Transcript
eAgvOWKbpl0 • Berhenti Takut Sama Omongan Orang Lain!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0654_eAgvOWKbpl0.txt
Kind: captions
Language: id
gue yakin banyak dari lo yang pernah
ditanya pertanyaan yang mungkin Nyebelin
Kayak misalnya udah lulus belum udah
nikah belum kapan nikah sekarang kerja
di mana Papa ini jangan tanya
macam-macam tidak tahu
pak padahal belum kerja gitu kan dan
banyak pertanyaan-pertanyaan nyebelin
lainnya dan seringkali ini terjadi
ketika kita mudik ketika kita lebaran
Kenapa karena kita tiba-tiba ketemu sama
banyak orang yang mungkin ya budaya dan
kebiasaannya beda sama kita dan mungkin
ada terbiasa untuk nanyanya seperti itu
jadinya mager itu kan ngapain sih
nanya-nanya kayak gitu nah simak satu
video sebelum tidurnya sampai habis Biar
lo bisa dapat gimana sih sebenarnya
caranya kita harus menanggapi
pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang
mungkin menurut kita nyebelin
jadi gini fenomena pertanyaan ketika lu
lebaran tuh udah jadi hal yang lumrah
lah ya dan sebenarnya kita pastilah
ngerasa kesel ngerasa ofendi dan lain
sebagainya Kenapa karena ya sesuatu hal
yang private Ya udahlah nggak usah
ditanyain lu nggak usah nanya gue nikah
Kapan lu nggak usah nanya gua punya anak
Kapan lu nggak usah nanya gua gajinya
berapa gitu kan Ya kadang tuh far juga
sih terlalu jauh juga ya orang-orang
nanya tuh nah tapi kalau dari sisi lain
sebenarnya ini kalau dari perspektif gua
dan satu persen juga ya sebenarnya bisa
dibilang hal kayak gini tuh ya kalau
kita lihat dari sisi penanya gitu bisa
jadi mereka nggak niat bikin kita
tersinggung bisa jadi yang kedua mereka
nggak aware sama privasi dan itu mungkin
budaya di kampung mereka dan mungkin
udah bertahun-tahun bahkan puluhan tahun
ya dan biasanya yang nanya kan orang tua
dan yang ketiga biasanya juga mereka
berniat baik maksudnya adalah pengen
nyari topik aja dan buat banyak orang
termasuk Gua sebenarnya nyari topik
kayak gini tuh find cuman banyak orang
juga yang ngerasa sebel nah tapi yang
jadi problem adalah
adalah coping orang-orang koping itu apa
koping itu cara orang mengatasi masalah
ini nah sekarang yang gua lihat janji
kan lebih spekuk ya milenial juga spekuk
sih tapi nggak sepikup Genzi kayaknya
nah Genji itu sekarang banyak banget
yang ngeluh cuy banyak banget yang
ngeluh di Twitter bilang Wah toksik nih
terus kayak kita speel gitu kan bahkan
ada yang di salon terus ditanya Mbak
rambutnya kering Ya dibilang gaya
sliting cuy ini Genji itu lebih spekuk
dan gua enggak bisa nyalahin mereka sih
Karena yang namanya kesel ya gua juga
kesel dong kalau misalnya gua disebut
kok gendutannya kok gini ya kapan punya
anak dan lain sebagainya Itu privasi lah
sebenarnya menurut gua pribadi dan
kadang gua kesel kadang kecewa juga gitu
kalau beberapa orang nanya hal kayak
gitu sedih juga tersinggung juga tapi
masalahnya adalah sekarang orang-orang
Genji gitu ya terutama itu nggak punya
cara praktikal gitu untuk menanggapi itu
akhirnya apa larinya ke sosmed nah
sayangnya Kalau lari ke sosmed kita udah
kesel terus ketemu orang yang kesal juga
kita retweet Ma juga makin membara
emosinya terus abis itu juga mungkin
ketika di sosmed atau mungkin kita
akhirnya curhat ke temen kita yang
sama-sama kesel juga makin kesel juga
padahal sebenarnya lebaran itu harusnya
ngapain sih Harusnya kan maaf-maafan
harusnya juga kita senang makan ketupat
dan sebagainya tapi dari satu pertanyaan
yang diajukan oleh orang bisa jadi hari
kita hancur nggak sih Nah itulah yang
sebenarnya gua sayangkan respon seorang
terhadap ini bisa-bisa bikin hari mereka
jadi makin hancur jadi yang udah kesel
makin kesel Padahal tadi yang gua bilang
bisa jadi orang itu cuma sekedar nanyain
kabar bisa jadi emang udah kebiasaan
bisa jadi Emang udah tua dan enggak tahu
topik lain Ya kali lu ngomongin crypto
currency kan sama nenek lu gitu susah
kan kalau mau ngomongin nft gitu Mau
ngomongin ozarang Kuti gitu kan mau
ngomong koin apa misalnya yang bakal
naik gitu ya susah gitu Jadi sebenarnya
ya udah kan Nah prinsipnya kalau menurut
satu persen yang paling baik untuk
menghadapi itu adalah pertama sadari
bahwa itu enggak bisa lo kontrol lu bisa
ngontrol respons lo tapi inget respon
seorang atau pertanyaan orang gak bisa
lo kontrol lo bisa marah ke orang yang
memang nanya lu kayak gitu dan sah-sah
aja buat lo Marah selama itu nggak
merugikan dulu ya Menurut gua nah cuman
di sini satu persen mau ngasih tahu tips
Gimana caranya yang praktis untuk
menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu
Biar apa Biar hari kita nggak makin
buruk Nah apa sih yang bisa kita lakuin
pertama cara praktis dari satu persen
adalah lu bisa ngeles sih ibaratnya gini
misal lu istilahnya tentang jodoh Eh
sekarang pacarnya gimana orang mana lalu
bisa jawab Oh ada tante sekarang lagi
deket sama temen kantor Bisanya bilang
kayak gitu atau kayak oh ada lah itu mah
tante Terus eh ngomong-ngomong ke
tempatnya enak ya Nah bisa kayak gitu
kan eh ngomong-ngomong Lontongnya enak
ya Nah kayak gitu jadi kayak Ya udah lu
jawab sebisa mungkin ya enggak ngasih
tahu keadaan lu tapi enggak bohong juga
dan Habis itu lu alihin ke topik lain
nah menariknya ada lah kalau orang tua
Kan biasanya orang tuanya yang nanya
kenalin ke topik lain yang memang mereka
suka misalnya mereka suka masak Wah
Masakannya enak Mouse likely orang tua
itu itu akan ngasih tahu resepnya cuy
Kenapa karena dalam psikologi
perkembangan kalau orang udah tua
biasanya mereka pengen nge-share pengen
ngasih Legacy ke orang lain That's Why
Ini juga di kurikulum satu persen ada
tuh di level 4 tuh kita memang Freedom
and Legacy jadi kita punya kurikulum
memang yang paling atasnya tuh ngasih
Legacy ngajarin orang dan itu memang
biasanya dilakukan oleh orang tua karena
udah nggak ada kerjaan lagi buat nyari
harta buat nyari relationship ya memang
sekarang waktunya untuk mereka
menurunkan knowledge mereka nah biasanya
kalau orang tua udah kita tanya gitu
udah kita Puji juga bahkan udah nggak
ada waktu cuy untuk ngomongin ya ngepoin
kita Kenapa orang tua ngepoin kita
karena enggak ada bahan ngobrol biasanya
ini cara praktis pertama lu ngeles dan
lu alihin topiknya ke yang lain yang
kedua lu bisa aja nge-state filosofi
hidup lu kayak misalnya lu stock anggap
aja lu Story ya kayak orang satu persen
gitu kan pada umumnya Nah kalau lu Story
misalnya lu ditanya udah S2 belum bisa
ada Tante lo atau Om lu nanya udah S2
belum Lu bisa bilang oh saya mah santuy
tante lagi pula mau ngejar apa sih dalam
hidup pun kalau gagal dan kesampaian
juga ya udah gitu kan Hidup kan bukan
soal kejar-kejaran bukan soal S2 atau S3
itu soal prinsip tante Ya udah lu bisa
stay dengan jujur filosofi hidup lu
kayak gimana Dan mungkin ya minimal
Tante lo kemungkinan akan dapat
perspektif baru dan kalaupun Tante mau
ngedebat Ya udah lu bisa iyain aja terus
lu bisa cabut bisa ngeles lagi yang tadi
gitu ya itu yang kedua lu bisa state
filosofi hidup lu dengan santai
sebenarnya Dan ini sebenarnya ya bisa
jadi opsi nah yang ketiga kalau misalnya
memang lu enggak Nyaman nah Biasanya sih
gua akan melakukan ini ke orang yang
udah tua sih ya kayak yang udah nanya
bener-bener Wah fansive lah itu atau
yang ngasih pernyataan misal lo
gendutannya ya kalau gendutan sih
sekarang gua udah punya respons ngeles
atau di bercandain sih Iya emang
lanjutan nih gua makan bla bla gitu Tapi
kalau dibilang sakit hati atau enggak ya
sakit hati sih Ya namanya juga manusia
pada saat itu wajar sama kayak yang
kemarin Genji yang ngeluh soal Mba salon
atau mas-masalon yang ini rambutnya
kering ya ya sakit hati itu wajar gitu
valid perasaan dia tapi dengan dia
ngeselin itu ke sosial media kan itu
udah jadi bukan ranah privat lagi kan
ranah aku belinya orang mau ngatain dia
juga ya gimana gitu namanya Tukang Salon
Ya wajar gitu kan untuk kan nanya ini
rambutnya kering ya Mbak itu bukan guys
lighting gitu sebenarnya Tapi ya Regar
terus dari perasaan lu gimana dari
respon lo apa Yang jelas pertama
perasaan lo tuh valid cuy itu lu yang
ngerasain dan it's oke untuk lu ngerasa
kesel ngerasa sebel tapi ingat yang
kedua response lo bisa lo control dan
respons lho itu udah jadi hal publik di
mana lu setelah ngerespon sesuatu lu
nggak bisa ngontrol orang mau merespon
apa terhadap respon lu jadi kayak inget
Jangan melakukan sesuatu atau ngerespon
suatu hal yang akan bikin lo kena
masalah lagi nah tapi kalau di step poin
3 ini kalau memang udah tuar kalau
memang ya lu ngerasain offensif misalnya
Oh gendutannya kalau misalnya lu memang
yang pengen negur Karena dia udah
ngelakuin itu berulang kali
bertahun-tahun lo bisa bilang Mbak atau
Tan sebenarnya dari saya ngerasanya
kurang nyaman sih atau mungkin
sebenarnya dari saya ngerasa sakit hati
sih tante atau ngerasa sedih tante
ketika ditanya gendutan atau enggak
karena saya udah berusaha misalnya gitu
Jadi bisa nggak ya Tan Nggak ngebahas
fisik lagi kita bisa aja bilang kayak
gitu Tapi kalau gua apa gua akan bilang
kayak gitu gua sih enggak ya gua mungkin
lebih milih untuk ngeles lebih milih
untuk nge-state yang tadi sih pandangan
hidup gua gua hanya akan kayak gitu
kalau ke temen yang udah tooffer kan ya
atau kalau ke orang tua yang memang udah
menyinggung banget perasaan lo valid
yang jelas tapi inget response itu nanti
ya bakal berdampak ke diri dulu juga so
kalau yang ketiga ini untuk negor baik
secara asertif maupun agresif ini juga
ada ya di webinar menangani emosi Kalau
enggak salah sama ada webinar asertif
juga kita tuh sering bilang bahwa ya
pilihan dulu sih untuk jadi agresif dan
sebagainya tapi paling bagus ya asertif
ngeset perasaan mungkin agak keras
ngestatenya tapi nggak yang agresif
nggak yang ngatain orang gitu jadi tegas
dan clear gitu dan yang terakhir
sebenarnya jangan lupa untuk belajar
ngendaliin emosi karena banyak orang
yang gak punya strategi coping atau
emosi yang efektif jadinya kayak
dikit-dikit nge-skill kan Twitter kemana
gitu terus kayak jadi dikatain balik
Gitu kan sama orang-orang twitter-nya
terus jadi makin stress atau misalnya lu
jadi marah-marah atau lo mungkin jadi
pendiam banget gitu Mendem semuanya
sendiri jadi ngebatin sendiri itu kan
sebenarnya adalah cara-cara coping yang
ya bisa jadi kurang Oke gitu ketika
coping itu enggak bikin lu jadi makin
oke that's why lu mesti punya strategi
yang efektif ketika diserang sama
pertanyaan tadi atau bahkan dalam ya
kehidupan sih dan ini enggak pernah
dipelajari kan di sekolah sesuai saran
gua memang lu bisa ikut webinar satu
persen kelas online satu persen gitu ya
kebetulan ke depannya ada webinar tuh
yang mengatasi emosi sama Kak Fadilah
atau lu juga bisa ikut mentoring sih
karena gua pribadi sebagai mentor dulu
tuh sering banget ngedapetin orang yang
gak punya coping stress gak bisa cop
gitu ngelawan pertanyaan-pertanyaan
kayak gitu mungkin segitu aja tips trik
dari gua yang jelas semua ini adalah
hasil dari jerih payah team 1% untuk
membuat kurikulum satu persen lo bisa
lihat ini ada kurikulum banyak ya dan
yang dibahas kali ini hanyalah salah
satu dari kurikulum itu that's why kalau
memang lo tertarik tunggu kelas kita
nanti dari gua dan tim bakal ngajarin
soal basic Life skills Nanti kita bakal
ajarin coming soon kurikulum ini di
produk yang berbayar tapi buat lo yang
enggak tertarik dengan produk berbayar
juga bisa tetap menikmatin YouTube satu
persen secara gratis dan buat lo yang
bermasalah ya bisa ikut mentoring satu
persen sih ya untuk nyusahin masa lalu
gua event-nya satu persen well thanks
[Musik]