Kenapa Orang Genius Lebih Sukses Daripada Orang Kreatif? | Satu Insight Episode 42
AcENosLXQBA • 2022-11-09
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id menjadi cerdas atau menjadi kreatif ini menarik ya Menurut lo mana sih yang lebih baik dan kalau misalnya lu dikasih pilihan buat jadi super cerdas atau super kreatif kira-kira lo bakal milih yang mana sih kita mungkin tau ya ada orang yang di sekolah rajin gitu Tapi ketika ditanya soal inovasi itu halal tapi ada juga yang banyak banget ya ide dan lain sebagainya tapi ketika eksekusi terus ketika ditanya suatu masalah jawabannya apa juga jadi kayak Dilema gitu ya tapi di video ini gua bakal memaparkan kedua aspek ini karena ya seru aja sih ngebahas serba-serbi Orang cerdas dan orang kreatif karena kita tahu sekarang itu mungkin bisa dibilang orang yang terkaya di dunia itu bisa jadi memiliki minimal salah satu domain dari kedua domain tersebut dan kita juga pengen cari tahu apakah lo termasuk salah satunya atau justru enggak dua-duanya so lo tonton video ini sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhannya [Musik] kita mulai dengan orang cerdas sebenarnya orang yang cerdas itu yang kayak gimana sih kalau dari sumber yang gua baca Ya jelas Orang cerdas itu berkaitan sama intelegensi dan kalau kita ngomongin soal intelegensi kita ngomongin soal aki kan Tapi kita Bentar dulu deh ngomongin iq-nya emang orang yang intelegensinya tinggi itu ngapain sih Nah orang yang intelegensinya tinggi itu adalah orang yang bisa menyelesaikan masalah seiring perkembangan zaman definisi Orang cerdas Memang agak fluid Ya maksudnya fluid adalah berganti-ganti bisa jadi karena mungkin dulu cukup bisa nyari makan lu bisa berburu lu bisa meramu gitu ya dan Ya udah lu lu bisa menguasai ketiga hal ini lu bakal jadi orang yang dianggap cerdas pada masanya dan itu cukup untuk Survive untuk menyelesaikan masalah kehidupan di zaman ribuan tahun lalu tapi kalau misalnya lu tanya orang sekarang ya orang yang jago berantem berburu sekarang lu mungkin lebih bagus orang yang jago branding ya branding kekayaan dan lain sebagainya atau mungkin jadi konten kreator tapi yang jelas ee cerdas Itu juga kalau kata orang sih ada berbagai domain Kayak misalnya bilang bisnis Dibilang Apa dibilang apa gitu nah ini juga bisa dibilang sebagai kecerdasan tapi Intinya kita bisa sepakat lah ya kalau secara umum orang yang kita anggap cerdas adalah orang yang bisa nangkep berbagai macam informasi dan bisa nyelesain berbagai macam masalah dengan cepat dan Ini juga udah kita sepakati bahwa kemarin juga kan gua bahas soal hoki soal great kecerdasan tuh jauh lebih penting daripada lo kerja keras daripada lu passionnya sama hal yang lu coba bahkan ada penelitian yang bilang kecerdasan tuh 90 kali lebih besar dalam menentukan kesuksesan Jadi kalau lu Bicara definisi kesuksesan itu duit banyak terkenal khusus anak akademik itu diprediksi lebih besar oleh intelegensi atau oleh kecerdasan daripada oleh faktor lain termasuk great nah tapi dari segala kelebihannya dengan statistik tadi dan lain sebagainya juga orang cerdas juga ternyata memiliki beberapa kekurangan Lo tahu enggak sih kalau orang lebih cerdas itu lebih rentan kena gangguan mental gue menemukan satu riset yang dilakukan ke ribuan orang dan ribuan orang ini akhirnya tuh di atas 130 cerdas lah di atas rata-rata dan hasilnya menunjukkan bahwa 26% atau 1/4 dari Orang cerdas tersebut punya yang namanya gangguan mood dan 20% diantaranya itu punya gangguan kecemasan jadi ini dua kali lipat lebih tinggi daripada orang-orang biasa Mungkin bisa kita lihat lah ya Patrick di Spongebob mah gak pernah galau gitu dan lebih mengejutkan lagi memang ini ada salah satu Fanpage lo tau isag Newton kan Newton ini dia menemukan teori gravitasi ternyata ketika dia sedang overthinking overthinking tentang apa overthinking tentang kesalahan-kesalahan hidupnya di masa lalu Jadi ketika lagi overthinking di bawah pohon apel gitu terus apelnya jatuh terus kayak Wah iya juga ya tapi kebetulan memang iq-nya tinggi gitu ya jadi kayak dia bisa menganalisis hal-hal seperti itu Nah yang kedua seringkali Orang cerdas juga gagal mencapai potensi terbaiknya Mungkin lo tahu lah ya orang yang cerdas atau sukses secara akademik tapi ternyata kok pas kerja biasa-biasa aja ketika kuliah jadi berprestasi gitu ya Mahasiswa berprestasi tapi maskernya biasa-biasa aja gitu Apa sih yang terjadi dengan orang-orang seperti ini bukannya orang cerdas itu punya Chance yang lebih baik well Betul tapi ternyata perse masyarakat Orang cerdas itu kemungkinan suksesnya tinggi itu jadi memberatkan mereka secara mental jadi kayak mereka jadi terbebani gitu karena kok gua harus sukses gitu Ini diteliti oleh psikolog juga yang meneliti ribuan orang dengan IQ di atas 140 tapi ini di Us By the way ya Jadi mungkin gak relate dengan Indo ya kita bisa lihat juga ya kalau orang pintar kadang-kadang juga milih hidup yang tidak konvensional gitu kayak gua punya kenalan yang dia udah kayak udah sukses tahu enggak dia memilih untuk jadi beli tanah di pinggir kota jadi petani mungkin keputusan yang tidak konvensional buat banyak orang tapi buat dia itu konvensional mungkin karena udah ya jenuh aja sih sama berbagai macam kegiatan di kota Kan dan kayak berbagai macam ekspektasi yang ditaruh ke dia gitu akhirnya di reset ini juga ditunjukan bahwa kebanyakan dari orang-orang cerdas ini Justru malah punya karir dan penghasilan yang biasa saja tentu ini berbeda mungkin ya dengan orang yang tidak cerdas dan merasa bahwa dianya sukses Nah gua pengin dengar juga sih cerita dari lu ya Lu mungkin yang punya hiq atau lu punya temen yang iq-nya tinggi pengalaman lu gimana ketika lo berinteraksi dengan orang cerdas ini gitu Coba lu cek di komen section ceritain aja nanti mungkin yang bagus-bagus komennya gua bakal bales [Musik] sebelumnya kita udah ngebahas tentang Apa itu Orang cerdas Nah kita bakal coba breakdown di yang kreatif ini seperti apa ya terutama dari perspektif psikologi dan disclaimer Kalau ngomongin soal kreativitas skripsi gue juga gue meneliti soal great dan kreativitas ya bisa di cek di gambar ini dan yang jelas si kreativitas ini itu tuh masih sangat diperdebatkan variabelnya tapi kita mencoba menetapkan variabel kreativitas adalah ini ya definisi kreatif adalah orang yang bisa menemukan ide yang original dan efektif jadi itu Ya kita batasi di sana Jadi kalau lu punya definisi lain ya silakan nanti kita bahas di komen section tapi kita batasin dulu di sana simpelnya orang kreatif adalah orang yang mampu menciptakan ide yang original jadi ide yang baru daripada sebelumnya dan ini mampu menyelesaikan masalah secara efektif jadi bukan cuma baru tapi kayak gagal tapi juga baru tapi juga sukses Mungkin kita bisa lihat dari Steve Job sekali ya kayak dia menciptakan kan pertama kalinya Kalau enggak salah HP full touchscreen meskipun bisa jadi bukan yang pertama kali tapi dia bisa dibilang kreatif karena apa Karena dia menciptakan iPhone dan sukses waktu itu di pasaran sampai sekarang itu bisa dibilang kreatif dan Psikologi itu ngebagi kreativitas Jadi dua hal sebetulnya ya Jadi ada kreatif potensial dan kreatif achievement nah gue jelasin kreatif potensial adalah kemampuan seseorang buat nyiptain sesuatu yang baru dan berguna nah jadi itu kreatif potensialnya entah dalam hal saya yang seni atau apapun Nah kalau kreatif achivement adalah realisasi dari kemampuan seseorang apakah dia cuma bisa ngide doang jadi ngasilin ide baru doang atau dia juga bisa eksekusi gitu ya bisa menghasilkan suatu hal yang baik dan kreativitas juga ini perlu digarisbawahi ya kadang orang mikir kreatifitas tuh muncul dari otak karena otak lu canggih dan lain sebagainya bisa jadi enggak gitu ya dari berbagai macam sumber yang gua baca justru kreatifitas tuh seringkali malah berasal dari hasil pertemuan antara pikiran-pikiran yang kita proses gitu Jadi dengan berbagai macam hal di sekitar kita terus kita gabung-gabungin tuh akhirnya kita menghasilkan hal baru Jadi mungkin iPhone itu enggak akan tercipta kalau Steve Jobs itu enggak membayangkan dan memproses ide-ide di sekitarnya bagaimana dunia di masa depan Seperti apa dan lain sebagainya gitu Dan bisa jadi juga satu persen tidak akan tercipta kalau gua misalnya enggak enggak resah dengan masalah kesehatan mental kalau gua enggak kuliah di psikologi misalnya nah menariknya adalah orang kreatif juga punya Sisi yang cukup negatif kita bahas negatifnya juga nih Nah orang kreatif itu biasanya punya masa kecil yang traumatis Kenapa sih orang kreatif itu punya gangguan mental contohnya kanyes tuh gue suka banget sih lagunya yang di album Runaway ya terutama salah satu yang gue dengerin dulu adalah power dan remix-nya dia juga lagu Dev punk gitu itu kan Kreatif banget dan dia juga menciptakan sepatu baju Designer dan lain sebagainya dia yang mendesain Bahkan bukan hanya fashion tapi juga banyak hal gitu kan bipolar disorder terus kita bisa lihat juga Demi Lovato Fano sebutin lagi deh orang-orang kreatif yang punya gangguan mental bisa jadi memang salah satu alasannya adalah ya mungkin gara-gara ide atau trauma yang di alami itu jadi membuat kotaknya memproses sesuatu jadi lebih kreatif gitu bisa jadi ya Dan ini juga gua bawa penelitian dari 234 seniman profesional yang ternyata dari ratusan orang itu nunjukin bahwa orang yang kreatif itu cenderung punya trauma yang cukup tinggi meskipun bukan berarti juga kalau lu trauma Terus lu jadi orang kreatif nggak juga ini kita ngomongin soal korelasi bisa jadi traumanya itu yang bikin jadi gangguan mental tapi apakah traumanya ini juga ternyata menghasilkan pemikiran kreatif well butuh lebih banyak penelitian tentang hal ini tapi kalau asumsi gua bisa jadi ya bisa jadi ada proses tertentu yang belum kita ketahui dan akhirnya bikin mereka jadi kreatif ya contoh aja deh tulus salah satu album favorit gua dari dulu juga adalah album monokrom tuh keren banget sih tapi sebelum itu kan dia ngeluarin album gajah eee dan Gajah itu kan sebenarnya dari sumber dia di-bully cuy karena badannya karena cenderung gemuk dulu ya itulah ya kita bisa lihat banyak contoh di sekitar kita yang kedua jadi orang kreatif itu sering kali miskin cuy faktanya yang enggak semua artis setajir itulah Enggak semua artis bisa beli Lamborghini dan lain sebagainya bisa jadi kolektor barang-barang seni mahal gitu enggak juga Justru kadang-kadang malah artis-artis terkenal yang terkenal baru Setelah dia meninggal Ya kurang lebih begitulah ini juga gua back statement ini dengan satu penelitian yang dilakukan ke 1.500 seniman di Amerika dan Inggris yang menunjukkan ternyata 50% seniman itu rata-rata penghasilannya maksimal 7 juta per bulan sedih banget cuy sedih banget cuy 7 juta perbulan di Amerika tuh pake banget cuy itu tuh kayak cuma satu setengah UMR Jakarta di Jakarta aja udah mahal lu Kalau gaji 7 juta Gitu ya bayangin lu tinggal di Amerika gitu dengan harga makanan yang bisa 100.000 200.000 dan bisa Jadi kalau penelitian itu dilakukan di Indonesia mungkin gajinya bisa bisa 1 juta 2 juta ya enggak tahu ya gua belum baca reset yang ada di Indonesia tapi yang jelas bisa jadi angkanya yang lebih parah lagi sih so memang pekerjaan yang ya di Indonesia kreatif itu Dan kalau lu merasa lu orang kreatif bisa jadi enggak bisa menjanjikan itu Jadi benar Mungkin kata orang tua orang tua di film-film gitu Yang kamu jangan ngeband kamu jangan apa ya benar sih pengesahannya cenderung rendah Coba deh kalau lu ada di industri band atau di industri manapun di kreatif lu bisa sharing juga tentang eee gimana sekarang itu industri kreatif Seperti apa gitu di Indonesia gitu ya Dan kalau lu sendiri ada seorang kreator ya di Indonesia kreatif Mungkin lo bisa share Kalau berkenan gitu ya penghasilan lu gimana dan struggle gimana gitu Nah sekarang kita masuk ke bagian yang paling seru yaitu memilih yang mana yang lebih penting kita membandingkan Orang cerdas versus orang kreatif yang mana sih yang lebih baik sebelumnya disclaimer kalau misalnya nanti ada yang protes dan gue tuh bete banget sebenarnya kalau ada yang protes kayak agak Bang di lingkungan gua kayak gini ya kalau lu protes ya coba bawa risetnya cuy karena satu persen juga ketika kita ngejelasin ini kita pakai riset-riset yang kita temuin kalau misalnya lu enggak setuju atau misalnya lu ada apa namanya argumen Ya silakan cari risetnya dan justru kita sangat menghargai kalau argumen tuh didasarkan oleh riset atau oleh apapun lah data ya jadi kayak disclaimer aja ini dari riset yang kita temuin dan kalau lu ada riset yang lebih bagus kita bakal sangat menerimanya dengan ee oke sih meskipun argumen itu melawan argumen kita karena di sini kita kan nyari yang terbaik kita nyari yang yang mana yang lebih mantap nih cerdas atau kreatif Oke kita langsung ya jawabannya lagi-lagi kalau lu udah sering nonton satu persen lu udah tahu lah jawabannya jawabannya adalah dua-duanya cuy dan dua-duanya juga berkorelasi jadi kayak orang cerdas memang cenderung lebih kreatif dan orang cukup cenderung memang kecerdasan juga tinggi nah tapi kalau ditanya kita harus ngejar yang mana duluan Nah gua mungkin bisa berargumen bahwa yang harus dikejar duluan adalah kecerdasan karena dari riset yang gue baca itu menyebutkan kalau ada tingkat IQ minimal yang diperlukan untuk kita bisa menguasai semua aspek kreativitas jadi kreativitas itu domainnya banyak nih gua sebutin ya Ada memecahkan masalah yang biasa ada bikin ide yang original ada menjelaskan sesuatu yang rumit jadi simpel ada memecahkan hal abstrak dan lain sebagainya nah Minimal iq-nya berapa minimal iq-nya adalah 120 kalau dari riset yang gua baca nah ini dinamakan sebagai the trace hold hipotesis jadi ada threshold-nya dulu ada ada batasnya kalau lu pengen bisa menguasai semua domain-domain kreativitas Jadi kalau menurut hipotesis ini gua ulangi sekali lagi kalau orang hiv-nya di bawah 120 itu jadi bisa jadi kreatif tapi enggak fully kreatif enggak bisa naik level ibaratnya ya kalau di game tuh lu harus masuk skill ini dulu baru skin jadi harus IQ dulu baru kreatifitas meskipun kalau Iqro sudah di atas 120 tahu enggak apa yang terjadi IQ itu enggak seperti itu gitu ya ya untuk kreativitas jadi yang penting IQ lo 120 terus lo bisa kreatif tapi kalau di atas itu itu nggak nggak ngaruh-ngaruh banget so kesimpulannya apa Kesimpulannya adalah lo harus pinter nah terus gimana cara ningkatin kreativitas kan kreativitas juga penting itu berarti harus sampai 120 habis itu gimana buat ningkatin kedua hal ini ada satu jawaban yang menurut gua penting satu hal yang bisa meningkatkan kreativitas dan IQ adalah kepribadian gitu Jadi kita setelah ini kita bakal ngomongin faktor yang bisa banget lo maksimalin yaitu kepribadian entah Iqro kurang atau entah Iqro lebih kita bakal bahas tentang suatu hal yang bisa menjembatani nih antara lu menuju kesuksesan Kalau ngomongin kepribadian salah satu tes kepribadian yang penilaiannya sangat tamat variabel etlist menurut gua pribadi Itu adalah Tes Ocean atau tes Big Five personality Jadi kalau lo ngomongin kepribadian terus lo ngomongin mbti atau apa sorry to say ya Menurut gua itu nggak terlalu valid di Big Five personality salah satu aspek yang bisa ningkatin kreativitas lo adalah ini satu aspek yang namanya adalah openeds to experience Jadi kalau belum tahu Ocean itu adalah singkatan opens to experience itu ada di singkatan o c-nya itu concentrisme dan lain sebagainya gitu ya Open S2 experience ini adalah faktor yang bisa menentukan apakah orang bisa memaksimalkan kecerdasannya dan kreativitasnya atau tidak nah orang dengan open to experience yang tinggi itu cenderung lebih terbuka dengan pengalaman baru jadinya orangnya itu cenderung lebih curious punya imajinasi yang tinggi rasa ingin tahu ya Dan ini bikin orang jadi semangat belajar jadi suka sama ilmu pengetahuan nah ini adalah aspek yang bisa banget lo tingkatin lu dengan ngeklik video-video edukasi Entah dari satu persen ataupun dari channel lain itu juga udah menggambarkan bahwa lu lu haus yang ilmu pengetahuan nih kalau misalnya lu pengen jadi orang cerdas yang kreatif tapi lo merasa sekarang belum cerdasan kreatif atau lo merasa sudah cerdas dan kreatif tapi kok tidak sukses sukses mungkin berarti yang jadi konsen adalah Open so experiencer yang cenderung rendah Jadi silahkan lu tes aja di satu persen gitu ya tapi kebetulan ini berbayar harus diiringi dengan konsultasi dengan profesional entah itu mentor atau psikolog gitu ya jadi biar lu bisa paham gitu skor lu sekarang berapa dan kenapa Mungkin so jadi Open ke berbagai macam experience hal baru ilmu baru dan kalau dapet ilmu baru Jangan diterima mentah-mentah tapi juga jangan ditolak mentah-mentah juga jadi asah keresity lo Jadilah yang namanya Life long learner pembelajar sepanjang hayat Dari video ini kita bisa menyimpulkan bahwa dua aspek tersebut penting kecerdasan maupun kreativitas tapi yang jelas kalau gua bisa pilih dari bukti yang gue temukan maka kecerdasan lebih penting daripada kreativitas bukan masalah karena dia lebih tinggi tapi karena dia mesti didudukan mengingat si kreativitas ini domainnya akan berfungsi kalau si IQ ini levelnya udah tinggi yaitu yang pertama yang bisa kita simpulkan dan yang kedua gua juga mau disclaimer bukan berarti orang yang gacorders atau enggak kreatif itu enggak bisa sukses tentu pasti akan ada outliers pasti akan ada Chance yang lain pasti akan ada aspek-aspek yang tentunya di dunia nyata ini pasti banyak banget lah aspek-aspek dalam kehidupan ya kayak kemarin yang gua bahas ya hoki aja bisa jadi salah satu aspek yang menentukan kesuksesan so santai aja kalau lu ngerasa lu sekarang enggak cerdas enggak kreatif santai cuy masih banyak aspek-aspek lain yang bisa lo explore dan ini cuma ngomongin penelitian kita enggak ngomongin soal random atau apa Karena penelitian kan biasanya di ya subjek yang memang terukur banget sementara dunia nyata itu tidak terukur sebetulnya dan yang ketiga Enggak semua orang harus sukses seperti didefinisikan oleh satu persen juga definisi sukses itu apa sih di hari perbankan juga bukan berarti gua nggak mengejar sukses juga dan bukan berarti gue juga tidak mengejar kesantuan ya dengan gua bikin statement kayak gitu gue tidak mendukung yang manapun tapi yang jelas gua menjadi balancer dunia save improvement ini yang cenderung memang seringkali ngejar kesuksesan banget atau kadang juga seringkali mengejar kesantuan banget nah gua mau ngasih balance antara kedua hal itu makanya video-videonya kadang-kadang Mungkin lu pikir satu persen tuh kontradiktif padahal enggak justru kita nge-balance mendapat dari satu sama lain biar nanti lu bisa menentukan yang terbaik buat diri lu kalau enggak bisa gimana ya kalau enggak bisa lu bisa konsultasi ke profesional sih siapa tahu kan lu lagi mengalami kord Life Crisis ternyata memang lo memang orang yang cerdas dan kreatif Eh tapi lu punya masalah kesehatan mental Nah itu juga silakan ya karena tadi orang cerdas cenderung punya masalah kesehatan mental saran gua diperiksakan saja ke eh mentor atau psikolog nanti dites juga bukan cuma tes kepribadian Ocean tadi tapi juga berbagai macam hal lain kayak tes kesehatan umum Jadi lu tahu kesatuan mental dan fisik lu gimana tes minat karir buat lo yang bingung juga nanti lu bakal tahu kayak gimana ya silakan lah eksplore lebih banyak pengetahuan di dunia ini dan ngomong-ngomong tentang open di satu persen juga ada webinar yang wajib Menurut gua kalau lo adalah fans 1% atau udah nonton dari dulu alangkah baiknya kalau lo nonton series life skill securiculum yang memang udah kita Buat yang segitiga ini yang lo mungkin udah sering lihat kita bakal sharing ke lu soal gimana level 1 2 dan 3 di 3 webinar series Ini pertama live skins introduction kedua adalah personal Finance ngomongin uang ya yang ketiga juga adalah live planning buat lo yang udah punya duit udah punya dana-darah tapi masih bingung mau ngapain Ini adalah 3 webinar wajib yang ya gua sarankan ke lu semua kalau lu memang pengen membuka cakrawa lalu tentang dunia gitu ya terutama kalau lo masih merasa ada di level 1 atau 2 gitu oke eee Akhir kata well gua evangelistosen Sampai ketemu di video selanjutnya dan thanks [Musik]
Resume
Categories