Seni Mengeluh: Ekspresi Diri Atas Ketidaksempurnaan | Satu Insight Episode 19
aoOPTmZsnuk • 2022-07-02
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Halo siapa nih disini yang sering banget mengeluh atau mungkin Lo punya temen atau pacar yang sering ngeluh dikit-dikit ngeluh gitu macet dikit ngeluh hujan ngeluh panas mulu kagak dapet kerjaan ngeluh dapat kerjaan deh ngeluh juga entah bosnya Toxic kerjaannya berat dan lain sebagainya lah kalau ada kejadian atau hal buruk pasti ngomongin hadeh gitu emosinya tuh gak bisa dikendalikan akhirnya entah itu pas lagi ngedate lagi kegiatan lagi kerja atau mungkin lagi nongkrong ya mulutnya kan jadinya oke gitu karena ngeluh mulu dan ngebawa vibes yang buruk juga buat orang-orang sekitar alias Kalo kata anak Jaksel negatives bangetlah nah Menurut lo kenapa sih ada orang yang ngeluh mulu mulu ini sebenarnya bagus kasih dan kira-kira gimana ya caranya biar kita Enggak ngeluh terus dan bisa ngontrol emosi well lo tonton video ini sampai habis dan jangan lupa untuk tonton satu video setiap hari di satu persen Biar lo bisa terus ngembangin diri dengan Makin mantep dietnya [Musik] hai pertama kita coba jawab pertanyaan Kenapa sih orang ngeluh well ya sebenarnya simpel sih orang lalu ya karena lagi ngalamin hal yang buruk nya kan tapi pertanyaannya adalah kok ada sih orang yang lalu dan yang enggak meskipun ini Jatuhnya enggak scientific ya tapi semoga logis menurut gua bedanya adalah pertama mereka yang ngeluh itu ngerasa bahwa yang mereka enggak punya kontrol Atas kejadian yang ngebuat mereka merasa buruk atau bisa jadi enggak punya kontrol juga atas solusinya karena ya gini kalau misalnya lo adalah orang yang ingin kontrol incars terhadap kejadian buruk mungkin ngeluh sih bisa jadi Allah akan sedih bisa jadi lu akan merasa buruk dengan diri sendiri karena ya kesalahannya ada di diri lo sendiri tapi kayak ngomongin kontrol ya ini sedangkan masalah mindset kalau menerima bahwa Ya udah gitu loh enggak punya kontrol bahwa Ya udah lu gak bisa mengendalikan keadaan gitu ya harusnya yang ngeluh ini bakal bisa kontrol karena basic Lilo dan menerima gitu kan kayak mindset stoic sih soal dikotomi kendali bahwa dunia itu terbagi Jadi dua ada hal yang bisa lo control Hai dan yang nggak bisa lo kontrol kalau stoic ya menerima bahwa ada hal buruk masih kejadian bahkan mudah prestasi yang buruk terhadap kejadian yang akan menimpanya gitu jadi ya udah akhirnya ketika kejadian buruk yang Enggak ngeluh Emang to be expected aja namanya masuk ke alasan Yang kedua Nah yang kedua alasan orang loh Adalah orang yang sering ngeluh itu biasanya nggak bisa dan belum menerima bahwa mereka tuh nggak bisa ngontrol Jadi udah nggak bisa ngontrol mereka gak bisa nerima bahwa mereka tuh gak bisa ngontrol akhirnya yang ngeluh Kalau udah ngerti bahwa ada hal yang bisa lo kontrol dan nggak bisa lo kontrol lu akan mengurangi mengeluh karena ya Ya udah emang to be expected aja emang Yaudah bakal buruk dan lu nggak bisa ngontrol itu dan ia udah nah ada juga sebenarnya satu alasan lagi Kenapa orang ngeluhnya lama atau sering banget mengeluh frekuensinya banyak banget yang ketiga adalah mereka yang sering loh itu ngerasa nggak bisa mengubah keadaan buruk ya udah elu terus dianggap aja ginilah misal lagi OTW ke kantor deh lagi di jalan atau kampus tiba-tiba ketika lu naik mobil atau motor jalannya rusak Terus lu lagi naik motor gue cuek gitu kan itu kan halnya nggak bisa kontrol gitu dan lu kaget mungkin Dan juga mungkin nggak bisa maafin sepatu Eagle mengeluh aduh dasar pemerintah harga tekan jalan kok jelek karena ya besok gue nggak bisa ngapa-ngapain dan mungkin ya Yang bisa ngapa-ngapain adalah pemerintah atau ya mungkin warga sekitar sana yang ada di jalan itu beda lagi kalau konteks lain misalnya anggap aja ya misal gua Sio satu persen nih terus bawahan gua nyebelin ih dan kerjanya buruk dan gue enggak punya kontrol kan atas bahan gua ya Gua akan mengeluhkan tapi mungkin keluhan gua nggak bakal terus-terusan bakal mungkin terbatas di waktu itu aja dan langsung cepat soft karena gua tahu kalau misalnya bawahan gua nyebelin terus meski udah diingetin ya udah tinggal gua kasih surat peringatan kan gitu biar perilakunya berubah dan Sebenarnya bukan cuma Bos sih ya yang punya power itu ya karyawan juga segera punya power sih buat itu sebenarnya simpel ya kalau karyawan misalnya nggak suka atau gimana Ya sebenarnya enggak resign aja kan Nah meski begitu yang memang yang simple belum tentu mudah ya dan bisa jadi nggak semua inilah bisa punya mindset yang seperak mati sini entah karena memang terpaksa harus kerja di sana terus-terusan karena butuh duit entah karena belum punya powernya juga Maksudnya ya karena tadi kan belum punya aset lain sebagainya atau Emangnya karena mindsetnya aja belum terlatih dan bisa jadi juga sebenarnya orang udah bisa nih take action bisa kau punya kontrol Kok bisa nggak tahu dan nggak belajar aja sih jadi banyak hal-hal kecil yang sebenarnya ada dalam kontrol mereka yang harusnya nggak dikeluarin bisa mereka ubah sih bisa langsung jadi solusi sih tapi mereka malah memilih buat ngeluh Kenapa karena ya mereka gak ngerasa bahwa mereka punya kontrol bajunya ada tiga Alasannya kenapa orang loh dan semuanya berkaitan sama Insert Jadi bukan masalah masalahnya gitu kan masa main saja pertama lu mengalami kejadian buruk dan itu diluar kontrol dan ini pasti kejadian sama orangnya kan nomor satu yang kedua Tapi ngeluhnya enggak bakal lama kalau bisa menerima bahwa Oh emang di luar kontrol buah yang kedua alasannya yang ketiga ngeluhnya juga nggak bakal lama banget kalo lu ngerasa bahwa lu bisa tection tapi lu akan ngerasa bahwa lu gak bisa ngapa-ngapain untuk mengubah dan blog tersebut Sekarang kita coba omongin dampak kira-kira dampak begitu baik kasih well kalau udah sering nonton video 1% lu follow IG kita kalau kita ditanya satu hal itu baik deh sih atau buruk bersih pasti kita akan bilangnya tergantung konteks cuy karena di setiap hal baik buruk itu ya akan cenderung ada dan tergantung gimana kita make sih mengeluh ini meskipun ya kalau gua boleh berpendapat yang ngeluh itu mostly buruk dan lebih baik diminum aristear kenapa Katanya ketika kita mengeluh kita kayak menyerahkan kontrol hidup kita ngasih entah ke pemerintah lah ke orang lain atau ke entitas lain lah seakan-akan lu tu gak bisa ngapa-ngapain gitu dalam menghadapi masalah seakan-akan lu tu gak bisa menerima gitu bahwa ada hal yang gak bisa kontrol meskipun lagi-lagi balik lagi kalau memang lalu sesekali curhat ke temen ke pacar ke mentor kasih kok satu persennya seberang gak masalah sih Kenapa karena semua orang pasti yang tadi poin satu pasti mengalami kejadian buruk yang di luar kontrol kita dan wajar untuk meluluh ketika ada kejadian buruk itu Tapi kalau sampai setiap hari lo ngeluh terus frekuensi ngeludah banyak berikan enggak bisa nih menerima hal yang ada di luar kontrol yang artinya itu kan lu kurang Main full dukung accept tense dan ini tuh bisa dipelajari untuk bisa lebih mindful terhadap diri sendiri dan lingkungan atau lu juga bisa jadi poin tiga yang tadi lo ada masalah dengan save kasih artinya lu ngerasa kemampuan lu itu gak ada apa-apanya untuk mengubah dunia untuk mengubah lingkungan atau lu ngerasa lu gak bisa ngapa-ngapain selain mengeluh untuk mengubah keadaan buruk tersebut Kalau ngomongin dampak sebenarnya udah banyaklah dampak negatifnya gua ngomong secara scientific ya pertama Angelo itu segera bakal bikin mikir negatif mulu kenapa karena setiap lu mengeluh sinopsis Maps di otak lu sel-sel di otak lu gitu ya itu akan melakukan sebuah proses yang namanya neuroplasticity alias ketika Allah Kanada sel-sel yang saling terhubung kalau lu mulu yang ketrigger adalah sel-sel otak yang negatif hormonnya juga kortisol dari sebagainya artinya ini bakal jadi habit bakal ngebentuk Otak lu secara negatif Hai yang mana apa-apa jadinya ngeluh enggak jadi ini bakal berdampak buruk sebenarnya in the long Run dan sesuai Makanya gua enggak menyarankan ngeluh itu untuk sering-sering banget yang kedua malu juga ya bisa ngerusak bagian otak tertentu terutama bagian hipokampus nah hipokampus tuh apa sih fungsinya seberapa banyak ya tapi sebenarnya hipokampus ngomongin soal memori jadi ini bakal ngerusak memori dan bisa mengubah juga fungsi sih Zippo kampusnya yang menariknya orang dengan hipokampus yang lebih kecil ya rata-rata itu biasanya adalah orang yang juga ini berkorelasi Ya dengan orang yang mengalami gangguan mental KWH depresi atau ptsd jadi orang yang depresi dan PTS di itu cenderung punya hipokampus yang lebih kecil dari rata-rata yang memang orang mungkin gak mengalami gangguan mental jadi Sudiang sama juga di penelitian yang sama dan di buku yang sama juga namanya no complaining rule Ternyata bukan hanya yang ngeluh yang bakal ngerasain dampak tapi juga orang yang dikeluhkan jadi kalau NU selalu dekat sama orang yang setiap hari meluluh ya Otak lu bakal rusak juga Kita sebenarnya banyak lagi sedang negatif lain tapi gua nggak mau fokus banyak negatif Kenapa karena kayak ngeluh doang kan gua gitu gua kayak ngeluh tentang orang yang Sulaiman banyakan jadi daripada kita fokus ke hal negatif mendingan kita fokus ke Terus apa nih yang bisa dilakuin nah menurut gua ada beberapa prinsip yang bisa kita lakuin pertama bukan berarti ngeluh itu enggak boleh jadi enggak papa untuk ngeluh tapi dibatasin dan digunakan buat hal yang tepat contoh gini misal lu ke cafe terus di cafe itu pelayanannya kurang baik misal mejanya kotor terus waiters enggak ramah Ya nggak papa ngomong sebenernya tapi ngeluhnya kemana bukan ngeluh ke temen lu bukan ngeluh ke pasangan loh yang ngeluh lah ke cafenya sekarang pun sebenarnya banyak wadah untuk mengeluh misal di sosmed tapi aku enggak merekomendasikan sebenarnya di sosmed pribadi Twitter misalnya terus Mesh fill dan sebagainya kalau review itu ada tempatnya juga sekarang udah banyak gitu misalnya Google Maps direfill aja di tempat yang udah disediain memang untuk nge-review dissection itu gitukan coba ceritain kronologinya dan gimana Mereka bisa lebih baik kalau bisa memang ceritain dengan asertif Kenapa sih lo ngasih bintang satu ini juga sama dengan ojek online atau seller di ikomers kalau memang barangnya jelek ya gak papa lo review jelek juga di lapaknya dia Oh ini memang sudah disediain by system gitu dan gak salah sebenarnya ketika loh di sana dan kenapa ini jadi gua rekomendasiin karena ketika Lulu berkontribusi juga buat bisnisnya dan buat perilakunya biar jadi lebih baik meskipun gue cukup menolak deh untuk Sharing di Twitter di sosmed pribadi di Instagram gitu loh ngestory yang memang ke publik untuk mengeluh tentang sesuatu hal atau apapun gitu Ya bisa aja sih tapi memang untuk saat ini selama lu nggak paham soal konsekuensinya lu enggak mikir panjang better keep it private sih Biar enggak apa biar enggak jesaya berguling pertama dan yang kedua biar enggak Jadi cancel culture Nah itu contoh lalu yang berguna Yah gitu jadi ngeluh itu di lapak yang memang untuk mengeluh khusus untuk mengolah dan memang sudah disediakan by system disediakan perusahaannya dan memang mengeluhnya juga tidak dengan kasar gitu gak pakai Wah goblok dan lain sebagainya gitu Dan kalau di satu persen ada yang mengeluh gini juga dan ngasih bintang satu biasa kita akan resepsi dan kita bakal kasih kompensasi Nah gini kan enaknya juga adalah kalau ngeluhnya baik Kalau hanya sopan dan kalau nya asertif Biasanya kita akan dapat kompensasi juga gue juga mungkin beberapa kali pernah singaku ini tipe di coffee shop entah itu ke provider tertentu dan akhirnya diri cat setelah diri chord yang bintang satu jadi bintang 5 Ya kan karena dikasih kompensasi dibaikin juga dikasih solusi juga menjadi apa win-win solution masanya bisa selesai tanpa marah-marah Nah ini kan konteksnya sebenarnya kalau tentang layanan nah sebenarnya kalau buat pribadi gimana sih loh biasa enggak papa juga single ke teman Lalu tentang masa pribadi curhat ke teman curhat ke pasangan gitu asal ya usahakan juga tapi tetap diminimalisir kalau buat pribadi karena kalau udah keseringan yang tadi dampaknya akan dan kalau udah keseringan memang lebih enak kalau komentar atau tipolog sih Kenapa karena pertama lu mengurangi dampak negatif yang dirasakan oleh Temen lu yang mereka juga dear loh buat dengerin keluhan dan enakan memang komentar atau psycholog karena jelas mereka tuh dibayar untuk mendengar keluhan lu soal kehidupan bahkan lebih dari itu lebih dari sekadar dengan keluhan mereka juga dibayar untuk hidden Inside ngerjain tugasnya dendrit yang tepat atas keluhan hidup loh kalau di satu persen contohnya ya lu bakal dilihatnya oknum ngeluh mungkin karena kepribadian loh kayak gini nyerocos sistemnya tinggi misalnya di tes kepribadian terus juga mungkin nanti bakal dikasih tugas nih biar nanti Hanger manajemen atau apapun bisa lebih berkurang GTA supaya ngeluhnya lebih berkurang dan lu juga nanti bakal tahu lo bakal dapet treatment apa Lewat personal streat menjadi lu bakal tahu Oh ternyata treatmentnya butuh kayak gini jadi itu yang pertama Jadi bukan nggak boleh ngeluh ngeluh itu enggak papa tapi baiknya memang kalau dengan tepat dan Kalau bisa sih diminimalisir atau dibatasi itu terutama tolong omongin soal kehidupan baiknya memang ke orang yang tepat juga sih ya karena Kadangkala kita ngeluh ke temen terus temen enggak tepat suka gosip dan sebagai akhirnya kita juga yang diomongin dibelakang jadi kayak harus pilih-pilih memang dan harus lebih White Hai yang kedua nah ini ngomongin soal mindset please banget ya semua tentang mindset Tapi bener sih coba belajar besok hal dikotomi kendali dan coba menerima bahwa ga semua hal yang ada dalam hidupnya itu ada dalam kontrol dan coba menerima you tuh sumpah setelah lu belajar ini gue yakin Hidup lu tuh bakal lebih tentram gue inget salah satu quotes dari Ridwan Kamil ya di tdex Jakarta dia bilang kayak gini jangan lupa kita kolaborasi kelemahan orang-orang kreatif itu adalah pintar di sana-sini tapi enggak pernah bisa ngumpul jadi itu masukkan saya buat temen-temen di Jakarta juga orang tercekal itu banyak tapi bisakah gitu Ya bikin sesuatu kumpulan lintas kreativitas lintas inovasi doosan Tinggi Jakarta Jangan hanya komplain ya karena kalau nunggu pemerintah sampai komputer beranak pun ga akan bisa salah lah ya kan jadi daripada energinya habis buat loh buat komplain mendingan Coba pikir gitu Apa sih yang bisa kita buat kolaborasi Apa sih yang bisa kita bikin buat sesuai yang kita keluhkan izin lebih baik karena kalau nunggu pemerintahan orang lainnya karena ridwanhr sampai komputer beranak juga mungkin ekspektasi itu enggak bakal tercapai gitu karena ya lu menyerahkan ekspektasiku ke hal yang enggak bisa mengkontrol gitu sih Jadi mungkin kurang lebih begitu ya 1 Insert hari ini Ini adalah pelajaran buat kita semua termasuk gua juga sih untuk mengurangi mengeluh karena dampaknya ya banyak yang buruk dan itu juga meminimalisir Regency Kitalah gitu atas kehidupan jadi semoga video ini bisa ngasih manfaat dan agen gua mau display mengeluh itu enggak papa asal tadi jelas tujuannya Entah untuk feedback jangan sering-sering juga dan kalau mau memang mengeluh dan kalau memang lu ada keluhan Terus lu nggak tahu mau cerita ke mana Silahkan datang ke mentor atau singkong satu persennya memang orang yang dibayar buat denger keluhan hidup loh buat yang belum tahu jadi 1% juga Bukannya YouTube ya Kita menyediakan layanan konsultasi sejak tahun 2019 silahkan follow at Life consultation dot id di IG Instagram atau lo bisa Klik Link dideskripsi the langsung ke satu persen Dotnet untuk daftar dan langsung curhat ke mitra-mitra kita dan Sekian dari gue gue fans supersign well thanks [Musik]
Resume
Categories