Transcript
AcENosLXQBA • Kenapa Orang Genius Lebih Sukses Daripada Orang Kreatif? | Satu Insight Episode 42
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0620_AcENosLXQBA.txt
Kind: captions
Language: id
menjadi cerdas atau menjadi kreatif ini
menarik ya Menurut lo mana sih yang
lebih baik dan kalau misalnya lu dikasih
pilihan buat jadi super cerdas atau
super kreatif kira-kira lo bakal milih
yang mana sih kita mungkin tau ya ada
orang yang di sekolah rajin gitu Tapi
ketika ditanya soal inovasi itu halal
tapi ada juga yang banyak banget ya ide
dan lain sebagainya tapi ketika eksekusi
terus ketika ditanya suatu masalah
jawabannya apa juga jadi kayak Dilema
gitu ya tapi di video ini gua bakal
memaparkan kedua aspek ini karena ya
seru aja sih ngebahas serba-serbi Orang
cerdas dan orang kreatif karena kita
tahu sekarang itu mungkin bisa dibilang
orang yang terkaya di dunia itu bisa
jadi memiliki minimal salah satu domain
dari kedua domain tersebut dan kita juga
pengen cari tahu apakah lo termasuk
salah satunya atau justru enggak
dua-duanya so lo tonton video ini sampai
habis Biar lo bisa dapat keseluruhannya
[Musik]
kita mulai dengan orang cerdas
sebenarnya orang yang cerdas itu yang
kayak gimana sih kalau dari sumber yang
gua baca Ya jelas Orang cerdas itu
berkaitan sama intelegensi dan kalau
kita ngomongin soal intelegensi kita
ngomongin soal aki kan Tapi kita Bentar
dulu deh ngomongin iq-nya emang orang
yang intelegensinya tinggi itu ngapain
sih Nah orang yang intelegensinya tinggi
itu adalah orang yang bisa menyelesaikan
masalah seiring perkembangan zaman
definisi Orang cerdas Memang agak fluid
Ya maksudnya fluid adalah berganti-ganti
bisa jadi karena mungkin dulu cukup bisa
nyari makan lu bisa berburu lu bisa
meramu gitu ya dan Ya udah lu lu bisa
menguasai ketiga hal ini lu bakal jadi
orang yang dianggap cerdas pada masanya
dan itu cukup untuk Survive untuk
menyelesaikan masalah kehidupan di zaman
ribuan tahun lalu tapi kalau misalnya lu
tanya orang sekarang ya orang yang jago
berantem berburu sekarang lu mungkin
lebih bagus orang yang jago branding ya
branding kekayaan dan lain sebagainya
atau mungkin jadi konten kreator tapi
yang jelas ee cerdas Itu juga kalau kata
orang sih ada berbagai domain Kayak
misalnya bilang bisnis Dibilang Apa
dibilang apa gitu nah ini juga bisa
dibilang sebagai kecerdasan tapi Intinya
kita bisa sepakat lah ya kalau secara
umum orang yang kita anggap cerdas
adalah orang yang bisa nangkep berbagai
macam informasi dan bisa nyelesain
berbagai macam masalah dengan cepat dan
Ini juga udah kita sepakati bahwa
kemarin juga kan gua bahas soal hoki
soal great kecerdasan tuh jauh lebih
penting daripada lo kerja keras daripada
lu passionnya sama hal yang lu coba
bahkan ada penelitian yang bilang
kecerdasan tuh 90 kali lebih besar dalam
menentukan kesuksesan Jadi kalau lu
Bicara definisi kesuksesan itu duit
banyak terkenal khusus anak akademik itu
diprediksi lebih besar oleh intelegensi
atau oleh kecerdasan daripada oleh
faktor lain termasuk great nah tapi dari
segala kelebihannya dengan statistik
tadi dan lain sebagainya juga orang
cerdas juga ternyata memiliki beberapa
kekurangan Lo tahu enggak sih kalau
orang lebih cerdas itu lebih rentan kena
gangguan mental gue menemukan satu riset
yang dilakukan ke ribuan orang dan
ribuan orang ini akhirnya tuh di atas
130 cerdas lah di atas rata-rata dan
hasilnya menunjukkan bahwa 26% atau 1/4
dari Orang cerdas tersebut punya yang
namanya gangguan mood dan 20%
diantaranya itu punya gangguan kecemasan
jadi ini dua kali lipat lebih tinggi
daripada orang-orang biasa Mungkin bisa
kita lihat lah ya Patrick di Spongebob
mah gak pernah galau gitu dan lebih
mengejutkan lagi memang ini ada salah
satu Fanpage lo tau isag Newton kan
Newton ini dia menemukan teori gravitasi
ternyata ketika dia sedang overthinking
overthinking tentang apa overthinking
tentang kesalahan-kesalahan hidupnya di
masa lalu Jadi ketika lagi overthinking
di bawah pohon apel gitu terus apelnya
jatuh terus kayak Wah iya juga ya tapi
kebetulan memang iq-nya tinggi gitu ya
jadi kayak dia bisa menganalisis hal-hal
seperti itu Nah yang kedua seringkali
Orang cerdas juga gagal mencapai potensi
terbaiknya Mungkin lo tahu lah ya orang
yang cerdas atau sukses secara akademik
tapi ternyata kok pas kerja biasa-biasa
aja ketika kuliah jadi berprestasi gitu
ya Mahasiswa berprestasi tapi maskernya
biasa-biasa aja gitu Apa sih yang
terjadi dengan orang-orang seperti ini
bukannya orang cerdas itu punya Chance
yang lebih baik well Betul tapi ternyata
perse masyarakat Orang cerdas itu
kemungkinan suksesnya tinggi itu jadi
memberatkan mereka secara mental jadi
kayak mereka jadi terbebani gitu karena
kok gua harus sukses gitu Ini diteliti
oleh psikolog juga yang meneliti ribuan
orang dengan IQ di atas 140 tapi ini di
Us By the way ya Jadi mungkin gak relate
dengan Indo ya kita bisa lihat juga ya
kalau orang pintar kadang-kadang juga
milih hidup yang tidak konvensional gitu
kayak gua punya kenalan yang dia udah
kayak udah sukses tahu enggak dia
memilih untuk jadi beli tanah di pinggir
kota jadi petani mungkin keputusan yang
tidak konvensional buat banyak orang
tapi buat dia itu konvensional mungkin
karena udah ya jenuh aja sih sama
berbagai macam kegiatan di kota Kan dan
kayak berbagai macam ekspektasi yang
ditaruh ke dia gitu akhirnya di reset
ini juga ditunjukan bahwa kebanyakan
dari orang-orang cerdas ini Justru malah
punya karir dan penghasilan yang biasa
saja tentu ini berbeda mungkin ya dengan
orang yang tidak cerdas dan merasa bahwa
dianya sukses Nah gua pengin dengar juga
sih cerita dari lu ya Lu mungkin yang
punya hiq atau lu punya temen yang
iq-nya tinggi pengalaman lu gimana
ketika lo berinteraksi dengan orang
cerdas ini gitu Coba lu cek di komen
section ceritain aja nanti mungkin yang
bagus-bagus komennya gua bakal bales
[Musik]
sebelumnya kita udah ngebahas tentang
Apa itu Orang cerdas Nah kita bakal coba
breakdown di yang kreatif ini seperti
apa ya terutama dari perspektif
psikologi dan disclaimer Kalau ngomongin
soal kreativitas skripsi gue juga gue
meneliti soal great dan kreativitas ya
bisa di cek di gambar ini dan yang jelas
si kreativitas ini itu tuh masih sangat
diperdebatkan variabelnya tapi kita
mencoba menetapkan variabel kreativitas
adalah ini ya definisi kreatif adalah
orang yang bisa menemukan ide yang
original dan efektif jadi itu Ya kita
batasi di sana Jadi kalau lu punya
definisi lain ya silakan nanti kita
bahas di komen section tapi kita batasin
dulu di sana simpelnya orang kreatif
adalah orang yang mampu menciptakan ide
yang original jadi ide yang baru
daripada sebelumnya dan ini mampu
menyelesaikan masalah secara efektif
jadi bukan cuma baru tapi kayak gagal
tapi juga baru tapi juga sukses Mungkin
kita bisa lihat dari Steve Job sekali ya
kayak dia menciptakan kan pertama
kalinya Kalau enggak salah HP full
touchscreen meskipun bisa jadi bukan
yang pertama kali tapi dia bisa dibilang
kreatif karena apa Karena dia
menciptakan iPhone dan sukses waktu itu
di pasaran sampai sekarang
itu bisa dibilang kreatif dan Psikologi
itu ngebagi kreativitas Jadi dua hal
sebetulnya ya Jadi ada kreatif potensial
dan kreatif achievement nah gue jelasin
kreatif potensial adalah kemampuan
seseorang buat nyiptain sesuatu yang
baru dan berguna nah jadi itu kreatif
potensialnya entah dalam hal saya yang
seni atau apapun Nah kalau kreatif
achivement adalah realisasi dari
kemampuan seseorang apakah dia cuma bisa
ngide doang jadi ngasilin ide baru doang
atau dia juga bisa eksekusi gitu ya bisa
menghasilkan suatu hal yang baik dan
kreativitas juga ini perlu digarisbawahi
ya kadang orang mikir kreatifitas tuh
muncul dari otak karena otak lu canggih
dan lain sebagainya bisa jadi enggak
gitu ya dari berbagai macam sumber yang
gua baca justru kreatifitas tuh
seringkali malah berasal dari hasil
pertemuan antara pikiran-pikiran yang
kita proses gitu Jadi dengan berbagai
macam hal di sekitar kita terus kita
gabung-gabungin tuh akhirnya kita
menghasilkan hal baru Jadi mungkin
iPhone itu enggak akan tercipta kalau
Steve Jobs itu enggak membayangkan dan
memproses ide-ide di sekitarnya
bagaimana dunia di masa depan Seperti
apa dan lain sebagainya gitu Dan bisa
jadi juga satu persen tidak akan
tercipta kalau gua misalnya enggak
enggak resah dengan masalah kesehatan
mental kalau gua enggak kuliah di
psikologi misalnya nah menariknya adalah
orang kreatif juga punya Sisi yang cukup
negatif kita bahas negatifnya juga nih
Nah orang kreatif itu biasanya punya
masa kecil yang traumatis Kenapa sih
orang kreatif itu punya gangguan mental
contohnya kanyes tuh gue suka banget sih
lagunya yang di album Runaway ya
terutama salah satu yang gue dengerin
dulu adalah power dan remix-nya dia juga
lagu Dev punk gitu itu kan Kreatif
banget dan dia juga menciptakan sepatu
baju Designer dan lain sebagainya dia
yang mendesain Bahkan bukan hanya
fashion tapi juga banyak hal gitu kan
bipolar disorder terus kita bisa lihat
juga Demi Lovato Fano sebutin lagi deh
orang-orang kreatif yang punya gangguan
mental bisa jadi memang salah satu
alasannya adalah ya mungkin gara-gara
ide atau trauma yang di alami itu jadi
membuat kotaknya memproses sesuatu jadi
lebih kreatif gitu bisa jadi ya Dan ini
juga gua bawa penelitian dari 234
seniman profesional yang ternyata dari
ratusan orang itu nunjukin bahwa orang
yang kreatif itu cenderung punya trauma
yang cukup tinggi meskipun bukan berarti
juga kalau lu trauma Terus lu jadi orang
kreatif nggak juga ini kita ngomongin
soal korelasi bisa jadi traumanya itu
yang bikin jadi gangguan mental tapi
apakah traumanya ini juga ternyata
menghasilkan pemikiran kreatif well
butuh lebih banyak penelitian tentang
hal ini tapi kalau asumsi gua bisa jadi
ya bisa jadi ada proses tertentu yang
belum kita ketahui dan akhirnya bikin
mereka jadi kreatif ya contoh aja deh
tulus salah satu album favorit gua dari
dulu juga adalah album monokrom tuh
keren banget sih tapi sebelum itu kan
dia ngeluarin album gajah eee dan Gajah
itu kan sebenarnya dari sumber dia
di-bully cuy karena badannya karena
cenderung gemuk dulu ya itulah ya kita
bisa lihat banyak contoh di sekitar kita
yang kedua jadi orang kreatif itu sering
kali miskin cuy faktanya yang enggak
semua artis setajir itulah Enggak semua
artis bisa beli Lamborghini dan lain
sebagainya bisa jadi kolektor
barang-barang seni mahal gitu enggak
juga Justru kadang-kadang malah
artis-artis terkenal yang terkenal baru
Setelah dia meninggal Ya kurang lebih
begitulah ini juga gua back statement
ini dengan satu penelitian yang
dilakukan ke 1.500 seniman di Amerika
dan Inggris yang menunjukkan ternyata
50% seniman itu rata-rata penghasilannya
maksimal 7 juta per bulan sedih banget
cuy sedih banget cuy 7 juta perbulan di
Amerika tuh pake banget cuy itu tuh
kayak cuma satu setengah UMR Jakarta di
Jakarta aja udah mahal lu Kalau gaji 7
juta Gitu ya bayangin lu tinggal di
Amerika gitu dengan harga makanan yang
bisa 100.000 200.000 dan bisa Jadi kalau
penelitian itu dilakukan di Indonesia
mungkin gajinya bisa bisa 1 juta 2 juta
ya enggak tahu ya gua belum baca reset
yang ada di Indonesia tapi yang jelas
bisa jadi angkanya yang lebih parah lagi
sih so memang pekerjaan yang ya di
Indonesia kreatif itu Dan kalau lu
merasa lu orang kreatif bisa jadi enggak
bisa menjanjikan itu Jadi benar Mungkin
kata orang tua orang tua di film-film
gitu Yang kamu jangan ngeband kamu
jangan apa ya benar sih pengesahannya
cenderung rendah Coba deh kalau lu ada
di industri band atau di industri
manapun di kreatif lu bisa sharing juga
tentang eee gimana sekarang itu industri
kreatif Seperti apa gitu di Indonesia
gitu ya Dan kalau lu sendiri ada seorang
kreator ya di Indonesia kreatif Mungkin
lo bisa share Kalau berkenan gitu ya
penghasilan lu gimana dan struggle
gimana gitu
Nah sekarang kita masuk ke bagian yang
paling seru yaitu memilih yang mana yang
lebih penting kita membandingkan Orang
cerdas versus orang kreatif yang mana
sih yang lebih baik sebelumnya
disclaimer kalau misalnya nanti ada yang
protes dan gue tuh bete banget
sebenarnya kalau ada yang protes kayak
agak Bang di lingkungan gua kayak gini
ya kalau lu protes ya coba bawa risetnya
cuy karena satu persen juga ketika kita
ngejelasin ini kita pakai riset-riset
yang kita temuin kalau misalnya lu
enggak setuju atau misalnya lu ada apa
namanya argumen Ya silakan cari risetnya
dan justru kita sangat menghargai kalau
argumen tuh didasarkan oleh riset atau
oleh apapun lah data ya jadi kayak
disclaimer aja ini dari riset yang kita
temuin dan kalau lu ada riset yang lebih
bagus kita bakal sangat menerimanya
dengan ee oke sih meskipun argumen itu
melawan argumen kita karena di sini kita
kan nyari yang terbaik kita nyari yang
yang mana yang lebih mantap nih cerdas
atau kreatif Oke kita langsung ya
jawabannya lagi-lagi kalau lu udah
sering nonton satu persen lu udah tahu
lah jawabannya jawabannya adalah
dua-duanya cuy dan dua-duanya juga
berkorelasi jadi kayak orang cerdas
memang cenderung lebih kreatif dan orang
cukup cenderung memang kecerdasan juga
tinggi nah tapi kalau ditanya kita harus
ngejar yang mana duluan Nah gua mungkin
bisa berargumen bahwa yang harus dikejar
duluan adalah kecerdasan karena dari
riset yang gue baca itu menyebutkan
kalau ada tingkat IQ minimal yang
diperlukan untuk kita bisa menguasai
semua aspek kreativitas jadi kreativitas
itu domainnya banyak nih gua sebutin ya
Ada memecahkan masalah yang biasa ada
bikin ide yang original ada menjelaskan
sesuatu yang rumit jadi simpel ada
memecahkan hal abstrak dan lain
sebagainya nah Minimal iq-nya berapa
minimal iq-nya adalah 120 kalau dari
riset yang gua baca nah ini dinamakan
sebagai the trace hold hipotesis jadi
ada threshold-nya dulu ada ada batasnya
kalau lu pengen bisa menguasai semua
domain-domain kreativitas Jadi kalau
menurut hipotesis ini gua ulangi sekali
lagi kalau orang hiv-nya di bawah 120
itu jadi bisa jadi kreatif tapi enggak
fully kreatif enggak bisa naik level
ibaratnya ya kalau di game tuh lu harus
masuk skill ini dulu baru skin jadi
harus IQ dulu baru kreatifitas meskipun
kalau Iqro sudah di atas 120 tahu enggak
apa yang terjadi IQ itu enggak seperti
itu gitu ya ya untuk kreativitas jadi
yang penting IQ lo 120 terus lo bisa
kreatif tapi kalau di atas itu itu nggak
nggak ngaruh-ngaruh banget so
kesimpulannya apa Kesimpulannya adalah
lo harus pinter nah terus gimana cara
ningkatin kreativitas kan kreativitas
juga penting itu berarti harus sampai
120 habis itu gimana buat ningkatin
kedua hal ini ada satu jawaban yang
menurut gua penting satu hal yang bisa
meningkatkan kreativitas dan IQ adalah
kepribadian gitu Jadi kita setelah ini
kita bakal ngomongin faktor yang bisa
banget lo maksimalin yaitu kepribadian
entah Iqro kurang atau entah Iqro lebih
kita bakal bahas tentang suatu hal yang
bisa menjembatani nih antara lu menuju
kesuksesan
Kalau ngomongin kepribadian salah satu
tes kepribadian yang penilaiannya sangat
tamat variabel etlist menurut gua
pribadi Itu adalah Tes Ocean atau tes
Big Five personality Jadi kalau lo
ngomongin kepribadian terus lo ngomongin
mbti atau apa sorry to say ya Menurut
gua itu nggak terlalu valid di Big Five
personality salah satu aspek yang bisa
ningkatin kreativitas lo adalah ini satu
aspek yang namanya adalah openeds to
experience Jadi kalau belum tahu Ocean
itu adalah singkatan opens to experience
itu ada di singkatan o c-nya itu
concentrisme dan lain sebagainya gitu ya
Open S2 experience ini adalah faktor
yang bisa menentukan apakah orang bisa
memaksimalkan kecerdasannya dan
kreativitasnya atau tidak nah orang
dengan open to experience yang tinggi
itu cenderung lebih terbuka dengan
pengalaman baru jadinya orangnya itu
cenderung lebih curious punya imajinasi
yang tinggi rasa ingin tahu ya Dan ini
bikin orang jadi semangat belajar jadi
suka sama ilmu pengetahuan nah ini
adalah aspek yang bisa banget lo
tingkatin lu dengan ngeklik video-video
edukasi Entah dari satu persen ataupun
dari channel lain itu juga udah
menggambarkan bahwa lu lu haus yang ilmu
pengetahuan nih kalau misalnya lu pengen
jadi orang cerdas yang kreatif tapi lo
merasa sekarang belum cerdasan kreatif
atau lo merasa sudah cerdas dan kreatif
tapi kok tidak sukses sukses mungkin
berarti yang jadi konsen adalah Open so
experiencer yang cenderung rendah Jadi
silahkan lu tes aja di satu persen gitu
ya tapi kebetulan ini berbayar harus
diiringi dengan konsultasi dengan
profesional entah itu mentor atau
psikolog gitu ya jadi biar lu bisa paham
gitu skor lu sekarang berapa dan kenapa
Mungkin so jadi Open ke berbagai macam
experience hal baru ilmu baru dan kalau
dapet ilmu baru Jangan diterima
mentah-mentah tapi juga jangan ditolak
mentah-mentah juga jadi asah keresity lo
Jadilah yang namanya Life long learner
pembelajar sepanjang hayat
Dari video ini kita bisa menyimpulkan
bahwa dua aspek tersebut penting
kecerdasan maupun kreativitas tapi yang
jelas kalau gua bisa pilih dari bukti
yang gue temukan maka kecerdasan lebih
penting daripada kreativitas bukan
masalah karena dia lebih tinggi tapi
karena dia mesti didudukan mengingat si
kreativitas ini domainnya akan berfungsi
kalau si IQ ini levelnya udah tinggi
yaitu yang pertama yang bisa kita
simpulkan dan yang kedua gua juga mau
disclaimer bukan berarti orang yang
gacorders atau enggak kreatif itu enggak
bisa sukses tentu pasti akan ada
outliers pasti akan ada Chance yang lain
pasti akan ada aspek-aspek yang tentunya
di dunia nyata ini pasti banyak banget
lah aspek-aspek dalam kehidupan ya kayak
kemarin yang gua bahas ya hoki aja bisa
jadi salah satu aspek yang menentukan
kesuksesan so santai aja kalau lu
ngerasa lu sekarang enggak cerdas enggak
kreatif santai cuy masih banyak
aspek-aspek lain yang bisa lo explore
dan ini cuma ngomongin penelitian kita
enggak ngomongin soal random atau apa
Karena penelitian kan biasanya di ya
subjek yang memang terukur banget
sementara dunia nyata itu tidak terukur
sebetulnya dan yang ketiga Enggak semua
orang harus sukses seperti didefinisikan
oleh satu persen juga definisi sukses
itu apa sih di hari perbankan juga bukan
berarti gua nggak mengejar sukses juga
dan bukan berarti gue juga tidak
mengejar kesantuan ya dengan gua bikin
statement kayak gitu gue tidak mendukung
yang manapun tapi yang jelas gua menjadi
balancer dunia save improvement ini yang
cenderung memang seringkali ngejar
kesuksesan banget atau kadang juga
seringkali mengejar kesantuan banget nah
gua mau ngasih balance antara kedua hal
itu makanya video-videonya kadang-kadang
Mungkin lu pikir satu persen tuh
kontradiktif padahal enggak justru kita
nge-balance mendapat dari satu sama lain
biar nanti lu bisa menentukan yang
terbaik buat diri lu kalau enggak bisa
gimana ya kalau enggak bisa lu bisa
konsultasi ke profesional sih siapa tahu
kan lu lagi mengalami kord Life Crisis
ternyata memang lo memang orang yang
cerdas dan kreatif Eh tapi lu punya
masalah kesehatan mental Nah itu juga
silakan ya karena tadi orang cerdas
cenderung punya masalah kesehatan mental
saran gua diperiksakan saja ke eh mentor
atau psikolog nanti dites juga bukan
cuma tes kepribadian Ocean tadi tapi
juga berbagai macam hal lain kayak tes
kesehatan umum Jadi lu tahu kesatuan
mental dan fisik lu gimana tes minat
karir buat lo yang bingung juga nanti lu
bakal tahu kayak gimana ya silakan lah
eksplore lebih banyak pengetahuan di
dunia ini dan ngomong-ngomong tentang
open di satu persen juga ada webinar
yang wajib Menurut gua kalau lo adalah
fans 1% atau udah nonton dari dulu
alangkah baiknya kalau lo nonton series
life skill securiculum yang memang udah
kita Buat yang segitiga ini yang lo
mungkin udah sering lihat kita bakal
sharing ke lu soal gimana level 1 2 dan
3 di 3 webinar series Ini pertama live
skins introduction kedua adalah personal
Finance ngomongin uang ya yang ketiga
juga adalah live planning buat lo yang
udah punya duit udah punya dana-darah
tapi masih bingung mau ngapain Ini
adalah 3 webinar wajib yang ya gua
sarankan ke lu semua kalau lu memang
pengen membuka cakrawa lalu tentang
dunia gitu ya terutama kalau lo masih
merasa ada di level 1 atau 2 gitu oke
eee Akhir kata well gua evangelistosen
Sampai ketemu di video selanjutnya dan
thanks
[Musik]