Cara Supaya Gampang Dapet Pekerjaan di Kondisi yang Sulit
TEAYiu3amkU • 2022-06-07
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Sekarang orang yang kerja di Start Up lagi
di PHK, 15000 karyawan Start Up kena PHK di
bulan ini doang. Netflix misalnya juga baru
nge PHK 150 pegawainya karena pendapatannya
enggak meningkat bahkan menurun. Di indonesia
juga ada beberapa Start Up contohnya Zenius,
Link Aja, dan berbagai Start Up lain yang
jadi korban tech bubble, katanya sih gitu
dan harus ngambil pilihan buat PHK ratusan
karyawannya. Selain tech bubble menariknya
adalah generasi ini juga harus menghadapi dampak
ekonomi yang lain. Pertama gara-gara korona,
kedua gara-gara perang Rusia dan Ukraina.
Dan ini bikin jadinya dampak ke ekonomi dan
bikin inflasi banyak harga-harga yang naik,
banyak hal-hal yang langka contohnya minyak,
dan lain sebagainya. Nah yang jadi
pertanyaan adalah gimana sih, apa sih
yang harus kita lakuin dalam keadaan kayak gini,
di keadaan aksi ekonomi, di keadaan tech bubble,
di keadaan di mana semua kok jadi buruk gitu.
Well that's why satu video sebelum tidur ini
dipersembahkan buat lo sebagai tips dan trik untuk
menghadapi tech bubble, menghadapi resesi ekonomi,
dan segala ketidakpastian yang menyertainya.
Stay tune untuk dapat keseluruhan Insight nya!
Ngomong-ngomong tentang zaman sekarang gitu ya,
ngomong-ngomong tentang ekonomi kita bisa bilang
bahwa uang itu penting ya untuk survei kehidupan
modern. Kenapa? Karena ya sekarang mau apa-apa tuh
pake duit. Ketika lo gak punya duit Mungkin lo
bakal kesulitan buat memenuhi kebutuhan utama,
bahkan konsultasi di satu persen aja secara
psychologis kesehatan mental gitu ya, itu pakai
duit juga. Jadi kalau orang di zaman sekarang
gitu ya, di zaman modern ini nanya ke gua dengan
berbagai permasalahan "Mendingan nyari duit dulu
apa konsultasi psikolog dulu?". Sebenarnya kalau
bisa dua-duanya sih memang mendingan dua-duanya,
tapi kalau memang hanya bisa prioritasin salah
satu, prioritas nyari duit dulu. Nah sekarang yang
jadi pertanyaan adalah sekarang kan masalah semua
orang adalah tentang ekonomi, gimana nih cara
dapat duit, gimana cara mempertahankan duit,
gimana biar gak boncos. Well, jawaban simpelnya
adalah kerja kan? Nah masalahnya cari kerjaan
bisa dibilang susah gitu kan di zaman sekarang?
Jangankan buat nyari kerjaan sesuai passion,
buat nyari kerjaan yang pragmatis yang sekedar
buat bertahan hidup aja nggak mudah. Pandemi itu
bikin banyak orang kehilangan pekerjaan. Jumlah
lowongan kerja juga menurun yang bikin orang
makin sulit buat cari kerjaan, yang udah dapet
kerja hah hoh hah hoh juga gitu kan. Pertama
karena gap yang tercipta antara ya pendidikan
dan industri akhirnya apa? Banyak mahasiswa,
kalau kata Pak Nadiem Makarim, 80% mahasiswa itu
enggak bekerja sesuai dengan jurusannya. Yang udah
kerja udah aman gaji dan sebagainya konflik
pekerjaan juga banyak cuy. Entah gaji yang
gak sesuai sama workload, bos atau lingkungannya
toxic, berantem dan drama lah sama rekan kerja,
sampai hal-hal yang ya mungkin kita nggak
ngerasa cocok aja sama kerjanya bukan passion
kita gitu kan. Kadang masalah ini bisa diatasi,
kadang bisa kita, ya bisa kita pertahankanlah,
atau kadang juga bikin sumpek sampai mungkin
banyak dari lem konsultasi ke satu persen
gara-gara masalah kerjaan, dan ini cukup banyak
sebenarnya. Nah sekarang kan banyak yang di
PHK banyak yang di lay off, dan sekarang juga
banyak yang jadi job seeker. Dan kedua hal ini,
pertama di lay off, kedua job seeker itu bukan
sesuatu yang mudah buat dihadapin kan? Tapi
sebenernya ini bukan hal yang impossible juga buat
dilewati. Yang jadi masalah gen Z dan milenial
sekarang entah itu yang di lay off atau yang jadi
job seeker adalah penyesuaian sebenarnya. Nah kita
bisa Coba lihat kurikulum Stau Persen, ketika
lo masih kuliah atau bekerja mungkin lo terbiasa
dengan kehidupan di level 2 sampai 3, atau bahkan
empat. Ada dari lo yang mungkin udah punya aset
dan lain sebagainya gitu. Mungkin beberapa dari
lo setiap harinya udah terbiasa buat makan enak,
buat punya saham atau crypto, yang mungkin
sekarang repotnya pada boncoz. Nah mungkin
ngejadwalin perawatan kulit dan badan, atau bahkan
hilang setiap minggu gitu. Dan bisa jadi ya banyak
dari itu ketika kuliah lu dibayarin lah sama
emak dan bapak lu, itu kan mungkin emak bapak
lu juga masih aman gitu kan, atau masih aman juga
karena lu udah kerja tapi ones lu jadi job seeker,
atau lu di lay off misalnya. Well hampir semua
kenikmatan yang ada di ke-2 dan 3 dan 4 itu bakal
jadi hilang. Mungkin aset lu juga hilang mungkin
bisnis lu juga bisa jadi hancur dari keluarga
atau dari bapak dan ibu gitu ya, Yang awalnya lu
udah happy healthy dan produktif sesuai dengan
level 3 jadi harus merangkak lagi dari bawah
karena you have to survive ya kan di level
satu lagi. Nah bagusnya adalah kalu lu nonton
video ini at least lo udah aware pertama soal
kurikulum ya, yang kedua at least ya pasti lu bisa
survive karena yang nonton video Ini kemungkinan
besar ada di level 1. At least lu bisa makan
lah ya walaupun gak fancy, at least lu punya
akses lah ke internet yang menunjang pencarian
pekerjaan, at least lu punya sedikitlah waktu
luang meski sedikit banget mungkin buat nonton
YouTube Satu Persen dan YouTube yang lain,
dan lebih bagus lagi memang kalau ternyata lu
ada di level 2, lu yang udah personal finance
nya udah bagus nih dan lu punya dana darurat, lo
punya asuransi. At least lu jadi tenang lah dan
lu juga bisa pakai itu buat menunjang kebutuhan
lo sama pencarian pekerjaan. Nah sekarang anggap
aja lu balik level 1, lu semua menghadapi
keadaan buruk, barang-barang makin mahal gitu
kan, what should you do? Apa yang harus dilakuin?
What should we do? Well gua ada beberapa tips,
pertama of course menerima keadaan jadi kayak
jangan lupa bahwa ya keadaan ini mungkin gak
bisa kita kontrol, mungkin bisa kita kontrol diri
kita juga, tapi daripada kita nyalahin nyalahin,
ya semua orang memang butuh ngeluh makanya banyak
orang yang mungkin butuh konsultasi atau mungkin
ngeluh ke temen gitu ya, tapi sehabis itu jangan
lupa, jangan terlalu berlarut-larut, terima
keadaan, dan ya udah move on dari keadaan ini
mungkin bisnis lo bisa jadi kurang oke, mungkin
banyaklah, tapi yaudah terima keadaan, yaudah
fokus ke hal yang bisa lu kontrol. Yang kedua
kalau memang lu punya sisa waktu tenaga dan biaya
lu bisa manfaatin keadaan ini sebenernya buat
ngembangin diri. Kenapa? Karena bisnis-bisnis gede
itu dibangun di masa resesi biasanya Facebook,
Netflix dan sebagai itu dibangun rata-rata
di tahun 2008. Lu bisa manfaatin tahun ini
buat nambah lagi skill-skill yang dibutuhin sama
industri di masa depan, lu juga bisa investasi ke
diri sendiri, bisa lu coba aktivitas-aktivitas
baru yang at least bikin lo seneng, bikin lo
produktif ,dan ya syukur-syukur bisa menghasilkan.
Entah itu masak misalnya, simple yah gitu,
berkebun lah ,mungkin buka bimbel kecil-kecilan,
dan berbagai aktivitas lain. Gua enggak lagi
bercanda disini karena terlalu punya resourcenya,
kalau lo punya waktu, biaya, atau mungkin lu udah
well beneran di bawah banget. Siapa tahu kegiatan
kayak gini yang mungkin gak ngeluarin biaya mahal
justru bisa jadi awal yang baru dan bisa bikin
lu jadi passionate. At least ya lo enggak berdiam
diri dan berusaha. Nah yang ketiga adalah
jangan lupa untuk cek resiko ini sih ya,
ini penting di masa resesi karena kalau masih
ada utang masih ada tanggungan, mendingan segera
dilunasin segera dipikirin dari sekarang. Entah
itu kredit, pay latter, dan lain sebagainya. Kalau
sekarang lo ada dalam keadaan lebih beruntung,
dalam hal inilah punya penghasilan, dan lain
sebagainya. Tetap pikirin baik-baik kalau misalnya
lu pengen resign, kalau misalnya lu pengen bayar
utang dan lain sebagai karena keadaan memang lebih
enggak sebaik itu. Jadi waspada aja meskipun ya,
jangan terlalu banyak mikirin masalah masalah
masalah, pikirinnya memang solusi kalo menurut
gue sih gitu. Nah meskipun gue cukup yakin juga
keadaan tuh akan membaik lagi nggak ada salahnya
juga buat nyiapin dana darurat dan proteksi diri
lewat asuransi, at least BPJS lah. Dan gimanapun
hidup juga bahkan lebih tenang kalau kita udah
punya plan dengan keadaan terburuk yang terjadi.
Lu bisa atur nih budget lo. Gue udah bagiin nih
worksheet gratis dari Satu Persen gitu ya. Gua
taruh ini di description box silakan lu bisa
pakai acuan budgeting itu dari sana udah ada
templatenya. Pada akhirnya kalau menurut gua
selama lu masih bisa ngelakuin sesuatu apalagi
lu masih muda. Which itu kebanyakan memang
audiens Satu Persen tuh masih muda, Gen Z,
dan lain sebagainya. Selama lu punya akses dan
privilage lo bisa pakai itu buat eksplorasi di
bidang-bidang yang mungkin belum pernah lo sentuh.
Semakin lo punya banyak skill, ya semakin banyak
juga opsi karir yang bisa lu ambil, dan itu juga
semakin bagus. Dan ingat pasti ada resiko dan
benefitnya choose wisely. Dan kalau misalnya lu
kesulitan buat milih opsi karir, lu bisa follow
instagram sister company kita spcareercenter, buat
yang butuh curhat juga bisa ke link di deskripsi,
dan buat lo yang ngerasa pengen mengembangkan diri
lu juga bisa ke lifeskills.id, gua ada webinar di
tanggal 19 Juni ya, ini yang bakal ngomongin soal
kurikulum life skills tadi secara lebih mendalam
tapi memang masih introduction nih. Jadi buat
lo yang pengen mengembangkan diri saran gue bisa
ikut webinar itu, tanggal 19 Juni. Silakan gua
sendiri sebenarnya yang bakal jadi pembicaranya,
tapi ya kalau misalnya lu punya waktu
dan uang ya gue saranin untuk nonton,
kita coba sharing bareng-bareng tentang life
skills kedepannya untuk menghadapi ya masa-masa
buruk ini. Oke akhir kata, well, gue Evan dari
Satu Persen. Thanks and see you on next video!
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:57:04 UTC
Categories
Manage