Transcript
m-C11SlQXpQ • Boros Berkedok Self Reward: Kenapa Orang Miskin Suka Beli Barang Mewah?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0612_m-C11SlQXpQ.txt
Kind: captions
Language: id
200 juta
Kenapa sih banyak orang beli barang
branded yang harganya bisa jadi jutaan
atau bahkan miliaran karena kayak kalau
misalnya murah tapi bagus Kenapa harus
beli yang mahal ya kan nah di segmen
psikolog Finance kali ini kita bakal
ngebahas tentang Kenapa sih orang beli
barang branded penting enggak sih beli
barang branded nah itu yang bakal kita
bahas si segmen kali ini so station
sampai habis Biar lo bisa dapat
keseluruhan inside-nya oke
[Musik]
sebelum masuk ke pembahasan gua mau
eksperimen sedikit yang kecil-kecilan
gitu ya gua akan menampilkan foto dari 4
orang yang berbeda Nah gua mau minta
bantuan lo untuk lo menilai seberapa
kompeten orang yang kerja dari fotonya
dari skala 1 sampai 9 ya Nah semakin
tinggi angkanya misalnya lo ngasih angka
9 nih ke foto orang X maka orang itu
semakin kompeten Oke Coba sekarang lo
komen nilai yang lo kasih Nah ada yang a
b c dan d coba pause dulu terus lu kasih
skor buat masing-masing orang kira-kira
seberapa kompeten orang-orang ini
[Musik]
nah simulasi yang barusan gua kasih itu
adalah replika dari salah satu
penelitian yang menarik yang dilakukan
di Amerika nah hasilnya kalau lo menilai
si nomor C ini Paling kompeten Nah
inilah penilaian yang memang kurang
lebih juga dinilai sama orang-orang nah
hasil dari penelitian ini menyimpulkan
bahwa manusia itu memang punya
kecenderungan buat nge-judge orang dan
bahkan cuma berdasarkan sama hal yang
dia pakai makanya di sinilah muncul ya
istilah keadilan sosial itu hanyalah
bagi rakyat yang good looking yang tidak
good looking ya tidak akan dapat
keadilan sosial Ya intinya si orang C
ini kan dia pakai jas sama dasi terus
juga dia mungkin pakai baju yang
cenderung lebih mahal daripada yang lain
Lebih Rapi juga ya udah gitu karena
tidak ada data-data lain ya udah kita
berasumsi kalau si orang C ini lebih
kompeten daripada orang-orang lainnya
dan penelitian ini ini adalah salah satu
alasan pertama Kenapa orang beli barang
branded dan Kenapa orang beli barang
mahal yang pertama alasan pertama ya
biar kelihatan kompeten biar kelihatan
sukses biar kelihatan pinter biar
kelihatan gaul biar kelihatan kayak Oh
gua mannernya Oke nih alasan kedua
adalah masalah Persepsi manusia atau
kita itu cenderung mempersepsikan bahwa
harga barang yang lebih mahal terutama 2
sampai 3x4 lebih mahal daripada barang
biasanya itu cenderung punya kualitas
yang jauh lebih tinggi menurut persepsi
otak kita dan akhirnya kita juga
berpersi bahwa kebahagiaan yang kita
bakal dapat juga bakal meningkat sampai
dua sampai tiga kali lipat bahkan kalau
harganya juga 2 sampai 3 kali lipat
lebih tinggi meskipun kalau misalnya
ngomongin soal kebahagiaan hmm kayaknya
bisa dipertanyakan juga sih dan
sebenarnya benar enggak sih barang yang
lebih mahal itu akan membuat kita lebih
bahagia nah alasan ketiga Ya tentu saja
gitu buat fleksing gitu ya buat pamer
untuk pamer sesuatu karena lu kayak
merasa bangga gitu dengan barang-barang
itu itu dengan iPhone dengan harga di
atas sejuta 2 juta Gitu ya dan
menariknya Memang barang branded ini
dianggap bisa ngasih tahu ke orang lain
bahwa lo adalah orang kaya bahwa lo
adalah orang yang punya duit bahwa lo
adalah orang yang berkuasa yang mana
akhirnya sebetulnya ya Perasaan terhadap
diri lu tuh jadi makin Oke jadi lo makin
pede ini positifnya ya dan barang
branded juga bisa jadi alasan lo buat
feed in yang bisa ngebuktiin bahwa Oh
gua Ada nih di kelas sosial tertentu gua
masuk nih sama geng ini gua pakai iPhone
nih enggak pakai Android gitu kan Ya
kita juga udah sering bahas lah ya di
podcast maupun juga di video sebelumnya
ngomongin soal circle itu memang tiap
circle itu punya karakteristik yang
berbeda-beda Nah ada juga alasan yang
keempat yaitu alasan yang berdasarkan
pada seni atau spiritualitas nah ini
biasanya memang cenderung dilakukan oleh
orang yang kayak banget biasanya kayak
misalnya lu beli barang mahal karena lu
suka aja gitu karena lu merasa bahwa ada
faktor seni di dalamnya meskipun kalau
misalnya orang-orang biasa ngelihat
kayak gitu Ngapain lu beli barang terus
dilabelin Supreme gitu terus kayak jadi
mahal gitu ngapain gitu kan Nah memang
yang seperti itulah yang dijual lebih
mahal tapi kalau gua sendiri Gua
sebenarnya sekarang juga udah mulai
belajar dan udah mulai sedikit ngerti
bahwa ya memang barang-barang seperti
itu bervalius seni juga contohnya
misalnya kayak Mark Zuckerberg gitu Ini
orang yang mungkin kita enggak tahu
bajunya mahal karena bajunya ya warna
abu terus gitu ya tapi sebetulnya lu
tahu enggak Lu coba tebak deh harga
bajunya dia berapa Kalau gua kasih
spoiler harga bajunya tuh sekitar 6
sampai 7 jutaan Nah sekarang kita move
ke misalnya kayak ngewes gitu nah Kanye
West ini punya kalung yang harganya tuh
4 miliar dia juga punya cincin piramid
yang harganya juga Sama juga gitu ya
dua-duanya punya bentuk khas kultur
Mesir kuno yang kayaknya k-nya itu
memang terobsesi memang suka memang
kayaknya dia melihat ada aspek
spiritualitas dan seni di sana buat kita
memang enggak masuk akal tapi kalau lu
udah dengar podcast satu persen yang di
sini yang kayak apa bedanya barang mahal
barang murah 100 juta dan 1 juta Apa
bedanya padahal bahannya sama itu nanti
lu bakal ngerti sih alasan kelima juga
ada Jadi biasanya juga dikaitkan sama
alasan keempat barang-barang yang
cenderungnya nih cenderung memang mahal
cenderung berkualitas alasan kelima ini
adalah alasan investasi jadi daripada
beli barang yang murah mendingan beli
yang mahal sekalian dan nanti bisa
dijual lagi nah biasanya memang
barang-barang yang nyeni itu cenderung
seperti itu ya dan barang-barang yang
cukup berkualitas secara branding Kayak
misalnya Rolex itu kan kalau dijual lagi
bahkan bisa jauh lebih mahal atau tas
ermes semoga penyebutan gua enggak salah
itu juga value-nya bisa dibilang cukup
naik dan semua alasan-alasan tadi itu
sebenarnya bisa digabung jadi orang itu
Enggak cuma beli barang mahal karena
satu alasan aja tapi bisa jadi karena
semuanya juga kadang-kadang misalnya ada
orang juga yang bilang oh misalnya beli
Vespa beli apa gitu yang antik gitu Oh
gua pengen invest padahal sebenarnya
pengen pamer itu juga ada gitu jadi ya
sudahlah tapi itu alasan masing-masing
orang lah ya yang penting kita tahu
alasannya apa biar kita lebih mengerti
tentang dunia gitu kalau lo pribadi
sebenarnya pernah beli barang branded
enggak nah kalau misalnya lu udah pernah
beli kira-kira gimana Menurut lo
[Musik]
nah menariknya adalah kalau lu perhatiin
barang-barang branded ini bukan hanya
dibeli oleh orang kaya saja tapi juga
dibeli oleh kelas menengah dan juga oleh
orang miskin dan kadang-kadang keputusan
mereka gitu ya untuk membeli
barang-barang branded ini tuh nggak
masuk akal Kayak misalnya kredit beli
motor padahal cicilannya itu setara 30
sampai 50% gajinya itu masih wajar sih
tapi ya engap juga buat biaya sekolah
anak aja misalnya padahal masih susah
buat makan aja masih ribet tapi misalnya
hp-nya iPhone terus motornya di atas 40
juta terus misalnya beli mobil padahal
rumah aja masih ngontrak ya sebenarnya
Enggak apa-apa sih cuman kalau maksa ya
ini bisa jadi kita mungkin jadi
bertanya-tanya gitu kenapa sih orang
yang cenderung miskin malah cenderung
maksa gitu dan cenderung membuat
keputusan yang aneh juga ya saya Hara
finansial Kenapa uangnya enggak ditabung
aja kenapa enggak di invest kenapa
enggak punya dana darurat kalau misalnya
berdasarkan rumus ya berdasarkan
kurikulum satu persen juga nah tapi
sebelum lo nge-judge orang miskin itu
misalnya jelek jelek bodoh dan lain
sebagainya kita harus lihat dulu ya kita
harus bisa berempati dengan kondisi
orang miskin atau menengah ke bawah
menjadi orang miskin itu sebetulnya
bukan sekedar kondisi di mana Elu gak
punya duit kemiskinan juga bisa jadi
kondisi dimana lo setiap hari ya
dihadapkan dengan stress dihadapkan
dengan kecemasan lu tuh setiap hari
dihadapkan dengan ketidakpastian besok
mau makan apa bulan depan bakal gimana
utang bakal lunas atau tidak dan
berbagai macam tekanan lainnya dan bukan
cuma internal pressure-nya kayak tadi
kan ya pressure dalam kehidupan pribadi
tapi juga eksternal Kayak lu tuh sampah
masyarakat gitu loh kalau misalnya di
kasarin ya kayak gitu kurang lebih yang
dilihat orang dianggap orang yang malas
dianggap kurang berusaha dianggap Goblok
gitu kan disalahin juga kalau enggak
bisa sukses dan Apalagi kita mau
mendekati pemilihan umum kadang-kadang
ya sering banget dijanjiin buat Oh lu
Sejahtera gitu dikasih duit Padahal
nanti mungkin bisa jadi enggak Sejahtera
juga kalau dikasih duit kan ya Emang
susah gitu ya jadi kelompok masyarakat
menengah ke bawah Yang kemarin juga gua
udah share statistiknya bahwa kekayaan
orang yang memang ada di 60% terbawah
itu nggak naik incomenya gitu ya sejak
tahun 1970 jadi kayak ini cukup
mengerikan yang terjadi di Amerika
Serikat gua nggak tahu di Indonesia
karena belum nemu datanya tapi kayak
kesenjangan sosial ini Real nah that's
why balik lagi ke bareng branded ya
orang miskin juga Butuh hiburan orang
miskin juga butuh untuk diakui orang
miskin juga butuh yang namanya validasi
bukan cuma orang kaya atau middle gitu
ya Jadi butuh merasa dihormati juga
butuh punya value juga di masyarakat so
apa yang dilakuin salah satunya adalah
beli barang mahal barang mahal tuh bisa
jadi sedikit hiburan di atas
kesengsaraan mereka gitu dan di atas
penderitaan mereka tukang enggak suka Ya
memang ini bisa ngasih solusi sementara
untuk hidup lu menjadi lebih baik lu
bisa jadi lebih pede lu bisa jadi lebih
punya pride dengan diri lu dan lain
sebagainya gitu nah menariknya adalah
ini sangat berbeda dengan orang kaya
orang kelas bawah tuh cukup beda dengan
orang kelas atas nah orang yang kaya itu
barang brand itu bukan jadi sarana untuk
meningkatkan status gitu ya karena
mereka memang udah mampu aja dan mereka
juga tidak sengsara itu jadi kayak
kebutuhannya udah beda makanya
orang-orang kaya yang udah kaya dari
sononya itu jarang beli barang-barang
atau fashion yang logonya tuh gede
justru beli barang yang logo-logo nya
gede Kayak misalnya ada balenciaga dan
lain sebagainya meskipun ada juga ya
orang kaya yang dari sononya beli yang
barang logonya gede tapi itu tuh Justru
lebih sering dilakukan oleh okabe gitu
orang kaya baru yang memang cenderung
enggak kayak juga bisa dibilang kalau
dibilang crazy Rich tuh enggak gitu ya
kayak sih punya penghasilan gede tapi
enggak bisa dibilang crazy Rich Kenapa
gitu fenomena sosial yang terjadi karena
memang orang yang middle yang baru naik
ke atas Misalnya KB itu yang Mereka
cenderung lebih butuh pengakuan karena
mereka enggak dapat itu kan sementara
orang kaya mereka udah dapetin semuanya
gitu dari lahir bahkan masyarakat saja
memuja-meja orang kayak kalau lu lihat
kalau ada orang kaya oh silakan boleh
makan dulu enggak gitu dan sebagainya
gitu ya makanya bahkan di beberapa
circle LV Loui futong gitu ya itu
seringkali diledekin sebagai brand buat
orang yang Miss Queen gitu buat orang
yang gak punya tapi pengen kelihatan
kaya dan biasanya kalau misalnya orang
udah Old Money dan memang udah kelas
atas dari sononya Kayak misalnya Royal
family gitu biasanya memang cenderung
pakai designer brand ya Meskipun memang
kadang-kadang ada logonya kalau di
beberapa artis biasanya juga karena
endorse ya Cinta Laura aja pernah bilang
dia tuh enggak suka beli barang mahal
tapi menarik sih biasanya kelihatan
lebih elegan lebih Fit lebih kece lah
kayaknya dibandingkan sama Oka bokb
flexing yang ada di Indonesia gitu ya
Tapi bisa yang ngebedain lah base-nya
seberapa Oke meskipun kalau mau
nge-judge Space ya gua juga enggak bisa
sih Gua juga baju gua berapa coba tebak
baju gue berapa harganya kayak lebih
dari 100.000 ya eh kurang dari 200.000
juga intinya ya ada perbedaan lah ya
kalau misalnya orang miskin orang
menengah orang kaya itu dalam membeli
barang branded tapi kita bisa akui bahwa
hampir semua orang di berbagai kelas
sosial manapun itu Saya akan membeli
barang branded dan ada data yang menarik
ya orang kaya itu ternyata spendingnya
bukan di barang-barang branded yang
paling mahal tapi justru sebagian besar
uang mereka tuh pertama jatuh
kependidikan yang kedua adalah jatuh ke
hari tua atau pensiun lalu ke kesehatan
jadi justru buat barang-barang yang
sifatnya pleasure atau Entertainment itu
malah lebih sedikit persentasenya Nah
Tapi menurut lo pribadi wajar nggak sih
kalau semua orang beli barang branded
itu menurut lo Make sense sih silahkan
kolom komentar terbuka lah ya buat
diskusi tapi kalau bisa yang sopan oke
di part ketiga kita bakal jawab
pertanyaan yang menarik sebetulnya beli
barang mahal tuh bisa bikin bahagia
nggak sih bisa jadi bisa jadi iya bisa
jadi tidak sebetulnya tergantung sama
tujuannya sih karena kalau yang namanya
happiness kompleks dan kadang-kadang
misalnya tujuan lo adalah flexing
meningkatkan status sosial biar dipuji
atau biar mirip sama seleb tertentu ya
kebahagiaan lo jadi tergantung sama
validasi orang lain ya kan kalau lu mau
pamer ya harus ada orang yang melihat lu
pamer dan memuji luwanya enggak sih Nah
dan barang yang lu beli itu cuma jadi
perantara dan flexing itu kan bukan
hanya perihal barang flexing juga
termasuk banyak gitu entah lu ngeliatin
Badan lu gitu ya entah Lu ngapain gitu
ya enggak tahu sih tapi intinya barang
yang lu beli itu inget aja kalau
misalnya tujuannya adalah eksternal tadi
itu hanyalah sebuah perantara jadi
Barang ini bisa aja membuat lo happy
bisa juga enggak dan memang kalau
pengalaman gue sih seringkali enggak ya
enggak Happy atau happy-nya cuma
sebentar doang dan bisa Jadi kalau orang
enggak ngasih validasi malah orang-orang
juga ngejekin lu ya barang-barang Mahal
enggak berguna tergantung banyak lagi
tapi menariknya adalah buat orang yang
humble sekalipun yang gak flexing
misalnya mereka beli barang branded ya
barang juga nggak selalu bikin mereka
bahagia jadi kayak Meskipun mereka nggak
pamer dan nggak punya tujuan pamer juga
nggak bikin jadi bahagia juga malah
kadang kalau barang kita banyak yang
branded gua pribadi sih malah jadi ke
pressure gitu jadi kayak kadang-kadang
muncul identitas baru juga misalnya
ketika gua pakai MacBook jadi
disangkanya gua orang kaya yang memang
pengin flaxing dan lain sebagainya gitu
padahal enggak bisa jadi ada orang
desainer yang memang beli MacBook Pro
yang paling mahal gitu ya yang M2 gitu
ya memang karena dia hanya bisa di sana
gitu atau karena memang kebutuhannya
seperti itu ya gimana gitu Tapi
sayangnya memang seringkali kalau di
circle tertentu ya itu dianggap sebagai
flexing atau sebuah kesombongan gitu Wih
iPhone gitu ya tapi intinya sih Jangan
terpaku sama validasi ya karena validasi
itu bukan hal yang bisa lu control
apalagi eksternal tuh ya bisa jadi malah
bikin lo enggak Happy malah bisa jadi
bikin sedih malah bikin gua ke pressure
dan kalau dari penelitian ini mungkin
sudah pernah Lo denger Justru lebih
bagus kalau beli pengalaman dibandingkan
barang untuk kebahagiaan yang long turn
berarti kebahagiaan bisa dibeli dengan
uang Ya betul itu makanya kurikulum satu
persen juga Memang level 1 dan 2 itu
ngomongin duit banget bahkan level 3
sampai level 4 juga emas sih ngomongin
duit di kurikulum satu persen
nah cara membeli Kebahagiaan adalah
dengan louse pending dengan benar karena
kalau misalnya uang nggak bikin lo
bahagia Berarti lu spendingnya salah nah
ini adalah salah satu judul penelitian
yang meneliti tentang spending apa yang
bisa lo lakuin buat mendapatkan
kebahagiaan tadi udah gua kasih
spoilernya beli pengalaman
Kenapa karena kalau lo beli barang lo
bakal gampang bosen tapi kalau lo beli
pengalaman pengalaman itu akan ada di
memori lu selamanya bahkan apalagi
pengalamannya kalau sama orang-orang
yang lo sayang gitu ya sama istri lu
sama suami lu sama pasangan lo sama
orang tua lu gitu itu tuh lu bakal bisa
visit back itu pengalamannya baik
ataupun buruk bahkan pengalaman buruk
misalnya ya Meskipun gua enggak
membenarkan ini misalnya kita dulu ada
perpeloncoan gitu ya ketika ospek Tuh
kan pengalaman buruk ya ngamen gitu dan
makanya ditolak sekarang kan ospek tapi
kalau lu reuni ya yang bakal Lu kenal
adalah pengalaman buruk bareng
teman-teman itu ya kan Nah itulah
makanya event pengalaman buruk kalau
misalnya lu spend dengan orang yang yang
lu suka yang lo sayang gitu ya yang lu
deket itu bakal jadi pengalaman yang
baik daripada barang kalau barang kan lu
kayak ya spend-nya sendiri gitu dan lain
sebagainya Ya of course ada barang yang
berbeda-beda juga kayak misalnya game
bisa jadi experience bakal bikin bahagia
tergantung risetnya tapi secara umum
memang membeli xperience itu lebih baik
daripada membeli barang nah gimana
Menurut lo tentang ini ya tapi gua
pribadi memang Pro ya ke beli xperience
daripada beli barang karena bener sih
memang itu ada di memori itu selamanya
gitu dan lo bisa revisi itu dengan
teman-teman lo ya makanya di kurikulum
satu persen pun level 1 Tuh udah ada
basic relationship level 3 itu meaning
for relationship karena kalau lu enggak
punya minifor relationship mau lulus
kayak apapun bisa jadi hidup lu bakal
juga
pada akhirnya kita udah tahu ya Dari
video ini bahwa beli barang mahal itu
Sasa aja apapun Alasannya karena itu hak
lu tapi kita udah tahu juga bahwa ada
cara yang benar dalam membeli barang
mahal dan ada cara yang mungkin bisa
jadi bikin kita bakal bete Nah itu bisa
jadi acuan lo untuk membeli barang
branded atau tidak pada akhirnya ya
jangan lupa evaluasi diri gitu Ya
seperti yang gua bilang kalau lu memang
belum aman dalam hal keuangan Lu lihat
kurikulum satu persen lu cek level satu
dan duanya kira-kira udah aman atau
belum Kalau misalnya belum aman Ya sudah
jangan beli dulu nabung dan ada darurat
dulu itu kecuali memang lu bisa butuh
dan bisa jadi aset produktif buat ke
depannya yang penting kayak slow aman
utang terkendali tabungan ada gitu ya
kalau misalnya lu pengen tahu lo ada di
level mana yang bagus dan yang jeleknya
lu bisa ke satu persen.net ke tes
psikologi dan juga nanti ada tes
kurikulum satu persen ada juga tes
keuangan pribadi juga tes personal
Finance nanti Lu bisa tahu Oh ternyata
keuangan gua baiknya di sini jeleknya di
sini lu juga bisa ngisi worksheet kita
gratis ini gua buat lo yang udah nonton
video ini sampai habis ini worksheet
soal financial planning lalu bisa isi
supaya lo bisa evaluasi gitu kira-kira
Gua udah cocok belum ya beli barang
branded atau gua cocoknya beli barang
apa nanti lo bisa Set financial goals lu
nah kalau misalnya lo ngerasa Aduh gua
high income gitu ya tapi gua bermasalah
dan keuangan atau gua kayak misalnya
pengen cobain investasi dan lain
sebagainya takut salah nah lo bisa
tonton playlist cycle job Finance dan
juga playlist keuangan satu persen yang
lain tapi kalau misalnya ngerasa butuh
bantuan profesional kita juga
menyediakan konsultasi bareng sertifight
financial planner dan juga konsultasi
bareng mentor atau psikolog itu buat
yang keuangan kita ada spesialisasinya
di CV itu dan buat kesehatan mental dan
psikologi lu juga bisa ke mentor atau
psikolog satu persen lu bisa langsung ke
satu persen.net aja mulai dari 150.000
ya lu bisa dapetin konsultasi selama 75
menit + psikotes plus worksheet plus
personal live treatment mantap banget
sih ya udah intinya buat lu jangan lupa
spending-nya diatur jangan lupa juga
kesehatan mentalnya diatur karena
kesehatan mental dan keuangan dan
kesehatan fisik itu ketiganya saling
berhubungan Akhir kata semoga series ini
bermanfaat ini udah di episode ketiga
nanti jangan lupa untuk nonton episode
ke-4 Buat yang mau sponsorin juga boleh
by the way Oke Akhir kata gue Evan dari
satu persen well thanks
[Musik]