Transcript
utSfkuOj_-8 • Makin Dewasa, Makin Susah Punya Circle Pertemanan | Satu Insight Episode 43
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0624_utSfkuOj_-8.txt
Kind: captions Language: id tumbuh dewasa itu buat banyak orang bisa jadi nggak menyenangkan Kenapa karena bukan hanya nambah tanggung jawab harus nyari duit harus ngerjain orang tua adik anak tapi juga kita harus kehilangan satu hal namanya adalah teman atau circle jadi semakin tua itu kita makin kesepian dan circle kita pun makin sedikit dan ini sudah dibuktikan oleh data lu juga ngerasain kan setelah umur 20 udah tuh pertemanan tuh agak susah gitu untuk dapat kecuali kalau lu orang yang benar-benar proaktif benar-benar supel ke banyak orang Selamat datang di satu Inside kali ini gua bakal ngebahas tentang Kenapa sih orang dewasa circle-nya makin dikit dan Kenapa orang sekarang tuh makin banyak yang kesepian dan Gimana cara mengatasinya simak video ini sampai habis Biar lo bisa dapat keturunan inside-nya oke [Musik] Oke sebelum lanjut videonya gua mau cari Thanks dulu ke sponsor kita kali ini yaitu Elsa speak Elsa speak adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis Ai dan speech recognition yang bakal memudahkan lo untuk belajar bahasa Inggris dengan efektif karena ini Sistemnya di aplikasi ada 3000 lebih modul dan 40 topik pembelajaran yang bisa lo akses kapanpun dan dimanapun so kalau lo pengen jago bahasa Inggris lo bisa download aplikasi yang subscribe di Google Play Store atau Appstore atau lo bisa Klik link deskripsi untuk dapat free trial 7 hari khusus dari satu persen dan juga diskon 85% kalau misalnya lo klik link di deskripsi sekali lagi thank you and subscribe udah menjadi sponsor di video kali ini sekarang kita balik lagi ke bahasa survei di bulan Juni tahun lalu itu menyatakan kalau 98% orang Indonesia kesepian di Amerika satu di antara dua orang menyatakan kalau mereka punya kurang dari 3 teman dekat coba hitung ada berapa yang beneran temen ya gak heran memang ya kalau banyak expert yang bilang ya kalau sekarang kita sedang berada di epidemi kesepian Jadi kesepian itu terjadi ketika kebutuhan lo akan interaksi sosial itu nggak terpenuhi yang akhirnya membuat lo tertekan tapi kesendirian sendiri itu bukan berarti kesepian cuy karena bisa jadi lu lagi nggak butuh lu lagi pengen main game lu lagi pengen ngapain gitu lu sendiri ya itu bukan yang kesepian cuy itu mah nolep mungkin ya Tapi ininya gini sendiri bukan berarti sepi sepi itu berarti ketika butuh tapi enggak ada dan kesepian ini sebenarnya itu kayak lingkaran setan cuy jadi ketika lu sepi wajarnya kan lu nyari orangnya tapi ketika kesepian manusia itu lebih cenderung waspada malah jadi ketika ada orang meskipun itu ngedeketin dia malah jadi waspada gitu Ini orang ngedeketin gua karena Pengen duit Pengen apa pengen apa dari gua akhirnya lu ngejauh dan apa yang terjadi yang terjadi adalah lu makin kesepian gitu dan karena lu tidak berinteraksi lagi ya lu enggak berteman lagi dong dengan orang-orang yang memang ada di sekitar tuh dan beberapa atau bahkan banyak dari yang memilih untuk jadi lonewof kalau istilah-istilah mainly-menuly tuh kayak sigmail gitu ya kayak lu sendiri gitu kan dan lain sebagai adalah bullshit tapi sebenarnya karena ya Semua orang butuh temen The Sims aja kita butuh temen gitu kebutuhan dasar gitu untuk lu punya temen jadi gue bisa bilang kalo lo nggak punya temen sama sekali ya lu bakal stress most likely ya most likely ya ada pasti ada orang yang gak stress makanya di kurikulum Life school satu persen gitu ya yang bentuknya segitiga ini itu kan ada dua level bahkan yang menunjukkan bahwa kita butuh relationship pertama di level 1 Basic relationship minimal Mungkin lo ada temen ngobrol atlist ada keluarga aja lah yang enggak Toxic dan yang ketiga adalah meaning for relationship karena punya teman bukan berarti itu meaningful juga masih ada pasti orang yang punya pacar punya temen Tapi ngerasa temannya toksik his not meaningful atau ngerasa bahwa gua kok temennya gini-gini aja ya Berarti enggak mending full dan bahkan Berdasarkan riset kesepian itu itu lebih berbahaya daripada rokok jadi ketika lo merasa kesepian Lu sebenarnya di analogikan seperti merokok 15 Batang sehari jadi resiko akan kematian itu meningkat cukup drastis bayangin ya 15 Batang tuh banyak banget sebungkus sehari ya itulah ya dampak kesepian Kenapa sih kesepian dianggap bisa meningkatkan resiko kematian ya karena kesepian itu bikin melakukan hal-hal berbahaya itu buat membunuh si kesepian lo itu kayak misalnya lu bakal Killing Time dengan hal-hal yang sebetulnya Nggak bermanfaat buat lo kayak misalnya yang ngerokok itu sendiri jadi lu yang awalnya nggak ngerokok jadi ngerokok minum alkohol atau bahkan sampai dengan free sex dan juga narkoba jadi memang cenderung ke sana padahal sebenarnya ketika lo melakukan hal tersebut Makin gak meaning full hidup lu dan ini membuat otak kita jadi rusak juga kalau berdasarkan beberapa penelitian yang gua baca Enggak heran kesepian adalah salah satu penyebab mental illnes yang cukup tinggi di zaman sekarang bahkan bisa juga ngaruh ke penyakit fisik jadi bukan cuma mental bukan cuma suicide intention tapi juga masalah kesehatan fisik so Apa solusinya obatnya Apaan jawabannya tentu adalah teman baru circle yang memang bisa Jadi support system lu bisa menerima lo apa adanya dan bisa sekaligus juga bikin diri lu berkembang karena kita enggak mau kan terlalu nyaman gitu terus hidupnya gitu-gitu aja tapi kita juga enggak mau berkembang tapi stress ya Enggak sih jadi solusinya adalah ya itu mencari sirkel yang memang suportif tapi pertanyaannya adalah nah ini biar lu tahu dulu masalahnya sebelum kita masuk ke solusi kenapa Makin dewasa circle kita justru makin sedikit karena ini justru berlawanan dengan kebutuhan orang dewasa yang mana justru makin butuh temen yang genuin butuh temen yang real butuh temen yang memang bisa ngasih dampak ke kehidupannya Nah sekarang kita bahas di section selanjutnya tentang Kenapa makin tua circle makin dikit Oke kalau lo merasakan hal yang sama kita tos dulu ini karena gue juga merasakan hal yang sama dan semua orang juga merasakan hal yang sama termasuk salah satu riset di Amerika Tadi teman dekat kurang dari 3 sekarang ada riset lagi dari Amerika lagi Mereka bilang kalau mereka enggak punya teman baru selama 5 tahun terakhir Jadi mereka stuck di sana-sana aja circle-nya cuy tapi faktanya gitu ya kalau ngomongin soal sirkel yang hilang atau circle yang Makin kecil itu bukan cuma perkara kita bikin janji nongkrong terus enggak jadi karena urusan kerjaan ya bukan cuma masalah itu bukan cuma masalah kontak juga dan bukan cuma masalah sibuk sama urusan masing-masing termasuk gua juga yang kebetulan udah punya istri sekarang bukan masa sibuk sama istri sama anak tapi ada juga banyak masalah lain yang lebih kompleks daripada itu apa aja sih hal yang bisa bikin circle kita makin seiring kita beranjak dewasa nah ini adalah beberapa penyebabnya pertama Ternyata kita semakin dewasa itu semakin susah percaya sama orang lain Jadi rasa trus kita ke orang lain itu menurun Ya wajar sih ya anak kecil mungkin bisa berteman sama siapa aja suka dia karena dia belum pernah mengalami kenyataan pahit bahwa orang itu bisa selingkuh orang itu bisa menipu orang itu bisa jadi goblok dalam waktu sekejap gitu Dan bisa merugikan kita gitu ya that's why semakin dewasa ya kita semakin memilih semakin merasa bahwa orang tuh susah dipercaya dan menariknya memang kalau anak kecil sih enggak terlalu peduli ya sama warna kulit gitu ya sama agama kayak atau miskin gitu ya tapi semakin kita dewasa justru kita malah makin peduli dengan atribut-atribut tersebut jadi kita cenderung memilih teman ketika dewasa tapi ini juga ada sisi positifnya jadi bukan cuma karena ya orang-orang menipu dan lain sebagainya bukan cuma itu tapi karena juga save awareness kita udah sangat meningkat gitu ya udah lebih meningkat daripada dulu sehingga kita aware gitu kita tuh butuh teman yang kayak gimana dan tentu Enggak semua orang bisa jadi teman kita ya kan enggak Semua orang bisa jadi cocok sama kita kita juga jadi ur dengan hal-hal negatif yang kayak tadi kan bisa kapan-kapan aja disakiti dikhianati gitu kan di-judge ditolak dan ya his Oke gitu Dan akhirnya kita memilih untuk Yaudahlah jaga jarak aja gitu sama orang ini apalagi kalau kita pernah mengalami trauma itu juga malah makin gitu Ya maksudnya yang pernah mengalami hal-hal yang buruk dengan orang lain yang pasti akan lebih menjaga jarak kalau istilah kerennya adalah trust issue Tapi ini kalau lu merasa atau Lu ngasih istilah-istilah ke diri lu ya kayak gua extrovert to introvert Saran gue sih mendingan lu mentoring atau konseling aja ya karena biar valid gitu jangan-jangan yang membatasi diri lu ada diri lu sendiri dan ternyata rendah gitu tapi kita lanjut ya itu alasan pertama Nah ada alasan Yang kedua juga dan ini alasannya lebih ke faktor lingkungan alasan Yang kedua adalah Kita jadi semakin dewasa itu enggak punya ruang dan bahkan Enggak punya waktu kalau menurut gua untuk open up dan mengekspresikan diri jadi ini masih nyambung sama yang pertama udah trust berkurang ruang dan waktu kita juga berkurang nah menurut sosiolog resep pertemanan yang cukup ampuh itu ada dua pertama ketika elu dan orang lain itu sering berinteraksi tanpa direncanakan dan supaya banyak orang yang ketika kuliah atau di tempat kerja bareng ya jadi berteman kan Nah itu karena tidak direncanakan gitu lo sering ketemu tanpa sebab gitu ya tiba-tiba ketemu di gedung a Gedung B gedung C gitu ya ketika di kampus atau di sekolah atau di kerjaan itu bakal bikin lo cancel lebih tinggi untuk berteman jadi Interaksi yang tidak direncanakan ini juga butuh makanya Emang susah sih kalau ngelola yang namanya LDR GC LDR dalam hal pertemanan tuh lebih sulit dan yang kedua resep berteman yang baik adalah ketika elu punya penderitaan dan fullrabilities yang sama Nah makanya ini mungkin dulu istilahnya ospek tuh bikin kompak gitu bukan gua setuju dengan ospek ya tapi ospek tuh kadang enggak penting gitu Tapi benar kalau ospek dibilang bikin kita jadi berteman karena ya kakak tingkat kita nyebelin gitu ya ketika ospek gitu atau kita punya bos yang sama-sama galak dan lain sebagainya ya itu bakal bikin kita jadi makin berteman gitu nah ketika dewasa tapi bedanya kuliah sama sekolah dengan kerja adalah ya Lu harus berinteraksi dengan orang dewasa juga kan secara profesional gitu lo ketika kesel sama bos lu ya Lu enggak bisa dong ngeluh ke teman kerja lu kecuali teman kerja lu dia suka ngegosip dan Toxic juga gue Cikal gua saranin jadi kayak ya jadi lebih susah gitu untuk lu punya waktu dan ruang untuk open up tentang diri lo jadinya lu harus memasang kulit yang tebal guys ya atau Armor yang tebal di kantor atau bahkan di kuliah juga bahkan udah ngerasain dan ini bikin lo jadi lebih sulit untuk punya temen punya sirkel baru apalagi punya sahabat di atas umur 20-an lebih sulit alasan yang ketiga ini sebenarnya alasan yang paling simple kita semakin dewasa nggak ada waktu cuy bukan nggak ada waktu sih lebih kegak memprioritaskan ya kalau waktu kan Semua orang punya waktu yang sama ya 24 jam tapi nggak diploritasin aja dan berdasarkan statistik pun Kalaupun kita punya waktu nih dan kita nggak usah kerja kita tuh butuh waktu interaksi selama 50 jam untuk lu jadi temen biasa sama orang dan 200 jam untuk lu bisa jadi teman baik atau sahabat sama orang jumlah ini mungkin enggak saklar gitu ya tapi ini rata-rata dan ini tuh menunjukkan bahwa untuk membangun channel itu butuh waktu yang lama butuh investasi bisa jadi bahkan beberapa orang butuh waktu lebih lama lagi kan biasanya 400 jam mau jadi pacar berapa gua enggak tahu sih mungkin banyak dari lu jomblo karena itu kali dan gua sendiri yang mungkin Ya bisa dibilang Gua lebih punya waktu luang dibandingkan karyawan-karyawan biasa karena gua kerjanya enggak naik gua sendiri kadang mager gitu untuk berinteraksi sama orang contohnya ya di bulan ini aja gua tuh ngisi udah sekitar mungkin 7 sampai 8 even lah gitu yang mulai dari yang offline sampai online mulai dari event abang none Kemarin gua offline di Jakarta terus juga gua ngisi online juga kuning kepala cabang bri gue juga ngisi ngelatih juga anak SMA gitu dan berbagai macam hal lainnya yang sebenarnya ketemu nih temen-temen lama dari kuliah tapi tetep aja karena emang gua ke sono buat kerja gua menganggap ketika gue jadi pembicara atau trainer tuh ya memang kerja akhirnya capek sih jadi ketika orang memang milih untuk melakukan small talk basa-basi dan lain sebagainya gua udah capek duluan karena Ya udah disuruh jadi pembicara selama 2 jam tambah lagi juga ada briefing kan sebelumnya dan 15 menit sebelum briefing juga butuh diem dulu memorizing dan lain sebagainya akhirnya orang yang punya waktu dan juga mungkin aktif sana sini karena merupakan bagian dari pekerjaannya juga udah capek duluan ya soalnya memang Blast banget sih orang yang nyari energinya dari orang lain extrovert ya mungkin akan cenderung lebih mudah dapat teman ya karena mereka memang suka berinteraksi nah ini alasan keempat adalah media sosial nah media sosial ini adalah alasan yang cukup menarik karena sebenarnya media sosial kan membuat kita terkoneksi dengan orang lain tapi justru dari penelitian yang gua baca ada beberapa hal yang terjadi malah sebaliknya ternyata postingan Story postingan Instagram misalnya Story atau fitch itu tuh bisa bikin kita terpengaruh sama postingan itu jadi ketika orang posting sama orang lain misalnya orang makan es krim posting sama temannya ketika teman kita atau teman kita tidak suka posting di medsos dan kita melihat orang yang suka posting kita akan merasa bisa dibilang iri lah iri dan juga merasa kayak kok temen gua gak posting meskipun sebenarnya kualitas pertemanannya Mungkin jauh lebih berkualitas kalian yang jarang posting dan ini terbukti juga oleh setan tapi ya ketika Lu lihat orang ya Gimana ya pasti akan berpengaruh juga Jadi lu ngerasa bahwa Oh temen gua dikit Oh temen gua enggak gaul oh teman gua enggak seru atau misalnya lu mikir bahwa sibuk nih orang-orang Kayaknya gua enggak bisa deh kalau misalnya gua ngajak ke tempat ini ini Ya kurang lebih seperti itulah ya generasi Z itu dengan segala preferensi pertemanannya dan dengan segala preferensi teknologinya gitu ya Yang bisa mempengaruhi banyak aspek termasuk pertemanan nah tapi tadi kan kita ngomongin soal alasan eksternal ya mostly bisa enggak sih Kalau alasannya tuh bukan eksternal gitu bisa enggak sih Kalau alasannya adalah kita yang Toxic atau mungkin kita dikelilingi oleh teman-teman yang Toxic jawabannya adalah bisa ya udah soalnya gua bakal jelasin di section selanjutnya tentang alasan jangan-jangan lalu Toxic makanya lu enggak punya teman gua bakal ngejelasin Kenapa sih ada temen yang tiba-tiba ngejauhin kita yang tiba-tiba kayak lost contact aja gitu dan lain sebagainya dan akhirnya kita end up sendiri jadi sendiri aja gitu teman-teman lama kita pada pergi pada cabut atau mungkin kita yang cabut duluan juga dari pertemanan itu tapi menurut yang gua baca ada ciri-ciri yang bisa menunjukkan kalau jangan-jangan kita atau kita dikelilingi oleh teman yang Toxic kalau kita enggak betah di pertemanan tersebut atau kita selalu enggak cocok gitu gimana sih ciri-ciri orang yang Toxic itu Nah pertama biasanya kalau orang yang Toxic itu cenderung memang jadi pembully pembully itu gimana sih pembully itu biasanya bukan dilakukan Sebenarnya ya oleh orang-orang enggak kenal sama kita justru bullying itu seringkali dilakukan oleh orang-orang terdekat dengan kita itu makanya memang jadi lebih nyelekit aja jadi lebih sakit hati gitu ya kita dibully dan ngebully ini bisa jadi sengaja atau enggak sengaja dan bukan cuma masalah mempermalukan di depan umum juga bisa juga kayak lu udah diceritain sama orang terus lu cerita ke orang lain misalnya tentang cerita itu nah itu juga bisa disebut sebagai membully secara tidak langsung nah ciri-ciri yang kedua adalah bisa Jadi elu atau teman lo itu parasit gitu parasit itu artinya adalah ya ada tapi ngerugiin doang gitu kagak ada manfaatnya Yang ada malah ngerugiin doang Kayak misalnya ya datang cuma ada saat butuhnya doang nah tapi ini kontekstual ya kalau misalnya lu sama-sama datang ketika butuhnya doang dan sama-sama nyamannya tapi ketika kita datang saat ada butuhnya doang dan ngerugiin si orang itu terus juga orang itu enggak rela juga tapi ketika dia butuh kita males kita enggak ada waktu mulu dan lain sebagainya tapi intinya gini kalau dalam pertemanan tuh meskipun tentunya ini bukan hal yang utama ya tapi intinya ada take and give Nah kalau yang Toxic tuh biasanya Take take take doang dan mungkin enggak mikirin give give give-nya gitu Bahkan bukan cuma tag tapi juga merugikan orangnya gitu lu bukan yang mengambil resource tapi juga lu merugikan orang tersebut ya itu mungkin susah ya untuk dipertahankan pertemanan seperti ini kadang enggak ada yang maksa tapi biasanya dosen and well nah yang jadi Pertanyaan selanjutnya mungkin ini ada pertanyaan 1 juta dolarnya gitu Dan ini juga kita buka webinar soal ini tapi gua bakal skill sedikit Gimana cara mendapatkan teman ala satu persen [Musik] ada beberapa hal yang bisa lakuin untuk mendapatkan circle atau teman baru pertama gua saranin untuk cek diri sendiri coba cek diri sendiri dan cek status quo sekarang lo tuh gimana sih sekarang apakah ada yang Toxic atau lu Toxic juga dan lo bisa cek intinya diri sendiri tuh sekarang lo ada di fase Apa sih lu nilainya berapa sih gitu buat orang lain dan lain sebagainya karena kalau lo nggak aware sama masalah lo ya mungkin lo akan mengalami masalah yang sama terus-terusan buat yang sering diselingkuhin di bius dan lain sebagainya bisa jadi kadang kita nggak hoki ketemu orang tapi kita juga punya hak loh untuk memilih mau berteman mau pacaran sama siapa inget lu juga punya sebagian kontrol yang bisa lu control gitu untuk menentukan Lu maunya punya teman yang kayak gimana dan Lu maunya siapa teman lu dan lu mau jadi orang yang kayak gimana nah itu ada dalam kontrol lu so fokus ke sana aja yang kedua lo coba lihat juga orang lain dan siapa tahu ternyata lu tuh udah punya banyak teman cuy cuman enggak pernah ngehubungi aja atau lu enggak pernah berani untuk menghubungi so kalau misalnya saran gua kalau lu ngerasa enggak enakan enggak berani untuk ngehubungin please Coba aja yang terburuk ya paling lu di gosting lagi gitu kan dan anak muda gitu Udah terbiasa juga gak sih kalo lo punya temen lama lu Pengen nongkrong sama dia ajak aja ajak aja coba Nongkrong Lagi dan lihat apakah masih nyambung atau enggak Kalau masih nyambung ya lanjut aja gitu Siapa tahu juga lu bisa join komunitas bareng supaya nanti ketika di komunitas lo bisa ya berinteraksi dengan orang itu secara tidak sengaja dan mungkin melakukan hal-hal yang produktif ya di luar dari pekerjaan lu sekarang kalau memang pekerjaannya beda dan yang ketiga kalau lu udah ada nih kandidat yang mau lu jadikan teman sudah ada calon-calon teman nih gitu lu udah nongkrong sekali gitu gua setuju banget sama kata-katanya Naval Dan ini juga gua jadiin culture-nya satu persen jadi company culture di sini yaitu Play game with long turn people Jadi kalau misalnya lu udah nemu nih orang yang lu kira Oh gua bisa nih temenan longtrong sama dia 10 tahun tanpa masalah yang berarti gitu ya udah apalagi long trend game dengan orang itu lu baikin terus aja tapi bukan berarti baik di sini untuk mengharapkan sesuatu yang enggak sesuatu pasti dapat lah yang namanya pertemanan pasti take and gift tapi kita enggak mau fokus ke sana gitu karena yang namanya pertemanan tuh beda sama bisnis enggak ada mounya cuy gua ngasih 100.000 Lu ngasih 500.000 Enggak ada enggak ada surat perjanjian kerjasama gitu Ini kontrak berteman ya enggak so yang harus lo fokusin adalah lu berbuat baik aja sama semua orang kalau misalnya di teori psikologi juga ini yang namanya Unconditional positive regards jadi bodo amat mau orang itu kayak gimana lu baikin dulu kalau misalnya dia Toxic ya jangan dibaikin lagi ya Coba kurangilah kebaikannya tapi kalau dia baik juga keluh dan cocok sama lu nih seleranya sama dan lain sebagainya dia lanjutin play game gitu enggak usah ragu untuk ngasih berbagai macam hal ke orang itu pasti orang itu juga nanti enggak akan ragu untuk ngasih berbagai macam hal ke lu gitu jadi yang jadi fokus adalah tulus dan respect-nya gitu ya barulah setelah itu lo bisa mendapatkan bonusnya dan biasanya memang bonusnya itu atau benefitnya itu enggak datang dari sekali ketemu kalau misalnya setelah ini Lu mau nyari temen di networking event dan lain sebagainya yang cuma 1 sampai 2 jam enggak akan berhasil Menurut gua kalau misalnya memang lo enggak main long Dream karena networking event itu cuma mempertemukan lo selama 12 jam bisa jadi lu juga jadi fake di sana dan orang lain juga jadi fake juga dan mungkin banyak orang yang ke sana datang untuk ya mendapatkan keuntungan dan akhirnya ya yang enggak dapat juga naturay ngefan juga bisa gua enggak bilang event itu enggak bikin berhasil tapi justru berhasil adalah ketika koneksinya terjalin secara organik jadi kayak pertama Lo ketemu Terus kedua Lo ketemu ketiga ketemu keempat saling bantu kelima saling bantu lagi baru sampai 50 sampai 200 jam baru satu teman biasa atau teman baik tips keempatnya ada tips keempatnya adalah action Jadi kalau memang Lo pengen mencari teman baru gitu ya silahkan komit di kegiatan baru gitu misalkan komen dan kegiatan baru komentar baru dan lain sebagainya dan juga komit diinvestasi waktu dan tenaga bersama orang tersebut Nah kan waktu kita sedikit ya sebagai orang dewasa pasti harus kerja pasti harus ngurus anak dan lain sebagainya gitu ya minimal mulai dari 15 menit lah per hari coba kontak teman-teman lo yang lama Coba kasih mim atau apa gitu ya kalau ada teman SMA atau kuliah gitu yang memang jokesnya masih nyambung sama lo coba tes the water aja karena gua yakin pasti kita semua temannya ada lah lebih dari 10 lah gua yakin ada lah mungkin kalau dijumlah ya seumur hidup gitu coba kontak aja gitu seminimal mungkin sama keluarga gitu coba ngobrol kalau jarang ngobrol sama keluarga gitu siapa tahu itu bisa meringankan ya kesepian yang sedang lo alami kalau lu memang sedang merasa kesepian so memang time consuming tapi ya saran gua tadi jangan pilih-pilih kalau mau baik sama orang cuman ketika orang itu ada yang jahat keluh ya lu bisa punya hak untuk mundur ya gitu Jadi silakan lah berteman dengan siapa saja Tapi tentu brand privasi waktu dalam pertemanan ya nggak bisa dengan siapa saja tentu kita nggak bisa punya sahabat yang banyak banget atau teman yang banyak banget tanpa kita menginvestasikan waktu Jadi silakan Pilihlah dan pilih aja nah terakhir mungkin yang mau gua bahas adalah kan nyari temen tuh susah ya Fan dan waktunya banyak kalau gua enggak punya teman yang banyak enggak apa-apa Enggak sih atau kalau gua enggak punya teman deh enggak apa-apa enggak sih menurut gua sih selama lo masih merasa enjoy ya enggak apa-apa bahkan untuk sendiri juga enggak apa-apa cuman gua rada skeptis aja sih kalau yang sendiri banget gitu yang enggak punya teman sama sekali enggak punya sahabat sama sekali karena ya itu udah jadi kebutuhan dasar manusia cuy untuk berinteraksi untuk ngobrol sama orang itu udah tertanamlah di Gen kita apalagi kita adalah salah satu spesies yang bisa bertahan hidup sampai sekarang kan karena pertemanan Ya enggak sih karena kita ada dalam suku-suku ada dalam gua juga ada data reset teman dekat tiga sampai lima orang aja cukup untuk bikin kita bahagia jadi enggak perlu sebanyak itu sebetulnya ya tapi kalau misalnya lebih banyak ya yang lain ada reset juga kok Yang nyebutin kalau Semakin banyak teman semakin gede juga kepuasan hidup lu dan kebahagiaan lo ya mungkin kalau saran gua buat lo yang sekarang gak punya temen Carilah 3-5 habis itu kayak Ya udah kalau misalnya lu dapet ya syukur kalau nggak ya udah gitu sih berarti ya yang paling pragmatis yang bisa kita lakuin of the day ya punya circle yang banyak itu sebenarnya lumayan penting Tapi tentu lebih penting adalah circle yang berkualitas so karena ini adalah pertanyaan yang ditanyakan oleh semua orang dan juga webinar yang di-request training juga yang di request oleh semua orang gue sediakan ke lu semua nih adalah webinar cara mencari circle cara punya circle di usia dewasa cara mencari teman di usia dewasa lu bisa cek di satu persen.net lo bisa ikut nanti kita bakal bikin ini secara rutin juga tapi ya rutin yang satu persen sih 2 bulan sekali gitu Jadi jangan sampai kelewatan Selama masih available karena tiketnya terbatas juga atau kalau memang lu kurang suka ikut webinar dan sebagainya dan lo ngerasa kayak Oh kayaknya temen gue Toxic pasangan gua toxing dan sebagainya saran gua kalau mau lebih private lu bisa langsung ke mentoringnya satu persen atau bisa ke konseling yang satu persen kalau memang dirasa memang sudah parah banget karena temen lo enggak ada yang mau dengar gitu Ya silakan lah ke mentor gitu karena gua pribadi juga merasa kadang-kadang butuh teman bicara tapi yang profesional dan ya teman untuk mengeluarkan klub kesalah kalian dapat solusi juga terakhir sebagai apresiasi dari video well gua mau ngasih lu worksheet gratis lo supaya bisa improve diri lo dan mengetahui