Berhenti Takut Sama Omongan Orang Lain!
eAgvOWKbpl0 • 2023-04-04
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id gue yakin banyak dari lo yang pernah ditanya pertanyaan yang mungkin Nyebelin Kayak misalnya udah lulus belum udah nikah belum kapan nikah sekarang kerja di mana Papa ini jangan tanya macam-macam tidak tahu pak padahal belum kerja gitu kan dan banyak pertanyaan-pertanyaan nyebelin lainnya dan seringkali ini terjadi ketika kita mudik ketika kita lebaran Kenapa karena kita tiba-tiba ketemu sama banyak orang yang mungkin ya budaya dan kebiasaannya beda sama kita dan mungkin ada terbiasa untuk nanyanya seperti itu jadinya mager itu kan ngapain sih nanya-nanya kayak gitu nah simak satu video sebelum tidurnya sampai habis Biar lo bisa dapat gimana sih sebenarnya caranya kita harus menanggapi pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang mungkin menurut kita nyebelin jadi gini fenomena pertanyaan ketika lu lebaran tuh udah jadi hal yang lumrah lah ya dan sebenarnya kita pastilah ngerasa kesel ngerasa ofendi dan lain sebagainya Kenapa karena ya sesuatu hal yang private Ya udahlah nggak usah ditanyain lu nggak usah nanya gue nikah Kapan lu nggak usah nanya gua punya anak Kapan lu nggak usah nanya gua gajinya berapa gitu kan Ya kadang tuh far juga sih terlalu jauh juga ya orang-orang nanya tuh nah tapi kalau dari sisi lain sebenarnya ini kalau dari perspektif gua dan satu persen juga ya sebenarnya bisa dibilang hal kayak gini tuh ya kalau kita lihat dari sisi penanya gitu bisa jadi mereka nggak niat bikin kita tersinggung bisa jadi yang kedua mereka nggak aware sama privasi dan itu mungkin budaya di kampung mereka dan mungkin udah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun ya dan biasanya yang nanya kan orang tua dan yang ketiga biasanya juga mereka berniat baik maksudnya adalah pengen nyari topik aja dan buat banyak orang termasuk Gua sebenarnya nyari topik kayak gini tuh find cuman banyak orang juga yang ngerasa sebel nah tapi yang jadi problem adalah adalah coping orang-orang koping itu apa koping itu cara orang mengatasi masalah ini nah sekarang yang gua lihat janji kan lebih spekuk ya milenial juga spekuk sih tapi nggak sepikup Genzi kayaknya nah Genji itu sekarang banyak banget yang ngeluh cuy banyak banget yang ngeluh di Twitter bilang Wah toksik nih terus kayak kita speel gitu kan bahkan ada yang di salon terus ditanya Mbak rambutnya kering Ya dibilang gaya sliting cuy ini Genji itu lebih spekuk dan gua enggak bisa nyalahin mereka sih Karena yang namanya kesel ya gua juga kesel dong kalau misalnya gua disebut kok gendutannya kok gini ya kapan punya anak dan lain sebagainya Itu privasi lah sebenarnya menurut gua pribadi dan kadang gua kesel kadang kecewa juga gitu kalau beberapa orang nanya hal kayak gitu sedih juga tersinggung juga tapi masalahnya adalah sekarang orang-orang Genji gitu ya terutama itu nggak punya cara praktikal gitu untuk menanggapi itu akhirnya apa larinya ke sosmed nah sayangnya Kalau lari ke sosmed kita udah kesel terus ketemu orang yang kesal juga kita retweet Ma juga makin membara emosinya terus abis itu juga mungkin ketika di sosmed atau mungkin kita akhirnya curhat ke temen kita yang sama-sama kesel juga makin kesel juga padahal sebenarnya lebaran itu harusnya ngapain sih Harusnya kan maaf-maafan harusnya juga kita senang makan ketupat dan sebagainya tapi dari satu pertanyaan yang diajukan oleh orang bisa jadi hari kita hancur nggak sih Nah itulah yang sebenarnya gua sayangkan respon seorang terhadap ini bisa-bisa bikin hari mereka jadi makin hancur jadi yang udah kesel makin kesel Padahal tadi yang gua bilang bisa jadi orang itu cuma sekedar nanyain kabar bisa jadi emang udah kebiasaan bisa jadi Emang udah tua dan enggak tahu topik lain Ya kali lu ngomongin crypto currency kan sama nenek lu gitu susah kan kalau mau ngomongin nft gitu Mau ngomongin ozarang Kuti gitu kan mau ngomong koin apa misalnya yang bakal naik gitu ya susah gitu Jadi sebenarnya ya udah kan Nah prinsipnya kalau menurut satu persen yang paling baik untuk menghadapi itu adalah pertama sadari bahwa itu enggak bisa lo kontrol lu bisa ngontrol respons lo tapi inget respon seorang atau pertanyaan orang gak bisa lo kontrol lo bisa marah ke orang yang memang nanya lu kayak gitu dan sah-sah aja buat lo Marah selama itu nggak merugikan dulu ya Menurut gua nah cuman di sini satu persen mau ngasih tahu tips Gimana caranya yang praktis untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu Biar apa Biar hari kita nggak makin buruk Nah apa sih yang bisa kita lakuin pertama cara praktis dari satu persen adalah lu bisa ngeles sih ibaratnya gini misal lu istilahnya tentang jodoh Eh sekarang pacarnya gimana orang mana lalu bisa jawab Oh ada tante sekarang lagi deket sama temen kantor Bisanya bilang kayak gitu atau kayak oh ada lah itu mah tante Terus eh ngomong-ngomong ke tempatnya enak ya Nah bisa kayak gitu kan eh ngomong-ngomong Lontongnya enak ya Nah kayak gitu jadi kayak Ya udah lu jawab sebisa mungkin ya enggak ngasih tahu keadaan lu tapi enggak bohong juga dan Habis itu lu alihin ke topik lain nah menariknya ada lah kalau orang tua Kan biasanya orang tuanya yang nanya kenalin ke topik lain yang memang mereka suka misalnya mereka suka masak Wah Masakannya enak Mouse likely orang tua itu itu akan ngasih tahu resepnya cuy Kenapa karena dalam psikologi perkembangan kalau orang udah tua biasanya mereka pengen nge-share pengen ngasih Legacy ke orang lain That's Why Ini juga di kurikulum satu persen ada tuh di level 4 tuh kita memang Freedom and Legacy jadi kita punya kurikulum memang yang paling atasnya tuh ngasih Legacy ngajarin orang dan itu memang biasanya dilakukan oleh orang tua karena udah nggak ada kerjaan lagi buat nyari harta buat nyari relationship ya memang sekarang waktunya untuk mereka menurunkan knowledge mereka nah biasanya kalau orang tua udah kita tanya gitu udah kita Puji juga bahkan udah nggak ada waktu cuy untuk ngomongin ya ngepoin kita Kenapa orang tua ngepoin kita karena enggak ada bahan ngobrol biasanya ini cara praktis pertama lu ngeles dan lu alihin topiknya ke yang lain yang kedua lu bisa aja nge-state filosofi hidup lu kayak misalnya lu stock anggap aja lu Story ya kayak orang satu persen gitu kan pada umumnya Nah kalau lu Story misalnya lu ditanya udah S2 belum bisa ada Tante lo atau Om lu nanya udah S2 belum Lu bisa bilang oh saya mah santuy tante lagi pula mau ngejar apa sih dalam hidup pun kalau gagal dan kesampaian juga ya udah gitu kan Hidup kan bukan soal kejar-kejaran bukan soal S2 atau S3 itu soal prinsip tante Ya udah lu bisa stay dengan jujur filosofi hidup lu kayak gimana Dan mungkin ya minimal Tante lo kemungkinan akan dapat perspektif baru dan kalaupun Tante mau ngedebat Ya udah lu bisa iyain aja terus lu bisa cabut bisa ngeles lagi yang tadi gitu ya itu yang kedua lu bisa state filosofi hidup lu dengan santai sebenarnya Dan ini sebenarnya ya bisa jadi opsi nah yang ketiga kalau misalnya memang lu enggak Nyaman nah Biasanya sih gua akan melakukan ini ke orang yang udah tua sih ya kayak yang udah nanya bener-bener Wah fansive lah itu atau yang ngasih pernyataan misal lo gendutannya ya kalau gendutan sih sekarang gua udah punya respons ngeles atau di bercandain sih Iya emang lanjutan nih gua makan bla bla gitu Tapi kalau dibilang sakit hati atau enggak ya sakit hati sih Ya namanya juga manusia pada saat itu wajar sama kayak yang kemarin Genji yang ngeluh soal Mba salon atau mas-masalon yang ini rambutnya kering ya ya sakit hati itu wajar gitu valid perasaan dia tapi dengan dia ngeselin itu ke sosial media kan itu udah jadi bukan ranah privat lagi kan ranah aku belinya orang mau ngatain dia juga ya gimana gitu namanya Tukang Salon Ya wajar gitu kan untuk kan nanya ini rambutnya kering ya Mbak itu bukan guys lighting gitu sebenarnya Tapi ya Regar terus dari perasaan lu gimana dari respon lo apa Yang jelas pertama perasaan lo tuh valid cuy itu lu yang ngerasain dan it's oke untuk lu ngerasa kesel ngerasa sebel tapi ingat yang kedua response lo bisa lo control dan respons lho itu udah jadi hal publik di mana lu setelah ngerespon sesuatu lu nggak bisa ngontrol orang mau merespon apa terhadap respon lu jadi kayak inget Jangan melakukan sesuatu atau ngerespon suatu hal yang akan bikin lo kena masalah lagi nah tapi kalau di step poin 3 ini kalau memang udah tuar kalau memang ya lu ngerasain offensif misalnya Oh gendutannya kalau misalnya lu memang yang pengen negur Karena dia udah ngelakuin itu berulang kali bertahun-tahun lo bisa bilang Mbak atau Tan sebenarnya dari saya ngerasanya kurang nyaman sih atau mungkin sebenarnya dari saya ngerasa sakit hati sih tante atau ngerasa sedih tante ketika ditanya gendutan atau enggak karena saya udah berusaha misalnya gitu Jadi bisa nggak ya Tan Nggak ngebahas fisik lagi kita bisa aja bilang kayak gitu Tapi kalau gua apa gua akan bilang kayak gitu gua sih enggak ya gua mungkin lebih milih untuk ngeles lebih milih untuk nge-state yang tadi sih pandangan hidup gua gua hanya akan kayak gitu kalau ke temen yang udah tooffer kan ya atau kalau ke orang tua yang memang udah menyinggung banget perasaan lo valid yang jelas tapi inget response itu nanti ya bakal berdampak ke diri dulu juga so kalau yang ketiga ini untuk negor baik secara asertif maupun agresif ini juga ada ya di webinar menangani emosi Kalau enggak salah sama ada webinar asertif juga kita tuh sering bilang bahwa ya pilihan dulu sih untuk jadi agresif dan sebagainya tapi paling bagus ya asertif ngeset perasaan mungkin agak keras ngestatenya tapi nggak yang agresif nggak yang ngatain orang gitu jadi tegas dan clear gitu dan yang terakhir sebenarnya jangan lupa untuk belajar ngendaliin emosi karena banyak orang yang gak punya strategi coping atau emosi yang efektif jadinya kayak dikit-dikit nge-skill kan Twitter kemana gitu terus kayak jadi dikatain balik Gitu kan sama orang-orang twitter-nya terus jadi makin stress atau misalnya lu jadi marah-marah atau lo mungkin jadi pendiam banget gitu Mendem semuanya sendiri jadi ngebatin sendiri itu kan sebenarnya adalah cara-cara coping yang ya bisa jadi kurang Oke gitu ketika coping itu enggak bikin lu jadi makin oke that's why lu mesti punya strategi yang efektif ketika diserang sama pertanyaan tadi atau bahkan dalam ya kehidupan sih dan ini enggak pernah dipelajari kan di sekolah sesuai saran gua memang lu bisa ikut webinar satu persen kelas online satu persen gitu ya kebetulan ke depannya ada webinar tuh yang mengatasi emosi sama Kak Fadilah atau lu juga bisa ikut mentoring sih karena gua pribadi sebagai mentor dulu tuh sering banget ngedapetin orang yang gak punya coping stress gak bisa cop gitu ngelawan pertanyaan-pertanyaan kayak gitu mungkin segitu aja tips trik dari gua yang jelas semua ini adalah hasil dari jerih payah team 1% untuk membuat kurikulum satu persen lo bisa lihat ini ada kurikulum banyak ya dan yang dibahas kali ini hanyalah salah satu dari kurikulum itu that's why kalau memang lo tertarik tunggu kelas kita nanti dari gua dan tim bakal ngajarin soal basic Life skills Nanti kita bakal ajarin coming soon kurikulum ini di produk yang berbayar tapi buat lo yang enggak tertarik dengan produk berbayar juga bisa tetap menikmatin YouTube satu persen secara gratis dan buat lo yang bermasalah ya bisa ikut mentoring satu persen sih ya untuk nyusahin masa lalu gua event-nya satu persen well thanks [Musik]
Resume
Categories