Kenapa Skincare Harus Diajarin Di Sekolah? | Psychology of Lifestyle #1
hPgVMPmYthc • 2022-11-26
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
siapa sih orang yang nggak mau jadi good
looking di zaman di mana sekarang itu
good looking bisa dapetin followers bisa
dapetin banyak previllage pasti semua
orang pengen jadi good looking termasuk
juga elu bukan cuma good rekening kita
butuh ya sekarang tapi juga good looking
tapi kenapa sih ilmu merawat diri dan
good looking ini nggak pernah diajarin
di sekolah kira-kira konspirasi Apa sih
yang ada di dalamnya jika pun ada gitu
ya dan sebenarnya semua orang bisa
enggak sih untuk jadi good looking dan
kalau misalnya bisa Emang apa sih yang
dibutuhin buat jadi good looking Nah gua
bakal bahas Salah satu cara yang
Sebenarnya cukup simpel bukan berarti
mudah ya simpel karena kita bisa
menggunakan satu kata ini sebenarnya
buat jadi good looking Apa kata itu kata
itu adalah Skincare cuy karena semua
orang bisa beli sekarang tapi seberapa
tahu sih lu tentang Skincare dan apakah
lu udah pakai atau enggak dan kalau
misalnya lu udah pakai lu udah bener
belum sih makainya apalagi buat para
cowok-cowok yang ngerasa bahwa dirinya
maskulin karena enggak pakai Skincare
Selamat datang di episode pertama
pychology of Lifestyle jadi saya kalau
lagi of Lifestyle gua bakal bahas Gimana
caranya untuk punya Lifestyle yang baik
yang bisa ningkatin kualitas hidup lu
mulai dari Skincare Gimana cara biar lu
Glow up Gimana cara biar lu good looking
dan gimana biar hidup lu jadi lebih baik
lah dari segi Entertainment dari segi
kerjaan dan lain sebagainya dengan
meningkatkan Lifestyle gitu biar lu naik
kelas dah cuma di sana-sana aja ini
adalah episode pertama jarang banget kan
di satu persen well memang enggak pernah
tapi kita bakal coba bahas ini Oke stay
tune tonton video sampai habis Biar lo
bisa dapat keseluruhan inside-nya
[Musik]
pertama kita kalau ngebahas soal good
looking itu ya bisa kita bilang ya
banyak dari faktor good looking itu
adalah faktor genetik atau keturunan dan
menariknya Sebenernya orang yang
beruntung seperti ini yang memang good
looking sejak lahir Ya bisa dibilang
mereka bukan cuma beruntung karena
mereka tiba-tiba jadi cakep cantik atau
ganteng gitu bukan dari riset yang gua
baca mereka tuh cenderung lebih kaya
punya pekerjaan yang jauh lebih oke dan
bahkan jauh lebih bahagia daripada orang
yang tidak Gue looking jadi bullshit ya
kalau yang bilang juga ada minusnya kok
ya memang ada gitu tapi jangan salah ya
teman-teman karena orang buat looking
itu sebenarnya bukan cuma bisa dicapai
lewat genetic doang nah salah satu
caranya adalah dengan Skincare Nah gua
bakal coba sharing tentang cara Skin
Care ini karena memang ini sekarang bisa
diakses oleh semua orang dari berbagai
macam kalangan ya yang penting lu punya
duit aja sih dikit juga enggak apa-apa
gitu ngomong-ngomong tentang Skin Care
Skin Care masalah bisa dibilang ya
sebuah barang yang memang sekarang tuh
lagi ngetren banget bahkan sekarang
kalau dari sisi Konsumen juga udah ada
mim yang bilang enggak apa-apa enggak
makan orak makan yang penting Skincare
gitu mungkin kalau dulu Enggak apa-apa
enggak makan yang penting ngerokok
sekarang enggak apa-apa enggak makan
yang penting Skin Care menarik guys nah
Sebenarnya gua melihat ini bukan sebagai
hal negatif Kenapa pertama Skin Care itu
basically adalah cara lo untuk merawat
diri jadi kalaupun ini adalah pelarian
lu dari masalah hidup lu Karena lu tidak
good looking atau good rekening gitu ya
sebenarnya bagus untuk merawat diri itu
ya pasti penting banget gitu Ya dikasih
muka udah kayak gini dikasih badan yang
harus kita rawat gitu kan itu kayak
salah satu pertanggungjawaban kita aja
gitu yang kedua Skin Care ini juga
adalah bentuk investasi lo terhadap diri
lu sendiri kenapa karena ya tadi bukan
hanya membuat PD tapi juga Memang ada
dampak real-nya jadi ini adalah
investasi yang sebenarnya oke banget
jadi itu kalau kata orang tuh memang ini
tuh aset ya wajah itu aset jadi
menurutku penting nah pertanyaannya
adalah kan ini adalah basic Life skills
Kenapa ini enggak diajarin di sekolah
bahkan Kenapa sih ada sekolah yang
melarang orang-orang kagak boleh pakai
Skincare gitu ya mungkin kalau kosmetik
gua masih bisa ngerti tapi kalau enggak
boleh bawa Skincare yang memang pure
buat Skincare menurut gua itu juga aneh
karena berkebalikan ketika di dunia
kerja lu malah diharuskan pakai Skin
Care bukan ketika sekolah gitu ya jadi
ini kontradiktif belum lagi ketika elu
yang umur 20-an nih atau bahkan umur
30-an lu yang baru belajar itu tuh
banyak juga yang ngeluh cuy kenapa ya
Skincare gua enggak ngefek kenapa gua
Ketika pakai banyak Skincare malah jadi
jerawatan kenapa kenapa gitu nah ini kan
masalah literasi juga kita bakal bahas
berbagai macam pertanyaan tadi di
section-saction selanjutnya setelah part
1 ini saya cuman sampai habis ya
Oke kalau ngomongin tentang Life skills
yang tidak diajarkan di sekolah ini
menariknya adalah 85% remaja usia 14-19
tahun itu mengalami permasalahan jerawat
dan banyak dokter pun yang bilang di
berbagai media maupun ketika gua tanya
dokter yang memang ini adalah hal yang
wajar tapi menariknya adalah ya dengan
riset yang menunjukkan 85% orang punya
masalah jerawat yang mungkin berlebihan
juga yang bisa bahkan bikin mereka tuh
minder punya masalah kesehatan mental
dan lain sebagainya kita nggak tahu cuy
apa yang harus dilakuin dan mungkin
belum ada juga infrastruktur yang
memadai untuk pembelajaran Skincare ini
ya Enggak sih that's why gua bikin video
ini dan gua juga masukin Skincare dan
fashion juga ke kurikulum Life school
yang kita ciptain bahkan saking
rendahnya lagi Terasi itu tuh menganggap
bahwa ya cukup mandi doang cuy mandi
satu kali sehari bahkan udah tahu harus
mandi kagak mandi gitu jadi orang tuh
kagak tahu gitu hal-hal basic Kayak
misalnya jenis kulit ada apa aja Ada
kering ada berminyak ada juga kombinasi
dan lain sebagainya Nah ini kan
sebenarnya adalah hal yang orang banyak
yang gak tau gitu Coba lu tahu nggak
jenis kulit lo apa Terus yang kedua cara
perawatan masing-masing jenis kulit
kalau berminyak harus ngapain Kalau
kering harus ngapain Kalau kombinasi
harus ngapain dan belum lagi ini yang
paling basic sebenarnya menurut gua
yaitu paparan sinar matahari dan juga
sunscreen yang cocok karena kita tinggal
di negara tropis kan yang mana Sinar
mataharinya memang sangat amat cerah cuy
yang bisa saja kalau Berdasarkan riset
itu memicu kanker kulit dan juga aging
kalau sih penting banget ya diajarin
dari Dini gitu Soalnya kita tuh kayak
apa ya harus belajar sendiri gitu sih
Dan sedangkan di luar sana itu ada
mungkin ada banyak Miss informasi sih
sangat-sangat penting ya gitu karena
mungkin bisa dilihat juga di sosial
media gitu karena banyak orang yang
malah pakainya merkuri karena pengennya
hasil yang instan gitu kan ya penting
untuk semua orang pahami menurutku
penting sih biar untuk menghindari sih
tadi ya penyakit-penyakit yang
memungkinkan seperti kanker kulit dan
sebagainya dan kalau lu tanya Kenapa sih
kita enggak belajar ini di sekolah ya
tadi kan kita ngomongin literasi
literasi dari si gurunya literasi dari
si pemerintahnya literasi dari si
konsumennya itu sendiri dan yang kedua
bukan cuma ngomongin literasi karena
rendahnya literasi akhirnya muncul
stigma Kayak misalnya nih gua sebut
beberapa yang bisa diperdebatkan ya
mitos atau fakta Kayak misalnya Skincare
itu adiktif bikin kecanduan cowok enggak
usah pakai Skincare kagak Manly nah
cewek pakai Skin Care itu kecentilan
mahal kagak ngefek gitu ya Yang Jadi
sebenarnya stigma itu terjadi karena
kurangnya literasi Mungkin mereka belum
belum cukup wera aja sih kak sama Dora
tuh cowok juga butuh gitu Skin Care
Enggak cuma cewek aja is Skincare itu
tuh seakan-akan identik dengan cewek
kali ya
jadi makannya jadi lebih Ya
ini gua bakal bahas tentang basic basic
Skincare yang mesti lo ketahui Lalu
nanti gua bakal bahas lebih Advance
tentang Kenapa Skin Care itu enggak
works Padahal Lo misalnya udah beli
mahal-mahal nih tapi kok enggak works
gitu Nah itu gua bakal bahas di section
selanjutnya so station ya
Nah gua bakal ngebahas soal literasi
Skincare gitu meskipun sebelumnya gua
mau disclaimer gua itu bukan dokter
kulit tapi gua dan tim bisa baca reset
Kita juga melakukan riset kepada banyak
influencer-influencer juga dan risetnya
gua taruh gitu ya Jadi kalau misalnya
ada riset yang gak relevan atau lu mau
ngelawan hasil riset itu gua sangat
menginkores itu dan gua malah lebih
seneng kalau dikoreksi gitu Oke kita
mulai ya Hal pertama yang perlu kita
ketahui adalah jenis kulit setiap orang
itu punya jenis kulit yang berbeda-beda
jadi lu mesti coba Identifikasi jenis
kulit loh biar lu tahu perawatannya tuh
kayak gimana nah ini ada 5 tipe kulit
yang bisa lu baca ada tipe kulit kering
gitu ya ini biasanya kalau kulit wajah
lo terasa kencang kering dan yang kerasa
lah kalau kering sebenarnya Terus yang
kedua kalau misalnya ada sedikit kilauan
di hidung dan di dahi itu berarti kulit
lu normal gitu terus ada juga yang
berminyak lu coba pakai saja kertas
minyak ini saya yakin kalau misalnya
kita akan menjadi yang terbaik
[Musik]
dan kalau Lu cuma ngerasa misalnya
kilauannya kilapnya ada di beberapa
tempat aja berarti kombinasi GTA terus
kalau misalnya Muka lo itu merah-merah
gitu ya sering gatal dan lain sebagainya
bisa jadi kulit lu adalah sensitif ini
kita bikin assessment sederhananya di
satu persen.net lo bisa cek linknya di
deskripsi kayak semacam psikotes gitu
lah yang kita bikin untuk lu tahu
meskipun belum tentu benar gitu ya Jadi
kalau misalnya nanti ternyata salah ya
Memang nanti juga gua encorice untuk tln
error tapi gua cerita sedikit tentang
tutorial yang gua alami gitu ya jadi
memang gua coba beberapa Skincare satu
Skin Care dulu terus kalau misalnya
enggak iritasi ya biasa gua lanjut
ketika gua lanjut kalau memang berdampak
ya Ee maksudnya gua ngerasa lebih
glowing setelah sebulan biasanya gua
bakal lanjut terus Nah itu tips yang
pertama lo harus ketahui jenis kulit lu
dan gimana Penanganannya yang kedua
adalah identifikasi masalah terbesar
yang pengin lu ya selesaiin gitu karena
bisa jadi lu punya multiple problems
Kayak misalnya lu bisa aja lu ternyata
jerawatan udah jerawatan ternyata lu
kusam juga terus udah kusam lu juga
jorok Gus gaya hidupnya enggak pernah
ganti sprei gitu ya dan mandi juga
jarang gitu Padahal sering-sering dan
berbagai macam hal lainnya
[Musik]
jadi selesaiin satu persatu jadi jangan
banyak mau Selesaiin dikit-dikit aja Dan
mungkin butuh bantuan dari profesional
Nah kalau udah tahu yang kedua ya
berarti tinggal melayang ketiga dong Lu
udah tahu masalah lo apa misalnya
jerawat ya belilah Skincare yang
mengatasi masalah jerawat gitu ya kalau
masalah kusam ya berilah Skincare yang
mengatasi masalah kusam yang mulai dari
face wash gitu ya sunscreen Nih gua baca
nih toner moisturizer serum masker dan
lain-lain dan masing-masing fungsinya
beda tapi kalau menurut gua untuk orang
yang umum untuk mayoritas orang ada tiga
Skincare yang menurut gua lebih baik Lu
jangan skip pertama apa yang jangan di
skip adalah face wash sabun cuci muka
nah ini menurut gua wajib banget minimal
satu kali sehari Terutama ketika lo
habis beraktifitas Jadi kalau habis dari
luar ya lucu aja yang kedua adalah
moisturizer moisturizer ini ya ketika
kulit itu terasa kering Ya silakan
dipakai mosturizer jadi seringkali
memang kulit kita itu bahkan yang oily
gitu ya kadang-kadang juga butuh yang
namanya moisturizer gitu karena kulit
kita butuh untuk lembab gitu kalau
kering tuh jadi kayak grisi gitu ya
kadang-kadang
[Tepuk tangan]
terus yang ketiga ini juga yang menurut
gua gua juga baru tahu Setelah gua
konsultasi ke dokter adalah sunscreen
jadi matahari itu kan punya sinar UV ya
Nah ini tuh bahaya sebenarnya sih sinar
UV ini karena bisa bikin lu jadi menua
gitu yang pertama dan yang kedua adalah
lo jadi punya resiko kanker kulit juga
terutama buat lo yang suka keluar-keluar
gitu ya suka beraktivitas di luar ya
setiap hari ya Lu pasti pakai sunscreen
Nah kalau ngomongin sunscreen kan ada
svf svf itu apa ya nanti mungkin kita
bakal bahas tapi intinya ya kalau
misalnya lu keluarnya panas banget
spm-nya disarankan dinaikin banget ya
lebih dari 30 bahkan tapi kalau misalnya
di dalam doang pakai juga gitu kenapa
pakai juga karena ya biar membiasakan
diri lu aja dan memang sunscreen juga
berguna gitu meskipun lu enggak kena
matahari yang begitu banyak cuman
spf-nya mungkin bisa diturunin dikit dan
sering-sering di reply mungkin nanti
kita bakal ngebahas tentang ini secara
spesifik ya dan yang terakhir Sebenarnya
ya yang Advanced banget adalah lu sesuai
si Skincare itu sama kondisi kulit itu
dan lu pelajari bahan aktif apa aja yang
ada di dalam Skincare itu kebanyakan
istilah-istilah kayak
terus juga ada salisifikasi kayak Oh
kalau aha tuh untuk ini kalau ini tuh
untuk ini bha tuh nggak boleh disatuin
sama ini gitu gue juga belajar gitu
meskipun gua kagak ngerti-ngerti banget
ini Tapi penting banget buat lu yang
memang apalagi tadi problemnya tuh
banyak sekarang kan pertanyaan yang
lebih lanjut kenapa sih Fan ada Skincare
yang murah tapi works tapi ada juga
Skincare yang mahal tapi tidak cocok
gitu kenapa sih ini bisa terjadi Nah
kita bakal bahas di section selanjutnya
mungkin makenya tinggal konsisten gitu
kali ya
karena beberapa Skincare ada yang
katanya tuh berat di muka Maksudnya
nggak cocok gitu secara skin base dan
beberapa kader yang digunakan jadi itu
sih menurut aku yang bisa dibilang tuh
skinner tuh jodoh-jodohan Kalau menurut
aku kenapa nggak works itu mungkin
karena dari skin type-nya juga kali ya
gitu kita salah gua mau ngasih tau ke lu
bahwa Skincare itu bukan satu-satunya
solusi dan tidak disarankan untuk
menjadi satu-satunya solusi karena kulit
yang cantik kulit yang ganteng kulit
yang cakep gitu ya itu tuh banyak banget
faktornya cuy bahkan kalau misalnya lu
Skin Care doang tapi gaya hidup lo jelek
bisa jadi kagak bakal ngaruh semahal
apapun Skincare yang lu beli Jadi lu
perlu melakukan hal-hal ini biar
Skincare lo bisa ngefek dan
jangan-jangan lu tidak melakukan hal ini
makanya Skincare lu enggak ngefek jadi
jangan nyalahin skin care-nya dulu dan
jangan juga berharap hanya pada Skin
Care gitu pertama makanan jadi makan
sehat ya dan kadang-kadang makanan yang
kita anggap sehat masing-masing susu
juga bisa berpengaruh ya buruk untuk
beberapa orang nah kebetulan waktu itu
sering banget minum susu istri gua dan
akhirnya jadi jerawatan tuh jadi
dihindari ya karena susu mengandung
lemak mengandung gula dan akhirnya ya
istri gua mengurangi susu dan kalaupun
minum susu minum susunya yang gulanya
sedikit dan juga yang lemaknya sedikit
Terus yang kedua hidup bersih jangan
lupa gitu ya lu mandi yang rutin kalau
memang lu habis beraktifitas berat dan
jangan lupa juga sprei lu diganti Gitu
ya Terus lu tidur juga dilihat ada
debunya atau kagak jadi bersihin secara
rutin di hydroklin nah yang ketiga stres
juga sebenarnya bisa ngaruh jadi mental
health lu juga ngaruh ini kalau misalnya
lu lagi stress terus juga lu misalnya
Wah galau dan lain sebagainya ini bisa
banget ngaruh ke kulit lu jadi jaga
levelnya juga jangan-jangan Skincare lu
enggak word karena lo memang stres berat
gitu Itu juga bisa terjadi that's why ya
saran gua adalah konsol ke profesional
aja kalau misalnya memang lu ngerasa
udah stres banget ambil tetap diterusin
juga gaya hidupnya karena cenderung
orang yang stres itu ya itu kan males
ngapa-ngapain nah jadinya karena malas
ngapa-ngapain jadi enggak bersih terus
habis enggak baber sih juga jadi jarang
mandi dan lain sebagainya ya akhirnya
jadi pengaruh ke kulit juga dan itu jadi
lingkaran setan karena ngaruh ke kulit
makin depresi lagi nah itu jangan sampai
seperti itu terus good Lifestyle ini
ngaruh banget gitu ya Tidur yang cukup
olahraga terus juga hindari merokok
hindari alkohol dan lain sebagainya gitu
dan yang terakhir ini cukup teknis
meskipun ini kadang-kadang jadi
perdebatan juga di dunia kedokteran Skin
Care misalnya nih urutan-urutan Skincare
itu pengaruh atau enggak sih kalau gua
gua percayanya jujur ngaruh jadi banyak
banget ya hal yang bisa lu perhatiin
gitu bahkan sampai ke nanti ada juga
suplemen tapi ingat kalau masalah
suplemen atau masalah obat ya mungkin
baiknya ke ya dokter profesional kalau
misalnya butuh resep ada juga hal lain
yang harus diperhatiin kayak misalnya
pakai produk yang memang cocok di elu
gitu jadi trend error saran gua memang
pakai Skincare itu satu-satu gitu kalau
memang Skin care-nya baru jadi biar lo
apa biar lu bisa mengidentifikasi ini
sebenarnya efek dari Skincare yang mana
Dan jangan lupa yang ketiga juga Skin
Care itu harus rutin cuy kadang-kadang
ngeluh gitu ya ke kita gitu atau ke
psikolog atau ke mentor kok gua udah
beli Skincare mahal-mahal tapi enggak
working care itu Cuy itu bisa bekerja
Mungkin setelah 30 hari sampai dengan 3
bulan jadi dengan harap hasilnya itu
bakal ada setelah 3-5 hari kadang-kadang
Genji itu pengen yang instan banget itu
Jadi udah bilang ini produknya jelek
gitu kagak ngefek di gua padahal
sebenarnya butuh sabar aja ah yang
keempat sekarang tuh kan banyak banget
yang jualan Skincare mungkin satu persen
juga akan ngejual Skincare ke lu ada
saatnya mungkin ya kita akan ekspansi ke
sana mungkin gua masih bilang ke lu
kayak gini bahwa dengan banyak
influencer dengan banyaknya produk saran
gua nyoba-nyoba Skincare itu satu-satu
aja dikit-dikit aja Kenapa karena tadi
masalah RB testing dan yang kedua bisa
jadi lu enggak butuh terlalu banyak gitu
bisa jadi kita hanya butuh yang basic
basic aja dulu baru nanti kalau misalnya
lu ngerasa Oh udah Cocok nih basic-nya
sama satu produk tertentu lu bisa tuh
Advance ke yang lain ee serum dan lain
sebagainya kenapa gua menyarankan tidak
langsung sekaligus beli banyak karena
pertama mahal yang kedua adalah karena
memang Lo pasti coba-coba Dulu kan lu
mungkin butuh untuk error-nya cukup lama
dulu baru lu bisa menyadari bahwa Oh ini
kayaknya kurang cocok jujur gua juga
dari dulu udah ganti-ganti Terus selama
2 sampai 3 tahun baru sekarang memang
gua cocoknya di beberapa Skin Care ini
yang enggak bakal gua sebut Kecuali
mereka endorse gua dan yang terakhir
saran dari itu adalah Silakan cari
support System yang bisa jadi teman
diskusi lo gue menyadari nih bahwa
banyak nih sekarang support system di
online komunitas-komunitas itu udah
banyak orang bahkan ada
website-websitenya masing-masing nah
kalau satu pertanyaan sendiri kita
pengen Bikin grup komunitas sendiri nih
Nah terutama buat lo yang cowok karena
50 sampai 60% viewer 1% adalah cowok
silahkan masuk ke grup Skin Care ini ya
Jadi kita udah bikin 3 group pertama
buat yang general kedua buat cewek
ketika buat cowok silahkan lu semua
masuk ke grup komunitas di telegram ini
jadi karena kita mau bikin video tentang
Lifestyle lebih lanjut kita nyediain di
grup komunitas yang bisa lu join gitu ke
sana untuk lu tanya-tanya dan untuk lo
sharing-sharing tentang Skin Care Oke
kita lanjut ke bagian akhir
Sebenarnya ya Skincare Itu adalah sebuah
Marathon bukan sprint ya teman-teman Ya
jadi Ya silahkan bersabar dan silahkan
gunakan secara rutin dan jangan lupa
trilan error dan karena lu udah ngabisin
video ini sampai habis Gua mau ngasih lu
hadiah berupa worksheet gitu ya Nah ini
adalah worksheet yang bisa ngebantu lo
untuk lo ningkatin good habit dan juga
mengurangi bad habit silahkan jadi pakai
buat Skincare atau buat konteks apapun
ya gua berterima kasih karena lu udah
nonton cycle job of Lifestyle dan kita
bakal nge publish of Lifestyle di
video-video selanjutnya jadi stay tune
aja gitu ya dan buat lo yang punya
masalah kesehatan mental jangan lupa
juga kalau satu persen selalu support lu
Eh dengan kita nge publis video-video
kayak gini dan juga kita juga
menyediakan layanan konsultasi di 1%.
Jadi silakan dicek buat lo yang merasa
tertarik untuk konsultasi dan juga ya
tertarik untuk ngecek-ngecek ya kayak
tadi ya assessment assessment yang bakal
berguna buat lo termasuk asesment tipe
kulit tadi gitu ya Akhir kata well
semoga video ini bermanfaat buat satu
persen thanks
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:31 UTC
Categories
Manage