Transcript
TEAYiu3amkU • Cara Supaya Gampang Dapet Pekerjaan di Kondisi yang Sulit
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0573_TEAYiu3amkU.txt
Kind: captions Language: id Sekarang orang yang kerja di Start Up lagi di PHK, 15000 karyawan Start Up kena PHK di bulan ini doang. Netflix misalnya juga baru nge PHK 150 pegawainya karena pendapatannya enggak meningkat bahkan menurun. Di indonesia juga ada beberapa Start Up contohnya Zenius, Link Aja, dan berbagai Start Up lain yang jadi korban tech bubble, katanya sih gitu dan harus ngambil pilihan buat PHK ratusan karyawannya. Selain tech bubble menariknya adalah generasi ini juga harus menghadapi dampak ekonomi yang lain. Pertama gara-gara korona, kedua gara-gara perang Rusia dan Ukraina. Dan ini bikin jadinya dampak ke ekonomi dan bikin inflasi banyak harga-harga yang naik, banyak hal-hal yang langka contohnya minyak, dan lain sebagainya. Nah yang jadi pertanyaan adalah gimana sih, apa sih yang harus kita lakuin dalam keadaan kayak gini, di keadaan aksi ekonomi, di keadaan tech bubble, di keadaan di mana semua kok jadi buruk gitu. Well that's why satu video sebelum tidur ini dipersembahkan buat lo sebagai tips dan trik untuk menghadapi tech bubble, menghadapi resesi ekonomi, dan segala ketidakpastian yang menyertainya. Stay tune untuk dapat keseluruhan Insight nya! Ngomong-ngomong tentang zaman sekarang gitu ya, ngomong-ngomong tentang ekonomi kita bisa bilang bahwa uang itu penting ya untuk survei kehidupan modern. Kenapa? Karena ya sekarang mau apa-apa tuh pake duit. Ketika lo gak punya duit Mungkin lo bakal kesulitan buat memenuhi kebutuhan utama, bahkan konsultasi di satu persen aja secara psychologis kesehatan mental gitu ya, itu pakai duit juga. Jadi kalau orang di zaman sekarang gitu ya, di zaman modern ini nanya ke gua dengan berbagai permasalahan "Mendingan nyari duit dulu apa konsultasi psikolog dulu?". Sebenarnya kalau bisa dua-duanya sih memang mendingan dua-duanya, tapi kalau memang hanya bisa prioritasin salah satu, prioritas nyari duit dulu. Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah sekarang kan masalah semua orang adalah tentang ekonomi, gimana nih cara dapat duit, gimana cara mempertahankan duit, gimana biar gak boncos. Well, jawaban simpelnya adalah kerja kan? Nah masalahnya cari kerjaan bisa dibilang susah gitu kan di zaman sekarang? Jangankan buat nyari kerjaan sesuai passion, buat nyari kerjaan yang pragmatis yang sekedar buat bertahan hidup aja nggak mudah. Pandemi itu bikin banyak orang kehilangan pekerjaan. Jumlah lowongan kerja juga menurun yang bikin orang makin sulit buat cari kerjaan, yang udah dapet kerja hah hoh hah hoh juga gitu kan. Pertama karena gap yang tercipta antara ya pendidikan dan industri akhirnya apa? Banyak mahasiswa, kalau kata Pak Nadiem Makarim, 80% mahasiswa itu enggak bekerja sesuai dengan jurusannya. Yang udah kerja udah aman gaji dan sebagainya konflik pekerjaan juga banyak cuy. Entah gaji yang gak sesuai sama workload, bos atau lingkungannya toxic, berantem dan drama lah sama rekan kerja, sampai hal-hal yang ya mungkin kita nggak ngerasa cocok aja sama kerjanya bukan passion kita gitu kan. Kadang masalah ini bisa diatasi, kadang bisa kita, ya bisa kita pertahankanlah, atau kadang juga bikin sumpek sampai mungkin banyak dari lem konsultasi ke satu persen gara-gara masalah kerjaan, dan ini cukup banyak sebenarnya. Nah sekarang kan banyak yang di PHK banyak yang di lay off, dan sekarang juga banyak yang jadi job seeker. Dan kedua hal ini, pertama di lay off, kedua job seeker itu bukan sesuatu yang mudah buat dihadapin kan? Tapi sebenernya ini bukan hal yang impossible juga buat dilewati. Yang jadi masalah gen Z dan milenial sekarang entah itu yang di lay off atau yang jadi job seeker adalah penyesuaian sebenarnya. Nah kita bisa Coba lihat kurikulum Stau Persen, ketika lo masih kuliah atau bekerja mungkin lo terbiasa dengan kehidupan di level 2 sampai 3, atau bahkan empat. Ada dari lo yang mungkin udah punya aset dan lain sebagainya gitu. Mungkin beberapa dari lo setiap harinya udah terbiasa buat makan enak, buat punya saham atau crypto, yang mungkin sekarang repotnya pada boncoz. Nah mungkin ngejadwalin perawatan kulit dan badan, atau bahkan hilang setiap minggu gitu. Dan bisa jadi ya banyak dari itu ketika kuliah lu dibayarin lah sama emak dan bapak lu, itu kan mungkin emak bapak lu juga masih aman gitu kan, atau masih aman juga karena lu udah kerja tapi ones lu jadi job seeker, atau lu di lay off misalnya. Well hampir semua kenikmatan yang ada di ke-2 dan 3 dan 4 itu bakal jadi hilang. Mungkin aset lu juga hilang mungkin bisnis lu juga bisa jadi hancur dari keluarga atau dari bapak dan ibu gitu ya, Yang awalnya lu udah happy healthy dan produktif sesuai dengan level 3 jadi harus merangkak lagi dari bawah karena you have to survive ya kan di level satu lagi. Nah bagusnya adalah kalu lu nonton video ini at least lo udah aware pertama soal kurikulum ya, yang kedua at least ya pasti lu bisa survive karena yang nonton video Ini kemungkinan besar ada di level 1. At least lu bisa makan lah ya walaupun gak fancy, at least lu punya akses lah ke internet yang menunjang pencarian pekerjaan, at least lu punya sedikitlah waktu luang meski sedikit banget mungkin buat nonton YouTube Satu Persen dan YouTube yang lain, dan lebih bagus lagi memang kalau ternyata lu ada di level 2, lu yang udah personal finance nya udah bagus nih dan lu punya dana darurat, lo punya asuransi. At least lu jadi tenang lah dan lu juga bisa pakai itu buat menunjang kebutuhan lo sama pencarian pekerjaan. Nah sekarang anggap aja lu balik level 1, lu semua menghadapi keadaan buruk, barang-barang makin mahal gitu kan, what should you do? Apa yang harus dilakuin? What should we do? Well gua ada beberapa tips, pertama of course menerima keadaan jadi kayak jangan lupa bahwa ya keadaan ini mungkin gak bisa kita kontrol, mungkin bisa kita kontrol diri kita juga, tapi daripada kita nyalahin nyalahin, ya semua orang memang butuh ngeluh makanya banyak orang yang mungkin butuh konsultasi atau mungkin ngeluh ke temen gitu ya, tapi sehabis itu jangan lupa, jangan terlalu berlarut-larut, terima keadaan, dan ya udah move on dari keadaan ini mungkin bisnis lo bisa jadi kurang oke, mungkin banyaklah, tapi yaudah terima keadaan, yaudah fokus ke hal yang bisa lu kontrol. Yang kedua kalau memang lu punya sisa waktu tenaga dan biaya lu bisa manfaatin keadaan ini sebenernya buat ngembangin diri. Kenapa? Karena bisnis-bisnis gede itu dibangun di masa resesi biasanya Facebook, Netflix dan sebagai itu dibangun rata-rata di tahun 2008. Lu bisa manfaatin tahun ini buat nambah lagi skill-skill yang dibutuhin sama industri di masa depan, lu juga bisa investasi ke diri sendiri, bisa lu coba aktivitas-aktivitas baru yang at least bikin lo seneng, bikin lo produktif ,dan ya syukur-syukur bisa menghasilkan. Entah itu masak misalnya, simple yah gitu, berkebun lah ,mungkin buka bimbel kecil-kecilan, dan berbagai aktivitas lain. Gua enggak lagi bercanda disini karena terlalu punya resourcenya, kalau lo punya waktu, biaya, atau mungkin lu udah well beneran di bawah banget. Siapa tahu kegiatan kayak gini yang mungkin gak ngeluarin biaya mahal justru bisa jadi awal yang baru dan bisa bikin lu jadi passionate. At least ya lo enggak berdiam diri dan berusaha. Nah yang ketiga adalah jangan lupa untuk cek resiko ini sih ya, ini penting di masa resesi karena kalau masih ada utang masih ada tanggungan, mendingan segera dilunasin segera dipikirin dari sekarang. Entah itu kredit, pay latter, dan lain sebagainya. Kalau sekarang lo ada dalam keadaan lebih beruntung, dalam hal inilah punya penghasilan, dan lain sebagainya. Tetap pikirin baik-baik kalau misalnya lu pengen resign, kalau misalnya lu pengen bayar utang dan lain sebagai karena keadaan memang lebih enggak sebaik itu. Jadi waspada aja meskipun ya, jangan terlalu banyak mikirin masalah masalah masalah, pikirinnya memang solusi kalo menurut gue sih gitu. Nah meskipun gue cukup yakin juga keadaan tuh akan membaik lagi nggak ada salahnya juga buat nyiapin dana darurat dan proteksi diri lewat asuransi, at least BPJS lah. Dan gimanapun hidup juga bahkan lebih tenang kalau kita udah punya plan dengan keadaan terburuk yang terjadi. Lu bisa atur nih budget lo. Gue udah bagiin nih worksheet gratis dari Satu Persen gitu ya. Gua taruh ini di description box silakan lu bisa pakai acuan budgeting itu dari sana udah ada templatenya. Pada akhirnya kalau menurut gua selama lu masih bisa ngelakuin sesuatu apalagi lu masih muda. Which itu kebanyakan memang audiens Satu Persen tuh masih muda, Gen Z, dan lain sebagainya. Selama lu punya akses dan privilage lo bisa pakai itu buat eksplorasi di bidang-bidang yang mungkin belum pernah lo sentuh. Semakin lo punya banyak skill, ya semakin banyak juga opsi karir yang bisa lu ambil, dan itu juga semakin bagus. Dan ingat pasti ada resiko dan benefitnya choose wisely. Dan kalau misalnya lu kesulitan buat milih opsi karir, lu bisa follow instagram sister company kita spcareercenter, buat yang butuh curhat juga bisa ke link di deskripsi, dan buat lo yang ngerasa pengen mengembangkan diri lu juga bisa ke lifeskills.id, gua ada webinar di tanggal 19 Juni ya, ini yang bakal ngomongin soal kurikulum life skills tadi secara lebih mendalam tapi memang masih introduction nih. Jadi buat lo yang pengen mengembangkan diri saran gue bisa ikut webinar itu, tanggal 19 Juni. Silakan gua sendiri sebenarnya yang bakal jadi pembicaranya, tapi ya kalau misalnya lu punya waktu dan uang ya gue saranin untuk nonton, kita coba sharing bareng-bareng tentang life skills kedepannya untuk menghadapi ya masa-masa buruk ini. Oke akhir kata, well, gue Evan dari Satu Persen. Thanks and see you on next video!