Transcript
hPgVMPmYthc • Kenapa Skincare Harus Diajarin Di Sekolah? | Psychology of Lifestyle #1
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0625_hPgVMPmYthc.txt
Kind: captions Language: id siapa sih orang yang nggak mau jadi good looking di zaman di mana sekarang itu good looking bisa dapetin followers bisa dapetin banyak previllage pasti semua orang pengen jadi good looking termasuk juga elu bukan cuma good rekening kita butuh ya sekarang tapi juga good looking tapi kenapa sih ilmu merawat diri dan good looking ini nggak pernah diajarin di sekolah kira-kira konspirasi Apa sih yang ada di dalamnya jika pun ada gitu ya dan sebenarnya semua orang bisa enggak sih untuk jadi good looking dan kalau misalnya bisa Emang apa sih yang dibutuhin buat jadi good looking Nah gua bakal bahas Salah satu cara yang Sebenarnya cukup simpel bukan berarti mudah ya simpel karena kita bisa menggunakan satu kata ini sebenarnya buat jadi good looking Apa kata itu kata itu adalah Skincare cuy karena semua orang bisa beli sekarang tapi seberapa tahu sih lu tentang Skincare dan apakah lu udah pakai atau enggak dan kalau misalnya lu udah pakai lu udah bener belum sih makainya apalagi buat para cowok-cowok yang ngerasa bahwa dirinya maskulin karena enggak pakai Skincare Selamat datang di episode pertama pychology of Lifestyle jadi saya kalau lagi of Lifestyle gua bakal bahas Gimana caranya untuk punya Lifestyle yang baik yang bisa ningkatin kualitas hidup lu mulai dari Skincare Gimana cara biar lu Glow up Gimana cara biar lu good looking dan gimana biar hidup lu jadi lebih baik lah dari segi Entertainment dari segi kerjaan dan lain sebagainya dengan meningkatkan Lifestyle gitu biar lu naik kelas dah cuma di sana-sana aja ini adalah episode pertama jarang banget kan di satu persen well memang enggak pernah tapi kita bakal coba bahas ini Oke stay tune tonton video sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan inside-nya [Musik] pertama kita kalau ngebahas soal good looking itu ya bisa kita bilang ya banyak dari faktor good looking itu adalah faktor genetik atau keturunan dan menariknya Sebenernya orang yang beruntung seperti ini yang memang good looking sejak lahir Ya bisa dibilang mereka bukan cuma beruntung karena mereka tiba-tiba jadi cakep cantik atau ganteng gitu bukan dari riset yang gua baca mereka tuh cenderung lebih kaya punya pekerjaan yang jauh lebih oke dan bahkan jauh lebih bahagia daripada orang yang tidak Gue looking jadi bullshit ya kalau yang bilang juga ada minusnya kok ya memang ada gitu tapi jangan salah ya teman-teman karena orang buat looking itu sebenarnya bukan cuma bisa dicapai lewat genetic doang nah salah satu caranya adalah dengan Skincare Nah gua bakal coba sharing tentang cara Skin Care ini karena memang ini sekarang bisa diakses oleh semua orang dari berbagai macam kalangan ya yang penting lu punya duit aja sih dikit juga enggak apa-apa gitu ngomong-ngomong tentang Skin Care Skin Care masalah bisa dibilang ya sebuah barang yang memang sekarang tuh lagi ngetren banget bahkan sekarang kalau dari sisi Konsumen juga udah ada mim yang bilang enggak apa-apa enggak makan orak makan yang penting Skincare gitu mungkin kalau dulu Enggak apa-apa enggak makan yang penting ngerokok sekarang enggak apa-apa enggak makan yang penting Skin Care menarik guys nah Sebenarnya gua melihat ini bukan sebagai hal negatif Kenapa pertama Skin Care itu basically adalah cara lo untuk merawat diri jadi kalaupun ini adalah pelarian lu dari masalah hidup lu Karena lu tidak good looking atau good rekening gitu ya sebenarnya bagus untuk merawat diri itu ya pasti penting banget gitu Ya dikasih muka udah kayak gini dikasih badan yang harus kita rawat gitu kan itu kayak salah satu pertanggungjawaban kita aja gitu yang kedua Skin Care ini juga adalah bentuk investasi lo terhadap diri lu sendiri kenapa karena ya tadi bukan hanya membuat PD tapi juga Memang ada dampak real-nya jadi ini adalah investasi yang sebenarnya oke banget jadi itu kalau kata orang tuh memang ini tuh aset ya wajah itu aset jadi menurutku penting nah pertanyaannya adalah kan ini adalah basic Life skills Kenapa ini enggak diajarin di sekolah bahkan Kenapa sih ada sekolah yang melarang orang-orang kagak boleh pakai Skincare gitu ya mungkin kalau kosmetik gua masih bisa ngerti tapi kalau enggak boleh bawa Skincare yang memang pure buat Skincare menurut gua itu juga aneh karena berkebalikan ketika di dunia kerja lu malah diharuskan pakai Skin Care bukan ketika sekolah gitu ya jadi ini kontradiktif belum lagi ketika elu yang umur 20-an nih atau bahkan umur 30-an lu yang baru belajar itu tuh banyak juga yang ngeluh cuy kenapa ya Skincare gua enggak ngefek kenapa gua Ketika pakai banyak Skincare malah jadi jerawatan kenapa kenapa gitu nah ini kan masalah literasi juga kita bakal bahas berbagai macam pertanyaan tadi di section-saction selanjutnya setelah part 1 ini saya cuman sampai habis ya Oke kalau ngomongin tentang Life skills yang tidak diajarkan di sekolah ini menariknya adalah 85% remaja usia 14-19 tahun itu mengalami permasalahan jerawat dan banyak dokter pun yang bilang di berbagai media maupun ketika gua tanya dokter yang memang ini adalah hal yang wajar tapi menariknya adalah ya dengan riset yang menunjukkan 85% orang punya masalah jerawat yang mungkin berlebihan juga yang bisa bahkan bikin mereka tuh minder punya masalah kesehatan mental dan lain sebagainya kita nggak tahu cuy apa yang harus dilakuin dan mungkin belum ada juga infrastruktur yang memadai untuk pembelajaran Skincare ini ya Enggak sih that's why gua bikin video ini dan gua juga masukin Skincare dan fashion juga ke kurikulum Life school yang kita ciptain bahkan saking rendahnya lagi Terasi itu tuh menganggap bahwa ya cukup mandi doang cuy mandi satu kali sehari bahkan udah tahu harus mandi kagak mandi gitu jadi orang tuh kagak tahu gitu hal-hal basic Kayak misalnya jenis kulit ada apa aja Ada kering ada berminyak ada juga kombinasi dan lain sebagainya Nah ini kan sebenarnya adalah hal yang orang banyak yang gak tau gitu Coba lu tahu nggak jenis kulit lo apa Terus yang kedua cara perawatan masing-masing jenis kulit kalau berminyak harus ngapain Kalau kering harus ngapain Kalau kombinasi harus ngapain dan belum lagi ini yang paling basic sebenarnya menurut gua yaitu paparan sinar matahari dan juga sunscreen yang cocok karena kita tinggal di negara tropis kan yang mana Sinar mataharinya memang sangat amat cerah cuy yang bisa saja kalau Berdasarkan riset itu memicu kanker kulit dan juga aging kalau sih penting banget ya diajarin dari Dini gitu Soalnya kita tuh kayak apa ya harus belajar sendiri gitu sih Dan sedangkan di luar sana itu ada mungkin ada banyak Miss informasi sih sangat-sangat penting ya gitu karena mungkin bisa dilihat juga di sosial media gitu karena banyak orang yang malah pakainya merkuri karena pengennya hasil yang instan gitu kan ya penting untuk semua orang pahami menurutku penting sih biar untuk menghindari sih tadi ya penyakit-penyakit yang memungkinkan seperti kanker kulit dan sebagainya dan kalau lu tanya Kenapa sih kita enggak belajar ini di sekolah ya tadi kan kita ngomongin literasi literasi dari si gurunya literasi dari si pemerintahnya literasi dari si konsumennya itu sendiri dan yang kedua bukan cuma ngomongin literasi karena rendahnya literasi akhirnya muncul stigma Kayak misalnya nih gua sebut beberapa yang bisa diperdebatkan ya mitos atau fakta Kayak misalnya Skincare itu adiktif bikin kecanduan cowok enggak usah pakai Skincare kagak Manly nah cewek pakai Skin Care itu kecentilan mahal kagak ngefek gitu ya Yang Jadi sebenarnya stigma itu terjadi karena kurangnya literasi Mungkin mereka belum belum cukup wera aja sih kak sama Dora tuh cowok juga butuh gitu Skin Care Enggak cuma cewek aja is Skincare itu tuh seakan-akan identik dengan cewek kali ya jadi makannya jadi lebih Ya ini gua bakal bahas tentang basic basic Skincare yang mesti lo ketahui Lalu nanti gua bakal bahas lebih Advance tentang Kenapa Skin Care itu enggak works Padahal Lo misalnya udah beli mahal-mahal nih tapi kok enggak works gitu Nah itu gua bakal bahas di section selanjutnya so station ya Nah gua bakal ngebahas soal literasi Skincare gitu meskipun sebelumnya gua mau disclaimer gua itu bukan dokter kulit tapi gua dan tim bisa baca reset Kita juga melakukan riset kepada banyak influencer-influencer juga dan risetnya gua taruh gitu ya Jadi kalau misalnya ada riset yang gak relevan atau lu mau ngelawan hasil riset itu gua sangat menginkores itu dan gua malah lebih seneng kalau dikoreksi gitu Oke kita mulai ya Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah jenis kulit setiap orang itu punya jenis kulit yang berbeda-beda jadi lu mesti coba Identifikasi jenis kulit loh biar lu tahu perawatannya tuh kayak gimana nah ini ada 5 tipe kulit yang bisa lu baca ada tipe kulit kering gitu ya ini biasanya kalau kulit wajah lo terasa kencang kering dan yang kerasa lah kalau kering sebenarnya Terus yang kedua kalau misalnya ada sedikit kilauan di hidung dan di dahi itu berarti kulit lu normal gitu terus ada juga yang berminyak lu coba pakai saja kertas minyak ini saya yakin kalau misalnya kita akan menjadi yang terbaik [Musik] dan kalau Lu cuma ngerasa misalnya kilauannya kilapnya ada di beberapa tempat aja berarti kombinasi GTA terus kalau misalnya Muka lo itu merah-merah gitu ya sering gatal dan lain sebagainya bisa jadi kulit lu adalah sensitif ini kita bikin assessment sederhananya di satu persen.net lo bisa cek linknya di deskripsi kayak semacam psikotes gitu lah yang kita bikin untuk lu tahu meskipun belum tentu benar gitu ya Jadi kalau misalnya nanti ternyata salah ya Memang nanti juga gua encorice untuk tln error tapi gua cerita sedikit tentang tutorial yang gua alami gitu ya jadi memang gua coba beberapa Skincare satu Skin Care dulu terus kalau misalnya enggak iritasi ya biasa gua lanjut ketika gua lanjut kalau memang berdampak ya Ee maksudnya gua ngerasa lebih glowing setelah sebulan biasanya gua bakal lanjut terus Nah itu tips yang pertama lo harus ketahui jenis kulit lu dan gimana Penanganannya yang kedua adalah identifikasi masalah terbesar yang pengin lu ya selesaiin gitu karena bisa jadi lu punya multiple problems Kayak misalnya lu bisa aja lu ternyata jerawatan udah jerawatan ternyata lu kusam juga terus udah kusam lu juga jorok Gus gaya hidupnya enggak pernah ganti sprei gitu ya dan mandi juga jarang gitu Padahal sering-sering dan berbagai macam hal lainnya [Musik] jadi selesaiin satu persatu jadi jangan banyak mau Selesaiin dikit-dikit aja Dan mungkin butuh bantuan dari profesional Nah kalau udah tahu yang kedua ya berarti tinggal melayang ketiga dong Lu udah tahu masalah lo apa misalnya jerawat ya belilah Skincare yang mengatasi masalah jerawat gitu ya kalau masalah kusam ya berilah Skincare yang mengatasi masalah kusam yang mulai dari face wash gitu ya sunscreen Nih gua baca nih toner moisturizer serum masker dan lain-lain dan masing-masing fungsinya beda tapi kalau menurut gua untuk orang yang umum untuk mayoritas orang ada tiga Skincare yang menurut gua lebih baik Lu jangan skip pertama apa yang jangan di skip adalah face wash sabun cuci muka nah ini menurut gua wajib banget minimal satu kali sehari Terutama ketika lo habis beraktifitas Jadi kalau habis dari luar ya lucu aja yang kedua adalah moisturizer moisturizer ini ya ketika kulit itu terasa kering Ya silakan dipakai mosturizer jadi seringkali memang kulit kita itu bahkan yang oily gitu ya kadang-kadang juga butuh yang namanya moisturizer gitu karena kulit kita butuh untuk lembab gitu kalau kering tuh jadi kayak grisi gitu ya kadang-kadang [Tepuk tangan] terus yang ketiga ini juga yang menurut gua gua juga baru tahu Setelah gua konsultasi ke dokter adalah sunscreen jadi matahari itu kan punya sinar UV ya Nah ini tuh bahaya sebenarnya sih sinar UV ini karena bisa bikin lu jadi menua gitu yang pertama dan yang kedua adalah lo jadi punya resiko kanker kulit juga terutama buat lo yang suka keluar-keluar gitu ya suka beraktivitas di luar ya setiap hari ya Lu pasti pakai sunscreen Nah kalau ngomongin sunscreen kan ada svf svf itu apa ya nanti mungkin kita bakal bahas tapi intinya ya kalau misalnya lu keluarnya panas banget spm-nya disarankan dinaikin banget ya lebih dari 30 bahkan tapi kalau misalnya di dalam doang pakai juga gitu kenapa pakai juga karena ya biar membiasakan diri lu aja dan memang sunscreen juga berguna gitu meskipun lu enggak kena matahari yang begitu banyak cuman spf-nya mungkin bisa diturunin dikit dan sering-sering di reply mungkin nanti kita bakal ngebahas tentang ini secara spesifik ya dan yang terakhir Sebenarnya ya yang Advanced banget adalah lu sesuai si Skincare itu sama kondisi kulit itu dan lu pelajari bahan aktif apa aja yang ada di dalam Skincare itu kebanyakan istilah-istilah kayak terus juga ada salisifikasi kayak Oh kalau aha tuh untuk ini kalau ini tuh untuk ini bha tuh nggak boleh disatuin sama ini gitu gue juga belajar gitu meskipun gua kagak ngerti-ngerti banget ini Tapi penting banget buat lu yang memang apalagi tadi problemnya tuh banyak sekarang kan pertanyaan yang lebih lanjut kenapa sih Fan ada Skincare yang murah tapi works tapi ada juga Skincare yang mahal tapi tidak cocok gitu kenapa sih ini bisa terjadi Nah kita bakal bahas di section selanjutnya mungkin makenya tinggal konsisten gitu kali ya karena beberapa Skincare ada yang katanya tuh berat di muka Maksudnya nggak cocok gitu secara skin base dan beberapa kader yang digunakan jadi itu sih menurut aku yang bisa dibilang tuh skinner tuh jodoh-jodohan Kalau menurut aku kenapa nggak works itu mungkin karena dari skin type-nya juga kali ya gitu kita salah gua mau ngasih tau ke lu bahwa Skincare itu bukan satu-satunya solusi dan tidak disarankan untuk menjadi satu-satunya solusi karena kulit yang cantik kulit yang ganteng kulit yang cakep gitu ya itu tuh banyak banget faktornya cuy bahkan kalau misalnya lu Skin Care doang tapi gaya hidup lo jelek bisa jadi kagak bakal ngaruh semahal apapun Skincare yang lu beli Jadi lu perlu melakukan hal-hal ini biar Skincare lo bisa ngefek dan jangan-jangan lu tidak melakukan hal ini makanya Skincare lu enggak ngefek jadi jangan nyalahin skin care-nya dulu dan jangan juga berharap hanya pada Skin Care gitu pertama makanan jadi makan sehat ya dan kadang-kadang makanan yang kita anggap sehat masing-masing susu juga bisa berpengaruh ya buruk untuk beberapa orang nah kebetulan waktu itu sering banget minum susu istri gua dan akhirnya jadi jerawatan tuh jadi dihindari ya karena susu mengandung lemak mengandung gula dan akhirnya ya istri gua mengurangi susu dan kalaupun minum susu minum susunya yang gulanya sedikit dan juga yang lemaknya sedikit Terus yang kedua hidup bersih jangan lupa gitu ya lu mandi yang rutin kalau memang lu habis beraktifitas berat dan jangan lupa juga sprei lu diganti Gitu ya Terus lu tidur juga dilihat ada debunya atau kagak jadi bersihin secara rutin di hydroklin nah yang ketiga stres juga sebenarnya bisa ngaruh jadi mental health lu juga ngaruh ini kalau misalnya lu lagi stress terus juga lu misalnya Wah galau dan lain sebagainya ini bisa banget ngaruh ke kulit lu jadi jaga levelnya juga jangan-jangan Skincare lu enggak word karena lo memang stres berat gitu Itu juga bisa terjadi that's why ya saran gua adalah konsol ke profesional aja kalau misalnya memang lu ngerasa udah stres banget ambil tetap diterusin juga gaya hidupnya karena cenderung orang yang stres itu ya itu kan males ngapa-ngapain nah jadinya karena malas ngapa-ngapain jadi enggak bersih terus habis enggak baber sih juga jadi jarang mandi dan lain sebagainya ya akhirnya jadi pengaruh ke kulit juga dan itu jadi lingkaran setan karena ngaruh ke kulit makin depresi lagi nah itu jangan sampai seperti itu terus good Lifestyle ini ngaruh banget gitu ya Tidur yang cukup olahraga terus juga hindari merokok hindari alkohol dan lain sebagainya gitu dan yang terakhir ini cukup teknis meskipun ini kadang-kadang jadi perdebatan juga di dunia kedokteran Skin Care misalnya nih urutan-urutan Skincare itu pengaruh atau enggak sih kalau gua gua percayanya jujur ngaruh jadi banyak banget ya hal yang bisa lu perhatiin gitu bahkan sampai ke nanti ada juga suplemen tapi ingat kalau masalah suplemen atau masalah obat ya mungkin baiknya ke ya dokter profesional kalau misalnya butuh resep ada juga hal lain yang harus diperhatiin kayak misalnya pakai produk yang memang cocok di elu gitu jadi trend error saran gua memang pakai Skincare itu satu-satu gitu kalau memang Skin care-nya baru jadi biar lo apa biar lu bisa mengidentifikasi ini sebenarnya efek dari Skincare yang mana Dan jangan lupa yang ketiga juga Skin Care itu harus rutin cuy kadang-kadang ngeluh gitu ya ke kita gitu atau ke psikolog atau ke mentor kok gua udah beli Skincare mahal-mahal tapi enggak working care itu Cuy itu bisa bekerja Mungkin setelah 30 hari sampai dengan 3 bulan jadi dengan harap hasilnya itu bakal ada setelah 3-5 hari kadang-kadang Genji itu pengen yang instan banget itu Jadi udah bilang ini produknya jelek gitu kagak ngefek di gua padahal sebenarnya butuh sabar aja ah yang keempat sekarang tuh kan banyak banget yang jualan Skincare mungkin satu persen juga akan ngejual Skincare ke lu ada saatnya mungkin ya kita akan ekspansi ke sana mungkin gua masih bilang ke lu kayak gini bahwa dengan banyak influencer dengan banyaknya produk saran gua nyoba-nyoba Skincare itu satu-satu aja dikit-dikit aja Kenapa karena tadi masalah RB testing dan yang kedua bisa jadi lu enggak butuh terlalu banyak gitu bisa jadi kita hanya butuh yang basic basic aja dulu baru nanti kalau misalnya lu ngerasa Oh udah Cocok nih basic-nya sama satu produk tertentu lu bisa tuh Advance ke yang lain ee serum dan lain sebagainya kenapa gua menyarankan tidak langsung sekaligus beli banyak karena pertama mahal yang kedua adalah karena memang Lo pasti coba-coba Dulu kan lu mungkin butuh untuk error-nya cukup lama dulu baru lu bisa menyadari bahwa Oh ini kayaknya kurang cocok jujur gua juga dari dulu udah ganti-ganti Terus selama 2 sampai 3 tahun baru sekarang memang gua cocoknya di beberapa Skin Care ini yang enggak bakal gua sebut Kecuali mereka endorse gua dan yang terakhir saran dari itu adalah Silakan cari support System yang bisa jadi teman diskusi lo gue menyadari nih bahwa banyak nih sekarang support system di online komunitas-komunitas itu udah banyak orang bahkan ada website-websitenya masing-masing nah kalau satu pertanyaan sendiri kita pengen Bikin grup komunitas sendiri nih Nah terutama buat lo yang cowok karena 50 sampai 60% viewer 1% adalah cowok silahkan masuk ke grup Skin Care ini ya Jadi kita udah bikin 3 group pertama buat yang general kedua buat cewek ketika buat cowok silahkan lu semua masuk ke grup komunitas di telegram ini jadi karena kita mau bikin video tentang Lifestyle lebih lanjut kita nyediain di grup komunitas yang bisa lu join gitu ke sana untuk lu tanya-tanya dan untuk lo sharing-sharing tentang Skin Care Oke kita lanjut ke bagian akhir Sebenarnya ya Skincare Itu adalah sebuah Marathon bukan sprint ya teman-teman Ya jadi Ya silahkan bersabar dan silahkan gunakan secara rutin dan jangan lupa trilan error dan karena lu udah ngabisin video ini sampai habis Gua mau ngasih lu hadiah berupa worksheet gitu ya Nah ini adalah worksheet yang bisa ngebantu lo untuk lo ningkatin good habit dan juga mengurangi bad habit silahkan jadi pakai buat Skincare atau buat konteks apapun ya gua berterima kasih karena lu udah nonton cycle job of Lifestyle dan kita bakal nge publish of Lifestyle di video-video selanjutnya jadi stay tune aja gitu ya dan buat lo yang punya masalah kesehatan mental jangan lupa juga kalau satu persen selalu support lu Eh dengan kita nge publis video-video kayak gini dan juga kita juga menyediakan layanan konsultasi di 1%. Jadi silakan dicek buat lo yang merasa tertarik untuk konsultasi dan juga ya tertarik untuk ngecek-ngecek ya kayak tadi ya assessment assessment yang bakal berguna buat lo termasuk asesment tipe kulit tadi gitu ya Akhir kata well semoga video ini bermanfaat buat satu persen thanks [Musik]