tuh kayak ya Selain pencegahan juga rehabilitasi pertama karena ya lu habis diperkosa misalnya nih ya Lo harus saya ambil tasi dong Iya kan lu Butuh duit untuk rehabilitasi konselingnya jadi satu persen itu satu kali sesi 200.300.000 kalau orang kena kekerasan seksual bayangin harus berapa sesi nggak tahu tergantung kasusnya Ya dong bisa jadi cuma 10 kali misalnya bisa jadi cuma sekali bisa jadi harus 10 kali bisa juga harus ratusan kali bertahun-tahun makanya make sense menurut gua gitu Kalau misalnya Jalan Damai itu dilakuin ya Meskipun tentu lagi-lagi Jalan Damai ini bisa jadi nggak work juga ya karena nanti orang kaya seenaknya dan lain sebagainya Iya oke gua terima argumen itu tapi dalam konteks ini anggap aja pelaku itu dimiskinkan pertama bakal di miskin kan sepenuhnya terus berapa puluh persen hartanya dipakai buat rehabilitasi pelaku sama korban itu bakal keren banget sih Menurut gua kalau bisa kayak gitu dan korban perasaan seksual bukan cuma butuh konseling doang kan dia butuh biaya makan bayangin kalau lo nggak perlu konseling lu nggak perlu ngabisin waktu sejam 2 jam dong untuk transportasi ke tempat psikolognya atau nyiapin dulu lu mau cerita apa ya kan itu kan kerugian waktu Kalau gaji lu 10 juta rugi waktu sejam sampai 3 jam itu bisa ratusan ribu cuy ya kan kalau lu punya bisnis lo ada wiraswasta terus diperkosa bisnis lu mungkin enggak bisa jalan se oke itu setelah diperkosa ya kan that's why menurut gua me-miskinkan orang dalam konteks pencegahan agar dia enggak seenaknya kalau dia adalah orang kaya atau orang miskin biar Ya udah biarin kelilit hutang aja gitu sama negara maupun sama korban yang menurut gua itu adalah hal yang Oke sih daripada kita memenjarakan orang tersebut sampai 100 tahun kagak ada untungnya buat kita malah rugiin duit pajak yang enggak sih buat ngasih makan mereka di penjara atau bahkan bisa kabur seenaknya kesana kemari karena suap sana sini gitu ya jadi yang kedua harus ada faktor rehabilitasi gitu buat pelaku dan juga buat korban pelaku nanti duitnya dikelola lah sama swasta atau sama siapa gitu ya ya buat rehabilitasinya dia jadi psikolog datang tuh tiap hari gitu ya Misalnya gitu ya kayak melakukan psikological check up dan lain sebagainya biar dia nggak goblok lagi gitu ya kan Make sense sih oke itu yang kedua yang ketiga nah jangan lupa harus ada faktor pencegahan gitu ya jadi jangan sampai ngelakuin kejahatan yang sama jadi penjara jangan lupa setelah dipenjara juga diawasin lagi tentunya sama ya pemerintah dan kalau memang orang itu enggak bisa nih dipenjara form reasons gitu ya entah itu yang kotaknya enggak beres lah gitu ya kalau psikopat kan misal enggak bisa merasakan rasa bersalah gitu itu harus ada faktor pencegahannya hal yang jadi pertanyaan sekarang kan gua percaya nih ya rumus ini tuh bisa menjamin win-win solution buat semua orang ya Meskipun belum tentu juga Tergantung situasi dan kondisi ya Kalau mungkin gua nyampai nih Ide ini di Norway bisa jadi oke tapi kalau di Indonesia ya susah itu apalagi sekarang makin rame yang namanya cancel culture gue bakal bahas ini di part terakhir gua bakal bahas tentang problematika dan juga benefit dari cancel culture cancel culture itu apa sih cancel culture itu adalah kondisi ketika publik ngerujak orang sih gitu yang ngerujak orang rame-rame di internet atas perilaku problematik yang dilakukan oleh orang tersebut dan Kenapa namanya cancel gitu karena orang yang dibacotin ini bakal di cancel dari semua hal yang dia awalnya kerjain ibaratnya gini lu adalah brand Ambassador sebuah brand terus lo ngelakuin keburukan ya lu jangan lu cancel lah kerjaan gitu jadi justru enggak boleh kerja di sana lagi di cancel dan cancel culture ini sebenarnya bukan fenomena baru gitu ya ya ratusan tahun yang lalu ribuan tahun yang lalu juga ada kalau dulu mungkin kalau lu lihat Game of Thrones di season 7 atau season 6 gua lupa si share si lenister juga kan dia disuruh keliling gitu oke keliling kampung gitu kan di arah ketika dia sudah melakukan kejahatan itu zaman dulu tapi bagusnya adalah kalau zaman dulu habis di arah kelar sekarang fenomena cancel cutter kagak kelar-kelar bahkan udah bertahun-tahun lalu bisa aja Muncul lagi pasti netizen bakal habis-habisan saja kasus dan pelaku saking bahayanya menurut gua jejak di istana ini gua taruh di kurikulum Life skills yang level 2 saking gue mikir bahwa ini sebaya itu jejak digital itu bisa ngancurin hidup orang di sisi lain cancel culture juga bisa jadi tools yang Oke buat mengejar keadilan gitu ya apalagi buat orang yang tidak bisa diadili gitu tanpa di cancel gue sepakat tapi ya pada akhirnya yang jadi problematika adalah cancel kacer ini sangat berpotensi dieksploitasi bahkan oleh orang yang punya kuasa itu sendiri bayangin ada bazar buzzer lah Ada apalah menyebarkan ketakutan dan lain sebagainya bahkan sampai ngancem followers gua bakal nyerang loh kalau lu kayak gini gua viralin loh itu ya orang jadi ragu berekspresi orang jadi ragu member resiko orang jadi takut ngelakuin ini itu karena takut di cancel padahal bukannya harusnya negara ini melindungi first speech dan melawan HD speech Ya tentu ada undang-undangnya sih ya tapi sampai detik ini yang jelas kita belum punya teknologi yang bisa ngebedain head speech dan free speech gitu kan jadi ya Gua biasanya sih gua nge-reat kasus-kasus kontroversial atau gue speak up di YouTube gitu ya gue harus PHP di YouTube aja gitu jarang gue spek up di IG atau di Twitter di mana Di 2 platform itu biasanya kan nggak dikurasi lebih dalam ya kalau gua di YouTube ya etlist Sebelum gua ngeluarin video gua akan mengkorasi bersama tim benar atau enggak ada nih sebagainya jarang gitu gua bahas kasus yang kayak gini tuh di IG atau di Twitter yang pribadi gitu karena takutnya memang ketika gua bahas itu cuma faktor emosi gua doang dan takutnya jadi nyebar ke mana-mana gitu ya gua sebagai mungkin salah satu dalam tanda kutip influencer walaupun gua enggak pernah mikir gua influencer gitu susah gitu untuk memilih dan memilah Siapa Yang Pantas Di viralin siapa yang tidak pantas apakah boleh atau enggak boleh nge-cancel dan siapa yang sudah tentu bersalah udah jelas buktinya dan belum tentu bersalah karena dulu aja kesempatan yang ke prank ya pas kasusnya ini justice for Audrey ingat enggak beberapa tahun lalu ya jadi itu adalah problematika dari cancel culture terakhir of the day perjalanan buat menemukan sistem hukuman yang ideal memang banyak tantangan dan Gua yakin dalam waktu dekat kita bakal dibantuin sama Ai Kalau Yai udah bisa punya banyak data tentang diri kita maupun kejahatan maupun kamera CCTV yang ada di mana Tapi itu juga menurut gua bakal mengerikan karena masa depan mungkin nanti bakal dipenuhi sama kamera surveilans di satu sisi kayak menyeramkan karena bakal mengurangi free speech demokrasi di sisi lain kita juga butuh pengawasan yang ketat juga sih ya butuh video di mana-mana biar nanti orang enggak seenaknya balik lagi ke hukum ya lagi-lagi marah-marah ke pelaku Jangan sampailah nanti lu misalnya jadi korban Terus lu marah-marah ke pelaku atau misalnya lu melakukan cancel cutter atau apapun lah ya apapun yang lo lakuin kalau bisa ya jangan ngerugiin diri sendiri gitu Enggak salah kok untuk orang mau memidanakan orang enggak salah orang mau rehabilitasi enggak salah untuk orang mau punya keinginan untuk menghukum orang Sesuka apapun tapi kalau dari perspektif gua jangan lupa sama 3 konsep tadi pencegahan pidana of course penjara dan juga rehabilitasi dan ganti rugi tentunya gitu juga berharap semoga kedepannya Justice System Sistem Hukum bisa lebih adil lagi Indonesia bisa lebih baik lagi mungkin bukan sekarang tapi gua berdoa buat itu dan gua juga ingin menyampaikan simpati kepada orang-orang yang sekarang ini lagi dijahatin orang lagi kena kasus terkhusus buat David dan juga ya temen-temen yang lain dan juga kemarin juga banyak kasusnya ya dari salah satu pihak ke pihak lain Semoga itu bisa dapat hukuman yang setimpal dan yang adil dan yang win-win solution buat semua orang oke buat lo yang termasuk orang yang butuh rehabilitasi gue juga mau ngabarin bahwa satu persen menyediakan konseling dan mentoring itu kita juga udah pernah ngebantu beberapa korban pelecehan seksual yang tentunya kita nggak bakal sebut namanya baik itu yang terkenal maupun yang tidak gitu ya Kita pernah kasih beberapa konsep secara gratis dan buat lo yang ngerasa lu dapat kejahatan jangan lupa juga buat diri lu sendiri untuk rehabilitasi kalau lu pelaku jangan lupa juga untuk rehabilitasi gitu ya Salah satu caranya adalah dengan konseling atau mentoring di satu persen thank you banget dan nonton video ini Akhir kata gua evangelistu persen well thanks