Transcript
aoOPTmZsnuk • Seni Mengeluh: Ekspresi Diri Atas Ketidaksempurnaan | Satu Insight Episode 19
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0581_aoOPTmZsnuk.txt
Kind: captions
Language: id
Halo siapa nih disini yang sering banget
mengeluh atau mungkin Lo punya temen
atau pacar yang sering ngeluh
dikit-dikit ngeluh gitu macet dikit
ngeluh hujan ngeluh panas mulu kagak
dapet kerjaan ngeluh dapat kerjaan deh
ngeluh juga entah bosnya Toxic
kerjaannya berat dan lain sebagainya lah
kalau ada kejadian atau hal buruk pasti
ngomongin hadeh gitu emosinya tuh gak
bisa dikendalikan akhirnya entah itu pas
lagi ngedate lagi kegiatan lagi kerja
atau mungkin lagi nongkrong ya mulutnya
kan jadinya oke gitu karena ngeluh mulu
dan ngebawa vibes yang buruk juga buat
orang-orang sekitar alias Kalo kata anak
Jaksel negatives bangetlah nah Menurut
lo kenapa sih ada orang yang ngeluh mulu
mulu ini sebenarnya bagus kasih dan
kira-kira gimana ya caranya biar kita
Enggak ngeluh terus dan bisa ngontrol
emosi well lo tonton video ini sampai
habis dan jangan lupa untuk tonton satu
video setiap hari di satu persen Biar lo
bisa terus ngembangin diri dengan Makin
mantep dietnya
[Musik]
hai pertama kita coba jawab pertanyaan
Kenapa sih orang ngeluh well ya
sebenarnya simpel sih orang lalu ya
karena lagi ngalamin hal yang buruk nya
kan tapi pertanyaannya adalah kok ada
sih orang yang lalu dan yang enggak
meskipun ini Jatuhnya enggak scientific
ya tapi semoga logis menurut gua bedanya
adalah pertama mereka yang ngeluh itu
ngerasa bahwa yang mereka enggak punya
kontrol Atas kejadian yang ngebuat
mereka merasa buruk atau bisa jadi
enggak punya kontrol juga atas solusinya
karena ya gini kalau misalnya lo adalah
orang yang ingin kontrol incars terhadap
kejadian buruk mungkin ngeluh sih bisa
jadi Allah akan sedih bisa jadi lu akan
merasa buruk dengan diri sendiri karena
ya kesalahannya ada di diri lo sendiri
tapi kayak ngomongin kontrol ya ini
sedangkan masalah mindset kalau menerima
bahwa Ya udah gitu loh enggak punya
kontrol bahwa Ya udah lu gak bisa
mengendalikan keadaan gitu ya harusnya
yang ngeluh ini bakal bisa kontrol
karena basic Lilo dan menerima gitu kan
kayak mindset stoic sih soal dikotomi
kendali bahwa dunia itu terbagi Jadi dua
ada hal yang bisa lo control Hai dan
yang nggak bisa lo kontrol kalau stoic
ya menerima bahwa ada hal buruk masih
kejadian bahkan mudah prestasi yang
buruk terhadap kejadian yang akan
menimpanya gitu jadi ya udah akhirnya
ketika kejadian buruk yang Enggak ngeluh
Emang to be expected aja namanya masuk
ke alasan Yang kedua Nah yang kedua
alasan orang loh Adalah orang yang
sering ngeluh itu biasanya nggak bisa
dan belum menerima bahwa mereka tuh
nggak bisa ngontrol Jadi udah nggak bisa
ngontrol mereka gak bisa nerima bahwa
mereka tuh gak bisa ngontrol akhirnya
yang ngeluh Kalau udah ngerti bahwa ada
hal yang bisa lo kontrol dan nggak bisa
lo kontrol lu akan mengurangi mengeluh
karena ya Ya udah emang to be expected
aja emang Yaudah bakal buruk dan lu
nggak bisa ngontrol itu dan ia udah nah
ada juga sebenarnya satu alasan lagi
Kenapa orang ngeluhnya lama atau sering
banget mengeluh frekuensinya banyak
banget yang ketiga adalah mereka yang
sering loh itu ngerasa nggak bisa
mengubah keadaan buruk ya udah elu terus
dianggap aja ginilah misal lagi OTW ke
kantor deh lagi di jalan atau kampus
tiba-tiba ketika lu naik mobil atau
motor jalannya rusak Terus lu lagi naik
motor gue cuek gitu kan itu kan halnya
nggak bisa kontrol gitu dan lu kaget
mungkin Dan juga mungkin nggak bisa
maafin sepatu Eagle mengeluh aduh dasar
pemerintah harga tekan jalan kok jelek
karena ya besok gue nggak bisa
ngapa-ngapain dan mungkin ya Yang bisa
ngapa-ngapain adalah pemerintah atau ya
mungkin warga sekitar sana yang ada di
jalan itu beda lagi kalau konteks lain
misalnya anggap aja ya misal gua Sio
satu persen nih terus bawahan gua
nyebelin ih dan kerjanya buruk dan gue
enggak punya kontrol kan atas bahan gua
ya Gua akan mengeluhkan tapi mungkin
keluhan gua nggak bakal terus-terusan
bakal mungkin terbatas di waktu itu aja
dan langsung cepat soft karena gua tahu
kalau misalnya bawahan gua nyebelin
terus meski udah diingetin ya udah
tinggal gua kasih surat peringatan kan
gitu biar perilakunya berubah dan
Sebenarnya bukan cuma Bos sih ya yang
punya power itu ya karyawan juga segera
punya power sih buat itu sebenarnya
simpel ya kalau karyawan misalnya nggak
suka atau gimana Ya sebenarnya enggak
resign aja kan Nah meski begitu yang
memang yang simple belum tentu mudah ya
dan bisa jadi nggak semua inilah bisa
punya mindset yang seperak mati sini
entah karena memang terpaksa harus kerja
di sana terus-terusan karena butuh duit
entah karena belum punya powernya juga
Maksudnya ya karena tadi kan belum punya
aset lain sebagainya atau Emangnya
karena mindsetnya aja belum terlatih dan
bisa jadi juga sebenarnya orang udah
bisa nih take action bisa kau punya
kontrol Kok bisa nggak tahu dan nggak
belajar aja sih jadi banyak hal-hal
kecil yang sebenarnya ada dalam kontrol
mereka yang harusnya nggak dikeluarin
bisa mereka ubah sih bisa langsung jadi
solusi sih tapi mereka malah memilih
buat ngeluh Kenapa karena ya mereka gak
ngerasa bahwa mereka punya kontrol
bajunya ada tiga Alasannya kenapa orang
loh dan semuanya berkaitan sama Insert
Jadi bukan masalah masalahnya gitu kan
masa main saja pertama lu mengalami
kejadian buruk dan itu diluar kontrol
dan ini pasti kejadian sama orangnya kan
nomor satu yang kedua Tapi ngeluhnya
enggak bakal lama kalau bisa menerima
bahwa Oh emang di luar kontrol buah yang
kedua alasannya yang ketiga ngeluhnya
juga nggak bakal lama banget kalo lu
ngerasa bahwa lu bisa tection tapi lu
akan ngerasa bahwa lu gak bisa
ngapa-ngapain untuk mengubah dan blog
tersebut Sekarang kita coba omongin
dampak kira-kira dampak begitu baik
kasih well kalau udah sering nonton
video 1% lu follow IG kita kalau kita
ditanya satu hal itu baik deh sih atau
buruk bersih pasti kita akan bilangnya
tergantung konteks cuy karena di setiap
hal baik buruk itu ya akan cenderung ada
dan tergantung gimana kita make sih
mengeluh ini meskipun ya kalau gua boleh
berpendapat yang ngeluh itu mostly buruk
dan lebih baik diminum aristear kenapa
Katanya ketika kita mengeluh kita kayak
menyerahkan kontrol hidup kita ngasih
entah ke pemerintah lah ke orang lain
atau ke entitas lain lah seakan-akan lu
tu gak bisa ngapa-ngapain gitu dalam
menghadapi masalah seakan-akan lu tu gak
bisa menerima gitu bahwa ada hal yang
gak bisa kontrol meskipun lagi-lagi
balik lagi kalau memang lalu sesekali
curhat ke temen ke pacar ke mentor kasih
kok satu persennya seberang gak masalah
sih Kenapa karena semua orang pasti yang
tadi poin satu pasti mengalami kejadian
buruk yang di luar kontrol kita dan
wajar untuk meluluh ketika ada kejadian
buruk itu Tapi kalau sampai setiap hari
lo ngeluh terus
frekuensi ngeludah banyak berikan enggak
bisa nih menerima hal yang ada di luar
kontrol yang artinya itu kan lu kurang
Main full dukung accept tense dan ini
tuh bisa dipelajari untuk bisa lebih
mindful terhadap diri sendiri dan
lingkungan atau lu juga bisa jadi poin
tiga yang tadi lo ada masalah dengan
save kasih artinya lu ngerasa kemampuan
lu itu gak ada apa-apanya untuk mengubah
dunia untuk mengubah lingkungan atau lu
ngerasa lu gak bisa ngapa-ngapain selain
mengeluh untuk mengubah keadaan buruk
tersebut Kalau ngomongin dampak
sebenarnya udah banyaklah dampak
negatifnya gua ngomong secara scientific
ya pertama Angelo itu segera bakal bikin
mikir negatif mulu kenapa karena setiap
lu mengeluh sinopsis Maps di otak lu
sel-sel di otak lu gitu ya itu akan
melakukan sebuah proses yang namanya
neuroplasticity alias ketika Allah
Kanada sel-sel yang saling terhubung
kalau lu mulu yang ketrigger adalah
sel-sel otak yang negatif hormonnya juga
kortisol dari sebagainya artinya ini
bakal jadi habit bakal ngebentuk Otak lu
secara negatif Hai yang mana apa-apa
jadinya ngeluh enggak jadi ini bakal
berdampak buruk sebenarnya in the long
Run dan sesuai Makanya gua enggak
menyarankan ngeluh itu untuk
sering-sering banget yang kedua malu
juga ya bisa ngerusak bagian otak
tertentu terutama bagian hipokampus nah
hipokampus tuh apa sih fungsinya
seberapa banyak ya tapi sebenarnya
hipokampus ngomongin soal memori jadi
ini bakal ngerusak memori dan bisa
mengubah juga fungsi sih Zippo kampusnya
yang menariknya orang dengan hipokampus
yang lebih kecil ya rata-rata itu
biasanya adalah orang yang juga ini
berkorelasi Ya dengan orang yang
mengalami gangguan mental KWH depresi
atau ptsd jadi orang yang depresi dan
PTS di itu cenderung punya hipokampus
yang lebih kecil dari rata-rata yang
memang orang mungkin gak mengalami
gangguan mental jadi Sudiang sama juga
di penelitian yang sama dan di buku yang
sama juga namanya no complaining rule
Ternyata bukan hanya yang ngeluh yang
bakal ngerasain dampak tapi juga orang
yang dikeluhkan jadi kalau NU selalu
dekat sama orang yang setiap hari
meluluh ya Otak lu bakal rusak juga Kita
sebenarnya banyak lagi sedang negatif
lain tapi gua nggak mau fokus banyak
negatif Kenapa karena kayak ngeluh doang
kan gua gitu gua kayak ngeluh tentang
orang yang Sulaiman banyakan jadi
daripada kita fokus ke hal negatif
mendingan kita fokus ke Terus apa nih
yang bisa dilakuin nah menurut gua ada
beberapa prinsip yang bisa kita lakuin
pertama bukan berarti ngeluh itu enggak
boleh jadi enggak papa untuk ngeluh tapi
dibatasin dan digunakan buat hal yang
tepat contoh gini misal lu ke cafe terus
di cafe itu pelayanannya kurang baik
misal mejanya kotor terus waiters enggak
ramah Ya nggak papa ngomong sebenernya
tapi ngeluhnya kemana bukan ngeluh ke
temen lu bukan ngeluh ke pasangan loh
yang ngeluh lah ke cafenya sekarang pun
sebenarnya banyak wadah untuk mengeluh
misal di sosmed tapi aku enggak
merekomendasikan sebenarnya di sosmed
pribadi Twitter misalnya terus Mesh fill
dan sebagainya kalau review itu ada
tempatnya juga sekarang udah banyak gitu
misalnya Google Maps direfill aja di
tempat yang udah disediain memang untuk
nge-review dissection itu gitukan coba
ceritain kronologinya dan gimana Mereka
bisa lebih baik kalau bisa memang
ceritain dengan asertif Kenapa sih lo
ngasih bintang satu ini juga sama dengan
ojek online atau seller di ikomers kalau
memang barangnya jelek ya gak papa lo
review jelek juga di lapaknya dia Oh ini
memang sudah disediain by system gitu
dan gak salah sebenarnya ketika loh di
sana dan kenapa ini jadi gua
rekomendasiin karena ketika Lulu
berkontribusi juga buat bisnisnya dan
buat perilakunya biar jadi lebih baik
meskipun gue cukup menolak deh untuk
Sharing di Twitter di sosmed pribadi di
Instagram gitu loh ngestory yang memang
ke publik untuk mengeluh tentang sesuatu
hal atau apapun gitu Ya bisa aja sih
tapi memang untuk saat ini selama lu
nggak paham soal konsekuensinya lu
enggak mikir panjang better keep it
private sih Biar enggak apa biar enggak
jesaya berguling pertama dan yang kedua
biar enggak Jadi cancel culture Nah itu
contoh lalu yang berguna Yah gitu jadi
ngeluh itu di lapak yang memang untuk
mengeluh khusus untuk mengolah dan
memang sudah disediakan by system
disediakan perusahaannya dan memang
mengeluhnya juga tidak dengan kasar gitu
gak pakai Wah goblok dan lain sebagainya
gitu Dan kalau di satu persen ada yang
mengeluh gini juga dan ngasih bintang
satu biasa kita akan resepsi dan kita
bakal kasih kompensasi Nah gini kan
enaknya juga adalah kalau ngeluhnya baik
Kalau hanya sopan dan kalau nya asertif
Biasanya kita akan dapat kompensasi juga
gue juga mungkin beberapa kali pernah
singaku ini tipe di coffee shop entah
itu ke provider tertentu dan akhirnya
diri cat setelah diri chord yang bintang
satu jadi bintang 5 Ya kan karena
dikasih kompensasi dibaikin juga dikasih
solusi juga menjadi apa win-win solution
masanya bisa selesai tanpa marah-marah
Nah ini kan konteksnya sebenarnya kalau
tentang layanan nah sebenarnya kalau
buat pribadi gimana sih loh biasa enggak
papa juga single ke teman Lalu tentang
masa pribadi curhat ke teman curhat ke
pasangan gitu asal ya usahakan juga tapi
tetap diminimalisir kalau buat pribadi
karena kalau udah keseringan yang tadi
dampaknya akan dan kalau udah keseringan
memang lebih enak kalau komentar atau
tipolog sih Kenapa karena pertama lu
mengurangi dampak negatif yang dirasakan
oleh Temen lu yang mereka juga dear loh
buat dengerin keluhan dan enakan memang
komentar atau psycholog karena jelas
mereka tuh dibayar untuk mendengar
keluhan lu soal kehidupan bahkan lebih
dari itu lebih dari sekadar dengan
keluhan mereka juga dibayar untuk hidden
Inside ngerjain tugasnya dendrit yang
tepat atas keluhan hidup loh kalau di
satu persen contohnya ya lu bakal
dilihatnya oknum ngeluh mungkin karena
kepribadian loh kayak gini nyerocos
sistemnya tinggi misalnya di tes
kepribadian terus juga mungkin nanti
bakal dikasih tugas nih biar nanti
Hanger manajemen atau apapun bisa lebih
berkurang GTA supaya ngeluhnya lebih
berkurang dan lu juga nanti bakal tahu
lo bakal dapet treatment apa Lewat
personal streat menjadi lu bakal tahu Oh
ternyata treatmentnya butuh kayak gini
jadi itu yang pertama Jadi bukan nggak
boleh ngeluh ngeluh itu enggak papa tapi
baiknya memang kalau dengan tepat dan
Kalau bisa sih diminimalisir atau
dibatasi itu terutama tolong omongin
soal kehidupan baiknya memang ke orang
yang tepat juga sih ya karena Kadangkala
kita ngeluh ke temen terus temen enggak
tepat suka gosip dan sebagai akhirnya
kita juga yang diomongin dibelakang jadi
kayak harus pilih-pilih memang dan harus
lebih White Hai yang kedua nah ini
ngomongin soal mindset please banget ya
semua tentang mindset Tapi bener sih
coba belajar besok hal dikotomi kendali
dan coba menerima bahwa ga semua hal
yang ada dalam hidupnya itu ada dalam
kontrol dan coba menerima you tuh sumpah
setelah lu belajar ini gue yakin Hidup
lu tuh bakal lebih tentram gue inget
salah satu quotes dari Ridwan Kamil ya
di tdex Jakarta dia bilang kayak gini
jangan lupa kita kolaborasi kelemahan
orang-orang kreatif itu adalah pintar di
sana-sini tapi enggak pernah bisa
ngumpul jadi itu masukkan saya buat
temen-temen di Jakarta juga orang
tercekal itu banyak tapi bisakah gitu Ya
bikin sesuatu
kumpulan lintas kreativitas lintas
inovasi doosan Tinggi Jakarta Jangan
hanya komplain ya karena kalau nunggu
pemerintah sampai komputer beranak pun
ga akan bisa salah lah ya kan jadi
daripada energinya habis buat loh buat
komplain mendingan Coba pikir gitu Apa
sih yang bisa kita buat kolaborasi Apa
sih yang bisa kita bikin buat sesuai
yang kita keluhkan izin lebih baik
karena kalau nunggu pemerintahan orang
lainnya karena ridwanhr sampai komputer
beranak juga mungkin ekspektasi itu
enggak bakal tercapai gitu karena ya lu
menyerahkan ekspektasiku ke hal yang
enggak bisa mengkontrol gitu sih Jadi
mungkin kurang lebih begitu ya 1 Insert
hari ini Ini adalah pelajaran buat kita
semua termasuk gua juga sih untuk
mengurangi mengeluh karena dampaknya ya
banyak yang buruk dan itu juga
meminimalisir Regency Kitalah gitu atas
kehidupan jadi semoga video ini bisa
ngasih manfaat dan agen gua mau display
mengeluh itu enggak papa asal tadi jelas
tujuannya Entah untuk feedback jangan
sering-sering juga dan kalau mau memang
mengeluh dan kalau memang lu ada keluhan
Terus lu nggak tahu mau cerita ke mana
Silahkan datang ke mentor atau singkong
satu persennya memang orang yang dibayar
buat denger keluhan hidup loh buat yang
belum tahu jadi 1% juga Bukannya YouTube
ya Kita menyediakan layanan konsultasi
sejak tahun 2019 silahkan follow at Life
consultation dot id di IG Instagram atau
lo bisa Klik Link dideskripsi the
langsung ke satu persen Dotnet untuk
daftar dan langsung curhat ke
mitra-mitra kita dan Sekian dari gue gue
fans supersign well thanks
[Musik]